Sign in to follow this  
elizato

Kerupuk Ikan Khas Jogja

2 posts in this topic

wpid-jual-kerupuk-kulit-murah-di-pancora

Kalau kamu jalan-jalan ke kota gudeg, jangan lupa pulang untuk membawa oleh-oleh. Di kota Yogyakarta ini tak hanya gudeg yang menjadi makanan khasnya, hanya saja memang gudeg lah yang lebih terkenal. Ada kerupuk ikan yang juga menjadi makanan atau oleh-oleh khas kota Yogyakarta ini selain keripik. Kerupuk ikan dan keripik ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara yang ada di rumah.

Ya, Indonesia memang terkenal dengan makanannya yang beraneka ragam.Selain tahu dan tempe, kerupuk adalah salah satu makanan khas yang ada di Indonesia, kerupuk sendiri memiliki banyak sekali macam dan jenisnya. Berikut adalah beberapa macam kerupuk yang ada di Indonesia:

1. Kerupuk Blek
Mungkin kebanyakan orang tidak tahu dengan nama kerupuk ini, tapi siapa sangka kerupuk ini merupakan kerupuk yang paling umum kita temui di warung-warung. Ya, kerupuk berwarna putih atau kuning dan memiliki bentuk keriting ini sudah me-legenda sejak dulu. Kerupuk ini cocok banget buat segala jenis makanan, apalagi makanan berkuah seperti bakso atau mie ayam. 
2. Kerupuk Kulit
Kerupuk yang mempunyai banyak fans ini terbuat dari kulit kerbau atau sapi. Ternyata kerupuk ini telah merambah hingga Brunei Darussalam dan Malaysia. Oleh sebab itu, kerupuk ini memiliki harga yang cukup mahal dibanding kerupuk lain. Tapi walaupun begitu, kerupuk ini tetap digemari karena memang memiliki rasa yang gurih dan enak. Biasanya, kerupuk ini cocok sekali buat makan soto, lontong sayur dan makanan berkuah santan. 
3. Kerupuk Melarat
Kerupuk ini asalnya dari Cirebon, walaupun mempunyai nama yang agak aneh, kerupuk ini juga cukup populer. Kerupuk melarat atau umum disebut kerupuk pasir mempunyai warna-warni yang cerah sehingga cukup menarik untuk dilihat. 
4. Kerupuk Mie
Kerupuk ini sudah terkenal di kalangan orang banyak. Kerupuk mempunyai ukuran sedang dan berwarna kuning ini memang memiliki rasa yang gurih dan enak, namun terkadang ada beberapa bagian keras yang sulit digigit. Walaupun demikian, kerupuk ini paling pas untuk makan asinan dan pecel. 
5. Kerupuk Pangsit
Kerupuk ini sangat sering menjadi teman makan mie ayam atau bakso. Rasanya renyah banget, Kerupuk ini juga bisa jadikan cemilan sambil nonton tv di rumah.
6. Kerupuk Kemplang
bagi kamu yang aslinya dari Palembang, pasti kenal banget dengan kerupuk yang satu ini. Kerupuk mempunyai warna putih mempunyai bentuk bulat dan rasa yang khas. Ya, kerupuk kemplang. Kerupuk ini dibuat dari bahan dasar ikan dan mempunyai rasa enak yang khas. Kerupuk ini paling pas menemani kamu yang suka mie instan atau buat camilan.
7. Kerupuk Rambak
Banyak yang menyebut kerupuk rambak sebagai kerupuk kulit. Tetapi rambak yang dimaksud kali ini berbeda. Apabila di kedai bakso atau mie ayam, kamu akan dengan mudah melihat kerupuk dengan warna coklat yang super renyah dengan bentuk kecil panjang sebesar jari. Juga ada rambak yang berbentuk kotak sebesar telapak tangan dewasa. 
9. Kerupuk Bawang
Ini juga salah satu kerupuk yang gampang ditemukan. Yaitu kerupuk yang memiliki bermacam-macam warna di sekelilingnya. Itu merupakan salah satu variasi kerupuk bawang. Kerupuk ini begitu pas buat dampingi makanan seperti nasi goreng, mie goreng, bubur ayam, ataupun lontong sayur
10. Kerupuk Gendar
Mungkin ada sebagian orang yang nggak tahu sama kerupuk ini, tapi tahu sama kerupuk nasi kan? Nah, kerupuk gendar ini istilah lain dari kerupuk nasi. Jika di Solo, namanya adalah karak. Biasanya untuk membuat kerupuk ini juga dibutuhkan bleng yang berfungsi untuk memberi rasa dan aroma pada kerupuk ini. 
11. Kerupuk Udang
Siapa yang tidak kenal dengan kerupuk yang udah terkenal di mana-mana ini? Di negara asing kerupuk ini namanya Prawn Cracker. Kerupuk ini adalah kerupuk yang terbuat dari udang dan tepung tapioka yang ditumbuk halus. Kemudian diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Umumnya udang yang digunakan adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk hingga halus. Kerupuk ini cocok untuk semua jenis makanan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By onesecond
      Makanan utama akan kurang enak kalau nggak ada makanan pendamping. Rasa lezat dan mengenyangkan di makanan utama akan semakin lezat dan nikmat tentunya dengan sajian pendamping berikut ini. Buat orang Indonesia, makan tanpa beberapa hidangan di bawah ini rasanya kurang bahkan hambar. Berikut ini beberapa hidangan pendamping yang orang Indonesia nggak bisa lepasn. Apa kamu juga begitu?
      1. Sambal
      Di nomor wahid tentunya ada sambal. Tahu nggak kalian jika sambal ini masuk ke dalam salah satu makanan Indonesia yang wajib banget dan tercatat sebagai Indonesian Food you can't live without di salah satu artikel edisi 2015 CNN dunia. Itu berarti, orang Indonesia emang nggak bisa banget lepas dari sambal. 

