• 0
Sign in to follow this  
kolong langit

air putih, pilih beli apa masak sendiri?

Question

Kalo air mineral yang dijual di pasaran kita pasti hafal dari mulai merk ga terkenal sampe yang udah kayak stereotip, (nyebut semua air belian pake aqua :D)

Nah, beberapa bulan ini saya dan keluarga berhenti konsumsi air mineral yang udah jadi begitu. Alesannya, karna lebih pengen aman aja. yah katanya sih walaupun udah melewati berbagai penyulingan tetep aja masih ada yang bahaya..

belum lagi isu air suntikan yang botolnya ga diganti dan main main disuntik aja air apa kali nggak tahu :( yah ntah bener ato ga, terus mulai ngerasa air jadi gitu macem2 rasanya, makanya kami beralih ke masak sendiri. Walaupun agak repot tapi rupanya keluarga saya lebih suka air masak sendiri.. :)

Kalo jalane2ers???

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

dari dulu air minum masak sendiri, g tau knapa, air mineral galon tuh rasanya hambar ngga seger...

biasa di rumah kalo masak air itu agak dilamain, jadi setelah mendidih, dibiarin agak lama sebelum diangkat,

kira2 ketinggian air berkurang 1 cm, br air diangkat dari api/kompor.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ya tergantung seh

kalo dirumah pasti lebih milih air masakan

klo diluar lebih efisien beli aja kayaknya :D

iya kalo di luar, ribet juga bawa2 air minum sendiri :D

dari dulu air minum masak sendiri, g tau knapa, air mineral galon tuh rasanya hambar ngga seger...

biasa di rumah kalo masak air itu agak dilamain, jadi setelah mendidih, dibiarin agak lama sebelum diangkat,

kira2 ketinggian air berkurang 1 cm, br air diangkat dari api/kompor.

biar apa ya mbak??

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Kalo saya sih ya kadang-kadang beli air galonan, kadang-kadang masak sendiri.

untuk air galonan sendiri sih sepertinya aman-aman aja. gak ada bedanya sama air yang dimasak sendiri.

tapi barangkali emang musti hati-hati dalam memilih air galonan yang berkualitas.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Kalau di keluarga saya sich emang dari dulu selalu minum air ledeng hasil masak sendiri. Lebih sehat sich harusnya, dan lagian kalau masak sendiri juga lebih hemat koq daripada pakai air mineral. Tapi kalau misalnya air ledeng kotor, ya jangan diminum wkwk. Pertimbangannya aja.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

kalo dulu juga gitu saya, pake galonan trus masak klo males keluar aja ..;D

emang selama minum air galon juga gda masalah,, tapi baca2 katanya efeknya jangka panjang, jadi jaga2 aja.. :D

brand air minum apa yg paling bagus ya??

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By vie asano
      Berwisata memang menyenangkan, terlebih jika kita pergi ke tempat yang memang sudah lama sekali ingin dikunjungi. Namun segala rencana wisata yang telah disusun matang-matang bisa buyar dalam sekejap jika sakit melanda sesaat sebelum jadwal wisata maupun saat tengah berlibur. Memang sih siapa yang bisa menduga datangnya penyakit yang bisa muncul kapan saja tanpa permisi dulu, termasuk saat kita sedang hepi-hepi. Walau begitu, bukan berarti kita tak bisa meminimalkan resiko terkena penyakit sebelum/saat berlibur maupun berusaha menjaga agar kondisi badan tetap fit selama berwisata, terlebih karena beberapa penyakit yang kerap muncul sebelum/saat berwisata seperti flu dan diare terkadang muncul karena kecerobohan kita. Yuk, mari intip beberapa tips untuk menjaga kesehatan sebelum/saat berwisata berikut ini yang saya sarikan dari berbagai sumber.
       
