• 0
Sign in to follow this  
Followers 0
desmaster

Indofood vs Wings Food

Question

waktunya melanjutkan cerita dari post saya sebelumnya yang di sini: http://forum.jalan2.com/index.php?/topic/2299-taukah-kalian-indomie-supermi-dan-sarimi-itu-berasal-dari-1-perusahaan/

Jadi ceritanya indomie, supermi, dan sarimi yang semua sudah berada di bawah 1 perusahaan, yaitu PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. sudah mendominasi bisnis mi instan di Indonesia. Tapi ternyata, pada tahun 2003, ada satu perusahaan yang ingin berusaha mengambil pasar dari mi instan ini. Perusahaan itu adalah Wings Food. Lalu produk apa yang menjadi andalan mereka? Mie sedaap!

Ketika produk mie sedaap ini pertama kali keluar, tentunya Indofood santai-santai aja, karena memang rasanya itu seperti anak kucing mau nantang macan. Tapi apa yang terjadi? ternyata mereka sudah salah. Mie sedaap berhasil maju sebagai salah satu mi instan yang sukses, sampai Indofood mulai stress memikirkan pesaing mereka ini.

Salah satu yang akhirnya menjadi strategi Indofood dalam menghadapi mie sedaap adalah menantang dengan menggunakan merek supermi. Varian yang diturunkan untuk bersaing dengan mie sedaap adalah... supermi sedaaap.. ya.. teman2 sekalian ga salah baca... supermi sedAAAp dengan 3 A, lebih panjang dari mie sedAAp yang cuma pakai 2A wkwk. Tindakan Indofood ini sendiri katanya sempat membuat penggemar supermi menjadi agak marah karena merek tercinta mereka seperti "turun pangkat".

Tapi walaupun sudah melakukan berbagai macam strategi untuk menghajar mi sedaap, Wings Food tetap bertahan. Nah, moral dari persaingan ini adalah kita harus selalu berinovasi, apalagi di dalam perusahaan. Jangan hanya "berpangku tangan", karena pesaing akan selalu muncul dari mana saja, termasuk dari yang tidak terduga seperti kasus mi sedaap ini.

Semoga cerita ini berguna ya untuk teman-teman yang kerja di perusahaan, atau yg buka usaha sendiri :D

Mie_Sedaap.jpg2007-10-migoreng3-1_p.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

11 answers to this question

  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

yup tul.. hrs selalu berhati-hati.

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

wahaha.. kalau saya sich semua merek sama aja.. tetep enak..

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

oh begitu ya? lain kali boleh saya cobain nich biar tau.. Kalau setau saya sich urusan rasa hrsnya menang Indo.. tapi ya gitu.. rasa makin umami kan brarti makin ga sehat wkwk.. kl urusan kesehatan pasti lebih menang mie dr luar.

:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

oh blm pernah coba dua2nya? jadi selama ini makan mi instan apa? indomie kah?

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

wahaha iya temennya temen saya juga org Thai titip indomie sama temen saya yg org Indo.

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

iya.. kl di Nigeria itu indomie uda kaya makanan pokok, malahan banyak org luar yg pikir kl Indomie itu sebenarnya produk Nigeria wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

wih kayanya sich penggemar mie instan ya... sampai bisa bikin peringkat-peringkat begitu wkwkw..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

