Sign in to follow this  
Tarmizi Arl

3 HARI DI PRAHA, MAU KEMANA SAJA? (BAGIAN 1)

3 posts in this topic

Ibukota negara Ceko, Praha memang senantiasa menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Kota cantik dengan kekayaan arsitektur ini menjadi satu kota dengan sejarah yang panjang bahkan sejak abad ke sembilan. Tak heran jika Praha atau Prague selalu ramai oleh kunjungan turis sepanjang tahunnya.

Sebagai salah satu negara yang turut dalam perjanjian Schengen, tentu ini juga yang membuat Ceko layak untuk dijadikan list destinasi bersama negara-negara Eropa Barat lain. Kalian bisa masuk negara ini tidak hanya dengan jalur udara, tetapi juga bisa naik Bus atau Kereta dari negara tetangganya seperti German, Austria, dan Hungaria.

Jika kamu punya waktu 3 hari di Praha, kamu bisa mengikuti saran destinasi-destinasi berikut. Sebelumnya, kamu juga bisa baca dahulu artikel sebelumnya disini tentang hal-hal umum seputar Praha sebagai pertimbangan biaya.

 

Hari 1

 

1.Jam Astronomi dan Kawasan Old Town

1a.thumb.jpg.94b38c5387c25a6b8b6156f5867b041f.jpg

Via christinberlina.com

Bisa dikatakan sebagai destinasi wajib, Praha Astronomical Clock adalah jam astronomi tertua di dunia yang hingga kini masih ada. Ja ini sudah berusia lebih dari 600 tahun tepatnya dibuat tahun 1410 Masehi. Di hari pertama sejak pagi memang ada baiknya kalian menuju kawasan objek wisata satu ini dahulu karena menjadi destinasi utama turis.

Jam Astronomi ini berada di ruang publik tepatnya di Old Town Square atau dalam bahasa lokal disebut Staronemestke Namesti, kawasan paling ramai dan terkenal di Praha. Jam yang sangat berharga ini sendiri bukan berada di dalam Museum melainkan di salah satu bagian dari deretan gedung tua bergaya Roman, Baroc, Rococo, dan Gothic disana. Letaknya yang berada di atas membuat pengunjung harus mendongakkan kepala untuk melihatnya.

Unik dan menarik memang. Jam ini tidak seperti jam biasa karena namanya saja Jam Astronomi. Terlihat sangat antik dengan konstruksi yang terlihat rumit. Bagian-bagian jam yang ada ialah simbol-simbol zodiak, simbol matahari dan bulan di salah satu jarum jam, kalender, serta dibagian lain ada juga patung orang-orang suci yang dibuat pada tahun 1787-1791. Ornamen lain juga ditambahkan di tahun tahun berikutnya seperti patung yang bisa bergerak, dan dua jendela. Saat jam berdenting, jendela akan terbuka dan menjadi atraksi yang paling ditunggu oleh wisatawan.

 

1b.thumb.jpg.408d73fac61a438f1ac70d46c562e8fa.jpg

Kawasan Old Town Hall via thousandwonders.net

Tak hanya bisa dinikmati dari luar, kalian juga bisa masuk ke dalam bangunan menara jam yang dikenal dengan nama Old Town Hall ini. Banyak hal yang dipamerkan di dalam bangunan layaknya sebuah museum. Jadwal dibukanya wisata di dalam bangunan ini sendiri ialah dari Pukul 09:00 sampai 19:00 dihari Selasa sampai Minggu, dan khusus hari Senin baru dibuka jam 11:00 sampai 19:00. Tarifnya sendiri sebesar 250 CZK untuk perorang.

 

 

2. Gereja Our Lady Before Tyn

2.thumb.jpg.d2eb4e4e39a1e2f864a193078f6a09c8.jpg

Gereja Tyn di Old Town via thousandwonders.net

Masih di sekitaran Old Town, tujuan selanjutnya yang bisa kamu pilih ialah ke Gereja Our Lady before Tyn yang berada tak sampai 200 meter dari Jam Astronomi. Dari jam tersebut pun kalian sudah bisa melihat bagian atas gereja karena bangunannya yang lebih tinggi dibanding bangunan lain.

