• 0
Sign in to follow this  
Wira Tour Jogja

Liburan Keluarga Bareng satwa Liar di Kebun Binatang Gembira Loka

Question

Yogyakarta-Kebun Binatang Gembira loka yang letaknya berada di area seluas 20 hektar ini memiliki lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora. Selain kandang untuk koleksi satwa yang langka, terdapat juga wahana permainan anak dan juga taman untuk bersantai bersama keluarga. Pada awalnya Gembira Loka adalah tempat untuk memelihara satwa-satwa peliharaan kerajaan keraton Jogja, akan tetapi oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX kemudian dijadikan Kebun Binatang publik yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Kebun binatang Gembira Loka awalnya sempat tidak terjaga dan terurus, baik dari segi perawatan satwa-satwanya maupun infrastruktur yang ada sehingga kurang diminati wisatawan. Namun sejak di renovasi dan dibenahi pada tahun 2010 dengan memperbaiki kandang dan penertiban pedagang kaki lima, kini pengunjung kebun binatang Gembira Loka dapat mengalami peningkatan. Bahkan menurut data  dari Dinas Pariwisata DIY, banyaknya pengunjung kebun binatang Gembira Loka menempati urutan ketiga setelah Malioboro dan Keraton Jogja.


gembiraloka 12.JPG


Jalan menuju kebun binatang Gembira Loka bisa diakses dengan menggunakan semua model transportasi darat pada umumnya. Alamat kebun binatang Gembira Loka berada di Jalan Kebun Raya No. 2 Kota Gede, Yogyakarta. Anda bisa menggunakan alat transportasi umum yaitu seperti bis Trans Jogja dari terminal Giwangan dengan memakan waktu hanya sekitar 20 menit. Jika menggunakan kendaraan pribadi atau mobil, rute perjalanan anda akan lebih mudah jika Anda melalui jalan ring road timur lalu berbelok ke arah barat memasuki jalan Wonocatur hingga Anda bias melihat ada jembatan, di sebelah situlah lokasi kebun binatang Gembira LokaJika Anda dari jalan Malioboro, berbeloklah ke arah timur dari perempatan Malioboro depan kantor pos Indonesia lalu berjalanlah lurus sejauh kurang lebih 6 km. Jika Anda sudah menemukan jembatan penyebrangan maka Anda akan mendapatkan papan Gembira Loka di sebelah selatan jalan, di sebelah situlah lokasi kebun binatang Gembira Loka.

gembira loka 8.JPG

Jogja memang menarik dan begitu indah, banyak tempat wisata yang mengagumkan, dari hutan pinus, lava tour, pantai indrayanti, candi prambanan, pantai parangtritis dan masih banyak lagi lainnya, yang membuat jogja itu istimewa. 

gembiraloka 19.JPG

 

SUMBER

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

1 answer to this question

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Wira Tour Jogja

      Pantai yang satu ini termasuk salah satu wisata pantai yang terkenal di Gunungkidul. Pantai ini namanya Pantai Kukup, selain memiliki pemandangan indah dan panorama Pantai Kukup yang begitu mempesona. Pantai Kukup ini juga memiliki daya tarik tersendiri dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di jajaran pantai selatan, Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Pantai satu ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah IstimewaYogyakarta. Lokasi Pantai Kukup ini masih berada satu jalur dengan pantai-pantai yang ada di deretan pantai Gunungkidul lainnya seperti Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sundak, Pantai Timang dan pantai lainnya.

      Saat berkunjung ke Jogja coba sempatkan diri untuk menikmati deburan ombak Pantai Kukup di Kecamatan Tanjung Sari yang masuk wilayah kabupaten Gunungkidul. Pantai yang masuk di dalam bagian pesisir pantai selatan Jawa, juga memiliki pasir pantai putih serta air laut jernih. Nikmatilah deburan ombak yang menerjang serta angin sejuk sepoi-sepoi sambil duduk di bebatuan karang yang kokoh dengan sambil menikmati panorama alam yang ada disana. 

