• 0
Sign in to follow this  
desmaster

Indofood vs Wings Food

Question

waktunya melanjutkan cerita dari post saya sebelumnya yang di sini: http://forum.jalan2.com/index.php?/topic/2299-taukah-kalian-indomie-supermi-dan-sarimi-itu-berasal-dari-1-perusahaan/

Jadi ceritanya indomie, supermi, dan sarimi yang semua sudah berada di bawah 1 perusahaan, yaitu PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. sudah mendominasi bisnis mi instan di Indonesia. Tapi ternyata, pada tahun 2003, ada satu perusahaan yang ingin berusaha mengambil pasar dari mi instan ini. Perusahaan itu adalah Wings Food. Lalu produk apa yang menjadi andalan mereka? Mie sedaap!

Ketika produk mie sedaap ini pertama kali keluar, tentunya Indofood santai-santai aja, karena memang rasanya itu seperti anak kucing mau nantang macan. Tapi apa yang terjadi? ternyata mereka sudah salah. Mie sedaap berhasil maju sebagai salah satu mi instan yang sukses, sampai Indofood mulai stress memikirkan pesaing mereka ini.

Salah satu yang akhirnya menjadi strategi Indofood dalam menghadapi mie sedaap adalah menantang dengan menggunakan merek supermi. Varian yang diturunkan untuk bersaing dengan mie sedaap adalah... supermi sedaaap.. ya.. teman2 sekalian ga salah baca... supermi sedAAAp dengan 3 A, lebih panjang dari mie sedAAp yang cuma pakai 2A wkwk. Tindakan Indofood ini sendiri katanya sempat membuat penggemar supermi menjadi agak marah karena merek tercinta mereka seperti "turun pangkat".

Tapi walaupun sudah melakukan berbagai macam strategi untuk menghajar mi sedaap, Wings Food tetap bertahan. Nah, moral dari persaingan ini adalah kita harus selalu berinovasi, apalagi di dalam perusahaan. Jangan hanya "berpangku tangan", karena pesaing akan selalu muncul dari mana saja, termasuk dari yang tidak terduga seperti kasus mi sedaap ini.

Semoga cerita ini berguna ya untuk teman-teman yang kerja di perusahaan, atau yg buka usaha sendiri :D

Mie_Sedaap.jpg2007-10-migoreng3-1_p.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

11 answers to this question

  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

bener atuh...meski sudah di atas angin dan punya pangsa pasar yang sudah sampai tingkat internasional, tapi kalo lengah sedikit bukan tidak mungkin akan dicuri oleh pesaing kita...

btw, saya nih termasuk pecinta mie sedap lho...

karena rasa ngga bisa bohong...hehehe...peace ya sama penggemar indomie :lol:

yup tul.. hrs selalu berhati-hati.

tapi daripada mi sedap saya lebih suka indomie :)

dulu pernah makan mie sedap, tapi enek skg... enaknya mi sedap kalo dicampur sam menu lainnya dehhhh :)

wahaha.. kalau saya sich semua merek sama aja.. tetep enak..

IMO

Kalo dibandingin ama mie instan negara tetangga, masih enak mie instan yang buatan negara tetangga kita..

Ane sih udah pernah nyoba dari 2 negara: Thailand ama Korea...

Tekstur mie-nya masih lebih bagus yang luar punya dibandingin ama indomie dll...

oh begitu ya? lain kali boleh saya cobain nich biar tau.. Kalau setau saya sich urusan rasa hrsnya menang Indo.. tapi ya gitu.. rasa makin umami kan brarti makin ga sehat wkwk.. kl urusan kesehatan pasti lebih menang mie dr luar.

