• 0
Sign in to follow this  
Followers 0
desmaster

Indofood vs Wings Food

Question

waktunya melanjutkan cerita dari post saya sebelumnya yang di sini: http://forum.jalan2.com/index.php?/topic/2299-taukah-kalian-indomie-supermi-dan-sarimi-itu-berasal-dari-1-perusahaan/

Jadi ceritanya indomie, supermi, dan sarimi yang semua sudah berada di bawah 1 perusahaan, yaitu PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. sudah mendominasi bisnis mi instan di Indonesia. Tapi ternyata, pada tahun 2003, ada satu perusahaan yang ingin berusaha mengambil pasar dari mi instan ini. Perusahaan itu adalah Wings Food. Lalu produk apa yang menjadi andalan mereka? Mie sedaap!

Ketika produk mie sedaap ini pertama kali keluar, tentunya Indofood santai-santai aja, karena memang rasanya itu seperti anak kucing mau nantang macan. Tapi apa yang terjadi? ternyata mereka sudah salah. Mie sedaap berhasil maju sebagai salah satu mi instan yang sukses, sampai Indofood mulai stress memikirkan pesaing mereka ini.

Salah satu yang akhirnya menjadi strategi Indofood dalam menghadapi mie sedaap adalah menantang dengan menggunakan merek supermi. Varian yang diturunkan untuk bersaing dengan mie sedaap adalah... supermi sedaaap.. ya.. teman2 sekalian ga salah baca... supermi sedAAAp dengan 3 A, lebih panjang dari mie sedAAp yang cuma pakai 2A wkwk. Tindakan Indofood ini sendiri katanya sempat membuat penggemar supermi menjadi agak marah karena merek tercinta mereka seperti "turun pangkat".

Tapi walaupun sudah melakukan berbagai macam strategi untuk menghajar mi sedaap, Wings Food tetap bertahan. Nah, moral dari persaingan ini adalah kita harus selalu berinovasi, apalagi di dalam perusahaan. Jangan hanya "berpangku tangan", karena pesaing akan selalu muncul dari mana saja, termasuk dari yang tidak terduga seperti kasus mi sedaap ini.

Semoga cerita ini berguna ya untuk teman-teman yang kerja di perusahaan, atau yg buka usaha sendiri :D

Mie_Sedaap.jpg2007-10-migoreng3-1_p.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

11 answers to this question

  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

yup tul.. hrs selalu berhati-hati.

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

wahaha.. kalau saya sich semua merek sama aja.. tetep enak..

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

oh begitu ya? lain kali boleh saya cobain nich biar tau.. Kalau setau saya sich urusan rasa hrsnya menang Indo.. tapi ya gitu.. rasa makin umami kan brarti makin ga sehat wkwk.. kl urusan kesehatan pasti lebih menang mie dr luar.

:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

oh blm pernah coba dua2nya? jadi selama ini makan mi instan apa? indomie kah?

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

wahaha iya temennya temen saya juga org Thai titip indomie sama temen saya yg org Indo.

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

iya.. kl di Nigeria itu indomie uda kaya makanan pokok, malahan banyak org luar yg pikir kl Indomie itu sebenarnya produk Nigeria wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

wih kayanya sich penggemar mie instan ya... sampai bisa bikin peringkat-peringkat begitu wkwkw..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

wkwkw ini bahas apapun yang bisa dibahas dech. Iya memang mi sedaap itu pinter dengan iklan-iklannya hehe. Wah tapi kalau urusan jingle yang populer mah, ga da yang bisa ngalahin Indomie, bukan cuma dipakai di Indomie, dulu aja SBY waktu maju jadi capres, nyanyinya itu.. SBY.. presidenku wkwkwkw. Uda ga da lawan lah itu jinglenya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By keyzia-renata
      Hallo temen-temen saya pendatang baru di forum ini. Jadi masih belum mengetahui banyak tentang forum ini.
      mohon bimbingannya dari kakak-kakak senior disini
      nama saya keyzia renata
      tempat tinggal di jakarta tapi asli di solo. jadi sering bolak-balik jakarta-solo. tempat yang banyak saya kunjungi cuma di sekitar solo dan jawa tengah. pernah juga sekali jalan-jalan ke banjarmasin. maklum baru aja terjun di dunia traveling. 
      ohh iya biasanya kalau saya jalan-jalan untuk traveling pasti saya tulis di blog yang baru saya buat. mampir juga yach ke blog saya ini yang membahas tentang tempat wisata, traveling dan kuliner.
      sekian dan terimakasih untuk perkenalannya. 
      salam traveling dan salam persahabatan
    • By raffaalwii
      Menu Masakan Hari Ini - Halo bunda, sudah masak apa hari ini? Sebagai seorang koki di rumah, seorang ibu memang harus paham betul selera keluarganya. Jika bunda berhasil menemukan menu yang pas, semua anggota keluarga pasti akan menyukai masakan bunda dan ketagihan untuk ingin menikmatinya kembali. Dengan demikian, semua anggota keluarga pasti akan lebih betah dan nyaman di rumah. Bunda bisa membaca di menu masakan hari ini di website royco lho. Kali ini, royco akan mengajak bunda untuk mencoba resep tumis kangkung spesial yang bisa dinikmati saat sarapan, makan siang, atau pun makan malam.

      Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

      1.      2 ikat kangkung, buang akarnya, dan cuci bersih dengan air yang mengalir

      2.      1 sendok makan minyak goreng

      3.      4-5 butir bawang merah, cincang agak halus

      4.      3 siung bawang putih, memarkan, dan cincang

      5.      1 bungkus royco rasa ayam

      6.      Garam dan gula secukupnya

      7.      2 buah cabai merah diiris serong menipis

      Bahan yang digunakan sangat sederhana bukan? Semua bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di pasar atau pun bisa dipetik dari kebun sendiri. Nah, bagaimana si cara memasak tumis kangkung spesial ala royco?

      1.      Pertama-tama panaskan minyak di wajan dengan api yang sedang

      2.      Masukkan bawang merah dan bawang putih

      3.      Tumis bawang dan putih hingga harum

      4.      Masukkan royco all in one, garam dan gula, serta cabai merah

      5.      Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga harum

      6.      Masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk-aduk kangkung dengan cepat hingga kangkung tercampur sempurna dengan bumbu. Untuk mendapatkan hasil tumis kangkung yang hijau, aduk-aduk terus sampai api siap dimatikan

      7.      Angkat dan sajikan dalam piring saji

      8.      Sajikan bersama nasi putih yang hangat

      Tumis kangkung spesial ini memang lezat sekali dinikmati dalam segala situasi. Jika putra-putri di rumah belum berani menyantap makanan pedas, kurangi cabainya agar anak-anak pun suka. Itulah resep aneka menu masakan hari ini ala royco. Semoga bermanfaat.


    • By Mirwan Choky
      Hello, semuanya. Salam kenal ya dari saya, Mirwan Choky, pendatang baru di forum ini. Saya suka nulis semua kegiatan saya yang terkait dengan travelling. Untuk melihat-lihat atau hanya sekedar mengintip, silakan aja ya di www.mirwans.com. Kalau ada mau nanya-nanya atau apa aja deh, silakan di komen yah. Makasih! :)
    • By sambelpecel
      permisi gan... ane mau nawarin sambel pecel, kemasan 500gr
      sambel pecel Jego enak, sehat, dan praktis... dibuat tanpa pengawet
      sambel pecel Jego di produksi di Yogyakarta, namun rasa sambel pecel kami tidak manis
      lebih cenderung asin dan pedas. Bagi yang suka travelling atau jalan2 cocok banget bawa
      bekal sambel pecel Jego, krn bisa dibawa dlm tas, dashboard, dll
       
      Sambel pecel Jego rendah lemak, karena kami mengolah kacang dengan di sangray
      Kami menggunakan bahan pilihan, agar sambel pecel Jego terjaga mutunya
      Selain bisa untuk menu harian, sambel pecel Jego bisa juga untuk hadiah dan oleh2.
      Ada beberapa testimoni dari pelanggan kami di sini
      Kami melayani penjualan ke semua daerah di Indonesia.
       
      Pemesanan bisa melalui
      FB= http://facebook.com/pejuangkuliner
      wa= 0811203096
      ig= pejuangkuliner
       

    • By Pia Bandung
      Oleh Oleh asli Bandung, VERY DELICIOUS ! tanpa bahan pengawet, rasa Keju, Coklat Almond, Taro, Susu, Greentea
      Facebook Fanpage : https://facebook.com/piabandung
      Info : http://piabandung.com
      Dicari : Reseller untuk Kota kota Besar di seluruh Indonesia
      Hubungi : WA 08980541645

    • By MKS Travel
      MKS - TOUR & TRAVEL
      Ready bro & sist..
      Open Order Tiket Pesawat & Hotel 
      #SELURUHINDONESIA dan #MANCANEGARA
      Diskon 10 - 25 %
      --------------------------------------------
      ID LINE@ : http://line.me/ti/p/%40pbh4575v
      WA / TLP : 0823-9889-7889
      PIN BB : 586CC1CD
      --------------------------------------------
      # SILAHKAN INVITE KONTAK YANG ADA DIATAS DAN MEMULAI OBROLAN!
      # DIJAMIN MURAH DARI TRAVEL LAIN
      # SILAHKAN BANDINGKAN HARGA

    • By andiana
      Hai hai hai!
      Posting baru lagi setelah lama gak update di sini. Ceritanya sih habis jalan ke Cirebon bareng anak-anak dan sahabatku yang juga bawa anaknya.
      Jadi, ini hasil jalan, banyak makannya ya jelaslah, tujuan ke daerah itu kudu makan khas tempat tersebut. masa jauh-jauh dari Bandung ke kota lain nyarinya kiefsi? Yhaaaaa.....
      Wisata Kuliner Di Cirebon <---- silakan dibaca dan ditambahkan di kolom komentar, kalau ada kesalahan deskripsi atau pencamtuman harga makanan
      Docang itu rasanya bagaimana sih? AKU LUPA! *sedih* Tempo hari ke Cirebon gak sempet banget lah makan docang, meski udah dikasih tau, kudu diingat kembali. Yaaaaaaa.....
      Sate Kalong itu katanya enak, tapi seumur hidup belum pernah cobain dan aku gak nemu kemarin. Emangnya kudu cari di mana sik? 
      Baiklah, aku akan meneruskan jalan-jalan cari makan khas daerahnya. Ntar apdet lagiiii....