everydaysunday

Angkringan

28 posts in this topic

Hai jalan2ers

Pernah dengarn yang namanya angkringan gak???

Mungkin bagi anda yg pernah tinggal dijogja pasti pada tau apa angkringan itu....

Angkringan itu identik dengan nasi kucing - nahhhn pada tau

Nasi kucing kan????

Angkringan di jogja ideentik dengan menu makanan yang harganya sangat murah atw biasa disebut mahasiswa banget :)

Menu yang ditawarkan selain nasi kucing ada sate usus, sate brutu, gorengan, ati, kepala ayam, sate telur dan untuk menu minumannya biasa ada jahe, susu jahe, kopi dan kopi joss

Untuk di jogja sendiri, angkringan tersebar luas di seluruh penjuru baik kota maupun kampung2 djogja

Untuk harga djamin dehhhh pasti bersahabat sekali dehhhhhh......

Nahhh bagi jalan2ers yang udah pernah nyoba,bagi2 cerita ttg angkringan donkkk, sapa yang sering ngutang, yg minta gratis dll dll

Untuk gambarnya menyusul yaaaaa..... via hp jadi agak susahhh

Share this post


Link to post
Share on other sites

oh.. angkringan tuch nasi kucing toch, sering liat sich dijalanan nasi kucing gt tadinya kirain apa gt apa nasi buat kucing penasaran juga sich trus akhirnya nyobain makannya waktu dibali doank ya lumayan enak juga trus murah lagi.. :P

Share this post


Link to post
Share on other sites

pertama kali gw coba makan di angkringan, awalnya agak2 gima gitu...ngeliat tempatnya yang seperti itu di tambah lagi makannya agak gelap2an eh pas coba makan sekali memang enak banget makanannya apalagi susu jahenya mantab banget tuh...ada tuh yang jadi langganan gw di depan Apt susu jahenya beda dr yang lainnya pokoknya maknyos deh ;)

Share this post


Link to post
Share on other sites

2rb perak lumayan.. justru yg saya suka dr nasi kucing y krn angkringannya.. apalagi di alun2 slatan yah yg ada pohon kmbar ama sepeda tandem itu? wihhh nongkrong di angkringan nikmat banget :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

yes nasi kucing yang cuma 2000an yah worthed lah :D

bahakan masih banyak lohh djogja yang seporsi nasi kucing harganya 1000 mod :D

2rb perak lumayan.. justru yg saya suka dr nasi kucing y krn angkringannya.. apalagi di alun2 slatan yah yg ada pohon kmbar ama sepeda tandem itu? wihhh nongkrong di angkringan nikmat banget :D

wooowwww..... bener bangett niiiiiii......... ada bbrp angkringan di alun2 selatan ditemani dengan suasana yang asiiikkk pastinya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

angkringan ya?hmm.,.

coba tebak angkringan dari mana?hwehehehehe

kalau yang nebak angkringan dari jogja kurang tepat tuuuh.,.

 

sedikit share lagi yaa,hihihihi

 

angkringan berasal dari solo (entah solonya bagian mana), dengan nama aslinya HIK (Hidangan Istimewa Kampung, lebih seing diteriakan hek *seperti huruf E pada Ekor*).  Pangsa pasar dari kalangan ekonomi kelas bawah sampai kelas atas,hehehe.  Menunya bervariasi mulai dari nasi kucing (nasi seupil dengan lauk seupil juga,kadang beberapa ada yang cuma sambal doang), gorengan (tahu,tempe,dll), sate-satean (sate telur puyuh, sate kerang, sate usus,dll) dan beraneka macam minuman. Pada awalnya HIK ini tidak menggunakan gerobak namun menggunakan pikulan dan dijajakan berkeliling kampung sambil si penjual berteriak heeeeeeeek heeeeek gitu.

 

Karena dirasa kurang laku akhirnya sang penjual hijrah menuju jogja dan merubah konsep dari berkeliling menjadi menetap pada suatu tempat dan berubah dari pikulan menjadi gerobak seperti sekarang.  Lokasi angkringan pertama di Jogja dan diyakini menjadi yang tertua adalah di daerah stasiun tugu jogja.  Dinamakan angkringan karena si pembeli duduknya nangkring di kursi dengan kaki yang ongkang-ongkang (menjuntai tidak menyentuh tanah), atau bahkan kaki si pembeli nangkring ke kursinya, :)    Angkringan sekarang sudah mulai menyebar hampir di seluruh tempat di usantara ini )sorry lebay dikit), dan dengan menu yang hampir sama dengan menu awal, hanya saja di beri tambahan variasi seperti kopi joss dan kopi klothok.

