Sign in to follow this  
Tarmizi Arl

BERENCANA KE YUNANI ? YUK, KENALI DAN GALI DAYA TARIKNYA !

3 posts in this topic

Nama Yunani tentu sudah sangat akrab dengan kita bahkan sejak bangku sekolah. Sebutan Yunani banyak mengisi buku-buku sejarah karena memang bangsa ini menjadi bangsa dengan peradaban besar dunia dan cikal bakal lahirnya budaya dunia barat. Karenanya, negara yang disebut Hellas oleh warganya dan Greece menurut nama Internasional ini memiliki peninggalan sejarah yang sangat kaya dan menjadi magnet utama datangnya turis dari berbagai belahan dunia.

Meskipun kaya akan sejarah dan kisah dewa-dewanya, tahun 2015 lalu justru menjadi masa kelam Yunani karena kebangkrutan yang dialaminya. Hal tersebut terjadi lantaran negara yang berada di sisi Tenggara Benua Eropa ini tidak mampu membayar hutang ke IMF. Tapi setidaknya itu terjad i 2 tahun lalu, meskipun belum pulih total dari krisis, Yunani tetap aman dan nyaman-nyaman saja untuk dikunjungi. Geliat wisata di negara ini nampak terus bergulir tak mengenal musim. Bahkan kamu harus tahu juga bahwa jumlah turis setiap tahunnya yang datang, melebihi jumlag warganya sendiri. Ya, begitulah Yunani yang begitu menarik dan tak pernah bosan untuk diulik. Karenanya, yuk kita jelajahi negara yang beribukota di Athena ini.

 

1.Persiapan : Pengurusan Visa

 

1.thumb.jpg.4b587d589558a83646ec82c3b23f8315.jpg

Meskipun Yunani berada di Eropa Timur, untungnya negara ini sudah masuk menjadi bagian 25 negara-negara Schengen, jadi dengan visa Schengen kalian bisa juga masuk ke negara satu ini. Pengurusan visa schengen bisa dilakukan di salah satu kedutaan besar negara dimana yang menjadi negara pertama yang kamu masuki atau negara terlama yang kamu kunjungi. Jadi jika memang Yunani menjadi negara utama untuk kamu eksplore, maka kamu bisa mengurus visa di Kedutaan Besar Yunani yang berada di Plaza 88 Lt.12 Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Atau jika tidak mau repot kamu juga bisa mengurusnya dengan travel agen, tapi tentunya dengan tambahan biaya administrasi.

 

2. Akropolis di Kota Athena

2a.jpg.a380cd7f5d65e418ec35b5aa66cb3a4b.jpg

 

Tampak Udara Komplek Akropolis via weatherforecast.co.uk

Mendengar nama Athena mungkin yang terbayang adalah cerita-cerita tentang mitologi dewa-dewanya. Nama Athena memang sangat terkenal karena disanalah disebut-sebut sebagai asal lahirnya peradaban dunia Barat. Pencapaian kebudayaannya bahkan sejak abad ke 4 Masehi itu menjadikan Athena memiliki banyak peninggalan akan bukti-bukti sejarahnya. Akropolis misalnya, peninggalanan Seni Yunani Klasik ini berada di atas sebuah bukit di kota Athena dan menjadi destinasi wisata wajib bagi pelancong.

Sebenarnya ada banyak akropolis di Yunani, tapi secara umum orang-orang akan merujuk pada Akropolis di Kota Yunani inilah sebagai yang dimaksud. Situs Akropolis Athena resmi menjadi monumen Pusaka Budaya Eropa sejak 2007 dan tentunya juga sebagai Situs Warisa Dunia UNESCO sejak 1987. Berada di area seluas 3 hektar, Akropolis terdiri atas setidaknya 21 sisa bangunan seperti Kuil kuno, Altar, Teater, Patung, dan Parthenon.

 

2b.jpg.03086b877915253b38e564350f1a7fbd.jpg

Parthenon Akopolis via sacredsites.com

Parthenon bisa dikatakan sebagai bangunan utama dan paling terkenal di komplek Akropolis. Lokasinya juga memang berada di tengah dan bisa dilihat dari banyak sisi. Parthenon ini merupakan bangunan kuil persegi dengan pilar-pilar di bagian sisinya. Kuil ini sendiri dibangun kurang lebih 2500 tahun silam untuk dewi Athena karena telah memberi kesuburan untuk tumbuhnya pohon zaitun yang bermanfaat bagi penduduk disana. Kuil ini juga menjadi simbol bagi Yunani kuno serta demokrasi bagi Athena.

