Sign in to follow this  
Silverline

Tidak perlu tidur di Kasur - Uniknya Indonesiaku 2

8 posts in this topic

gue, sekali lagi bangga lahir di Indonesia, yang punya sejuta keunikan dan keindahan (baca uniknya indonesiaku 1 yang membahas desa air jamban)

nah, selain jamban, di indonesia ada yang jadiin kasur untuk nama dusunnya. Jadilah dikenal dengan nama Dusun Kasuran.

Berbeda dengan desa Air Jamban, Dusun Kasuran memiliki alesan jelas memilih nama itu. Alasan memilih nama itu adalah sikap anti mereka terhadap kasur. tidak ada cerita tidur di atas kasur, mereka hanya tidur beralaskan tikar dengan alesan takut kena musibah

ginilah kira kira bentuk tidurnya:

a-boks.jpg

benar benar tanpa kasur bukan?

usut punya usut, ternyata suatu sejarah menceritakan bahwa sunan kalijaga berpesan pada Kiai dan Nyai Kasur saat itu tentang malas malasan. "anak cucu saya jangan tidur di kasur biar gak terlalu lelap tidurnya dan malas. Kecuali, mereka sudah mempunyai ilmu yang melebihi atau paling tidak sepadan dengan saya"

apa jadinya kalo dilanggar? sudah banyak yang kejadian yang tidak diinginkan karena melanggar ini, salah satunya adalah mati mendadak

dusun-kasuran.jpg

sering tidur tanpa kasur?silahkan berwisata sekalian ke dusun kasuran di desa Margodadi Kecamatan Sleman, Yogyakarta ini.

bener bener unik, kepercayaan yang sungguh luar biasa. tapi untung saja masih dikasi dipan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

setahu saya tidak hanya di Yogya, mamanya teman saya orang Belitung sama seperti itu tidurnya malah lebih suka di lantai dibanding tidur di kasur :D

nah itu kan cuma satu orang di satu RT bro, kalo ini, semua orang di dusun yang sama gak boleh tidur di kasur bro. begitulah setidaknya kepercayaan mereka

hahahahah ada2 aja neh

tapi emang katanya kalo yang punya masalah tulang belakang

tidur dialas yang keras biar bisa lurus lagi tulang nya :D

bener kalo itu om def, orang orang yang lagi masa penyembuhan mungkin gunanya seeprti itu. nah itu, gak sakit gak apa, mereka harus mau tidur tanpa kasur. jadi kalo misalnya main ke dusun itu, harus siap tidur tanpa kasur bro, walau ada hotel :lol:

bener bener ada ada saja ya kalo kisah2 yang terjadi di Indonesia :)

ternyata di Sleman.ini deket mana ya???

saya koq belum pernah tau :) ihihihihihihihih

itu maseee, di desa margodadi. ya di dalam desa margodadi ada dusun (dusun itu sebelum rw ya? *bingung) yang namanya dusun kasuran. gitu mase :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Tadi jamban, sekarang kasur, ntar apa lagi ya?sapi? Jagung? Ayam? Batu? Apa lagi coba? Unik ya indonesia tu?

Iya, indonesia emang uik bro, jadi senanglah bisalahir di indonesia dengan berjuta keaneka ragaman itu. Belum tau ni ada apa lagi setelah ini, ntar kita lihat aja, tapi sayapikir, masih banyak lah yang uik lagi, secara indonesia sebesar ini kan?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Iya, indonesia emang uik bro, jadi senanglah bisalahir di indonesia dengan berjuta keaneka ragaman itu. Belum tau ni ada apa lagi setelah ini, ntar kita lihat aja, tapi sayapikir, masih banyak lah yang uik lagi, secara indonesia sebesar ini kan?

setelah jalan jalan ke google, ternyata bener mas, banyak banget tempat unik di indonesia. tapi tempat nya yang unik, bukan namanya kaya kasuran ini atau air jamban yang mas tulis juga. misalnya aja ada tempat orang make anting sampe telinganga panjang, pakaian adatnya, dan lain lain

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By klausaklise
      Bagi wanita, terutama, kerutan di wajah merupakan sesuatu yang mengganggu. Kerutan bisa mengakibatkan wajah tampak lebih tua dari sebenarnya. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa wanita lebih suka dibilang awet muda dibanding dibilang cantik. Karena itu, nggak heran kan kalau berbagai produk kecantikan dengan jargon anti aging atau mencegah penuaan banyak dipromosikan. Dan faktanya, banyak juga konsumennnya. Penuaan atau kerutan tersebut sebenarnya bukan hanya dihilangkan atau dicegah dengan produk kecantikan saja. Gaya hidup seperti mengurangi kebiasaan merokok, minum alkohol, sering terkena polusi dan paparan sinar matahari pun dapat membantu mencegah penuaan dini. Dan ternyata, ada kebiasaan yang tak kita sadari bisa menimbulkan garis halus di wajah. Bahkan, garis halus yang memicu kerutan tersebut lebih sulit hilang dari pada kerutan akibat penuaan. Faktor ini juga bisa menjadi faktor pengaruh penuaan lho. Apa itu? Ternyata posisi tidur.
       

