Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  1. Jalan2

    Jalan2

  • Similar Content

    • By vie asano
      Bagi yang sering mampir ke blog saya yang sederhana ini mungkin bisa melihat, bahwa mayoritas tulisan saya bercerita tentang negara Jepang. Vie Asano's Lounge ini awalnya memang didedikasikan untuk sharing berbagai informasi tentang Jepang, khususnya pariwisata dan tips penting lainnya. Baru beberapa minggu yang lalu saya sempat selingkuh sejenak ke Belanda dan Jerman karena faktor Anne Frank (baca disini: Anne Frank House dan Sepenggal Cerita tentang Holocaust, dan Anne Frank Zentrum: Saat Anne Frank Kembali “pulang†ke Jerman). Dari sana saya terpikir seru juga kayaknya jika sesekali sharing info tentang keindahan dan keunikan negara lain, yang akan saya mulai dari negeri Belanda. Kebetulan di Jalan2.com belum ada artikel tentang Belanda, jadi sekalian saya ingin menceritakan keindahan negara yang punya hubungan historis dengan Indonesia ini.
      Why Belanda? Kok melipirnya jauh bener dari Jepang ke Belanda?
      Diluar fakta sejarah bahwa Belanda dan Jepang merupakan 2 negara yang dulu sempat mampir agak lama di Indonesia, saya punya ketertarikan tersendiri terhadap negara kincir angin ini. Beberapa tahun lalu salah seorang adik saya (si nomer 3) pernah dapat beasiswa ke negerinya VOC itu. Pasca menyelesaikan studinya, selain membawa gelar kesarjanaan, adik saya sekaligus membawa bonus lain untuk saya: calon adik ipar asli Belanda. Setelah tahun kemarin status calon adik ipar resmi berubah menjadi adik ipar, kini adik saya pun ikut suaminya kembali ke Belanda dengan misi baru: memberikan budenya (=saya) ponakan blasteran JaNda (Jawa-Belanda). Aamiin!
      Dari sejak masih berstatus mahasiswa di Belanda, lalu bekerja di sana, hingga kini resmi menetap di Belanda, adik saya sering mendongengkan tentang berbagai tempat menarik yang ada di Belanda dan Eropa. Saya yang sebelumnya hanya pernah dengar Amsterdam dan Den Haag, lama-lama kenal juga dengan kota lainnya. Salah satunya adalah Assen; kota tempat adik saya dan suaminya menetap. Jadi kali ini saya ingin mendongengkan tentang Assen pada Jalan2ers lainnya.
      Sejarah singkat Assen
      Menurut pepatah klasik, tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka takkan jatuh cinta. Sebelum kenalan lebih lanjut tentang kota Assen, mari kenalan dulu dengan sejarahnya. Sejarah Assen dimulai sejak para biarawati pindah dari Coevorden untuk mendirikan biara di dataran yang lebih tinggi, kurang lebih 750 tahunan yang lalu. Biara tersebut lalu didirikan di area yang dikenal dengan nama Witten. Singkat cerita, area di sekitar Witten tersebut kemudian ikut berkembang dan akhirnya resmi menjadi kota Assen pada tahun 1809. Assen pun lalu menjadi ibu kota dari provinsi Drenthe, salah satu provinsi di Belanda.
      Yang menarik dari Assen
      Pertanyaan ini selalu saya lontarkan pada adik saya setiap kali kami membahas tentang kehidupan di Belanda: apa serunya sih Assen?. Biasanya, adik saya lalu akan mengilustrasikan Assen sebagai kota kecil yang menyenangkan. Sebagian besar penduduknya saling kenal satu sama lain. Setiap kabar berita sekecil apapun akan langsung tersebar, termasuk kabar pernikahan adik saya yang notabene dilangsungkan di Indonesia.
      Selain faktor masyarakatnya yang ramah, Assen menarik untuk dikunjungi. Suasananya layaknya kota tua yang tenang dan damai, dan relatif sepi jika dibandingkan dengan kota besar seperti Groningen. Jalur pejalan kakinya bagus, dan beberapa jalur sepedanya dirancang berkualitas tinggi sehingga sangat nyaman untuk dilalui. Jadi jika ingin mencari suasana lain yang nyaman dimana waktu terasa berjalan lebih lambat, berkunjunglah ke Assen. Itu promosi singkat yang seringkali saya dengar dari duta baru kota Assen.
      Foto 01 (a-d):
      Bangunan-bangunan di Assen [foto: Gouwenaar/wikimedia, Lfblaauw/wikimedia, Ronn/wikimedia, Ronn/wikimedia]
      Tempat favorit untuk dikunjungi di Assen
      Walau merupakan sebuah kota kecil, di Assen ada juga beberapa tempat wisata yang menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah TT Circuit Assen yang merupakan salah satu sirkuit balapan paling terkenal di dunia. TT Circuit itu berada di dalam TT Complex, dan terdapat juga TT Hall di dalam kompleks itu.
      Foto 02 (a-d):
      TT Circuit Assen [foto: Algont/wikimedia, Michiel Jeljis/wikimedia, distillated/wikimedia, Dirk Kempen/wikimedia]
      Assen juga memiliki beberapa taman yang menarik. Salah satu yang paling direkomendasikan jika berkunjung sambil membawa anak-anak adalah Verkeerspark Assen. Taman ini kurang lebih seperti Taman Lalu Lintas di Bandung, yaitu dirancang menjadi sebuah traffic park. Bedanya, di taman ini (dan konon menjadi satu-satunya taman di dunia) anak-anak bisa mendapatkan surat ijin mengemudi. Jangan kaget, surat ijin mengemudi tersebut hanya untuk berkendara di dalam taman saja kok.
      Foto 03 (a-c.):
      Verkeerspark [foto: Jeroen Loeffen/wikimedia, Moisturizing Tranquilizers/flickr, Mouisturizing Tranquilizers/flickr]
      Drents Museum menjadi tempat wisata utama lainnya yang wajib dikunjungi di Assen. Disini terdapat bermacam hal yang berkaitan dengan sejarah provinsi Drenthe, provinsi tempat Assen berada, seperti artifak jaman pra-sejarah, dan juga bermacam benda seni yang berasal dari berbagai penjuru Eropa. Salah satu atraksi utamanya adalah proyek rekonstruksi bog body, yaitu mayat manusia yang secara alami menjadi mumi karena terendam lumpur.
      Foto 04 (a-d):
      Drents Museum [foto: FaceMePLS/flickr, FaceMePLS/flickr, mjk23/flickr, mjk23/flickr]
      Sebetulnya, masih ada beberapa tempat wisata lainnya seperti Assen Bos dan centrum. Alternatif lainnya, mengingat kota ini termasuk kota kecil, Assen dapat dijelajahi dalam waktu singkat. Sekedar berjalan-jalan sambil menikmati suasana ala kota tua, maupun melihat-lihat berbagai bangunan monumental yang ada di Assen, bisa menjadi alternatif wisata yang menyenangkan.
      Foto 05 (a-d):
      Beberapa rumah di Assen [foto: Ronn/wikimedia]
      Cara menuju ke Assen
      Kota Assen terletak di bagian utara provinsi Drenthe. Jaraknya tak begitu jauh dari provinsi di sekitarnya, seperti Groningen dan Friesland. Assen bisa di akses dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui berbagai jalan yang menghubungkan Assen dengan kota sekitarnya seperti Groningen, Zwolle, Veendam, Rolde, dan Smilde; maupun menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan bus. Assen menjadi titik pertemuan bagi sejumlah rute bus regional, yang lalu terhubung dengan jaringan bus dalam kota. Intinya, cukup mudah untuk mengakses kota Assen. Jadi jika ada kesempatan untuk berwisata ke negeri Belanda, silahkan sekaligus mampir ke Assen.
      ***
      * Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.
    • By denorra
      Halo jalan-jalaners! lama ajah ga sharing sharing dimari, hehehe
      Jadi 2 bulan lalu saya dapet beasiswa short course ke Belanda, eh kebetulan kok bisa dapet jadwal pembukaan keukenhof
      Saya sebenernya pernah maen ke tulip festival di melbourne. Tapiiiiiii, Tulip festival aslinya jauuuh lebih indaaaaaah. pasti temen2 yg pernah ke Keukenhof di Belanda paham, hihihi
      Sebagai avid admirer segala hal yang berhubungan sama kembang (yes I can take lotsa pics of them!), Pergi ke Keukenhof kek pergi ke surga *lebay ye
      Keukenhof adanya di kota kecil namanya Lisse, deket banget sama Leiden. Keukenhof buka kira kira 2 bulan, sekitaran maret dan april (cek website) pas musim semi
      Gimana cara kesana? Gampaaang! di Schipol ada counter khusus yang jual tiket sekaligus tiket busnya, 24,5 euro uda all in
      Keukenhof cantik abeeeeeeeeees...gamau pulaaaang:((. saya kasi foto2 aja langsung yaa