      Sambal sendiri merupakan saus yang bahan utamanya adalah cabai. Sambal di Indonesia punya begitu banyak macamnya hingga kamu sendiri mungkin belum pernah coba semua sambal. Dalam setiap wilayah saja bisa punya lebih dari satu jenis sambal khas. Tinggal dihitung saja, berapa wilayah yang tersebar di Indonesia, dari yang besar sampai yang kecil. Beeuuh banyak banget kan.
      Beberapa jenis sambal khas Indonesia yang terkenal adalah sambal terasi, sambal balado, sambal hijau padang, sambal gandaria, dan lain sebagainya. Banyak banget. Ada restoran yang menyediakan aneka sambal yang juga dikreasikan denga buah-buahan, seperti sambal mangga, sambal nanas, dan lainnya, tentunya tetap disajikan dengan nasi. Saking kayanya Indonesia dengan sambal, rasanya Indonesia bisa jadi surganya orang-orang pecinta pedas.
      Usut punya usut, kenapa masyarakat Indonesia suka sambal karena iklim yang tropis di Indonesia menjadikan makanan yang disajikan rata-rata adalah makanan adem. Karena itu, untuk menciptakan rasa panasnya, akan sangat nikmat jika didampingi dengan sambal ini. Eits, tapi pernah ada chef luar negeri yang kurang suka sama kebiasaan Orang Indonesia yang kebanyakan makan sambal. Menurutnya, cita rasa original dari masakan atau kreasi tangan para chef jadi hilang karena apa-apa dimakan dengan sambal. Semua rasa jadi rasa pedas, deh.

      2. Kerupuk
       

      Nggak kalah populer dari sambal adalah kerupuk. Yap, makanan pendamping ini enak dimakan dengan apa aja. Kayaknya orang Indonesia juga jadi aja makan nasi pakai sambal dan kerupuk doang. 
      Seperti sambal, kerupuk di Indonesia juga punya banyak macamnya. Mulai dari kerupuk putih, kerupuk pangsit, kerupuk gendar, kerupuk kulit, kerupuk kemplang, dan lain sebagainya. Bisa dimakan langsung sebagai cemilan, bisa juga sebagai makanan pendamping. Kerupuk daerah juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh. 
      Kriuk-kriuk kerupuk ini emang bikin suasana makan yang murah jadi meriah banget. Kerupuk bisa jadi pendamping makanan kering kayak nasi sama lauk-pauknya aja atau makanan berkuah kayak bakso, sayur, dan lainnya. Pokoknya, semua orang suka kerupuk, bahkan anak kecil. Nggak heran kalau banyak keluarga di Indonesia punya stok satu kaleng kerupuk bahkan lebih di rumah mereka hehehe. 
      3. Lalapan
      Yang ketiga adalah lalapan. Nggak semua orang suka lalapan, tapi cukup banyak orang Indonesia yang suka lalapan, terutama orang sunda. Lalapan ini sayur atau daun mentah atau hanya direbus saja yang dihidangkan sebagai makanan pendamping nasi, dengan sambal tentunya. Kalau orang sunda sih, makan lalapan katanya bikin awet muda, aheeey.

      Biasanya, lalapan bisa berupa daun pohpohan, daun kemangi, daun selada, dan lain sebagainya. Bisa juga ketimun, kol, labuh, juga petai alias pete. Makan lalapan ini enak banget kalau ada sambal dan sayur kayak sayur asem. Sajian pecel ayam dan pecel lele juga biasanya pakai lalapan.
      4. Kecap
      Meski nggak semua orang juga, banyak orang Indonesia yang suka banget nambahin kecap di makanannya. Entah itu karena kurang manis atau memang pengen tambah rasa kecap aja, kecap ini juga selalu ada di setiap rumah. Saking terbiasanya orang Indonesia dengan kecap, sampai suka ada istilah makan nasi pakai kecap doang jadi, buat orang-orang yang sedang ngirit banget
      5. Gorengan
      Kalau yang ini biasanya kalau makan di warteg gitu. Gorengan, meski sudah ada lauk pauk, tetep aja masuk daftar. Nggak semua gorengan, tapi paling tempe kering, tempe mendoan, tahu yang bisa buat pendamping nasi.
      Itu tadi sajian pendamping nasi yang rasanya kurang pas kalau nggak ada di menu makanan orang Indonesia. :)
    • By kimonoku
      It's so delicious     
      but will make your breath stinks.   
       
