Reza Inbound

Minum Teh Pletok Biar Kegiatan Jalan-Jalan Kamu Makin Asyik

9 posts in this topic

Apa kalian terbiasa konsumsi minuman segar yang berenergi? Jika terbiasa, apakah kalian sudah pernah minum Teh Pletok? Pasti belum pernah bukan? Atau mungkin kalian baru dengar istilah minuman Teh Pletok? Ya, Teh Pletok merupakan minuman khas suku Betawi dan menjadi minuman segar serta berenergi yang menyehatkan tubuh. Teh Pletok ini bisa kalian minum dalam keadaan dingin maupun panas. Namun yang jelas kekhasiatan minuman tidak akan hilang meskipun di minum dalam keadaan dingin maupun panas dan membuat pikiran kalian tetap fresh sehingga siap untuk jalani aktivitas kembali. Bahkan resep minuman dingin Teh Pletok juga mudah. Penasaran? Yuk, kita langsung buat saja minuman Teh Pletok nya.

Bahan-Bahan :

 Siapkan 2 kantong Sariwangi Celup

 Cengkeh 6 buah

 Kayu manis 10cm

 Daun pandan 2 lembar

 Gula jawa atau gula merah 3 sdm

 Air 500 ml

 Jahe besar 1 ruas

 Sejumput secang

Cara Pembuatan Teh Pletok :

1. Rebuslah daun pandan, jahe, secang, gula jawa, jahe dan kayu manis secara bersamaan dalam air 500 ml sampai mendidih.

2. Diamkanlah campuran bahan minuman Teh Pletok tersebut diatas api kurang lebih sekitar 3 menitan. Lalu, matikanlah api dan saringlah minuman ke gelas.

3. Celupkanlah 2 Teh Sariwangi kurang lebih selama 1 menitan, kemudian diamkanlah kurang lebihnya sekitar 2 menitan. Aduk sampai bahan tercampur rata.

4. Apabila Teh Pletok ingin diminum dalam kondisi dingin maka kalian bisa tambahkan es batu dan nata de-coco.

5. Teh Pletok Sariwangi siap untuk disajikan.

Itulah resep minuman dingin Teh Pletok Sariwangi yang siap membuat fresh pikiran Anda dan menyehatkan tubuh Anda. Mengapa Teh Pletok dikatakan sebagai minuman yang berkhasiat tinggi? Pasalnya, bahan-bahan pembuatan Teh Pletok dari rempah-rempah yang berkhasiat tinggi yang dipercaya bisa mengobati beragam penyakit yakni kayu manis yang dipercaya mempunyai khasiat mengobati sakit diare, flu, muntah dan kejang otot. Selain itu, ada cengkeh yang mempunyai khasiat sebagai pelindung tubuh dari serangan racun makanan.

Temukan aneka resep minuman unik dan segar hanya disini :  https://www.mari-bicara.com/resep

Minum Teh Pletok Biar Kegiatan Jalan-Jalan Kamu Makin Asyik.JPG

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, deffa said:

katanya seh Kulit Kayu

manfaat%2Bkayu%2Bsecang.jpg

Yang pasti kayu tertentu yang punya khasiat kali ya. Apa itu namanya kayu yang pedes pedes itu ya, kayu manis kalau ngga salah. Yang wangi bisa digigit gigit hahahahaha

Sejenis itu kayaknya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, HarrisWang said:

Yang pasti kayu tertentu yang punya khasiat kali ya. Apa itu namanya kayu yang pedes pedes itu ya, kayu manis kalau ngga salah. Yang wangi bisa digigit gigit hahahahaha

Sejenis itu kayaknya.

kayu manis = cinnamons 

bukan kayak nya heheh :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By marioboros
      Tumis jamur merupakan salah satu resep masakan yang cukup disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua sekalipun banyak sekali yang menyukai tumisan ini. Meskipun dalam cara pembuatannya sangat sederhana namun tumis jamur memiliki rasa yang istimewa dan luar biasa terbukti jika banyak orang yang selalu mencari tahu bagaimana cara membuat masakan ini. Terutama bagi mereka yang baru kali ini belajar membuat masakan sendiri.
       
      Oleh karena itu juga dalam bahasan kali ini saya akan memberi informasi mengenai bagaimana cara membuat tumis jamur. Hal yang pertama harus dilakukan tentu saja menyiapkan bahan-bahannya yang paling utama tentu saja jamur. Cuci jamur terlebih dahulu kemudian barulah potong-potong dengan cara disobek dengan ukuran sesuai selera. Setelah itu siapkan bumbu untuk masakannya yang terdiri dari garam, merica, bawang merah dan bawang putih.
       
      Haluskan bumbu yang terdiri dari beberapa bahan di atas kemudian setelah itu panaskan minyak dalam wajan secukupnya. Jika minyaknya sudah panas masukan bumbu terlebih dahulu kemudian goreng sampai tercium wangi aroma khas dari bawang yang menjadi salah satu bumbunya. Setelah itu barulah masukan jamur yang telah anda siapkan sebelumnya aduk-aduk tambahkan penyedap rasa secukupnya lalu aduk kembali sampai merata.
       
      Jika jamurnya sudah terlihat mulai layu dan rasa masakannya sudah pas dan nikmat barulah anda bisa mengangkat kemudian meniriskannya. Hidangkan masakan tumis jamur selagi panas agar lebih nikmat saat disantap bersama menu masakan lainnya. Bagaimana mudah bukan resep tumisan yang satu ini? Tunggu apalagi silahkan anda segera mencoba membuat masakan ini dengan beragam kreasi yang bisa anda tambahkan pada menu masakannya. 
       
