syahrulsiregar

field report TRIP SALJU JEPANG : SAPPORO

37 posts in this topic

 

Perjalanan kereta dari Hakodate ke Sapporo memakan waktu kurang lebih 5 jam. Di tiket sih harusnya 4 jam tapi karena katanya ada badai salju, jadi beberapa kali berhenti ato nurunin kecepatan. Ga terlalu menikmati perjalanan ini karena entah kenapa kepala gw pusing trus rasanya ngga sampe2. Mungkin karena pake kereta limited express yah, jadi sempet liat jalanan dan makin berasa deh lamanya. Tapi aslik pemandangannya bagus dan kayak di negeri antah berantah. Jadi relnya itu di pesisir laut. Jadi hamparan luas warna putih. Ga kebayang kalo kecemplung disana. Agak ngeri sih ya sebetulnya.

IMG_4692.PNG

 

Akhirnya sekitar jam 6 sampe Sapporo, langsung transfer subway ke hotel buat checkin. kebetulan emang cari hotel yang di daerah Susukino supaya bisa happening sampe malem dan depan hotel persis ada pintu masuk subway. Setelah checkin dan naro tas, tanpa bebersih dan lain2 kita langsung cabut lagi.

 

IMG_4681.PNG

Itin malem ini ga neko2 sih. Yang penting menikmati Sapporo malam hari. Aslik, udaranya enak banget, adem. Cuman karena anginnya kenceng ya, jadi menggigil. Sebelumnya udah browsing, ada acara apa di Sapporo di awal desember gini. Jadi dari akhir November sampe awal desember, di Sapporo ada winter illumination. Jadi lampu2 hias betebaran di pohon2 dan taman2, dengan latar salju, jadi bagus banget. Areanya di sekitar odori park dan susukino.

IMG_4172.JPG

Selain itu, tepat di odori parknya, ada lampu2 yang lebih heboh lagi. Plus ada si German Christmas Market,. Jadi , karena Sapporo ini sister city sama Munich, orang jerman bikin pasar malem di sini. Isinya makanan dan pernak pernik khas jerman. bahkan yang jualan pun orang jerman. tapi bisa ngomong Jepang. Nah lho.

 

IMG_4013.JPG

 

Begitu sampe langsung terkagum sama lampu2 hias yang dibentuk jadi macem. Bengong. PLAKK!!! Ditampar angina dingin. Alhasil, Cuma foto2 bentar sok ga kedinginan, trus lanjut ke pasar malem di ujung taman tepat di bawah TV Tower, keliatannya lebih hangat. Begitu sampe lebih bengong lagi, tempatnya lucu banget. Di tengah2 ada paduan suara nyanyi lagu natal, dan semua mulutnya berasep kedinginan. Kita keluar liat2 sebentar dan berakhir di stand makanan. Hahaha. Asepnya kemana-mana bikin ngiler. Tapi akhirnya pilihan jatuh ke Turkey Leg. Favorit banget ini tiap ke US pasti beli. Setelah khatam kita putusin buat cari oleh2 karena takut besok ga sempet.

 

IMG_4083.JPG

IMG_4066.JPG

Kebetulan pas tadi berangkat kita lewat kayak semacam dotonburinya Sapporo gitu. Jadi kita ke situ lagi. Setelah belanja sogokan buat bos dan tim, kita makan. Gw udah berjanji sama diri sendiri buat makan malem coco curry. Hahahah ga penting. Cuman udah ngidam banget dari pertama sampe jepang. Kita pesen nasi yang paling kecil, karena tadi udah makan turkey leg. Seperti biasa, minumnya air es tetep. Kalo ada emak gw, udah diomelin nih.

 

IMG_4178.JPG

Yatuhan, dikucurin madu sama dicampur pickle sih , langsung meledak di mulut. Setelah makan, temen gw bilang kalo di Jakarta itu lagi happening banget Cheesetart Hokkaido. Nah harusnya asalnya dari sini dong yah. kita cari deh tuh ada dimana. Ternyata yang peling deket itu di Sapporo station. Sayangnya tutup jam 8, sedangkan waktu itu udah 21.30. yaud kita jalan2 lagi muter2 sampe akhirnya badai salju, ujan salju lebat, yang membuat kita nyerah dan pulang aja.

 

IMG_4682.PNG

Keeseokan harinya…

 

IMG_4677.PNG

Bangun langsung semangat mau main ski lagiiii. Sebelumnya sempet sedih karena tempat ski andalan (gratis) belum buka. Jadi kudu nyari yang udah buka dan itupun baru beberapa. Akhirnya, dengan pertimbangan waktu dan tempat, kita pilih Sapporo Teine Ski Resort. Selain udah buka duluan, aksesnya mudah. Tinggal naik kereta sambung bus langsung turun di resortnya.

IMG_4556.JPG

Sesudah packing, kita jalan ke Stasiun Sapporo dulu buat naro tas di locker. Trus lanjut naik kereta JR ke stasiun Teine, total 30 menit. Keluar stasiun langsung disambut tumpukan salju karena semalem hujan salju lebat. Tapi uniknya matahari bersinar cerah. Jadi hangat. Untuk kemudian PLAKKK!!!. Ditampar angin. Langsung ke bus stop nomor 3 persis di depan mister donat (patokan). Ternyata bis pertama jam 9.10 (bisnya sejam sekali). kita langsung bediri aja disitu. Celingak celinguk kok sepi. Padahal udah jam 8.50. karena kita lihat info di plangnya bener, kita diri aja situ.

Pas jam 9 teng, orang2 mulai berdatangan, ada yang baru keluar dari mister donat, ada yang baru keluar dari ruang tunggu (ternyata ada di belakang kita). Dari tadi kita kedinginan, ternyata orang2 ini anget di dalem. Sad. Tapi gpp jadinya kita paling depan (dan paling kedinginan). Persis jam 9.10 bis dating. Kita semua masuk. Alhamdulillah busnya juga JR, jadi gratis deh perjalanan ski ini. Oiya perlu dicatat, jadwal bisnya berubah menyesuaikan keadaan yah. jadi emang ga update terus di papan bus stop.

 

IMG_4552.JPG

Perjalanan sekitar 30 menit. Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera. Alhamdulillah sampe dengan selamat. Kita ga punya banyak waktu karena harus ngejar flight jam 7 malem ke Osaka. Akhirnya langsung lari ke tempat penyewaan alat. Diputuskan kita nyewa alat aja, satu perlengkapan ski dan satu perlengkapan snowboard masing2 5000an JPY.

Alhamdulillah cerah banget, jadi agak hangat. Walaupun anginnya lagi2 PLAKK!!! nampar2 yah. kita nyoba dulu di turunan landai yang emang buat latian. Gw karena udah pernah main jadi lumayan masih inget. Temen gw yang baru pertama kali plus pake acara mau nyobain snowboard, awalnya agak kagok tapi akhirnya bisa seru2an. Setelah nyoba kita beli tiket lift seharga 3000an JPY. Oiya tiket sama harga nyewa tadi itu Cuma untuk 4 jam.