      Sebelum berangkat
      -Kumpulkan informasi terkini mengenai situasi daerah/kota/negara tujuan wisata. Informasi disini maksudnya bukan gosip yah, namun lebih ke informasi seputar cuaca, penyakit, kondisi kesehatan masyarakat setempat, dan sejenisnya. Tujuannya agar kita bisa mengantisipasi langkah apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi situasi-situasi di daerah/kota/negara tujuan wisata tersebut, mulai jenis pakaian yang harus dibawa, maupun melakukan vaksinasi tertentu.
      -Siapkan berbagai obat-obatan pribadi. Biasanya jenis obat-obatan yang wajib dibawa antara lain paracetamol (untuk mengurangi nyeri dan menurunkan panas), aspirin (pengurang nyeri ringan-sedang), clorpeniramine (untuk mengatasi alergi dan juga dapat digunakan sebagai obat anti mabuk perjalanan), antasida (mengurangi masalah lambung), dan antidiare.
      -Istirahat cukup dan minum vitamin. Dengan memperhatikan waktu istirahat dan juga menjaga asupan vitamin, diharapkan tubuh bisa berada dalam kondisi terbaik saat waktunya pergi wisata kelak.
       
      Saat berwisata
      -Kenakan pakaian yang sesuai dengan iklim di daerah tujuan. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak kaget dengan iklim di daerah wisata dan meminimalkan potensi sakit karena perubahan cuaca. Itulah pentingnya melakukan riset terkini mengenai kondisi iklim daerah tujuan wisata sebelum bepergian.
       

       
      Foto 02:
      Salah kostum bisa jadi salah satu penyebab menurunnya kondisi tubuh. Eh, foto ini mah ilustrasi doang yah! [foto: SUMBER]
       
      -Sebisa mungkin pilihlah menu makanan sehat dan tetap memperhatikan keseimbangan gizi. Memang sih berwisata itu paling sip dan paling mantap untuk menjajal aneka kuliner khas daerah tujuan wisata. Tapi kan nggak lucu kalau kita terkena sembelit akibat terlalu asik makan daging dan lupa mengkonsumsi serat (contoh) maupun terkena berbagai penyakit lainnya seperti kolesterol, asam urat, maupun diare hanya gara-gara kalap menyantap berbagai jenis makanan lokal. Intinya, jangan lupa daratan saat menyantap makanan lokal dan selalu berpeganglah pada kondisi kesehatan pribadi.
      -Perhatikan kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Ingat, diare termasuk salah satu penyakit yang rajin menghampiri wisatawan. Jadi tak ada salahnya memperhatikan masalah kebersihan tempat makan, higienitas makanan, dan isu-isu lain yang berkaitan dengan masalah kebersihan makanan.
      -Konsumsi banyak air putih. Berwisata dapat membuat tubuh cepat dehidrasi. Berhubung air minum bisa menjadi salah satu biaya tak terduga saat berwisata, tak ada salahnya berbekal botol air minum yang bisa diisi ulang.
      -Walau tengah berwisata, jangan lupa berolah raga agar badan tetap fit. Cara termudah adalah dengan rajin berjalan kaki untuk mencapai obyek-obyek wisata yang memungkinkan untuk dicapai dengan berjalan kaki.
      -Istirahat yang cukup. Kadang, karena terlalu senang kita lupa untuk beristirahat yang cukup. Padahal kurangnya istirahat bisa membuat badan kaget dan akhirnya kondisi tubuh pun menurun, yang akhirnya malah mengundang penyakit yang dapat membuat rencana liburan jadi berantakan.
      -Rajin mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama berlibur.
       
