Sign in to follow this  
Tarmizi Arl

RUTE BARU AIR ASIA ! WAKTUNYA MENJELAJAHI MACAU LANGSUNG DARI JAKARTA (BAGIAN 1)

9 posts in this topic

Kabar gembira travelers !!! Setelah akan direncanakannya pembukaan rute baru maskapai Air Asia dari Jakarta ke Tokyo, ternyata mulai 7 Agutus nanti maskapai low budget ini juga akan membuka rute penerbangan direct baru dari Jakarta yaitu tujuan Macau. Tiketnya pun sudah bisa dibook mulai sekarang.

Ya, jika sebelumnya jika kita mau ke Macau harus via Kuala Lumpur, sekarang kita bisa mempersingkat waktu. Tak perlu transit dan biayanyapun bisa lebih murah. Berdasarkan beberapa webstie resmi air asia, harga awal yang mereka tawarkan untuk penerbangan Jakarta-Macau bulan Agustus ialah mulai dari IDR 788k.

 

 

a.jpg.fe702e25182f520ddc829ae5a040f9b1.jpg

Penawaran harga per Mei 2017

Dengan adanya penerbangan direct ini, apa kamu tertarik untuk menjadikan Macau sebagai pilihan destinasi wisata berikutnya? Ingat ! Macau tak hanya soal perjudian casino-nya, kota ini juga berhasil menggaet puluhan juta wisatawan juga karena potensi wisatanya itu sendiri. Lantas, seperti apa potensi yang dimiliki Macau? yuk kita kenali dulu kota ragam pesona ini !

 

 

1.Seputar Macau

 

Sama seperti Hongkong, sejak tahun 1999 Macau juga merupakan Daerah Administratif Khusus dari Negara Tiongkok. Artinya, beberapa urusan diurus langsung oleh Pemerintahan Macau kecuali tanpa tergantung dengan negara Tiongkok atau mirip dengan sistem Otonomi.

 

 

1a.thumb.jpg.7da4f6c6a76fae79e22d99bdab0bef1d.jpg

Tampak udara Makau via cina.panduanwisata.id

Macau atau Macao selama lebih dari 400 tahun ada di bawah jajahan Portugis. Barulah di tahun 1999 tersebut, terjadi penandatanganan perjanjian antara Tiongkok dan Portugal untuk membebeskan Makau dan Hongkong. Hal itulah yang membuat Makau banyak terpengaruh dengan Portugis seperti bahasa dan budaya.  Bukti fisik juga bisa dilihat dari peninggalan bangunan-bangunan kolonial yang hingga kini masih terawat dan bersanding dengan bangunan-bangunan pencakar langit modern. Karena itu pula, Makau sering disebut sebagai ‘kota masa lampau dan masa depan’.

 

1b.thumb.jpg.a679fbeb448960a82d4c82c0ecbe84de.jpg

 

Peta Macau via maps-of-the-world.net

Letak Makau sendiri berada di sisi Tenggara daratan Tiongkok atau sekitar 70 km sebelah Barat Daya Hong Kong. Kawasan darat Makau sangat kecil yaitu hanya sekitar 30 km persegi dengan penduduk sekitar 643 ribu jiwa. Selain daratan utamanya yang menyatu dengan daratan Tiongkok, Makau punya dua pulau lain yaitu Taipa dan Coloana, tetapi keduanya kini dihubungkan oleh pulau buatan yang disebut Cotai sehingga ketiganya nampak menjadi seperti satu pulau tersendiri. Untuk mengubungkan pulau tersebut dan daratan utama Makau maka dibuatlah 3 buah jembatan.

 

 

2. Mata Uang

 

 

 

2.thumb.jpg.b1f1f541488a882142529287d43bd991.jpg

Bukan Yuan atau Dollar, Macau punya mata uangnya sendiri yaitu Pataca atau disingkat MOP. Per awal Mei 2017 ini, nilai tukar  1 MOP ialah sebesar sekitar 1.660 IDR. Lantas apa hanya MOP yang bisa dipakai? Ternyata tidak ! Di Macau kalian bisa menggunakan mata uang Yuan (CNY) ataupun Dollar Hongkong (HKD). Menariknya, karena nilai ketiganya tidak berbeda jauh, jadilah ketiga mata uang ini dianggap memiliki nilai tukar yang sama. Artinya 1 MOP sama saja dnegan 1 CNY dan sama saja pula dengan 1 HKD.

