• 0
Sign in to follow this  
Followers 0
desmaster

Indofood vs Wings Food

Question

waktunya melanjutkan cerita dari post saya sebelumnya yang di sini: http://forum.jalan2.com/index.php?/topic/2299-taukah-kalian-indomie-supermi-dan-sarimi-itu-berasal-dari-1-perusahaan/

Jadi ceritanya indomie, supermi, dan sarimi yang semua sudah berada di bawah 1 perusahaan, yaitu PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. sudah mendominasi bisnis mi instan di Indonesia. Tapi ternyata, pada tahun 2003, ada satu perusahaan yang ingin berusaha mengambil pasar dari mi instan ini. Perusahaan itu adalah Wings Food. Lalu produk apa yang menjadi andalan mereka? Mie sedaap!

Ketika produk mie sedaap ini pertama kali keluar, tentunya Indofood santai-santai aja, karena memang rasanya itu seperti anak kucing mau nantang macan. Tapi apa yang terjadi? ternyata mereka sudah salah. Mie sedaap berhasil maju sebagai salah satu mi instan yang sukses, sampai Indofood mulai stress memikirkan pesaing mereka ini.

Salah satu yang akhirnya menjadi strategi Indofood dalam menghadapi mie sedaap adalah menantang dengan menggunakan merek supermi. Varian yang diturunkan untuk bersaing dengan mie sedaap adalah... supermi sedaaap.. ya.. teman2 sekalian ga salah baca... supermi sedAAAp dengan 3 A, lebih panjang dari mie sedAAp yang cuma pakai 2A wkwk. Tindakan Indofood ini sendiri katanya sempat membuat penggemar supermi menjadi agak marah karena merek tercinta mereka seperti "turun pangkat".

Tapi walaupun sudah melakukan berbagai macam strategi untuk menghajar mi sedaap, Wings Food tetap bertahan. Nah, moral dari persaingan ini adalah kita harus selalu berinovasi, apalagi di dalam perusahaan. Jangan hanya "berpangku tangan", karena pesaing akan selalu muncul dari mana saja, termasuk dari yang tidak terduga seperti kasus mi sedaap ini.

Semoga cerita ini berguna ya untuk teman-teman yang kerja di perusahaan, atau yg buka usaha sendiri :D

Mie_Sedaap.jpg2007-10-migoreng3-1_p.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

11 answers to this question

  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

yup tul.. hrs selalu berhati-hati.

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

wahaha.. kalau saya sich semua merek sama aja.. tetep enak..

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

oh begitu ya? lain kali boleh saya cobain nich biar tau.. Kalau setau saya sich urusan rasa hrsnya menang Indo.. tapi ya gitu.. rasa makin umami kan brarti makin ga sehat wkwk.. kl urusan kesehatan pasti lebih menang mie dr luar.

:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

oh blm pernah coba dua2nya? jadi selama ini makan mi instan apa? indomie kah?

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

wahaha iya temennya temen saya juga org Thai titip indomie sama temen saya yg org Indo.

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

iya.. kl di Nigeria itu indomie uda kaya makanan pokok, malahan banyak org luar yg pikir kl Indomie itu sebenarnya produk Nigeria wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

wih kayanya sich penggemar mie instan ya... sampai bisa bikin peringkat-peringkat begitu wkwkw..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

wkwkw ini bahas apapun yang bisa dibahas dech. Iya memang mi sedaap itu pinter dengan iklan-iklannya hehe. Wah tapi kalau urusan jingle yang populer mah, ga da yang bisa ngalahin Indomie, bukan cuma dipakai di Indomie, dulu aja SBY waktu maju jadi capres, nyanyinya itu.. SBY.. presidenku wkwkwkw. Uda ga da lawan lah itu jinglenya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • covert-resize-436.JPG
      By Adhe Rahmat Suryo
      Dukung terus pariwisata Indonesia, agar dunia membuka mata bahwa Indonesia itu indah
      https://ayojalanjalan.com
       
    • 5721bf7399808-TradisionalPalembangLokasiPalembangPhotobyAJJ.jpg
      By Adhe Rahmat Suryo
      Dukung terus pariwisata Indonesia, agar dunia membuka mata bahwa Indonesia itu indah
      https://ayojalanjalan.com
       
    • 5721be92d8145-TenunPewarnaalamikhasAlor2LokasiPulauAlorPhotobyAJJ.JPG
      By Adhe Rahmat Suryo
      Dukung terus pariwisata Indonesia, agar dunia membuka mata bahwa Indonesia itu indah
      https://ayojalanjalan.com/
    • Mengenal Lebih Dekat Suku Sasak Lombok
      By Adhe Rahmat Suryo
      Spoiler
      Pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan keindahan lautnya yang indah dan mempesona. Masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa dijelajahi. Salah satunya dengan mengenal lebih dekat kehidupan penduduk asli Lombok, yakni suku Sasak di Desa Sade, Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Desa Sade terletak persis di samping jalan raya, sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Lombok dan sudah terkenal di kalangan para wisatawan lantaran Dinas Pariwisata setempat memang menjadikan Sade sebagai desa wisata.