 

Kopi joss adalah kopi hitam yang ketika penyajiannya ditambahkan bara dari arang pembakaran sehingga menimbulkan sura joss karena bertemu dengan air.  Menurut penelitian (maaf belum nemu subernya) diyakini kopi joss lebih sehat dibandingkan dengan kopi biasa, kenapa? karena kopi joss yang ditambahkan bara dari arang akan menyerap kafein pada kopi (arang berfungsi sebagai arang aktif), sehingga kadar kafein pada kopi tersebut akan sedikti berkurang dibandingkan dengan kopi biasa.

 

Kopi klothok itu kopi yang direbus dengan air sampai mendidih, jadi bukan kopi diseduh air mendidih tapi sekaligus di rebus dengan air sampai mendidih.  Kopi yang menggunakan prinsip penyajian seperti ini contohnya kopi timor (dari timor leste), kopi aceh, dan kopi yang lain (bukan barista,hehehe).  Ada isu/ruomor di beberapa angkringan menyajikan kopi klothok dengan ditambahkan ciu/alkohol lokal, jadi selain dapat kafeinnya juga dapat alkoholnya, kebetulan belum pernah nyobain saya,hehehe.,.

 

owh iya untuk harga bervariasi dari 1000-2000rb (nasi kucing, sate), gorengan biasanya 500-1000, minuman (kopi,kopi jahe,susu,susu jahe, jahe anget, teh,teh susu,teh jahe,) dari 1000-3500, kepala ayam 1500-2000, ceker 1000-1500.

apal yak?wkwkwkwkw.  maklum mantan penjual angkringan sekaligus nyambi jadi guide,hwehehehehe

 

kurang lebih seperti itu untuk sejarah dari angkringan,hehehe

please CMIIW.,.

Share this post


Link to post
Share on other sites

saya pikir ini teh ngomongin angkringan dago. hehe...ternyata nasi kucing toh. saya belum pernah coba tuh. di bandung ada yang jual ga ya? kok saya baru denger.

hwehehehe,mungkin ada mas bro (eh bener ga ya?apa sist?,hwehehehe).,.

secara sekarang penyebaran angkringan udah kaya panu,hwekekekekekeke

 

kalau dibandung mungkin bukan nasi kucing yg dijual,tapi nasi uduk kali ya,.,.

Share this post


Link to post
Share on other sites

hwehehehe,mungkin ada mas bro (eh bener ga ya?apa sist?,hwehehehe).,.

secara sekarang penyebaran angkringan udah kaya panu,hwekekekekekeke

 

kalau dibandung mungkin bukan nasi kucing yg dijual,tapi nasi uduk kali ya,.,.

mas bro saya gan :D

iya kali ya. soalnya belum pernah saya ketemu nasi kucing di bandung.

Share this post


Link to post
Share on other sites
mas bro saya gan :D iya kali ya. soalnya belum pernah saya ketemu nasi kucing di bandung.
Hwehehe,maaf maaf, Iya sepertinya,yg saya temuin di bogor juga seperti itu,nasi kucingnya udah berubah jadi nasi uduk (untung ga berubah jd bubur,-___-").,.

Share this post


Link to post
Share on other sites

ada fotonya gak ya ? saya gak tau tuh.. cuma pernah 1x ke jogja zaman smp

waaahh...mimin beneran belum tau yaaa????

angkringan ini, sangat populer seklai dijogja, apalagi kalangan mahasiswa min :)

ni saya kasi beberapa gambar2nya :)

 

 IMG-1322+(1).JPG

 

angkringan_jogjakarta.jpg

 

yuuuppp..... kira2 begitulah min, ntar kalo ke jogja boleh mampir sini min :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Di Solo, juga populer tu yang namanya nasi kucing. tapi namanya HIK, bukan angkringan. kalau di kota ini, malam hari merupakan surga buat para pecinta tempat makan seperti ini. Tak hanya karena murah meriah, namun juga tempatnya yang biasanya outdoor menyuguhkan nuansa tersendiri, terutama saat cuaca sedang cerah. bahkan, gak cuma kalangan bawah lho, kaum Jet Zet pun sekarang udah banyak yang melirik tempat-tempat model begini, tentunya sih yang nggak suka jaga gengsi n jaim ... :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

hwehehehe,mungkin ada mas bro (eh bener ga ya?apa sist?,hwehehehe).,.

secara sekarang penyebaran angkringan udah kaya panu,hwekekekekekeke

 

kalau dibandung mungkin bukan nasi kucing yg dijual,tapi nasi uduk kali ya,.,.

di bandung ada kang,,, banyak... Mulai yang didepan STSI BuahBatu (saya rasa ini sejarah awal Angkringan masuk bandung), dijalan Ganeca depan pisan gerbang utama ITB, DiMonju, di depan kampus enhaii.. dan banyak lagi... heuheuheuhe

makanya bener kata siakang aprilian_teja nyebar macem Panu...heuheuheueu

Share this post


Link to post
Share on other sites

di daerah tempat saya di benhil banyak banget nih yang jualan, satu jalan aja bisa sekitar 3 warung. blom lagi di daerah2 yang berdekatan. Kata penjualnya bos nya cuma 1 dan mereka punya beberapa gerobak...hebat!

