Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  • 0
Sign in to follow this  
alexandra anastasya

Rangkaian Acara Lampung Krakatau Festival 24-28 Agustus 2016

Question

festival krakatau1.jpg

Sumber : Elshinta.com

Jakarta - Pekan depan, dari tanggal 24-28 Agustus akan digelar Lampung Krakatau Festival 2016. Ini rangkaian acaranya, yang sayang untuk traveler lewatkan.

Traveler yang liburan ke Lampung pekan depan akan mendapat suguhan event berupa Lampung Krakatau Festival 2016. Kegiatan yang bisa traveler nikmati selama festival ini berlangsung meliputi Jelajah Pasar Seni, Jelajah Layang-layang, Jelajah Rasa (Festival Kuliner), Jelajah Semarak Budaya, dan sebagai sajian utamaya tentu saja Jelajah Krakatau.

"Kenapa Jelajah? Dari sisi adventure, Lampung ini masih sangat alami. Infrastruktur memang masih belum bagus. Tapi justru itu yang dicari wisatawan, adventure-nya," kata M Ridho Ficardo, Gubernur Lampung kepada wartawan di Ruang Rapat Lantai 17, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Memang ada 3 unsur utama yang akan diangkat lewat Lampung Krakatau Festival 2016 ini, yaitu Nature, Culture dan Adventure. Untuk nature dan adventure-nya, menurut Ridho, Krakatau masih akan jadi sajian utamanya. Baru untuk culture, ditampilkan seni budaya Tapis khas Lampung.

"Provinsi Lampung itu sangat heterogen karena jadi daerah transmigrasi pertama di Indonesia. Dalam Jelajah Semarak Budaya, kami akan tampilkan seni budaya dari masyarakat perantauan. Kami juga akan mengundang perwakilan dari provinsi lain seperti Yogyakarta dan Bali untuk ikut serta. Bukan tidak mungkin ke depannya kita akan undang juga dari negara lain," tambah Ridho.

Untuk acara lain dalam festival ini, ada Jelajah Layang-layang yang juga ingin diangkat, karena di Lampung ada banyak wilayah pantai yang anginnya bagus. Nanti akan ada lomba layang-layang hias, ketangkasan adu layang-layang dan masih ada beberapa yang lainnya, yang digelar pada 25-26 Agustus 2016 di Stadion Sumpah Pemuda Lampung.

Traveler juga bisa icip-icip kuliner khas Lampung, yang belum banyak orang tahu. Bahkan, konon katanya pempek paling enak itu ada di Lampung, bukan di Sumsel.

"Kuliner Lampung itu sangat banyak yang enak-enak, tapi belum dikenal. Saya sering bercanda dengan Gubernur Sumsel, pempek itu yang nyempurnain orang Lampung," ucap Ridho.

Untuk acara Jelajah Pasar Seni akan dilangsungkan di Mal Boemi Kedaton, Lampung dari tanggal 24-28 Agustus, sementara Jelajah Rasa digelar pada 26-28 Agustus. 2 Acara puncaknya yaitu Jelajah Krakatau digelar pada 27 Agustus, dan Jelajah Semarak Budaya akan digelar pada 28 Agustus. Jangan sampai terlewat ya traveler! (wsw/krn)  Wahyu Setyo Widodo - detikTravel

SUMBER

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

2 answers to this question

Recommended Posts

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By satria11
      Selamat pagi/siang/sore
      Liburan kali ini kami mengunjungi Lampung
      Jumat 21 Desember 2018, Kami @aviafamily_ berangkat menuju Pelabuhan Merak Banten untuk menyebrang ke pulau sumatra. Tepat pukul 2 dini hari kami sampai di pelabuhan Merak, Namun kami harus menunggu sekitar 5,5 jam untuk bisa masuk kedalam kapal karena jumlah kendaraan yang masuk tidak sebanding dengan jumlah kapal dan juga salah satu dermaga tidak beroperasi.
      Untuk lebih jelasnya ada di video dibawah ini, mulai dari awal perjalanan, tempat wisata sampai dengan mengunjungi lokasi tsunami selat sunda di Kalianda karena timing kami berbarengan dengan kejadian tsunaminya. sabtu siang kami sampai di Lampung dan sabtu malam nya terjadi tsunami
      Part 1
       