      Tips meminimalkan kontak dengan kuman
      Berwisata tak bisa dilepaskan dari isu-isu tentang kebersihan, dan tentu saja kuman. Kebersihan termasuk salah satu hal yang paling krusial untuk diperhatikan jika kita ingin tetap sehat selama berwisata, dan salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan meminimalkan kontak dengan kuman-kuman jahat yang berpotensi menjadi sumber penyakit. Memang sih kita tak bisa 100% bebas dari kuman (note: kalau takut kuman lebih baik nggak usah kemana-mana yah, hehe), namun setidaknya kita bisa mengurangi resiko terkena kuman jahat dengan beberapa langkah berikut ini.
      -Rajin cuci tangan menggunakan sabun. Sudah jadi rahasia umum jika tangan merupakan pintu masuk utama bagi kuman untuk masuk ke dalam tubuh. Namun sudah rahasia umum juga jika tidak semua tempat, khususnya toilet umum, menyediakan sabun cuci tangan yang memadai. Solusinya, tak ada salahnya membawa sabun cuci tangan dalam kemasan mini kemanapun kita pergi.
       

       
      Foto 04:
      Langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar [foto: SUMBER]
       
      -Membawa tisu basah, lebih baik jika mengandung antiseptik. Tisu basah antiseptik wajib jadi sahabat para traveler karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membersihkan tangan hingga membersihkan dudukan toilet.
      -Hand sanitizer termasuk salah satu perlengkapan wajib untuk menjaga tangan tetap bersih, khususnya jika kita kesulitan menemukan air untuk cuci tangan.
      -Khusus bagi wanita, jangan lupa membawa ‘perlengkapan perang’ untuk menghadapi toilet umum. Sudah jadi rahasia umum jika wanita kerap bermusuhan dengan toilet umum yang terkadang kondisinya yaaa begitulah. Beberapa perlengkapan perang yang bisa dipertimbangkan, selain tisu basah, antara lain adalah toilet sanitizer (untuk membunuh kuman di bagian dudukan toilet duduk) dan cairan pembunuh kuman (untuk disiramkan ke lantai toilet jongkok maupun dicampurkan ke dalam air di toilet umum).
      -Jangan lupa untuk selalu berbekal masker. Tujuannya bukan hanya untuk melindungi diri dari kuman maupun penyakit yang bisa ditularkan melalui udara, namun juga agar tidak menulari orang lain kalau-kalau tiba-tiba kita sakit saat berwisata.
      -Jika kalian termasuk sangat peduli pada masalah higienitas, sebisa mungkin bawalah barang-barang pribadi yang mungkin akan digunakan saat perjalanan seperti selimut (khususnya jika pergi menggunakan pesawat) dan bantal traveling. Sudah jadi rahasia umum jika selimut yang disediakan oleh maskapai penerbangan kerap tidak dibersihkan dengan baik. Dan bantal untuk mengistirahatkan kepala mungkin sudah digunakan oleh berbagai orang dan mungkin saja belum dibersihkan dengan baik.
      Semoga bermanfaat!
       