Di sisi kanan Parthenon, ada juga kuil yang berukuran lebih kecil dengan enam pilar penyangga. Kuil ini bernama Erectheion dan dibangun untuk Dewi Athena dan Dewa Poseidon. Tak jauh ada juga amphiteater dengan sisa-sisa reruntuhan di sekitarnya. Dari sini pula kalian bisa melihat pemdangan Kota Athena dari ketinggian.

Memasuki kawasan Akropolis ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar 12 Euro perorang. Pengunjung uuga bisa menggunakan jasa tour guide untuk membantu menjelaskan berbagai hal di komplek sejarah ini dengan tarif sekitar 15-20 Euro.

 

3. Mykonos, Kemeriahan ‘Party Island

Yunani termasuk negara kepulauan. Ada ribuan pulau di negara ini dan hanya ratusan saja yang berpenghuni. Dari ribuan itu tentu memiliki pesonanya sendiri, salah satunya Pulau Mykonos yang berada di 150 km sisi Timur lepas pantai Kota Athena.

 

3a.jpg.135f5ceaae2c2da650db2ffbc211373b.jpg

Pemandangan Mykonos via sacredsites.com

Mykonos sangat populer bagi para turis karena pulau ini tampak sangat menarik dimana bangunan-bangunan yang ada di cat dengan dominasi warna putih. Kontur pulaunya yang berbukit menjadikan warna putih dari pulau seluas 85,5 km persegi ini bisa terlihat lebih jelas di banyak spot. Banyak sudut pulau yang bisa dieksplore dan sangat instagramable. Tak hanya bangunan rumah, juga ada kincir angin yang unik dan khas di pulau ini. Burung pelikan juga menjadi bagian penting lain dari Mykonos karena hampir di banyak tempat bisa ditemui burung pelikan yang tengah beraktivitas.

Kawasan tepi pantai juga menjadi bagian paling menawan dan romantis untuk dinikmati. Jajaran restoran dan cafe banyak yang memanfaatkan pemandangan pantai berpadu keunikan bangunan yang ada di Mykonos ini sebagai daya pikatnya. Jika ingin lebih luas memandang, kamu tinggal mencari titik tertinggi yang bisa kamu capai. Tak hanya saat siang hari, kehidupan malam di pulau ini terutama di pusat kotanya sangatlah semarak. Bar, resto, dan tempat kongkow lain nampak hidup bagai sebuah kota hiburan malam yang mengundang siapa saja untuk larut dalam pesta. Itulah kenapa Mykonos juga terkenal dengan julukan lain yaitu ‘Party Island’.

Hanya saja memang karena merupakan pulau wisata, biaya hidup di Mykonos terbilang tinggi. Setidaknya kisaran harag kamar hotel misalnya bisa mencapai 2x lipat dibanding kota-kota lain di Yunani. Begitupun untuk urusan makan atau kebutuhan lainnya.

 

3b.jpg.c3901226801fadba59d9ec5a774c8e20.jpg

Ferry yang melayani pelayaran ke Mykonos via santorinidave.com

Dan untuk mencapai pulau ini, pengunjung bisa menggunakan pesawat atau kapal ferry. Pelabuhan penyebrangan ke Mykonos berada di Pelabuhan Piraeus yang berada hanya sekitar 30 menit berkendara dari Kota Athena. Terdapat beberapa pilihan kapal dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pilihan kapal ferry dengan biaya termurah yaitu sekitar 20 Euro sekali jalan dengan durasi perjalanan sekitar 5 jam ialah dari Blue Star Ferries. Kapal ini berangkat setiap hari jam 7:30 pagi waktu setempat dan tiba di Mykonos antara jam 12-13 siang. Sedangkan jadwal kembali dari Mykonos ke Athena ialah di jam 15:30.

Ferry cepat yang tersedia ialah bernama SeaJet. Kapal ini berangkat sekitar jam 7 pagi dan sampai Mykonos jam 9:30. Biayanya tentu lebih mahal dibanding Blue Star yaitu sekitar 40 euro sekali jalan. Namun karena ini kapal cepat, penumpang hanya bisa duduk di dalam kapal dan melihat dari jendela saja, tidak seperti ferry besar seperti Blue Star dimana penumpang bisa menikmati pemandangan dari dek kapal.

 

4. Santorini, Pulau Putih yang Tersohor

4.thumb.jpg.49ff3e5150ae1a1bf365d3a783ae7f36.jpg

 

Pemandangan Oia, Pulau Santorini via hufflintonpost.com

Selain Mykonos, jika kamu sering melihat foto-foto keindahan bangunan putih yang terkenal seperti foto diatas, maka itu berada di Pulau Santorini. Kedua pulau ini berada di gugusan pulau yang sama tapi cukup berjauhan.

Santorini juga termasuk pulau besar, lokasi populer seperti difoto itu sendiri berada di daerah bernama Oia, sebuah desa di ujung pulau Santorini yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan Santorini. Kamu bisa naik bus dari pelabuhan menuju Kota Fira dahulu, lalu berganti bus tujuan Oia.