:lol: seru juga yaaah pesaingannya dan tentang supermi sedaaap itu gw juga baru tau...belum pernah juga sih coba mie sedaap ataupun supermi sedaaap

oh blm pernah coba dua2nya? jadi selama ini makan mi instan apa? indomie kah?

mie indonesia paling enak deh. waktu ane tinggal di singapur aja banyak banget orang singapur ke batam beli beberapa dus indomie.

wahaha iya temennya temen saya juga org Thai titip indomie sama temen saya yg org Indo.

tapi di beberapa negara bagian afrika Indomie dijadikan salah satu makanan favorit mereka dan makanan sehari jugga lhooo (CMIIW)

nihhhh ada videonya dan bbrapa lainnya ada di sebelahnya

iya.. kl di Nigeria itu indomie uda kaya makanan pokok, malahan banyak org luar yg pikir kl Indomie itu sebenarnya produk Nigeria wkwk

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
Lyn    8

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

tapi daripada sarimi sih emang lebih enak mie sedap hahaha cuma kalau di suruh milih antara mie sedap atau indomie jelas indomie jauh lebih enak

wih kayanya sich penggemar mie instan ya... sampai bisa bikin peringkat-peringkat begitu wkwkw..

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

Hahaa.. ini membahas bisnisnya kan bukan rasa mie nya? Hahahaha karena jujur saja meski saya ga bilang mie instan tdk enak, tp saya gamau bilang saya memfavoritkan mie instan Hahahaha.. krn ini termasuk makanan yang berbahaya buat kesehatan. Saya pikir, Mie sedaap bisa masuk dalam persaingan kelas berat karena iklan besar2an di berbagai media, dalam beberapa jam, iklan mie sedap, dan kata "sedap"nya diulang2 terus, makanya kenapa indomie terus bikin lomba jingle2, supaya lagu2nya terus diingat orang,

wkwkw ini bahas apapun yang bisa dibahas dech. Iya memang mi sedaap itu pinter dengan iklan-iklannya hehe. Wah tapi kalau urusan jingle yang populer mah, ga da yang bisa ngalahin Indomie, bukan cuma dipakai di Indomie, dulu aja SBY waktu maju jadi capres, nyanyinya itu.. SBY.. presidenku wkwkwkw. Uda ga da lawan lah itu jinglenya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ViCar Bromocorah
      Gunung yang satu ini letak nya di Bandung  Selatan,, buat temen temen forum jalan jalan yang suka mendaki gunung artapela ini wajib di coba, bagi pendaki pemula enggak perlu hawatir, track nya tergolong bersahabat. 
      Selamat mendaki.

       
      Sumber : gunung artapela
    • By elinaid
      Usaha pada bidang masakan, saat ini memang sangat menarik. Tapi, tentu membutuhkan berbagai macam faktor pendorong supaya bisnis dapat jalan terus maju dan tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis sejenis.

      Salah satu usaha masakan yang dapat kamu jalankan adalah katering. Usaha katering ini cenderung lebih aman ketimbang membuka restoran makan yang belum tentu rame. Selain itu, makanan yang disiapkan oleh katering adalah yang sesuai dengan pesanan. Jadi, dapat diprediksi tidak akan rugi diakibatkan makanan tersisa karena memang makanan yang diolah sesudah adanya orderan.

      Untuk seorang yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis masakan terutama katering, kamu sepatutnya mempelajari terlebih dahulu apa saja yang perlu disiapkan. Jangan terburu-buru membangun bisnis tanpa tahu langkah ke depannya akan seperti apa.

      1. Menambah pengetahuan dan wawasan

      Sebelum mengawali membuka usaha katering, hal pertama yang semestinya kamu lakukan yaitu mencari tahu tentang seluk beluk usaha katering. Seperti yang sedang kamu lakukan sekarang ini dengan melihat tulisan ini.

      Mencari info ini penting, jangan sampai kamu sudah mulai mengelola usaha katering, tapi tak tahu bagaimana mengembangkannya. Akan amat repot dan hasilnya kurang maksimal jika langsung jalan dan kamu baru mempelajari setelahnya. Karena, bisnis makanan itu tentu beda dibandingkan bisnis di bidang fashion atau yang lain.

      2. Siap-siap Modal

      Setelah mempunyai ilmu mengenai katering, langkah berikutnya adalah menyiapkan modal. Modal ini dipakai untuk apa? Tentu saja untuk penyediaan alat. Misalkan saja kamu memerlukan kelengkapan memasak untuk 100 porsi, mungkin bila orderannya masih sebesar itu, kelengkapan yang ada di dapur masih sanggup untuk melayaninya. Akan tetapi, saat pesanan kian banyak, butuh lebih banyak peralatan agar waktu yang digunakan untuk memasak lebih efisien.