    • By Lidwina Meilie
      Enkhuizen terletak di Belanda bagian utara, untuk berkunjung kesana kita bisa memakai kereta api dari Schiphol airport berganti kereta di  stasiun Sloterdijk
      (1jam 24 menit) . BIsa juga dari Amsterdam Central langsung selama 1jam 8 menit.Saya berkunjung ke Enkhuizen pertama kali tahun 1998. Kunjungan saya yang 
      ke tujuh kali mengajak juga dua anak kami pada bulan desember 2015. Saya melewatkan malam natal bersama keluarga teman di Bovenkarspel  dekat Enkhuizen
      karena kebetulan teman suami tinggal di sana.Di Enkhuizen Tiap Rabu  diadakan weekday market di westerstraat dari jam 9 pagi sd jam 4 sore .Di sini di jual  kebutuhan sehari
      hari dari sayuran,buah,roti,biskuit,permen,keju,daging ,ikan,sosis dll .Agenda acara di Enkhuizen bisa dilihat di www.enkhuizenboeit.nl
       
      Tiap bulan Mei diadakan juga Jazz festival. Hotel hotel akan dipenuhi oleh penggemar musik jazz.
      Penduduk enkhuizen masih memelihara ayam domba dll di halaman.Di Enkhuizen penduduknya amat ramah ,saya pernah bertanya dimana kantor pos kepada seorang ibu yg sedang mengajak anjingnya berjalan jalan.Dia tidak hanya menunjukan arah jalan nya, bahkan dia mengantarkan saya ke kantor post.Di enkhuizen yang wajib di kunjungi adalah Zuiderzee museum.
      Museum ini memiliki  outdor museum yang tutup pada musim dingin.tetapi indoor museum dibuka sepanjang waktu kecuali hari libur tertentu.
      Di museum terbuka kita bisa melihat kehidupan jaman dulu penduduk belanda.Untuk anak anak bisa menyewa baju tradisional
      KIta bisa menikmati ikan asap ,permen dan biskuit jaman dulu.
       