Seperti yang sudah diungkap diatas, pesona utama dari Santorini ialah banguan-bangunan putihnya. Satu bangunan yang juga mencolok ialah gereja-gereja dengan atap kubah berwarna biru cerah yang seolah menjadi pusat perhatian diantara bangunan lainnya. Lokasi permukiman yang berada di tebing dekat bibir pantai juga menjadikan pengunjung bisa menikmati kalem nya warna rumah-rumah yang ada berpadu dengan pemandangan laut lepas apalagi saat senja tiba pesonanya akan semakin menarik.

Untuk pilihan menginap, jika ingin merasakan langsung keromantisan suasana di Oia, kamu bisa memilih resort yang cukup banyak tersedia. Sebagian besar akomodasi di Oia memang berupa resort mewah dengan tarif mulai dari 30 Euro hingga ratusan euro permalamnya. Sedangkan jika tidak mau terlalu mahal, kamu bisa menginap di Kota Fira saja sebagai ibukota. Seperti yang sudah disebut di awal, dari Fira ke Oia bisa ditempuh dengan menggunakan bus atau kamu juga bisa menyewa motor ataupun mobil.

 

4b.thumb.jpg.ad5cd64e782422e0d16f2267535b3d0e.jpg

Jalan di Oia, Santorini via sacredsites.com

Biaya untuk keperluan makan juga terbilang tinggi di pulau ini namun masih bisa disiasati. Sebagai gambaran, jika kamu makan di restoran mewah baik tepi jalan ataupun yang memiliki pemandangan indah misalnya setidaknya kamu harus menyiapkan biaya hingga 20-30 Euro sekali makan. Tapi untuk berhemat kamu bisa membeli makanan di tempat makan yang berada di gang-gang atau jauh dari jalan raya. Harga kebab misalkan hanya berkisar di angka 2-5 euro.

Sama seperti ke Mykonos, untuk menuju Santorini sendiri juga bisa menggunakan pesawat ataupun dengan kapal. Dengan pesawat, armada yang menyediakan rute Athena-Santorini salah satunya ialah Aegean Airlines dengan rute direct 3 kali sehari yaitu pagi, sore, dan malam. Tiketnya sekitar 1,5 jutaan rupiah sekali jalan.

Sedangkan jika dengan kapal, ialah via Pelabuhan Pireaus dengan durasi perjalanan yang lebih lama dibanding ke Mykonos. Kapal umumnya berangkat jam 7:25 pagi dan baru tiba di Santorini sekitar jam 15:10. Sedangkan jadwal sebaliknya Santorini-Athena berangkat jam 7 malam dan tiba sekitar jam 5 pagi keesokannya.

 

5. Corfu, Pulau Surga di Laut Ionian

Jika kamu mencari ketenangan dengan pesona alam bak di surga, maka pilihlah Corfu atau orang Yunani menyebutnya Kerkyra. Pulau ini berada di bagian utara dari Laut Ionian yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Yunani yaitu Albania.

 

5.jpg.94e8572bbf5a59664c9d37b3f25a5340.jpg

Salah satu bibir pantai di Corfu via blog.bravofly.co.id

Pulau ini sangat menarik karena bentang alamnya yang unik berupa perbukitan dan tebing di tepi lautnya dengan air laut yang juga menawan karena sangat jernih dan tenang. Bersantai di pantai atau di batu-batu karangnya menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Tak hanya itu, pulau ini juga ditempati bagi desa-desa yang tak kalah cantiknya dengan Mykonos atau Santorini. Tanah disini juga sangat subur sehingga menjadi lokasi bagi perkebunan sayur.

Jika sudah puas dengan ketenangan di pantai-pantainya, kamu juga bisa beranjak ke pusat kota. Kotanya juga terbilang tenang namun tetap hidup dengan aktivitas warganya. Bangunan-bangunan bertingkat dengan gaya khas yang konon merupakan perpaduan budaya Yunani, Perancis, dan Inggris menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan.

 

6. Olympia, Tempat Lahirnya Olimpiade

 

6.jpg.a8b8287f55a5b1a8336b052ac48746e3.jpg

Reruntuhan Olympia via olympiarivieraresort.com

Yunani dan Olimpiade memang tak bisa terpisah. Di negara inilah awal mula lahirnya pertandingan olahraga terbesar 4 tahunan yang bernama Olimpiade. Pertandingan pertama kali dilangsungkan tahun 776 Sebelum Masehi di sebuah stadion bernama Olympia yang hingga kini bisa kita lihat bekas reruntuhannya. Masa itu, hanya seorang lelaki yang boleh bertarung dimana seorang itu akan bertanding dalam 20 pertandingan berbeda seperti lompat jauh, gulat, tinju, cakram, dan lainnya. Jika menang, ia kana dianugerahi mahkota dari cabang dan daun Olive yang hingga sekarang masih begitu terkenal.

