• agoda-hemat.png

  • 0
Tarmizi Arl

BANGGA ! AMBON DICANANGKAN JADI KOTA MUSIK DUNIA UNESCO. YUK, JELAJAHI SENTUHAN SENI DAN OBJEK WISATA ANDALAN DI SANA

Question

Apa kalian sudah tahu bahwa Ambon, Ibukota Provinsi Maluku akan dicanangkan menjadi Kota Musik Dunia? Ya, Kabar baik ini bukan isapan jempol belaka. Niatan baik ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dan dalam waktu dekat akan segera dibawa dan dinilai sesuai standar UNESCO sebagai badan PBB bidang Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan.

Sebenarnya, Ambon sudah mendeklarasikan diri sebagai Kota Musik sejak tahun 2011 silam. Hal tersebut tidak berlebihan nampaknya karena seperti yang dapat kita lihat bersama bahwa Ambon banyak sekali melahirkan musisi terutama penyanyi hebat di dalam negeri maupun kancah dunia seperti Glen Fredly, Bob Tutupoli, Andre Hehanusa, Ruth Sahanaya, Broery Marantika, Daniel Sahuleka, Grace Simon, dan segudang lainnya.

Menindaklanjuti deklarasi Kota Musik sejak 2011 silam tersebut, Pemerintah Kota Ambon didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia bersama Kementrian Pendidikan dan kebudaayaan serta Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, akan mencangkan Ambon sebagai Kota Musik Dunia berdasarkan standar UNESCO. Pencanangan tersebut direncanakan akan dilakukan pada 29 Oktober 2016 mendatang.

Adapun syarat-syarat standar yang ditetapkan UNESCO untuk predikat Kota Musik Dunia ialah terdiri dari 7 kriteria, salah satunya ialah soal infrastruktur penunjang berupa ketersediaan Sumber Daya Manusia, gedung pertunjukan seni, Studio Rekaman, dan sekolah Musik. Syarat-syarat tersebut tengah dilengkapi dan disempurnakan agar nantinya Kota Musik Dunia benar-benar tersemat bagi Ambon.

 

Nafas Ambon Sebagai Kota Musik

A kabarmaluku.jpg

pemandangan Kota Ambon via kabarmaluku.com

Begitu dekatnya Ambon dengan Musik bukan dibangun semalam dua malam tentunya. Ambon memiliki tradisi leluhur yang sudah sangat dekat dengan seni terutama musik, hal ini bisa dilihat dar begitu banyaknya lagu-lagu daerah dan kesenian musik yang dikenal luas. Begitu dekatnya orang Ambon dan Musik bahkan diibaratkan nafasnya pun adalah untaian nada-nada merdu.

Orang Ambon juga sangat suka mendengarkan musik dengan suara keras, baik dirumah, tempat makan, dan angkutan umum. Mungkin itu juga yang membuat tubuh mereka begitu dekat dengan musik dan lagu-lagu. Selain itu, mereka juga lebih senang mendengarkan lagu-lagu asli yang orang-orang ambon sendiri ciptakan. Sangat jarang dijumpai lagu-lagu barat misalnya apalagi yang bernada lembut mengalun alun.

 

1.Hawaiian, Nuansa Hawai di Tanah Maluku

1 semuatentangprovinsi.blogspot com.png

alat musik hawaiian via semuatentangprovinsi.blogspot,com

Pernah dengar alat musik Hawaiian? Alat musik satu ini merupakan alat musik tradisional yang dimiliki Ambon dan Maluku secara luas. Alat musik petik serupa ukulele tersebut menjadi ciri khas pengiring lagu-lagu pop Ambon termasuk untuk tarian tradisional. Karenanya, Hawaiian dianggap pula sebagai identitas Maluku yang wajib hukumnya untuk dilestarikan.

Istilah Hawaiian juga mengacu pada jenis musik tradisional Maluku. Dengan irama yang khas bak di daratan Hawai, seni budaya satu ini terus diupayakan promosinya seperti dengan mengadakan Festival Musik Hawaiian secara berkala.

 

2. Festival Musik Hawaiian

 

Jika kebetulan kalian datang ke Ambon saat peringatan Hari Ulang Tahun Kotanya atau dalam pagelaran seni lain, sempatkan menyaksikan Festival Musik Hawaiian. Festival yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku ini diikuti oleh berbagai kelompok atau komunitas Hawaiian di Ambon dan seantero Maluku.

 

3. Ambon Jazz Plus Festival

3 antarafoto com.jpg

via antarafoto.com

Musik beraliran jazz juga cukup akrab bagi masyarakat Ambon. Tak heran banyak juga musisi Jazz berasal dari kota berjuluk Ambon Manise ini. Dan untuk memperkuat citra, Pemerintah Kota Ambon juga mengadakan pagelaran Ambon azz Plus Festival secara berkala setiap tahunnya.