 

IMG_4686.PNG

Liftnya ada banyak. Kita pilih yang keliatannya ga curam2 banget. Njir, naik lift yang bawahnya gw yakin ada salju setinggi pohon cemara dan tanpa pengaman sih serem juga yah. hahahaha.

IMG_4679.PNG

IMG_4678.PNG

Sampe diatas, ada 2 turunan. Yang ke kiri dan ke kanan. Pas kita turun di atas agak kagok karena belum biasa. sama bapak penjaganya yang ngeliat kita, dia nyaranin ke kanan aja, lebih landai katanya. Kita liat emang landai.

 

IMG_4680.PNG

Kita coba deh, lumayan lancar dan seru. Trus di tengah jalan, ngeliat theme park yang tutup, bagus banget, bianglala warna warni di tengah putihnya salju. Oiya sama dari sini kita bisa liat kota Sapporo dari ketinggian. Nah abis foto2 ketawa2 bahagia. Ternyata eh ternyata, si landai itu Cuma sampe tengah, abis itu turunan 45 derajat. Njir. Kita berdua keder lah. Ngeri banget. Sempet diem pengen nangis aja. Tapi itu satu2nya jalan ke bawah L

IMG_4344.JPG

IMG_4348.JPG

Mau gamau akhirnya kita Cuma pelan2. EALAH YA MANA MUNGKIN BISA PELAN2?!?!. Yang ada nyerodok, meluncur tak terkendali untuk akhirnya jatuh teguling2. Aslik kesel banget ama si bapak yang menjerumuskan kita ke lembah yang dalam ini. Karena yang paling susah adalah berdiri dengan 2 kaki nemplok si alat ski. Susah payah akhirnya sampe bawah juga.

IMG_4684.PNG

IMG_4585.JPGIMG_4577.JPG

Kita cuman bisa ketawa lah. Selanjutnya kita maen2 di yang landai2 aja. Sampe akhirnya udah mau jam 1. Kita putusin buat udahan supaya ngejar bis yang jam 13.30.

 

IMG_4688.PNGIMG_4687.PNG

Walaupun sebentar tapi puas banget sih. Cuacanya cerah banget soalnya. Kebayang kalo lagi badai, pasti dingin banget. Sampe di Stasiun Sapporo, kita beli Hokkaido bake cheese tart dulu buat oleh2 (dan dimakan sendiri). Kita juga sempetin makan siang dulu di stasiun terbesar di Hokkaido ini. Kita ambil tas trus lanjut ke bandara.

 

IMG_4174.PNG

Sampe bandara Chitose kita masih punya waktu buat muter2 bentar sebelum akhirnya masuk pesawat dan tidur. Bangun2 udah di Kansai airport. rencananya malem ini kita tidur disini aja biar hemat dan ga repot. Area paling enak adalah di terminal 1 lantai 2 di depan information center. Disitu lampunya redup, pojokan dan belakang mcd sama Lawson dan toilet. Jadi tenang deh. Enaknya lagi kursi2 disini ga ada armchairnya jadi bisa nyelonjor. Tadinya disini bisa minjem selimut, tapi karena sekarang harus jalan agak jauh, kita berdua males, lagi pula ga terlalu dingin malem ini.

Gw putuskan buat mandi dulu, sebelum tidur karena dr siang kagak mandi, sekalian biar besok pagi ga usah mandi. Mandinya di Kansai Lounge, bayar 510JPY buat 15 menit air. Make kamar mandinya sih bisa 40 menit max. jadi kita bakal dikasih koin gitu buat dimasukin di dalem kamar mandi. Ga perlu kuatir karena sabun dan shampoo sudah ada. Sebetulnya ini persis eksekutif lounge, Cuma siapa aja bisa bayar. Dan ratenya per 30 menit.

 

IMG_4571.JPGIMG_4566.JPG

Setelah mandi bisa tidur dengan tenang. Bangun2 dibangunin satpam. Ga usah kuatir karena dia Cuma ngecek random aja dokumen dan nanya2 dikit. Soalnya ternyata emang banyak juga homeless yang tidur dipojokan bandara. Bebersih bentar di toilet. Checkin. imigrasi. Ini tumben, kamaren2 antriannya panjang ampe luar2, kali ini sepi. Bener2 bukan peak season. Semalem juga ga terlalu rame yang tidur di bandara.

Akhirnya naik pesawat. Perjalanan jepang kali ini bener penuh keberuntungan sih. dari awal ngecek semua rencana bakalan gagal tapi ternyata semuanya persis apa yang kita pengenin dari awal. Yeay, thank you Jepang. Thank you teman2 yang udah nemenin deg2an di hari2 menuju keberangkatan (Jemaah Haji kali ah) jalan2 @Vara Deliasani @deffa @twindry @HarrisWang @kyosash dll. Bahkan saat gw naik pesawat, gw udah mikir kapan kemungkinan gw bisa balik lagi. So, that’s my 3rd trip to Japan. Hope you guys enjoy, feel free to ask anything.. ARIGATO!!!

 

IMG_4557.JPG

 

 

Vaylyn, twindry, deffa and 2 others like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

Sepertinya jepang mau puncak musim ato pun peralihan musim tetep mantap utk di kunjungi ya. Liat foto nya bagus2 dan keren :salut kapan gua bisa nyusul lagi ya? :terpesona

Itu beneran lu berdua jatohnya guling2 di turunan ski itu? :ngakak sakit gak?

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, twindry said:

Sepertinya jepang mau puncak musim ato pun peralihan musim tetep mantap utk di kunjungi ya. Liat foto nya bagus2 dan keren :salut kapan gua bisa nyusul lagi ya? :terpesona

Itu beneran lu berdua jatohnya guling2 di turunan ski itu? :ngakak sakit gak?

 

asal pinter pilih tempat yang tepat juga sih, oh dan keberuntungan ahahah

menurut ngana, sakit lah, mana kalo udah kegulung, kaki kan nyangkut ama ski, jadi bentuk jatohnya udah ga beraturan. bedirinya susah. duh, untung ga ada foto ato video pas lg jatoh

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wuiihhh sedaaapp main ski, tapi lumayan juga harganya :tercengang. Semoga next trip kesampean main snowboarding :terpesona

Nice share jadi inspirasi juga nih hahaha :D 

Btw selamat gan bisa terbang ke kansai dengan salamat, gk kaya saya yang sempat di cancel dan kebingungan hahaha

Share this post


Link to post
Share on other sites
51 minutes ago, syahrulsiregar said:

asal pinter pilih tempat yang tepat juga sih, oh dan keberuntungan ahahah

menurut ngana, sakit lah, mana kalo udah kegulung, kaki kan nyangkut ama ski, jadi bentuk jatohnya udah ga beraturan. bedirinya susah. duh, untung ga ada foto ato video pas lg jatoh

 

Wkkakaka..untung gak ad yg keseleo ya. Nah menurut gua keberuntungan itu perlu banget. Ngak kayak kaka @Vara Deliasani yg kena ujan :ngeledek

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, Dennis.Rio said:

