Sign in to follow this  
Royal

daerah bekas bencana jadi tempat berlibur? Columnar Basalt salah satunya

6 posts in this topic

kemaren saya bagi bagi informasi soal hotel yang dibuat kedalam tanah bukan tinggi menjulang ke langit. hotel itu dibuat dari bekas kerukan untuk alam, coba baca disini

.

nah, disitu, satu kawasan yang udah rusak, bisa jadi tempat yang menarik. nah sekarang, bukan hanya sekedar tempat yang rusak, tapi tempat yang pernah kena musibah, ternyata bisa juga loh jadi tujuan wisata. di indonesia jogja dengan gunung merapinya misalnya

di luar, ada irlandia dengan GIANT's CAUSEWAY-nya. di area ini ada setidaknya 40.000 buah batu basalt yang membuat formasi indah akibat letusan gunung berapi dan lelehan lavanya.

batu batu yang dihasilkan bentuknya kebanyakan memiliki bentuk hexagon yang sama sisi. ditambah lagi dengan hamparan ombak disekitarnya, bener bener ngebuat GIANT's CAUSEWAY ndah banget.

basalt2.jpg

kalo mau cari lebih jauh tentang batuan itu, coba caridi google dengan kata kunci columnar basalt. atau yang kuliah di bagian ilmu bumi dan ilmu tanah mungkin bisa ngejelasin lebih jauh kenapa bisa berbentuk segi enam sama sisi seindah itu

columnar-basalt-2.jpg

udah kaya paving block aja ya? butuh paving block? gih ambil disana, hehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

nambahin daftarnya deh mas:

1. hotel songjiang di shang hai

2. columnar basalt di irlandia

3. luapan lumpur porong, di sidoarjo, indoesia

wah menarik ya.. kenapa semua basaltnya bisa berbentuk segi enam? kalo bentukan alam hasil lelehan larva gunung api, bukannya mestinya berantakan ya bentuk2nya? ini teratur semua gini.. keren banget kalo beneran alami terbentuknya :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

nambahin daftarnya deh mas:

1. hotel songjiang di shang hai

2. columnar basalt di irlandia

3. luapan lumpur porong, di sidoarjo, indoesia

wah menarik ya.. kenapa semua basaltnya bisa berbentuk segi enam? kalo bentukan alam hasil lelehan larva gunung api, bukannya mestinya berantakan ya bentuk2nya? ini teratur semua gini.. keren banget kalo beneran alami terbentuknya :)

luapan lumpur lapindo? emang udah jadi satu tempat yang bisa narik wisatawan karena keindahannya? saya rasa gak. orang kesana karena penasaran mungkin kali ya, penasaran kenapa manusia bisa seceroboh itu, dna manusianya gak bener bener tanggung jawab lagi, bener gak?

nah, itulah keajaiban alam kali mungkin lebih tepatnya ya? siapa yang tau kan? tapi yang gue pikir, bentukan batu basalt itu mungkin emang seperti itu kali, segi enam gitu

Share this post


Link to post
Share on other sites

lumpur lapindo emang uye dah hehehe

Limpur lapindo emang uye gimana mas? Udah pernah kesana blum? Saya udah, tapi gak ada menarik menarikya, lumpur doang gitu, dan gelembung gelembung uap

Share this post


Link to post
Share on other sites

luapan lumpur lapindo? emang udah jadi satu tempat yang bisa narik wisatawan karena keindahannya? saya rasa gak. orang kesana karena penasaran mungkin kali ya, penasaran kenapa manusia bisa seceroboh itu, dna manusianya gak bener bener tanggung jawab lagi, bener gak?

nah, itulah keajaiban alam kali mungkin lebih tepatnya ya? siapa yang tau kan? tapi yang gue pikir, bentukan batu basalt itu mungkin emang seperti itu kali, segi enam gitu

oh ya koreksi. mungkin lebih tepatnya bukan tempat wisata, tapi tempat yang banyak dikunjungi oleh orang banyak. serem juga sih ya ngebayangin kemana perginya moral orang2 indonesia kalo orang rame2 berwisata ke tempat bencana (yang masih terjadi)..

