• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Tarmizi Arl

YUK KELILING UJUNG BARAT SAMPAI TIMUR SARAWAK, MALAYSIA (BAGIAN 1)

30 posts in this topic

Akhir tahun sudah mulai dekat ! Promo-promo tiketpun mulai menarik perhatian para petualang. Nah, kamu yang berencana memilih liburan ke luar negeri tapi tidak ingin jauh, mungkin Malaysia sangat layak dijadikan pilihan. Eits, tapi Malaysia gak cuma KL atau Melaka ya... Kamu yang tidak suka tempat-tempat mainstream, bisa memilih sisi lain dari Malaysia, yaitu Sarawak. Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita mengenal dulu dimana itu Sarawak.

Sarawak adalah nama salah satu negara bagian dari Negara Malaysia, atau setara dengan Provinsi jika di negeri kita. Nah, lokasinya sendiri terpisah pulau dengan ibukota negara di Kuala Lumpur. Sarawak berada di daratan Pulau Kalimantan bagian utara. Wilayah Malaysia di Pulau Kalimantan ini biasa dikenal sebagai Malaysia Timur atau biasa orang Malaysia sebut sebagai Borneo.

Sarawak merupakan negara bagian terluas di Malaysia. Posisinya berada di sisi Barat dari Malaysia Timur dengan ibukota yaitu Kuching. Wilayah Sarawak secara khusus ataupun Malaysia Timur secara umum memang tidak sepopuler wilayah Malaysia Barat atau Semenanjung Malaysia sebagai tujuan wisata. Padahal, kota-kota di Borneo ini juga memiliki daya tariknya tersendiri. Apalagi, bagi kita wisatawan Indonesia yang terbiasa melihat wisatawan ke KL, Penang, atau Melaka, nampaknya mengunjungi Sarawak akan membuat kita tampil beda alias antimainstream.

Penasaran? Yuk kita jelajahi kota-kota utama di Sarawak dan segala hal tentangnya.

 

Cara Menuju Sarawak

Pintu gerbang utama menuju Sarawak ialah ibukotanya tentu saja yaitu Kota Kuching. Untuk menuju kota di sisi Barat Daya Sarawak itu, ada beberapa alternatif bagi kita wisatawan Indonesia. Pertama ialah dengan jalur udara transit di Kuala Lumpur. Dari Jakarta-KL-Kuching, tarif normal pesawat one way ialah sekitar Rp 1,2 – 2 jutaan. Cara kedua ialah dengan jalur udara lalu  dilanjutkan jalur darat yaitu Via Pontianak, Kalimantan Barat.

Untuk cara kedua ini, kalian harus menuju Pontianak terlebih dahulu. Jika dari Jakarta, tarif pesawat low cost normal sekitar Rp 500-700 ribuan. Selanjutnya dari Kota Pontianak perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan Bus Damri Antar Negara. Pembelian tiket bisa dilakukan di Agen resmi Jalan Pahlawan No.226/3 (0561-744859) atau di Jl.Sultan Hamid (0561-7076849). Sedangkan Bus sendiri berangkat jam 9 malam dari Terminal Antar  Lintas Batas Negara di Jalan Trans Kalimantan yang berada cukup jauh dari pusat kota, karenanya kalian bisa memesan Taksi untuk menuju Terminal tersebut. Harga Tarif Bus Pontianak-Kuching sendiri yaitu sekitar Rp 200.000an.

 a kaskus.jpg

Bus Damri Pontianak-Kuching

Dalam perjalanan menuju Kuching, kalian bisa beristirahat sebelum akhirnya sekitar jam 4 subuh akan dibangunkan petugas karena harus melakukan 2 kali check point di perbatasan negara. Barulah sekitar jam 8 pagi kalian akan tiba di Kuching Sentral atau Terminal Utama Kuching.

 

Berkeliling Sarawak Pakai Bus, Mungkinkah?

Jika pertanyaan kalian adalah seperti di sub judul diatas, maka jawabannya ialah Tentu Saja Mungkin !. Bahkan bisa dikatakan, dengan naik Bus itulah cara terbaik dan memungkinkan jika hendak berkeliling dalam arti sesungguhnya, karena jika naik pesawat tentu pengalaman ‘berkeliling’ akan berbeda.

post-37373-0-84951800-1430450980.jpg 

Kuching Sentral

Lantas bagaimana caranya? Bukan Hal sulit untuk berpergian berkeliling kota di Sarawak menggunakan Bus karena dari Kuching Sentral terdapat banyak pilihan armada bus ke berbagai tujuan kota di kawasan Sarawak hingga Sabah dan termasuk ke Brunei Darussalam.