      Bahasa yang mereka gunakan sehari-hari adalah Bahasa Sasak dan Bahasa Indonesia. Mayoritasnya memeluk agama Islam yang sebelumnya dipengaruhi oleh ajaran Hindu dan Animisme. Mata pencaharian mereka pada umumnya bertani dan bagi wanita menenun kain ikat. Rumah adat mereka menggunakan atap dari rumput alang-alang, dinding dari anyaman serta pintu kayu. Begitu pula dengan lantainya yang sebagian masih terbuat dari tanah liat. Uniknya, warganya punya kebiasaan khas yaitu mengepel lantai menggunakan air dicampur dengan kotoran kerbau. Suku Sasak yang dahulu menganut animisme percaya bahwa membersihkan lantai dengan kotoran kerbau dapat membuat rumah lebih bersih, hangat dan dijauhi nyamuk.
      Namun yang paling menarik dari adat suku Sasak adalah proses perkawinannya, yakni adanya tradisi merarik atau kawin lari. Jadi, ketika keduanya sudah sama-sama cocok, si pria akan membawa lari wanita untuk diinapkan di rumahnya. Setelah itu, keluarga pria akan memberi tahu kepala kampung untuk menyampaikan kepada orang tua si gadis soal anaknya yang hilang diculik. Setelah semua berkumpul dan disepakati, barulah keduanya dinikahkan secara resmi.
      https://ayojalanjalan.com/index.php/culture/690-mengenal-lebih-dekat-suku-sasak-lombok
    • Makan sambil bermain dan bersantai...Tentu Bisa..!!
      By Luxia
      Kali ini, aku kepingin berbagi cerita dengan teman-teman, kulineran didaerah Serpong sambil bersantai disebuah restoran dan tidak mesti buru-buru karena antrian panjang dan tempatnya yang sempit. Penasaran juga pingin nyobain menunya sekalian... 
      Hari minggu kemarin kebetulan Ciciku (kakak perempuan - dlm bahasa chinese) ulang tahun dan ingin ingin kumpul-kumpul keluarga, makan bareng2 sambil bersantai ria biar keponakan-keponakanku bisa menikmati kebersamaan juga, tapi karena hari minggu dan esok harinya masing-masing masih punya kesibukan lagi, yang kerja ya kerja.. yang sekolah harus tetap sekolah... Jadi kalau bisa jangan jauh-jauh sehingga gak menguras tenaga. Baiklaahhh!! 
      Cari punya cari dari sederet lokasi dan nama-nama restoran yang terlintas dibenak, rata-rata restoran biasa saja.. tempat makan, maen kuda2an di halaman kecilnya, terus pulang. Bosan juga ya rasanya. Kita kepingin sesekali mencari sesuatu yang sedikit berbeda nih... Akhirnya pilihan kita jatuh pada salah satu restoran -rekomendasi dari teman Cici-ku letaknya juga tidak begitu jauh dari rumah, masakan sunda pula, favorit keluarga... Katanya selain makan digedung, ada saung2/pondok2annya, juga ada kolam renang kecil, ada becak-becakan, terus tempatnya luass banget, buat anak2 berlari-larian dan bermain... Penasaran?? Sama!! Yuk.. Mari... Lanjutkan.....!! 

      REMAJA KURING. Dari namanya kedengarannya sudah Sunda banget kan. Yup, betul sekali. Remaja Kuring adalah salah satu dari sekian restoran yang berada di kawasan Serpong Raya yang menyajikan tidak hanya masakan saja tetapi juga pemandangan dan lapangan bermain anak-anak yang kalo menurut saya sih, memang luas sekali yah. Bahkan ada kolam renangnya juga, meskipun kecil tapi cukup lah kalo untuk anak-anak nyemplung. Bisa juga dipakai buat acara ultah, pertunangan dan bahkan pernikahan dan acaranya bisa Pool Party gitu... Seperti apa ya kira-kira suasananya dan bagaimana dengan menu dan rasanya...??? Sabarr...!! yuk.. lanjutin lagi.. 

