• 0
Sign in to follow this  
ulie

Setujukah Anda pecahan Rp. 1000,- diubah menjadi Rp 1,-?

Question

Apa yang ada dalam pikiran jalan2ers kalo ada pertanyaan di atas?

Bingung, panik, putus asa mungkin ato biasa2 aja tuh?

Ngga masalah apa yang kita rasakan sebelum kita tahu apa sih penyederhanaan mata uang atau yang dikenal dengan Redenominasi.

Perlu diketahui, redenominasi adalah mengurangi digit (angka nol) di belakang mata uang tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Misal Rp 1.000 menjadi Rp 1 untuk menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih kecil. Dengan penyederhanaan itu maka hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang dan proses ini tidak mengubah daya beli masyarakat.

Jadi penyederhanaan mata uang atau redenominasi bisa diterima masyarakat. Dengan catatan, sejauh sosialisasi dilakukan dengan baik dan benar. Masyarakat akan bisa menerima jika sosialisanya sudah dilakukan dengan baik karena redenominasi tersebut tidak mengurangi nilai mata uang hanya mengurangi angka nol di belakangnya saja.

Nah..sekarang udh bisa mengambil keputusan kan? Boleh tau donk setuju ato ngga, jangan lupa kasih tau alasannya kenapa? :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

11 answers to this question

  • 0

Ane sih sebagai WNI, hanya bisa ikut aja apa kata pemerintah...

Sebagai konsumen, kita sama sekali ngga dirugiin sih..

Kecuali ada desas-desus tertentu sehingga penjual menaikkan harga dagangannya, baru ane kelimpungan..

Yang paling dirugikan adalah mereka yang bergerak di bidang jasa perbankan (minimal yang berhubungan dengan perbankan)..

Repot pas mau transisi pergantian sistem mereka...

Ditambah nantinya selama proses sosialisasi, akan ada sistem mata uang lama & sistem mata uang baru..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

saya sangat setuju, asal pengaturannya benar. Soalnya kalau misalnya sekarang itu, pernah ada teman cerita.. ada turis ke Indonesia, trus tanya ini uang seribu rupiah bisa beli apa ya? kata temen.. paling beli permen.. trus shock gitu dia wkwk.. krn kl di luar negeri kan yg namanya 1000 itu uda gede banget.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

ya setuju aja sich klu pemerintah udh mutusin gt sy dukung dech ..., kan nilai uangnya nga berubah, yg penting aman dan damai harga barang kagak pada naik hehehhhh :P

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Kalau saya sih setuju2 aja.. :)

Cuma menurut saya yang akan menjadi masalahnya nanti ada pada "masa transisi",

mengingat masyarakat kita yang sudah terbiasa memegang uang dengan nominal yg besar.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wah... jangan donk...

nanti gaji saya jadi berkurang 0 nya.

hahahaha...

sebetulnya agak repot loh nge conversi mata uang.

sosialisasinya harus tepat dan pemerintah juga harus tegas.

nanti, takutnya ada yang masih belum mau menerima Rp 1 gitu.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Saya sih setuju,. terus buat orang IT tambah lahan pekerjaan tuh.

karena banyak sistem yang harus diganti.... dari 1000 jadi 1 hahaha.

yang ribet kalau main sen. rp100 jadi 10 sen kalau ga salah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this