    • By fariezetta
      Setiap orang mendambakan tubuh yang ideal dan proporsional. Tidak berlebih dan juga tidak kurang. Diet merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ideal tersebut. Banyak macam diet yang diterapkan dan dijalankan seseorang. Mulai dari diet sehat hingga diet instan seperti mengkonsumsi obat pelangsing dan sebagainya.   Di Indonesia, ada beberapa diet yang populer dan biasa dilakukan masyarakat. Apa saja? Ini dia, diet populer masyarakat Indonesia.      - Diet karbo Diet karbo salah satu yang populer. Diet ini merupakan diet di mana para pelakuknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi putih. Nasi putih memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga dipercaya menjadi penyebab utama diabetes dan juga obesitas. Diet nasi putih memang sangat susah, karena makanan utama orang Indonesia adalah nasi. Bayangkan jika setiap hari tidak makan nasi seperti nasi putih bersama lauk pauknya yang lezat, nasi uduk, nasi goreng, nasi padang, dan nasi-nasi lainnya. Akan tetapi, nasi putih bisa diganti sebenarnya dengan nasi merah, jagung, dan juga kentang rebus misalnya. Oya, diet karbohidrat ini juga banyak yang berhasil atau sukses.    - Diet Mutih atau hambar Diet dengan makan makanan yang hambar ini juga populer dilakukan. Pelaku diet bisa makan apa saja namun tanpa rasa alias hambar. Makanan yang dikonsumsi dimasak tanpa gula, tanpa garam dan tanpa tanpa lainnya. Cara memasaknya juga bukan digoreng. Biasanya, para pelaku diet ini makan makanan yang dimasak dengan cara direbus. Selain karena alasan kesehatan, diet dengan cara ini dipercaya bisa mengurangi selera atau napsu makan sehingga makanan yang dikonsumsi porsinya akan lebih sedikit. Diet no salt no sugar no no ini pernah dilakukan Agnes Monica, Fitri Tropica, dan sebagainya. Meski banyak yang berhasil, banyak juga yang hanya bertahan sebentar. Hal tersebut dikarenakan pelaku tidak sabar dan bosan dengan makan makanan yang hambar. Akibatnya, napsu makan akan lebih tinggi dan makan semakin besar.    - Diet OCD alias Obsessive Combuzier's Diet OCD merupakan diet yang populer beberapa waktu belakangan. Diet ini dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier yang merupakan seorang mentalis terkenal. Dietnya ini merupakan diet yang menggunakan sistem puasa. Makan hanya 8 jam, 6 jam atau bahkan 4 jam sekali. Namun di sela-sela waktu itu, kita boleh minum air putih. Diet ini sempat menjadi isu kontrovesial namun tak sedikit yang sukes menjalani diet OCD tersebut.   - Diet Food Combining Diet food combining ini merupakan diet yang mengkombinasikan menu makanan yang kita konsumsi. Diet ini merupakan salah satu diet yang menyenangkan karena di sini para pelakunya bisa makan dengan normal seperti jumlah dan jam makan yang dilakukan. Akan tetapi, menu yang dipilih harus dikombinasikan seperti karbo yang dikombinasikan dengan protein nabati atau sayuran. Atau juga protein hewani dengan sayur mayur dan sejenisnya. Intinya, diet model ini lebih menonjolkan pada makanan segar seperti buah dan juga sayur mayur. Karbohidrat tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan protein hewani.    - Diet Air Putih Diet ini merupakan diet sehat lain yang cukup berhasil. Para pelaku hanya memperbanyak konsumsi minum air putih. Bukan hanya bagus sebagai diet, mengkonsumsi banyak air putih akan sangat berguna untuk tubuh. Air putih akan membantu mengeluarkan racun dan menyehatkan tubuh kita.   - Diet Nasi Merah Diet Nasi Merah salah satu yang populer. Para pelaku diet ini menggunakan nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Ada juga yang menyeimbangkannya dengan dada ayam, ikan, dan lauk pauk lain yang tidak digoreng.   - Diet menggunakan obat pelangsing Tak bisa dipungkiri, diet jenis ini juga populer di Indonesia. Diet dengan obat pelangsing merupakan salah satu diet yang cepat hasilnya. Banyak produk mulai dari yang herbal hingga obat medis untuk diet. Penjulannnya pun dilakukan secara bebas dan mudah didapat. Dengan embel-embel aman dan tanpa efek samping, diet menggunakan obat pelangsing masih banyak diminati masyarakat Indonesia.   Nah, semua kembali ke masing-masing orang. Diet mana yang paling cocok untuk tubuh kamu?
    • By fariezetta