bukan mas. batu basalt alami dari alam itu bentuknya gak beraturan. kayak gambar di bawah ini:

basalt2.jpg

masa iya sih dipahat sama manusia makanya jadi segi enam semua gitu gambarnya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Dublin adalah sebuah ibukota republic Irlandia. Kata Dublin diambil dari bahasa Irlandia Dubh Linn yang berarti ("kolam hitam"); sedangkan nama modernnya Baile Átha Cliath("The City of the Ford of the Reed Hurdles") merujuk kepada perkampungan dekat kota Dublin yang sejati.
      Dublin sendiri adalah ibukota Irlandia yang tidak tersentuh oleh Perang Dunia 2. Hal itulah yang menyebabkan bangunan-bangunan kuno di Irlandia masih terlihat sangat indah dan juga megah.
      Dublin sendiri juga terkenal sebagai koloni Viking. 1000 tahun yang lalu, Viking mendirikan kota seperti Dublin, dan koloni seperti Normandy di Perancis. Sejak tahun 879 hingga 920 mereka menjajah Iceland, yang kemudian menjadi basis kolonialisasi Greenland.
      Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi Dublin di Irlandia? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam nikmati serunya menyambangi Dublin di Irlandia berikut ini.
       
      Perjalanan Menuju Dublin


      Menyambangi Dublin via Dublin Airport
       
      Salah satu cara termudah untuk menyambangi Dublin adalah dengan membeli tiket penerbangan dengan rute Jakarta menuju Dublin. Lama waktu tempuh yang akan kamu gunakan dari Jakarta menuju Dublin adalah sekitar 17 jam 25 menit.
      Selama penerbangan tersebut, kamu akan mengalami transit. Beberapa kota yang mungkin menjadi tempat transitmu adalah Dubai, Singapura, London, Kuala Lumpur, Istanbul, Abu Dhabi dan masih banyak lainnya.
      Beberapa maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dengan rute Jakarta menuju Dublin adalah Emirates, Singapore Airlines, Aer Lingus, KLM, British Airways, Turkish, Etihad dan masih banyak lainnya.
       
      Transportasi Selama di Dublin


      Leap Card via Irishfireside
       
      Inilah dia salah satu jenis kartu transportasi di Dublin yang sebaiknya kamu ketahui. Kartu ini disebut juga dengan sebutan leap card.
      Leap card adalah sebuah kartu yang bertujuan untuk mempermudah proses pembayaran. Selain itu, kartu ini juga membuat harga tiket lebih murah beberapa persen.
      Kartu kecil ini bisa didapatkan di beberapa toko kelontong atau dapat juga dipesan secara daring.
      Nah, bagi kamu yang hendak menjadi turis di Dublin, kamu dapat memiliki leap card ini begitu kamu mendarat di bandara. Ya, kamu dapat mendapatkan leap card ini di toko kelontong di dalam bandara. Sementara itu, penambahkan saldo sendiri dapat dilakukan di toko kelontong atau di mesin-mesin penjual tiket tram.


      Dublin Bus via Wikipedia
       
      Selanjutnya, inilah dia pilihan transportasi dalam kota lainnya di Dublin yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Transportasi ini adalah Dublin Bus yang berwarna kuning dan merupakan bus tingkat.
      Bus berwarna kuning dan telah dilengkapi dengan fasilitas wifi ini memang menjadi andalan kota Dublin. Ya, kamu tentu akan merasa sangat nyaman dalam menggunakan bus ini mengelilingi Dublin.
      Bus ini tidak beroperasi secara sembarangan. Ya, bus ini hanya datang di waktu tertentu dan sesuai dengan jadwal yang telah tersedia. Selain itu, bus ini juga hanya berhenti pada perhentian yang telah ditentukan. Jadwal akhir pekan dan pada waktu hari kerja pun tidak sama.
      Halte bus ini diberi nomor dan pada sebagian kecil halte terdapat jadwal bus yang berhenti di halte tersebut, serta perkiraan ketibaan. Untuk mengetahui jadwal, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Dublin Bus.
      Untuk membayar bus, kamu dapat melakukannya dengan uang koin dan juga harus pas. Koin tersebut juga dapat kamu masukkan ke dalam wadah di depan pengemudi. Jika uang tak pas, akan ada tanda terima untuk mengambil kembalian di tempat tertentu. Kamu yang menggunakan leap card juga dapat menggunakannya di sini.