Wuiihhh sedaaapp main ski, tapi lumayan juga harganya :tercengang. Semoga next trip kesampean main snowboarding :terpesona

Nice share jadi inspirasi juga nih hahaha :D 

Btw selamat gan bisa terbang ke kansai dengan salamat, gk kaya saya yang sempat di cancel dan kebingungan hahaha

 

ini mayan mahal Den, andelan gw yang murah meriah belum buka karena peginya terlalu early. jadi pasrah deh sama yang ada aja.

lo tanggal berapa sih CTS-KIXnya? gw tgl tgl 12 malem. alhamdulillah aman sih. di bandaranya malah gerah, ampe copot jaket, kaosan biasa

35 minutes ago, twindry said:

Wkkakaka..untung gak ad yg keseleo ya. Nah menurut gua keberuntungan itu perlu banget. Ngak kayak kaka @Vara Deliasani yg kena ujan :ngeledek

 

ssttt, dia beruntung kok... punya suami yang sabar... ampun yaaa Ceu Varaaaaa.. becandaaa

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 minutes ago, syahrulsiregar said:

ssttt, dia beruntung kok... punya suami yang sabar... ampun yaaa Ceu Varaaaaa.. becandaaa

Nah yg ini maksudnya apa? Waakkaka.. :ngakak

Share this post


Link to post
Share on other sites
16 minutes ago, syahrulsiregar said:

ini mayan mahal Den, andelan gw yang murah meriah belum buka karena peginya terlalu early. jadi pasrah deh sama yang ada aja.

lo tanggal berapa sih CTS-KIXnya? gw tgl tgl 12 malem. alhamdulillah aman sih. di bandaranya malah gerah, ampe copot jaket, kaosan biasa

Gw tanggal 9, awalnya flight pagi karena di cancel jdnya jam 6 sore hahaha. Wah tanggal 12 bisa ketemu tuh di KIX harusnya hahaha. 

Beda banget pas gw tidur di Narita dingin :bingung hahah...

Share this post


Link to post
Share on other sites
25 minutes ago, Dennis.Rio said:

Gw tanggal 9, awalnya flight pagi karena di cancel jdnya jam 6 sore hahaha. Wah tanggal 12 bisa ketemu tuh di KIX harusnya hahaha. 

Beda banget pas gw tidur di Narita dingin :bingung hahah...

 

gw nyampe KIX jam 10 malem. trus flight besok paginya jam 10 ke cgk. lo bukannya flight malem ke CGK?

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 hours ago, syahrulsiregar said:

gw nyampe KIX jam 10 malem. trus flight besok paginya jam 10 ke cgk. lo bukannya flight malem ke CGK?

Quote

Oh pagi flightnya toh, gw flight ke NRT dulu dari KIX jam 1an kalo gk salah. Terus dari NRT-CGk nya jam 10 haha.

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 hours ago, syahrulsiregar said:

 

ssttt, dia beruntung kok... punya suami yang sabar... ampun yaaa Ceu Varaaaaa.. becandaaa

Hahahaha. Kalo soal yg ini gw akuilah itu emang keberuntungan. Gw ga beruntung kalo soal cuaca doang kayanya.:terharu

Share this post


Link to post
Share on other sites
5 minutes ago, Vara Deliasani said:

Hahahaha. Kalo soal yg ini gw akuilah itu emang keberuntungan. Gw ga beruntung kalo soal cuaca doang kayanya.:terharu

gak papa yang penting pas di potoin kece semua :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
12 hours ago, Dennis.Rio said:

Oh pagi flightnya toh, gw flight ke NRT dulu dari KIX jam 1an kalo gk salah. Terus dari NRT-CGk nya jam 10 haha.

oohhh dari Narita toh baliknya... 

1 hour ago, Vara Deliasani said:

Hahahaha. Kalo soal yg ini gw akuilah itu emang keberuntungan. Gw ga beruntung kalo soal cuaca doang kayanya.:terharu

 

tuh lo harus ikut gw berarti. pas pengen maen, matahari pasti cakep, pas pengen salju, dia turun dengan cantiknya. *takabur*

Share this post


Link to post
Share on other sites
On 12/26/2016 at 9:22 AM, syahrulsiregar said:

Perjalanan kereta dari Hakodate ke Sapporo memakan waktu kurang lebih 5 jam. Di tiket sih harusnya 4 jam tapi karena katanya ada badai salju, jadi beberapa kali berhenti ato nurunin kecepatan.

Gw agak miss informasi disini.... Kenapa tiba tiba udah di Hakodate - Sapporo yah?

Gw mau nyimak gambaran naik shinkansennya, soalnya nanti rute gw dari Tokyo - Hakodate - Sapporo (VV) :D 

 

On 12/26/2016 at 9:22 AM, syahrulsiregar said:

IMG_4556.JPG

Wah, ban keretanya berlumuran salju yah....

Duuh, makin ga sabar liat saljunya nih :kesengsem

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, syahrulsiregar said:

 

tuh lo harus ikut gw berarti. pas pengen maen, matahari pasti cakep, pas pengen salju, dia turun dengan cantiknya. *takabur*

@syahrulsiregar hahahaha. sombong kamuuuuhh.

Ya udah yuk lo ikut gw ke Iceland aja. Buat jaga2 biar pas gw dateng ga jadi kubangan air

32 minutes ago, HarrisWang said:

Gw agak miss informasi disini.... Kenapa tiba tiba udah di Hakodate - Sapporo yah?

Gw mau nyimak gambaran naik shinkansennya, soalnya nanti rute gw dari Tokyo - Hakodate - Sapporo (VV) :D 

 

Wah, ban keretanya berlumuran salju yah....

Duuh, makin ga sabar liat saljunya nih :kesengsem

@HarrisWang ciiieeeeeehhhhh yang mau main salju. Maaaauuuu ikuuuuuttttttt....

*lalu semua saljunya meleleh*

Share this post


Link to post
Share on other sites

Duh Aku ngakak pas baca pengalaman skinya. :ngakakItu ski mmng harus ada pengalaman atau pertama kali ski langsung bisa? Tapi mayan mahal juga ya nyobain ski dan tiket liftnya lagi hampir sejuta:bingung.

Oiya, mandi di KIX itu dikasih handuk juga ngga? trus ruang gantinya pisah? jgn2 begitu 15 menit habis pintu langsung kebuka :tercengang

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, HarrisWang said:

Gw mau nyimak gambaran naik shinkansennya, soalnya nanti rute gw dari Tokyo - Hakodate - Sapporo (VV) :D 

nah Tokyo-Hakodate-Sapporo itu kudu transit ganti kereta di ShinHakodateHokuto. kmrn gw transitnya semalem. jadi ini tinggal leg Hakodate Sapporo keretanya bukan shinkansen, kereta biasa. limited express apa rapid yah, lupak gw. another 4 hours. jadi kalo lo dari tokyo langsung sapporo ya total 8-9jam. berarti dari tokyo harus 15:20, supaya sampe hakodate sore dan ngejar kereta terakhir jam 19:55. pake Jr pass yah? hahahaha

 

2 hours ago, HarrisWang said:

Duuh, makin ga sabar liat saljunya nih :kesengsem

 

ahahaha muka keretanya lebih parah, penuh salju, kayak ngegaruk

2 hours ago, Vara Deliasani said:

@syahrulsiregar hahahaha. sombong kamuuuuhh.