      Sarapan pagi merupakan salah satu aktivitas yang biasa kita lakukan di pagi hari. Meski begitu, tidak semua suka dengan sarapan pagi. Alasannya banyak. Ada yang memang karena tidak bisa seperti mual, mulas, atau memang sibuk dan tidak terbiasa. Tapi ada juga yang malas atau hal lainnya. Tapi tahu gak sih kalau sarapan pagi itu penting banget ternyata. Kalau kata ibu saya nih, lebih baik ga makan siang tapi udah sarapan dari pada makan siang tapi belum sarapan. Hmmm...   Nyatanya, saya membaca sebuah artikel kesehatan di majalah dan membenarkan hal tersebut. Sarapan pagi itu ternyata penting, karena bisa membuat tubuh kita sehat. Ya, pasti begitu, tapi ada banyak penjelasan lainnya tentang sarapan pagi tersebut.   Beberapa manfaat sarapan pagi yang saya baca adalah sebagai berikut:   1. Mencegah obesitas Ada penelitian yang menarik soal sarapan pagi di Amerika. Pada tahun 2003, American Journal of Epidemiology melakukan penelitian terhadap 499 orang yang sedang diet. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara memantau orang-orang yang sedang diet tersebut selama kurun waktu 1 tahun.    Hasilnya ternyata mengejutkan. Mereka yang melewatkan sarapan paginya cenderung 4,5 kali menjadi lebih gemuk dari pada mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan. Jadi, kalau teman-teman sedang atau hendak diet, jangan lupa untuk tetap menyempatkan diri sarapan di pagi hari.    Oh ya, penelitian tersebut juga memberikan hasil lainnya. Dari penelitian tersebut ternyata bisa dibilang makan malam di luar rumah dan melewatkan sarapan pagi berhubungan dengan resiko obesitas. Mungkin kalau makan malam di luar karena kita tidak bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita.   2. Meningkatkan fungsi otak Sarapan pagi ini bisa membantu kita berpikir dengan baik. Untuk yang masih sekolah atau bahkan sudah bekerja tentunya ini sangat diperlukan.   Ada lagi penelitian yang dilakukan para ahli dari Universitas Swansea Wales tentang pengaruh sarapan pagi. Kali ini, pengaruh sarapan pagi terhadap nilai para pelajar. Hasilnya, ternyata para pelajar yang sarapan pagi memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi 22% dari mereka para pelajar yang tidak membiasakan diri sarapan.    Ketika kita bangun pagi, sebagian besar bentuk glukosa dan glikogen dalam tubuh kita sudah habis oleh aktivitas sebelumnya. Padahal, glukosa merupakan bahan bakar satu-satunya yang sangat penting untuk otak. Oleh karena itu, sarapan pagi sangat penting untuk otak agar otak bisa berpikir lebih baik dan lebih cepat.    3. Mencegah Sakit Maag Sarapan pagi ini juga bisa mencegah sakit maag. Makanan yang masuk saat sarapan bisa menetralisir asam lambung. Maag merupakan penyakit yang salah satunya disebabkan karena lambung yang kosong terlalu lama sehingga menimbulkan rasa perih di lambung. Karena kita tidur paling tidak 8 jam di malam hari, lambung akan kembali kosong dan butuh untuk diisi kembali.   Kenapa sih sarapan itu penting?   Dari semua manfaat sarapan yang kita baca, sarapan memang diibaratkan sebagai bensin atau bahan bakar pada kendaraan. Begitu pun untuk tubuh kita. Tubuh akan sulit menjalankan fungsinya ketika tidak ada bahan bakar di dalamnya. Kita tidur selama kurang lebih 8 jam dan selama itu pula kita tidak menerima asupan makanan apa pun. Saat tidur, metabolisme kita bekerja dan di situlah makanan yang kita makan seharian sedang diproses. Yah, lebih mudahnya, kita kembali kosong dan butuh bahan bakar lagi.    Jika tidak memiliki bahan bakar, tentunya segala aktivitas kita terhambat. Tubuh terasa lemas dan otak pun sulit berpikir. Semua fungsi organ akan mengalami kemunduran. Kita tidak fokus sehingga pekerjaan tertunda.    Bagaimana memilih menu sarapan pagi?   Menu sarapan pagi yang baik merupakan menu yang bisa memenuhi kalori yang dibutuhkan untuk tubuh. Bisa karbohidrat, protein, susu, olahan susu, atau sereal. Menu lainnya bisa dengan makan buah, atau jus, atau juga susu rendah lemak.    Nah, mulai sekarang, yang belum biasa sarapan pagi, yuk kita sarapan. Jangan berlebihan juga. Cukup mengisi perut yang kosong agar bisa beraktivitas dengan baik. Salam sehat. 
    • By nonaJJ
      Pengennya sih kalau abis makan malem stop makan apa apa lagi. tapi kok ya susah banget? apalagi kalau lagi ada kerjaan. rasanya biar perut nggak lapar tp mulut pengen ngunyah terus.
      pernah ngerasain gitu nggak sih JJers?
       
