• agoda-hemat.png

vie asano

Wah, Siapa Sangka 6 Hotel Keren di Semarang Ini Ternyata Rate-nya Budget Abis!

9 posts in this topic

Kalau bicara tentang Semarang, ada beberapa fakta yang sulit untuk dilepaskan dari kota tersebut. Misalnya saja, tentang posisi Semarang sebagai ibu koa Provinsi Jawa Tengah sekaligus kota terbesar ke-5 di Indonesia. Semarang juga dikenal karena memiliki beragam julukan, mulai dari Kota Lumpia, Kota Jamu, Venetie van Java (karena memiliki sungai-sungai seperti di Venesia), The Port of Java, kota ATLAS (singkatan dari Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat), dan lain-lain. Namun fakta lain yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang, Semarang juga kaya akan aneka hotel keren yang rate-nya budget abissssss…….

Ya, siapa sangka jika kota Semarang ternyata bertabur hotel-hotel dengan rate yang super miring? Apalagi hotel-hotel tersebut memiliki penampilan cukup keren dan mentereng, yang mungkin bisa membuat backpacker dan budget traveller akan sedikit deg-degan saat menjejakkan kaki untuk pertama kalinya. Beberapa hotel ini bahkan terletak di lokasi yang cukup strategis, dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi traveller yang ingin mengeksplorasi Semarang. Asyik kan?

Entah kalian berkunjung ke Semarang dalam rangka bisnis maupun murni jalan-jalan; backpackeran maupun budget travelling, langsung simak rekomendasi aneka hotel budget keren berikut ini. Siapa tahu ada yang cocok di hati, dan bisa dijadikan basecamp saat kalian menjelajah kota tersebut.

*             *             *             *             *

1. Fovere Puri Semarang, Ideal Bagi Kalian yang Ingin Menjelajah Semarang Barat.

01a fovere.jpg
Fovere Puri Semarang, via agoda

Fovere Puri Semarang termasuk salah satu hotel baru di Kota Lumpia tersebut, karena baru beroperasi pada tahun 2016. Hotel ini terletak di kawasan Puri Anjasmoro Semarang, dan lokasinya cukup dekat dengan berbagai obyek wisata keren seperti Pantai Marina Semarang, Kampung Laut, PRPP Semarang, serta cukup dekat dengan Taman Mini Jawa Tengah Maerakaca. Penasaran dengan Lawang Sewu? Hotel ini jaraknya hanya 3,8 kilometeran saja dari tempat uji nyali paling populer di Semarang itu.

01b koridor.jpg
Koridor hotel, via Fovere Puri Semarang Hotel/facebook

Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang dirancang dengan gaya modern minimalis, dengan dominasi warna putih yang membuat kamar jadi terasa luas. Setiap kamarnya telah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan seperti penyejuk udara, toiletries, TV satelit, dan lain-lain. Rate di hotel ini terbilang murah meriah lho, karena dimulai dari kisaran 200 ribuan saja. Lumayan bersahabat untuk backpacker sekalipun, kan? Suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

01c kamar.jpg
Kamar, via agoda

01d kamar.jpg
Kamar, via Fovere Puri Semarang Hotel/facebook

01e kamar.jpg
Kamar, via agoda

Alamat: Jalan Puri Anjasmoro Blok H5 No 39, Semarang Barat, Semarang, Indonesia 50144
Check in: 14.00, Check out: 12.00
Rate: mulai dari Rp. 200 ribuan/malam (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi di tempat umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] check-in 24 jam, resepsionis 24 jam, concierge, penyimpanan barang, layanan taksi, [lainnya] area merokok, [f&b] kedai kopi, restoran, [bahasa yang digunakan] Indonesia

Google maps
Booking via Agoda

*             *             *             *             *

2. Alternatif Lainnya, Hotel Bliss Soetta Semarang Kece Juga Untuk Dilirik oleh Budget Traveller.

02a bliss soetta.jpg
Hotel Bliss Soetta Semarang, via agoda

Untuk pilihan akomodasi budget yang berada di lokasi cukup strategis, kalian bisa mulai dengan melirik Hotel Bliss Soetta Semarang. Hotel berbintang 2 ini termasuk berada di lokasi strategis, karena jaraknya hanya sekitar 10 menitan saja dari pusat kota. Bahkan hotel ini juga dilalui oleh berbagai moda transportasi darat, sehingga traveller nggak perlu bersusah payah mencari kendaraan umum untuk menjangkau daerah lainnya di Semarang. Begitu juga jika kalian menggunakan kendaraan umum untuk mencapai hotel ini, tak perlu takut akan mengalami kesulitan untuk mencapai lokasi hotel.

