• 0
Sign in to follow this  
Followers 0

Indofood vs Wings Food


Question

Posted

waktunya melanjutkan cerita dari post saya sebelumnya yang di sini: http://forum.jalan2.com/index.php?/topic/2299-taukah-kalian-indomie-supermi-dan-sarimi-itu-berasal-dari-1-perusahaan/

Jadi ceritanya indomie, supermi, dan sarimi yang semua sudah berada di bawah 1 perusahaan, yaitu PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. sudah mendominasi bisnis mi instan di Indonesia. Tapi ternyata, pada tahun 2003, ada satu perusahaan yang ingin berusaha mengambil pasar dari mi instan ini. Perusahaan itu adalah Wings Food. Lalu produk apa yang menjadi andalan mereka? Mie sedaap!

Ketika produk mie sedaap ini pertama kali keluar, tentunya Indofood santai-santai aja, karena memang rasanya itu seperti anak kucing mau nantang macan. Tapi apa yang terjadi? ternyata mereka sudah salah. Mie sedaap berhasil maju sebagai salah satu mi instan yang sukses, sampai Indofood mulai stress memikirkan pesaing mereka ini.

Salah satu yang akhirnya menjadi strategi Indofood dalam menghadapi mie sedaap adalah menantang dengan menggunakan merek supermi. Varian yang diturunkan untuk bersaing dengan mie sedaap adalah... supermi sedaaap.. ya.. teman2 sekalian ga salah baca... supermi sedAAAp dengan 3 A, lebih panjang dari mie sedAAp yang cuma pakai 2A wkwk. Tindakan Indofood ini sendiri katanya sempat membuat penggemar supermi menjadi agak marah karena merek tercinta mereka seperti "turun pangkat".

Tapi walaupun sudah melakukan berbagai macam strategi untuk menghajar mi sedaap, Wings Food tetap bertahan. Nah, moral dari persaingan ini adalah kita harus selalu berinovasi, apalagi di dalam perusahaan. Jangan hanya "berpangku tangan", karena pesaing akan selalu muncul dari mana saja, termasuk dari yang tidak terduga seperti kasus mi sedaap ini.

Semoga cerita ini berguna ya untuk teman-teman yang kerja di perusahaan, atau yg buka usaha sendiri :D

Mie_Sedaap.jpg2007-10-migoreng3-1_p.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

11 answers to this question

  • 0

Posted

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

yup tul.. hrs selalu berhati-hati.

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

wahaha.. kalau saya sich semua merek sama aja.. tetep enak..

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

oh begitu ya? lain kali boleh saya cobain nich biar tau.. Kalau setau saya sich urusan rasa hrsnya menang Indo.. tapi ya gitu.. rasa makin umami kan brarti makin ga sehat wkwk.. kl urusan kesehatan pasti lebih menang mie dr luar.

:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

oh blm pernah coba dua2nya? jadi selama ini makan mi instan apa? indomie kah?

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

wahaha iya temennya temen saya juga org Thai titip indomie sama temen saya yg org Indo.

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

iya.. kl di Nigeria itu indomie uda kaya makanan pokok, malahan banyak org luar yg pikir kl Indomie itu sebenarnya produk Nigeria wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

wih kayanya sich penggemar mie instan ya... sampai bisa bikin peringkat-peringkat begitu wkwkw..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Posted

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

wkwkw ini bahas apapun yang bisa dibahas dech. Iya memang mi sedaap itu pinter dengan iklan-iklannya hehe. Wah tapi kalau urusan jingle yang populer mah, ga da yang bisa ngalahin Indomie, bukan cuma dipakai di Indomie, dulu aja SBY waktu maju jadi capres, nyanyinya itu.. SBY.. presidenku wkwkwkw. Uda ga da lawan lah itu jinglenya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0