      Untuk sampai ke lokasi objek wisata Pantai Kukup, anda bisa naik kendaraan pribadi berupa motot atau mobil dari kota Yogyakarta dengan lama perjalanan kurang lebih sekitar satu setengah jam. Jalan menuju ke Pantai Kukup Gunungkidul pun sangat lancar, terjaga dan terawat, jadi anda dapat dengan nyaman, mudah dan cepat untuk sampai ke sana. Setelah sampai di tempat tujuan maka anda bisa melihat pemandangan alam pantai yang mempesona. Untuk melihat keindahan laut dan alamnya untuk lebih jelas maka anda bisa menuju atau datang ke gardu pandang di Pantai Kukup. Gardu pandang ini letaknya di atas sebuah batu karang kokoh yang menjorok ke arah laut dan batu karang ini terpisah cukup jauh dari pesisir pantai. Untuk sampai ke Gardu Pandang Pantai Kukup, anda dapat melewati jembatan yang sengaja dibuat untuk menghubungkan batu karang tersebut dengan daratan dekat pesisir pantai.

      Pantai Kukup ini sangat unik dan memiliki pemandangan indah yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Gunungkidul lainnya sebab Pantai yang satu ini memiliki wilayah pantai yang cukup luas, dengan pasir pantai putihnya yang membentang dari timur hingga barat dan dikelilingi oleh bukit-bukit di sekitarnya. Di bagian bibir pantai terdapat lantai karang yang menjorok lumayan jauh hingga ke selatan. Saat air laut sedang dalam kondisi surut, anda juga bisa melihat terumbu karang dan aneka biota laut seperti ikan-ikan kecil, rumput laut, dan lain-lain.
      Selain bisa melihat terumbu karang dan aneka biota laut, anda bisa juga bermain air ataupun mandi di pinggir Pantai Kukup ini. Air lautnya di pinggir cukup tenang, sebab ombak yang datang sudah terpecah oleh lantai karang, sehingga tidak akan sampai ke pinggir pantai. Tapi anda juga selalu waspada dan berhati-hati, sebab permukaan lantai karang yang tidak rata dan adanya terumbu karang yang tajam bisa membuat anda bisa terluka, yang menjadi ciri khas dari Pantai Kukup ini karena adalah adanya sebuah pulau karang yang berada di sebelah timur pantai.
      SUMBER