02b resepsionis.jpg
Resepsionis, via agoda

Hotel Bliss Soetta Semarang ini memiliki 46 kamar yang dibagi dalam 3 kategori: Express Room, Deluxe Room, dan Executive Suite Room. Masing-masing kamar dihiasi dengan backdrop bermotifkan pemandangan kota, sehingga membuat suasana kamar bergaya modern minimalis tersebut menjadi terasa unik. Setiap kamar juga telah dilengkapi dengan penyejuk udara, kamar mandi dengan air panas dan normal, dan rate-nya sudah termasuk breakfast. Suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

02c express.jpg
Express Room, via agoda

02d express.jpg
Express Room, via agoda

02e deluxe.jpg
Deluxe Room, via agoda

02f executive.jpg
Executive Suite Room, via agoda

Alamat: Jalan Arteri Soekarno Hatta no.31 Semarang
Check in: 14.00, Check out: 12.00
Rate: mulai dari Rp. 238 ribuan/malam (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi di tempat umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] resepsionis 24 jam, keamanan 24 jam, laundry, layanan kebersihan harian, penyimpanan barang, layanan taksi, [rekreasi] taman, tur, [lainnya] area merokok, [f&b] restoran, [bahasa yang digunakan] Indonesia, Inggris

Google maps
Booking via Agoda

*             *             *             *             *

3. Suka dengan Warna-warna Pastel? Hotel Citradream Semarang Ini Bakalan Cocok Jadi Basecamp Kalian.

03a citradream.jpg
Hotel Citradream Semarang, via agoda

Mencari akomodasi budget yang berada di lokasi strategis? Pencarian kalian belum lengkap kalau belum memasukkan Hotel Citradream Semarang ke dalam list. Hotel ini memang terletak di lokasi yang strategis banget. Jaraknya tak begitu jauh dari Monumen Tugu Muda. Sedangkan jika ingin mencapai Lawang Sewu, kalian hanya memerlukan waktu 3 menitan berkendara. Begitu juga untuk mencapai Simpang Lima dan Bandara Internasional Ahmad Yani, kira-kira hanya memerlukan waktu 5-10 menitan naik mobil. Lumayan strategis kan?

03b lobby.jpg
Lobby, via agoda

Tak hanya menarik dari segi lokasi, Hotel Citradream Semarang ini juga menawarkan konsep interior yang cukup menarik. Hotel ini mengusung tema modern minimalis yang dipadukan dengan nuansa warna pastel biru dan hijau yang lembut. Jadi, sekalipun desain ruangannya cenderung kaku (khas interior modern), nuansa lembut masih cukup terasa.

Berikut ini contoh penampakan suasana di area restoran hotel.

03c resto.jpg
Restoran, via agoda

Untuk kamar, Hotel Citradream Semarang ini memiliki 112 kamar yang tersebar dalam 9 lantai. Kamar-kamar tersebut dibagi dalam 2 tipe: Twin Bedrooms (38 kamar) dan Double Bedrooms (74 kamar). Seluruh kamar telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pelengkap seperti TV LED, internet berkecepatan tinggi, penyejuk udara, dan lainnya. Suasana kamarnya pun dirancang dengan gaya modern minimalis, namun terkesan lebih lembut karena penggunaan elemen kayu sebagai aksen pada interior kamar. Suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

03d kamar.jpg
Kamar, via agoda

03e kamar.jpg
Kamar, via agoda

03f kamar.jpg
Kamar, via agoda

Oya, sebagai tambahan informasi, hotel ini menyediakan parking lot. Jadi jika kalian datang dengan membawa kendaraan, tak perlu khawatir akan keamanan kendaraan ya.

Alamat: Jalan Imam Bonjol no 187, Pecinan, Semarang 50131
Check in: 14.00, Check out: 12.00
Rate: mulai dari Rp. 239 ribuan/malam (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi di tempat umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] check-in/out cepat, resepsionis 24 jam, concierge, laundry, dry cleaning, penyimpanan barang, layanan kamar, [rekreasi] taman, [lainnya] lift, [f&b] restoran, [bahasa yang digunakan] Indonesia, Inggris

Google maps
Booking via Agoda

*             *             *             *             *

4. Percaya Deh, Kalian Bakalan Sulit Percaya Kalau Rate di Whiz Hotel Semarang Masih di Kisaran 200 Ribuan Saja.

04a whiz.jpg
Whiz Hotel Semarang, via booking

Biasanya, hotel budget itu memiliki beberapa “syarat dan ketentuan”. Entah dari faktor lokasinya yang sedikit nyempil, hingga faktor suasana dan fasilitas yang mungkin terkesan seadanya. Prinsip “ada rupa ada harga” pun berlaku dalam hal pemesanan hotel.

04b lounge.jpg
Lounge, via agoda

Namun Whiz Hotel Semarang ini tampil beda dari hotel budget lainnya. Pertama, jika dilihat dari segi lokasi, hotel ini berada di spot yang sangat strategis. Posisinya berada di seberang Paragon Shopping Mall, dan hanya memerlukan waktu 5 menitan berkendara naik mobil menuju Lawang Sewu. Itu berarti kalian pun akan cukup mudah untuk mengakses berbagai pusat hiburan dan kuliner lainnya dari hotel ini. Pokoknya, dijamin nggak bakalan mati gaya seandainya menginap disini.

04c lounge.jpg
Lounge, via agoda

Untuk masalah kamar, Whiz Hotel Semarang memiliki 3 tipe kamar: Whiz Single (14 meter persegi), Whiz Double (16 meter persegi), dan Whiz Twins (16 meter persegi). Seluruh kamarnya dirancang dengan gaya interior minimalis, yang diberi sentuhan aksen warna hijau muda nan segar. Pihak hotel menjamin jika matras dan linen yang digunakan memiliki kualitas top, sehingga para tamu nggak perlu khawatir akan masalah kenyamanan tidur. Suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

04d single.jpg
Whiz single, via agoda

04e single.jpg
Whiz single, via booking

04f double.jpg
Whiz double, via agoda

04g twin.jpg
Whiz twin, via agoda

04h twin.jpg
Whiz twin, via booking

Oya, walau di Whiz Hotel Semarang ini tidak ada fasilitas restoran 24 jam, namun kalian tetap bisa menikmati sarapan yang disediakan di area hotel. Restoran hanya akan beroperasi pada saat sarapan, sehingga kalian nggak perlu repot-repot keluar pagi hari untuk mencari sarapan.