      Jengkol itu merupakan salah satu masakan favorit bagi orang Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kalau ada menu ini di meja makan, entah semur jengkol, balado jengkol, kalio jengkol, keripik jengkol, dicocol pakai sambel terasi atau digoreng pake teri pun, sikaaat.. (awas jangan ngeces yah..  )
                               
       
      Tidak peduli dengan bau menyengatnya,   orang yang sangat suka pasti lahap menyantapnya.    Dibalik baunya itu ternyata ada banyak sekali manfaat dari jengkol untuk tubuh manusia, diantaranya;
       
      1. Sumber Kalsium
      Di dalam jengkol terdapat kandungan kalsium yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang. Meski baunya menyengat, tapi ternyata di dalam jengkol terkandung manfaat yang tidak sedikit.
      2. Antioksidan
      Yup, benar.. di dalam jengkol ternyata terkandung antioksidan dan juga vitamin C, di mana keduanya memberikan banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan kulit.
      3. Kandungan Zat Besi
      Dengan asupan zat besi dalam jumlah yang cukup, maka tubuh tidak akan mengalami anemia. Zat besi akan membuat tubuh semakin sehat dan kuat.
      4. Kandungan Protein
      Tidak hanya tahu, tempe, kedelai dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein. Ternyata, di dalam jengkol pun terkandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi.
       
      Penelitian yang dilansir oleh inspirasi-khas.blogspot.com menunjukkan bahwa jengkol kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin. Kandungan vitamin C dalam100 gram jengkol adalah 80 mg, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, yakni 75 mg (wanita) dan 90 mg (pria).
       
      Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol. Efek buruk dari asam jengkolat sangat merugikan kesehatan. Itulah mengapa kita harus mengonsumsi segala makanan dengan jumlah yang secukupnya. Tidak perlu terlalu banyak, karena seperti semua yang terlalu, tidak akan memberikan manfaat tapi malah membawa mudharat untuk tubuh.
       
      Siapa sih yang ga doyan jengkol??
       
                         
      *saiya ternyatah   
    • By ulie
      Jalan2ers, seringkali kita berwisata atau traveling di tempat2 yang indah dan eksotik dalam dan luar negeri, tidak lupa pula selalu membawa serta oleh2 atau buah tangan baik bagi kita sendiri ataupun keluarga di rumah...

      Berikut ini beberapa jenis oleh2 atau buah tangan yang biasa kita beli sepulang dari traveling,
      1. Makanan
      Biasanya seringkali kita membawa oleh2 berupa makanan khas dari daerah yang kita kunjungi, seperti Bakpia Patok-Jogya, Bika Ambon-Medan, Serabi-Solo, Jenang Kudus, Brem-Madiun, Apel-Malang, Salak Pondoh-Jogya, dll

      2. Pakaian
      - Batik, hampir seluruh wilayah di Jawa memiliki batik khas daerah, selain berupa pakaian ia bisa berupa sprei, kelambu, mukena dsb.
      - Kain Tenun biasa disebut juga songket, umumnya berasal dari luar Jawa biasa berbentuk sarung atau selendang
      - Kaos Dagadu Jogya atau Kaos Joger dari Bali.


      3. Kerajinan tangan dan Aksesoris
      - Perak dari Jogya dan Bali, bisa berupa perhiasan, bros, gantungan kunci, dll.
      - Perhiasan (mutiara) dan emas-Kalimantan
      - Wayang Kulit
      - Gerabah/keramik
      - Sepatu-Bandung
      - Peci-Gresik
      - Patung-Bali dan Trowulan
      - Kerajinan Kapal dari Mojokerto
      - Tas dari Tanggulangin, Sidoarjo
      - Bordir dari Tasikmalaya.
      - Topeng dari Bali, Malang
      dan masih banyak lagi.


      Nah kalo saya biasanya bergantung dengan kekhasan daerah masing-masing, kayak batik Solo, Jogya, Pekalongan memiliki motif yang beda2, jadi meski udh punya batik tetep aja beli kalo berasal dari daerah yang berbeda, selain itu juga makanan khas....


      Kalo untuk jalan2ers,kira2 oleh2 apa sih yang biasa dibeli sepulang dari traveling....silahkan di-share disini ya...boleh juga nambahin poin di atas :)
    • By costantes
      Salam Menuju Kesuksesan Bro dan Sist....

      saat ini saya memperkenalkan makanan / cemilan khas dari padang dan sekitarnya ( Sumatera Barat ). di sumbar, kayknya gak ada yang gak kenal dengan kerupuk sanjai dan karak kaliang, makanan jenis kerupuk yang sangat nikmat dan khas rasanya



      nah , sekarang saya bersedia membatu mas bro dan sist yang berminat untuk memesan sanjai ini, .. saya jamin asli li li sumatera barat, padang panjang dan bukittinggi

      oh iya ...harga per 1/2 kg nya cuman Rp.15rb+ongkos kirim

      hubungi gw di 082388230003

      read this article:
      http://indotourists....njai-chips.html
      http://indotourists....06/randang.html