    • By Wira Tour Jogja
      Keindahan Alam Pantai Drini

      Masih di sekitar Gunung Kidul, Yogyakarta, kali ini kami mau mengajak kalian ke salah satu pantai yang indah nan eksotik, namanya adalah Pantai Drini. Pantai satu ini sangat menarik dengan pemandangan alamnya yang masih alami dan memiliki pulau kecil yang menjadi ciri khasnya. Lokasi tepatnya berada sekitar 4 km dari Pantai Kukup dan 1 km dari Pantai Sepanjang kearah timur. Pantai yang satu ini sangat pas untuk Anda yang mendambakan suasana damai dan alami karena Pantai Drini ini sedikit terisolir sehingga jarang dikunjungi. Pantainya sendiri diapit oleh dua bukit karang yang tinggi dan beberapa bukit kecil, oleh karena itulah jarang orang yang mau mengunjungi Pantai Drini ini. Tapi inilah justru nilai lebih dari Pantai Drini. Karang di pantai ini sangat eksotis. Ada beberapa karang yang ditumbuhi pohon Drini sehingga pantai ini dinamai Pantai Drini.
      Pantai Drini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Pantai satu ini terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. Lokasi Pantai Drini ini juga masih berada satu jalur dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai sundak, dan beberapa pantai lainnya. Selain pulau, Pantai Drini ini juga dihapit oleh dua bukit di sebelah timur dan sebelah barat yang membuat pemandangan semakin menarik. Di pinggir Pantai Drini ini juga terdapat Gazebo yang tertata rapi dan perahu-perahu nelayan yang diparkir dan biasa digunakan para nelayan untuk mencari ikan di laut.
      Airnya sendiri cukup jernih sehingga Anda bisa dengan mudah melihat ikan ikan yang berenag di dalam lautan. Ikan ikan terlihat menari ke sana kemari dii sela sela karang. Anak anak pasti akan sangat senang jika diajak untuk berburu ikan secara langsung di lepas pantai yang dangkal. Tak hanya pemandangannya yang cantik, Pantai Drini sendiri terkenal dengan penduduknya yang sangat ramah. Warga sekitar kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Mereka tak segan menyapa pendatang terlebih dahulu sembari melemparkan senyuman.
      Di Pantai Drini terdapat sebuah pulau kecil yang menjadi ciri khas dan daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke sana. Pulau tersebut merupakan pulau kecil yang berada di tengah pantai dan mempunyai permukaan seperti bukit yang cukup tinggi. Masyarakat di sana juga menyebutnya sebagai Pulau Drini. Pulau Drini ini berada tidak terlalu jauh dari pantai, sehingga saat air laut sedang surut kita bisa menyeberang ke sana dengan berjalan kaki dan melewati tangga yang ada di sana. Dari atas pulau tersebut, kita bisa melihat pemandangan Pantai Drini secara luas. hal ini tentu bisa menjadi pengalaman menarik bagi anda saat berkunjung ke sana.
      Selain dari pulau tersebut, kita juga bisa menikmati pemandangan Pantai Drini dari atas bukit di sebelah timur. Di bukit sebalah timur ini terdapat beberapa gubuk yang disediakan bagi para pengunjung untuk beristirahat dan menikmati pemandangan. Pemandangan dari bukit ini sangat menarik. Dan menurut kami, di sinilah spot terbaik untuk menikmati pemandangan Pantai Drini. Karena dari bukit tersebut, kita bisa melihat pemandangan Pantai Drini lebih luas dengan bukit-bukit di sebelah barat serta pulau yang berada di tengah pantai menghiasinya
      Tidak hanya itu saja, kita juga bisa melihat laut yang luas di sebelah selatan bukit dan tebing-tebing karang di sebelah timur bukit tersebut. Selain bisa menikmati pemandangan, di sana kita juga bisa menikmati udara pantai yang sejuk dan membuat kita menjadi lebih fresh. Setelah puas menikmati pemandangan, waktunya untuk bermain air di pinggir pantai. Air laut di pinggir Pantai Drini ini cukup tenang, karena adanya pulau dan bukit di sekitarnya yang membuat obak tidak sampai ke pinggir pantai. Sehingga masih cukup aman untuk bermain air atau mandi di pantai.

      Sumber
    • By Wira Tour Jogja
      Bantul dengan beragam potensi alam dan masyarakatnya menjadikan salah satu wilayah di Provinsi DIY yang memberikan kontribusi di bidang pariwisata, seni dan budaya. Parangtritis, Sentra Kerajinan Kulit-Manding, Kasongan, Pantai Baron dan masih banyak tempat yang memiliki potensi wisata baik lokal maupun mancanegara. Keterbatasan secara materiil yang berpengaruh terhadap modal bagi usaha kecil tidak menghambat maupun menurunkan kreativitas masyarakat Bantul dalam mengembangkan potensi mereka dengan alam. Segala jenis tumbuhan dan kondisi alam dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pemenuhan kebutuhan yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk kerajinan.

      Salah satu alternatif memperkenalkan produksi kerajinan kepada masyarakat lokal maupun mancanegara dalam satu wadah yaitu dibangunnya kawasan Pasar Seni Gabusan. Terletak di Jalan Parangtritis km. 9 yang merupakan kawasan yang strategis karena berdekatan dengan Sentra Kerajinan-Manding dan Tembi yang memiliki sekitar 50 homestay khas kampung yang sangat disukai wisatawan asing. Selain komoditas hasil kerajinan yang dipasarkan, Kawasan Pasar Seni Gabusan juga menyediakan tempat untuk menyelenggarakan ajang kreativitas dan seni seperti pagelaran wayang kulit, pertunjukkan musik, pameran maupun acara tertentu yang terkait dengan potensi daerah.