Alamat: Jalan Kapten Piere Tendean no 9, Pecinan, Semarang
Check in: 14.00, Check out: 12.00
Rate: mulai dari Rp. 255 ribuan/malam (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi di tempat umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] check-in 24 jam, resepsionis 24 jam, keamanan 24 jam, concierge, dry cleaning, laundry, penyimpanan barang, parkir valet, layanan taksi, [lainnya] lift, area merokok, [f&b] restoran, [bahasa yang digunakan] Indonesia, Inggris

Google maps
Booking via Agoda

*             *             *             *             *

5. Dan, Kalian Perlu Banget Melirik Favehotel Diponegoro; Hotel Keren dengan Budget Super Bersahabat.

05a favehotel.jpg
Favehotel Diponegoro, via agoda

Satu lagi hotel bersuasana keren dengan budget menawan yang bisa kalian temukan di Semarang, yaitu Favehotels Diponegoro. Hotel yang satu ini memang penting banget untuk dimasukkan ke dalam list karena memiliki kombinasi terbaik antara suasana interior dan harga (rate-nya masih di kisaran 200 ribuan). Tak hanya itu saja, Favehotel Diponegoro ini juga unggul dari segi lokasi lho.

05b lobby.jpg
Lobby, via favehotel Diponegoro Semarang/facebook

Ya, hotel ini memang terletak di tengah-tengah kota Semarang. Dari hotel ini, kalian dapat dengan mudah mengakses Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Kereta Tawang. Dari hotel ini kalian bisa dengan mudah mengunjungi Simpang Lima, Lawang Sewu, Tugu Muda, Sam Poo Kong Temple, Kota Lama (Little Netherland), Pagoda Buddhagaya, dan lain-lain. Tentu saja itu berarti kalian akan mudah mengakses aneka fasilitas hiburan maupun kuliner dari hotel ini. Singkatnya sih, Favehotel Diponegoro ini ideal banget untuk memulai penjelajahan di kota Semarang.

05c interior.jpg
Interior hotel, via favehotel Diponegoro Semarang/facebook

05d suasana.jpg
Suasana, via favehotel Diponegoro Semarang/facebook 

Mari beralih ke masalah kamar. Favehotel Diponegoro ini memiliki 108 kamar yang seluruhnya merupakan tipe standar, dengan opsi tempat tidur berukuran double atau twin. Kalian juga bisa memilih paket ruangan dan sarapan, atau hanya memilih paket ruangan saja (jika ingin menekan budget sarapan). Kamar-kamar di hotel ini dirancang dengan gaya modern minimalis, dan berhiaskan backdrop berlukis suasana kota Semarang di salah satu dindingnya yang cukup eye catchy.

Penampakan suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

05e kamar.jpg
Suasana kamar, via favehotel Diponegoro Semarang/facebook

05f kamar.jpg
Suasana kamar, via agoda

05g kamar.jpg
Suasana kamar, via agoda

Alamat: Jalan Diponegoro no 22 (Siranda), Simpang Lima, Semarang 50231
Check in: 14.00, Check out: 12.00
Rate: mulai dari Rp. 253 ribuan/malam (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi di tempat umum, WiFi gratis di semua kamar, [service] resepsionis 24 jam, concierge, laundry, penyimpanan barang, layanan kamar, [lainnya] lift, [f&b] restoran, kedai kopi, [bahasa yang digunakan] Indonesia, Inggris

Google maps
Booking via Agoda

*             *             *             *             *

6. Sebagai Penutup, Ada Hotel Neo Candi Semarang yang Juga Menawarkan Kombinasi Keren Antara Suasana dan Budget.

06a neo candi.jpg
Hotel Neo Candi, via agoda

Kota Semarang memang nggak pernah kekurangan hotel bersuasana keren namun punya budget ekonomis. Salah satu alternatif lain yang bisa dipilih, adalah Hotel Neo Candi yang terletak di bilangan Jalan S.Parman. Hotel Neo Candi ini pun menawarkan suasana menginap yang cukup keren, sementara budget-nya relatif terjangkau karena masih di kisaran 200 ribuan saja. Sebagai bonus, lokasi hotel ini juga termasuk strategis lho.

06b.jpg
Suasana interior, via Hotel Neo Candi Semarang/facebook

Hotel Neo Candi ini memang jaraknya nggak begitu jauh dari beberapa spot wisata populer. Salah satunya adalah Lawang Sewu dan Budhagaya Watugong Shrine. Sedangkan untuk mencapai Klenteng Sam Poo Kong, hanya membutuhkan waktu 10 menitan naik mobil. Namun jika mendadak kalian terlalu malas untuk jalan-jalan terlalu jauh, hotel ini pun memiliki restoran yang cukup asyik untuk memuaskan selera kalian. Atau, kalian juga bisa menjelajah berbagai spot kuliner hanya dengan beberapa menit jalan kaki saja dari area hotel.  

