Sign in to follow this  
cele\

2 Jenis Resep Masakan Rumah Kaya Bumbu Sebagai Referensi

2 posts in this topic

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali menu masakan terbaik yang bisa kita jadikan sebagai pilihan. Selain itu, resep masakan rumah khas nusantara merupakan resep dengan kandungan bumbu terbaik yaitu rempah-rempah alami. Ada banyak resep masakan rumah kaya bumbu yang bisa anda jadikan sebagai pilihan. Dengan memilih jenis menu terbaik, tentunya anda bisa meningkatkan nafsu makan dengan lebih baik. Bagi anda yang saat ini tertarik untuk mencoba jenis masakan khas nusantara dengan kandungan bumbu yang baik, berikut ini akan saya paparkan 2 resep yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

 

1 . Sate Madura

Sate merupakan salah satu resep masakan yang memiliki kualitas bumbu yang kaya. Kini mengolah makanan yang satu ini akan mudah sekali dibuat karena anda bisa membuat bumbunya melalui metode yang cepat menggunakan blender. Bumbu yang digunakan ialah saus kacang dengan rasa manis dan gurih yang kemudian dicampurkan pada daging yang telah dibakar. Untuk daging anda bisa menggunakan jenis daging ayam maupun sapi sesuai dengan selera. Menu ini sekali-kali bisa anda jadikan sebagai menu terbaik untuk di rumah.

 

2 . Sayur Lodeh

Masakan yang satu ini merupakan jenis masakan berkuah yang bisa anda jadikan sebagai pilihan. Sayur lodeh terbuat dari berbagai macam jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatannya. Beberapa jenis bahan tersebut diantaranya seperti terong, tempe, kacang panjang dan beberapa bahan lainnya. Kuahnya kental akan santan dan gurih sekali sehingga cocok untuk anda gunakan sebagai menu masakan untuk pelengkap makan nasi yang biasa anda makan sehari-hari. Lodeh adalah resep masakan rumah kaya bumbu yang bisa anda jadikan sebagai pilihan.

 

Kedua jenis masakan di atas merupakan beberapa dari sekian banyaknya jenis masakan kaya akan bumbu yang bisa anda jadikan sebagai pilihan. Semoga pemaparan artikel ini bisa anda jadikan sebagai referensi yang bisa anda jadikan sebagai pilihan menu terbaik untuk anda olah setiap hari. Anda pun dapat menggunakan Royco yang mampu melezatkan setiap masakan.

download.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ryaryuu
       Jumat malem Sabtu yang kelabu nih. Pulang kerja cepet tapi ditunggu-tunggu yang ngajak keluar eh ga ada maklum single, lagi males juga sih sebenernya …
       
      Btw, ada yang vegetarian disini ? saya mulai mau jadi vegetarian nih, habis lihat temen kantor saya yang vegan gitu, jadi pengen ikutan.
       
      Browsing-browsing tentang vegetarian, eh nemu resep yang aneh-aneh.  Kali ini saya menemukan resep alpukat goring tepung, hm hm… baru dengar juga tentang ini. Saya menemukan resep ini di salah website yang menyediakan resep untuk para vegetarian, tapi menurut saya ga vegetarian juga bisa ko makan ini.
       
      Alpukat, sebagaimana kita tahu merupakan buah dengan banyak manfaat, mengandung vitamin A tinggi , bagus untuk kesehatan hati dan mata, selain itu juga kabarnya alpukat dapat menurunkan tingkat kolesterol. Untuk keterangan terahir, saya ga tahu jadi jangan protes kalo salah.
       
       Resep Alpukat yang saya temukan ini intinya mirip pisang goring, saya sendiri belum pernah melihat secara langsung. Tapi di gambarnya sih yummy banget keliatannya. Besok- besok kalau sedang santai ada di rumah saya coba deh bikin alpukat goring tepung ini.
       
      Resep yang saya tulis ini cukup untuk 4 orang, tapi kalo orangnya gembul bisa dihabisin sendiri semuanya. Waktu penyajiannya kurang lebih 10 menit buat goring, 20 menit buat potong alpukat dan lain-lain.
       