Karena kita hendak berkeliling dengan maksud mengunjungi kota-kota yang ada di Sarawak, maka kita harus mengenal terlebih dahulu kota-kota jalur umum yang dilalui Bus. Berikut ini peta Sarawak dan kota-kota utamanya

 peta.jpg

Peta Sarawak

Jadi, dari kota Kuching, perjalanan bisa kalian tuju dengan menggunakan Bus tujuan Sri Aman, lalu Sarikei, Sibu, Bintulu, dan berakhir di Miri.

 

1.Kota Kuching

Petualangan dimulai dari ibukota negara bagian Sarawak, Kuching. Memiliki nama yang unik, kota ini menjadi kota sungai yang cukup bersahabat bagi wisatawan. Asal nama Kuching sendiri memiliki banyak versi, namun yang pasti terdapat Patung Kucing yang menjadi ikon kotanya. Ada cukup banyak patung kucing yang menghiasi sudut kota, namun satu yang paling menjadi landmark ialah yang berada di persimpangan Jalan Tun Abdul Rahman. Patung tersebut terbilang sangat menarik karena terdapat 2 patung induk kucing dengan dikeliling 7 ekor anaknya.

 cuti my.jpg

Patung Kucing di Kota Kuching

Seperti yang sudah disinggung diatas, Kuching menjadi kota yang cuku bersahabat dengan wisatawan. Beberapa alasan yang menjadikannya demikian ialah karena kota ini tidak seramai KL namun tetap hidup. Kotanya juga bersih dan tertata rapih dengan karakter pengendara kendaraan yang tertib. Selain itu, objek-objek wisata menarik juga dimiliki kota yang dibelah oleh sungai Sarawak ini. Hanya saja tidak adanya bus umum yang sering berlalu lalang menjadikan aktivitas wisata jarak jauh harus dilakukan dengan menggunakan taksi. Namun, beberapa objek wisata utama justru berada di satu kawasan yang tidak begitu jauh dan sangat nyaman untuk dikunjungi dengan berjalan kaki.

Kawasan wisata paling populer dan wajib dikunjungi ialah waterfront. Di bagian tepi sungai Sarawak sepanjang sekitar 1 km tersebut, sudah ditata sangat rapih dan terdapat deretan pedagang kaki lima yang juga tertata. Menyusuri waterfront tersebut juga tak akan membosankan karena selain nyaman, juga pemandangan yang indah mulai dari badan Sungai Sarawak itu sendiri, Gedung Parlemen yang sangat ikonik di sebrang sungai, hingga Astana yang merupakan rumah dinas Gubernur Sarawak.

post-37373-0-59765400-1430451316.jpg 

Atmosfer di Sekitar waterfront

 post-37373-0-66857800-1430451341.jpg

Gedung Parlemen

 1 malaysia-asia com.jpg

Astana via malaysia-asia.com

 

Atmosfer kota wisata dari Kuching juga terasa karena ada cukup banyak penjual barang-barang unik dan souvenir khas. Satu lokasi yang paling ramai berjajar penjaja oleh-oleh ialah di Main Bazar yang berada tepat di sebrang jalan dari waterfront. Nuansa nya cukup mirip dengan Malioboro di Jogja namun sedikit lebih sepi.

1 airasia com.jpg

Main Bazar via airasia.com

Bagi kamu pecinta kuliner juga tak perlu khawatir karena di Kuching ada sangat banyak lokasi wisata kuliner dari berbagai variasi. Jika ingin merasakan nuansa dari ketinggian, kalian bisa datang ke Top Spot foodcourt yang ada di rooftop sebuah gedung. Di sini terdapat berbagai menu masakan khusus seafood.

Jika ingin merasakan sensasi makan langsung di tepi Sungai sarawak, kalian bisa menyebrang dengan kapal seharga hanya 5 sen perorang menuju Foodcourt yang sudah tampak dari tenda putihnya. Di sana terdapat menu makanan khas dari Malaysia bahkan menu khas Indonesia pun ada.

 1 syarliz.blogspot com.jpg

Foudcourt tepi sungai via syarliz.blogspot.com

Tak lengkap rasanya jika ke Kuching tapi tidak ke Museum Kucing. Ya, di kota ini semakin lengkap dengan adanya Museum unik yang secara khusus membahas segala hal tentang Kucing. Bukan hewan hidup, tetapi segala pernak pernik, lukisan, sejarah, dan segala macam keunikan kucing digalerikan di sana. Lokasinya sendiri berada di atas sebuah perbukitan sehingga pemandangan selama perjalanan dan dari gedung museum pun sangat menarik. Semakin spesial lagi, tidak ada tarif tiket masuk kesana, namun dikenakan biaya jika kalian masuk membawa kamera baik hp, camera digital, ataupun DSLR dengan tarif mulai dari 2 hingga 5 Ringgit, tarif yang masih terbilang sangat murah.