06c resto.jpg
Restoran, via Hotel Neo Candi Semarang/facebook

Untuk pilihan kamar, Hotel Neo Candi Semarang menawarkan kamar tipe standar berukuran 21 meter persegi. Para tamu dapat memilih tipe kasur yang diinginkan, apakah Queen Bed atau Twin Bed. Setiap kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas TV LCD 32”, DVD player, mini bar, tea and coffee maker, dan lain-lain. Oya, kamar-kamar di Hotel Neo Candi Semarang ini dirancang dengan gaya modern minimalis, dengan hiasan backdrop berlatar suasana kota dalam nuansa monokrom di salah satu dindingnya. Jika dibandingkan dengan Favehotel Diponegoro, kesan maskulin jauh lebih terasa dari kamar-kamar di Hotel Neo Candi Semarang.

Suasana kamarnya kurang lebih seperti ini:

06d kamar.jpg
Suasana kamar, via Hotel Neo Candi Semarang/facebook

06e kamar.jpg
Suasana kamar, via Hotel Neo Candi Semarang/facebook

06f kamar.jpg
Suasana kamar, via Hotel Neo Candi Semarang/facebook

Alamat: Jalan S.Parman no 56, Semarang 50232
Check in: 14.00, Check out: 12.00
Rate: mulai dari Rp. 268 ribuan/malam (weekdays, low season) Cek Rate Terkini!
Fasilitas: [Internet] WiFi di tempat umum, [service] layanan kamar, concierge, laundry, antar-jemput bandara, [lainnya] lift, area merokok, [f&b] restoran, kedai kopi, bar, [bahasa yang digunakan] Indonesia, Inggris

Google maps
Booking via Agoda

*             *             *             *             *

Note:

- Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Selalu cek rate terkini untuk mengetahui update harga di waktu yang diinginkan.
- Foto mungkin telah mengalami proses resize tanpa editan tambahan lainnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites
13 hours ago, kyosash said:

lumayan murah2 untuk fasilitas yang didapat, as always nice share :salut 

As always, thanks juga mas :D 

13 hours ago, deffa said:

 

kayaknya jaringan citra dream, whiz dan fave hotel ada dimana2 neh

kalo harris ada gak ya hehe @HarrisWang

Coba bikin jaringan Deffa Hotel, mod :P 

10 hours ago, HarrisWang said:

Tumben fave "bisa" begini :tersipu

Iya nih, kayaknya yg di Bandung ga begitu deh :bingung

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By Putra Buana Wira
      Pernah ngelirik satu iklan di Google tentang Airy Rooms, mengklaim bahwa mereka punya banyak promo. Tertarik sih, tapi aku ngga pernah percaya dengan promo-promo online yang too good to be true. Trik marketing kan sama aja. Mereka akan menaikkan harga sebelum akhirnya dipotong dengan “diskon”. Sama juga dengan e-commerce online; belum tentu harga yang diberikan adalah benar-benar harga “promo”.
       
      Suatu hari, aku pernah lagi butuh banget tiket pesawat untuk urusan kerjaan, kira-kira bulan Januari lalu. Sempat panik cari tiket pesawat karena harus ada di venue keesokan harinya dan sudah sore. Karena kantorku pakai sistem reimburse, aku juga harus mikir harga tiketnya karena saat itu adalah tanggal tua. Panik karena tiket pesawat di beberapa platform terkenal sudah hampir habis dan menyisakan tiket yang harganya berjuta-juta. Duh!
       
      Akhirnya melirik ke Airy. Bisa dibilang Airy ini adalah pendatang baru dalam hal per-tiket-an, kan? Sebelumnya, Airy lebih dikenal sebagai penyedia kamar hotel yang murahnya ngga masuk akal, menurutku. Hahahahaha. Jadi ngga pernah pesan di sana, takut zonk.
       
      Anyway, balik ke tiket pesawat. Akhirnya aku melirik ke Airy dan melihat daftar tiket pesawatnya dengan hopeless. Hasilnya? Yaa, bener. Akhirnya benar-benar terkejut.
       
      Kecewa kok ngga dari awal aku melihat list tiket dari Airy! Kan jadinya ngga perlu panik! Harga tiket yang sama, penerbangan yang sama, bisa lebih murah di Airy! Kebetulan lagi, mereka punya promo yang iseng aku coba dan ternyata BERHASIL! Asli, aku girang banget! Logikanya, kalau harga mereka udah lebih rendah dari yang lain, pun dikasih promo jadi lebih murah, berarti mereka diskonnya ngga tipu-tipu! Wah. Salut banget sama Airy!
      Setelah booking dan bayar, tiket pesawatnya agak delay. Kira-kira setengah jam. Lumayan deg-degan tuh. Tapi positive thinking aja, mungkin sistemnya yang lagi heavy load. Setelah setengah jam, e-ticket masuk ke email, langsung ploooong! Kerjaan aman, kantong pun aman. Hehehehe.
      Langsung aja nih penampakannya :

      Sembari tadi menunggu e-ticket, aku sempat browsing-browsing kamar Airy. Kepo juga setelah disodori tiket pesawat murah. Kok banyak review pengalaman menginap dari blogger-blogger yang bilang kamarnya bagus, memuaskan, dan lain-lain. Sepertinya lumayan nih untuk dicobain. Gimana-gimana, produk utamanya Airy Rooms kan kamar hotelnya ini. Bahkan ada beberapa hotel yang ada kolam renangnya! Bayangin, kamar hotel harga dua ratus ribuan, dapat fasilitas kolam renang! Wagelaseh!
       