      Part 2
       
      Daerah mana yaa yang enak untuk di kunjungi ketika libur lebaran nanti????
    • By hildaveronica
      hallo semua, salam kenaaaaal. masih nyubi disini tp mau share cerita tentang trip ke Lampung kmaren. muehhehee
       
      Hari Minggu kmaren baru banget pulang dari Lampung. Tujuan utamanya sih sebenernya liat sunrise di atas Gunung Anak Krakatau tp iten lainnya nemu pantaaaaaaaaaaaiiiiii.
      Berangkat dr Bandung jam 3 sore nyampe Merak jam 11 malem dan langsung naik kapal Ferry sekitar 3jam-an lamanya.Rasanya rontok badan bangeet! Tp perjuangan belum selesai masih harus naik angkot lg menuju Dermaga Canti sekitar 1 jam dengan posisi duduk yg disenderin bule besar . begitu sampai Dermaga Canti hilang sudah penderitaan 14 jam perjalanan panjang tersebut. Disini deh bangganya punya Indonesia #iyainajaa   dari Dermaga Canti langsung naik kapal menuju pulau Sebuku Kecil.    sesi pertama dimulai. Gk banyak penghuni laut yg bisa diliat disini tp viewnya ituloooh emmm bangeet. Abis dr situ berangkat menuju penginapan 2jam naik kapal ke Pulau Sebesi, beres" terus berangkat lagi   sesi 2 ke Cemara Satu. Karena sore hari disini ombaknya mulai besar saya punya cerita memalukan disini, pas nyemplung sih aman" aja tiduran diatas air dan gk sadar kalo udah jauh dr kapal. mau balik gk bisa, tenaganya gk cukup buat lawan ombak hahhaa dan minta tolong sama mas" gatau siapa buat di tarik ke kapal ahhhhahhaa abis dari situ menuju Pulau Umang-Umang buat ngejar sunset. pulaunya kreeeeeen bangeeeeeeeeeeeeeet!!! pasir putih dan ahh pokonya bagus bangeet pokonya. dr situ pulang ke penginapan 2jam kapal"an again.*hari esoknya*  Iten selanjutnya mari ke Gunung Anak Krakatau demi sang sunrise, subuh" jam 3 udah naik kapal aja, sampe dan trekingnya sih gk sepanjang si kunir di Dieng, tp disini pasir semua jd agak susah naiknya dan begitu sampai puncak, Tuhaaan bagus bangeet hahhaa foto" dan turun lalu   sesi 3 menuju Lagoon Cabe.nah disini nih penghuni laut numpuk. banyaak banget dan ombaknya gk terlalu besar soalnya masih siang muehehhe. selesai snorkling sesi 3 kaki kena cium karang tercinta huhu. kaki kaya abis kdrt abis itu menuju penginapan *2jam lg* packing dan pulaaaang kembali menikmati perjalanan super panjaaaang menuju Bandung. *foto narsisnya nyelip bolehlahyaa* muehhe
       

    • By alexandra anastasya
      Perdana Menteri India Narendra Modi memberlakukan kebijakan bebas visa hingga 30 hari untuk turis Indonesia. Hal tersebut disampaikan saat pertemuan pertemuan diaspora India di Jakarta Convention Center, Rabu (30/5/2018).
      "Kami akan memberikan bebas biaya visa bagi warga Indonesia untuk perjalanan hingga 30 hari," kata Modi, di tengah riuh tepuk tangan. Ia juga mengundang diaspora India untuk pulang ke negara asal mereka menyaksikan "New India".
      "Bukan hanya sekedar sebutan baru untuk bangsa kita tetapi juga ada konsep yang berbeda dalam persahabatan baru India-Indonesia," tuturnya saat pidato acara. Ia mengundang masyarakat Indonesia untuk datang menyaksikan berbagai kebudayaan di India. 
      Ia punya harapan besar untuk India di 2022 nanti. Konsep tersebut ia beri nama "New India", yang akan dihadiahkan pada masyarakatnya di ulang tahun India ke 75.
      "Kami telah selangkah lebih maju dalam kemudahan melakukan bisnis. Fokus kami adalah 'Kemudahan Hidup'. Proses kami transparan dan peka," kata Modi.
      Dalam dua setengah tahun terakhir, lebih dari 9.000 startup telah terdaftar di India. Ia mengklaim India sebagai ekosistem start-up terbesar kedua di dunia.
      "Dan ini terjadi... hukumnya sama, petugasnya sama, kantornya sama, meja dan kursi sama, hanya pemerintah yang berubah dan selanjutnya, negara berubah," pungkasnya.
      Perdana Menteri Narendra Modi, tiba di Jakarta Selasa (29/5/2018) malam pada kunjungan resmi pertamanya ke Indonesia. Sebelumnya telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. 
       