      Pada tanggal 18 Mei 2013 untuk memperingati 30 tahun ulang tahun outdoor museum diadakan Skutsje sailing contest untuk pertama kalinya. 
      Kebetulan saya sedang berkunjung ke enkhuizen juga. Saya melihat perlombaan perahu tradisional.Acara diramaikan dengan musik dll.
       
      Pada musim panas banyak wisatawan datang dengan kapal mereka, banyak wisatawan dari jerman sengaja berkunjung ke enkhuizen untuk berjemur matahari  kapal
       mereka dirapatkan di Enkhuizen.
       
      Banyak bangunan bersejarah di enkhuizen diantaranya adalah  Drommedaris  dan town hall/Stadhuis.
      Pada desember 2015 saya bersama keluarga menginap di Villa Enkhuizen, yaitu  bed n breakfast yang terletak di seberang stasiun kereta Enkhuizen. (www.bedandbreakfast.eu)
      Pada hari terakhir menginap kami baru tahu ternyata pemiliknya yaitu Mrs Ingrid  M adalah istri dari Menteri Belanda Stef Blok. Mrs Ingrid sangat ramah dan seperti Ibu rumah tangga biasa yang menyiapkan makan pagi kami dan mengobrol bersama di meja makan.
       
      Banyak tempat sekitar Enkhuizen untuk berjalan jalan santai misal nya Stede broec.Untuk pecinta tanaman  bisa mengunjungi Garden center yaitu toko perlengapan berkebun
      menyediakan dari bunga ,peralatan taman juga untuk hiasan interior rumah.
       
       
       
       
       





















    • By Aria Aditia
      Halo. Perkenalkan nama saya Rio. 
      Kali ini saya akan sharing pengalaman saya ke Keukenhof April lalu. 
      Keukenhof merupakan taman bunga yang ternama di Belanda yang terletak di kota Lisse sekitar 45 menit dari kota Amsterdam dan hanya dibuka sekitar bulan Maret hingga Mei.
      Pada kesempatan ini, saya megunjungi Keukenhof dari Schiphol Airport. Karena saya kesana hari Sabtu (akhir pekan) dan pada saat puncak mekar bunga tulip, kata panitia penyelenggara hari itu adalah hari teramai wisatawan berkunjung ke Keukenhof. 
      Untuk menuju ke Keukenhof dari Schiphol cukup mudah. Kita bisa beli tiket combo (return transfer + tiket masuk) seharga €24 per orang di loket yang terletak di Pintu keluar 4 Schiphol. Darisana terdapat tempat mengantri bus nomer 858. Saya datang kesana sekitar pukul 8 pagi. Antrian pagi itu sudah lumayan panjang. Jadi kalau bisa datang lebih awal untuk menghindari antrian panjang, khususnya di akhir pekan dan puncak bunga tulip mekar (pertengahan hingga akhir April). Bus berangkat setiap 5-10 menit ketika peak hours saat akhir pekan.
      Perjalanan dari Schiphol ke Keukenhof ditempuh dalam 20 menit. Setibanya di Keukenhof, situasi disana lumayan ramai. Keluar bus, kami diarahkan menuju pintu masuk khusus yang berbeda dari pintu masuk utama untuk menghindari ramainya wisatawan. 
      Begitu masuk ke dalam Taman Keukenhof kita disajikan pemandangan indah berbagai bunga tulip dan bunga-bunga lain yang cantik dan menawan.
      Sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa foto yang sempat saya abadikan selama berada di Keukenhof. Semoga sharing pengalaman saya bermanfaat.
      Salam,
      Rio

