      Buat yang lain, ngga usah mengulangi kepanikan yang aku alami kemarin, ya! Rugi waktu dan energi. Mending langsung cek harga di Airy. Udah jaminan paling murah dan banyak promo, terus Airy nggak mengecewakan pula. Tapi aku tetep nyesel sih, kenapa aku baru tau ada Airy sekarang-sekarang ini? Harusnya tau Airy dari dulu doong hiks.. Kan jadi bisa hemat dari dulu. Tapi yasudahlah, yang lalu biarlah berlalu, yang penting adalah melihat ke depan, semoga ke depannya harga Airy masih murah terus dan banyak promonya.
    • By hanarai
      Halo, fellow traveler!
      Jadi aku dan temen-temen menjual reservasi Ketapang Indah Hotel, Banyuwangi pada tanggal 26-28 Februari 2019 (2 malam), free breakfast.
      Harga dijual di bawah 400.000, sedangkan di traveloka di jual 519.000.
      Kenapa kita jual tiket kita? Awalnya kami berniat untuk trip ke banyuwangi sebelum masuk kuliah di akhir februari ini. Tetapi ternyata liburan kami dimajukan menjadi di pertengahan februari sedangkan kami sudah membeli tiket hotel dan tiket kami unrefundable...
      Hotel ini memiliki akses langsung ke pantai dan dekat dengan stasiun banyuwangi baru. Tidak hanya itu, hotel ini memiliki rating yang sangat tinggi (8.9) di Traveloka. Sangat cocok menjadi penginapan Anda selama di Banyuwangi. Jika anda ingin mencari tahu lebih tentang hotel tersebut, bisa dilihat di www.ketapangindahhotel.com
      Bagi kalian yang berencana atau kenal orang yang akan pergi ke banyuwangi, sangat bisa mengambil penawaran dari kami. Dipastikan kami menawarkan harga yang terbaik. Jika kalian tertarik, bisa segera hubungi saya. Penawaran ini bagi orang-orang yang serius. Terima kasih atas perhatiannya, selamat berlibur! 
       
      Best Regards, 
      Hana.


    • By Friesca Maryto
      Halo komunitas jalan2,
      perkenalkan saya Friesca Maryto domisili DKI Jakarta, sudah sering kepo ke sini dari 2016. tapi baru kali ini sign up sebagai anggota, karena kebutuhan.
      saat ini saya sedang menempuh pendidikan pascasarjana Magister Teknologi Informasi di Universitas Indonesia, dan sedang membutuhkan banyak responden untuk Tugas Akhir saya yang berjudul "Analisis Kualitas Website B2C: Studi Kasus Hotel Bintang 5". Jika teman2 di komunitas jalan2 pernah melakukan pemesanan kamar langsung melalui website hotel bintang 5 di Jakarta, atau mempunyai kenalan yang pernah, mohon berkenan mengisi kuesioner pada link berikut
      http://bit.ly/websiteB2C
      Ada hadiah pulsa total IDR 500,000,- untuk 10 orang yang beruntung. Pemenang akan diumumkan pada minggu ke 2 Juli. Jika ada hal yang ingin teman-teman tanyakan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email friesca.maryto@ui.ac.id. Terimakasih sebelumnya
       
      Cheers,
       
      Friesca
       
    • By vie asano
      Bagi traveler, menginap di hotel menjadi salah satu hal yang hampir selalu dilakukan saat traveling; walau kadang ada juga non-traveler yang rutin menginap di hotel karena alasan tertentu, salah satunya karena menyukai suasana hotel. Saya pribadi termasuk salah satu yang doyan banget menginap di hotel. Bukan karena faktor makanannya maupun fasilitas ekstra di hotel tersebut (seperti tempat fitness maupun spa), melainkan karena faktor suasananya, dan juga interior kamarnya. Dan satu lagi yang saya suka, adalah mengamati macam-macam karakter tamu yang menginap di hotel.
       
      Ya, bicara tentang hotel memang nggak lepas dari ngobrolin tentang tamu-tamu hotel. Terlepas dari apakah mereka termasuk tipe family (alias yang hanya bepergian bersama keluarga di akhir pekan), pebisnis (menginap hanya untuk keperluan bisnis), turis, maupun lansia; yang menarik untuk diamati adalah macam-macam karakter tamu hotel. Sebagai tempat bertemunya orang-orang yang memiliki kepribadian beragam, kadang ada saja karakter tamu hotel yang unik dan nyeleneh, sehingga menarik untuk diamati.
       
      Saya mengumpulkan beberapa karakter tamu yang lazim kita lihat setiap menginap di hotel. Sebagian saya dapat dari pengamatan pribadi, sebagian lainnya dengan mengamati tulisan dari mereka yang bekerja di industri hotel, serta hasil ngobrol-ngobrol dengan saudara yang pernah bekerja di hotel. Dari bermacam karakteristik tamu hotel berikut ini, manakah yang paling cocok dengan kalian?
       
      1. Tipe Ordinary
      Mungkin kebanyakan tamu hotel menganggap diri mereka biasa-biasa saja. Datang untuk check-in, istirahat di hotel maupun menikmati fasilitas didalamnya, dan check-out pada waktunya. Normalnya sih tamu hotel memang seperti itu, namun lihat dulu tipe-tipe tamu lainnya di bawah ini sebelum menganggap diri kalian adalah tamu biasa ya.
       