      SUMBER
    • By alexandra anastasya
      Bagi Anda yang menyukai Yoga, segeralah atur perjalanan Anda ke Candi Prambanan. Karena dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional yang jatuh pada bulan Juni, PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko akan kembali menggelar Prambanan International Yoga Day 2018 pada tanggal 24 Juni 2018.
      Selain untuk memperingati Hari Yoga Internasional, acara ini juga sebagai wujud bhakti umat Hindu kepada Tuhan setiap pertengahan bulan Juni. Saat inilah kesempatan bagi umat Hindu untuk melestarikan ajaran leluhur dan Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi.
      Prambanan International Yoga Day 2018 merupakan acara tahunan yang ketiga kali digelar sejak tahun 2016 yang lalu dan diprakarasai Kedutaan Besar India. Setiap tahun, panitia akan mendatangkan seorang master yoga internasional untuk memimpin ribuan penggemar yoga di Taman Prambanan.
      Prambanan International Yoga Day diselenggarakan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan & Ratu Boko dan bekerja sama dengan PHDI Jawa Tengah dan DIY serta Bimas Agama Hindu Jawa Tengah dan DIY dengan tujuan untuk bisa memusatkan pikiran didalam mengendalikan panca indera sehingga tercipta keselarasan ataupun keseimbangan antara jiwa , pikiran dan tubuh yang pada akhirnya nanti akan menghasilkan sebuah ketenangan jiwa dan kebahagiaan. Melalui ketenangan jiwa, otomatis akan lebih produktif lagi dalam kehidupan.
      Acara Prambanan International Yoga Day 2018 terdiri dari 5 sesi. Sesi pertama adalah Doa, dilanjutkan dengan peregangan, kemudian gerak asana tambahan dan relaksasi serta terakhir yaitu meditasi. Selain 5 acara inti tersebut, akan ada kegiatan tambahan berupa aksi donor darah yang bekerja sama dengan PMI, pembagian doorprize dan hiburan musik.
      SUMBER
    • By alexandra anastasya
      Thai Airways, Qantas dan Jetstar akan memindahkan semua operasional nya ke Terminal 3 Soekarno-Hatta International Aiport, terhitung dari bulan Mei 2018. Sebelum nya, ketiga maskapai ini menggunakan Terminal 2 sebagai area operasional nya.
      Thai Airways akan pindah di mulai tanggal 1 mei 2018, sedangkan Qantas dan Jetstar akan pindah pada tanggal 11 Mei 2018.
      Fasilitas-fasilitas baru penunjang kenyamanan penumpang pun sudah di sediakan di Terminal 3 seperti: Sistem E-Parking, Free WIfi, Digital Banners, E-Kiosk Search System, Body Scanners, Autogate Immigration System (E-Passport), dan Trolley management system.
      Selama masa transisi ini, airport operator akan memberikan informasi lengkap kepada penumpang yang sudah membeli tiket, agar proses perpindahan terminal berjalan lancar.
      Penumpang juga di harapkan agar bisa ikut aktif menghubungi ke maskapai yang bersangkutan.
      SUMBER
    • By deffa
      Di Batu Malang lagi hits salah satu tempat wisata baru bernama The Onsen Resort, yang baru di buka di bulan Desember 2017 lalu.
      Dari namanya sudah terasa Jepang nya ya. Yup, onsen atau biasa di sebut Pemandian Air Panas ala Jepang ini sudah hadir di Kota Wisata tersebut. Gak tanggung-tanggung, karena ingin mempunyai suasana yang ala Jepang banget, gate ala Fushimi Inari juga ada loh disini. Jadi, resort ini merupakan resort pertama yang bertamakan Onsen ala Jepang di Indonesia. 
      Lokasi nya berada di Jl. Arumdalu, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. 
      Serunya lagi, bagi kalian yang ingin berfoto-foto ria di area onsen ini GRATIS loh. Tapi, bagi kalian yang ingin mencoba Onsen nya harus menginap dan menyewa salah satu Villa ala Jepang nya yang permalam di beri harga Rp. 3.555.000, lumayan juga ya.
      Tapi, bagi kalian yang belum kesampaian ke Jepang dan emang suka dengan kebudayaan Jepang, tempat wisata satu ini wajib di kunjungi ya.
      Untuk info lengkap kalian bisa baca artikel berikut: KLIK
    • By deffa
      Foto: Sensoji Temple (Ari Saputra/detikTravel)
      Jakarta - Jepang saat ini makin ramah untuk turis Muslim. Sejumlah fasilitas dan imbauan untuk turis Muslim telah disiapkan.