      Ya, posisi tidur rupanya memberikan dampak bagi kerutan di wajah. Tentu saja posisi tidur yang salah. Ada beberapa hal yang menyebabkan garis halus tersebut timbul di wajah dan menyebabkan kerutan. Berikut ini yang akan membuat garis halus tersebut muncul di wajah anda.

      - Bantal dan wajah
      Bantal merupakan teman tidur yang pasti harus ada ketika kita tidur. Jika anda tak menggunakan bantal sebagai alas kepala anda, bantal biasanya juga digunakan untuk menutupi wajah. Sayangnya, menurut sejumlah penelitian, menempelkan wajah pada bantal merupakan salah satu faktor yang bisa membuat garis halus dan kerutan pada wajah. Bantal baik itu ketika kita tidur miring atau ketika digunakan sebagai penutup wajah saat tidur, mememicu munculnya garis halus yang konon bahkan sulit untuk diobati. Kebiasaan inilah yang sulit dihindari. Apalagi, tidur dengan menempelkan wajah di bantal sangatlah nyaman.

      Solusinya:
      Untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, kamu bisa melakukan beberapa cara. Pertama, kamu sebaiknya mulai secara rutin mengganti sarung bantal yang sudah kotor. Selain untuk mencegah munculnya garis halus pada wajah, cara ini juga bisa untuk mengindari munculnya jerawat yang mengganggu itu. Sarung bantal juga guling sebaiknya tak terlalu lama dipakai dan diganti secara rutin. Di samping itu, kamu juga bisa memilih bahan sarung bantal yang bisa mencegah garis halus tersebut. Sarung bantal berbahan satin atau kain sutra bisa menjadi pilihan. Sebaliknya, bahan katun, bahan yang paling umum digunakan sebagai bahan sarung bantal ini, bisa menimbulkan garis halus atau kerutan tersebut.

      - Posisi tidur
      Posisi tidur menjadi faktor utama juga yang menyebabkan timbulnya garis halus penyebab kerutan di wajah. Nah, posisi tidur yang salah tersebut adalah:

      * Posisi tidur menyamping
      Posisi tidur yang menyamping merupakan posisi tidur yang nyaman, namun posisi tidur ini menempelkan wajah ke bantal. Itu berarti akan menimbulkan kerutan secara vertikal baik di pipi maupun di dagu. Posisi tidur menyamping juga bisa menimbulkan kerutan atau garis halus pada dahi dan juga sekitar mulut.

      * Posisi tidur telungkup
      Tidur telungkup atau tengkurap merupakan posisi tidur yang paling buruk bukan hanya untuk kecantikan, maupun juga untuk wajah. Posisi ini memang bisa membuat tidur lebih pulas. banyak orang sangat suka melakukan posisi tidur telungkup ini apalagi ketika sedang kelelahan. Kabar buruknya, istirahat atau tidur dengan telungkup bisa membuat kerutan pada dahi.

      Solusinya:
      Solusi untuk posisi tidur ini adalah tentunya memperbaiki posisi tidur itu sendiri. Anda bisa tidur dengan telentang. Posisi ini adalah yang terbaik. Karena dengan telentang, wajah anda tidak akan bersentuhan dengan bantal yang mana bisa mencegah timbulnya jerawat dan juga garis halus. Selain itu, posisi tidur telentang yang lurus juga mempermudah lancarnya aliran darah. Tidur telentang pun dengan posisinya itu akan membuat anda bangun lebih segar dan terhindar dari mata yang bengkak.

      Selain penyebab dan solusi yang sudah ditulis di atas, ada juga beberapa cara lain yang bisa dijadikan solusi untuk mengurangi garis halus penyebab timbulnya kerutan tersebut. Beberapa solusi lain di antaranya adalah:

      - Mengganti posisi
      Tidur menyamping memang posisi tidur yang nyaman, dan tidur telentang yang paling disarankan. Tapi jika anda merasa kesulitan mengubah kebiasaan tersebut, anda bisa mencoba bergonta-ganti posisi tidur. Ke kiri dan ke kanan sehingga kerutan tersebut tidak berpusat pada satu sisi saja. Ganti posisi ke posisi tidur telentang bisa anda lakukan bertahap agar lebih menyehatkan.