      *             *             *
       
      2. Tipe Selebriti
       

      Ilustrasi staff hotel sedang mencatat pesanan dari tamu, via gumtree 
       
      Maksud tipe selebritis disini maksudnya bukan selebriti sungguhan, namun para tamu yang terlalu ingin dilayani layaknya selebriti. Sebagian orang mungkin lebih suka menjuluki tamu jenis ini sebagai tamu manja. Tamu dengan tipe selebriti ini sangat suka diperhatikan, dan mereka maunya serba dilayani sebaik mungkin. Mereka suka dinomorsatukan, kadang nggak mentolelir kesalahan yang dibuat oleh pihak hotel maupun staff hotel, dan selalu menekankan jika “tamu adalah rajaâ€. Nggak sedikit staff hotel yang akan kesal dengan tipe tamu seperti ini.
       
      *             *             *
       
      3. Tipe Turis Sejati
       

      Spa di hotel, via hotels.1001tur 
       
      Tamu seperti ini datang ke hotel dengan tujuan untuk beristirahat. Mereka memilih hotel bukan karena faktor lokasi semata, melainkan karena fasilitas dan suasana yang ditawarkan oleh hotel tersebut. Karenanya, mereka suka menggunakan fasilitas hotel seperti spa dan fitness maupun berenang dan bersantai di tepi kolam renang; dan nggak sungkan membelanjakan uangnya untuk memesan makanan di hotel maupun mengikuti program tour yang diselenggarakan oleh hotel. Tamu jenis ini biasanya cenderung royal terhadap uang tip sehingga disukai oleh staff hotel.
       
      *             *             *
       
      4. Tipe Tukang Komplain
       

      Ilustrasi seorang tamu hotel yang sedang komplain, via bikashmohanty 
       
      Dari seluruh jenis tamu yang ada di daftar ini, mungkin tamu jenis ini yang paling membuat staff hotel mengelus dada. Segala macam dikeluhkan olehnya, mulai dari air kamar mandi yang lama panasnya, sampah yang telat dibersihkan, room service yang lambat merespon, dan banyak lagi komplain-an lainnya. Sebetulnya, tamu tukang komplain ini penyebabnya bermacam-macam. Ada yang memang sifat aslinya hobi mengeluh, namun ada juga yang berusaha mencari keuntungan dengan melakukan komplain ini-itu, seperti mengincar kompensasi dari hotel tersebut.
       
      *             *             *
       
      5. Tipe Kabayan
       

      Ilustrasi tamu yang bahagia, via hotelserena 
       
      Maksud dari tipe kabayan (diambil dari nama tokoh dalam cerita Sunda, Kabayan, yang dulu kerap diperankan oleh Didi Petet) disini adalah tamu yang kelihatan banget jarang menginap di hotel. Mereka selalu terpukau setiap kali masuk ke dalam hotel, selalu terlihat malu-malu, dan menganggap hotel (terutama hotel berbintang) merupakan dunia lain yang berbeda dengan dunia mereka sehari-hari. Biasanya, tamu jenis ini sangat ramah terhadap staff hotel maupun tamu lainnya, sehingga cukup menyenangkan untuk dijadikan tetangga kamar.
       
      *             *             *
       
      6. Tipe Kolektor
      Kalau tamu jenis ini murni berdasarkan pengamatan dan, uhuk, pengalaman pribadi. Mereka suka mengumpulkan barang-barang dari hotel, mulai dari barang-barang kecil seperti sampo, sabun, maupun toiletries; hingga barang-barang yang agak besar seperti sandal hotel, perlengkapan menulis, dan lain-lain. Asalkan barang tersebut ada logo hotelnya, maka barang tersebut bisa di embat untuk di koleksi. Adakah yang termasuk tipe ini?
       
      *             *             *
       
      7. Tipe Ogah Rugi
      Check-in jauh sebelum waktunya sehingga bisa masuk kamar tepat waktu, dan selalu check-out sesaat menjelang batas waktu yang ditentukan. Tujuannya supaya nggak rugi waktu selama menginap di hotel. Semua fasilitas gratisan selalu dimanfaatkan dengan maksimal, mulai dari sarapan gratis (semua menu dicoba, mulai dari semua jenis appetizer hingga dessert), toiletries, kolam renang; pokoknya tamu jenis ini selalu memaksimalkan waktu kunjungannya saat berada di hotel deh.
       
      *             *             *
       
      8. Tipe gratisan
      Nah, tamu jenis ini biasanya sering menginap di hotel, maupun mengetahui seluk beluk dunia perhotelan. Jadi mereka mengerti celah-celah untuk meminta diskon, dan malah terkadang minta gratisan.
       
      *             *             *
       
      10. Tipe Pebisnis
       

      Ilustrasi seorang pebisnis di kamar hotel, via themalaymailonline 
       
      Tamu tipe ini hanya menginap di hotel untuk keperluan bisnis. Jadi, mereka hanya menggunakan hotel sebagai tempat istirahat sementara dan jarang menggunakan fasilitas dalam hotel karena sibuk diluar. Kalaupun ada fasilitas yang sering digunakan, adalah area lounge untuk bertemu dengan tamu, serta fasilitas internet di hotel. Jika bicara, gaya bicaranya formal dan berwibawa.
       
      *             *             *
       
      11. Tipe Annoying
       

      Tetangga kamar yang hobi membuat keributan jelas menyebalkan, via motherswhowork 
       
      Nggak semua dinding hotel itu kedap suara, karena faktanya, banyak juga hotel yang memiliki dinding tipis dan berbahan non-bata. Sayangnya, nggak semua tamu hotel bisa bersikap tenang. Ada juga yang kerap menyetel TV keras-keras, ngobrol dengan keras, bahkan bertengkar tanpa malu-malu sehingga bisa didengar oleh tetangga sebelahnya maupun berpesta. Saya pernah bertetangga dengan tipe seperti ini (hobi ngobrol dengan suara keras), sehingga kami harus mengeraskan suara TV di kamar supaya suara obrolan di sebelah nggak kedengaran lagi.
       