wkwkw ini bahas apapun yang bisa dibahas dech. Iya memang mi sedaap itu pinter dengan iklan-iklannya hehe. Wah tapi kalau urusan jingle yang populer mah, ga da yang bisa ngalahin Indomie, bukan cuma dipakai di Indomie, dulu aja SBY waktu maju jadi capres, nyanyinya itu.. SBY.. presidenku wkwkwkw. Uda ga da lawan lah itu jinglenya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • Untung Ada KFC di Kawanua
      By Alfa Dolfin
      Kebetulan dalam tubuh ku mengalir darah Kawanua. Aku lebih suka memakai sebuatan Kawanua ketimbang Manado. Lebih mengeskpresikan sikap persahabatan, keterbukaan, senang berkawan. Tidak murni sich karena aku kelahiran Jakarta. Ortu ku, dua-dua-nyua, juga bukan dari sana. Opa ku baik dari mama n papa berasal dari bumi Kawanua mesi sejak aku lahir mereka sudah tiada. 
      Setelah berkali-kali menolak akhirnya suatu saat mendapat kesempatan pertama kali menginjak tanah leluhur. Bukan Family Visit merupakan Dive Trip. Maksudnya trip ke Manado untuk diving, nyelam, di Bunaken. Tentu tidak selalu plesiran di bawah air. Wisata atas airnya ternyata juga menarik. Problem terjadi saat harus berurusan dengan panganan, alias ransum tuk masuk ke perut. 
      Tuk urusan perut memang dari keluarga kami masih bisa di hitung pake jari menikmati masakan Kawanua. Doeloe mama ku pernah sekali masak bubur Manado. Cuma akhirnya kapok ngga mau masak lagi setelah mendapat jawaban, ngga enak.... Wah kebangetan ya aku bilang gitu. Lah mama waktu itu nanya, enak ngga bubur manado bikinannya...? sebelum jawab, aku tanya balik, "mama mau dapat jawaban jujur atau bohong?". Ya jujur dong, kata mama. Maka aku pun tanpa ragu menjawab : ngga enak ma. Singkatnya, aku sangat asing dengan masakan Kawanua. Tahunya bubur Manado dan es kacang merah. Lainnya...ah lebih baik aku ngga tahu menahu dech. Aneh-aneh...ngeri...apalagi aku penyayang doggy. Infonya disana daging doggy cukup familiar....ooooo my GOD.... hewan setia begitu di jadikan panganan...no...no.... Kebetulan aku juga tidak suka ikan. Ikan apa saja baik air tawar atau laut. Alergi berat. Sejak jaman SD. Makanya udah tuer gini ngga pinter-pinter karena bilang dibilang ngga pernah makan ikan. Padahal di Kawanua terkenal ikan Tude yang rasanya gileeeee nikmatnya. Kata yang sudah pernah lho...
      Pertanyaan sejak pertama kali tiba di sana, mau makan apa...? Karena waktu itu pergi rame-rame, ber-10, mereka pilih masakan khas setempat. wah gawat nich pasti aku cuma manyun aja. Karena ngga jamin ada es kacang merah. Benar saja. Mampir di salah satu resto dekat danau Tondano ya akhirnya aku cuma menjadi penonton setia. Saat rekan-rekan asyik menyantap aku cuma minum softdrink....n ngemil "Djarum Super". Maap ya kawan-kawan...aku smokers. Rekan-rekan membujuk ku tuk ikut menyantap, namun tetap saja aku ngga bergeming. Rasa lapar pun hilang.... Lalu makan apa? masa ngga makan selama di Manado...?
      Waktunya balik ke hotel di Tasir Ria, pinggiran kota Manado. Kami sempat melewati kota Manado. Sebenarnya selama perjalanan perut lapar...tapi ya karena ngga ada yang bisa dinikmati, ya terpaksa manyun. "stop...stop pak....", pinta ku spontan ke driver mobil yang kami sewa begitu melihat plan sebuah resto yang terkenal. eee loe mau kemana...?, tanya rekan-rekan ku heran. "sory ya sekarang giliran gw makan. Kalian khan udah tadi.... udah bernyanyi nich perut...":, sahut ku. Spontan teman-teman teriak....huuuuu......Loe aneh ya. Jauh-jauh ke sini malah cari KFC (maksudnya Kentucky Fried Chicken). Masih mimpi ada di jakarta ya...?"berisik loe yeee....gantian sekarang loe nonton gw makan...", sahut ku ngga mau kalah. Ya...lega aku berjumpa resto KFC. Akhirnya ada juga yang bisa aku makan disini..... Jadilah KFC menjadi makanan penyelamat ku di bumi Kawanua pertama kali. Bukan promosi lho....
       
      cheers
      Note : Karena kami menginap di Tasik Ria, yang infonya punya bule Prancis, menu burger menjadi pilihan utama. Kemudian, visit selanjutnya aku mengakali mencari resto atau warung orang Jawa, yang berharap lebih cocok di lidah. Tercatat 5x kali aku ke bumi Kawanua, namun sama sekali tidak pernah mengunjungi family disana. Ya karena aku memang tidak kenal...selain itu menghindari risiko di suguhi panganan yang "macem-macem". 
       