    • By Afriani
      Giethoorn adalah kota kecil yang sangat indah yang terletak 5 km di bagian barat daya dari wilayah Steenwijkerland. Kota ini sangat terkenal dan banyak di kunjungi oleh orang-orang terutama yang berasal dari China, South Korea, Malaysia, Singapore, termasuk saya sendiri dari Indonesia. Saat saya sampai di Giethoorn saya terkesan dengan keasriannya, keindahannya, dan keunikkan dari kota kecil nan elok ini. Perasaan itu tergambar dari senyuman yang merona seperti foto yang saya berikan di atas, itu adalah foto dimana saya berkesempatan mengunjungi Giethoorn di tahun 2015 lalu dimana di ambil di salah satu spot yang menurut saya that spot was really interesting. Sungguh saya bagaikan berada di dunia dongeng saja, rasanya seperti khayalan dan tidak ingin pulang. Begitulah yang saya rasakan ketika menginjak kota kecil nan indah ini.
      Untuk mengunjungi kota indah ini, saya sarankan kepada teman-teman untuk datang pada saat musim panas, sekitar bulan July - September karena cuaca di Eropa yang sering kali berubah-ubah dan tidak menentu setiap detiknya. Percaya tau tidak ya cuaca akan berubah setiap detiknya, suka atau tidak kita harus bersiap. Memang cuaca di Eropa akhir-akhir ini sedang ekstream dan tidak menentu dikarenakan dengan pengaruh dari Global Warming itu sendiri sampai-sampai di tahun 2014 pun salju hanya turun sedikit saja di Netherlands. Sistem transportasi sangatlah gampang jika anda travelling di Netherlands karena mereka sangat amat rapi, bersih, dan sangat disiplin waktu. Sistem informasi untuk transportasi pun sangatlah terintegrasi dengan baik selain di website atau pun di applikasi pada smart phone kita. Tourist Office atau yang di kenala VVV information di tiap daerah sangatlah gampang dan bisananya berjarak 5 - 10 meter dari train station.
      Selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit tentang applikasi untuk mengakses transportasi dalam kota di Netherlands apa saja yang harus teman-teman miliki di smart phone masing-masing.
      I. TRANSPORTATION SYSTEMS AND APPLICATIONS.
      Pertama, teman-teman bisa mengakses atau mengunduh aplikasi seperti:
      1. Aplikasi 9292 atau di website www.9292.nl ini dimana aplikasi tersebut akan memberikan kita informasi tentang lama perjalanan dan alat transportasi yang bisa kita pakai untuk sampai ke tempat tujuan kita. Bagi saya aplikasi ini sangat membantu sekali dengan dikombinasikan dengan applikasi dari ns. Berikut gambar dari aplikasi 9292 yang ada di smart phone saya:
                                                                                                                                                                                                  
      2. NS (Nederland Spoorwage) untuk kereta api seperti gambar di bawah ini:
                  
      3. Lalu saya juga memakai Map gratis bernama  Navigator. Di applikasi ini kita dapat mendowload map negara mana saja yang akan kita kunjungi sebagai persiapan di dalam perjalanan.
                                                  
      Baik, saya rasa punya 3 aplikasi ini sudh cukup untuk buat teman-teman untuk mengitari Netherlands dari South to North dan kondisi untuk para traveller wanita pun saya nilai cukup aman jikalau jalan di musin panas karena di bulan-bulan ini matahari terbenam pukul 9, 10, atau 11 PM. Biasanya juga tempat-tempat rekreasi buka sampai larut malam jadi jangan takut kalau kita kehabisan waktu. So, if you have all of those applications then you are ready to go.
      Sayangnya tahun kemarin saat saya mengunjungi Giethoorn saya memakai mobil pribadi yang lebih cepat dari transportasi umum lainnya namun saya akan mencoba membantu teman-teman bagaimana mencapai Giethoorn dengan aplikasi 9292. Dimulai dari pengecekkan H-1 dan tergantung dari mana tena-teman akan memulai perjalanan karena saya tinggal dekat Amersfoort station maka starting point saya berangkat dari Amersfoort station. Gambar diatas untuk aplikasi 9292 dapat dilihat bahwa waktu yang di tempuh bervariasi ada yang 1, 1 jam 50 menit atau pun 2 jam lebih dan juga temen-temen bisa memilih waktu dan perjalanan yang efisien buat kalian sendiri. Karena saya tidak suka berlama-lama di jalan dan tidak mau pindah kereta atau transfer melebihi 2 kali maka saya memilih waktu berangkat pada jam 07.38 AM dan sampai di Giethoorn pada jam 09.19 AM. Oya sistem ini sangat up to date jadi saran saya untuk mengecek aplikasi 5 menit sekali karena takutnya terjadi perubahan waktu yang signifikan atau sama seperti yang terjadi di atas. Itu berarti waktu kereta tiba menjemput kita di Amersfoort station akan terlambat 2 menit. Biasanya di aplikasi akan jelas di beritahukan apa penyebabnya. Setelah itu supaya saya melihat lebih rinci maka saya membuka laman dari waktu yang saya pilih sama seperti gambar di bawah ini:
                                                           
      Disana jelas terlihat bahwa saya harus berhenti di Zwolle station dan pergi ke terminal bus untuk mencari Bus dengan nomor 70 dengan yang mengarah ke Steenwijk via Zwartsluis. Beginilah situasi di stasiun Zwolle saat musim panas tiba :
                                                                 
      dan inilah gambar bus nya:
                      atau bus langsung    
      setelah itu kitta harus turun di halte Dominee Hylkemaweg, Giethoorn. Seperti gambar di bawah ini:
                                                                                                                              
       
      II. THINGS TO DO WHEN YOU ARE IN GIETHOORN.
      II.1. TRANSPORTATION TOOLS FOR ENJOYING GIETHOORN
      setelah sampai  di halte tersebut, kita dapat menyeberang dan berjalan kira-kira 5 menit dan sampailah kita ke pemandangan yang asri dan udara yang sangat bersih seperti yang terlihat di gambar ini:
                                      
      Ada 3 alat transportasi yang bisa teman-teman gunakan di kota yang ciamik nan indah ini yaitu:
      1. Boat. Seperti gambar saya ini. Saya menyewa boat seharga 12 Euro untuk 1.5 jam namun itu pun jikalau teman-teman berjalan lebih ke dalam lagi karena biasanya harga sewa boat lebih mahal yang berada di dekat pintu masuk. Inilah saat saya merasakan nikmatnya naik slow boat dengan udara yang sangat segar dan bersih banget dimana jarang di temukan di Jakarta.
                                