      - Menggunakan bantal tambahan
      Cara yang ini merupakan cara agar anda bisa belajar tidur telentang. Anda yang mungkin sedang berusaha tidur telentang tanpa sadar kembali ke posisi semula karena rasa nyaman yang sudah terbiasa. Untuk mencoba tetap pada posisi telentang, anda bisa menambahkan bantal pada kaki anda. Hal ini katanya sih bisa membuat anda tetap pada posisi telentang. Dan untuk membuat anda lebih nyaman dengan posisi telentang tersebut, anda bisa menambahkan bantal pada kepala anda. Jangan lupa, guling juga bisa diletakkan di kaki agar anda tetap pada posisi telentang.

      Itulah beberapa penyebab timbulnya garis halus atau kerutan pada wajah. Solusi di atas juga bisa dicoba untuk mencegah timbulnya kerutan tersebut. Dan berikut ini merupakan beberapa ulasan singkat tentang posisi tidur untuk kesehatan.

      1. Tidur miring
      Tidur miring merupakan posisi yang nyaman dan banyak dilakukan banyak orang. Jika anda salah satunya, sebaiknya pilih miring ke kanan dibanding ke kiri. Pada posisi miring ke kiri, berat badan akan lebih membebani jantung yang pada saat bersamaan sedang bekerja memompa darah. Hal ini akan menyebabkan jantung mudah lelah dan berakibat atau berefek jangka panjang. Posisi tidur miring yang terbaik adalah posisi tidur ala bayi. Posisi ini adalah posisi di manan punggung agak melengkung dan kaki yang sedikit menekuk ke arah dada. Kamu bisa menggunakan bantal agak keras agar mengurangi tekanan pada pundak. Apit guling di antara dua kaki agar pinggul tidak pegal-pegal.

      2. Telentang
      Tidur telentang merupakan posisi yang netral di mana kepala, leher dan juga tulang belakang terbaring lurus. Posisi tidur ini bisa mengurangui sakit leher, meminimalisasi keriput, dan juga bisa bentuk payudara agar tetap baik. Namun, posisi telentang ini kurang menguntungkan bagi yang suka mendengkur. Posisi telentang memang menyebabkan dengkuran karena rahang dan tenggorokan yang menyempit akibat pengaruh gravitasi. Penyempitan tersebut oyn membuat turbulensi udara sehingga membuat getaran dan dengkuran tersebut.

      3. Tengkurap
      Posisi tidur yang ini merupakan posisi tidur yang sebenarnya menguntungkan bagi mereka yang suka mendengkur. Saat pada posisi tengkurap, saluran udara atas menjadi terbuka sehingga anda bisa tidak mendengkur. Namun posisi tidur tengkurap di mana perut di bawah dan punggung di atas ini bisa membuat sakit punggung, kesemutan, nyeri dan pegal-pegal. Posisi yang sering dilakukan oleh mereka yang kelelahan ini bukan pilihan posisi tidur yang pas jika anda punya keluha-keluhan nyeri dan pegal punggung seperti di atas. Tapi jika anda suka mendengkur, posisi ini sangatlah pas.

      Tidur merupakan suatu kebutuhan mendasar yang dibutuhkan setiap makhluk mamalia, termasuk manusia. Tidur juga berperan penting dalam perkembangan otak. Untuk mendapat kualitas tidur yang baik, maka penting untuk mengetahui posisi tidur di atas.
    • By ulie
      Tidur merupakan aktivitas tubuh yang sangat penting, terkadang kita cuek tentang apa dan bagaimana tidur yang baik dari segi kesehatan. Berikut ini beberapa tips tidur yang baik:
      1. Mengatur pola tidur, tidur yang berkualitas bukan bergantung pada durasi waktu tidur, melainkan pada kualitas tidur, jadi meski 1 jam sudah cukup.
      2. Menentukan posisi tidur.
      Posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan kaki kiri di atas kaki kanan dengan sedikit di tekuk, tangan kanan sebagai alas kepala. Posisi ini memudahkan peredaran darah ke otak.
      3. Waktu yang baik untuk tidur adalah pukul 20.00 s.d. 01.00 wib, jangan tidur di tiga waktu yaitu setelah matahari terbit, pada saat matahari berada di tengah2 dan menjelang matahari terbenam. Tidur diketiga waktu itu dapat mengakibatkan pikiran menjadi linglung, karena pada waktu tersebut terjadi peralihan keseimbangan alam.
      4. Gunakan lampu teduh (agak remang), tidur dengan lampu dalam keadaan terang benderang menyebabkan otak tidak maksimal melakukan difragmentasi data2 yang terekam sebelum tidur, hal ini akan memperngaruhi daya ingat dalam jangka panjang.