    • menikmati nasi pecel di madiun
      By Neyla Ayu
      Melakukan perjalanan dari jakarta ke madiun memerlukan waktu hingga 12 jam melalui stasiun kereta.sesampai di madiun kami di jemput mobil rental lalu di ajak Berkeliling kota dan berhenti untuk sarapan pagi di sebuah warung nasi pecel makanan khas kota madiun.alangkah nikmatnya merasakan nasi pecel dari berbagai sayuran yang dibaluri oleh sambal kacang dan lauk yang beraneka ragam yang tak bisa aku bayangkan nikmatnya.
      Setelah lama menikmati kita diajak ke tempat wisata daerah magetan yang ter kenal dgn sebutan telaga sarangan sampai puas menikmati keindahan telaga juga kebun strawbery kami akhirnya melakukan pejalanan ke madiun dengan mobil rental untuk menginap dan istirahat untuk perjalanan wisata lagi .
      Sekian pengalaman aku selama dimadiun dan menikmati nasi pecel madiun.tanks
    • Hal-hal Ini Tanda Buruknya Manajemen
      By onesecond
      Hal-hal Ini Tanda Buruknya Manajemen

      Tidak jarang apel yang kita peroleh langsung dari pohonnya memiliki kualitas yang buruk. Entah itu kematangan yang kurang maksimal, warna yang pucat, ukuran yang kurang ideal, atau bahkan busuk.

      Kasus seperti ini dapat dikaitkan dengan karyawan di suatu organisasi. Beberapa karyawan ada yang sedikit sulit untuk dikembangkan sehingga mereka bekerja dengan kemauan mereka sendiri. Kinerja seperti ini sangat berpengaruh pada organisasi atau perusahaan. Akibatnya tak sedikit para atasan yang membuat mereka tidak betah di tempat tersebut sehingga karyawan mengundurkan diri bukan mengembalikan karyawan tersebut ke jalan yang benar.

      Banyak yang berpendapat bahwa setiap orang tentu mempunyai potensi dan bakat dalam bekerja. Hanya saja ada beberapa faktor yang menyebabkan karyawan merasa demotivasi. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa sebagian besar penyebab demotivasi karyawan adalah stress. Akibatnya kualitas kinerja para karyawan berkurang.

      Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan karyawan terdemotivasi, diantaranya :

      ·         Hilangnya kepercayaan terhadap manajemen
      Dimana pun kita berada pasti kita menemukan tipikal sifat seseorang. Seperti halnya dalam suatu perusahaan. Peranan kita sebagai karyawan tentu menginginkan atasan yang sependapat dengan kita. Jika kita menemukan hal yang sebaliknya jangan sampai rasa ketidak percayaan kita terhadap manajer menghilang. Hal ini menyebabkan adanya kesulitan para karyawan dalam mengikuti arus berjalannya organisasi atau perusahaan. Di samping itu karyawan sudah menjadi pembangkang.

      ·         Micromanagement
      Micromanagement adalah keadaan dimana para atasan atau manajer sangat memperhatikan tiap-tiap pekerjaan yang dilakukan si karyawan tersebut. Hal ini sangat mengganggu para karyawan, karena mereka merasa sangat diawasi lantaran manajer tidak percaya dengan pekerjaan si karyawan tersebut. Beberapa dari mereka ada yang bisa bertahan dengan situasi seperti ini. Tak jarang pula beberapa dari mereka yang mengundurkan diri akibat peristiwa ini.

      ·         Pemberian penghargaan yang berkurang
      Siapa pun pasti menginginkan penghargaan atas hasil kerja mereka. Namun bagaimana jika di perusahaan terjadi kekeliruan dalam pemberian penghargaan? Misalnya manajer memberikan penghargaan yang sama terhadap karyawan yang berkinerja bagus dan karyawan yang kinerjanya biasa-biasa saja. Tentu saja karyawan yang berkinerja bagus mengalami penurunan dalam kualitas pekerjaannya, karena menganggap tidak ada yang beda antara keduanya.