       
    • By Rental Mobil Jogja_16748
      Rental Mobil JogjaCars berpengalaman lebih 10 tahun di kota Yogyakarta. Pastikan kebutuhan rental mobil jogja murah anda bersama kami.
    • By Rental Mobil Jogja_16748
      Mau wisata jogja terbaru, ada neh di wilayah KulonProgo barat Jogja. Kamu akan dimanjakan matanya dengan panorama yang indah dan Hijau, angin sepoy2 dan adrenalin yang tak pernah sobat rasakan. Paket wisata jogja dari Rental Mobil Jogja CahyaTransport bisa kamu sewa hanya dengan Rp. 350.000,- 5jam durasi waktu pemakain, kalau mau wisata jogja yg laen silahkan kunjungi link ini http://sewamobiljogja.my.id/paket-wisata-jogja/
    • By andinitantri

      UPDATE

      25 September 2014 - 27 September 2014

      8 Oktober 2014 - 23 Oktober 2014
      25 Oktober - 27 Oktober 2014

      31 Oktober - 2 November 2014

      26 Desember - 28 Desember 2014 Sudah terbooking,

      Tanggal Lain Masih Kosong.
      Reservasi Telp/SMS 085743310169 atau 085743535255

      Lokasi


      KLIK Untuk Memperbesar
       


       
       

       

       
       
       
       
      Kami, RUMAH KITA, menawarkan jasa sewa rumah murah harian dengan view persawahan di lingkungan yang aman, nyaman dan tenang dengan fasilitas lengkap (include perabot ) di Kota Yogyakarta.

      Kami menyewakan satu rumah ( type 80/115 ), bukan per kamar atau per floor sebesar Rp. 300.000 dengan fasilitas
      - Kamar Tidur ( 2 kamar tidur + Sofa bed )
      - TV
      - Ruang Tamu
      - Kamar Mandi
      - Dapur include Magic Jar, Kulkas, Dispenser, dll
      - Mesin Cuci 2 tabung
      - Makan Pagi. ( max 4 orang. Pop Mie + Kopi Teh dan Gula ).


      No AC, No Hot Spot, No TV Kabel

      Lokasi Rumah Kita di Perum Balecatur, Jalan wates KM 7 ( jarak 7 km dari titik 0 kilometer )
      - 15 menit dari Malioboro.
      - 15 Menit Ke Bandara ( lewat jalur lingkar selatan )
      - Dekat dengan toko 24 jam Indomaret, dekat dengan RS, dan beberapa wisata kuliner jogja ( bebek dargo ) dan pusat jajanan oleh2 Ambar Ketawang dll

      Kami juga menyediakan sewa mobil dengan beragam pilihan seperti
      - Avanza, Xenia, APV
      - Inova
      - Elf, Travello, Pregio
      - Alphard dll

      Preview RUMAH KITA

      View Sekitar Komplek



      Tampak Depan

       







      Ruang Tamu

       

      Kamar Depan





      Kamar Mandi





      Kamar Belakang



      Dapur + Ruang Makan





      Taman Belakang





      apabila anda berminat, silahkan hubungi 085743310169, atau 085743535255, atau email kami di andini.tantri@yahoo.com

      NIKMATILAH Suasana Jogja dengan teman atau keluarga anda di Rumah Kita.

       
      Sewa Rumah, Harga Kamar Hotel Melati
    • By kokoarianto
      heloooow.....nubi mau ikutan share hasil jalan - jalan dari jogja selama 3 hari nih.....satu kata buat Jogja: KEREN!
       