      Yang perlu dihindari saat tidur
      1. Posisi tidur terlentang atau tengkurap
      2. Tidur setelah matahari terbit, di tengah hari sekitar pukul 12-an dan tidur menjelang matahari terbenam
      3. Menggunakan pencahayaan yang menyengat atau menyilaukan.

      Bagaimana dengan pengalaman jalan2ers??? sharing2 :)
    • By Married2014
      Bus adalah salah satu angkutan yang sering dipakai ketika bepergian. Kadang karena jarak jauh, kita sering tidur diatas bus.
      Berikut adalah tips agar kita bisa tidur dengan enak dan aman:

      1. Jangan duduk dekat pintu.
      alasannya karena banyak yang keluar masuk, pasti ga enak tidurnya.

      2. Jangan dekat smoking room atau wc
      smoking room mungkin di luar negri, tapi kalau wc ada beberapa bus yg ada. sebaiknya tidak dekat2, kadang bisa tercium

      3. Simpan barang berharga ditempat aman.
      dompet dan harta berharga lainnya simpan ditempat yg aman seperti dicelana atau tas yg menempel d tubuh kita.

      4. tidur dengan memeluk tas.
      biasakan tidur dengan memeluk tas, jangan menaruh dilantai atau kursi kosong.

      5. Jangan minum atau makan berlebih.
      Ini untuk menghindari rasa menahan buang air. biasa sangat mengganggu waktu perjalanan.

      6. Jangan kelewatan
      Tidur boleh, tapi jangan sampai tempat tujuan kita terlewat, sekali terlewat harus pindah kendaraan atau jalan kaki lagi.
    • By Married2014
      Kadang setelah tidur, kita tetap tidak merasa fresh karena berbagai sebab, ini adalah beberapa tips agar tidur menjadi lebih berkualitas:
       
      1. Lingkungan tidur
      Pastikan tidur di tempat nyaman dengan suhu yang sesuai, lampu juga diusahakan dimatikan dan tidur 8jam sehari.
       
      2. Makan dan minum
      jangan makan 2jam sebelum tidur, lalu anda dapat minum teh chamomile 2jam sebelum tidur agar menjadi relax
       
      3. Olahraga.
      olahraga adalah salah satu yang sangat2 penting untuk tidur nyenyak, agar peredaran darah lancar dan lebih sehat.
       
      4. Peregangan sebelum tidur
      anda dapat melakukan peregangan seperti yoga atau peregangan biasa, yang bisa membuat tidur kita lebih nyenyak
       
      5. Matikan alat elektronik
      Selain karena cahaya baik dari Hp atau TV, elektronik juga menghasilkan gelombang yang dapat mengganggu tidur kita, jadi sebaiknya mematikan alat2 ketika tidur.
    • By albertorazzi
      Haii jalan2ers :)
       
      pasti pada suka musik donk??
      pasti juga setiap hari mendengarkan musik :)
       
      nahhh yang jadi pembahasan saya, lagu2 tidur/pembuat tidur/menemani jalan2ers akan tidur apa aja???
      kalo saya ada beberapa, kira2 ini 10 besarnya :)
      Heaven It's not easy to be me Harder than you know Time of your life Fall for you Angels Brought me here A thousand years Someone Like you seluruh nafas ini Berdua lagi - Jikustik itu lagu2 yang sering saya dengar sebagai pengantar tidur
      kalo jalan2ers lain apa??
      mungkin bisa jadi tambahan koleksi lagu bobo kita kita :)
    • By zeekyuryu
      Mungkin di antara kita kalau tidur ada yang susah dibangunin, tapi ada juga yang gampang banget terbangun.
      ini hal-hal yang biasany bikin orang terbangun dari tidurnya:

      denger suara keras yang bikin kaget
      mimpi buruk
      kadang2 suka keram
      ditepok
      rep-repan (ga tau nama ilmiahnya)
      ada lagikah?
    • By Lyn
      Sebuah desa di batang-batang,sumenep,madura, mempunyai tradisi unik yaitu tidur diatas pasir. Mereka percaya kalau tidur diatas pasir akan bermanfaat bagi kesehatan mereka, tidur di atas pasir katanya bisa menyembuhkan penyakit rematik sampai gatal-gatal. Bahkan orang terkaya di desa itu pun tidurnya beralaskan pasir, dan di desa itu emang berselimutkan pasir, malahan lantai-lantai mereka masih menggunakan pasir. Tapi manfaat ini belum terbukti secara ilmiah. Saya sendiri sebenarnya kurang percaya, gimana ada yang punya info soal ini? Pada percaya atau nggak sama khasiat tidur di atas pasir ini?