Share this post


Link to post
Share on other sites

di daerah tempat saya di benhil banyak banget nih yang jualan, satu jalan aja bisa sekitar 3 warung. blom lagi di daerah2 yang berdekatan. Kata penjualnya bos nya cuma 1 dan mereka punya beberapa gerobak...hebat!

rame ga nih di daerah benhil?

kayanya boleh juga nih bisnis. kalau dia berani buat 3 warung deket2an artinya laku keras

Share this post


Link to post
Share on other sites

kemaren iseng makan angkringan lagi, tapi bukan yang didepan apt lagi skr  :D

kemaren gw abis dari rumah temen di daerah fatmawati, pas pulang perut kriuk kriuk, langsung melipir deh ke kiri jalan  :D

angkringannya enak bgt! sate nya empuk bgt, sampe sana jam 10 malem, makin malem makin banyak yang dateng, kayanya bakal sering nih kesitu lagi hehehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

di daerah tempat saya di benhil banyak banget nih yang jualan, satu jalan aja bisa sekitar 3 warung. blom lagi di daerah2 yang berdekatan. Kata penjualnya bos nya cuma 1 dan mereka punya beberapa gerobak...hebat!

oiya bener, suka liat tuh yang bederet kl pas lewat situ, tp ga tau enak apa gha belom pernah cobain siy  :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kemaren iseng makan angkringan lagi, tapi bukan yang didepan apt lagi skr  :D

kemaren gw abis dari rumah temen di daerah fatmawati, pas pulang perut kriuk kriuk, langsung melipir deh ke kiri jalan  :D

angkringannya enak bgt! sate nya empuk bgt, sampe sana jam 10 malem, makin malem makin banyak yang dateng, kayanya bakal sering nih kesitu lagi hehehehe

ohiya nasi kucing fatmawati ya? yang ada di pelataran ruko2 kan? itu emang terkenal banget, satenya terkenal empuk, nasinya pulen, susu jahenya juga maknyoss

emang di situ bukanya ampe pagi, smakin malam semakin rame

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By Jakjazzy
      Selamat malam rekaners jalan2.com
      saya punya rencana destinasi perjalanan ke jogja.
      ini list nya :
      1. Pantai timang
      2.  taman wisata alam kalibiru
      3. curug luweng sampang
      4. air terjun sri gethuk
      5. candi borobudur
      6. museum ullen sentalu
      7. gunung merapi
      kira- kira ini udah satu arah belum ya ?? misalnya utara ya diutara aja destinasi wisatanya.  
      mohon bantuannya, soalnya saya bulan februari depan mau kesana
       

       
      Terima kasiih
       
    • By Karina Ayu Amalia
      hai.. gue mau solotrip ke jogja tgl 24-26 agustus 2017. kalau ada yg mo gabung atau ketemuan dijogja sekalian ngopi bareng  wa ke 08982387756 yaa
      ini fix berangkat, nyampe jogja jam 14.30wib tgl 24..
       
       
    • By Rendra Fajar
      Gunungkidul, adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Perjalanan dari jogja dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Potensi wisata disana didominasi oleh deretan pantai selatan yang membentang luas, diantaranya Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal,Pantai Wediombo, Pantai Ngobaran yang terkenal dengan situs peninggalan jaman Kerajaan Majapahit, Gunung Api Nglanggeran, Goa Pindul dan masih banyak lagi. Langsung aja cek videonya :
          Jangan Lupa Like dan Subscribe channel saya gaes :)
    • By cyber7
      hallo all
      saya newbie nih ,planing tanggal 8 desember bulan depan mau ke jogja , tujuan sih jalan2 aja , ke candi prambanan , malioboro , destinasi lain kalau ada barengan aja 
      kalau ada yang minat bareng kontak disini ya
      ( belom tau destinasi kali aja adaorang jogja yang mau nemenin juga gpp , kontak saya aja )
      cp : cyber898 
       