Gereja yang juga sering disebut Gereja Tyn ini bercikal bakal sejak tahun 1256 dan pembangunan ulang dengan gaya Gothic seperti saat ini terjadi pada abad ke 14 hingga 15. Seperti yang sudah diungkap diatas, bangunan gereja ini sangat mencolok di kawasan Old Town bahkan sekitarnya. Menaranya yang menjulang setinggi 80 meter dengan bentuk runcing khas arsitektur Gothic adalah penciri dari gereja bernuansa warna gelap ini.

Saat ini Gereja Tyn tetap beroperasi sebagai rumah ibadah dan tetap rutin mengadakan ibadah. Tak hanya itu, di samping gereja ini juga adalah Sekolah milik gereja yang juga bernama Tyn School.

 

 

3. Gereja St. Nicholas

3.jpg.5b43f200590fc261226618e2715ea29d.jpg

Gereja St. Nicholas via Prague.eu

Juga masih di Old Town Square, sebuah bangunan gereja berwarna putih berarsitektur gaya Boroque bisa menjadi objek perhatian selanjutnya. Gereja St. Nicholas dibangun antara tahun 1704 hingga 1755 yang menjadi pengganti dari gereja sebelumnya yang dibangun abad ke 13. Dengan tinggi menara 79 meter dan kubah oktagonal berwarna hijau toska menjadi penciri bangunan gereja ini dengan bangunan lain.

Keindahan bangunan gereja yang dipenuji dengan ukiran dan patung ini juga sangat menawan dibagian dalamnya. Ukiran yang detil, deratan patung, serta lukisan di dinding dan langit-langit yang colorful menjadi daya tarik yang mempesona. Meskipun masih beroperasi sebagai sebuah gereja untuk ibadah, wisatawan tetap bisa masuk dan melihat-lihat bagian dalamnya.

 

 

4. Jembatan Charles

4.thumb.jpg.43835a2d3cd047f6ba417d20209b01a2.jpg

Charles Bridge via wikipedia.org

Menjelang siang atau bahkan setelah makan siang, kalian bisa beranjak hanya sekitar 600 meter ke Barat yaitu menuju Jembatan Charles. Jembatan sepanjang 516 meter di atas Sungai Vltava ini merupakan jembatan khusus pejalan kaki yang menghubungkan Old Town dengan Prague Castle.

Jembatan Charles juga menjadi salah satu objek wisata wajib di Praha. Jika kalian sering melihat foto-foto Kota Praha, maka pasti jembatan yang dibangun sejak tahun 1357 dan selesai tahun 1402 ini menjadi salah satu yang paling banyak dijadikan ikon. Sebelum akhirnya berubah nama menjadi Jembatan Charles pada tahun 1870, jembatan ini justru dikenal dengan sebutan Jembatan Batu atau Jembatan Praha.

Hal yang menjadikan jembatan Charles menarik ialah deretan patung orang-orang suci yang menghiasinya. Patung-patung ini sebagian besar berupa tiruan saja karena patung asli banyak yang rusak akibat bencana alam yang semoat terjadi beberapa abad silam.  Setidaknya ada 75 patung yang ada di kanan-kiri jembatan dan salah satu yang cukup menarik ialah Patung John Nepomuk. Patung yang dibuat tahun 1683 ini berada di urutan ke delapan di sisi kanan dari arah Old Town. Mitos yang beredar disana ialah jika kita menggosok plakat perunggu di dasar patung tersebut, maka pasti kita akan kembali lagi ke Praha. Selain John Nepomuk, Patung Kristus juga menjadi yang paling menarik mata. Hal ini karena patung ini dikeliling oleh naskah Ibrani berlapis emas yang memuat empat huruf Ibrani.