      dari Bali kami berangkat pagi - pagi. Jam 4 gaaan udah harus berangkat dari rumah menuju bandara Ngurah Rai 
      TIba di Jogja kami sudah dijemput oleh Pak Yosi (driver dan pemilik rumah yang kami sewa selama di Jogja). Langsung hari pertama kami minta diajak keliling jogja, terutama ngunjungi candi - candi yang ada di Jogja. Tapi kami minta diantar ke candi - candi yang nggak mainstream (yang banyak pengunjungnya maksut nya...hehehe). Oleh pak yosi, kami diantar mengunjungi candi Sari (candi ini cukup mudah dicapai, hanya beberapa ratus meter ke utara, dari jalan raya jogja - solo) trus lanjut ke candi Sambisari (candi ini cukup unik, karena letaknya lebih rendah daripada permukaan tanah di sekitarnya). Ada pula candi Plaosan, menurut pak yosi, candi ini dulunya adalah hadiah buah cinta dari sang ratu kepada suaminya, Rakai Pikatan. Mereka ini pasangan suami istri beda kepercayaan (Hindu dan Budha). Setelah itu kami diajak ke selatan (saya lupa nama daerahnya) candi ini sering pula disebut candi kembar. Setelah melewati jalan yang berbukit dan pemandangan sawah, ternyata kami diajak ke candi Ijo. Candi ini termasuk favorit saya karena lokasinya yang memang luar biasa. Dan bonusnya, kita bisa melihat langsung landasan bandara Adi Sucipto. Menurut kabar, karena candi inilah pihak pemerintah DIY mengurungkan niat untuk memperpanjang landasan bandar udaranya. Setelah itu kami diajak mengunjungi candi - candi kecil lainnya yang tak kalah bagusnya (candi Barong dan Candi Banyunibo). Setelah puas jalan - jalan kita minta diantar untuk wisata kuliner, Mi Jowo. Nama warungnya sama seperti nama yang punya, Mi Jowo Mbah Mo. Lokasinya lumayan rada susah, karena harus masuk - masuk ke dalam kampung  . Ngantreeee banget gan....tapi sepadan dengan rasa dan kepuasan makan disana. Ternyata, mi nya dimasak saru - per satu (per porsi). Banyangken kalau antrenya sampai 50 orang....
      Capek jalan - jalan dan wisata kuliner, kita diantar menuju penginapannya. Cukup kaget juga setelah tiba disana....bayangkan...hanya dengan 700rb/malamnya, kami sudah dapet penginapan full akses 1 rumah, 2 lantai! penginapan itu sebenarnya normal untuk 5 orang karena ada 2 kamar tidur dengan kasur besar (AC) dan 1 kamar tidur dengan kasur kecil (non AC). tapi ruang tamunya gedeee banget dan ada 3 sofa bed nya.....jadi bisa nampung kami yang ber-9 orang. Nama penginapannya Griya Pandega (kalau agan tertarik, bisa hubungi pak yosi sendiri deh di 08813668225).
       
      Hari kedua di jogja kami dikagetkan oleh pak yosi...karena dia mengetok pintu kami untuk memberikan service makan pagi. yaaah walaupun roti, lumayan lah untuk ganjal perut sementara....hehehe....ternyata kata beliau, roti dan kopi + teh sudah termasuk dalam harga itu...busyet....kaga rugi apa ya dia?
      setelah makan pagi, kami minta diajak ber-adventure di jogja. Pak yosi menawarkan 2 pilihan.....di jogja utara ada rafting dan sepedaan, Di jogja selatan ada wisata susur goa, air terjun dan pantai2 di Kabupaten Gunung Kidul. Setelah berembug, kita memutuskan untuk ke selatan aja...karena lebih menarik (menurut kami lho ya).
      disana kami melakukan aktivitas susur gua Kalisuci dengan memakai semacam ban dalam (truk), terus dilanjut ke Air terjun Sri Gethuk, nyeberangnya pakek "gethek" (rakit tradisional)....ya walaupun dengan berjalan kaki kita udah bisa langsung di bawah air terjunnya, tapi kurang menantang...hahaha...
      Oiya, kita sempat juga mencicipi kuliner khas Gunung Kidul.....nasi beras merah dan sayur lodeh .
      ternyata, pantai - pantai di Gunung Kidul nggak kalah bagus dengan pantai - pantai yang ada di Bali gan! pasir putih dan airnya yang biru jernih bikin mupeng untuk berenang!   Sore hari pulang dari sana, kami diajak mampir ke obyek Gunung Nglanggeran. KEREN! pemandangan di sini mirip pemandangan gunung2 di China.. (taunya sih dari tipi - tipi..hahah). Tapi sayang, pas saat itu agak mendung, jadi kita ngga bisa menikmati sunset di Nglanggeran 
      Malam hari kita diajak ke sate Klatak pak pong. Ngga seperti sate kambing di daerah lain (yang pakai bumbu kecap dan kacang). Sate klatak ini cukup dilumuri garam dan disajikan dengan kuah gulai. 
       
      hari terakir di jogja, kami habiskan untuk berburu oleh - oleh khas, Tp ada pengalaman menarik juga...pada saat di malioboro, oleh pak yosi kami diajak ke kampung pecinan nya jogja...(kami baru tau nih kalo di jogja tuh ada kampung pecinan)
      sebenarnya, kami merasa masih kurang cukup hanya 3 hari saja selama di jogja...
      yuuuk capcussss ke kota pelajar
       
      ini penampakan rumah sewa kami di jogja