• 0
Sign in to follow this  
Followers 0
sumbercenel

Bermacam-macam pakaian adat kota istimewa yogyakarta

Question

Selamat datang teman-teman yang saya cintai, apakah kalian sehat semuanya sehat? Kalau masih sehat kita perlu banyak bersyukur kepada Allah, karena yang memberi kesehatan adalah Allah SWT. Nah di sini saya akan menyampaikan sekilas dari sumber informasi, mengenai pakaian adat.

Kalau peru kita ketahui ya, pakaian adat seluruh indonesia sangat berbeda-beda, karena di indonesia banyak suku dan budaya, bahkan ini baru satu negara saja ya, pakaian adat juga juga hanya untuk dipakai orang tertentu aja, dan hanya untuk lokasi yang tertentu saja.

Dulu pengalaman saya ketika saya mengikuti karnaval di jogja, itu banyak orang yang memakai kostum khas kota jogja, mulai dari pakaian adat jogja, dan banyak sekali pakaian adat di sana. Ada juga yang menggunakan pakaian batik, bati lainnya yang khusus sekitar jogja.

Model kebaya di indonesia

14412558481760306654.jpg

Ada berbagai banyak macam spekulasi mengenai asal kebaya, dan banyak orang yang mengatakan bahwa kebaya aslinya di sekitar timur tengah, dan banyak orang yang mempunyai pendapat ada juga yang berasal dari china terdekat. Bahan kebaya ini berasal dari kata arab yang berarti artinya pakaian dan banyak orang yang memperkenalkan di sekitar kota indonesia dengan melalui bahasa portugis.

Istilah kebaya telah datang untuk mengetahui pada pakaian yang sangat nampak asalnya. Karena ini pertama kali di pakai indonesia pada suatu waktu selama abad ke 15 dan abad ke 16. Kebaya panjang biasanya di kenal sebagai kebaya panjang 6 yang dipakai pada abad ke 16 oleh perempuan portugis, yang datang di sekitar pantai barat daya, dan itu yang terletak di sekitar selat malaka dari sumatra di barat laut indonesia.

Banyak sumber lain juga membahas mengenai pengaruh negara lain pada pakaian adat pada saat itu, dan banyak orang yang bilang dari sumber informasi membandingkan kebaya dengan unik dengan melalui lengan panjang yang di pakai oleh perempuan. Saat itu pada muncul umat islam banyak orang yang kedatangan orang eropa ke nusantara. Entah itu dari negara mana arab atau china, karena yang membawa bahan kebaya banyak berbagai macam jenis. Dengan perdagangan rempah rempah yang terjadi selama ini di dalam sejarah dahulu.

Asal Dari Pakaian Kebaya

 

Pada waktu itu pada penjajahan belanda, kebaya mengambil peran baru sebagai gaun formal bagi wanita di negara eropa, dan ini juga termasuk negara terkuat di dunia. Dan perlu kita ketahui ternyata selama ini kebaya sebagian besar dibuat dari kain mori, di modifikasi buatan kostum tradisional ini kemudian, lalu banyak orang yang mengenal dengan kain sutra dan bordir untuk menambahkan desain dan warna yang terbaru.

Pada umumnya bentuk yang sangat paling dominan adalah kebaya yang dikenal di pulau jawa dan bali dengan saat ini, dan bisa dilihat dengan teliti, kebaya yang dikenakan di sekitar jawa dan sunda dari akhir abad 19 awal abad 20 dan seterusnya. Dan banyak fitur yang mudah dikenali dari kebaya hari ini yang meningkatkan kecakapan para perempuan dengan desain leher yang berbentuk lipat bisa meningkatkan torso wanita dan juga lengan panjang dan jenis kain semi transparan terbukti juga kebaya abad yang lalu.

Kebaya tradisional mengharuskan dengan pantas perempuan saat memakainya. Perempuan dengan status sosial yang lebih tinggi akan membantu mereka dengan stagen, akan tetapi perempuan yang tidak begitu beruntung memiliki bantuan dan bisa berpakaian dengan mengikat pada ujung stagen ke sebuah pos dan pada dalam dirinya mereka.