 1 comesarawak.blogspot com.jpg

Museum Kucing via comesarawak.blogspot.com

 

Jika ingin lebih jauh membahas Kota Kuching, kamu bisa buka link berikut http://jalan2.com/forum/topic/17182-panduan-wisata-di-kuching-malaysia-via-pontianak/

 

2. Bandar Sri Aman

Berjarak sekitar 200 km Tenggara dari Kota Kuching, Sri Aman sangat bisa dijadikan pilihan untuk berwisata karena dilalui jalan raya utama penghubung kota di Sarawak. Seperti yang sudah diungkap di awal, Bus dari Kuching ke berbagai kota tersedia di Kuching Sentral termasuk untuk menuju Sri Aman. Hampir semua armada menyediakan rute ini dengan jadwal yang cukup banyak dalam seharinya. Tarifnya sendiri cukup murah yaitu hanya sekitar RM 25.

Bandar Sri Aman memang bukan kota besar dan cenderung sangat sepi. Kota yang juga di aliri sungai ini, hanya memiliki sekitar 102.000 jiwa penduduk dan bukanlah kota wisata. Namun begitu, tak ada salahnya mampir ke Sri Aman untuk merasakan sensasi berbeda dari Malaysia. Beberapa tempat yang mungkin bisa menjadi pilihan seperti Taman Nasional (atau Taman Negara dalam bahasa Malaysia) Batang Ai ,  dan Fort Alice

Taman Nasional Batang Ai bisa dikatakan cukup populer sebagai area hutan untuk resapan air di area seluas 24 km persegi. Satu cara yang cukup menarik untuk dapat mengunjungi Taman Nasional ini ialah dengan perahu karena Batang Ai yang berada di Lubok Antu ini memang merupakan kawasan aliran sungai khas daratan Kalimantan dengan satu area luas mirip danau atau dam yang menjadi daya pikatnya.

 2 bettyandlingshing.blogspot coid.jpg

Dam di Batang Ai National Park Via http://bettyandlingshing.blogspot.co.id

 

Sedangkan Fort Alice merupakan bangunan tua yang berdiri tahun 1864 alias menjadi peninggalan sejarah kekayaan Sri Aman.  Sekarang Fort Alice difungsikan sebagai Museum yang mengkoleksi berbagai peninggalan masa-masa perjuangan. Keunikan utama di Fort Alice sendiri ialah bangunan kayunya yang sangat khas dan terlihat sangat kuno.

2 theborneopost com.jpg

Fort Alice via theborneopost.com

 

3. Sarikei

Kota berikutnya yang bisa dilintasi dari Kuching via darat ialah Sarikei. Tarif Bus jika kalian langsung pergi dari Kuching ke Sarikei ialah sekitar RM 40. Lokasi pemberangkatan juga sama yaitu dari Kuching Sentral dimana bus tersedia dengan beragam waktu keberangkatan dari pagi hingga larut malam.

Kota Sarikei berada di tepi Sungai Rajang yang merupakan sungai terpanjang di Malaysia. Kota yang hanya berpenduduk sekitar 57.000 ini memiliki atmosfer kota yang tenang namun tetap hidup. Kota ini juga terkenal sebagai penghasil beragam buah terutama Nanas, bahkan di tengah kotanya terdapat monumen berbentuk Nanas yang menjadi ikonnya.

 3 wikipedia.jpg

Monumen Nanas di Sarikei via ms.wikipedia.org

 

Berwisata di Kota Sarikei cukup menyenangkan, apalagi untuk kamu yang mencari ketenangan. Beberapa lokasi menarik untuk dikunjungi ialah seperti Sarikei Lake Garden atau Taman tasik, Pusat Industri Rejang Songket, Peternakan Rusa Sebangkoi, Sebangkoi Forest park, dan Dermaga Sarikei yang populer untuk menyaksikan sunset.

3 pknsarikei pi1m m.jpg 

Sarikei lake garden via pknsarikei.pi1m.m

 

Masih berlanjut, kita akan menuju kota berikutnya di artikel bagian 2 ya

Share this post


Link to post
Share on other sites

@deffa

gk deket2 amat sih mod :D 12 jam kalo dari Pontianak. tapi setidaknya bisa lah di tempuh lwt jalur darat dan murah meriah :D kalo kuching mah sejuk banget. mataharinya ngak terik. tapi cukup pergi skali aja. soalnya gk ada apa2 juga sih :D palingan keliling ke mall2 nya aja. cuman kl next pergi lagi pengen nyobain "Kaya King" nya. temen gua kemarin maen itu. seru banget katanya

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, deffa said:

@twindry

oh ya kalau jalan darat dari ponti ke kuching ini

pemeriksaan imigrasi passport nya dimana ya ?

pemeriksaan di daerah entikong mod. di sana bakal ngalamin perbedaan yg mencolok antara indo ama malay :D padahal beda selangkah aja. cuman yang sama itu WC nya. sama2 aromanya gimanaaa gitu :tersipu

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, Vara Deliasani said:

@twindry Kaya King apaan?