      Selain kelengkapan masak, kamu juga memerlukan dapur untuk memasak. Dapur rumah masih dapat dipakai, tetapi perlu penataan ulang supaya ketika mengerjakan orderan lebih mudah. Kamu juga akan memerlukan rak khusus untuk tempat peralatan, bumbu-bumbu, dan peralatan lainnya.

      Untuk pemula, biasanya akan memerlukan biaya yang tidak terlalu besar untuk membeli bahan makanan saat ada pesanan. Estimasi tarif yang diperlukan sekitar 500 ribu sampai 2 juta rupiah. Tentu seluruh itu tergantung dari orderan yang sedang kamu kerjakan.

      3. Menjaga Kualitas Makanan

      Menjaga mutu makanan itu sangat penting, apalagi untuk usaha katering. Karena, konsumen biasanya coba-coba dulu menggunakan jasa katering yang belum pernah ia gunakan. Nah, saat kwalitas dan rasa dari makanan yang kamu masak baik, tentu hal ini dapat menjaga pelanggan supaya nantinya pesan lagi ke katering yang kamu miliki.

      Selain itu, pengunjung sebuah acara pasti akan bertanya pada yang tuan rumah rasa dan mutu makanannya enak. Hal ini juga dapat menjadi promosi gratis yang dapat kamu lakukan.

      Tapi, yang lebih penting lagi, makanan ini ialah barang yang gampang sekali basi. Jika kualitasnya tak kita jaga, tentu dapat memberi pengaruh umur makanan tersebut.

      Dan, saat makanan yang kita sajikan telah tak sesuai, bisa - bisa menyebabkan keracunan.

      4. Selalu Membuat Inovasi Baru

      Setiap bisnis tentu membutuhkan sebuah kreatifitas supaya bisa bersaing dengan kompetitor. Begitu juga dengan bisnis katering, kamu semestinya dapat membikin sesuatu yang baru supaya tidak tertinggal dan tetap bisa menarik pelanggan.

      Kreatifitas dalam bisnis katering ini ada banyak yang dapat kamu lakukan, misalnya memperbanyak menu yang ada, membuat paket dengan harga yang relatif terjangkau atau bersaing dengan kompetitor atau inovasi lain yang mungkin dapat mendongkrak penjualan kamu.

      5. Manajemen Waktu Terkait Penyajian

      Penyedia jasa tentulah sangat terikat oleh waktu, saat ada orderan  yang seharusnya siap jam 8 pagi, tentu kita sudah mengantarkannya lebih awal. Kalau ada orderan untuk acara prasmanan, tentu kita seharusnya lebih awal lagi untuk mempersiapkan semuanya.

      Nah, ketepatan waktu penyajian ini menjadi amat penting karena konsumen tentu tidak ingin jika acaranya jadi batal hanya karena makanan yang belum siap. Oleh karena
      itu, kamu harus dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah, mengantarkan, serta menyajikan makanan hingga dapat dinikmati oleh konsumen.

      6. Sedikit banyak Belajar Teknik Marketing, Termasuk Dunia Internet

      Di jaman yang serba komputerisasi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi informasi tentu akan menjadi hal yang wajib. Sebagian orang akan mencari sesuatu yang ia butuhkan secara online, termasuk saat akan mencari katering untuk acara yang akan diadakan.

      Tidak perlu hal yang susah dikerjakan, kamu bisa mulai dari membikin sebuah fanspage pada Facebook, atau mungkin membikin sebuah akun Instagram. Nah, ketika mulai bisa memanfaatkan media sosial, langkah selanjutnya adalah membikin sebuah website. website diperlukan agar bisnis yang kamu jalankan nampak lebih serius dan membuat orang lebih percaya.

      Tapi, jangan tinggalkan juga promosi secara offline ya, hal ini tentu tak akan pernah bisa tergantikan.

      7. Sesekali Mencoba Bereksperimen

      Seperti halnya berinovasi, bereksperimen ini juga perlu sekali-sekali dilakukan. Kamu bisa bereksperimen tentang menu yang akan dijadikan, paket yang kelihatannya akan menarik konsumen, atau mungkin sistem penyajian dari makanan. Semua bisa kamu coba dan kreasikan sampai menemukan mana yang hasilnya memuaskan.