      Terletak di Jl. Ciater Bar. Raya no.27, Tangerang Selatan, Kawasan Serpong, Banten. Kalau kita dari Jakarta masuknya tol Kebun Jeruk, keluar pintu tol Alam Sutera kemudian jalan terus ke arah Living World-Hotel Mercure-Omni Hospital, keluar dari Alam Sutera ambil ke arah BSD, lewatin BSD Plaza, ITC BSD, German Center, Stasiun Rawa Buntu, The Green, De Latinos BSD City, simpang Taman Tekno, jalan lagi sekitar 100 meter tepatnya di sebelah kantor pertamina (Elpiji), kita akan melihat ke ada plang bulat bertuliskan "REMAJA KURING" di sebelah kanan jalan.

      Pertama kali melangkah terkesan restorannya biasa-biasa saja, di depan pintu masuk ada beberapa becak dan ada andong juga, begitu masuk ke dalam gedungnya... malahan terkesan mubazir sekali, karena ruang makan yang begitu besar hanya diisi beberapa set meja makan saja, beda sekali dengan restoran-restoran lainnya, yang rata-rata menyusun meja dan kursi begitu rapat sehingga ruangan terisi penuh dan padat... Setelah melangkah masuk, kami langsung ke meja kasir yang letaknya disebelah kiri kita... kami langsung sebut "mau yang pondokan Mba". Setelah kami memesan pondokan, kamipun diantar menuju lokasi... Dimanakah itu?? karena kita semua belum ada yang pernah kemari jadi ya tebak-tebakan saja lah ya...

      Jalan terus keluar bangunan restoran, di depan kita terhampar luas pemandangan dengan rerumputan dan pepohonan yang rindang sehingga gak gerah udaranya (meskipun cuaca sedikit panas pada hari itu) serta pondok2 dengan berbagai ragam bentuknya itu.

      Kamipun berjalan terus ke arah mengikuti staff restoran yang mengantar kami menuju pondok yang kami pesan tadi... sambil berjalan, sambil foto-foto, sekitar 2 menit kemudian kami ketemu dengan sebuah kolam renang kecil yang bersih, di kiri kanan kolam ada sebuah hall kecil yang ternyata bisa di booking untuk acara ulang tahun, pernikahan atau sekadar pertunangan.

      Pondok kami dimana?? belum sampai juga?? Ayo lah jalan lagi..

      Jalan kaki sekitar 2-3 menit kemudian barulah kita sampai pada pondokan kami, namanya "Pondok Jineng"... Unik bentuk nya tapi bagus... 

      Tiba lah saatnya memesan makanan... Kami memilih Ayam Bakar, Ikan Gurame Bakar, Ikan Gurame Goreng, Kangkung dimasak dalam 3 jenis (masak terasi, hot plate dan tumis polos), tahu goreng, tahu isi spesial, gado-gado pengantin, sambal terasi, sambal goreng pete dan Nasi.
      Tempatnya asri banget, ada mushollanya juga, tapi bangunannya polos, gak terlalu megah karena dibentuk sedemikian rupa sehingga terlihat seperti bangunan kuno. (Fotonya gak ada, gak berani ambil soalnya di dalamnya lagi pada sembahyang - maaf yach). 
      Setelah selesai memesan makanan kamipun berpencar, ada yg ngobrol di Pondokan, ada yg berfoto-foto ria disekitarnya, si kecil berlari2 keliling lapangan... entah ngejarin apa dia... gak jelas juga hahaha... Yang pasti sumringah lah raut wajahnya.


      Tahu :
      Menu pertama yang hadir di meja kami selain minuman adalah tahu isi spesial dan tahu gorengnya. Tahu isi spesial disini sedikit berbeda ya, kalo kebanyakan restoran sunda isinya pasti ada udang, yg ini isinya ayam dan sedikit sayuran dan ditemani dengan sambal saos.. harganya juga ternyata cukup lumayan ya... Rp 15.000/potong. Untuk tahu gorengnya Rp 9.000,-/porsi (3 potong kecil). Sayangnya ayamnya tidak begitu terasa, sehingga tahu isi spesial ini rasanya tidak begitu spesial.
      Tahu isi spesial
      Ayam Bakar :
      Karena anak-anak paling suka makan ayam, jadilah kami pesan 2 ekor ayam bakar, harganya Rp 78.000,-/ekor (potong 6). Ukurannya seperti ayam kampung, tak begitu besar tapi juga tidak mungil sekali, rasanya enak, wangi bumbunya, tapi tidak khas. 

      Ikan :
      Ikan disini disajikan dengan berat paling ringan 7 ons dengan harga Rp 15.000,-/ons. Juga enak rasanya, bumbunya sama dengan ayam bakar, dan ya itu tadi, tidak khas. Ikan gorengnya standard rasanya. Sama rasanya seperti restoran sunda lainnya.
      Gado-gado :
      Gado pengantinnya yang paling enak, berbumbu banyak, rasanya juga enak. Harganya Rp 24.000,-/porsi.
       