      Menggunakan Tram via Youtube
       
      Nah, selain bus, ini dia alternative transportasi dalam kota yang dapat kamu gunakan. Transportasi ini adalah tram. Nama lain tram di Dublin ini adalah luas.
      Tram ini sendiri dibagi menjadi dua jalur yaitu jalur merah dan jalur hijau. Jalur merah beroperasi dari The Point hingga Tallaght, sementara jalur hijau beroperasi dari St. Stephen’s Green hingga Sandyford.
      Nah, akan tetapi, kedua jalur tram ini tidak tersambung sehingga penumpang yang akan berpindah harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 1,4 kilometer.
      Biaya yang kamu gunakan untuk dapat menggunakan fasilitas transportasi tram ini adalah sekitar 2,6 hingga 3 euro. Untuk mendapatkan tiketnya, kamu dapat membelinya di mesin-mesin yang tersedia di setiap halte. Selain itu, pembayaran juga dapat kamu lakukan dengan uang tunai, koin maupun kartu.
       
      Mengunjungi Guinness Storehouse


      Mengunjungi Guinness Storehouse via Sitiajimbo
       
      Untuk mengawali perjalananmu selama berada di Dublin, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Guinness Storehouse yang satu ini. Lokasi tepat dari tempat ini adalah St James's Gate Brewery di Dublin.
      Nah, sejak dibuka pada November 2014, tempat ini telah menarik lebih dari 4 juta pengunjung. The Guinness Store House diletakkan di atas tujuh lantai yang mengelilingi atrium kaca dalam bentuk satu logo Guinness. Lantai dasar terdapat empat pajangan bahan pembuat bir yaitu, air, barley, hop dan ragi, serta foto pendiri, Arthur Guinness.
      Selain itu, di tempat ini kamu juga dapat melihat lantai sejarah iklan Guinness serta pameran interaktif yang mendukung pengunjung untuk minum di situ.
       
      Mengunjungi Kastil Dublin


      Mengunjungi Dublin Castle via Paradiseinland
       
      Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Dublin yang dapat kamu sambangi. Destinasi wisata yang satu ini adalah Dublin Castle.
      Tempat ini hingga tahun 1922 digunakan sebagai salah satu tempat administrasi pemerintahan Inggris. Sementara itu, saat ini tempat ini digunakan sebagai tempat administrasi pemerintahan Irlandia.
      Tempat ini berada di pusat kota. Hal ini memudahkanmu dalam melihat lebih dekat sebuah tempat yang dulunya sering digunakan sebagai tempat dilaksanakannya berbagai konferensi penting serta berbagai peristiwa bersejarah lainnya.
      Hal lain yang menjadi nilai tambah dari kastil ini adalah kastil ini merupakan tempat yang terkenal di kalangan bangsawan. Nah, pada saat menyambangi kastil tersebut, kamu dapat melihat kamar kepala negara atau raja yang terbuka untuk umum.
      Nah, hal ini dapat menjadi gambaran untuk kamu mengenai masa lalu kehidupan keluarga raja sehari-hari. Di tanah yang penuh dengan tempat-tempat bersejarah dan istana batu, tempat ini dianggap asli tanpa ada perombakan.
       
      Melihat Lebih Dekat Museum Nasional Irlandia


      Museum Nasional Irlandia via Rendangpadangpusako
       
      Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Dublin yang dapat kamu sambangi dan dapat kamu masukkan dalam list tempat wisata kamu berikutnya.
      Destinasi wisata ini adalah museum nasional Irlandia. Lokasi tepat dari tempat ini adalah Merrion St Upper. Museum nasional Irlandia ini sebenarnya memiliki tiga cabang, namun tiga di antaranya terdapat di Irlandia.
      Museum ini berada di kawasan pusat kota Irlandia sehingga tentu memudahkanmu untuk menyambanginya. Selain itu, museum ini juga memiliki nilai tambah berupa nilai yang sangat tinggi mengenai arkeologi, dekorasi seni, sejarah, dan bangunan museum sejarah alam.
       Museum ini memang tidak terlihat wow dari luar, tetapi kamu sebaiknya memasukinya agar mengetahui keistimewaan dari museum cantik yang satu ini. Tempat ini didedikasikan bagi kamu dan para pengunjung yang ingin melihat lebih dekat mengenai sejarah Irlandia.
      Di lantai dasar, kamu akan menemukan berbagai koleksi yang memukau. Tetapi, harta karun sebenarnya dari museum ini justru terletak di lantai satu.
      Nah, kamu akan menemukan koleksi yang cukup lengkap di tempat ini. Ya, kamu dapat menemukan snow leopard di sana. Tidak hanya satu, bahkan terdapat dua snow leopard. Snow leopard tersebut berada dalam versi yang sudah diawetkan.
       