Kaya King itu rafting ato arum jeram gitu. "Kayak" ya kalo dalam bahasa indo nya :D itu full day trip. di jemput dari penginapan, trus makan, di fotoin ama mereka, dll. kl gk salah per orang sekitar 300an RM

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, Vara Deliasani said:

@twindry huahahahaa kayaking ternyata maksudnya.. Wah seru juga tuh.

naah..itu lah maksudnya :D ayo kapan2 maen ke sini. kita berangkat dari Pontianak. 3-4 hari cukup lah di Kuching. 1 hari maen kayaking, sisanya explore kota Kuching nya. cuman yang mahal di sana biaya transport :terharu jarang liat ada bus. adanya taxi di mana2 dan harganya biasa di itung per kepala dan jaraknya juga

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, Vara Deliasani said:

@twindry masih belom itung perkilogram kan??? mahal ntar gw kalo kemana2, hahaha

wakakak :D untungnya ngak ada taxi yg iseng itung per kilogram. ngakak euy :ngakak dari terminal bus ke waterfront kl ngak salah kmrn kami kena 40RM per 4 orang. itu kira2 hanya 5-10 menit perjalanan doank. dan hati2 kalo ke Kuching. org2 keturunan Chinese nya ngak bisa bahasa melayu dan inggris nya pun terbata-bata. Mereka bisanya mandarin, hok kian, ama tiociu malaysia. termasuk supir taxi nya :bingung

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 hours ago, twindry said:

pemeriksaan di daerah entikong mod. di sana bakal ngalamin perbedaan yg mencolok antara indo ama malay  padahal beda selangkah aja. cuman yang sama itu WC nya. sama2 aromanya gimanaaa gitu :tersipu

whahaha iya banget,,, terasa berbeda padahal cuma bbrapa jengkal... duh malu ih... hahaha

4 hours ago, deffa said:

hhoo Kuching ya

kalau gak salah di wilayah ini masih ada suku asli melayu kuching gitu kan ya @Tarmizi Arl

btw dekat dari lo kan bro @twindry

iya ada satu kampung adat khas Borneo gitu.. ada paket wisata juga.. tp lupa nama tempatnya...hahaha

Share this post


Link to post
Share on other sites
47 minutes ago, Titi Setianingsih said:

@twindry

kapan2 ke sini yuuukkkkkk

ayo mba @Titi Setianingsih kapan2 :D murah meriah kalo ke Kuching mah

45 minutes ago, Tarmizi Arl said:

whahaha iya banget,,, terasa berbeda padahal cuma bbrapa jengkal... duh malu ih... hahaha

bener2 beda :D kemarin ke Kuching lewat Pontianak juga?

Share this post


Link to post
Share on other sites
6 minutes ago, Tarmizi Arl said:

iya lewat pontianak jg pake damri

baru2 ini perginya? :D muntah2 ngak pas di daerah sosok? wakakak.. benar2 menguji ketahanan perut kalo lewat sana

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, twindry said:

baru2 ini perginya? :D muntah2 ngak pas di daerah sosok? wakakak.. benar2 menguji ketahanan perut kalo lewat sana

tahun 2014 kmren sih.... hahah.. keknya tidur deh selama prjalanan, bangun2 buat checkpoint

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 hours ago, Titi Setianingsih said:

@twindry

kalau lewat pontianak mahal di pesawatnya kali ya mas ? kan kalau promo AA ke Malay murah ?

lewat ponti bisa pake bus bu @Titi Setianingsih murah meriah :D kalo pake pesawat skali jalan paling murah 700-800 ribuan. kalo pake bus harga segitu udh dapat tiket PP. cuman yah perjalanannya aja. dari ponti berangkat malem jam 9. sampai di terminal kuching 12 jam nya lagi lah kira-kira

14 hours ago, Tarmizi Arl said:

tahun 2014 kmren sih.... hahah.. keknya tidur deh selama prjalanan, bangun2 buat checkpoint

sama..saya pulang ama perginya selama perjalanan tidur terus :D gk sadar tau2 udh nyampe wkakak

Share this post


Link to post
Share on other sites
On ‎21‎/‎08‎/‎2016 at 6:07 AM, Titi Setianingsih said:

@twindry

Lama sekali yaaa kalau naik bus ? Jd brp hari idealnya kalau ke Kuching mas.?

3-4 hari saya rasa udah cukup bu @Titi Setianingsih kota Kuching ngak begitu besar soalnya. spot2 wisatanya juga gk terlalu banyak sih :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this