Tidak hanya patung, menara di ujung jembatan juga menjadi objek yang tak kalah menarik. Salah satunya yaitu menara di sisi Old Town bahkan dianggap sebagai salah satu jembatan paling indah di Eropa lantaran ukiran dan dekorasi patungnya yang sangat kaya.

Sebenarnya kalian juga disarankan untuk mendatangi jembatan ini saat pagi hari atau sore hari. Hal ini karena saat tersebut, cahaya matahari yang lembut dan membuat siluet di bangunan sekitarnya menjadi pemandangan yang menarik sebagai background Jembatan Charles.

 

 

5. Prague Castle

 

 

 

5a.thumb.jpg.2eceb6433cb1e68325feadfb61ff9800.jpg

Tampak udara Komplek Prague Castle via wikipedia.org

Benteng Praha menjadi titik tertinggi di kota ini dan menjadi destinasi favorit turis untuk dicapai. Bisa dikatakan Kastil Praha sebagai ikon atau simbol negeri kuno Ceko karena diperkirakan sudah berdiri sekitar tahun 880 Masehi. Merupakan sebuah komplek luas, Kastil Praha dulunya menjadi tempat tinggal bagi raja-raja Ceko dan kaisar-kaisar Romawi. Kini salah satu bagiannya masih menjadi kantor bagi Presiden Republik Ceko.

Memiliki panjang 570 meter dan lebar rata-rata 130 meter atau dimensi luas lebih dari 70.000 meter persegi, Kastil Praha bahkan tercatat sebagai kastil kuno terbesar menurut Guiness Book of Records. Begitu luasnya komplek kastil ini bisa menggambarkan betapa banyaknya bangunan dan objek-objek yang bisa dieksplore. Karenanya pula, untuk bisa puas berkeliling ada baiknya kalian mengalokasikan waktu cukup panjang setidaknya 4 jam kunjungan. 

 

5b.thumb.jpg.74420213c4a28a09056b9512b5c98486.jpg

Jalan Emas via traveltipy.com

Misalnya ‘Jalan Emas’ yang merupakan lorong kecil dengan jajaran toko-toko cendera mata yang dulunya pernah menjadi rumah bagi para penjaga istana. Lorong yang dalam bahasa Ceko disebut Zlata Ulicka ini disebut Jalan Emas karena pada abad ke 17, bangunan-bangunan disana dihuni oleh para tukang perajin emas. Hal yang menarik dari Jalan Emas ini ialah karena arsitektur bangunannya yang unik dan sangat cantik untuk difoto. Pengunjung seolah diajak masuk ke negeri dongeng ketika melintasi lorong dengan jajaran bangunan beraneka warna tersebut.

 

 

5c.thumb.jpg.9e190ff2b92f6d5c80c8820d7c6c2c42.jpg

Katderal St. Vitus via hrad.cz

Objek berikutnya ialah Gereja St. Vitus. Bangunan katedral ini berasal dari abad ke 14 dengan arsitektur gaya Gothic. Bentuknya yang khas Gothic inilah yang membuat Katedral St. Vitus nampak eksotis dilihat dan diambil foto dari segala sisi. Gereja Katolik Roma ini juga menjadi kursi bagi Keuskupan Agung Praha.

Menariknya lagi, didalam gereja ini terdapat makam dari banyak penguasa Bohemia dan Kaisar Suci Romawi. Jika beruntung, pengunjung juga bisa berkesempatan untuk naik ke atas menara Katedral yang memiliki tinggi 96,5 meter. Dari sana tentu kalian bisa melihat kota Praha secara leluasa.

Masih ada lokasi-lokasi lain yang tak kalah menariknya seperti Istana Lama Kerajaan, pameran sejarah Praha, Basilika St. George, Biara, Galeri Nasional, dan Menara Daliborka. Jika mau mendapat informasi lebih lengkap, kalian bisa turut dalam Paket Tur yang sudah disediakan pihak pengelola. Tur ini akan mengajak kalian kesemua bagian Prague Catsle.

