Sign in to follow this  
Tarmizi Arl

BERENCANA KE PRAHA? YUK, KENALI DULU KOTANYA

5 posts in this topic

aa.jpg.acc49c1329d2590d19d3eb0e85da50f7.jpg

via ivtour.com.ua

Siapa tak kenal Praha, kota yang terkenal artistik dan romantis ini selalu menjadi idaman banyak turis dari berbagai negara. Ibukota Republik Ceko ini memiliki arstitektur khas Eropa yang masih terpelihara hingga kini. Terjaganya arsitektur kota Praha hingga sekarang tak lain tak bukan karena tidak tersentuhnya kota ini dari kerusakan akibat Perang Dunia II.

Praha atau Prague telah berdiri sejak abad kesebelas sebagai ibukota Bohemia yang merupakan tempat tinggal raja-raja Ceko, Romawi, dan Jerman. Pasca Perang Dunia, Praha berada dibawah kekuasaan Komunisme. Barulah di tahun 1989, terjadi Revolusi nenuju sebuah republik parlementer.

Di liburan sekolah atau akhir tahun nanti mungkin kalian juga punya rencana untuk ke Eropa dengan menggunakan Visa Schengen. Karenanya, tak ada salahnya pula memasukan Ceko terkhusus Kota Praha sebagai salah satu tujuan wisata.

 

1.Bandara di Praha

Bandara Internasional di Praha bernama resmi Vaclac Havel International Airport. Berada di wilayah Ruzyne sehingga sering disebut juga Ruzyne Airport. Bandaranya berarsitektur modern dan cukup luas tetapi tidak bisa juga dikatakan terlalu besar. Terdapat 3 terminal di bandara ini dengan peruntukan yang berbeda-beda. Terminal 1 untuk penerbangan antar benua, Terminal 2 untuk antar negara-negara Schengen, dan Terminal 3 khusus untuk carter. Kargo, pribadi dan kunjungan kenegaraan.

Berada hanya sekitar 20 km sisi Utara Pusat Kota, selain taksi, bandara ini juga memiliki moda angkutan minibus dan bus yang secara khusus melayani perjalanan dari Bandara ke Pusat kota dan sebaliknya. Perjalanan dari Bandara ke pusat kota memakan waktu hanya sekitar 30 menit saja.

 

1.thumb.jpg.51655cfe043f23bbe37eb05777e79044.jpg

Vaclac Havel International Airport via www.prg.aero

Tiket Taksi bandara berwarna kuning bisa kamu dapat di gerai informasi taksi yang ada di ruang kedatangan. Tarifnya sendiri ialah sebesar sekitar 600 CZK. Pilihan kedua ialah minibus yang berangkat setiap 30 menit sekali dengan tujuan Namesti Republiky. Kamu bisa mendapatkan tiketnya di stand bertulis CEDAZ yang ada di terminal kedatangan atau langsung saja ke mobilnya dan membeli di sopit. Tarif ongkosnya sendiri ialah sebesar 150 CZK. Terakhir ialah dengan naik bus yang tentunya akan jauh lebih murah. Loket bus terdapat di pojok pintu kedatangan dimana bus akan berangkat sekitar 30 menit sekali dengan tujuan akhir stasiun metro Nadrazi Veleslavin. Untuk bus ini tarifnya ialah sekitar 32 CZK.

 

2. Mata Uang dan Biaya Hidup

Meskipun masuk ke uni Eropa, Ceko ternyata tetap menggunakan mata uang sendiri yaitu Korun atau disingkat CZK. Satu CZK bernilai sekitar 550 Rupiah atau sekitar 0,4 Euro.

 

2.jpg.5438255a9a19287b191d385123b3632c.jpg

Ceko Korun via pixabay.com

Biaya hidup di Praha terbilang hampir sama dengan negara-negara Eropa Barat. Dalam sehari, menurut penelitian Turis menghabiskan rata-rata 1700 CZK atau jika dirupiahkan mencapai hampir 1 juta rupiah. Tapi itu untuk pengeluaran standar, kamu masih bisa menghemat jika memilih tinggal di losmen dan menggunakan transoprtasi umum. Tarif losmen misalkan, perorang masih bisa kamu temukan dengan biaya 300 sampai 400 CZK. Bandingkan dengan hotel yang bisa bertarif antara 3500 sampai 7000 CZK. Sedangkan untuk makan, jika kamu memilih makan di tempat makan biasa kisarannya di angka 70 sampai 100 CZK, sedangkan jika di restoran menengah tarifnya sekitar 1000 CZK.