Busana Asli Dalam Pembuatan Sebuah Bansa

large-kebaya-indonesia-15f0e4809bc3fd747

Mengingat pada geseran historis politik yang telah terjadi pada indonesia pada waktu abad terakhir, bentuk kebaya, sangat relatif tidak akan berubah. Namun dari fungsinya dan artinya sangat berbeda dengan wujudnya, yang telah mengalami perubahan besar pada negara kolonial dan pasca kolonial. yang beroperasi untuk memenuhi agenda politik, dan kebutuhan sosial dan aspirasi masyarakat yang berbeda-beda.

Dan kebaya juga melambangkan emansipasi pada perempuan di indonesia melalui sebuah representasi yang menghubungkan kebaya dengan figur Kartini pada abad ke 19. Selama abad ke 19 sebelum gerakan nasional pada awal abad ke 20 bedaya menikmati masa pakai wanita indonesia eurasi dan eropa merupakan dengan sedikit gaya.

Karena selama ini membedakan kelas dan status terpenting dan menghasilkan varian kostum pada dasarnya, kebaya pada bangsawan jawa terbuat dari sutra, beludru dan brokat, dan wanita jawa yang bergabung dalam kelas biasa memakai katun, kebaya yang di kenakan perempuan eurasia itu terbuat dari katun putih yang yang di pangkas dengan renda buatan tangan eropa pada siang hari, dan sutra hitam di malam hari.

Sementara pada perempuan belanda sangat menyukai kebaya putih yang lebih pendek. Bahkan bagi wanita belanda yang berencana untuk pergi di suatu tempat sekitar Hindia dan belanda.

Dari Istana ke jalan - Gambar Yang Populer dan Tradisional

ayumediatrans.jpg

Sementara ini kebaya ini dikenakan oleh berbagai wanita dari mantan pemimpin megawati ke pedagang kaki lima jamu. Kebaya tidak akan bisa untuk diklaim beroperasi sebagai penyamaratan sosial. wanita yang berjualan jamu tradisional daru muda sampai tua akan di seberang pulau jawa bali karena ini menggunakan bahan kebaya.

Saat ini di indonesia gambar seorang perempuan yang menggunakan bahan kebaya untuk digunakan sebagai produk untuk dijual diluar sana, mulai dari ramuan tradisional hingga betadine. Sebagai ikon perempuan dalam pakaian adat jogja  tradisional kebaya menjual tradisi semua kemurnian dan kebaikan yang dimiliki oleh tradisi budaya indonesia. Mungkin ini juga membangkitkan unsur bagi konsumen perkotaan. 

Tradisional sebagai cara hidup, sering kali kurang perbedaan antara pengaturan pedesaan dan perkotaan dari pada tentang perbedaan sosial ekonomi dan kelas. Bagi wanita yang berusia 50 tahun ke atas, yang pekerjaan dan cara hidupnya membedakan mereka sebagai busana tradisional bahan kebaya. Ini merupakan pilihan pakaian sehari-hari bagi mereka.perempuan ini sebagian besar pembantu rumah tangga atau sekitar bekerja di sektor pertanian.

Mungkin ini aja yang bisa saya sampaikan mengenai pakai adat berbagai macam khususnya di indonesia mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Anda semua.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

8 answers to this question

  • 0

batik pekalongan kalau saya seh suka nya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
2 hours ago, deffa said:

batik pekalongan kalau saya seh suka nya :D

wah idem....:senyum 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
5 minutes ago, Dhistiraz said:

wah idem....:senyum 

keliatan lebih elegan ya :D

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
14 minutes ago, deffa said:

keliatan lebih elegan ya :D

hahaha iya..... paling suka sama batik dr sana, bagus-bagus....:kesengsem

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
2 minutes ago, Dhistiraz said:

hahaha iya..... paling suka sama batik dr sana, bagus-bagus....:kesengsem

ada juragan nya neh cc om @Eko Agus :D 

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
13 minutes ago, deffa said:

ada juragan nya neh cc om @Eko Agus :D 

wogh...mantaff..... thaks mas... ntar kalo kesana lagi ku kontek lah om @Eko Agus mana tau ada diskonan gede :senyum:senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0
On 5/5/2017 at 6:25 PM, Dhistiraz said:

wogh...mantaff..... thaks mas... ntar kalo kesana lagi ku kontek lah om @Eko Agus mana tau ada diskonan gede :senyum:senyum

wah diskonan mah tenang aja itu pasti dapat ya gak om hahah @Eko Agus :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0