Oh ya, Prague Castle berada di atas bukit. Untuk mencapainya, kalian bisa memilih beberapa cara. Kalau kamu cukup punya tenaga, bisa memilih berjalan kaki saja. Salah satu titik awalnya ialaj dari stasiun Metro Malostranska atau Jalur A. Stasiun ini tepat berada di bawah Kastil. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki tangga yang akan langsung menuju gerbang Kastil. Jika tidak mau berjalan, pilihan berikutnya ialah dengan naik Trem No. 22 yang akan membawa kita ke atas bukit di Halte menuju Prazky Hrad.

Bagaimana dengan biaya masuk? Prague Castle juga menerapkan tiket berbayar untuk beberapa bagian. Tiket kunjungan lengkap berbiaya sebesar 350 CZK serta paket lainnya yaitu sebesar 250 CZK. Komplek kastil sendiri dibuka setiap hari dari jam 5 pagi sampai tengah malam. Tetapi untuk bagian atau objek bangunan bertiket, maka mulai dibuka dari jam 9 pagi sampai 6 sore.

 

 

Hari ke-2

 

6. Josefov

 

Di hari ke dua, kalian bisa memulainya dengan menyambangi kawasan atau Distrik Yahudi yang disebut Josefov. Lokasinya berada di antara alun-alun Old Town Square dan Sungai Vitava.

6a.thumb.jpg.ae74d252c6c58719b2a8a8e69ae6a56e.jpg

Pemakaman Kuno Yahudi di Josefov via wikipedia.org

Sebagai sebuah perkampungan kecil orang-orang Yahudi, Josefov memiliki berbagai tempat menarik terkait Yahudi. Sebuah Sinagog atau rumah ibadah umat Yahudi yang dibangun sejak tahun 1270 terdapat di Josefov ini yaitu dikenal dengan nama Sinagog Lama-Baru. Bahkan Sinagog ini merupakan salah satu Sinagog tertua di Eropa dan masih difungsikan sebagai rumah ibadah hingga kini. Lebih dari itu, arsitekturnya dianggap sebagai bangunan bergaya Gothic paling awal yang ada di Praha. Selain itu masih ada Sinagog-sinagog lainnya yang memiliki cirinya tersendiri dari berbagai masa termasuk Sinangog Yubelium sebagai Sinagog terbaru dan terbesar di Praha.

Ada juga perkunuran kuno Yahudi dengan batu-batu nisannya yang bertuliskan aksara Ibrani. Di dekat kawasan perkuburan ada juga Balai Kota Yahudi. Di atas bangunan berwarna putih tersebut, terdapat dua buah jam yang memiliki perbedaan yaitu satu berangka Romawi, sedangakan satunya berhuruf Ibrani.

 

6b.thumb.JPG.1756d4cbf26c1d2077b68db1a635e9f2.JPG

Salah satu Sinagog di Josefov via wikipedia.org

Josefov ini dikelola oleh Jewish Museum. Ya, karena sebenarnya kawasan ini bisa dikatakan sebagai Museum terbuka. Selain Sinago, Pemakaman kuno, dan Balai Kota, masih ada bagian lain yang dikelola dan menjadi objek wisata andalan yaitu ceremonial hall, Galleri Robert Guttman, dan Monumen Memorial.

Jangan lupa  menyiapkan uang untuk tiket masuk yaitu sekitar 200 CZK untuk sebagian besar tempat hingga 500 CZK untuk paket lengkap semua objek. Josefov sendiri dibuka setiap hari mulai jam 09:30 sampao 18:00 dan tutup di hari libur Yahudi. Disarankan pula untuk tidak mendatangi kawasan permukiman warganya saat hari Sabtu karena seperti yang kita ketahui bahwa Sabtu merupakan hari Sabat Yahudi.