Masih butuh gambaran biaya lain? Di supermarket, sebotol air setengah liter harganya sekitar 15 CZK dan sebungkus roti sekitar 20 CZK. Untuk taksi, berlaku ketentuan dari pemerintah kota yatu tarif dasar 40 CZK, 28 CZK perkilometer perjalanan, serta 6 CZK untuk waktu tunggu permenit. Jika kamu tertarik menyewa mobil, biaya bensin di Praha ialah sekitar 32 CZK perliternya.

 

3. Transportasi Umum

Ada 3 pilihan moda transportasi umum yang bisa dipilih ketika kamu ada di Praha selain taksi tentunya, yaitu Metro, Trem, dan Bus.

 

3a.jpg.8448b5b62191f1e024ed00f1d67b700d.jpg

Metro Prague via Czech-Transport.com

Metro alias kereta bawah tanah terdiri atas 3 jalur yaitu A yang berwarna Hijau, jalur B berwarna Kuning, dan Warna Merah untuk jalur C. Jalur-jalur ini menandai lintasan atau daerah yang dilaluinya. Metro beroperasi sejak jam 5 pagi hingga 12 malam. Ketepatan waktu Metro Praha cukup bisa diandalkan dimana selang waktu antar kereta ialah sekitar 3 menit di waktu sibuk dan sekitar 5-10 menit di jam-jam lengang.

Berikutnya ialah Trem. Halte Trem cukup banyak tersebar di penjuru kota terutama di tempat keramaian dan objek wisata. Setiap halte akan memberikan daftar rute trem dan jadwalnya. Trem sendiri beroperasi dari pagi sampai tengah malam. Lalu angkutan Bus. Untuk yang satu ini umumnya lebih banyak berada di pinggiran kota karena untuk di pusat kota yang digunakan ialah Trem dan Metro.

 

4. Keamanan

Praha bisa dikatakan kota yang cukup aman. Tapi bagaimanapun juga perlu diingat bahwa kejahatan akan tetap ada apalagi bagi turis asing. Jika harus membahas soal keamanan, hal yang paling butuh diwaspadai di Praha ialah soal penipuan. Taksi contohnya, kota ini sebelumnya tercoreng dengan kebiasaan  tipu-tipu harga yang dilakukan sopir taksi. Tetapi seperti yang sudah dibahas di point 2 diatas, sejak awal 2017 lalu Pemerintah Kota Praha sudah menerapkan standarisasi bagi Taksi. Jadi kalian bisa lebih kritis untuk urusan ini.

Hal lain yang harus juga diwaspadai ialah soal makanan di restoran. Beberapa restoran tak terkecuali yang mewah, masih ada yang suka melakukan jebakan. Misalkan ialah biaya tambahan untuk saus atau roti yang mereka sediakan. Jika kalian memesan makanan dan mereka membawa item lain, lebih baik segera tolak dari pada harus membayarnya padahal kalian tidak memakannya.

Jika kamu merasa ragu dengan harga yang mereka beri, jangan ragu juga untuk meminta rincian tagihannya. Ada kalanya mereka sengaja memasukan harga yang salah atau item yang sebenarnya tidak ada dalam pesanan. Termasuk jika mereka meminta tambahan biaya layanan, perlu diingat bahwa peraturan daerah setempat meregeluasikan biaya layanan sudah termasuk dalam tagihan total.

 

5. Cuaca dan Iklim

5.jpg.aa3f840906765d9c85721970aa3e6ba8.jpg

 

Keramaian Turis saat musim panas di Praha via studyabroad101.com

Praha memiliki iklim kontinental yang dipengaruhi pola cuaca dari Timur yaitu Siberia dan dari Barat yaitu Atlantik. Musim panas biasanya berlangsung antara bulan April hingga Oktober. Saat bulan-bulan ini suhu di Praha berkisar di angka 10-25 derajat celcius dan matahari bersinar selama 7 jam setiap harinya. Seperti kebanyakan negara 4 musim, Praha juga ramai kunjungan wisatawan saat musim panas ini. Jika kamu berencana datang saat Musim Panas, ada baiknya sudah membooking penginapan jauh-jauh hari.

Sedangkan musim dingin terjadi di antara Desember hingga Maret dengan suhu udara sekitar minus 4 hingga 5 derajat Celcius. Salju sendiri terbilang jarang dan tidak lama terjadi di kota ini. Sedangkan hujan terbilang lebih sering dan terjadi sepanjang tahun. Curah hujan tertinggi justru berlangsung diantara Mei hingga Agustus.

Tetapi sebenarnya Praha tetap menarik disemua musimnya. Musim semi, panas, gugur, hingga dingin punya karakteristiknya tersendiri dan selalu menarik. Tak heran jika hampir sepanjang tahun Turis asing selalu ramai datang ke Praha.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this