Tarmizi Arl

LIBURAN KE NEW ZEALAND ? BERIKUT HAL-HAL YANG KAMU HARUS KETAHUI !

17 posts in this topic

Siapa sih yang gak mau liburan ke New Zealand. Negara di Tenggara Australia ini dianugerahi keindahan alam yang memukau. Setiap sudut rasanya menjadi spot yang menarik untuk dikunjungi atau sekedar dipandangi untuk disyukuri. Apalagi kalau kamu pecinta film ‘The Lord of The Rings’, pasti terbayang sudah betapa menakjubkannya negara satu ini.

a.png 

Letak New Zealand di Peta

Keindahan lanskap daratan New Zealand sangat dipengaruhi oleh letak geografisnya di tumpukan lempeng pasifik dan lempeng Indo-Australia. Hal ini membuat variasi topografinya yang kaya bahkan puncak-puncak gunungnya yang tajam. Selain itu, karena daratan New Zealand menjadi lokasi yang terpencil dan bahkan kabarnya menjadi kepulauan terakhir yang didiami manusia, membuat keanekaragaman hayati disana sangat tinggi nan khas.

Sayangnya memang biaya untuk berlibur ke New Zealand terbilang fantastis. Kalau kamu memakai agen tur saja, tarif yang mereka patok untuk satu minggu pelesiran bisa mencapi Rp 50 Juta perorangnya. Padahal, satu minggu di New Zealand pun sebenarnya terlalu singkat dengan banyaknya objek menarik disana.

Terlepas dari itu, nyatanya seberapapun biayanya, New Zealand akan membayar besarnya biaya tersebut dengan sesuatu yang jauh lebih besar lagi. Bisa dikatakan, ada rupa, ada harga. Tak salah jika setiap tahunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke negara tersebut selalu saja tinggi.

Lantas jika kamu berencana berlibur ke New Zealand, hal-hal apa saja yang perlu kamu ketahui seputar negara tersebut? Beikut beberapa diantaranya !

 

1.Mau Bagian Utara atau Selatan? Atau Keduanya?

Pelu kamu tahu bahwa New Zealand memiliki dua pulau utama, yaitu di pulau Utara dan pulau Selatan. Keduanya sama cantiknya dan sama menggodanya, meskipun memang jika harus memilih, banyak yang lebih condong ke Pulau Selatan.

 1.gif

Pulau Utara dan Pulau Selatan NZ via tourism.net.nz

Ibukota negaranya sendiri berada di Pulau Utara, di bagian ujung selatan pulau. Tetapi tentu lokasi ibukota negara bukan menjadi patokan bagian mana yang lebih cocok didatangi, apalagi karena bandara utama New Zealand juga berada di kedua pulau tersebut yaitu Auckland di pulau Utara dan Chrischurch di pulau Selatan. Jadi intinya, kedua pulau punya pesonanya sendiri, tinggal pilih berdasar kecondongan hati.

Lalu, mengapa tidak keduanya? Ya, tentu saja bisa dan sah-sah saja. Asalkan budget cukup dan waktunya juga cukup. Dari banyak pengalaman, berlibur ke New Zealand sebaiknya bukan untuk 3-4 hari. Negara ini terlalu sesak akan keindahan untuk dikunjungi hanya dalam hitungan kurang dari seminggu. Selain itu, rugi juga kalau sudah mengeluarkan biaya besar dan pengurusan visa, tetapi hanya sebentar.

Banyak yang beranggapan, mengeksplore satu bagian pulau saja, baik utara atau selatan, setidaknya butuh waktu satu minggu. Itu sudah waktu paling umum. Jadi jika kamu ingin mengunjungi kedua pulau, setidaknya kamu harus menyiapkan waktu sekitar 2 minggu agar perjalanan kamu bisa terasa santai dan nyaman.