Ya udah yuk lo ikut gw ke Iceland aja. Buat jaga2 biar pas gw dateng ga jadi kubangan air

 

ahahahaha sampaaaahh.. aaak kesian burung pinguin, kalo di kubangan aer tar dikira entok...

 

2 hours ago, Vara Deliasani said:

@HarrisWang ciiieeeeeehhhhh yang mau main salju. Maaaauuuu ikuuuuuttttttt....

*lalu semua saljunya meleleh*

 

bauahahahaahaha *FLUSH*

 

1 hour ago, Vaylyn said:

Duh Aku ngakak pas baca pengalaman skinya. :ngakakItu ski mmng harus ada pengalaman atau pertama kali ski langsung bisa? Tapi mayan mahal juga ya nyobain ski dan tiket liftnya lagi hampir sejuta:bingung.

Oiya, mandi di KIX itu dikasih handuk juga ngga? trus ruang gantinya pisah? jgn2 begitu 15 menit habis pintu langsung kebuka :tercengang

 

ahahahaha, bisa coba sendiri kok. ada instruktur tp bayar lagi. liat2 youtube aja pasti bisa. apalagi kalo yang biasa maen skate, ice skating, roller blade, harusnya ga susah. 

iya ini emang tempatnya ski beneran, karena Andelan gw Takino Snow World belon bukaaaa,

Anduk nyewa lagi 200JPY kalo ga salah. ahahaha ngga. jadi ruangannya tuh gede. trus ada bilik2. tiap bilik kebagi ruang ganti sama kamar mandi. yang 15 menit tuh airnya. tapi kalo seluruh ruangan, kita boleh make selama 40 menit. tapi jadi aneh mandi diwaktuin. mandinya jadi cuman 3 menit. hahahah. rugi.

Share this post


Link to post
Share on other sites
4 minutes ago, syahrulsiregar said:

hahahaha sampaaaahh.. aaak kesian burung pinguin, kalo di kubangan aer tar dikira entok...

Jauh2 ke iceland fotonya sama entok. AAAAAAAAAAAAHHHHHHHHH... dibelakang rumah nenek gw juga banyak.

Ya udh gw pikniknya ke empang aja.. main sama entok & soang.

Share this post


Link to post
Share on other sites
55 minutes ago, Vara Deliasani said:

Jauh2 ke iceland fotonya sama entok. AAAAAAAAAAAAHHHHHHHHH... dibelakang rumah nenek gw juga banyak.

Ya udh gw pikniknya ke empang aja.. main sama entok & soang.

 

ahahaha justru lo harus ke pantai,, biar ujan, ato salju sekalian... lalu tagnya iceland

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, syahrulsiregar said:

ahahaha justru lo harus ke pantai,, biar ujan, ato salju sekalian... lalu tagnya iceland

barusan ga sengaja buka webcam shirakawago trus abis itu buka IG eh org2 lagi main salju.. pedih hati adek bang... :terharu:terharu

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, Vara Deliasani said:

barusan ga sengaja buka webcam shirakawago trus abis itu buka IG eh org2 lagi main salju.. pedih hati adek bang... :terharu:terharu

 

aaaakk cepetan closeeeeeeee, nanti saljunya cair, trus foto di IG jadi orang maen empang :(

min0ru likes this

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, min0ru said:

Intinya gampangan ski apa snowboard sih? hahaha kok ngebayangin 45 derajat aja ngeri ya.. ngeri kagak bisa nge rem atau nabrak pohon @syahrulsiregar :ngeledek:ngeri

 

beda2 orang sih. kalo menurut saya gampangan ski, kalo menurut temen saya gampangan snowboard. hahahha, kuncinya emang ga boleh ngerem, jadi badannya yang ngikutin kecepatan. justru biasanya yang nahan2 gitu yang bikin jatuh

Share this post


Link to post
Share on other sites
11 minutes ago, syahrulsiregar said:

justru biasanya yang nahan2 gitu yang bikin jatuh

kayak lo ya kak? :ngeledeknahan jadi jumpalitan. hmm kapan ada kesempatan ke sapporo leh uga sih dicoba. asal ga gelinding jadi snowball wkkww

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now

  • Similar Content

    • By kyosash
      Hii Jalan2ners lama tak berjumpa 
      Kali ini saya ingin coba sharing perjalanan saya ke Jepang.
      sebenarnya tujuan kali hanya ini hanya ingin membeli beberapa keperluan saja, tetapi setelah dipikir2 kenapa kgk sekalian refreshing aja yah dan akhirnya saya memutuskan untuk mampir ke Okinawa yg selama ini masuk dalam wishlist saya.
      Perjalanan kali ini adalah yang terboros dan juga sekaligus paling menyenangkan + berkesan selama ini.... (ada acara ketinggalan pesawat juga  )
      Mengenai persiapan visa + tiket JR Pass mungkin saya tdk perlu menjelaskan lagi, anda bisa lihat disini  (karena tidak terlalu beda langkah & caranya) http://jalan2.com/forum/topic/12515-1st-time-in-japanmengejar-sakura-^^/
      mengenai pengeluaran tiket pesawat, tempat tinggal kali ini saya akan pisah2 sesuai areanya.
       
      6 - 8 Oct  (Jakarta → klia2 (Kuala Lumpur) → KIX (Osaka) → Naha)
      Untuk tampilan Okinawa di peta seperti pada gambar dibawah ini

      source: http://wikitravel.org/en/Okinawa
       
      Spot2 wisata yang bisa dikunjungi disekitar Naha & Okinawa Honto

      source :http://www.japan-guide.com/
       
      Penerbangan saya menggunakan Air Asia PP  Rp. 3,2 jt  (kgk pakai bagasi + meal)
      Lalu dilanjutkan naik Peach Air dari KIX Osaka - Naha ¥ 5.630
      Waktu check-in di counter Peach Air sempat bermasalah, karena saya membawa koper kecil + 2 tas, dimana hanya diperbolehkan 1 koper kecil + 1 tas saja, lalu saya mencoba menggabungkan 2 tas itu jadi 1 walaupun hanya masuk sebagian + merayu dikit, akhirnya tas tsb diperbolehkan bawa masuk ke pesawat, karena kalau masuk dalam bagasi mesti tambah ¥ 4000  
       
      Setelah 2 jam  akhirnya tiba di Naha Airport
       
      Lalu saya langsung menuju ke tempat penginapan untuk check in + taruh barang
      mengenai transportasi untuk daerah Naha, Yui Rail (Naha City Monorail Okinawa) dan Bus

      http://www.okinawa-information.com/transport/naha_yui_monorail_japan.htm
      untuk Bus http://www.kotsu-okinawa.org/en/map_naha.html
       