      Mengunjungi Saint Stephen’s Green


      Mengunjungi Saint Stephen’s Green via Wikipedia
       
      Masih ingin menjelajahi Dublin? Nah, kali ini ada satu destinasi wisata di Dublin yang tentu saja menarik untuk kamu sambangi dan sayang untuk kamu lewatkan.
      Destinasi wisata ini adalah Saint Stephen’s Green. Tempat ini merupakan sebuah taman public yang terletak di pusat kota Dublin. Begitu memasuki tempat ini, kamu dapat melihat rumput hijau terawatt, rindangnya pepohonan dan birunya langit.
      Taman ini bersebelahan dengan salah satu jalan utama di Dublin, Grafton Street, dan ke pusat perbelanjaan yang ternama, sementara di jalan-jalan sekitarnya adalah kantor dari sejumlah badan-badan publik dan terminal kota salah satu jalur trem Dublin.
      Taman ini didesain oleh William Sheppard dan dibuka untuk umum pada hari Selasa, 27 Juli 1880.
      Luas total dari kawasan taman ini adalah sekitar 22 hektar atau 89.000 meter persegi. Taman ini berbentuk persegi dan dikelilingi oleh jalan-jalan yang pernah membentuk arteri utama dari kota Dublin.
      Keempat jalan berbatasan tersebut, masing-masing adalah St Stephen's Green Utara, St Stephen's Green Selatan, St Stephen's Green Timur dan St Stephen's Green Barat. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Dublin jangan lupa sempatkan waktu untuk menyambangi taman cantik yang satu ini.
       
      Mengunjungi Taman Uskup Agung Ryan


      Taman Uskup Agung Ryan via Dublinpubs
       
      Masih seputar taman, Dublin ternyata memiliki taman lainnya yang cantik dan tentu saja menarik untuk kamu sambangi. Taman tersebut adalah Taman Uskup Agung Ryan.
      Taman ini terletak di kawasan Merrion Square. Ketika memasuki kawasan taman ini, kamu akan dapat melihat rumput hijau terawatt, rindangnya pepohonan dan birunya langit. Kesan indah tidak akan bisa hilang ketika kamu memasuki kawasan taman ini.
      Nah, setidaknya terdapat tujuh buah lapangan rumbut termasuk area khusus untuk arena bermain anak di tempat ini. Setiap lapangan rumput dipisahkan oleh jalan selebar mobil sebagai akses pengunjung taman.
      Kamu akan melihat banyak pohon besar yang tersebar di sekeliling dan juga bagian tengah taman. Kamu juga akan dapat melihat warga lokal yang beraktivitas di taman ini, seperti bermain sepak bola dan juga makan siang di taman ini. Menyenangkan sekali, bukan?
      Belum lagi ketika musim panas tiba, banyak warga Dublin yang akan datang dan mengunjungi taman ini. Hal ini terlihat seperti perayaan karena adanya sinar matahari. Ya, hal ini karena kamu tidak akan menemukan hari hangat seperti pada waktu musim panas secara terus-menerus.
      Pada waktu musim dingin maupun musim gugur, biasanya cuaca menjadi lebih dingin dan banyak warga lokal lebih memilih untuk berada di dalam rumah. Sehingga pada waktu musim panas, taman ini biasanya diserbu oleh banyak warga lokal.
      Di sekeliling taman ini terdapat bangunan bersejarah yang dibangun pada 1745 hingga 1870-an. Bangunan bersejarah tersebut misalnya seperti Leinster House, Galeri Nasional, Museum Nasional dan masih banyak lainnya.
      Selain banyak bangunan bersejarah, di sekitar taman itu dahulu juga menjadi tepat tinggal sejumlah tokoh dan seniman Irlandia. Contohnya adalah sastrawan Oscar Wilde, pematung Andrew O’Connor, dan tokoh Katolik Daniel O’Connel.
       