      2. Sepeda. Di tempat ini kita juga bisa menyewa sepeda biasa atau elektrik (bisa dilihat di link ini: https://twitter.com/SnorrenindeKop) untuk berkeliling-keliling.
                              or e-bicycle ->  
      3. By feet as same as I did.
                          
                         
       
      II.2. PLACES WHICH WE CAN VISIT.
      Di Giethoorn banyak sekali yang bisa kita lihat seperti:
      1. Rumah-rumah penduduk yang masih authentic sekali dengan Dutch culture.
                                
      2. Museum De Oude Aarde yang sudah berdiri sejak 1969. Museum juga shop ini memperlihatkan dan menjual segala pernak pernik dalam bentuk batu tua. Saya sempet memaca sediikit informasi yang tertempel di display dimana batu itu sudah ditemukan 100 tahun yang lalu di daerah Afrika. Mereka percaya batu tersebut akan melindungi kita dari celaka. Sempet tertarik untuk membeli naun saya masih berpikir takut ada efek sampingnya karena kita tidak tahu menahu kan dari mana dan bagaimana di temukan. Mungkin saya bekas pesugihan di daerah Afrika sana yang dikenal dengan ilmu hitam Afrika dan juga harga batu itu sangat mahal. Kecil dan gampang pecah jadi sepertinya tidak worth it untuk di beli. Di dalam museum dan toko kita bisa membaca sejarah saat berdirinya museum ini atau kita juga bisa mengakses link berikut: http://www.deoudeaarde.nl/contents/nl/privacy.html.  Harga tiket masuk untuk orang dewasa 3.50 euro (50.000 IDR) dan untuk anak-anak sebesar 2.50 euro (37.000 IDR). Museum ini buka di bulan Maret sampai Oktober dari jam 10.00 AM sampai 06.00 PM dan antara November sampai Maret dari jam 10.00 AM sampai 05.00 PM. Untuk lebi jelasnya dapat mengakses situs ang telah saya berikan dengan mengganti bahasa ke Indonesia atau pun Inggris. It depends of your preference.
                                     
      3. Museum Het Olde Maat Uus. Di museum ini kita bisa melihat tipe-tipe rumah para petani yang tingall di Giethoorn seabad yang lalu.  Museu buka dari Senin sampai Sabtu dari jam 11.00 AM sampai 05.00 PM dan hari Minggu buka dari jam 12.00 AM sampai 05.00 PM. Harga tiket masuk untuk orang dewasa sebesar 4 euro (60.000 IDR) dan untuk anak-anak sebesar 1 euro (15.000 IDR). Berikut gambar dari museum tersebut:
                                              
                
      4. Dan masih banyak galeri-galeri di dalam kompleks ini yang tidak bisa saya masuki satu-satu karena memang mahalnya harga tiket masuk ke galeri-galeri tersebut dan memakan waktu yang lama untuk mengunjunginya. But that was okay because I thought they are all pretty similar to each other.
       
      III. TRAVELLING COST
      1. Train ticket: Amersfoort station to Zwolle (2nd class full fare - Pergi Pulang)                                           ->        24.00 Euro
      2. Bus (full fare)                                                                                                                                                          ->         6.23 Euro
      3.  Renting:                                                                                                                                                                 ->       12.00 Euro                                      
            a. Boat                     12 Euro
             b. E-bicycle            30 Euro (estimation jusck check on: http://www.snorrenindekop.nl/english
      4. Meals for lunch (They provide any kind of foods, sandwiches, French Fries / patat, ice cream, etc)    ->    20.00 Euro per person
       5. Tiket masuk ke museum                                                                                                                                      ->    10.00 Euro per person (Adult but not including children)
      6. Souvenirs                                                                                                                                                                 ->    15.00 Euro
      SUMMARIES                                                                                                                                                                 ->      87.23 Euro atau setara dengan 1,300,000 IDR.
      Memang mahal kalau bepergian di Netherlands tanpa reduce fare ticket untuk kereta. Saya juga mensiasati bawa bekal saat makan siang, membatasi masuk museum-museum yang ada, menggunakan reduce fare ticket dan membeli reduce fare train ticket yang tidak terbilang mahal dan dapat dijangkau. Budget dan additional costs adalah pilihan teman-teman karena kalian lah yang tahu sejauh mana kemampua financial kalian.               
      Alright, that was all about my amazing experience when I visited Giethoorn "a Venice van Nederlands". Mudah-mudahan kalian juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan saya. Happy travelling, friends.
       
