Sign in to follow this  
Luwaks

Beberapa Norma ketika travelling keluar negeri Part 1

1 post in this topic

Minimnya pemahaman bahasa dan ketidaktahuan akan beberapa peraturan atau budaya di negeri orang, tentu bisa menjadi kendala saat traveling. Jangan sampai perjalanan Anda yang seharusnya bisa menyenangkan, malah terjebak dengan peraturan yang berlaku di tempat Anda berlibur seperti berikut ini dikutip dari DetikTravel:

1. Menanyakan pekerjaan

Jika Anda traveling ke Argentina, jangan pernah untuk menanyakan pekerjaan mereka. Bagi masyarakat Argentina, bertanya pekerjaan adalah hal yang tidak sopan, seperti yang detikTravel kutip dari News Australia, Senin (3/11/2012). Biarkan mereka yang memberitahukannya kepada Anda, jangan sampai Anda bertanya terlebih dahulu.

2. Bersin dengan sapu tangan

Lain di Argentina, lain lagi aturan yang ada di Jepang. Di Negeri Sakura ini, Anda tidak boleh bersin dengan sapu tangan. Saat bersin, masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan tisu atau langsung membuang ingus mereka. Jadi, jika Anda bersin dengan sapu tangan dan membawanya ke mana-mana, itu adalah hal yang sangat menjijikan bagi mereka.

3. Memberikan bunga

Memberikan bunga untuk hadiah ternyata juga ada aturannya. Bunga yang Anda anggap bagus, belum tentu menarik atau bahkan bisa menyinggung perasaan orang di berbagai negara. Jangan memberikan bunga Carnations atau bunga yang biasa dipakai pada acara pernikahan kepada orang di Jerman, Polandia, dan Swedia. Sebab di tiga negara tersebut, bunga Carnations biasa digunakan untuk acara pemakaman.

Lain lagi di Belgia, Italia, Prancis, Spanyol, dan Turki. Di lima negara tersebut Anda tidak boleh memberikan bunga Chrysanthemums atau yang biasa dikenal dengan nama bunga seruni. Kalau di China, semua bunga bisa saja Anda berikan, asal jumlahnya tidak ganjil. Warga China menganggap, jumlah bunga yang ganjil bisa menjauhkan mereka dari hoki.

4. Berjabat tangan dengan sarung tangan

Saat traveling ke Eropa dan bertemu seseorang di sana, Anda akan dianggap tidak sopan jika berjabat tangan dengan sarung tangan. Anda wajib melepas sarung tangan jika ingin bersalaman di sana, walaupun saat udara dingin.

5. Meminta tagihan setelah makan

Jika Anda selesai makan di restoran di Spanyol dan ingin membayarnya, mintalah tagihan kepada pelayan secara langsung. Karena di sana, pelayan akan merasa sangat tidak sopan jika langsung memberikan tagihan tanpa Anda minta.

6. Perhatikan mata lawan bicara

Jika ingin bertanya atau berbincang dengan warga di Skandinavia dan Jerman, Anda wajib menatap matanya. Jika tidak, mereka pasti akan sangat marah karena merasa tidak dihargai.

8. Memegang kepala

Di Thailand, Anda dilarang memagang kepala warganya. Di sana, kepala adalah salah satu hal yang dianggap suci.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By mika1997
      Hai gan,
      Perkenalkan nama saya Mikaela Clarissa seorang mahasiswi Telkom University jurusan Desain Komunikasi Visual konsentrasi Advertising. Saat ini saya sedang masa penyusunan Tugas Akhir. 
      Ini adalah survey pertama saya yang betujuan untuk meneliti suka dan duka menggunakan OTA (Online Travel Agent).
      Saya meminta teman- teman untuk mengisi kuesioner saya.
      https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdGHB6blP-ny65u7L51wo7b4h_xG1m4Buf15ourmnb_6P1XAQ/viewform?c=0&w=1
      Terima kasih gan sudah menyempatkan dan meluangkan waktunya untuk mengisi kuesioner ini.
       
    • By Yassar Hasan
      Hay, salam kenal saya Yassar dari Padang
      pengen banget jalan-jalan kemana-mana, walaupun sebenarnya low budget
      dan seneng banget bisa join di forum ini, semoga saya bisa ambil pelajaran deh sama master2 traveler-traveler
    • By gicong
      Halloo, 
      Salam kenal, aku Gits. 
      Aku rencana (eh bukan rencana sih) tapi sudah pasti akan ke Yogyakarta tanggal 23 April 2017 untuk ikut Mandiri Jogja Run (siapa tahu bisa marathon bareng Mbak Dian)
      Ada yang ikut jogja run ga disini? Siapa tahu bisa bareng disananya.
      Hari pertama, setelah lari cantik, lanjut ke Kalibiru.
      Hari kedua, rencananya mau ke Punthuk Setumbu lanjut Puncak Suroloyo
      Backup plan hari kedua akan ke daerah Gunung Kidul (Either Pantai atau Goa Jomblang)
       
      Yang mau ke liburan yogya juga, yuk bareng yuk. Kita share cost aja. Kalau mau nanya-nanya bisa ke hubungi ke line (id : gitchong)

      Terima kasih. 
         