      Maka dari itu sebagai seorang manajer yang handal harus bisa memberikan reward dan punishment secara adil kepada bawahan mereka.

      ·         Masa kerja yang tidak pasti
      Adakalanya perusahaan akan mengalami tingkat kesulitan. Dalam artian, perusahaan ini berada dalam bahaya. Situasi seperti ini menyebabkan para karyawan sibuk untuk menyelamatkan diri masing-masing. Mulai dari mencari lowongan pekerjaan, dan menyiapkan CV.

      Dalam situasi seperti ini, sebagai seorang manajer mungkin akan merasa kesulitan untuk mempertahankan para karyawan yang berkinerja baik. Salah satu yang dapat dilakukan oleh manajer tersebut adalah menggunakan komunikasi yang intensif. Dalam komunikasi ini, manajer membicarakan tentang kesetiaan terhadap perusahaan. Upaya ini tidak menjanjikan para karyawan akan menetap atau tidak, paling tidak komunikasi ini dapat menciptakan sikap keterbukaan. Walaupun demikian, manajer tidak akan kaget jika mendengar keputusan si karyawan.

      ·         Buruknya komunikasi
      Pembicaraan yang masih simpang siur hanya membuat para karyawan kebingungan. Karena tidak adanya kepastian mengenai informasi-informasi tersebut. Maka dari itu, komunikasi yang mulus akan merubah lingkungan kerja semakin baik. Juga menjadikan karyawan lebih percaya diri dalam bekerja.

       
      ·         Rasa jenuh
      Sebagian besar orang-orang memilih pekerjaan lantaran mengutamakan gajinya. Namun, berbeda dengan para pekerja muda yang malah mementingkan sebuah nilai. Situasi ini dibuktikan dengan adanya organisasi yang kuno, dan membosankan tidak lagi diminati oleh kaum muda. Berbagai cara dapat dilakukan oleh para manajer untuk mengatasi situasi demikian, yaitu dengan cara manajer harus menciptakan perubahan untuk perusahaannya, menjadikannya lebih modern dan menyenangkan serta lebih mengikuti perkembangan zaman.

      ·         Rekan kerja tidak menyenangkan
      Seperti faktor sebelumnya, sebagian besar orang bekerja bukan karena gaji semata melainkan untuk kepuasan lainnya. Penelitian membuktikan bahwa rekan kerja yang menyenangkan membuat para karyawan bersemangat dalam bekerja dan tingkat kepuasan karyawan meningkat. Selain itu, penelitian juga menegaskan bahwa tingkat keterikatan hubungan yang memiliki sahabat, lebih besar dibandingkan dengan karyawan yang tidak memilikinya.

      Dengan demikian, sebaiknya para manajer tidak membuang para karyawan yang mengalami kerusakan layaknya buah apel. Tetapi, cobalah untuk memperbaiki kerusakan-kerusakannya atau lebih baik lagi dicegah kerusakannya. Karena pilihan ada di tangan anda!

    • Lezatnya Ayam
      By onesecond
      Lezatnya Ayam

      Ada beberapa faktor yang menyebabkan hilangnya nafsu makan, seperti kondisi perut kita yang sedang buruk, makanan yang kurang enak atau bahkan menu makanan yang itu-itu saja. Faktor ketiga bisa juga dikatakan rasa bosan pada apa yang kita makan. Sebenarnya, bukan masalah pada bahan dasarnya, tetapi seperti apa bahan tersebut diolah. Kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai bahan dasar makanan yang dapat diolah ke berbagai jenis.

      Siapa disini yang tidak suka ayam? Pasti semua suka dong. Masakan ayam yang sudah tidak asing lagi kita dengar yaitu ayam goreng, ayam bakar, pecel ayam dan ayam kentaki. Kalau mau makan olahan daging ayam lainnya, mungkin kita harus cari terlebih dahulu di restoran-restoran tertentu. Berikut ini adalah macam-macam olahan ayam yang bisa kalian buat di rumah.

