Sign in to follow this  
Tarmizi Arl

3 HARI DI PRAHA, MAU KEMANA SAJA? (BAGIAN 2)

4 posts in this topic

Di artikel sebelumnya (baca disini) kita sudah membahas petualangan di Praha pada hari pertama dan kedua. Kali ini kita lanjutkan dalam perjalanan di hari ke tiga. Seperti yang sudah kita bahas di bagian 1, pada hari pertama dan kedua adalah saat dimana kita mengunjungi destinasi utama atau unggulan. Makan di hari terakhir ini, kita akan menunjukkan beberapa pilihan destinasi. Kalian bisa memilih beberapanya yang memang paling sesuai minat. Kemana saja itu

 

Hari 3

9. Lennon Wall

Jika kalian tidak berniat turut dalam paket tur Prague Riverside Parties yang sudah dibahas di artikel bagian 1, dimana dalam paket tur tersebut memasukan Lennon Wall sebagai salah satu tujuannya. Maka kalian bisa juga tetap datang ke lokasi ini dihari ketiga.

Berada di Velkopresvorska namesti, di dekat tepi sungai Vlvtava sisi Barat, kalian bisa mencapainya dengan naik Trem no. 12, 20, 22, atau 23 dari Stasiun Metro Malostranska. Lalu turun di Halte Malostranseke namesti atau Hellichova sebagai halte terdekat dengan Velkopresvorska namesti.

 

9.thumb.jpg.0a3f67193151cc0406e333c466664fb8.jpg

Salah satu bagian The Lennon Wall via Foreigners.cz

Dinding Lennon ini adalah dinding memanjang yang dihiasi oleh lukisan. Ya, sama dengan seni grafiti jalanan kurang lebih. Hal yang membuat The Lennon Wall berbeda ialah sejarahnya. Dinamakan Lennon karena dinding ini memang awalnya diisi dengan grafiti dan lukisan John Lennon yang terinspirasi dari lagu-lagu The Beatles. Grafiti pertama sendiri awalnya dimulai sejak tahun 1980an dan terus berlanjut. Bahkan di tahun 1988, tembok itu akhirnya menjadi media untuk menyampaikan keluhan atau aspirasi pemuda-pemuda Ceko. Kegiatan menulis keluhan di dinding ini bahkan memiliki istilah khusus yang disebut ‘Lennonisme’. Lebih dari itu, The Lennon Wall juga dianggap menjadi inspirasi Revolusi Velvet yang tanpa adanya kekerasan di Ceko pada tahun 1989.

Sekarang, dinding ini begitu penuh dengan lukisan dan tulisan. Bahkan karena sudah tidak ada ruang, lukisan yang lama akan hilang dengan sendirinya karena sudah ditertutup dengan yang baru. Bagi warga Ceko, Lennon Wall adalah simbol cita-cita akan kedamaian dan cinta kasih global. Berfoto di sepanjang Lennon Wall tentu akan sangat menarik, bahkan kalian juga bisa turut menuangkan ide disana melalui lukisan atau tulisan.

 

10. Vysehrad Castle

10a.jpg.3d8d43840f8191ae6871b847f2da22f6.jpg

 

Tampak udara Komplek Kastil Vysehrad via VisitPraha.cz

Selain Prague Castle, ada juga benteng yang dibangun 70 tahun setelahnya yaitu Vysehrad. Nama Vysehrad sendiri dalam bahasa Ceko berarti Kastil yang berada diketinggian. Memang Vysehrad juga berada di atas bukit di daerah V Pevnosti.

Awalnya, di komplek ini hanya dibangun sebuah Gereja dan Benteng pos perdagangan. Barulah di tahun 1085, pangeran dinasti Premyslid yaitu Vratislav II membangun kastil. Pada saat itu selama 40 tahun, Kastil Vysehrad ini menjadi kastil utama di Praha. Namun kemudian berpindah atau kembali lagi ke Prague Castle.

Saat ini memang kastil di dalam kawasan benteng sudah hancur akibat perang. Namun tetap masih ada banyak hal yang bisa dinikmati. Terdapat 5 museum dan galeri yang ada dan bisa dikunjungi. Tapi di 2 museum yaitu Vysehrad brick gate dan Vysehraf case mate pengunjung yang mau masuk harus menunggu tur yang diadakan setiap satu jam sekali. Harus turut dalam tur karena museum ini tidak hanya berisi diorama, melainkan ada juga pemutaran video visual yang akan menerangkan sejarah Praha dan benteng-benteng yang pernah ada.

 

10b.thumb.jpg.d909e4dba6ad9d2079cacdd0c907c48c.jpg

Kapel St. Rotunda via wikipedia.org

Jangan lewatkan pula menyambangi Gereja St. Peter and Paul, Pemakaman kuno para seniman, komposer, penulis, dan tokoh penting lain, ada juga Kapel tertua di Praha yang bernama St.Rotunda, dan beberapa patung yang ada di area taman kastil.

Karena berada di atas bukit, maka pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan Kota Praha dari ketinggian. Apalagi Vysehrad ini terbilang tidak seramai objek wisata lain di Praha, jadi kalian bisa bebas berkelilng dan berfoto narsis.

 

11. Bukit Petrin

11a.jpg.a944b9f991e23e0f61900fa25cfa8ece.jpg

 

Stasiun Fernicular menuju puncak bukit via www.fototuristika.cz

Masih dengan bukit, kali ini di Bukit Petrin yang hanya berjarak sekitar 6 km saja dari Vysehrad. Tapi jika Vysehrad berada di sisi Timur Sungai Vltava, maka Petrin berada di sisi Barat dan berjarak sekitat 130 meter saja dari tepi sungai. Bukit yang puncaknya setinggi 327 meter ini memiliki daya tarik dari taman-taman, Hunger wall : sebuah dinding yang dulu berfungsi seperti benteng pelindung, dan sebuah menara mirip Menara Eiffel mini.