      *             *             *
       
      12. Tipe Kombinasi
       
      Faktanya, bisa saja seorang tamu hotel memiliki kombinasi dari karakteristik yang sudah disebutkan di atas. Misalnya saja, jika menginap di hotel, saya termasuk tipe turis sejati (datang ke hotel untuk istirahat dan santai) dengan kombinasi tipe ogah rugi (check-in dan check-out tepat waktu supaya maksimal istirahat di hotelnya, haha). Dulu sih sempat jadi kolektor, untungnya sekarang sudah insyaf, hehe.  
       
      Nah, kira-kira teman-teman termasuk tipe yang mana? Jika kombinasi, kombinasi apa saja nih? Share dong! Feel free kalau mau menambahkan tipe tamu hotel lainnya yang belum ada dalam daftar ini.
       
    • By Nicole Sacha
      Ola !!!
      Berhubung kangen banget udah lama ga ngisi FR di FJ2, kebetulan abis ke Semarang juga (walaupun udah 3 bulan lalu )
      Berikut sedikit cerita gw, Semarang Dadakan. (yeeeeeeiiiiiiiii)
       
      Kenapa pilihan gw ke Semarang, jadi begini sob :
      1. Gw belom pernah kesana
      2. Berhubung gw disuruh cuti sama bos gw karena dia liat perfomance gw agak mengendur a.k.a 5L (nah bingung kan lw singkatan apapula ini) jadilah gw ambil cuti. 
      3. Kota ini lumayan punya banyak destinasi menarik dan tidak memerlukan waktu yang lumayan panjang untuk menjelajahinya, cocoklah untuk flashpacker dadakan kaya gw.
       
      Singkat cerita, setelah membeli tiket kereta & voucher penginapan secara online di salah satu website yang  menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring (hidup makin mudah ya cin) bertolaklah gw ke Semarang.
      Dengan menumpang kereta Tawang Jaya dari Stasiun Pasar Senen, kami berangkat tepat pukul 23:00, sebelum berangkat isi perut dulu dengan makan nasi goreng ala kadarnya di depan stasiun, mureh bro, 12 ribu perak seporsi pake telor (boleh milih mau di dadar atau di ceplok).
       

      Harga tiket PP Pasar Senen - Semarang Poncol u/ 2 Orang

      Semarang Poncol, 18 Agustus 2017
       
      Tepat pukul 06:15 kereta Tawang Jaya berhenti di Stasiun Semarang Poncol. Sampai di Semarang, gw segera mencari bilik termenung , dan seperti biasa, antri.
      Pagi di Semarang, bingung mau kemana karena emang ga bikin ittin yang well prepared. Setelah ngubek-ngubek maps online, kami putuskanlah untuk ke Kota Lama dengan berjalan kaki.
       
      Kota Lama
      Kota Lama Semarang ini mirip dengan Kota Tua Jakarta, yang membedakan adalah Kota Lama terkesan lebih rapih dan saran gw, kalau tujuan kalian ke Kota Lama memang untuk huntphot a.k.a Hunting Photo (istilah anak jaman sekarang) datanglah di pagi hari, karena selain udara pagi lebih adem, kegiatan juga belum terlalu banyak manusia alias sepi, jadi hasil foto lebih ciamik.
      Setiap sudut Kota Lama juga sangat menarik untuk diabadikan, so be prepared your camera before guys.

       

      Salah satu sudut Kota Lama Semarang
      Bangunan yang paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, dibangun pada tahun 1753, bangun yang bergaya neo-klasik ini menjadi Landmark Kota Lama Semarang. Gw hanya berhasil memotret bangunan dari luar saja.

      Gereja Blenduk
      Selain Gereja Blenduk, ada beberapa bangunan yang berada di kawasan Kota Lama, seperti Pabrik Rokok Praoe Lajar & Gedung Marba. Bangunan tersebut menarik untuk disambangi, selain bernilai sejarah, arsitektur bangunannya masih terjaga dan lumayan terawat hingga kini.
      Puas berkeliling di Kota Lama, kami menuju destinasi berikutnya yaitu Lawang Sewu.
       
      Untuk menuju Lawang Sewu, dari kawasan Kota Lama kami menaiki Trans Jateng. Di Semarang, ada 2 jenis BRT (Bus Rapid Trans) yang beroperasi, yaitu Trans Jateng & Trans Semarang. Sedikit berbeda dengan TransJakarta, BRT di Semarang ini tidak memiliki jalur khusus, jadi berjalan seperti kendaraaan umum lainnya.Untuk harganya lumayan terjangkau Rp 3.500 sekali jalan.
       
       

       
       

       

       
      Perjalanan dari Kota Lama ke Lawang Sewu hanya memakan waktu kira kira 15 menit. Singkat bukan, ya, karena Semarang adalah kota kecil, untuk menuju satu destinasi ke destinasi lain tidak memerlukan waktu yang lama, asal masih berada di area dalam kota.
       