Tapi perlu diketahui bahwa jika di konversi ke Rupiah, ketiganya memiliki nilai yang berbeda. Justru MOP punya tukaran terendah terhadap rupiah, sedangkan jika 1 CNY per Mei 2017 ini ialah sebesar 1.930 IDR,  sedangkan 1 HKD ialah sebesar 1.711 IDR. Artinya, kita akan lebih untung jika menggunakan mata uang MOP saja. Bayangkan jika membeli barang seharga 10 MOP yang jika dirupiah sekitar 16.600an, tapi jika kamu pakai Yuan maka barang itu seharga 19.300an.

Selain itu, jika kita membayar pakai HKD atau Yuan dan ada kembaliannya, maka sudah bisa ditebak bahwa pedagang akan mengembalikan kembaliannya pakai mata uang MOP. Yang artinya lagi, kita mendapat kembalian yang nilainya lebih kecil dari semestinya.

 

 

3. Transportasi Umum

 

Pilihan transportasi umum yang bisa digunakan di Macau ialah Bus. Moda angkutan massal ini menjadi yang termurah, mudah ditemui, dan menjangkau banyak titik. Apalagi Macau yang tidak begitu luas, tentunya Bus bisa dikatakan sudah menjadi solusi untuk mobilitas. Setiap trayek ditandai dengan nomor bus. Di setiap halte juga akan ada petunjuk nomor bus apa saja yang akan berhenti di halte itu termasuk trayek atau jalur yang dilaluinya. Tapi yang sering menjadi kesulitan utama ialah penggunakan aksara dalam petunjuknya. Macau umumnya hanya memakai tulisan Mandarin dan Portugis, ditambah lagi warganya yang sedikit dapat memahami bahasa Inggris. Jadilah ketelitian kita masing-masing harus sangat diandalkan.

 

 

3.jpg.f439a7f12a6df9b3c34c5fa497623231.jpg

Bus di Macau via cptdb.ca

Tips terbaik agar tidak salah ialah kalian harus sudah menyiapkan itinerary kemana saja tujuan yang akan didatangi. Setibanya di Macau baik bandara atau pelabuhan, langsung saja ke Tourism office untuk meminta peta yang tentunya gratis, di peta ini sebenarnya sudah ada juga keterangan halte bus, nomor dan tujuannya. Tapi untuk meyakinkan kalian bisa langsung tanyakan ke petugas yang ada.

Tarif bus sendiri ialah bekisar di angka 3,2 sampai 5 MOP tergantung jalur dan dari mana halte awal kalian masuk. Ya, tarif bus di Macau bukan hanya dihitung berdasarkan jauh atau jarak perjalanan, melainkan juga berdasar halte bus yang anda naiki. Halte khusus area di semenanjung Macau misalnya memiliki tarif tiket 3,2 MOP, sedangkan jika menyebrang menuju Taipa maka bus yang digunakan ialah bertarif 4,2 MOP. 

Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang pas karena tidak akan ada kembalian untuk kelebihan pembayaran. Ketika masuk bus dari pintu depan akan ada kotak tempat pembayaran. Disana juga tertulis tarif yang harus dibayar.

 

 

4. Akomodasi

 

Sebagai sebuah ‘Kota Perjudian Dunia’, rasanya terbayang sudah betapa glamornya kehidupan di Macau. Tapi ternyata itu tidak juga benar meskipun tidak juga salah. Macau terbilang sama saja dengan kota-kota besar lain seperti Hongkong. Justru jika sepintas dilihat, Hongkong jauh lebih mewah. Intinya, kemewahan dan kehidupan hedon ya khusus untuk mereka yang mau saja. Kalau tidak, kamu masih bisa melakukan wisata hemat kok di Macau.