 

 

7. Kota Baru Praha

7a.thumb.jpg.75aef9710d9fc53c194f753bf1663076.jpg

Deretan bangunan di Nove Mesto via flickr.com/lorenzoboy

Meskipun namanya Kota Baru, sebenarnya kawasan ini juga sudah berusia tua. Diprakasai oleh Charles IV sebagai Pasar Kuda, New Town atau dalam bahasa Ceko disebut Nove Mesto dibangun pada tahun 1348. Bangunan-bangunan bertingkat yang berjajar peninggalan era kuno masih ada hingga sekarang dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

 

7b.thumb.jpg.26a623252cf655a26906177d2363eee3.jpg

Dancing House di Nove Mesto yang terkenal via svoboda-williams.com

Menempati area seluas sekitar 7,5 km persegi Nove Mesto, banyak hal yang bisa dinikmati di kawasan yang juga berbatasan dengan Sungai Vltava ini. Satu area Alun-alun Wenceslas contohnya. Area ini bisa dikatakan pusat perbelanjaan modern di Praha. Karenanya kalian bisa bersantai sembari berbelanja di Wenceslas ini sembari menunggu sore.

Ada juga sebuah bangunan super unik yang mungkin pernah kalian lihat di foto-foto atau media. Dencing House yaitu sebuah bangunan yang memiliki bentuk asimetris dan nampak tidak beraturan. Bangunan ini memang nampak seperti sebuah editan foto saking begitu unik dan tak lumrahnya. Dancing House ini sendiri merupakan bangunan hotel yang karena keunikannya membuatnya menjadi sebuah ikon baru bagi Praha.

 

 

8. Prague Riverside Parties

Ketika malam, Praha adalah surganya hiburan. Pub dan Club malam bertaburan dikota ini dengan beragam jenis hiburan. Bagi kamu yang memang mencintai hiburan malam seperti ini, maka jangan lewatkan untuk mencoba kemeriahan pesta malam tersebut.

 

8a.jpg.7ad2da67bf862366b304fccadb968df6.jpg

Mengunjungi Karya seni jalanan via pragueriverside.com

Tetapi ada satu paket tur yang terbilang menarik dan dijamin membuat kalian tak akan merasa lelah meski dipenghujung hari. Namanya Prague Riverside Parties, sebuah paket tur yang akan mengajak pesertanya menikmati Kota Praha terkhusus sepanjang tepi Sungai Vltava dengan cara yang unik dan menyenangkan. Mereka memfokuskan pada seni, musik, dan budaya dimana semua pengunjung akan turut dalam berbagai kegiatan seperti melukis, games, bernyanyi dan banyak lainnya. Ya, peserta akan diajak berkeliling tempat-tempat instalasi seni seperti mural jalanan, patung, dan sejenisnya. Hal yang juga dianggap paling berkesan oleh para ulasan pesertanya ialah karena pemandunya yang sangat humoris. Mereka akan diajak banyak tertawa dalam setiap penjelasannya layaknya sebuah pesta.

 

8.jpg.46845900080a772a32902b36c10fe782.jpg

Kegiatan street art di Lennon Wall  via pragueriverside.com

Paket Riverside Parties dimulai sejak jam 6 sore. Kalian bisa langsung menuju starting point nya yang berada di Karlova 12,  setelah Jembatan Charles, tepatnya di Bar Recovery Room. Jika peserta sudah kumpul, barulah perjalanan dimulai menggunakan Mobile Bar khusus. Biayanya sendiri sebesar 22 Euro sudah termasuk bir dan minuman sepuasnya, makanan, dan peralatan atraksi seperti cat semprot.

Tapi sayangnya tur ini tidak berlangsung sepanjang tahun dan setiap hari. Mereka hanya melayani tur ini pada musim panas yaitu bulan Juni hingga September di hari Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

---------------------------

bagian 2 baca disini

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this