      Lawang Sewu
       
      Siapa yang tidak kenal Lawang Sewu, bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1904-1907. Masyarakat setempat menyabut Lawang Sewu (yang berarti seribu pintu) karena bangunan ini memiliki banyak pintu walaupun pada kenyataannya tidak sampai seribu.Kesan yang gw dapat waktu pertama kali masuk ke bangunan ini adalah artistik, pada dasarnya gw memang mengagumi bangunan bangunan tua yang berkarakter dan nilai historicalnya tinggi.

      Harga Tiket Masuk Dewasa
       

      Foto Bangunan di tahun 1907
      Selain dapat menikmati arsitektur gedung, Lawang Sewu juga memiliki koleksi sejarah perkereta apian di Indonesia, sangat lengkap dan menarik untuk dilihat.

      Telephone jaman dulu
       

      Salah satu bangunan utama Lawang Sewu
       
      Puas menjelajahi Lawang Sewu, kami menuju destinasi selanjutnya yaitu Kelenteng Sam Poo Kong.
      Untuk menuju kesana, kami disarankan oleh satpam Lawang Sewu untuk menaiki kendaraan online saja agar lebih praktis. Dan berangkatlah kami dengan naik Go-Car, salah satu layanan yang dimiliki oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau lebih dikenal dengan nama Gojek.
       
      Sampai disana, perut mulai berbunyi minta diisi a.k.a laper, kebetulan didepan pintu masuk kelenteng, ada tenda penjual makanan khas Semarang, Mie Kopyok, penasaran dengan rasanya, kami langsung saja pesan dan rasanya ternyata enak. Harganya murah meriah pula, Rp 8,000 perporsi.
       
       

       

      Mie Kopyok
       
      Kelenteng Sam Poo Kong
       
      Kelenteng ini terletak di daerah Simongan, kompleks bangunannya sangat luas dan terdapat banyak bangunan yang semuanya berwarna merah. Tujuan saya kesini adalah untuk melihat secara langsung patung Zheng He/ Chang Ho seorang Laksamana Tiongkok yang beragama islam.
       
       

      Ticket Price
       
       
       

      Salah satu sudut di area Kelenteng
       

      Relief yang menceritakan perjalanan Laksamana Cheng Ho
      Kelenteng Sam Poo Kong adalah destinasi terakhir kami untuk hari ini, setelah puas berkeliling dan mengamati, kami menuju penginapan untuk beristirahat.
      Kembali dengan menaiki Go-Car, diantar ke penginapan yang berada di daerah Jl. Gajahmada, Griya Tentrem Ayem, gw pesen pakai Airy Room. MURAH aja guys, ga bikin kantong bolong. Lumayan juga buat istirahat sama mandi.
      Haha, namanya flashpacker. Makin irit makin asik!!!
       

      Reception Area
       
      Harga roomnya sekitar 240 ribuan permalam, sudah include sarapan (nasi goreng dan teh manis). Lumayan
       
      Sekedar informasi, Semarang iklimnya lebih panas dari Jakarta, mungkin karena lokasinya tidak jauh dari laut / pinggir pantai ya. Selain penduduk ramah, makanan yang murah dan Semarang juga kota yang sangat tenang, jauh dari kesan hip hip hura. Lumayan aman juga kalau mau travelling sendirian ke Semarang.
      Sekian dulu post saya tentang perjalana ke Semarang, semoga informasinya bermanfaat dan yang sudah berencana untuk ke Semarang, semoga segera terlaksana!!!
       
      XOXO
      ANS
       
      (PS : Semua foto adalah dokumentasi pribadi milik penulis)
    • By Ronny.handoko
      Selamat malam,
      Mohon infonya ,sy rencana akan liburan keBali.berhubung saya berangkat sekeluarga dan sy tdk bawa kendaraan pribadi,tlg infonya hotel yg recomended bagi keluarga ,hotel yg nyaman dan sekitarnya cocok untuk jalan2 keluarga, kuliner,juga bersantai .
      Mohon infonya .
      Makasih 
    • By andiana
      Nginep di hotel di kota sendiri berasa aneh buat saya. Karena diminta menemani teman yang datang dari Jakarta, jadilah sekalian bikin blog post untuk salah satu hotel murah meriah berbintang tiga di Jalan Riau ini.
      Tebu Hotel (JANGAN TERTUKAR DENGAN GRAND TEBU HOTEL YA! ) nyempil banget lokasinya. Persis di sebelah de Pavilion dan Serela. Jadi, kalau dari arah Laswi, kamu bakalan ketemu dulu sama GRAND TEBU HOTEL sebelum akhirnya ke TEBU HOTEL. 
      Persis di seberang Jalan Cimanuk, setelah Jalan Lombok (yang ada KFC di pojokan jalan itu lho) kalau naik mobil, jangan ngebut yak. Pas lihat de Pavilion, pelan-pelan deh, karena setelah itu kamu bakalan nemu TEBU HOTEL yang nyempil itu.
      Udah ya, gak akan nyasar kan?  
      Baca ulasan santai saya di sini dan boleh komentar buat kamu yang pernah nginep di sana.
      Ke Hummingbird tinggal jalan kaki ke Jalan Progo (kagok lho kalo pake mobil atau motor. sekalian olahraga lah). Ke Giggle Box juga jalan kaki. Ke Masjid IStiqomah juga jalan kaki. 
      Gak jauh dari Pasar Cisangkuy. Kuy!
      Nyari Markobar Martabak? Jalan kaki aja, sekalian nongki di Bober Cafe yang suka jadi tempat gaul 24 jam. Asik deh kalo ke sana.