Kegiatan ini juga tidak sekedar kompetisi olahraga saja, melainkan diperuntukan pula sebagai pemujaan terhadap Dewa terutama Zeus sebagai Dewa paling berkuasa di masa Yunani Kuno.

Lokasi Olympia ini sendiri berada di Peloponnese, di bagian barat daratan Yunani dekat Kota Pyrgos, sekitar 300 km dari Kota Athena. Menuju ke lokasi ini, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat memanjakan mata sehingga tidak akan terasa membosankan.

Di komplek Olympia ini, selain reruntuhan stadion tempat berlangsungnya kompetisi, ada beberapa situs lainnya seperti makam suci Altis, Kuil Hera, dan Kuil Zeus yang dulu menjadi lokasi keberadaan  patung Zeus. Sayang memang lokasi ini hanya berupa sisa reruntuhannya saja, namun itulah eksotisme yang ditawarkannya sebagai sebuah situs kuno.

 

7. Delphi, Kota Para Peramal

7a.jpg.2600d32c85cd419b61d36633c522694f.jpg

 

Reruntuhan kuil di Delphi via discovergreece.com

Nama Delphi mungkin tidak begitu populer dibanding destinasi lain, namun kota yang berada 180 km Barat Laut Kota Athena ini juga menjadi situs suci dan penting dalam sejarah Yunani. Di Delphi ini terdapat kuil dimana dulunya dipercaya sebagai tempat para peramal terkenal. Orang-orang datang kesana dari seluruh wilayah untuk memperoleh ramalan akan masa depannya. Kuil tersebutdikenal dengan nama Kuil Delphi atau Kuil Apollo. Saat ini sisa reruntuhan kuil inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Namun lebih dari itu, karena berada di pegunungan Parnassus, pemandangan alam yang tersuguh menjadi pelengkap keindahan dari kuil yang dibangun sejak 1500-1100 Sebelum Masehi tersebut. Selain sebagai tempat para peramal, dalam sejarah Kuil Apollo juga digunakan sebagai tempat berlangsungya perlombaan yang dinamai The Pythian Games of Delphi antara tahun 591 sampai 585 Sebelum Masehi.

7b.jpg.e21152d43a41a31a02f299023877e39b.jpg

 

Amphiteater di Delphi via planetware.com

Ada juga sisa amphiteater besar yang berkapasitas sampai 5.000 penonton. Amphiteater yang berada di atas bukit sebelah atas Kuil Apollo ini sangat menarik karena berada di tebing dan menghadap langsung ke barisan pegunungan. Tak jauh, adajuga area bernama Tholos yang berupa bangunan melingkar dengan reruntuhan berupa 20 pilar berukuran besar.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih banyak, ada baiknya kamu juga masuk ke Museum Delphi. Disana menjadi tempat koleksi patung-patung, pehiasan, tembikar, dan beragam peninggalan sejarah lainnya.

Untuk menuju Delphi dari Kota Athena, kalian bisa menggunakan Bus. Dari berbagai wilayah di Kota Athena kalian bisa naik metro tujuan Athiki dan turun di Praktoria. Sesampai di Praktoria, carilah terminal bis yang berlokasi ditengah-tengah perumahan sehingga ada baiknya bertanya kepada petugas atau polisi agar tidak tersasar.

Bus tujuan Delphi sendiri berangkat beberapa kali sehari yaitu jam 7:30, 10:30, 13:00, 15:30 dan 20:00. Sedangkan bus kembali dari Delphi ke Athena tersedia dari jam 5:30, 9:00, 11:00, 13:30, 16:00, dan 18:00. Perjalanan sendiri memakan waktu hingga 6 jam, sehingga perhatikan jadwal bus dengan baik. Jika mau pergi sehari saja, maka ada baiknya mengambil bus terpagi jam 7:30 agar bisa pulang dengan bus terakhir jam 18:00. Biayanya yaitu sebesar 30,2 Euro Pulang Pergi.

 

8. Berburu Buah Tangan di Monastiraki Square

 

8.thumb.jpg.8f5ac6565a6f3c4aa9e1a94b41aac99b.jpg

Via panoramio.com

Setelah puas berplesiran, tak lengkap tentunya jika tidak mencari buah tangan untuk dibawa pulang. Satu kawasan yang bisa menjadi pilihan ialah Monastiraki Square yang berada di Kota Athena. Pasar ini bisa dikatakan pasar loak yang terkenal di Athena termasuk bagi turis karena dijual juga beragam souvenir dengan harga cukup murah mulai dari 1 Euro saja.


 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this