      Naha Airport  → Kencho-mae (Yui Monorail) ¥260→  Minshuku Getto Waktu beli tiket Yui Rail ini, saya cukup terkejut melihat sistem lewat gatenya cek-nya pakai Barcode yg tertera pada tiket, keren euy lebih maju dari Tokyo  
      Suasana di Naha menuju Tempat menginap
      Lalu Tiba di Minshuku Getto (1 malam ¥3000, pesan lewat booking.com)
      ownernya sangat ramah, tempatnya cukup besar dan bersih
       
      btw, di tempat ini AC -nya sistemnya seperti telp coin, jadi masuk-an terlebih dahulu ¥100 untuk durasi 2 jam,  jadi kalau malam tidak ingin terbangun karena kepanasan, mesti masukin koin banyakan   
      ditempat ini anda dapat fasilitas sepeda gratis.
      Karena hari sudah mulai larut, saya hanya mengitari sekeliling Minshuku saja, dekat sini ada Kokusaidori Street dimana sepanjang jalan beraneka macam toko2 mulai dari souvenir, pernak-pernik.
      Lalu mampir ke salah satu tempat makan didaerah sini, Saya langsung pesan Goya (Pare) Chanpuru ¥980, salah satu makanan khas Okinawa.
      Setelah makan, saya lanjut mengitari pasar (Ichiba Hondori Street)   Setelah itu saya sempat melihat menu2 dikedai makan yang tercantum berbagai macam Chanpuru, ada So-men Chanpuru, Moyashi (Touge) Chanpuru, Papaya Chanpuru.
      karena yang selama ini yang saya tahu cuma Goya Chanpuru. Lalu saya coba pesan Moyashi (Touge) Chanpuru ¥650. 
      Lalu saya sempat bertanya apakah Chanpuru itu artinya Mix ?, jikalau iya berarti lafalnya mirip bahasa indonesia donk "campur" .
      kemudian setelah balik ke Minshuku, karena ada koneksi internet, saya coba search "Chanpuru" , ternyata kata tersebut memang diambil dari Bahasa Indonesia.
      wah kgk nyangka ada hubungan seperti ini antara Okinawa dengan Indonesia   .
       
      Lalu keesokan harinya saya mengunjungi Sefa-utaki, jadi check out dan menitipkan barang di Minshuku ini.
       
      Naha Bus Terminal (Kamiimizu)  → Sefa-utaki mae (Local Bus) ¥830 →  Sefa-utaki (斎場御嶽) ¥200 Perjalanan kurang lebih 60 menit, Sefa-utaki (斎場御嶽) yang termasuk UNESCO World Heritage Site ini merupakan sacred place (tempat suci) pada jaman kerajaan Ryukyu untuk beribadah. 
      tempat ini dibuka dari jam 9:00 - 18:00 ; tiket masuknya ¥200 (pastikan anda membeli tiket di counter dekat bus stop)
      Suasana cukup rindang karena tempatnya terletak didalam hutan. walaupun cuaca panas, udaranya terasa sejuk.
      Pada waktu balik, karena udah waktunya jam makan, saya melihat salah satu kafe yang menarik dengan pemandangan yg cukup bagus dan saya memutuskan makan disini, lalu pesan set Rice with mixed tomato, bacon & egg  ¥1300
      Setelah selesai makan, sambil menunggu Bus, saya coba2 explore daerah sini, suasana-nya seperti ini
      Sefa-utaki (斎場御嶽) Sefa-utaki mae →  Naha Bus Terminal (Kamiimizu) (Local Bus) ¥830 →   Explore sekitar Kokusaidori Street + Balik Hotel setelah balik ke Bus terminal, karena waktu sudah tidak banyak karena sore harinya harus kebandara, jadi saya hanya mengitari daerah sekitar tempat menginap, untuk melihat souvenir yang cuma ada diokinawa ini.
      Lalu saya coba mengitari Mall Riubou yang ada didekat Kokusaidori Street, lalu saya melewati stand exhibition "Art Aquarium", dan saya melihat posternya cukup menarik, tetapi karena keterbatasan waktu, saya jadi agak ragu untuk masuk, btw tiket masuknya harganya adalah ¥1000  ,
      tetapi setelah bertanya dengan staffnya, ternyata tidak terlalu makan waktu lama, jadi saya coba masuk. dan wow

      Setelah melihat Art Aquarium ini, saya langsung menuju ke Minshuku untuk mengambil koper dan langsung menuju ke bandara
       Minshuku Getto →  Kencho-mae (Yui Monorail) ¥260→  Naha Airport  
      Destinasi yang dituju adalah Miyakojima.
       
       
      Untuk Lanjutan-nya bisa klik link dibawah ini
      8 - 11 Oct Miyakojima
      11 - 16 Oct Yaeyama Islands (Ishigaki, Taketomi, Hateruma, Iriomote & Kohama)
      16 - 19 Oct  Northern Kyushu (Fukuoka, Beppu, Yufuin, Nagasaki [Gunkajima] & Kumamoto)
      19 - 21 Oct  Osaka & Uji
       
       
      Simak juga perjalanan saya lain-nya 
       
    • By kyosash
      Hii Jalan2-ners  
       
      kali ini saya mencoba melanjutkan sharing dari sedikit trip selama di Hokkaido.
       
      Awal bulan November sudah ditandai dengan turun-nya salju

       
      untuk mengisi hari libur, saya memutuskan jalan ke Aoi Ike (Blue Pond) , karena perjalanan agak jauh dan hanya punya waktu 1/2 hari saja dikarenakan ada jam malam di asrama, saya cari2 cara untuk kesana, akhirnya dapat rute yg sesuai.
       
      Rutenya adalah : 
       
      Kotoni JR → Sapporo (JR Hakodate Line) ¥210 → Asahikawa (Kousoku Bus)  ¥ 2.060  → Aoi ike / Blue Pond (Dohoku Bus No.42) ¥ 1.140 → Biei (Dohoku Bus No.42) ¥540 → Furano (JR Furano Line) ¥640 → Sapporo (Kousoku Bus) ¥2.260 → Kotoni ¥250
       
      1 hari sebelum berangkat, saya sempat ajak teman satu asrama, akhirnya dia memutuskan ikut juga, teman saya ini Orang Korea, karena begitu selesai belajar dia kembali ke negaranya untuk ikut wajib militer, jadi dia pengen puas2-in menikmati sisa waktunya.
       
      jadi pagi2 kami sudah bergegas pergi langsung menuju sapporo Bus Terminal, setelah sampai lalu membeli tiket one-way ticket ke Asahikawa. kurang lebih 2 jam didalam bis, akhirnya sampai di Asahikawa
       