      Mengunjungi Puri Ardgillan


      Mengunjungi Puri Ardgillan via Inyourpocket
       
      Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Dublin yang dapat kamu sambangi terutama jika kamu tertarik dengan wisata sejarah. Destinasi wisata ini adalah Puri Ardgillan.
      Tempat ini terletak sekitar 20 mil dari pusat kota Dublin. Nah, kurang lengkap rasanya perjalanan wisatamu dalam menyambangi Dublin jika kamu belum menyempatkan diri dengan menyambangi Puri Ardgillan yang satu ini.
      Bangunan ini dimulai pada 1738 oleh keluarga Robert Taylor dan konstruksi terus-menerus ditingkatkan. Luas tempat ini mencapai sekitar 200 hektar. Dari sini, para pengunjung biasanya dapat melihat pemandangan laut Irlandia dan Pengunungan Mourne. Selain itu, tempat ini juga biasanya dijadikan sebagai lokasi pernikahan dan juga pertemuan.
       
      Mengunjungi Trinity College Dublin


      Mengunjungi Trinity College Dublin via Ifsa Butler
       
      Masih penasaran dan ingin mengeksplor kota Dublin? Kali ini kamu dapat mencoba untuk mengunjungi Trinity College Dublin. Tempat ini didirikan pada tahun 1592 oleh hak paten surat dari Ratu Elizabeth I dan merupakan perguruan tinggi konstituen satu-satunya yang terdapat di Dublin.
      Kampus yang terletak di Dublin ini merupakan universitas tertua yang terdapat di Irlandia. Tempat ini awalnya didirikan di luar tembok Dublin dalam bangunan biara Augustinian terlarut dari All Hallows. Trinity didirikan untuk mengkonsolidasikan pemerintahan monarki Tudor di Irlandia, dan itu dianggap sebagai universitas Protestan untuk bentuk sejarahnya.
      Meskipun demikian, pada sejarahnya, Roma Katolik diizinkan masuk pada tahun 1753. Selain itu, terdapat pula pembatasan tertentu pada keanggotaan mereka dari perguruan tinggi tetap sampai 1873, dan Gereja Katolik di Irlandia melarang penganutnya menghadiri sampai akhir abad 20. 
      Trinity sekarang dikelilingi oleh College Green. Perguruan tinggi ini memiliki luas yang mencapai sekitar 190.000 meter persegi atau sekitar 47 hektar. Universitas ini memiliki bangunan berbentuk quadrangles besar dan dua lapangan bermain.
       
      Mengunjungi Temple Bar


      Mengunjungi The Temple Bar Pub via templebarpub
       
      Apakah kamu masih bersemangat mengeksplor Dublin? Kali ini kamu dapat mencoba untuk menyambangi The Temple Bar Pub yang satu ini.
      Tempat ini terletak di daerah tepi selatan Sungai Liffey. Tempat ini juga terletak di kawasan pusat kota Dublin. Berbeda dengan daerah sekitarnya, Temple Bar sendiri sudah ada sejak abad pertengahan dengan banyak jalan yang berbatu.
      Hal ini dipromosikan sebagai "budaya kuartal Dublin" dan memiliki kehidupan malam yang semarak yang populer dengan turis.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai nikmati serunya menyambangi Dublin di Irlandia. Kota ini rupanya memiliki banyak destinasi wisata yang tentu saja menarik untuk kamu sambangi.
      Bukan hanya museum, namun kamu juga dapat menyambangi taman-taman indah dan menarik di Kota Dublin dan merasa lebih dekat dengan warga lokal di tempat ini. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Dublin, jangan lupa sempatkan waktu untuk menyambangi tempat-tempat tersebut.
      Happy traveling!
    • By lictan
      Pasti udah pada sering denger nama daun mistletoe. Daun ini cukup terkenal. Biasanya di Irlandia daun ini banyak digunakan oleh wanita yang ingin cepat dapat jodoh. Kalau saat natal biasa sering dipakai buat ngehias pintu masuk. kalau malam pergantian tahun baru biasanya para wanita tersebut menaruh beberapa helai daun mistletoe agar mereka cepat dilamar. Mereka juga percaya kebiasaan ini untuk menghilangkan nasib sial di tahun mendatang.