      Itu sedikit resep dari saya
    • By vie asano
      Punya roti tawar di rumah? Bosan dengan roti selai atau roti bakar yang begitu-begitu aja? Dijadikan french toast aja yuk..
       
      Saya ingin berbagi resep French toast hasil modifikasi 'malas' dari berbagai resep French Toast. Biasanya, resep french toast pakai campuran krim kental, garam, dan beberapa bahan ekstra lainnya. Namun karena jarang nyetok krim kental (dan bahan yang aneh-aneh), alhasil saya coba pakai bahan yang ada di rumah saja. Lumayan enak juga kok.. Berikut resep French Toast super simple ala Vie:
       

       
      Bahan:
      - Roti tawar 2 lembar, masing-masing dipotong jadi 4 bagian
      - 2 butir telur
      - Susu cair tawar
      - Gula pasir secukupnya (sesuai selera. Biasanya saya pakai 1-1,5 sdm)
      - sedikit margarin untuk menumis (bisa juga diganti dengan butter unsalted)
       
      Cara membuat:
      1. Siapkan bahan-bahan.
      2. Telur dikocok lepas sampai lembut.
      3. Tambahkan susu cair secukupnya dan gula pasir, kocok lagi sampai tercampur rata.
      4. Rendam potongan roti ke dalam kocokan telur. Lebih enak kalau sampai betul-betul meresap (patokannya, kocokan telur diserap habis oleh roti)
      5. Panaskan margarin dalam wajan anti lengket.
      6. Goreng roti dalam wajan hingga berwarna coklat keemasan.
      7. Siap untuk disantap..
       
      Variasi lain:
      - Bisa juga dicampurkan dengan kopi bubuk dalam kocokan telur untuk membuat roti panggang beraroma kopi. 
      - Kalau tidak suka manis, gula bisa dikurangi atau nggak pakai gula.
      - French toast enak juga disantap dengan selai atau sirup maple. Tapi namanya jadi nggak "very simple" lagi, alias jadi french toast biasa.. hehe..
       
      Selamat mencoba..
       
    • By bangchangkyu
      Masak emang identik ama ibu-ibu atau cewe, tapi buktinya para chef buanyaaaak banget yang dari cowo juga yah...

      saya termasuk cewe yang ga terlalu akrab ama dapur.. tapi kalo dibilang ga bisa sama sekali ya ga juga, paling nggak masak aer bisa ;P

      Mau cewe mau cowo sepertinya mungkin pernah yah ngoprek di dapur. Nggak cuma ngoprek hape atau komputer, dapur juga bisa dioprek

      Nah, jalan2ers pernah nggak main di dapur dan masak apa aja yang ada di dapur? saya pernah kalo lagi iseng...

      bahan2 dibawah ini yang jadi bahan dasar kalo mau ngoprek di dapur:

      telor
      bawang merah / putih / bombay
      garam
      gula
      sayuran apa aja
      sosis
      mie
      cabe

      kalo nyokap lagi ga masak, iseng aja bikin apa kek, yg penting bahan2 di atas kudu ada. mau bikin mie rebus pake cabe doang, atau nasgor pake sayuran, atau mie telor atau apa aj yg bisa dimakan deh...

      kalo jalan2ers bahan2 apa aja yg biasa jadi bahan dasar ngoprek di dapur??
    • By jassutra
      karena keluarga saya sebagian besar merupakan orang melayu (campur campur), roti jala adalah salah satu makan paling wajib untuk dihidangkan dalam acara acara penting. baik itu kondangan, pengajian, dan banyak lagi.

      penampakannya kaya begini


      saya mau share nih resep rumahku.. barangkali ada yang mau bikin..

      1. tepung terigu
      2. telur
      3. air

      adonan di atas di campur, tapi agak encer. biasanya ada cetakan khusus, cuman kalo ngga adaa, masukin aja ke dlam plastik yang ujungnya bisa dipotong. lalu di atas teflon panas, adonannya diatur menjarng sehingga kelihatan seperti jala. langsung diangkat dan dilipat sesuai selera.

      ada juga yang nambahin pasta pandan atau pewarna bubuk untuk warna, cuman aku lebih suka warnanya putih.

      nah, kalo ga suka kari atau gule, bisa makan pake gula jawa yang dimasak dengan santan..

      selamat mencoba ^___^
    • By bangchangkyu
      Mau share sedikit resep bikin mi campur telor trus digoreng. Mungkin ada yang udah pernah tau ya... tapi gpp lah buat yg blm tau...

      ane sering bikin ini kalo lagi iseng. pengen ngemil tapi dibuat agak beda.

      Bahan2 nya:
      - mi rebus / goreng
      - telor
      - mentega / minyak goreng

      takaran kalo mi 1, telor 2. mi 2 telor 4 dst

      Cara membuat:
      - rebus mi tanpa bumbu. mi nya di kremes biar kecil2 krenyes2. rebus sbntar aj g perlu ampe mateng. angkat tiriskan.
      - siapin tempat terpisah. kocok bumbu mi campur telor sampai rata. terus mi yg ud kering dicampurin, aduk rata.
      - panasin mentega secukupnya goreng deh dgn api yg keciiiiil banget terus tutup biar padet dan mngmbgn. klo ud siap, tiriskan.