    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Amsterdam adalah kota terbesar sekaligus ibukota Negara Belanda. Tentu saja perjalananmu mengunjungi Eropa, khususnya Belanda, belum terasa lengkap jika kamu belum mengunjungi Amsterdam.
      Nah, ada fakta menarik tentang Amsterdam nih. Menurut situs resmi Forbes, Amsterdam dinyatakan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan nomor 12 di dunia. Daftar ini dibuat pada tahun 2014 berdasarkan banyaknya jumlah wisatawan yang mengunjungi kota ini.
      Amsterdam sendiri merupakan salah satu kota terpadat di Belanda dengan total populasi lebih dari 2 juta jiwa. Kota ini terletak di provinsi Belanda Utara yang terletak di bagian barat Belanda.
      Nah, tapi jangan lupa untuk berhati-hati ketika mengunjungi Amsterdam ya. Karena saat ini terdapat banyak kasus pencurian setiap harinya di Amsterdam—dan saking sudah biasanya, biasanya para polisi di Amsterdam kurang serius dalam mengusut kasus ini. Jadi, lebih baik jaga terus barang bawaanmu demi kenyamanan liburanmu di Amsterdam.
      Jika kamu memiliki rencana untuk menyambangi kota Amsterdam, kamu tentu dapat memulainya dengan membuat rencana mengenai hotel apa yang akan kamu jadikan sebagai pilihan untuk menginap selama berada di Amsterdam.
      Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam melirik berbagai hotel di Amsterdam yang layak untuk kamu jadikan referensi. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.
       
      1. Backstage Hotel 


      Backstage Hotel
       
      Inilah dia salah satu referensi hotel di Amsterdam yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai salah satu pilihan hotelmu selama berada di Amsterdam. Hotel ini adalah Backstage Hotel.
      Hotel bintang dua ini terletak di Leidsegracht 114, Amsterdam-Centrum, Amsterdam. Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Rijksmuseum, Van Gogh Museum, ANWB dan Magna Plaza. Keseluruhan destinasi wisata ini berjarak kurang dari 1 kilometer dari Backstage Hotel.
      Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh hotel ini antara lain adalah lobi 24 jam, penyewaan sepeda, safety deposit boxes, airport transfer, family room, toko, vending machine dan masih banyak lainnya.
      Selain itu, kelebihan lain yang dapat kamu nikmati di hotel ini adalah fasilitas free wifi yang dapat kamu coba bukan hanya di ruanganmu tetapi juga di seluruh penjuru hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama menginap di hotel ini adalah double or twin room with shared facilities atau hot deal. Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas sarapan pagi jika kamu menginap di hotel ini.
      Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar hotel ini adalah alarm clock, televise, non smoking room, dan masih banyak lagi lainnya. Biaya yang kamu keluarkan jika menginap di hotel ini dimulai dari sekitar 88 Euro per malam.
      Berdasarkan review di Agoda, hotel ini memiliki nilai yang cukup tinggi yaitu sekitar 7,7 atau very good. Kebanyakan pengunjung menyukai lokasi hotel ini yang sangat strategis sehingga pengunjung dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata dengan cukup mudah.
      Selain itu, para pengunjung juga memuji para staff hotel yang mampu melayani mereka dengan sigap dan ramah. Pengunjung yang datang menginap di hotel ini bukan hanya mereka yang berasal dari dalam negeri Belanda tetapi juga pengunjung internasional.
       
      2. Abba Hotel


      Abba Hotel
       
      Selanjutnya, inilah dia hotel di Amsterdam yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk penginapanmu selama berada di Amsterdam. Hotel ini adalah Abba Hotel.
      Hotel bintang satu ini terletak di Overtoom 120, Oud-West, Amsterdam. Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Van Gogh Museum, Rijksmuseum, ANWB dan Vondelpark. Jarak yang akan kamu tempuh untuk mencapai berbagai destinasi wisata tersebut adalah kurang dari satu kilometer.
      Beberapa fasilitas yang disediakan oleh hotel ini adalah family room, safety deposit boxes, luggage storage, smoking area dan dibolehkannya ada binatang peliharaan untuk memasuki penginapan ini.
      Kelebihan lain yang dapat kamu nikmati di hotel ini adalah fasilitas free wifi yang bukan hanya terdapat di kamar tempatmu menginap tetapi juga di seluruh sudut hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat menjadi referensimu selama kamu menginap di hotel ini adalah twin room, double or twin room serta triple room with shared bedroom.
      Ketika menginap di hotel ini, kamu juga dapat mendapatkan fasilitas berupa sarapan pagi. Nah, beberapa fasilitas lain yang kamu dapatkan di hotel ini adalah televise, area duduk, kamar mandi pribadi namun ada juga yang shared dan masih banyak lagi lainnya.
      Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menginap di hotel ini per malamnya adalah sekitar 44 Euro dan dapat disesuaikan dengan pilihan kamarmu selama berada di hotel ini.
      Para pengunjung yang telah datang dan menginap di hotel ini juga cenderung merasa puas setelah menginap di hotel ini. Berdasarkan review Agoda, nilai yang didapatkan untuk hotel ini adalah sekitar 7,2 atau Good.
      Kebanyakan para pengunjung merasa sangat puas dengan lokasi hotel ini yang sangat strategis. Para pengunjung dapat dengan mudah mengunjungi berbagai lokasi destinasi wisata jika menginap di hotel ini.
      Ya, mereka juga merasa biaya yang dikeluarkan untuk menginap di hotel ini memang sesuai dengan fasilitas yang didapatkan. Para pengunjung juga merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh hotel ini.
      Tidak jarang banyak di antara mereka memilih untuk menginap di hotel ini kembali pada kesempatan liburan selanjutnya di Amsterdam.
       