       Bahan- Bahan nya
       
      2 Buah Alpukat, jangan Tanya sama saya alpukat apa yang harus dipakai, nanti kalo sudah saya coba sendiri baru saya kasih tahu.
      ¼ cup tepung terigu
      1 telor dan 1 sendok makan susu
       Â½ cup tepung roti
      Garam dan merica secukupnya
      ½ sendok the garlic powder alias bubuk bawang
      ½  sendok the merica tumbuk
      Kalo anda suka bisa ditambahkan olive oil buat memperkuat aroma.
       
       Cara membuat
       
       Pertama-tama, yang harus dilakukan ibu-ibu semua adalah memanaskan minyak hingga top heat 425 derajat, saya sendiri ga tahu sepanas apa minyak 425 derajat itu.  
       
      Selagi nunggu minyak panas, potong- potong alpukat. Ada triknya nih buat motong alpukat itu, untuk menguliti alpukat secara sempurna, kita bisa mempergunakan tangan. Setelah semua beres, bagi 2 alpukat tersebut, per bagian bisa jadi 6 potong.  

       Setelah alpukatnya siap, waktunya bikin tepung buat jadi kulit alpukatnya. Siapkan 3 mangkok, mangkuk pertama buat mencampur telor dan susu, mangkok kedua adalah untuk mencampur tepung roti,mangkok ketiga adalah tempat garam, merica, dan bubuk bawang putih. Campurin mangkok keddua dan ketiga , setelahnya cemplungin alpuket mangkok pertama baru ke mangkok kedua.  Goring deh di minyak panas yang tadi udah disiapkan.  Goring kurang lebih 15 menit sampai warnanya keemasan.

       Bahan Untuk Membuat Saus Mayones
      Kalo saya sih pasti milih dip mayo yang langsung jadi. Hehe.  Kalo untuk vegetarian mungkin bisa milih dip vegan kali ya ? Semoga ada di Ranch Market atau dimanapun di Jakarta ini. Terus terang saya ga bisa bikin dip mayo, ini jadi cari sendiri aja yah bahan-bahan buat dip mayo kalo tetep pengen bikin home made mayones.
       
      Jadi deh Alpukat goring tepung nya.  Di foto kelihatannya enak banget ya, tapi aslinya mungkin kaya goring ubi kali ya….

      Tips dan Trik
      Cara untuk mengupas alpukat yang paling baik adalah dengan mengupas memakai tangan, karena anda akan mendapatkan daging alpukat yang sempurna dibanding memakai pisau.
      Bagian alpukat yang paling banyak nutrisi dan vitaminnya adalah di bagian yang paling dekat dengan kulit, yaitu bagian hijau tua.  
       
      Alpukat merupakan buah yang paling sehat, katanya mengandung 18 asam amino yang diperlukan untuk tubuh, selain itu alpukat juga mengandung omega3 yang kaya akan lemak baik untuk kesehatan hati. Selain itu Alpukat walaupun tidak asam juga mengandung vitamin C tinggi. Alpukat juga mengandung Cartenoid dan Vitamin A yang baik untuk mata.
       
      Untuk yang sedang diet, saya sih ga menganjurkan anda makan alpukat banyak-banyak. Setahu saya Kalori alpukat itu tinggi, apalagi kalo makan alpukatnya dipakein susu+ keju, ya diet anda percuma juga.
       
    • By ryaryuu

      Resep Nasi Liwet

      Ada yang tahu nasi liwet? Itu salah satu makanan favorit saya, tiap kali pulang kampong pasti saya bikin nasi liwet di rumah .

      Nasi liwet adalah salah satu masakan khas Indonesia yang pada umumnya menggunakan beras atau nasi sebagai makanan pokoknya. Nasi Liwet sudah lama ada di tanah air, mungkin dari ujung barat di Sabang sampai ujung timur di Merauke sana. Dari ujung bumi sampai ujung langit, hehe. (Ada-ada saja ahh..).

      Penasaran gimana cara membuatnya, oke langsung saja yuk kita bahas, berikut adalah Resep Nasi Liwet Sunda :

      Pertma kita buat dulu nih Nasi liwetnya, nanti setelah itu kita buat lauknya yuaa..

