Sign in to follow this  
Followers 0
noquba

Jalan2 kena debu, awas jangan sampe jerawatan

3 posts in this topic

Penyebab munculnya jerawat pada wajah sangat penting untuk dipahami sebagai langkah antisipasi kita dalam melakukan proteksi terhadap jerawat. Jerawat istilah nama lainnya disebut acne vulgaris yaitu masalah lama kulit wajah (termasuk hidung, dahi dan pipi) meskipun kadang bisa dijumpai di leher dan punggung. Jerawat memang telah menjadi masalah yang dialami bagi remaja hingga orang tua yang dirasa sangat mengganggu dan menurunkan percaya diri.

Bagi sebagian besar remaja penyebab jerawatan menjadi salah satu problem besar yang harus dicari solusinya. Dengan tahu sebab-sebab timbulnya jerawat kita dapat memproteksi diri dan melakukan pencegahan sehingga dapat terhindar atau paling tidak bisa melakukan penanganan dengan benar. Nah, kira-kira apa saja penyebab jerawat itu? Berikut akan diulas beberapa sebab yang mengakibatkan munculnya jerawat pada muka Anda.

Penyebab Jerawatan

1. Produksi Minyak Berlebih pada Wajah

Jerawat tak selalu muncul karena kita minim menjaga kebersihan wajah, akan tetapi juga dapat dipengaruhi faktor internal atau dari dalam tubuh. Jerawat muncul karena kondisi kulit abnormal yang ditimbulkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menimbulkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Faktor terjadinya jerawat yang paling dirasakan adalah tumpukan minyak, hormon, atau dapat juga sabun yang bercampur dengan bakteri pada kulit wajah.

2. Bakteri

Kuman adalah satu dari penyebab jerawat yang paling serius. Bakteri yang dikenal p. acne biasanya terdapat pada kulit dan cenderung untuk selalu beranak pinak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan iritasi di daerah sekelilingnya. Kelenjar tersebut bisa meletus ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit di sekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah. Begitulah satu dari sebab tumbuhnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan sangat sakit. Lalu saat sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seakan bekas luka cacar. Rekomendasi obat jerawat.

3. Sel-Sel Kulit Mati

Pada umumnya jerawat terjadi karena kelebihan banyaknya produksi hormon androgen sehingga menimbulkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai tumbuh karena bakteri bergabung dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang dihasilkan karena sel-sel kulit mati tersebut bergabung juga dengan sabun sampai campuran tersebut menguat sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih di wajah. Jerawat pada umumnya memang menyerang muka, akan tetapi jerawat juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya seperti leher, dada, lengan atas, bahkan kulit kepala.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0