      8. Belajar Menetapkan Tarif yang Rasional

      Salah satu alasan konsumen memilih sebuah jasa katering adalah tarifnya yang cocok. Jangan pernah menetapkan harga yang terlalu tinggi sedangkan kamu baru mengawali usaha katering. Tetapkan harga yang sesuai dengan pasar, atau jikalau dapat sedikit bersaing sehingga konsumen akan menggunakan katering milik kamu.

      9. Jangan Bermental Lemah

      Selain mengurusi keadaan sulit teknik perkateringan, jiwa yang kamu punya juga harus kuat. Karena, bisa jadi kamu menerima konsumen yang kurang sabar dan banyak komplain. Apabila mentalmu kurang kuat, bisa jadi baru mendapatkan satu kali orderan saja telah berkeinginan berhenti.

      10. Kendala Umum yang Sering kali Dihadapi
      Ada banyak kendala yang acap kali menjadi problem saat kita membuka usaha katering, seperti banyak pesaing usaha katering, masakan yang tidak cocok dengan selera pelanggan, izin usaha yang belum didapatnya, pengelolaan orderan yang biasanyakerap mendapat komplain.

      11. Belajar dari Orang Lain yang telah membuka bisnis masakan

      Setelah sukses menjalankan bisnis katering, kamu juga perlu untuk menimba ilmu dari pengusaha yang sudah lebih dahulu terjun dalam dunia katering. Ada banyak orang yang dengan suka rela menjelaskan ilmu tanpa ditutup-tutupi.

      Tapi ingat, kamu mesti tahu dengan siapa berbicara. Sebelum belajar dan menggali cerita dan pengalaman, usahakan kamu sudah mengakrabkan diri terlebih dahulu.

      Jangan tiba-tiba seketika meminta untuk diajarkan, padahal kita belum meperkenalkan diri terlebih dulu.

      Nah, itu tadi beberapa hal yang mesti kamu persiapkan ketika memulai membuka usaha katering. Selalu utamakan kenyamanan pelanggan agar kamu menerima konsumen yang setia dan nantinya dia akan mengorder kembali.
    • By talentaorganizer
      Nyai Rasa Resto & Galeri di Jl Cipete Raya No 65, Jakarta Selatan adalah sebuah resto sekaligus galeri seni
    • By Eko Carbon Prasetyo
       


      Jam 1 malam,duit tinggal 7 ribu ditambah pengen nyari suasana lain selain angkringan? Apa iya bisa? 
      Pikiran saya langsung tertuju pada warung kaki lima yang menyediakan menu rumahan.Tapi ada satu yang saya incar.Bubur tumpangnya itu lho. Seporsi 3 ribu rupiah. 
      Salah satu streetfood favorit yang pas banget buat manusia nokturnal kayak saya. 

      Bayangin aja,jam 1 malem bisa dapet makanan semurah ini..hehehe 

      Pengen tau lebih detailnya? Cek video saya yang satu ini.
    • By dernz27
      Halo semua,
      Salam Kenal 
      Sesuai judul, saya ingin tanya pantai mana saja di daerah selatan malang yang kita bisa berenang atau main main air cantik gitu hehehe..
      ps : selain pantai tiga warna dan gatra ya, karena kesananya hari kamis dan pengelolanya tutup hari kamis.
       
      Sesudah capek2 di pantai, saat nya makan nih... tp butuh referensi juga kuliner enak unik di malang rekomendasi teman-teman jalan2.com
       
      Thanks before 
    • By citrariana

      Sawaddi Kab! Sawaddi Kha!
      Thailand merupakan negara tetangga yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia. Letak geografis yang strategis serta mudahnya tarnsportasi menuju Thailand yaitu cukup naik pesawat saja membuat negara ini menjadi tujuan favorit. Selain itu, Thailand juga terkenal dengan masyarakatnya yang menjaga budaya leluhur dengan sangat baik. Tidak heran bila terdapat banyak acara adat yang diselenggarakan di Thailand seperti Festival Loy Krathong. Mengunjungi Thailand tentu tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Berikut beberapa rekomendasi surge belanja di Thailand yang dapat Anda kunjungi.
       