      Suasana di Asahikawa
        
        


      rencana sih mau mampir ke Asahiyama Zoo, tapi hari pada hari kami pergi Asahiyama Zoo-nya tutup, jadi kami rubah  tujuan, dan karena waktu terbatas kami langsung menuju bus terminal untuk segera ke Aoi ike (Blue Pond). jika lewat bus yang satu ini, maka harus menunggu 3 jam untuk bus berikutnya Lalu kami naik Dohoku Bus No.42, waktu tempuh sampai ke Aoi ike (Blue Pond) adalah 1 jam 20 menit. dan dikarenakan keterlambatan bus-nya tiba di Aoi Ike ini, yg harusnya sekitar 30 menit untuk menikmati pemandangan, jadinya hanya sekitar 15 menit saja, karena klo kelewatan bus balik, harus menunggu di tengah hutan dalam cuaca dingin selama 3 jam.       Suasana di Aoi ike (Blue Pond)                           NOTE : Aoi ike (Blue Pond) ini karena adanya cair/lelehan tumpukan es dari gunung sekitarnya, sehingga tertampung disatu tempat ini. (terkadang terlihat berwarna biru / hijau) dan dijepang (biru dan hijau itu dapat disebut Aoi) access bus ke Aoi ike (Blue Pond) bisa lihat disite ini (japanese only)   Setelah dari sini kami langsung menuju ke Biei, Lalu kami naik Dohoku Bus No.42 , bus yg sama untuk menuju ke Biei Station, lama perjalanan sekitar 30 menit.   Suasana di Biei
        
         
           
          
        

      (jadi pengen mampir ke Biei lagi waktu summer   )
      kami hanya jalan disekitar station saja, sambil menunggu kereta ke Furano, kereta menuju ke Biei ini hanya 1 kali dalam 1 jam, dan hanya 1 gerbong saja. perjalanan sekitar 40 menit menuju ke Furano.    NOTE : Furano terkenal akan view perkebunan Lavender-nya di waktu summer, dan juga sayuran2-an yg segar & enak, terutama kentang-nya   Suasana di Furano                 
      karena kami ingin ke Cheese Koubou (Cheese Factory) , jadi sempat tanya aksesnya ke tourist information center yg berada didekat Furano Station. lalu petugasnya menganjurkan naik taksi atau bisa juga rental sepeda. 
      karena teman saya kgk mau naik sepeda, jadinya naik taksi. sekitar 10 menit akhirnya sampai.
       
      Suasana di Cheese Koubou (Cheese Factory) 

        

        
        NOTE : Jam Buka 09:00 - 17:00 (untuk bln November - Maret tutupnya jam 16:00) 
      disini anda bisa melihat proses pembuatan keju bahkan bisa melibatkan diri untuk membuat keju
      dikarenakan tiba terlambat tiba disini, jadi kami tidak kebagian lihat.
      disini juga tersedia ice cream dengan rasa keju, pumpkin, asparagus, dll
       
       
      tak terasa hari sudah mulai gelap, lalu kami jalan kaki untuk menuju Furanoya (Curry Restaurant) untuk makan siang!?. .
      Suasana di Furano
        

      karena selama perjalanan tidak ada kesempatan makan , setelah jalan kaki sekitar 30 menit akhirnya sampai juga.
      saya langsung pesan Ayam Kari + Sayur Lokal (Furano)  dengan level pedas sedang ¥1280
        

       
      kuah karinya rasanya mantap, temanku pun sangat menyukai makanan disini.
      setelah makan, kami jalan kembali menuju ke Furano Station untuk balik ke Sapporo.
       
      Suasana di Furano
        

        setelah sampai di Furano Bus Terminal, langsung beli tiket dan naik bus, perjalanan ke sapporo sekitar 2 1/2 jam.  setelah sampai sapporo, kami langsung menuju ke Kotoni untuk balik ke asrama.     Waktu saya iseng jalan2 sekitar kota Sapporo   Suasana di daerah Kota Sapporo       (Masjid di Sapporo)                     Next Trip   Dikarenakan dekat sekolah tempat saya belajar dekat dengan Zoo yg lumayan terkenal, jadinya saya coba sempatkan mampir setelah jam sekolah.   Tiket masuk ¥600 , tiket sepuasnya masuk untuk yg 1 tahun hanya ¥1000    Suasana di Maruyama Zoo
        
        
        
            
         
          

        
          Akhirnya tiba waktunya untuk merasakan nonton konser di Jepang  , band yang tampil adalah amazarashi. lagi Tour di Jepang, dan kebetulan mampir di Sapporo +karena saya suka sama lagu2 band ini dan saya penasaran sama mukanya vokalis. jadinya beli dech tiketnya. (sebenarnya temen sekelas saya Cewek Rusia pengen ikut juga, cuma hari H-nya dia ada kerja part time + harga tiketnya agak mahal.)     Suasana di Zepp Sapporo     


      Begitu masuk, Rock/Alternative Band yg tampil. kok duduk yah  + ada layar besar-nya, dan band-nya itu dibelakang layar. nonton konser, berasa masuk ke gedung bioskop + suasana nonton konser lagu klasik.
      tapi yg membuat saya cukup terkejut, banyaknya penonton yang berkursi roda, bahkan ada tempat khususnya 
      (sepertinya lyric2 band ini sangat mengena )
       
      contoh suasana konsernya
       
      NOTE : bagi yg ingin melihat image lengkapnya bisa lihat di Album 

       
       
      Untuk Lanjutan-nya bisa lihat disini  
       
      Simak juga perjalanan saya lain-nya 
       
    • By kyosash
      Hii Jalan2-ners
       
      Kali ini saya mencoba sharing sedikit perjalanan di Hokkaido.
       
      sebelum itu, berikut map Subway & JR di daerah Sapporo.


      NOTE : Sejak akhir bulan Oktober ini (2014) Hokkaido sudah memasuki musim dingin alias sering turun salju, jadi disarankan prepare stamina, jaket dan sepatu musim dingin (karena jalanan licin akibat tumpukan salju)
       
       
      New Chitose (JR Rapid Airport) → Kotoni  ¥1,210
       
      Dari bandara New Chitose Airport, saya langsung menuju ke Kotoni.
      begitu sampai JR Kotoni, saya naik taksi untuk ke asrama/tempat penginapan.
      Supirnya nyasar melulu, akhirnya yg menemukan tempatnya malah saya  , lalu saya bayar sekitar ¥1,070
      (gimana sih supir daerah sini kok kgk tau daerah sekitar sini ).
      begitu sampai di asrama, saya sempat tanya ke penjaga asrama-nya, dia bilang kok mahal amat ¥1,070 , harusnya sekitar ¥640-an, dia bilang supirnya sengaja diputer2-in. bahkan belakangan ini sering ada penodongan didalam taksi.
      "Ah yg benar saja?" celetuk saya.
      tidak lama kemudian ada polisi disekitar asrama, jadi kami keluar gedung untuk melihat situasi,
      ternyata supir taksi yg tadi, waktu keluar dari asrama nabrak tiang pintu gerbang masuk. Hehehe kena batunya tuh Supir taksi.
       
      didalam asrama ini sempat dipusingkan dengan peraturan buang sampah, jadwalnya seperti ini

      karena sudah lapar, jadinya keluar untuk mencari makan, lalu saya melihat ada Ramen Salad dimenu rumah makan itu, setelah makan, wah kok dingin yah..., diKota dingin makan-minumnya pun dingin.   tapi rasanya , harganya pun cukup masuk akal ¥499

       
      Suasana di Kotoni
        
        
      (wah masih ada aja yg maen Tamiya & Magic Card)
        
        
      Begitu lihat ada Chain-Family Resto Saizeriya, saya memutuskan untuk mencicipinya, karena waktu di Tokyo kemaren kgk sempat mampir. 
        