      apa cemilan yg biasa dimakan setelah dinner? :) share doongggg..  
    • By nonaJJ
      Berpuasa saat bulan Ramadhan merupakan aktivitas yang menjadi wajib bagi kaum muslim. Saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan pada siang hari kurang lebih 9 jam. Sering kali pada saat puasa kita merasa lemah dan lesu. Padahal, jika pengaturan pola makan dan aktivitas yang baik justru akan membuat kita tetap sehat dan segar saat berpuasa.
       
      Tips sehat saat puasa ini bisa dilakukan dengan menjaga dan mengatur pola makan saat sahur dan berbuka. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan yang tidak seharusnya kita lakukan saat berpuasa. Berikut ini tips sehat berpuasa:
       
      ·         Mengatur pola makan sahur
      Sahur sebenarnya sangat penting bagi orang yang ingin berpuasa. Makanan yang dimakan pada saat sahur akan menentukan kondisi tubuh di siang hari saat berpuasa. Saat makan sahur, biasakan makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Karbohidrat bisa didapatkan pada nasi merah, jagung, ubi, singkong, oatmeal, dan juga roti gandung. Asupan makanan berserat seperti pada sayuran dan buah-buhan juga baik untuk menjaga stamina tubuh saat berpuasa. Sayuran segar tersebut juga bisa menyegarkan nafas anda agar tidak mengalami bau mulut saat berpuasa. Untuk hal ini, tentunya anda harus menghindari makanan yang beraroma menyengat.
       
      Pada saat sahur, penting bagi anda minum air putih. Selain meningkatkan stamina dan memperlancar peredaran pada saat tubuh berpuasa, air putih juga dinilai bisa menyegarkan nafas anda. Hindari pula makanan berminyak. Selain tidak baik karena mengandung kolesterol, makanan berminyak bisa menggumpalkan sel darah merah anda hingga asupan oksigen kurang dari 20 %. Akibatnya, anda akan mengantuk di siang hari.
       
      ·         Mengatur aktivitas saat berpuasa
      Agar tetap sehat berpuasa, ada baiknya anda membatasi aktivitas fisik anda yang teralu berat. Membatasi aktivitas fisik bukan berarti anda harus bediam diri saat berpuasa. Berdiam diri tanpa altivitas malah membuat tubuh anda tidak sehat, lemah, dan lesu. Lakukan saja aktivitas seperti biasa, namun tidak terlalu berat, seperti olahraga yang membutuhkan stamina dan energy berlebih. Biarkan tubuh anda beristirahat pada siang hari dengan tidur yang sebentar namun berkualitas. Perlu diingat, rasa kantuk pada saat berpuasa mungkin terjadi karena beberapa aktivitas yang anda lakukan pada malam hari.
       
      Hindari tidur setelah sahur. Jika anda ingin tidur lagi, sebaiknya anda tidur 1 hingga 2 jam setelah sahur. Kita semua tahu, tidur setelah makan tidak baik bagi kesehatan. Asupan makanan yang sampai di lambung akan terdorong mundur kembali hingga ke kerongkongan. Ini bisa membuat kerongkongan anda kering sehingga anda akan merasa haus. Belum lagi, makanan yang terdorong mundur tersebut sudah mengandung asam lambung yang bisa membuat anda mual, mulas, dan ingin muntah. Selain menjaga jeda waktu tidur anda, sebaiknya gunakan bantal yang tinggi untuk mencegah mundurnya asupan makanan anda.
       