    • By heri2016
      Waktu itu teman saya di Belanda menginformasikan jika temannya akan liburan ke Jogja. 2 Orang. Saya dimintai tolong memberi beberapa saran perjalanan di daerah Yogyakarta. Karena untuk perempuan saya pilihkan yang kelihatan tidak terlalu berat. Dugaan saya salah ternyata turis tersebut menyenangi adventure. Tapi dalam hari pertama ingin mengunjungi prambanan dan borobudur untuk melihat sunset .  Start Prambanan dimulai pagi jam sembilan dengan menggunakan mobil saya. Di loket turisnya memsan tiket terusan Borobudur mungkin biar praktis .Mungkin saking senangnya lupa waktu hingga selesai jam 2 an. Pada waktu itu kondisi jalan ramai, ringroad urtara juga macet. Akhirnya di tengah jalan saya saya mampir rentaurant jejamuran. Gak terasa waktu sudah menunjukkan jam 3 an. Wah bisa terlambat. Saya pacu kendaraannya tapi gak bisa kencang karena kondisi jalan sibuk. Akhirnya sampai di Borobudur jam 5 kurang dikit. Alangkah kecewanya ternyata Loket regular sudah tutup. Jika ingin loket lain via manohara harganya 450.000
      Malamnya saya dsikusikan untuk penjadwalan acara dan turisnya bilang tak akan meninggalkan kota Yogyakarta . Well sunset rencanya diganti Sunrise saja , karena saya capai kita putuskan untuk menyewa mobil saja, waktu itu nyewa di sewarentalmobiljogjakarta.com. rencananya setelah dari Borobudur akan ke Goa Pindul. Harga nya waktu itu dapat 500.000 pakai Avanza saja karena isinya cuma 4 orang termasuk pak sopir. Subuh Nona Turis akan dijemput untuk melihat sunrise dan siangnya saya baru akan ikut ke Goa Pindul
      Well rental mobilnya memang tepat waktu, tidak ada complain dari tamu mengenai penjemputan dan tamunya puas bisa meihat sunrise di Borobudur tersebut.. Sampai Jogja jam 12 siang lanjut ke Goa Pindul . Waahhhhh tamunya senang sekali disana karena menaiki ban sambil menelusur sungai dalam goa. Lanjut Tubing di sungai oyo. setelah puas kami pulang mampir ke warung bakmi Bagito. Ternyata turisnya senang wedang uwuh hehehe. Akhirnya acara selesai . Lega deh... Makasih kepada Pak Agung yang sudah melayani dengan baik untuk mobilnya. Besok saya pakai lagi dah...
    • By Usablesharing

      Yogyakarta, kota istimewa nan mempesona ini selalu menjadi tujuan wisata di Indonesia. Tak heran jika setiap wekeend dan musim liburan, kota ini selalu dipenuhi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Kota dengan sebutan kota pelajar ini bisa dinikmati oleh para wisatawan dari berbagai sisi, mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata kuliner bahkan wisata belanja. Tak hanya itu, demi memanjakan tamunya, kota ini selalu menghadirkan wisata baru yang unik dan menarik untuk dikunjungi seperti halnya tempat wisata baru “Upside Down World Jogja”.
      Objek wisata yang baru dibuka pada 4 Juli 2016 ini, memiliki konsep yang cukup unik yaitu ruangan terbalik, hal ini terinsipirasi dari salah satu film Hollywood yang berjudul Upside Down dan disini Jogja merupakan kota kedua setelah Bali yang dipilih oleh Upside Down World Indonesia. Meskipun baru di launching beberapa bulan lalu, Upside Down World Jogja kini mampu menyedot perhatian wisatawan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan bahkan tempat wisata ini menjadi buah bibir di media sosial karena para pengunjung meng-upload foto yang unik.
      Konsep ruangan terbalik ini menggambarkan suatu tempat tinggal atau rumah yang memiliki delapan spot foto mulai dari ruang 3D, ruang tamu, ruang makan, kamar tidur utama, ruang anak-anak, dapur, ruang cuci baju hingga kamar mandi. Selain kedelapan spot tadi, Upside Down World Jogja masih punya spot foto lainnya yaitu warmindo(Warung Indomie) atau warung burjo (Warung Bubur Kacang Ijo) seperti suasana di kota Jogja yang sebenarnya.
      *Untuk melihat gambar lebih banyak, di sini!
      Perlu kalian ketahui, bahwa tempat wisata ini memiliki perabotan rumah yang asli, bukan sekedar tempelan ataupun semacam lukisan 3 dimensi. Selain bisa berfoto-ria, di sini kalian akan dibantu oleh guest assistance yang dapat menjadi juru foto dan penata gaya kalian saat hunting foto dan yang terpenting guest assistance ini gratis, sehingga bisa menghasilkan foto kalian lebih ciamik dan instagramable!
      Upside Down World Jogja yang berlokasi di Jalan Ring Road Utara No. 18, Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, ini bisa kalian kunjungi setiap harinya pada pukul 10.00-19.00 WIB dan siapkanlah kocek sebesar 80 ribu untuk dewasa dan 40 ribu untuk anak-anak.
      Nah, bagaimana? Kalian tertarik bukan untuk merasakan pengalaman unik saat foto terbalik? 
      (Sumber: jogja.semberani.com)