• 0
Sign in to follow this  
oncoman

Hari Ulang tahun? Kenapa Harus di rayakan? Beginini nih manfaat dan alasanya

Question

Ketika pelaksanaannya, banyak keluarga spesial yang memperoleh keuangan yang diatas rata-rata, mereka mengadakan syukuran ulang tahun anak secara mewah. Bahkan ada juga orang terkenal mengadakannya di hotel, restauran, pusat hiburan, café dan sebagainya. Ada juga yang merayakan pesta anaknya di tempat-tempat tertentu seperti tempat anak cacat, panti asuhan dan di tempat penampungan anak-anak di jalanan. Tak sedikit pula, keluarga yang hanya menyelenggarakan pesta anaknya secara sederhana di rumah keluarga besar atau di suatu tempat. Mereka makan bersama anggota keluarga atau hanya mengundang keluarga besar saja. Kemudian di penghujung acara melakukan foto-foto untuk dokumentasi satu keluarga besar.


Tapi ada pun keluarga yang tidak mau merayakan ulang tahun anaknya. Karena pesta itu dianggap tidak berguna. Bisa juga karena (ada keperluan lain yang lebih penting|ada urusan lain|tidak ada budget lebih|keterbatasan dana orangtua|sedang kesulitan keuangan), sehingga tak sanggup mengadakan pesta semacam itu. Sejujurnya, mau dirayakan atau tidak, ulang tahun si anak, pelaksanaannya tergantung masing-masing orangtua dan itu merupakan haknya.


Acara ulang tahun selama tidak berlebihan tetap mempunyai nilai dan sarat manfaat. Terutama berkaitan dengan konsep diri anak yang positif. Anak dihargai oleh orangtuanya.
Buktinya, setiap hari kelahirannya selalu dihargai, diapresiasi dan diingat. Anak akan merasa senang karena eksistensinya telah diapresiasi oleh orangtuanya. Dia juga merasa bukan anak yang dibiarkan melainkan dimengerti. Namun, bentuk penghargaan ini pun tidak diukur dari mewahnya perayaan ulang tahun dan besarnya biaya yang sudah dihabiskan orangtua.
Anak yang tidak pernah dirayakan ulang tahunnya, bukan berarti pula berdampak pada konsep diri negatif. Meski mungkin saja ada anak yang 'membatin', namun si anak bisa belajar menerima kondisi. Hal ini akan memperbaiki kualitas dirinya lebih positif.

Di kemudian hari Kelak si anak akan bertumbuh menjadi anak yang lebih tabah terhadap suatu kondisi yang tidak menyenangkan. Sebagian Besar justru anak dari keluarga seperti ini menjadi lebih tahan banting. Jika dirayakan dia akan gembira dan kalaupun tidak tak menjadi problem dan mereka tidak marah. Berbeda dengan anak yang sering ada di zona nyaman atau selalu tidak pernah kesusahan.

Begitu ada suatu keinginan yang tidak langsung terpenuhi anak menjadi lebih rentan, mudah depresi, mudah menyerah dan sebagainya.
Perlu diperhatikan pula, pesta ulang tahun hanyalah acara pelengkap. Artinya, hal yang sebenarnya paling penting adalah bagaimana interaksi anak dan orangtua sejauh ini, dari momen pesta ulang tahun tersebut hingga momen perayaan kelahiran berikutnya. Ta

k akan banyak bermakna ulang tahun tersebut jika sepanjang tahun orangtua minim interaksi dengan anaknya. Mungkin waktu ulang tahun orangtua dan anak ada interaksi, tetapi selanjutnya tidak ada komunikasi yang terjalin, karena misal orangtua berpisah dan tinggal di tempat yang berlainan. Sehingga nilai ulang tahunnya sekadar seremonial. Padahal yang perlu digarisbawahi justru bagaimana penghayatan yang dialaminya sebagai seorang anak. Apakah ia diperhatikan, didukung dan disayangi. Jadi harus ada interaksi yang sifatnya resiprokal (dua arah) sepanjang tahun. Jadi, perlukah pesta ulang tahun buat anak? Semuanya bergantung kepada orangtua.


Manfaat Ulang Tahun bagi Anak


Tak ada salahnya untuk mengetahui apa itu manfaat merayakan ulang tahun bagi anak. Bisa sebagai inspirasi atau pertimbangan dalam mengambil keputusan mau dirayakan atau tidak. Karena memang pesta ulang tahun bukan hal yang harus dimeriahkan.
Berikut Manfaat Ulang Tahun.


1. Berkumpul Dengan Saudara

Perayaan ulang tahun anak dapat mendekatkan kita dengan keluarga dan saudara. Dengan merayakan ulang tahun anak, kita dapat berkumpul bersama dengan saling memberi ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab dan lainnya, bercengkrama, bertemu dengan keluarga dan saudara dekat. Kesibukan yang padat baik pekerjaan atau urusan lain kadang menjadi penghambat bagi kita mampu bertemu keluarga dan saudara dekat, namun pada kenyataannya ulang tahun anak mampu menjadi momen yang pas untuk berkumpul dengan saudara & keluarga! asik!

2. Anak Belajar untuk Bersosialisasi

Anak dapat belajar untuk bersosialisasi melalui kegiatan bermain, makan bersama, bernyanyi dengan teman-teman dan keluarga semua. Dari semua kegiatan yang dijalankan saat perayaan ulang tahunnya, anak dapat belajar bahwa bersosialisasi ialah hal yang asik.
3. Mengajarkan Anak untuk Berbagi

Dengan merayakan ulang tahunnya, anak teredukasi untuk melihat keindahan dari kegiatan berbagi dengan orang lain, misalnya teman-teman dan saudaranya.
4. Mengajarkan Pentingnya Bertanggung Jawab

Pada usia sedini mungkin, anak harus mulai belajar tentang tanggung jawab. Mengajarkan tanggung jawab dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan, salah satunya yakni merayakan ulang tahun. Waktu anak sudah menginginkan pesta ulang tahunnya sendiri, dan meminta tema-tema yang unik, disinilah anda mampu memulai pembelajaran tanggung jawab itu. Biarkan anak terlibat dalam pemilihan dekorasi, baju yang digunakan, tempat. Biarkan mereka belajar tanggung jawab dari hal-hal kecil itu.
5. Mengajarkan Anak untuk Dapat Menghargai

Melalui perayaan ulang tahun, anak mampu diajarkan untuk menghargai hasil usaha orang tua, dan menghargai acara ulang tahun yang telah diwujudkan oleh orang tuanya.

6. Memberikan Memori Indah untuk Anak

Merayakan ulang tahun anak dapat memberi memori atau kenangan tersendiri untuk anak dan orangtua. Pernahkah anda merayakan ulang tahun saat masa anak-anak? Apa yang membekas dalam hati dan pikiran anda? Apakah anda sedang tersenyum sekarang? Jika, ya, berarti perayaan ulang tahun tersebut memiliki arti yang spesial bagi anda, entah mengingat bahwa ada teman yang humoris, ada badut yang lihai melemparkan tebak-tebakannya, dan lain-lain.
Nah itulah 6 manfaat merayakan ulang tahun buah hati kita.

Share this post


Link to post
Share on other sites

1 answer to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this