      3. Bicycle Hotel


      Bicycle Hotel
       
      Selanjutnya, inilah dia hotel di Amsterdam lainnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika kamu menginap di Amsterdam. Hotel ini adalah Bicycle Hotel.
      Hotel ini terletak di dekat Pasar Albert Cuyp dimana kamu dapat berjalan kaki dari hotel ini untuk mencapai pasar tersebut. Hotel ini juga merupakan hotel ramah lingkungan yang menawarkan daur ulang dan tenaga surya.
      Hotel menawarkan kamar-kamar dengan fasilitas pribadi atau kamar mandi bersama di lantai yang sama. Semua kamar diperaboti secara simpel dan dilengkapi dengan wastafel serta TV.
      Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dengan hotel ini adalah Rijksmuseum dan Van Gogh museum. Kedua icon Amsterdam itu dapat kamu sambangi dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari hotel ini.
      Selain itu, terdapat pula halte trem Ceintuurbaan yang dapat kamu sambangi dengan cara berjalan kaki sekitar 5 menit dari hotel ini. Dari sini, terdapat akses langsung yang akan membawamu ke Stasiun Pusat Amsterdam dengan trem bernomor 25.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan selama menginap di hotel ini adalah single room, double room, triple room, quadruple dan triple room. Biaya yang akan kamu keluarkan untuk menginap di hotel ini dimulai dari sekitar 43 Euro per malam.
      Para pengunjung yang sudah datang dan menginap di hotel ini juga cenderung merasa senang setelah mengunjungi hotel ini. Mereka merasa senang karena lokasi hotel ini yang cenderung strategis. Selain itu, mereka juga sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh hotel ini.
       
      4. Prinsehof Hotel Amsterdam


      Prinsehof Amsterdam
       
      Selanjutnya, inilah dia hotel yang dapat kamu jadikan referensi selama menginap di Amsterdam. Hotel ini adalah Prinsehof Hotel.
      Hotel ini terletak di Prinsengracht 810, pusat kota Amsterdam. Hotel ini adalah sebuah hotel yang terletak di pusat kota Amsterdam. Hotel ini berjarak sekitar 4 menit berjalan kaki dari Rembrandtplein entertainment area.
      Kamar-kamar yang terletak di hotel ini dilengkapi dengan jendela yang besar dan terbuat dari kayu. Semua hotel di hotel ini juga dilengkapi dengan area duduk kecil.
      Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Leidseplein dan Dam Square. Untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut diperlukan waktu sekitar 5 menit hingga 15 menit berjalan kaki atau menggunakan trem.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat kamu jadikan pilihan selama menginap di hotel ini adalah triple, twin, quadruple dan single room. Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di hotel ini dimulai dari sekitar 85 Euro per malam.
      Fasilitas lain yang dapat kamu nikmati dan menjadi kelebihan hotel ini adalah fasilitas wifi gratis. Para pengunjung yang telah menginap di hotel ini selalu mengatakan bahwa wifi hotel ini cenderung sangat bagus sehingga hal ini tentu menambah kenyamanan mereka selama menginap di hotel ini.
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai lokasi hotel ini yang strategis dan terletak di pusat kota Amsterdam. Hal ini akan semakin membuat mereka menyukai hotel ini.
      Para pengunjung yang telah menginap di hotel ini juga menyukai pelayanan yang diberikan oleh para staf hotel ini. Ya, para pengunjung sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh para staf hotel yang sangat ramah.
       
      5. Museumzicht Hotel


      Museumzicht Hotel
       
      Selanjutnya, inilah dia hotel di Amsterdam yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama kamu berada di Amsterdam. Hotel ini adalah Museumzicht.
      Hotel ini terletak di Jan Luijkenstraat 22, 1071 CN Amsterdam. Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dengan hotel ini adalah Rijkmuseum, Van Gogh Museum dan Stedelijk Museum. Semua museum tersebut berjarak sekitar kurang dari satu kilometer dari hotel ini.
      Hotel ini menyediakan fasilitas sarapan pagi sehingga tentu dapat membuatmu semakin merasa nyaman ketika berada di hotel ini. Selain itu, hotel ini juga menyediakan fasilitas wifi gratis sehingga dapat membuatmu betah berlama-lama berada di hotel ini.
      Selain itu, fasilitas lain yang tersedia di hotel ini adalah room service, perpustakaan, front desk, dan masih banyak lagi lainnya.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia di hotel ini dan dapat menjadi pilihanmu adalah single room, double room, basic single room dan basic triple room. Biaya yang harus kamu keluarkan jika menginap di hotel ini adalah sekitar 69 Euro per malam.
      Fasilitas yang kamu dapatkan di kamar hotel ini adalah setrika, hair dryer, meja, wifi gratis dan masih banyak lagi lainnya.
      Para pengunjung yang telah datang dan menginap di hotel ini cenderung merasa puas setelah mengunjungi hotel ini. Rata-rata mereka sangat menyukai lokasi hotel ini yang sangat strategis dan dekat dengan museum-museum yang menjadi pusat pariwisata Amsterdam.
      Selain itu, mereka juga sangat menyukai para staff hotel ini yang memberikan pelayanan kepada mereka dengan sangat baik. Kebanyakan dari para pengunjung juga merekomendasikan hotel ini untuk dapat dikunjungi.
       