Musisi Jazz dari dalam dan luar negeri turut diundang memeriahkan acara bagi pecinta musik jazz ini. Biasanya pementasan akan dilakukan selama 3 hari berturut turut di Lapangan Pattimura atau Lapangan Merdeka Ambon.

 

4. Ambon Music Festival

4 meikemanalagi com.JPG

via meikemanalagi.com

Berbeda dengan Festival Musik Hawaiian yang memfokuskan pada seniman musik Hawaiian, Ambon Music Festival memiliki cakupan lebih luas. Musisi yang akan tampil ialah mereka-mereka para seniman asli Ambon termasuk yang sudah ternama. Tahun lalu, mereka yang mengisi festival ini seperti Barry Likumahuwa,   Benny Likumahuwa, Monita Tahalele, Bayu Risa, dan banyak lainnya.

Program yang dicanangkan Dinas Pariwisata Kota Ambon ini pada tahun 2016 sekarang direncanakan akan berlangsung antara bulan Oktober hingga November yang juga menjadi rangakain acara untuk mensukseskan pencanangan Ambon Kota Musik Dunia kepada UNESCO.

 

5. Tari Katreji, Seni Bercita Rasa Portugis yang Tertinggal

5 benderari.blogspot com.jpg

via benderari,blogspot.com

Dari sejak Sekolah Dasar, kita sudah tahu bahwa Indonesia Timur terutama Maluku adalah incaran para pencari Rempah dari Barat. Jejak Portugis-pun sebagai bangsa penjelajah tak terlewatkan di sana dan masih sangat lumrah dijumpai bukti-bukti peninggalannya baik secara fisik maupun non fisik. Salah satu peninggalan bangsa Portugis di Ambon ialah dari unsur budaya seperti tarian. Satu yang paling terkenal ialah Tari Katreji, sebuah tari tradisional dimana dilakukan oleh pria dan wanita secara berpasangan.

Sentuhan dunia barat akan sangat kental terasa ketika pertama kalian melihatnya, karena tarian ini mirip dengan dansa yang dilakukan sepasang penari dengan irama yang lebih energik dan gerakan yang bervariasi. Biasanya tarian yang dilaukan 5 hingga 6 pasang penari ini diiringi oleh alat musik berupa suling bambu, biola, ukulele, tifa, dan lainnya. Menggunakan kostum adat Maluku, Tari Katreji biasa ditampilkan sebagai hiburan dalam acara penyambutan tamu, pernikahan, dan perayaan adat lain.

 

6. Belajar Sejarah, Budaya, dan Seni di Museum Budaya Siwa Lima

6 wikipedia.jpg

koleksi museum siwa lima via wikipedia.com

Berkunjung ke Museum Siwa Lima sangat mungkin kamu lakukan untuk mengetahui lebih banyak soal sejarah, budaya, dan seni Maluku. Di sana terdapat koleksi-koleksi peninggalan budaya serta adat istiadat Maluku termasuk soal Musik. Museum ini sendiri sudah diresmikan sejak tahun 1977 dan berada di atas bukit yang langsung menghadap Teluk Ambon, tepatnya di Kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, sekitar 5 km dari pusat Kota Ambon.

Awalnya memang museum ini hanya untuk peninggalan sejarah, namun kini Museum Siwa Lima dibagi menjadi dua bagian. Pertama Museum kelautan yang menyimpan koleksi benda-benda terkait kelautan termasuk replika ikan paus. Sedangkan bagian kedua merupakan Museum Budaya yang menyimpan benda-benda peninggalan kebudyaan dari mulai pakaian adat, alat pertanian, senjata, uang, dan termasuk alat musik.

 

7. Signage Ambon City of Music, Identitas yang Terbangun

7 roykewarella.blogspot com.jpg

via roykewarella.blogspot.com

Era sekarang membangun signage atau tulisan besar di tempat-tempat umum dan wisata sudah menjadi trend baik di kota besar maupun kota kecil. Selain menjadi penanda suatu identitas, ukurannya yang besar sangat cocok untuk latar berfoto.

Tak ketinggalan, selain signage bertuliskan Ambon Manise di sebuah lapangan, di Kota Ambon juga punya signage lain yang menjadi penanda identitas yaitu bertuliskan Ambon City of Musik. Lokasinya tepat di pinggir jalan sekitar 5 km dari Bandara menuju pusat kota. Tulisan tersebut menghadap langsung ke tepi pantai sehingga memberikan pemandangan yang menarik jika dilihat dari sisi seberangnya.

 

8. Pantai Pintu Kota, Karena Alam Juga Punya Karya Seni

8 wikipedia.png

via wikipedia.com

Belum ke Ambon katanya jika belum ke sini. Itulah Pantai Pintu Kota, pantai dengan karya seni alam yang mempesona. Pantai yang terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe ini bercirikan sebuah tebing yang menjorok laut tetapi memiliki lubang di tengahnya sehingga mirip dengan pintu gerbang.