      Ø  Ayam Penyet

      Masakan khas Jawa Timur ini memang sudah dikenal oleh banyak orang. Apalagi jika disantap dengan sambal terasinya yang super pedas. Untuk membuatnya, kita membutuhkan bahan-bahan dasar seperti :

      ·         ayam

      ·         air untuk merebus ayam

      ·         lengkuas

      ·         jahe

      ·         siung bawang putih

      ·         Ketumbar bubuk

      ·         Garam

      Untuk membuat sambal terasinya, kita membutuhkan :

      ·         terasi yang digoreng atau dibakar

      ·         cabai rawit merah

      ·         cabai merah keriting

      ·         buah tomat merah

      ·         Garam secukupnya

      ·         Gula

       
      Cara membuat :

      ·         Pertama-tama baluri ayam dengan jeruk nipis, kemudian cuci dengan air bersih

      ·         Ulek bumbu-bumbu tersebut hingga halus

      ·         Rebus air dengan api yang tidak terlalu besar

      ·         Masukkan bumbu-bumbu ke dalamnya, kemudian cicipi sedikit

      ·         Masukkan potongan ayam

      ·         Angkat, kemudian tiriskan

      Rebusan ayam ini berfungsi untuk membuat daging ayam empuk agar mudah dipenyet.

      Cara pembuatan sambal terasi :

      ·         Potong kecil-kecil cabai merah keriting dan rawit merah, kemudian ulek

      ·         Masukkan potongan tomat, dan terasi, kemudian ulek hingga rata

      ·         Tambahkan gula dan garam secukupnya

      Untuk selanjutnya :

      ·         Masukkan ayam ke dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan dan kering

      ·         Angkat kemudian tiriskan

      ·         Letakkan ayam di atas codet yang berisikan sambal terasi, lalu penyet atau tekan dengan ulekan

      ·         Terakhir, hidangkan dengan nasi panas


       
      Ø  Ayam Taliwang

      Selain ayam penyet, ada juga nih ayam taliwang. Masakan ini berasal dari Pulau Lombok. Nama ayam taliwang sendiri diambil dari nama Karang Taliwang, karang yang berarti kampung dan Taliwang adalah  nama kampung itu sendiri. Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia Karang Taliwang adalah kampong Taliwang. Kampung ini berada di daerah Kecamatan Cakranegara. Olahan dasar ayam ini adalah dibakar, tetapi bisa juga diolah dengan digoreng.

      Bahan-bahan yang dibutuhkan :

      ·         ayam kampung

      ·         Minyak goreng

      ·         air

      ·         Air perasan jeruk limo

      ·         Garam


       
      Bumbu-bumbu :

      ·         buah cabai merah

      ·         siung bawang merah

      ·         siung bawang putih

      ·         ruas kencur

      ·         buah tomat

      ·         Terasi goreng

      ·         Gula merah

      ·         Garam secukupnya

      Cara membuat :

      ·         Terlebih dahulu cuci ayam hingga bersih

      ·         Berikan garam dan air perasan jeruk limo lalu diamkan selama 20 sampai 30 menit

      ·         Bumbu-bumbu diuleg

      ·         Siapkan minyak panas lalu tumis bumbu yang sudah diuleg kemudian masukkan ayam dan aduk. Jika sudah terlihat kaku, masukkan air ke dalam tumisan bumbu dan masak hingga matang, kemudian angkat

      ·         Bakarlah ayam tersebut di atas bara api yang sudah disiapkan

      ·         Oleskan ayam dengan bumbu yang masih tersisa

      ·         Bakar, hingga aroma wanginya tercium, lalu angkat

      ·         Ayam taliwang siap dihidangkan

      Selamat mencoba

    • Kulineran Terfavorit di Eat and Eat
      By klausaklise
      Eat and Eat, food market yang satu ini emang asyik banget, direkomendasikan untuk anda yang senang banget kulineran sambil ngobrol lama. 
      Eat and Eat merupakan food market yang mengumpulkan berbagai macam tenan kuliner mulai dari makanan asli Indonesia hingga internasional. Ada puluhan tenan makanan yang dikumpulkan dan ratusan menu yang siap dihidangkan. 
      Eat and Eat terletak di banyak mall di Jakarta. Beberapa yang ada Eat and Eat ini antara lain Gandaria City, Kota Kasablanka, Pluit Village, Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, FX Sudirman, Pejaten Village, dan Grand Metropolitan Bekasi. Buat temen-temen yang belum tahu atau memang sedang berada di lokasi tersebut, cobain deh makan di Eat and Eat.