      Bahan-bahan :

      Beras 300 grm, cuci bersih dan tiriskan
      bawang merah,3 butir  iris tipis
      1 batang serai, memarkan
      1 lembar daun salam
      2 sdm minyak untuk menumis
      1 lembar daun pisang untuk alas
      Air secukupnya
      Garam secukupnya

      Cara Membuat Nasi Liwet Sunda :

      1. Pertama-tama, tumis bawang merah dalam panci yang digunakan untuk memasak nasi sampai layu dan terasa harum.
      2. Setelah itu, masukan beras, garam dan serai, aduk sebentar
      3. Masukan air, masak sampai mendidih sambil diaduk supaya tidak gosong
      4. Setelah air sedikit menyusut, kecilkan api dan tutup pancinya
      5. Menjelang matang masukan tumis ikan asin diatas nasi yang telah dialasi dengan daun pisang
      6. Masak sampai nasi matang


      Berikut cara membuat tumis ikan nya,

      Bahan-bahan :

      ikan asin,200 grm potong-potong (bisa pake teri) goreng garing
      bawang merah, 3 butir 
      cabe merah, 3 butir
      cabe hijau, 1 butir 
      cabe rawit, 5 butir 
      2 sdm minyak untuk menumis
       
      Nasi Tutug Oncom

      Lain dari nasi liwet, Nasi Tutug Oncom adalah panganan khas sunda yang banyak disajikan di restoran. Kalo saya  sih kurang suka oncom, tapi saya tetep pengen berbagi sama jalan2ers mengenai panganan sunda ini.
       
      Nasi Tutug Oncom memang menu yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Sunda. Dalam penyajiannya biasanya dibarengi dengan lalapan khas Sunda dan berbagai gorengan. Seperti tahu,tempe balut tepung, bala-bala (bakwan), telor ceplok, kerupuk dan juga sambal. Sedangkan sambalnya ada dua pilihan, ada sambal bajak yang terbuat dari tumisan tomat, kemiri dan cabai merah yang dihaluskan. Pilihan lainnya ada sambal goang yang lebih pedas, karena berisi cabai rawit hijau yang ditumbuk kasar dengan garam lalu disiram minyak goreng panas.
       
      BAHAN:
      2 piring nasi putih hangat
      4 butir bawang merah
      2 cm kencur
      5 buah cabai rawit
      1 papan oncom
      garam dan gula pasir secukupnya
       
      PELENGKAP:
      lalapan, ikan asin goreng, sambal goang, kerupuk
       
      CARA MEMBUAT:
      Panggang oncom sampai harum tapi jangan sampai gosong, lalu tumbuk kasar. Sisihkan.
      Haluskan bawang merah, kencur, dan cabai rawit. Masukkan oncom. Aduk sampai rata.
      Sangrai oncom di wajan yang telah panas, aduk-aduk hingga oncom kering. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata, angkat.
       
      Campur nasi hangat dengan oncom, tumbuk (tutug) hingga semua tercampur rata.
      Sajikan hangat dengan pelengkapnya.
       
      Bakakak Hayam

      Disebut sebagai Bakakak Hayam karena santapan ini merupakan menu ayam utuh yang dibelah lalu ditusuk pada bagian dada dari samping ke samping agar membentuk bakakak. Disuguhkan dalam dua jenis hidangan berbeda yakni dibakar atau digoreng, kudapan satu ini menyuguhkan kenikmatan yang membuat ketagihan.
       
      Dalam sekali potong, lembutnya daging ayam dengan gurih serta lengkapnya cita rasa menyatu dalam mulut. Tak pelak membuat lidah enggan untuk berhenti bergoyang melahap Bakakak Hayam.
      Bahan:
      1 ekor ayam kampung yang masih muda, belah bagian dadanya tetapi tidak sampai putus
       
      Bumbu Rendaman (Aduk Rata):
      4 siung bawang putih , haluskan
      3 cm kunyit, haluskan
      2 sdt garam
      800 ml air
       
      Bumbu yang dihaluskan:
      8 butir bawang merah
      6 siung bawang putih
      8 buah cabai merah keriting
      4 cm jahe
      1 sdt ketumbar
      4 butir kemiri, sangrai
      3 sdm irisan gula merah
      1 sdm garam
       
      Cara Membuat:
      Rendam daging ayam dengan bumbu rendaman selama 30 menit.
      tumis bumbu yang dihaluskan hingga matang, masukan daging ayam beserta air rendamannya, aduk rata, masak hingga daging empuk dan kuah habis.  Jika dagingnya belum empuk saat kuahnya habis, tambahkan air panas secukupnya lalu angkat.
      Bakar Ayam di atas bara api sambil diolesi bumbu hingga berwarna kecoklatan lalu angkat.
      Sajikan Bakakak Hayam dengan sambal terasi dan lalapan.