 

2. Biaya Hidup

New Zealand menggunakan matauang Dollar New Zealand atau disingkat NZD. Kisaran kursnya terhadap rupiah di awal 2017 ini ialah sekitar IDR 9.400. Jenis uangnya juga ada koin dan kertas, Koin untuk nominal 10, 20, dan 50 sen, serta 1 dan 2 NZD. Sedangkan uang kertas untuk nomial NZD 5, 10, 20, 50, dan 100.

2.jpg 

Dollar NZ via radionz.co.nz

Bagaimana dengan biaya hidup? Jika dibanding Indonesia sudah tentu biayanya jauh lebih mahal. Satu kali makan besar setidaknya kamu harus menyiapkan uang sekitar NZD 10-30. Burger atau Hotdog misalnya dijual dikisaran NZD 5-8. Penginapan juga sama mahalnya termasuk untuk transportasi apalagi taksi.

 

3. Sewa Mobil untuk Berkeliling

Jika ditanya cara apa yang paling baik untuk mengelilingi New Zealand, maka jawabnya ialah dengan menyewa mobil dan mengendara sendiri. Ada banyak jasa penyewaan atau rental mobil di sana. Mereka bahkan membuka counter di bandara-bandara. Beberapa perusahaan rental mobil yang mudah ditemui ialah Apex, Avis, Budget, dan Thrifty. Lebih baik, kalian sudah melakukan pemesanan secara online di website perusahaan masing-masing sebelum tiba di sana. Seperti Apex misalnya, kalian bisa booking online secara gratis dan pembayaran baru dilakukan ketika mengambil mobil dibandara. Menariknya lagi, mobil yang kita sewa di kota A bisa dikembalikan di kota B, tentunya asalkan ada kantor perusahaan rental mobil tersebut. Bagaimana dengan biaya? Biaya rental mobil ini ialah sekitar NZD 55 perhari untuk mobil sejenis sedan. Tetapi ada juga tambahan biaya asuransi sebesar sekitar NZD 12 perhari.

 3b.jpg

Jenis Campervan via maui.co.nz

Mau yang lebih unik? Kalian bisa menyewa mobil van atau biasa dikenal juga dengan motorhome atau mobil caravan atau campervan. Mobil ini bermuatan lebih besar karena didalamnya sudah ada tempat tidur, dapur, bahkan ada juga yang dilengkapi toilet. Karena berukuran besar, kalian harus memastikan bahwa kalian bisa dan aman mengendarainya.

Keuntungan menggunakan campervan ialah kamu tidak perlu lagi pindah-pindah hotel karena kalian bisa menggunakan mobil ini untuk tidur dengan syarat memarkirkannya di lokasi-lokasi resmi atau campground secara gratis. Lokasi campground juga cukup menjanjikan karena banyak yang memiliki pemandangan indah termasuk di tepi danau, pantai, atau padang rumput.

Beberapa perusahaan yang menyediakan mobil caravan ini seperti Britz, Maui, Wenderkreisen, dan Jucy. Selain itu untuk mempermudah pengguna campervan seperti mencari campground bahkan lokasi ATM, Toilet, atau SPBU, kalian bisa mendownload aplikasi Camper mate.

 3c.jpg

Salah satu keindahan selama perjalanan di NZ via bruisedpassports.com

Memilih untuk menyewa mobil atau campervan, bukan hanya karena soal penghematan, tetapi pesona negara ini tidak sekedar dari objek wisatanya saja. Sepanjang perjalanan menuju satu lokasi, maka sepanjang itupula kalian bisa melihat menakjubkannya alam New Zealand. Hamparan rumput saja sudah menjadi pemandangan yang rasanya sayang untuk dilewatkan karena karakter alam New Zealand yang sangat khas. Dengan mengendarai kendaraan sendiri, kalian bisa bebas berhenti dimanapun. Selain itu karena memang kebanyakan wisatawan melakukan Road Trip atau plesiran melintasi berbagai daerah, bukan menetap di satu kota.

Perlu diketahui juga bahwa New Zealand menggunakan jalur kiri arau setir kanan, sama seperti Indonesia. Hal ini tentu bisa memberik kenyamanan bagi kita. Hal lain yang perlu diingat tentunya ialah soal SIM. Kalian wajib menggunakan SIM Internasional atau bisa juga menggunakan SIM A Indonesia asalkan sudah diurus resmi untuk terjemahan bahasa Inggris.

