Dimas Alfarizi

Welcome to SEBATIK, Cerita dari Perbatasan Indonesia-Malaysia

15 posts in this topic

Secuil cerita dari perbatasan Indonesia-Malaysia (Pulau Sebatik) :
Mendapatkan kesempatan bekerja di daerah perbatasan begitu berharga. Saat itu perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, salah satu pulau terluar dari NKRI. Banyak hal menarik yang saya temui sehingga saya begitu mensyukuri kehidupan di Pulau Jawa (setelah bersyukurnya saya memasuki daerah/desa tanpa listrik)
 
 
  1. MATA UANG. Hidup di daerah Sebatik, masyarakat disana sangat lumrah melakukan transaksi menggunakan 2 mata uang yaitu Rupiah dan Ringgit Malaysia. Pernah satu waktu saya sarapan nasi kuning dan jumlah yang harus saya bayarkan adalah 18 ribu rupiah. Saya bayar dengan 20 ribu rupiah, yang bikin saya kaget adalah kembalian dengan mata uang ringgit malaysia.
  2. PEMBANGUNAN. Kehidupan di Sebatik menurut saya cukup memprihatinkan dari sisi pembangunan. Bukan tanpa alasan, di seberang laut yang hanya berjarak sekitar 2-3 km (Tawau Malaysia) gedung bertingkat dan cahaya begitu terang benderang. Tapi di Sebatik Indonesia, pasokan listrik yang disuplai PLN sangat pas-pasan meskipun sudah ada pasokan tambahan dari Nunukan. Belum lagi masalah air bersih, di Sebatik Indonesia begitu sulit menemukan air bersih.
  3. BAHAN MAKANAN. Di beberapa toko yang saya datangi, harga bahan pokok untuk kehidupan sehari-hari Alhamdulillah masih sangat wajar. Tidak jauh beda dengan di Pulau Jawa. Namun disini banyak ditemui bahan makanan dari Malaysia, misal beberapa bumbu dapur dan susu.
  4. KEHIDUPAN MASYARAKAT. Warga (baik Malaysia maupun Indonesia) di daerah perbatasan hidup dengan damai tanpa konflik apapun. Mereka hilir mudik keluar masuk wilayah masing-masing dengan santainya. Namun dengan catatan hanya untuk bertransaksi memenuhi kebutuhan sehari-hari secukupnya.
  5. KOMUNIKASI & KONEKSI DATA. Alhamdulillah sinyal GSM disini cukup bagus untuk daerah perbatasan, yang pasti Telkomsel dengan sinyal 4G nya. Bisa berkomunikasi dengan istri dan anak nan jauh disana tanpa hambatan adalah syukur tersendiri. Begitu juga Telkom pun ada disini dengan Indihome nya.
  6. BBM. SPBU Pertamina ada disini dengan harga yang sama dengan di Pulau Jawa. Alhamdulillah.

 

 

IMG_20170204_115908.jpg

IMG_20170204_135417.jpg

IMG_20170205_204004.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, kyosash said:

nice share :rate 

hatur thank you

9 minutes ago, deffa said:

wah urang sunda sampai ke Perbatasan hahaha

jauh petualangan nya euy @Dimas Alfarizi :D 

Alhamdulillah diberikan kesempatan hal yang berbeda di dalam hidup, biar kita bersyukur "betapa indahnya kehidupan di Pulau Jawa"

Share this post


Link to post
Share on other sites
1 hour ago, Dimas Alfarizi said:

hatur thank you

Alhamdulillah diberikan kesempatan hal yang berbeda di dalam hidup, biar kita bersyukur "betapa indahnya kehidupan di Pulau Jawa"

aamiin 

tapi kalau melihat harga2 masih wajar 

saya rasa disana masih cukup aman ya untuk sandang pangan @Dimas Alfarizi

Share this post


Link to post
Share on other sites
20 minutes ago, deffa said:

aamiin 

tapi kalau melihat harga2 masih wajar 

saya rasa disana masih cukup aman ya untuk sandang pangan @Dimas Alfarizi

iya harga-harga memang masih wajar, bahkan rokok lebih murah disana :D (sama kaya kejadian waktu di Alor NTT), tp untuk kehidupan seperti air bersih, pasokan listrik, dsb masih sangat sangat tercukupi di pulau jawa

Share this post


Link to post
Share on other sites
22 minutes ago, Dimas Alfarizi said:

iya harga-harga memang masih wajar, bahkan rokok lebih murah disana :D (sama kaya kejadian waktu di Alor NTT), tp untuk kehidupan seperti air bersih, pasokan listrik, dsb masih sangat sangat tercukupi di pulau jawa

i see infrastruktur masih kurang berarti

Share this post


Link to post
Share on other sites
12 minutes ago, deffa said:

i see infrastruktur masih kurang berarti

iyaps.. miris liat Malaysia di seberang terang benderang.. tapi overall sekarang perbatasan mulai diperhatiin..

total ke perbatasan udah 4x

  1. Pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara
  2. Ketungau Hulu, Sintang, Kalimantan Barat (pernah masuk cerita INDONESIAKU Trans7 di youtube)
  3. Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (yang kemarin didatengin JKW)
  4. Natuna, Kep. Riau

Btw, Milo Malaysia lebih enak daripada yang buatan Indonesia hehe :D 

IMG_20170223_131541.jpg

IMG_20170223_132105.jpg

IMG_20170223_131346.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites
50 minutes ago, Dimas Alfarizi said:

Btw, Milo Malaysia lebih enak daripada yang buatan Indonesia hehe :D 

 

ah iya ini saya juga udah merasakan entah kenapa bisa begitu

kalau Natuna saya pernah dengar Wisata nya lagi dikembangkan ya @Dimas Alfarizi

ini anak yang sering bolak balik natuna cc @Sahat

Share this post


Link to post
Share on other sites
19 minutes ago, deffa said:

ah iya ini saya juga udah merasakan entah kenapa bisa begitu

kalau Natuna saya pernah dengar Wisata nya lagi dikembangkan ya @Dimas Alfarizi

ini anak yang sering bolak balik natuna cc @Sahat

salam kenal kang @Sahat #sungkem

waduh kalo wisata belum tau juga kang @deffa

yang pasti udah liat kapal-kapal asing yang ditenggelamin menteri susi :D 

IMG_20160926_085338.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, Dimas Alfarizi said:

yang pasti udah liat kapal-kapal asing yang ditenggelamin menteri susi :D 

 

bahahah bahaya itu menteri :P 

jangan ampe drone juga di tenggelamkan :P 

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 hours ago, deffa said:

ah iya ini saya juga udah merasakan entah kenapa bisa begitu

kalau Natuna saya pernah dengar Wisata nya lagi dikembangkan ya @Dimas Alfarizi

ini anak yang sering bolak balik natuna cc @Sahat

wah nama gw tersebut. hahhahahahaah masih 2 kali sih kesana. dan emang lagi proses pengembangan disana

2 hours ago, Dimas Alfarizi said:

salam kenal kang @Sahat #sungkem

waduh kalo wisata belum tau juga kang @deffa

yang pasti udah liat kapal-kapal asing yang ditenggelamin menteri susi :D 

 

Punten salam kenal kang @Dimas Alfarizi ...... :melambai

Share this post


Link to post
Share on other sites
15 minutes ago, Sahat said:

wah nama gw tersebut. hahhahahahaah masih 2 kali sih kesana. dan emang lagi proses pengembangan disana

2 hours ago, Dimas Alfarizi said:

masih balik lagi kesana sob? 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now