      (menu favorite saya Spaghetti Tarako)
       

       
      Kotoni  (JR Hakodate Line) → Sapporo ¥210
      seminggu kemudian saya memutuskan untuk jalan di sekitar Sapporo
       
      Suasana di Sapporo
        
        
        

        
       
      Suasana di Odori
       

        
        
        
        
        
       
      (Nijo Market)


       
      (celana harganya ¥65)

       
       
      Suasana di Sapporo Factory

        

       
      Suasana di Susukino

       
       
      Susukino (Subway Nanboku Line) → Odori (Subway Tozai Line) → Kotoni ¥210
       
      karena hari sudah gelap waktunya pulang
       
      Kotoni  (JR Hakodate Line) → Otaru ¥540
       
      seminggu kemudian saya memutuskan untuk jalan ke Otaru. dibutuhkan 35-40 menit dari Kotoni.
      disini sempat mencicipi Soft Cream (Ice Cone) dan kue sus, rasanya
      didaerah ini kebayakan jual pernak-pernik yang terbuat dari gelas, dan juga segala macam bentuk music box
       
      Suasana di Otaru
          
        
        
        
        
        

        
       
       
      Suasana di Otaru
       
        
          
          
          
          
          
        
       
      Suasana di Otaru
        
        
          
        
        
       
      Minami-Otaru (JRHakodate Line) → Kotoni ¥540
       
      setelah puas lihat2, lalu balik ke asrama.
       
       
      Kotoni (Subway Tozai Line) → Maruyama Koen ¥200
       
      seminggu kemudian saya memutuskan jalan2 santai di sekitar taman.
       
      Suasana di Maruyama Koen
        
        
        
       
      Maruyama Koen (Subway Tozai Line) → Kotoni ¥200
      karena udara makin dingin, jadinya buru2 balik
       
       
       
      NOTE : Untuk Pengambilan ATM BCA & Mandiri bisa lewat ATM Japan Post Bank (Yuucho Ginko), tidak dikenakan charge.
      hanya charge dari ATM Bank yg digunakan.
      untuk ATM BCA  Rp. 25ribu/Transaksi
      untuk ATM Mandiri  Rp. 20ribu/Transaksi
      (Untuk Rate-nya, Rate Bank yg bersangkutan.)

      ada menu english juga
       
      semoga informasinya dapat bermanfaat yang ingin mengunjugi tempat ini.  
       
       
      NOTE : bagi yg ingin melihat image lengkapnya bisa lihat di Album 
       
       
       
      Untuk Lanjutan-nya bisa lihat disini  
        Simak juga perjalanan saya lain-nya 
    • By kyosash
      Hi Jalan2-ners
      Kali ini saya mencoba sharing perjalanan 1 day trip di Kamakura, Enoshima & Chigasaki.
       
      Dikarenakan masih ada suasana musim panas jadi bawaan-nya pengen ke pingir laut/pantai, jadinya sekalian mampir ke Kamakura
      Perjalanan di Kamakura dan Enoshima ini cukup menguras stamina dikarenakan jalan-nya naik-turun + naik-turun tangga
       
      Asakusa (Toei Subway Asakusa Line) → Shimbashi (JR Yokosuka Line) ¥220 → Kita-Kamakura  ¥800 
       
      Suasana di Kita-Kamakura
        
          Suasana di Enkaku-ji Temple (biaya masuk ¥300)          (kebetulan ada acara olahraga yang diadakan di kuil ini)      (pemandangan yg cukup unik )                   
      Setelah dari Enkaku-ji Temple, perut sudah terasa lapar, lalu saya menemukan cafe, walaupun agak mahal, gpp dech karena udah bener2 lapar. dan saya pesan Japanese Omelet ¥1200 , setelah menghirup supnya  , sangat worth it untuk harga segini        setelah perut terisi sayapun melanjutkan perjalanan ke Jochi-ji Temple   Suasana di Jochi-ji Temple (biaya masuk ¥200)               Suasana di Kita-Kamakura   

       
      Suasana di Kenchou-ji Temple (biaya masuk ¥300)
        

      (di elus2 biar dapat rezeki  )
       
        
        
        

       
      Suasana di Tsurugaoka Hachimangu Shrine
        
        
        
        
       
      Setelah dari Tsurugaoka Hachimangu Shrine langsung ke Kamakura Station untuk menuju ke Enoshima 
       
      Suasana di Kamakura
        
        
       
      Kamakura (Enoden/Enoshima Electric Railway) → Enoshima ¥260
       
      Di Enoshima ini banyak sekali tangga naik-turun, anda akan digoda dengan fasilitas Elevator yg tidak gratis
      tapi demi diet saya memilih yg gratis
      Suasana di Enoshima
        
      (kok ada sakuragi disini )

        
        
        

           
        
      (Jalan menuju Love Bell)
        
          

        
        

       
      Setelah dari Enoshima, lalu ke Katase-Enoshima Station untuk menuju ke Chigasaki.
       
      Katase-Enoshima (Odakyu Enoshima) → Fujisawa (JR Shonan-Shinjuku Line) ¥160 → Chigasaki ¥200
       
      tujuan awal sih untuk melihat suasana pantai di Chigasaki, tapi karena sudah gelap, jadinya cuma cari makan di sini.
      setelah itu langsung ke Chigasaki Station.untuk kembali ke hostel di Asakusa.
       
      Chigasaki (JR Tokaido Line) → Shimbashi (Toei Subway Asakusa Line) ¥970 → Asakusa (TOBU/Subway) ¥220
       
      setelah sampai hostel, mandi lalu tidur
       
      semoga informasinya dapat bermanfaat yang ingin mengunjugi tempat ini.  
       
       
      NOTE : bagi yg ingin melihat image lengkapnya bisa lihat di Album 

       
       
      Untuk Lanjutan-nya bisa lihat disini  
       
       
      Simak juga perjalanan saya lain-nya 
       
    • By kyosash
      Hiii Jalan2ners ,
      Kali ini saya mau mencoba share pengalaman saya selama di Jepang dalam waktu yang singkat, sebelum itu saya mau minta maaf jika ada informasi yg kurang lengkap dan gambar2 yang kurang memuaskan, karena saya tidak terbiasa untuk jalan2 sambil foto2 dan catat2 data  .
       
      Persiapan2
       
      Karena sudah kepingin banget melihat bunga sakura langsung, akhirnya beli dech tiket, rencana awal sih mau pergi sendiri, ternyata keluarga juga mau ikut,  Itinerary berubah total dech, menyesuaikan selera keluarga ^^.  Ditambah kendala mencari jadwal yang cocok, akhirnya memutuskan tanggal 8 April untuk berangkatnya.
       