Hal-hal lain yang perlu diwaspadai ketika berkendara di New Zealand ialah hewan yang mungkin menyebrang jalan. Ketika kalian sudah mulai memasuki area pedesaan, maka perhatikan dengan baik jalanan. Jangan sampai kalian menabrak hewan baik liar maupun ternak. Biasanya juga ada rambu-rambu pengingat tersebut di titik-titik yang rawan.

Perhatikan juga dengan baik rambu-rambu lalu lintas seperti rambu give way di jalanan sempit, prioritas untuk pejalan kaki dan sepeda, dan termasuk kecepatan maksimum kendaraan karena di beberapa titik ada kamera pemantau dan patroli polisi yang siap menilang pelanggar.

 

4. Ragam Jenis Penginapan

 4.jpg

Salah satu Motel di Omarama NZ via omarama.co.nz

Tak kalah penting untuk kamu ketahui adalah soal akomodasi. Sebagai negara yang sangat populer untuk wisata, urusan penginapan juga tersedia dengan banyak pilihan. Bahkan, kamu juga bisa menyewa tempat di kawasan holiday park dan mendirikan tenda pribadi disana atau menyewa kabin khusus wisata. Itulah uniknya New Zealand, untuk urusan tidur pun kamu tetap dibawa dalam suasana liburan.

Hotel, Motel, Hostel, Apartmen, hingga Villa semua bisa menjadi pilihan. Apalagi dengan round trip, kamu bisa mencoba semuanya sebagai bentuk pengalaman. Mau kesan khas lainnya? Coba menginap di Farm Stay. Seperti namanya, penginapan ini berada di daerah peternakan yang artinya juga berada di wilayah pedesaan.

 

5. Kapan Baiknya ke New Zealand?

 5.jpg

Summer di Queenstown NZ via queenstownnz.co.nz

Sebenarnya sepanjang tahun sah-sah saja pergi ke New Zealand. Tapi tentunya ada waktu-waktu yang punya keunggulan tersendiri. Musim semi misalnya, bisa menjadi salah satu waktu yang cocok kesana karena suhunya tidak terlalu dingin yaitu sekitar 12 hingga 22 derajat celcius. Biasanya musim semi berlangsung di antara September hingga November.

Selain itu, Musim Panas juga sangat cocok karena suhunya lebih sesuai untuk kita yaitu di kisaran 20an derajat celcius. Musim panas biasanya berlangsung di antara bulan Desember hingga Fabruari. Selain itu, di musim panas waktu siang berlangsung lebih lama. Malam baru hadir sekitar jam 9 malam, sehingga kalian bisa berwisata lebih puas.

Sedangkan Musim Gugur dengan cuaca yang cukup sejuk bisa kamu pilih untuk berlibur di bulan Maret hingga Mei. Sedangkan kalau kamu memang mau mencari cuaca dingin, maka datanglah diantara bulan Juni dan Agustus. Saat itu, suhu disana sekitar 10-16 derajat celcius.

Bagaimana dengan salju? Biasanya salju di New Zealand terjadi di bulan-bulan Juni hingga Oktober. Salju biasanya turun di wilayah-wilayah pegunungan.

 

6. Penduduk Ramah

Selain alamnya yang sudah terlampau indah, New Zealand juga didukung dengan keramahan Kiwis, julukan untuk penduduk New Zealand. Ketika baru tiba di bandara pun, keramahan itu sudah lumrah didapat dari para petugas imigrasi. Ya, mungkin mereka terbawa aura positif dari alam yang cantik menjadikan penaduduk setempat bisa dengan ramahnya membantu wisatawan. Kamu yang tidak pandai berbahasa Inggrispun, mereka umumnya siap bersabar meladeni bahasa-bahasa isyarat yang terpaksa digunakan.