      Kangkung :
      Dari 3 jenis kangkung yang kami pesan (balacan/terasi, polos dan hotplate), kalo menurut aku yang paling enak kangkung hotplatenya ya... terasa banget nikmatnya karena masak kangkungnya pas, gak terlalu lembek juga gak terlalu kenyal... Harganya: kangkung hotplate polos Rp 32.500,-/porsi, kangkung polos Rp 35.000,-/porsi dan kangkung balacan/terasi Rp 40.000,-/porsi. 


      Sambal :
      Sambal terasinya juga enak, diperas pake jeruk nipis trs dibalur kecap manis sedikit... mmm... enak deh.. Harganya Rp 7.000,-/porsi dan sambal goreng pete nya juga khas, dicah dengan bawang2 dan tomat gitu, harga Rp 33.000,-/porsi.
      Oh ya, info tambahan disini gak perlu pesan teh hangat yah, karena pasti dikasih, gratis untuk semua tamu, kebetulan hari minggu kemarin tidak ada yg pesan minuman yang unik-unik, hanya es teh dan teh manis saja, harganya tidak mahal juga. Untuk teh manis hangat Rp 4.700,-/gelas dan es teh manis Rp 6.000,-/gelas. 

      Sebelum sampai di parkiran, kami sempat berfoto2 dulu di becak dan andong yang ada.. lumayanlah sekedar tuk kenang-kenangan..

      Jadi secara global, Remaja Kuring, cukup rekomended lah untuk acara kumpul-kumpul keluarga, teman-teman, buat tempat bersantai-santai sambil menikmati hidangan masakan Sunda, dan tidak bakalan diusir sama yang punya meskipun kita berisik, dan berlama-lama disini. Semoga bermanfaat!! 
      Berikut menu yang ada di "REMAJA KURING"

       
       
       
       
       
    • Danau Paniai, Lambang Eksotisme Papua
      By citrariana
      Danau ini diakui keindahannya oleh 157 negara saat Konferensi Danau Se-Dunia pada 30 November 2007. Berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda tidak akan kecewa bila mengunjungi tempat ini karena tempat ini masih alami dan terjaga kelestariannya.
      Danau dengan luas 14.500 hektare dan berada di ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut itu memiliki hawa sejuk dan dikelilingi oleh bebatuan dan pasir di tepiannya. Terdapat beberapa tebing tinggi di sekitaran danau yang membuat danau ini terlihat semakin eksotis.Danau ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati birunya air danau dan suasana sekitar yang asri. Anda dapat menemukan beragam jenis ikan air tawar di danau ini. Sebut saja Ikan Mas, Ikan Nila, Belut, dan Ikan Pelangi yang merupakan biota khas Danau Paniai yang memiliki nilai jual tinggi.

      Setelah puas menikmati indahnya Danau Paniai dari pinggiran, Anda dapat menyewa perahu untuk mengantarkan Anda mengelilingi danau. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda diperbolehkan memancing di tempat ini. Bila beruntung, Anda dapat menangkap Udang Selingkuh yaitu udang endemik Papua yang mulai langka.

      Jangan lewatkan melihat matahari terbenam dari tempat ini, karena Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indahnya. Anda dapat melihat indahnya siluet kapal nelayan yang muali menepi dan formasi burung yang terbang di udara.
      Tidak jauh dari Danau Paniai, Anda dapat berkunjung ke Danau Tigi tang berada di Kecamatan Tigi dan Danau Tage di Kecamatan Paniai Timur.
      Akomodasi :
      Anda dapat naik pesawat menuju Bandara Timika kemudian naik pesawat perintis menuju Bandar Udara Enarotali. Dari Kota Enarotali, Anda dapat naik bus  menuju Danau Paniai. Bila Anda berniat untuk bermalam, terdapat beberapa rumah penduduk yang dapat Anda sewa atau Anda dapat mendirikan tenda di sekitar danau. Selai itu juga terdapat beberapa warung makan.
    • [Share] Event di Hacienda dekat Plaza Senayan - Mexican Food & Culture Fiesta
      By Naufal Khairuddin
      We are finalizing our participants for the Mexican Food & Culture Fiesta next Tue (Apr 5th) at Hacienda nearby Plaza Senayan.
      If you're up for authentic Mexican Food, while learning about their culture through fun ice-breakers & games and making new friends, come and join us!
      For more detail: 
      http://www.livelifesg.com/activity/planned-detail/CzXmxb3Xqtzj8YdafC6UBbSBOTtsRH3lGNSXThhEp5M
      Or contact via WhatsApp :
      +65 9685 1140 (Michael Gunawan)