 

 

4.jpg.ba69a83f13383813e3d7f490ef6ee1aa.jpg

Nam Pan Guesthouse via tedveller.com

Akomodasi misalnya. Macau masih punya beberapa penginapan bertarif rendah sekelas hostel atau guesthouse. Beberapa contoh yang mungkin bisa menjadi referensi ialah San Va Hospedaria di Rua Da Felicidad dengan tarif mulai dari 160 MOP permalam. Karena merupakan bangunan tua di jalan kecil, Guesthouse ini nampak tidak begitu menarik. Kamar mandinya pun diluar kamar alias shared bathroom. Tapi bagi backpackers, tentu hal itu bukan menjadi kendala. Selagi murah dan masih layak, kenapa tidak?

Berikutnya ada juga Penginapan Nam Pan yang beralamat di Avenida de D. Jaoi IV no. 8.20 Andar. Sama seperti penginapan San Va, Nan Pan juga nampak tidak begitu menarik dari tampak bangunannya. Lagi-lagi, ada rupa ada harga. Penginapannya berada di lantai 3 sehingga kita harus naik tangga dahulu untuk naik. Di lantai 3 inilah ruang reservasi dan kamar tersedia. Meskipun kecil tapi suasananya terbilang sangat nyaman dan bersih. Pelayannya pun sangat ramah. Untuk yang satu ini, tarifnya mulai dari 280 MOP permalam untuk single room, 380 MOP untuk double room, 480 MOP untuk triple beds room, dan 580 MOP untuk four beds room. Harga ini naik masing-masing 100 MOP jika kalian datang di hari atau musim liburan.

Kedua diatas hanya contoh untuk tipe hostel atau guesthouse. Sedangkan kalau kamu mau yang lebih nyaman, maka Hotel tentu menjadi pilihannya. Sebagai bayangan, hotel bintang 2 misalkan tarif terendahnya mulai 600 MOP. Untuk hotel tentu tidak sulit mencarinya, mau di jalan besar maupun kecil ada sangat banyak hotel di Macau. Tapi tentu cara terbaik ialah browsing dan booking terlebih dahulu.

 

5. Kuliner Halal

 

 

 

5.thumb.jpg.6a43d8a748f12f999bc7c9b06bf99399.jpg

Golden Peacock, salah satu restoran Halal di Macau via rebeccasaw.com

Bagaimana untuk urusan makanan halal? Ternyata meskipun perjudian menjadi identitas dari Macau, kaum Muslim tetap bisa berwisata dengan nyaman disini. Beberapa restoran halal tersedia di beberapa titik. Kalian bisa melihat logo Halal yang terpampang di depan restoran sebagai identitas bahwa Restoran tersebut menyediakan masakan halal.

Beberapa contoh restoran halal tersebut ialah Taste of India di kawasan Fisherman’s Wharf. Seperti namanya, menu makanan utama yang disediakan di rumah makan ini ialah masakan khas India seperti Nasi Briyani, masala, chikken tikka, naan, Indian Tea, dan lainnya.

Ada juga di R. Do Teatro, dekat Senado Square, sebuah restoran halal yang menyediakan menu makanan yang sangat beragam dari mulai makanan khas Tiongkok hingga Timur Tengah. Nama restoran ini ialah Loulan.

Selain dua diatas, ada juga  rekomendasi lain yaitu Golden peacock, Indian Kitchen, Xin Yue MuSiLin, Indian Spice, dan sebuah restoran khas Indonesia bernama Cafe Enak San Ma Lou dan Loly Indonesian Food.

 

---

 

baca bagian 2 di sini

Share this post


Link to post
Share on other sites
6 hours ago, twindry said:

wah :D mantap nih. udah direct semua ya. makin enak donk yang di jakarta dan sekitarnya

dari Pontianak juga ada direct kan

ke Kuching :P 

Share this post


Link to post
Share on other sites
7 minutes ago, deffa said:

dari Pontianak juga ada direct kan

ke Kuching :P 

kuching doank :( wkwkwkw apa guna nya. mending ke KL bisa kemana2. tapi mayan lah sekarang KL tiap hari udah terbang :dance 

Share this post


Link to post
Share on other sites
2 minutes ago, twindry said:

kuching doank :( wkwkwkw apa guna nya. mending ke KL bisa kemana2. tapi mayan lah sekarang KL tiap hari udah terbang :dance 

PTK - KL ada kan ya?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this