Untuk menuju puncak bukit, selain dengan mendaki sendiri, kalian bisa memilih menggunakan kereta atau funicular. Titik start atau stasiun fernicular ini berada di Halte Tram Ujezd  atau Tram nomor 12, 22, dan 23. Kereta angkut ini berangkat setiap hari dari jam 9 pagi sampai 11:30 malam dengan durasi perjalanan sekitar 15 menit. Tarifnya sendiri yaitu sebesar 26 CZK.

 

11b.jpg.f9e5e9805d333b8f689a86d1fc12d132.jpg

Bersantai di taman dengan latar Petrin Tower via wikimapia.org

Menaiki menara yang dikenal dengan nama Petrin Tower ini menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Untuk menaiki puncaknya yang memiliki tinggi 63,5 meter, kamu tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Tetapi kalian harus menyiapkan tenaga ekstra karena harus melalui 299 anak tangga yang artinya cukup membuat lelah. Tapi tentunya sesampainya diatas, pemandangan yang tersuguh akan sangat menawan. Sensasi ketika ada goyangan akibat angin dan banyak pengunjung juga mungkin bisa menjadi pemacu adrenalin tersendiri.

 

12. Prague National Gallery

12.jpg.35d1dc669d25876a10d2353d318735fd.jpg

 

Salah satu bagian ruang Galeri Nasional Praha via prague-me.cz

Jika kalian tertarik juga dengan pameran seni, maka tak ada salahnya menjadikan National Gallery of Prague sebagai pilihan. Galeri atau Museum seni yang sudah didirikan sejak tahun 1796 ini menjadi salah satu museum terbesar di Eropa Tengah. Alamatnya berada di Veletrzni Palac, Dukelskych hrdinu 47.  

Ragam koleksi yang tersedia di Galeri Nasional ini mencakup berbagai jenis karya dari berbagai seniman terkenal seperti Picasso, Monet, Van Gogh, Renoir, Munch, dan lainnya. Beberapa karya seniman bahkan ditempatkan di satu ruang sendiri sehingga pengunjung bisa lebih fokus.

Dibuka setiap hari kecuali Senin dari jam 10 pagi sampai 6 sore, pengunjung dikenalan tarif masuk sebesar 250 CZK dan gratis untuk anak-anak, bahkan remaja usia dibawah 18 tahun termasuk pelajar dibawah usia 26 tahun.

 

13. Museum of Communism

 

13.thumb.jpg.e2fe2102b2a6c47b3dae76f3427d0e86.jpg

Salah satu bagian ruang Museum via muzeumkomunismu.cz

Masih dengan wisata museum, kali ini kita bisa menyambangi Museum yang akan memaparkan sejarah rezim Komunis yang pernah ada di Ceko. Rezim komunis pernah menguasi negara yang dulu masih mencakup Cekoslovakia (sekarang negara Ceko dan negara Slovakia) ini pada tahun 1948 hingga 1989. Kekejaman komunis dengan penyiksaan terhadap rakyat adalah kekelaman yang paling buruk dalam sejarah Ceko. Dalam catatan sejarah, rezim ini telah menewaskan ratusan ribu nyawa warga. Belum lagi yang disiksa, dipenjara, dan diasingkan.

Kisah dan perjalanan kelam Ceko tersebut setidaknya bisa sedikit kamu bayangkan di Museum yang beralamatkan di Na Prikope 10, Nove Mesto ini. Pengunjung bisa datang setiap hari kecuali Senin dari jam 9 pagi sampai 8 petang. Tiketnya sendiri sebesar 190 CZK untuk dewasa dan gratis untuk anak dibawah 10 tahun.

Banyak bagian ruang di Museum yang mulai dibuka tahun 2001 ini yang bisa dijelajahi. Secar spesifik lagi, Museum yang menempati area seluas 500 meter persegi ini mengusung tema ‘Komunisme : Impian, Kenyataan, dan Mimpi Buruk’. Menariknya, pengunjung tidak hanya sekedar melihat diorama melainkan akan diajak seolah masuk ke situasinya karena setting yang baik dan juga menarik.   Sebuah ruang khusus pemutaran video film pendek juga tersedia sehingga bisa lebih memberi gambaran kepada pengunjung.

 

14. Taman Monumen Korban Komunis

Masih soal sejarah rezim Komunis. Jika tertarik sempatkanlah juga untuk datang ke sebuah taman di Mala Strana 118. Di sana ada sebuah monumen peringatan berupa patung yang bisa membuat merinding.

 

14.thumb.jpg.0dfc8e71faa6cae782edf831a621bff9.jpg

Communism monument park via roundtable.typepad.com

Terdapat 7 patung yang nampak melangkah menuruni tangga. Tapi seramnya, patung-patung tanpa menggunakan busana ini berbentuk tak utuh atau tampak robek-robek badannya. Patung terdepan dibuat utuh, tetapi patung kedua dibuat robek sedikit, lalu patung ketiga dengan bagian yang lebih banyak tak utuh, dan seterusnya hingga patung terakhir yang hanya menyisahkan kaki. Selain patungnya yang memang dibuat menyeramkan layaknya zombie, latarnya yang berupa pepohona juga menjadi penyempurna atmsofer yang hendak dihadirkan. Ide desain ini dibuat oleh arsitek dan pemaung yaitu Jan Kerel dan Zdenek Holzel.

Taman ini sendiri buka setiap saat dan tanpa biaya masuk. Bisa dikatakan saat sore hari ketika cahaya mulai mereda menjadi waktu terbaik untuk bisa mendapatkan suasana yang lebih mencekam.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this