      Cukup pesimis sih dikarenakan average bloom untuk sakuranya disekitar akhir maret- awal april.
      (tiap hari sampai memaksa saya untuk mengecek forecast buat sakura, forecast buat weather aja kagak pernah ngecek ^^)
      Ya sudahlah, Seandai-nya sakura season-nya udah habis saya sudah siapkan back-up plan-nya, dikarenakan itinerary yang telah dibuat berdasarkan dimana sakura itu berada ^^.
          

      NOTE : untuk website sakura forecastnya bisa lihat disini (ENG) , dan disini (JPN) (biasanya prediksi dimulai bulan Februari disetiap tahun-nya) 
      Akhirnya di bulan Desember kami booking tiket AA @ Rp 4.750.000,- (Baggage 20kg [pergi] ; 25kg [pulang] ).
      Sebulan kemudian saya mencari hotel untuk dibooking yang kemudian dilampirkan untuk pengajuan visa.
      Untuk pencarian hotel cukup mengalami kesulitan dikarenakan harus memenuhi 2 syarat yaitu (dekat bandara/station + 1 room bisa buat bertiga). Cari2 di booking site , Cuma dapat untuk daerah Kyoto.
       
      Setelah 5 hari pencarian, akhirnya saya dapat juga tetapi tidak melalui booking site, jadi booking-nya langsung ke hotelnya,  begitu register , langsung dapat point yang bisa digunakan untuk pemotongan harga.
       
      Berikut Rincian Hotel-nya
      Tokyo : Arietta Hotel & Trattoria (¥34.640/2 malam) include breakfast
      Kyoto : Nishikiro Ryokan (¥44.000/2 malam) (room untuk 4 org) without breakfast
      Osaka : Arietta Hotel Osaka (¥49.200/3 malam) include breakfast
      Tokyo : Arietta Hotel & Trattoria (¥35.640/2 malam) include breakfast
       
      NOTE : di Jepang mulai 1 April 2014 , tax yang semula 5% menjadi 8%, jadi harga2 otomatis naik mulai dari hotel sampai tiket kereta.
       
      Thanks to @SylarConan, @vie asano, @ramii_risky & @Tira_dhis atas FR-nya.  Sehingga saya mendapatkan banyak info sebelum bepergian.
       
       
      Bagi yang kesulitan membuat itinerary, mungkin bisa lihat2 tips di thread Menyusun Itinenary ke Jepang
       
       
      Pengurusan Visa
       
      Hari Senin Pagi sekitar jam 09.30 saya menuju ke Kedutaan Besar Jepang yang berada di Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta Pusat (10350)  Tel: +62-21-31924308, di dekat Grand Indonesia Mall & eX Plaza.
       
      Jam Untuk Penyerahan Visa :  08:30-12:00 (Senin-Jumat)  ;  (Sabtu dan Minggu Libur)
       
      NOTE : disarankan datang untuk menyerahkan formulir jam 9 ke atas, dikarenakan para jasa/travel agent hanya diberikan waktu ½ jam saja mulai dari 08.30 - 09.00 pagi.
       
      Begitu masuk ke dalam ruangan, saya langsung mengambil tiket antri, lalu melihat papan nomor antrian,
      wah masih 25 orang lagi bakalan lama nih..,disini ada 3 counter untuk WNI  dan 1-2 counter untuk Warga  Jepang, tidak sampai 10 menit menunggu nomor antrian saya dipanggil, wah cepat juga ^^
       
      Saya menyerahkan formulir untuk kategori " Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri "
      Paspor. Formulir permohonan visa. [bisa download di webnya] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) Foto kopi KTP Bukti pemesanan tiket PP Jadwal Perjalanan [bisa download di webnya ](semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang) Fotokopi kartu keluarga, akta lahir (ini diperlukan karena saya hanya menyerahkan satu rekening saja untuk bertiga sebagai keluarga) Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan (Berkas2 Hotel booking selama di Jepang) Fotokopi bukti keuangan, rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir  
      NOTE : sebisa mungkin waktu menyerahkan data dan formulir ini, sesuai dengan urutan-nya.
       
      Untuk syarat lengkapnya bisa lihat disini
       
      Contoh Itinerary yang saya lampirkan kemarin

      Setelah dicek berkas2nya oleh petugas lalu saya diberikan slip kertas untuk dibawa lagi 3 hari kemudian.
      Hari Kamis siang saya pergi ke Kedutaan Besar Jepang untuk mengetahui hasilnya,
      Jam Untuk Pengambilan Visa :  13:30-15:00 (Senin-Jumat)  ;  (Sabtu dan Minggu Libur)
       
      Setelah masuk kedalam ruangan dan mengambil nomor antrian,  setelah menunggu 10 menit nomor antrian saya dipanggil, lalu saya memberikan slip kertas ke petugas, kemudian langsung diserahkan paspor beserta visa yang tertera didalam-nya. Lalu membayar @ Rp 350.000,- untuk visa-nya.
       
      Jangka waktu masa berlaku Visa adalah 3 bulan, yang hanya bisa digunakan untuk 15 hari.
      Kesimpulan saya untuk membuat Visa adalah cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu.
       
      beberapa hari kemudian saya pergi ke Jalan Tour salah satu agen resmi yang menjual Japan Rail Pass ¥28.300 (Ordinary/7 hari). (diperlukan fotokopi visa untuk membeli JR Pass)
      Japan Rail Pass adalah tiket pass yang bisa digunakan sepuasnya dalam jangka waktu tertentu untuk kereta Monorail/Express/Shinkansen, beberapa local Bus bahkan Ferry dibawah satu bendera JR.

      setelah mendapatkan bukti pembayaran-nya ,  nanti bisa ditukarkan ke JR Pass di Station2 kereta yang besar atau Airport di Jepang. 
      (Narita/Haneda/Kansai Airport, Tokyo/Ueno/Shinjuku/Shibuya/Shinagawa/Kyoto/Osaka/Sapporo Station, dll) 
      Informasi detailnya bisa lihat disini
       
      Alternatif lain-nya anda bisa juga membeli Japan Bus Pass
       
      Untuk informasi transportasi dari station ke station lengkap beserta jadwal dan biayanya bisa menggunakan hyperdia
       
       
      Untuk Lanjutan-nya bisa lihat disini  
      Day 1 (LCCT Airport + Haneda Airport)
      Day 2 (Asakusa, Ueno, Higashi-Jujo, Akihabara + Ikebukuro)
      Day 3 (Kyoto, Arashiyama)
      Day 4 Part I (Kinkakuji + Tetsugaku no Michi)
      Day 4 Part II (Kiyomizudera)
      Day 4 Part III (Higashiyama, Maruyama Kouen + Gion)
      Day 5 Part I (Fushimi Inari Taisha, Uji + Byoudouin)
      Day 5 Part II (Osaka + Namba)
      Day 6 (Osaka-jou + Tenjinbashi Suji)
      Day 7 Part I (Miyajima)
      Day 7 Part II (Hiroshima + Kobe)
      Day 8 (Zouheikyoku, Shinsekai + Yokohama)
      Day 9 (Shibuya, Harajuku + Shinjuku)
      Day 10 (Nakano, Akihabara, Ikebukuro + Haneda Airport)
       
      Simak juga perjalanan saya lain-nya