 

Itu sekelumit hal-hal umum yang bisa menjadi bayangan kamu sebelum menginjakkan kaki ke New Zealand. Di artikel berikutnya, mari kita ulik pesona apa saja yang ada disana.

HarrisWang and kyosash like this

Share this post


Link to post
Share on other sites

siap catat ini 

kalau ngeliat denah nya nampak nya rumah2 penduduk jarang ya

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, deffa said:

siap catat ini 

kalau ngeliat denah nya nampak nya rumah2 penduduk jarang ya

iya, sepertinya penduduknya didominasi oleh domba :senyum 

Share this post


Link to post
Share on other sites
29 minutes ago, kyosash said:

iya, sepertinya penduduknya didominasi oleh domba :senyum 

epic comment hahah :D

@Sahat gue tadi makan ayam bakar depan kantor lo hahahh :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, deffa said:

epic comment hahah :D

@Sahat gue tadi makan ayam bakar depan kantor lo hahahh :D 

??? masa sih? lu gak berkabar mod... langganan gw juga tuh..

Share this post


Link to post
Share on other sites
Just now, Sahat said:

??? masa sih? lu gak berkabar mod... langganan gw juga tuh..

hahahah coba PM no lo ke gue tar gue kontek2 dah kalau makan situ lagi :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, deffa said:

hahahah coba PM no lo ke gue tar gue kontek2 dah kalau makan situ lagi :D 

done.

Share this post


Link to post
Share on other sites

NZ bebas visa kan ya? salah satu whistlist juga nih

Share this post


Link to post
Share on other sites
21 minutes ago, twindry said:

NZ bebas visa kan ya? salah satu whistlist juga nih

NZ pake visa kok bro @twindry :D 

kalau gak pake visa udah berjubel orang indonesia kesana kayak ke Jepang heheh :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
7 hours ago, deffa said:

siap catat ini 

kalau ngeliat denah nya nampak nya rumah2 penduduk jarang ya

bnykan ternak dr manusia... katanya sih gitu... blm ada yg ngitung pasti keknya...hahaha

 

4 hours ago, twindry said:

NZ bebas visa kan ya? salah satu whistlist juga nih

masih pake visa :(

Share this post


Link to post
Share on other sites
19 hours ago, deffa said:

NZ pake visa kok bro @twindry :D 

kalau gak pake visa udah berjubel orang indonesia kesana kayak ke Jepang heheh :D 

 

15 hours ago, Tarmizi Arl said:

bnykan ternak dr manusia... katanya sih gitu... blm ada yg ngitung pasti keknya...hahaha

 

masih pake visa :(

sayang banget ya :( padahal AA udah buka jalur ke auckland tuh :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 minutes ago, twindry said:

 

sayang banget ya :( padahal AA udah buka jalur ke auckland tuh :D 

lah gue baru tau kalau AA ada ke NZ @twindry

Share this post


Link to post
Share on other sites

Kemarin baru ada salah satu kenalan nih, road trip di NZ,

Sewa Camper Van gitu... Panjang perjalanannya wkwkwkwkwk.

Pengen sih, mau ke The Hobbitan :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
17 minutes ago, HarrisWang said:

Kemarin baru ada salah satu kenalan nih, road trip di NZ,

Sewa Camper Van gitu... Panjang perjalanannya wkwkwkwkwk.

Pengen sih, mau ke The Hobbitan :lol:

ikut kakak siapa tau dapat tebengan Garuda Miles eeeaaa :P 

Share this post


Link to post
Share on other sites
3 hours ago, deffa said:

lah gue baru tau kalau AA ada ke NZ @twindry

ada mod. akhir tahun 2016 kemarin di buka. bulan oct kalo gk salah mulai di buka. visa NZ susah gk ya ngurusnya?

Share this post


Link to post
Share on other sites
9 minutes ago, twindry said:

ada mod. akhir tahun 2016 kemarin di buka. bulan oct kalo gk salah mulai di buka. visa NZ susah gk ya ngurusnya?

visa NZ lebih gampang dari Australia

coba cek di bagian New Zealand ada yang udah pernah posting @twindry

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now