       
      Pantip Plaza

      Tempat ini menjual berbagai macam barang elegtronik. Anda dapat membawa pulang gadget yang Anda inginkan dengan harga yang lebih terjangkau dari tempat lain. Barang yang ditawarkan adalah barang dengan garansi resmi lho. Namun, jangan gegabah untuk langsung membeli ya! Sebaiknya Anda menjelajahi setipa toko dulu karena setiap toko menawarkan harga berbeda. Hal ini memang sedikit merepotkan. Namun, Anda pasti akn puas bila mendapat harga terbaik bukan.
      The Platinum Fashion Mall

      Siapa penggemar fashion Korea, Hong Kong, atau Jepang? Maka tempat ini sangat cocok bagi Anda. Anda dapat menemukan fashion pria maupun wanita lengkap mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Sekali lagi, Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan. Mall lima lantai ini susah didesain untuk memudahkan pengnjung yaitu dengan mengelompokkan bebrbagai pakaian wanita, pria, anak-anak, dan aksesoris secara terpisah. Tak lupa terdapat food court di dalam mall ini. Anda dapat mencicipi berbagai hidangan Thai sembari melepas lelah. Letak mall ini hanya bersebelahan dengan Palntip Plaza.
      Central World

      Ini dia surganya barang bermerk. Berlokasi di Rajchaprasong Juncton, pusat belanja ini menjual berbagai macam produk fashion, gadget, jam tangan hingga buku. Penjualan terlarisnya adalah jam tangan. Jam tangan di pusat belanja ini termasuk yang paling lengkap. Memberikan oleh-oleh jam tangan pasti akan sangat bermakna bagi yang menerimanya.
      Oleh-oleh Khas Thai
      Tidak sulit untuk membeli barang khas Thailand. Anda dapat menemukannya hamper di setiap area wisata. Namun, bila Anda ingin berburu oleh-oleh khas Thailand lebih baik Anda datang ke MBK Center, Chatuchak Weekend Market, dan Amarin Plaza. MBK Center. Beberapa tempat tersebut merupakan pusatnya oleh-oleh khas Thailand. Di Amarin Plaza misalnya, Anda dapat membeli kain sutra Thailand.
      Kuliner Thailand
      Beberapa tempat yang kami rekomendasikan adalah Shukumvit Road dengan konsep pasar malam. Di sana kamu harus pintar menawar ya. Selanjutnya adalah Khao San Road. Tempat ini merupakan tujuan para pelancong luar negeri. Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini pada sore atau malam hari. Tang terakhir adalah kompleks China Town. Di sana berjajar berbagai restoran di sepanjang jalan. Selain itu, Anda dapat membeli pernak pernik.
       
    • By Wisnu Jibonk
      Potong gigi (bahasa Bali: mepandes, mesangih atau metatah) adalah upacara keagamaan Hindu-Bali. Upacara ini termasuk apa yang disebut dengan istilah upacara manusa yadnya. Ritual yang dilakukan pada saat potong gigi adalah mengikis 6 gigi bagian atas yang berbentuk taring. Tujuan dari upacara ini untuk mengurangi sifat buruk (sad ripu) pada yang bersangkutan. (Source: Wikipedia)
      Upacara Potong Gigi sebagai salah satu bentuk untuk membayar hutang budi kepada leluhur. Manusia dalam hidupnya mempunyai tiga hutang budi yang disebut Tri Rnam dan salah satu diantaranya adalah Pitra Rnam yaitu hutang budi kepada orang tua (leluhur) yang menyebabkan manusia lahir, jadi untuk membayar hutang budi kepada leluhur harus dibayar dengan memelihara dan mengupacarai keturunannya ( pari sentana ).
      Merupakan suatu simbolis untuk melenyapkan atau mengendalikan hawa nafsu yang disebut Sadripu adalah enam musuh yang ada dalam diri manusia yaituKama;keinginan, Kroda;kemarahan, Lobha; serakah, Moha; kebingungan, Matsarya; dengki / irihati, dan Mada; mabuk. (Source: http://jibonkrocksite.blogspot.com/)