      6. Aalders Hotel


      Aalders Hotel
       
      Selanjutnya, inilah dia hotel di Amsterdam yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama berada di sana. Hotel ini adalah Aalders Hotel yang terletak di Jan Luijkenstraat 13 - 15, 1071 CJ Amsterdam.
      Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Rijksmuseum, Leidspelein dan Stedelijkmuseum.  Untuk mencapai museum-museum tersebut, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 5 menit.
      Kamu juga dapat berjalan kaki untuk mencapai Vondelpark. Ya, Vondelpark dapat dicapai dengan sekitar 6 menit berjalan kaki.
      Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan kamar mandi pribadi. Di pagi hari, kamu dapat menikmati sarapan segar sebelum menjelajahi kota. Tersedia Wi-Fi gratis di seluruh area hotel.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat menjadi pilihanmu selama kamu berada di hotel ini adalah triple, single, twin, double, dan family room. Biaya yang kamu keluarkan untuk menginap di hotel ini dimulai dari sekitar 80 Euro per malam.
      Para pengunjung yang telah datang dan mengunjungi hotel ini cenderung merasa puas dengan lokasi hotel ini yang sangat strategis. Ya, para pengunjung dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata di Amsterdam dengan begitu mudah.
      Selain itu, para pengunjung juga merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh hotel ini. Ya, para pengunjung merasa puas dengan staff hotel ini yang cenderung sangat ramah dalam memberikan pelayanan di hotel ini.
       
      7. Keizershof Hotel


      Keizershof Hotel
       
      Selanjutnya, inilah dia hotel di Amsterdam yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama kamu menginap di Amsterdam. Hotel ini adalah Keizershof Hotel. Hotel ini beralamat di  Keizersgracht 618, 1017 ER Amsterdam.
      Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari Keizershof Hotel adalah Rijksmuseum dan Van Gogh Hotel. Jarak dari hotel ini untuk mencapai berbagai destinasi wisata tersebut adalah kurang dari satu kilometer.
      Hotel ini adalah salah satu hotel yang cocok untuk disambangi para keluarga. Beberapa fasilitas yang terdapat di hotel ini adalah fasilitas sarapan pagi serta non smoking room.
      Selain itu, kelebihan lain yang dapat kamu nikmati ketika kamu menginap di hotel ini adalah fasilitas wifi gratis. Ya, kamu dapat menikmati wifi gratis di hotel ini bukan hanya di ruanganmu namun juga di seluruh penjuru hotel ini.
      Para pengunjung yang telah mengunjungi hotel ini cenderung merasa senang dengan lokasi hotel ini yang strategis. Kamu juga bahkan dapat melihat pemandangan kanal indah dari hotel ini. Untuk menginap di hotel ini, biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar 102 Euro per malam.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai melirik berbagai hotel di Amsterdam yang layak untuk kamu jadikan referensi. Semoga berbagai pilihan hotel ini mampu membuatmu merasa betah dan nyaman dalam mengeksplor Amsterdam.
      Amsterdam memiliki begitu banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Nah, tentu saja perjalanan wisatamu di Amsterdam akan semakin lengkap jika kamu dapat menentukan akomodasi terbaik selama berada di Amsterdam baik dari segi fasilitas maupun pelayanan.
      Happy traveling!
    • By nakamurame
      Halo agan2 jalan2ers sekalian. Mohon bantuannya, secara masih newbie nih. Saya akan pergi ke Milan, italia selama seminggu buat acara workshop gitu. Berhubung cari tiket yang paling murah, saya pake flight KLM dan transit di belanda. itinerary nya Surabaya-Jakarta-Amsterdam-Milan. SUB-CGK pake Garuda, CGK-AMS pake KLM, AMS-MIL pake Alitalia. Transit di Schipol selama 6 jam. Karena mumpung waktu transitnya cukup lama dan pertama kali transit belanda, jadi pengennya sekalian keluar bandara buat sight-seeing belanda gitu. Nah, bingungnya, kira2 boleh gak ya pake Schengen apply di embassy netherland aja gitu, mempertimbangkan lebih gampang apply nya karena ada konsulat nya di sby, tapi cuma mampir transit doang disana, trus stay seminggu nya di milan. Trus misal pake visa italy, bisa ngga sih di belanda jalan2 keluar airport dulu gitu?
      Mohon bantuannya ya para expert jalan2ers ^^ Thanks for the help in advance :)
×
×
  • Create New...