Pantai yang banyak dihiasi karang-karang di tepi pantainya ini selain pemandangan tebing berpintunya yang indah, juga punya pesona lain di dasar lautnya. Biota laut dan terumbu karang cantik banyak tersebar disana sehingga berhasil menarik perhatian banyak pecinta dunia selam atau diving.

 

9. Bersantai Menikmati Nyanyian Alam di Pantai Santai

9 klikhotel.jpg

via klikhotel,com

Kita biasa menggunakan istilah ‘santai kayak di pantai’ ternyata kata santai itu menjadi salah satu nama pantai di kawasan Ambon. Nama yang unik ini ternyata bukan sekedar nama biasa, karena kenyataannya nuansa pantai yang ada memang sangat coock untuk bersantai dengan ombak yang tenang.

Berada di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, sekitar 17 km dari pusat Kota Ambon, Pantai ini memiliki pasir putih yang luas. Berpadu dengan ai laut yang biru jernih, menjadikan atmosfer bersantai akan benar-benar utuh dirasakan. Namun selain bersantai menikmati pemandangan, kalian juga bisa melakukan aktivitas fisik lain seperti snorkeling dan diving. Untuk dapat melakukan diving atau snorkeling, tersedia jasa penyewaan alatnya di sekitar pantai, dan ada baiknya sudah melakukan pemesanan terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

17 answers to this question

  • 0

Wah... Knp ada kata2 Hawaiian nya begitu mas , apakah ada hubungannya dgn kepulauan Hawaii,budaya Hawaii ? 

Kepulauan Maluku satu gugusan dgn kepulauan Hawaii kah ? (Blum lihat peta ) 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

memang pantas seh banyak musisi khususnya penyanyi dengan suara emas dari Ambon sebut saja Glenn Fredly | Melanie Subono | Monita Tahalea | Mike Mohede.

dan musik hawaiian berkembang disana karena daerah nya juga pas banyak pantai :) 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
2 hours ago, Rawoniste said:

Wah... Knp ada kata2 Hawaiian nya begitu mas , apakah ada hubungannya dgn kepulauan Hawaii,budaya Hawaii ? 

Kepulauan Maluku satu gugusan dgn kepulauan Hawaii kah ? (Blum lihat peta ) 

iya istilah Hawaiian dikenal disna krn musik khas pesisir yang pake ukulele (alat musik asal Hawai) ...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
2 hours ago, Rawoniste said:

Wah... Knp ada kata2 Hawaiian nya begitu mas , apakah ada hubungannya dgn kepulauan Hawaii,budaya Hawaii ? 

 

Hawaiian Reggae

ini salah satu jenis musik seh

contoh nya lagu nya Jason Mraz - Im Yours @Rawoniste ;D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
43 minutes ago, Tarmizi Arl said:

iya istilah Hawaiian dikenal disna krn musik khas pesisir yang pake ukulele (alat musik asal Hawai) ...

Oh begitu. 

Makanan khas ambon sendiri apa saja mas ? 

 

@deffa lagu yg itu serasa bukan reggae lg ah .... Hehehe 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
2 minutes ago, Rawoniste said:

@deffa lagu yg itu serasa bukan reggae lg ah .... Hehehe 

ya namanya Hawaiian Reggae

ada unsur reggae nya ngambil dari Roots Reggae di campur dengan music khas Hawaiian

well kalau mau bahas soal musik Reggae dulu aku pernah bikin tulisan nya di Forum sebelah 

kebetulan band ku Boys N Root reggae :D 

Kalau Indonesia ada contoh nya seperti Budi Doremi itu tipe2 Hawaiian Reggae :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
12 minutes ago, deffa said:

ya namanya Hawaiian Reggae

ada unsur reggae nya ngambil dari Roots Reggae di campur dengan music khas Hawaiian

well kalau mau bahas soal musik Reggae dulu aku pernah bikin tulisan nya di Forum sebelah 

kebetulan band ku Boys N Root reggae :D 

Kalau Indonesia ada contoh nya seperti Budi Doremi itu tipe2 Hawaiian Reggae :D 

Ceilah anak band jg toh moddeff , msh exist sampe sekarang ? 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
56 minutes ago, sasanatasya said:

waktu main ke Ambon itu suara pengamennya aja kece beratt jadi no wonder kl Ambon jadi kota musik dunia :salut

wiiih... keren ya.... ntar yg dr UNESCO kalau mau nilai harus liat pengamen2 disana jg brrti... hehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
15 hours ago, sasanatasya said:

waktu main ke Ambon itu suara pengamennya aja kece beratt jadi no wonder kl Ambon jadi kota musik dunia :salut

iya kan di bandung saya banyak teman ambon

malah kalau ada teman ambon yang gak bisa nyanyi

sering di Bully "ambon gagal" hahahah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now