Sign in to follow this  
JUNASIKPARK

"Objek Wisata Yang Disembunyikan" di Citarum

7 posts in this topic

Hi Jalan2ers, Ada informasi penting yang ingin saya share kepada teman2 di sini dari Greenpeace Indonesia.

Apakah kamu tahu sungai Citarum? Ini adalah sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat, dengan nilai sejarah yang penting. Tapi sungai ini adalah sungai yang paling menyedihkan di dunia, dari Indonesia. Mengapa? Karena sebetulnya jutaan orang bergantung langsung kehidupannya dari sungai ini dan 80% sumber air baku di Jakarta berasal dari sungai ini, tetapi sungai ini mendapat predikat sebagai sungai dengan tingkat ketercemaran tertinggi di dunia. Sekitar 500 pabrik berdiri di sekitar alirannya, 3 waduk PLTA dibangun di alirannya, dan penggundulan hutan berlangsung pesat di wilayah hulu. Di mata saya, Sungai Citarum seperti budak seks yang setelah mereka nikmati, mereka beri makan kotoran mereka. Menyedihkan sekali.

citarum-berita-karawang.jpg

Berikut saya berikan beberapa laporan dari GreenPeace Indonesia. Greenpeace Indonesia adalah organisasi kampanye peduli linkungan independen yang tidak tergabung dengan pemerintah ataupun donasi2 dari partai politik.

Air Terjun Warna Warni Padalarang, Objek Wisata Baru Jawa Barat

Di tengah persawahan warga di anak sungai Cihaur yang bermuara di Sungai Citarum, CIpeundeuy, Padalarang, jawa Barat, terdapat sebuah objek wisata yang sengaja "disembunyikan", yaitu sebuah air terjun warna-warni yang tercipta berkat hasil pembuangan limbah kimia berbahaya oleh beragam industri di sekitar area tersebut. Air ini mengandung bahan kimia berbahaya seperti mangan (Mn) Chromium Heksavalen (Cr6+) Alkylphenol, Cadmiun (Cd), Merkuri (Hg), Tembaga (Cu) yang beberapa di antaranya bersifat karsinogenik, atau senyawa yang bisa menimbulkan kanker pada manusia, selain gangguan pada ginjal. Aliran air terjun warna warni ini mengalir membawa limbah beracunnya ke Sungai Citarum, sungai yang memasok 80% sumber air baku warga Jakarta, sebagai sumber irigasi ribuan hektar lahan pertanian di sepanjang alirannya. Objek Wisata ini ada berkat ketidaktegasan pemerintah daerah dalam menindak pelaku pencemaran dan pelaku industri yang senantiasa menempatkan keuntungan di atas kepentingan orang banyak.

77050_10151219746214961_1350794174_n.jpg

Ada yang tertarik berwisata di sini? tapi untuk mendekati Air Terjun warna warni "Nan Indah" ini Anda harus mengenakan pakaian pelindung , makser serta kacamata pelindung. Biar lebih asoy.

Greenpeace Indonesia

Masih banyak lagi laporan2 lainnya dari Greenpeace Indonesia, bisa Anda ikuti di facebooknya di http://www.facebook....npeaceIndonesia .

Anda bisa bergabung dengan Greenpeace Indonesia di http://www.greenpeac...easia/id/about/

Greenpeace adalah organisasi kampanye lingkungan yang independen, mengungkap permasalahan lingkungan dengan cara yang damai, anti kekerasan, dan juga mempromosikan solusi bagi penyelesaian permasalahan lingkungan tersebut. Greenpeace tidak pernah menerima dana dari perusahaan, lembaga pemerintah, dan partai politik. Greenpeace hanya menerima dana dari donasi indvidu yang percaya dan yakin akan misi yang Greenpeace perjuangkan di Bumi ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahahah saya pikir objek wisata beneran.. ga taunya bener-bener parah wkwkw.. gila banget warnanya sampe kaya begitu.. uda kaya susu strawberry.. aduh ironi di negeri ini.. negeri yang kaya tapi juga negeri yang berantakan.. sangat disayangkan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

wahahah saya pikir objek wisata beneran.. ga taunya bener-bener parah wkwkw.. gila banget warnanya sampe kaya begitu.. uda kaya susu strawberry.. aduh ironi di negeri ini.. negeri yang kaya tapi juga negeri yang berantakan.. sangat disayangkan.

Iya, sampe terkenal di dunia internasional. Parah bener emang negri ini, sungai sampe dijadiin tempat pembuangan limbah bahkan airnya tetep dipake buat kbutuhan sehari2 pula.

setuju gw, dampak dari limbah yang udah mereka cemarkan...mereka hanya mementingkan keuntungan pabrik2 mereka sendiri tanpa memikirkan kesehatan orang banyak

Gan, baju2 yg kita pake, macam zara, puma, dsb dsb semuanya adalah pelakunya jg, kita yg beli bajunya ga prnh tau bagaimana industri tekstil telah merusak lingkungan.

walah itu airnya kok bisa jadi pink merah gitu ya ;(

Iya, kandungannya "vitamin" nya aja udah banyak gitu pak haha

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih kacau banget ya, nggak ada nuraninya. beda banget kalau kita bandingkan dengan sungai yang ada di Barat, di Inggris misalnya, warna air sungainya itu sangat jernih. masyarakat dan pemerintahnya memiliki kepedulian yang tinggi untuk sama-sama menjaga kelestarian dan kelangsungan kehidupan sungainya...ironis, orang lain menjaganya, nah kita kalah ngerusaknya!! ckckckc

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuih kacau banget ya, nggak ada nuraninya. beda banget kalau kita bandingkan dengan sungai yang ada di Barat, di Inggris misalnya, warna air sungainya itu sangat jernih. masyarakat dan pemerintahnya memiliki kepedulian yang tinggi untuk sama-sama menjaga kelestarian dan kelangsungan kehidupan sungainya...ironis, orang lain menjaganya, nah kita kalah ngerusaknya!! ckckckc

Betul pak, bahkan ini udah terkenal ke seluruh dunia lho, entah pemerintah kita ini sebenarnya merasa bangga karena terkenal atau gimana ya, saya jg ngga paham, seperti emang yang dipentingin cuma duit ketimbang mikirin malu :(

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this