      - Alasan Kenapa Asyik Makan di Eat and Eat
      Buat saya, tempat makan itu nggak hanya harus enak menunya, tapi juga harus nyaman untuk ngobrol lama terutama jika datang bareng-bareng, nyaman untuk kerja kalau sendirian, dan juga variatif menu pilihannya. Karena itulah, saya sering banget cari tempat makan yang berkonsep food market kayak gini, seperti Eat and Eat.
      * Nyaman dan Konsepnya Unik
      Masuk ke Eat and Eat, suasananya akan langsung seperti masuk pasar kuliner malam bernuansa Timur Tengah keeropaan. Di sini terdapat banyak banget tempat duduk yang bisa dipilih bahkan ada ruang privasi jika ingin lebih eksklusif.
      Kita juga nggak diburu-buru, karena bisa bersantai terlebih dahulu. Jika ingin makan, kita tinggal mengitari tenan yang menawarkan macam-macam menu. Setelah makan pun, kita masih tetap leluasa jika masih ingin berlama-lama. Meskipun ramai, tapi makan di Eat and Eat ini nggak keberisikan kok. Saya suka makan yang di Gandaria City dan Kota Kasablanka.
      * Varian Menunya Banyak Banget
      Selain itu, saya suka banget makan di sini karena tenan kulinernya lengkap. Buat yang bingung mau makan apa, siap-siap makin bingung karena pilihannya banyak di sini. Ada makanan Indonesia seperti nasi goreng, soto, sate, dan sop konro dan sebagainya. Ada juga makanan Internasional seperti steak, ramen, dan lainnya lagi. 
      Begitu juga minumannya. Kita bisa pilih dari mulai air mineral sampai ke jus dan es yang lucu-lucu. Dessertnya ada puding dan cemilannya banyak cemilan tradisional kayak tahu gejrot, rujak, dan lain - lain deh. Hmmmm...
      * Harganya terjangkau dan porsinya besar
      Kelebihan lain dari Eat anda Eat adalah harga yang dibandrol beragam dan cukup terjangkau. Makan di sini bisa disesuaikan dengan budget kita. Mulai dari 11 ribuan sampai 60 ribuan ada di sini. Dengan harga yang cukup pas di kantong, porsi yang disajikan para tenan di Eat and Eat ini rata-rata porsi jumbo. Saya selalu kekenyangan kalau pesan nasi goreng di berbagai tenan. Makanya lebih sering join sama teman saking banyaknya. 
      - Cara Bayar
      Untuk cara bayarnya, ada kartu yang bisa disewa pengunjung di kasir. Isiannya bisa 20 ribu, dan sebagainya. Kalau masih ada sisa saldo, bisa kita refund maksimal 30 hari setelah kita isi ulang itu. Bagi yang nggak mau ribet, ada kartu member yang masa aktifnya 3 tahunan, tapi sayangnya, saldo nggak bisa diuangkan lagi alias nggak bisa direfund. Entah kenapa, saya lebih suka yang non member, hehehe.
      - Makanan Favorit
      Saya memang nggak hafal semua tenan di Eat and Eat dan belum pernah nyobain semua. Tapi so far, ada beberapa mnu yang menurut saya enak dengan harga yang pas di kantong. 

      1. Sop Konro Makasar
      Ini enak banget. Harganya cuma 30 sampai 50 ribuan. Mau yang berkuah atau yang bakar, sama-sama enak. Iganya empuk banget dan nggak bikin repot saking empuknya. Dimakan dengan nasi panas... hmm maknyuss
      2. Serba BBQ
      Saya lupa namanya apa, tapi kalau di Gandaria City, tenannya yang di samping Sop Konro. Di sini tersedia aneka makanan serba dibakar. ada sate, BBQ dan lainnya. Pernah nyobain nasi goreng kambingnya dan komplit enak banget. 
      Selain di atas, menu favorit saya itu asinan yang di gerobak, terus tahu gejrot, dan enak es. Enyaaakkkk !!!!