    • By septiniara
      Travelling atau liburan adalah kegiatan yang digemari banyak orang. Travelling kini tidak hanya dilakukan saat libur atau waktu senggang saja, melainkan sudah menjadi kegiatan yang termasuk penting dalam jadwal kesibukan harian apalagi bagi yang hobi travelling hihihi. Sebenarnya liburan itu memang penting lho, karena setiap harinya setelah sibuk dengan pekerjaan yang terkadang menjenuhkan pastinya kita membutuhkan sesuatu yang dapat membangkitkaan semangat untuk bekerja kembali. Setuju?
      Sebagian orang mungkin sudah memiliki jadwal liburan yang sudah ditetapkan secara mingguan atau tahunan. Karena liburan memanglah hal yang sangat mengasyikkan, selain itu liburan juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan antara anak, orangtua, dan saudara-saudara yang lainnya. Dengan berlibur kita juga dapat menemukan banyak hal baru seperti teman baru, suasana baru atau bahkan pacar baru hihihi sehingga pergaulan sosial tetap terjaga.
      Untuk dapat mencapai lokasi objek wisata yang ingin kita kunjungi pastinya kita membutuhkan transportasi. Seperti yang kita ketahui, ada tiga jalur yang dapat dipilih bila hendak melakukan perjalanan. Adapun tiga jalur tersebut yaitu, jalur darat, jalur laut dan jalur udara. Nah, bila ingin melakukan perjalanan jarak jauh, antar kota, provinsi, antar pulau, antar negara atau bahkan antar benua jalur udara merupakan pilihan yang tepat untuk aku.
      Bila ingin berlibur ke tempat yang jauh, aku lebih suka menaiki pesawat terbang. Kamu pasti setuju kalau melakukan perjalanan dengan jarak yang jauh melalui udara dengan menggunakan pesawat terbang jauh lebih cepat daripada melakukan perjalanan lewat darat ataupun laut (tidak hitung delay ya). Hal tersebut karena pesawat terbang tidak hanya mampu bergerak sangat cepat, tetapi juga mampu terbang lurus melintasi berbagai rintangan alam yang tidak teratasi oleh transportasi darat dan air. Di udara juga tidak ada kemacetan lalu lintas, tilang, asap kendaraan dan panas-panasan.
      Nah, semakin cepat kita sampai di tempat wisata maka semakin cepat pula kita bisa mengeksplornya. Lain halnya kalau menggunakan jalur darat atau laut, bisa-bisa aku capek di jalan. Belum lagi kalau mabuk selama perjalanan yang ada aku bukannya liburan malah harus dirawat hihihi. Pelayanan dan kenyamanan yang ditawarkan di pesawat juga jauh lebih baik daripada transportasi lainnya. Selain itu terminal bandara juga jauh lebih bagus, apalagi ditambah dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan modern. Kalau terminal bus biasanya bau hehehe.
      Kekurangan dari melakukan perjalanan menggunakan pesawat bisanya kalau gak delay pasti karena harga tiketnya lebih mahal. Nah untuk menyiasati delay biasanya aku lebih milih menggunakan penerbangan dengan waktu pagi. Karena biasanya penerbangan pagi lebih aman dan jarang delay. Kalau untuk menyiasati harga tiket yang mahal, biasanya aku suka cari tiket pesawat promo berapa maskapai. Selain itu biasanya aku juga menyiasatinya dengan melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelum keberangkatan, sehingga dapat memilih harga tiket sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, bagaimana dengan kalian?
      Kembali ke judul, lebih suka naik apa kalau travelling jauh?
    • By marinarilla
      Halo
      Perkenalkan saya Marina dari Semarang
      Saat ini saya merupakan mahasiswa tingkat akhir jurusan arsitektur di Semarang
      Terkadang saya travelling di kota sendiri ke museum, bangunan bersejarah, dan mencicipi cafe baru dan menuliskan dibuku jurnal saya
      Saya berimpian untuk dapat berkeliling keluar negeri dan membuat catatan perjalanan 
      Bagi yang ingin bertanya - tanya seputar Semarang bisa chat saya via inbox 

    • By Usablesharing

      Mungkin saat ini Anda tengah mempersiapkan liburan akhir tahun demi melakukan perjalanan bersama keluarga dan kerabat Anda. Namun, menjelang akhir tahun ini juga bertepatan dengan musim hujan. Biasanya para traveler membatalkan rencana liburannya yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari karena cuaca yang tidak bersahabat.
      Cuaca memang sulit diprediksi, meski diberita pagi dikatakan cuaca akan cerah, seketika saja awan hitam menyergap dan turun hujan. Namun hal ini tidak berarti rencana liburan Anda harus dibatalkan, bukan? Rencana perjalanan Anda masih bisa dilakukan dengan beberapa persiapan khusus untuk menghadapi cuaca yang tidak bisa diprediksi.
      Beberapa tips berikut yang dikutip dari Malacca Turst akan membantu Anda dalam mempersiapkan rencana liburan pada saat musim hujan:
      1. Jaga Kondisi Tubuh
      Menjaga kondisi tubuh memang sangat penting. Ketika Anda melakukan perjalanan pada musim hujan maupun musim panas dengan kondisi tubuh yang tidak sehat, tentunya liburan Anda akan terasa biasa-biasa saja dan tidak berkesan! Untuk mengatasinya minumlah vitamin sebelum melakukan travelling bisa menjadi pilihan baik untuk menjaga stamina selama perjalanan.
      2. Tempat Wisata
      3. Berburu Kuliner Hangat
      4. Perhatikan Waktu
      5. Bawalah Pakaian Hangat
      6. Berbekal Perlengkapan yang Memadai
      7. Bawa Plastik
      8. Siapkan Obat-obatan
      9. Ikuti Prakiraan Cuaca
      10. Lindungi Diri dengan Asuransi Perjalanan
    • By singgihfuadi13
      selamat siang, anggota baru, singgih 24th di bekasi, baru aja gabung...mgkin sekalian nyari temen tahun baru di honkong untuk tgl 29 desember sampe 2 januari 2017..thanks