      Dijelaskan Manager Japan National Tourism Organization, Kristiana Susanti, Rabu (4/4/2018), pemerintah Jepang telah memperbanyak destinasi ramah Muslim. Tak hanya itu, kemudahan lainnya adalah papan-papan penunjuk yang sekarang sudah banyak menggunakan huruf latin.

      "Tak seperti dulu, di mana-mana sekarang sudah menggunakan Bahasa Indonesia atau bertuliskan latin. Jangan anggap tidak ramah wisatawan, karena jika ada turis yang terlihat kesulitan maka warga lokal dengan ramah akan mengantar langsung turis ke lokasi tujuan," kata Kristiana.

      Itu kemudahan yang akan didapat turis jika ke Jepang. Ada pula kemudahan turis Muslim yang sudah disiapkan Pemerintah Jepang dan ini menjadi hal atau perhatian yang sangat serius.

      "Sekarang ini ada penambahan fasilitas-fasilitas Muslim di Bandara Narita. Di hotel sudah dianjurkan untuk menambahkan arah kiblat, sudah banyak restoran yang berlabel halal dan cukup tanya ke penjualnya apakah halal atau tidak," urai Kristiana.

      "Jadi, untuk traveler muslim sekaran sangat friendly dan cukup banyak berkembang di berbagai tempat di Jepang," imbuh dia.
      Narita Airport Jepang mulai berbenah bagi traveler muslim. Ada sejumlah musala di sana, pertama di Terminal 1 yang ada di sebelum paspor kontrol lantai 5, 5F dan sesudah kontrol paspor di lantai 2, 2F Gate 28.

      Musala di Terminal 2 ada di sebelum kontrol paspor lantai 1, 1F. Sesudah kontrol paspor ada di lantai 1, 1F, Gate 70.

      Musala di Terminal 3 yang ada di sebelum kontrol paspor lantai 2, 2F. Setelah kontrol paspor ada di lantai 3, 3F, Gate 151.

      Semua musala ini dibuka dari pukul 06.00-23.00 waktu setempat. Adapun restoran berlabel halal di Narita Airport ada di setiap terminal.

      Restoran halal pertama di Terminal 1 bernama Kineya Mugimaru. Ada di lantai 5 sebelum kontrol paspor, buka dari pukul 07.30-20.30. Restoran halal kedua di Terminal 2 bernama Tentei. Ada di lantai 4 sebelum kontrol paspor dan buka dari pukul 07.30-20.30.

      Restoran halal ketiga di Terminal 3 bernama La Toque. Ada di lantai 4 sebelum kontrol paspor dan buka dari pukul 07.30-20.00.
      SUMBER
       
×
×
  • Create New...