      ·         Mangatur pola makan saat berbuka
      Sama seperti sahur, saat berbuka pun kita harus bisa mengontrol pola makanan yang kita santap. Hindari makan banyak dalam satu waktu karena bisa membuat perut anda sesak. Minum air putih lalu dilanjutkan dengan makanan yang manis secukupnya. Setelah itu, lanjutkan dengan makan besar. Semua porsi saat berbuka harus pada porsi secukupnya. Jangan berlebihan.
       
      ·         Mengatur aktivitas malam hari
      Pada malam hari pun, sebaiknya anda melakukan beberapa olahraga kecil seperti jalan kaki 15 hingga 20 menit. Tidak melakukan aktivitas yang sia-sia untuk bergadang karena besok harinya anda membutuhkan energy yang cukup. Beristirahatlah yang cukup agar kondisi anda tetap sehat saat berpuasa. Perbanyak minum air putih di malam hari dan hindari minuman kopi dan bersoda. Soda bisa menimbun banyak lemak dalam tubuh anda. 
    • By ulie
      Tidur merupakan aktivitas tubuh yang sangat penting, terkadang kita cuek tentang apa dan bagaimana tidur yang baik dari segi kesehatan. Berikut ini beberapa tips tidur yang baik:
      1. Mengatur pola tidur, tidur yang berkualitas bukan bergantung pada durasi waktu tidur, melainkan pada kualitas tidur, jadi meski 1 jam sudah cukup.
      2. Menentukan posisi tidur.
      Posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan kaki kiri di atas kaki kanan dengan sedikit di tekuk, tangan kanan sebagai alas kepala. Posisi ini memudahkan peredaran darah ke otak.
      3. Waktu yang baik untuk tidur adalah pukul 20.00 s.d. 01.00 wib, jangan tidur di tiga waktu yaitu setelah matahari terbit, pada saat matahari berada di tengah2 dan menjelang matahari terbenam. Tidur diketiga waktu itu dapat mengakibatkan pikiran menjadi linglung, karena pada waktu tersebut terjadi peralihan keseimbangan alam.
      4. Gunakan lampu teduh (agak remang), tidur dengan lampu dalam keadaan terang benderang menyebabkan otak tidak maksimal melakukan difragmentasi data2 yang terekam sebelum tidur, hal ini akan memperngaruhi daya ingat dalam jangka panjang.

      Yang perlu dihindari saat tidur
      1. Posisi tidur terlentang atau tengkurap
      2. Tidur setelah matahari terbit, di tengah hari sekitar pukul 12-an dan tidur menjelang matahari terbenam
      3. Menggunakan pencahayaan yang menyengat atau menyilaukan.

      Bagaimana dengan pengalaman jalan2ers??? sharing2 :)
    • By Married2014
      Tuntutan pekerjaan untuk lembur atau bekerja shift waktu malam, membuat badan kita menjadi tidak fit karena pola tidur menjadi tidak normal. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga badan kita ketika lembur:

      1. Makanan ketika malam
      Pastikan makan yg hangat. Serta kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat berakibat buruk pada tubuh, terlebih bila pola tidur tidak normal.

      2. Minuman
      Jus alami dan air putih adalah minuman terbaik di malam hari. Dalam situasi stres, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan yang harus diganti.

      3. Vitamin
      Mengatasi stres yang terkait dengan kerja shift malam atau kerja hingga larut malam adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin B, kalsium dan magnesium. Vitamin-vitamin ini bisa mengurangi risiko kesehatan karena dampak bekerja hingga larut malam.

      4. Rokok
      Serupa dengan kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bertindak sebagai stimulan, yang pada akhirnya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

      5. Olahraga dan Gaya hidup sehat
      Lari, renang dan olahraga kebugaran (fitness) tidak hanya akan membantu mempertahankan tingkat kebugaran yang baik tetapi juga menyediakan dukungan untuk tidur yang sehat.