Sign in to follow this  
yanuarajadeh

SURGA PRA-SEJARAH PAGARALAM

6 posts in this topic

SURGA PRA-SEJARAH PAGARALAM

Sejak duduk di bangku sekolah dasar kita sedah mempelajari ilmu sejarah, sederhananya sejarah adalah ilmu yang mempelajari kisah masa lalu, yang pernah terjadi, dan dapat dibuktikan dengan berbagai peninggalan-peninggalan penting berupa barang, tulisan, maupun cerita secara lisan. Nah, dalam ilmu sejarah kita mengenal Teori Evolusi yang dipaopulerkan oleh Charles Darwin pada tahun 1859 di Inggris dalam bukunya yang berjudul The Origin of Species by Means of Natural Selection. Di Indonesia ada sepuluh macam manusia purba yang fosilnya tersebar di berbagai daerah. Homo Soloensis adalah salah satunya, manusia purba ini diperkirakan hidup sejak 900.000 sampai 300.000 tahun yang lalu. Kalian dapat membayangkan betapa tuanya penghuni alam di Indonesia ini. Coba kalian bisa membayangkannya tidak?
Bagi pecinta dan penikmat sejarah ilmu arkeologi mungkin menjadi penelitian yang sangat menyenangkan. Tapi bagi mereka yang benci akan masa lalu biasanya gak mau Move On (lah apa hubungannay...?), yang jelas mereka kurang menghargai nilai historis bahkan bagi mereka wisata seperti ini membosankan. Kalau anda pernah menonton film Doraemon “Lagenda Raja Matahari” dengan latar belakang suku Maya Mesoamerika Mexico yang hidup sekitar 250 M- 900 M. Maka bukan tidak mungkin para pemuda Indonesia akan menggarap film dengan latar belakang manusia pra-sejarah. Bagi kalian yang penasaran mari kita lihat gambar berikut ini.
Penunjuk arah yang dipasang di pinggir jalan lintas Pagaralam-Bengkulu. Tidak jauh dari jalan ini, dan rumah batu tersebut terletak di areal pemukiman warga yang disisi belakangnya sawah nan menghijau, dan menguning ketika akan dituai.


Seperti inilah bentuk rumah batu tersebut, terletak dibawah rumah panggung warga desa Tanjung Aro Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan. Kalian bisa menikmati sensasi berjalan di dalam gua seperti di film The Mummy atau film-film lainnya yang bergenre petualangan di dalam gua.

Puas kalian menikmati rumah batu, tidak jauh dari lokasi tersebut, dibelakangnya terdapat areal pertanian warga yang menanam padi. Namun, bukan sawah tersebut yang menjadi objek wisatanya, akan tetapi arca manusia dililit ular. Arca tersebut juga memiliki berbagai cerita mistis, terlepas dari itu semua kalian akan kagum bahwa Bumi pertiwi ini sudah berpenghuni jauh sebelum bangsa Maya mendirikan kuil dewa matahari yang persis dengan bangunan piramida mesir.
Kalian bisa lihat surga di Kota Pagaralam. Ketika Fajar menyingsing, mentari mengucap salam takzim, kau bisa melihat Gunung Dempo laksana Gunung Fuji tiada bersalju di Jepang. Sawah nan menghijau mempercantik suasana arca dan rumah batu yang ada di sekitarnya. Namun, sayangnya berbagai situs peninggalan purba kala ini tersebar di berbagai desa, sehingga apabila kita ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut maka harus mempersiapkan kendaraan  dan perbekalan yang cukup. Karena jarak antar desa yang satu dengan yang lainnya lumayan memakan waktu antara 30 menit-2,5 jam. Bagi yang mudah sekali bosan dengan perjalan yang seperti ini, jangan khawatir kalian akan mendapatkan bonus untuk memanjakan mata. Lihatlah Gunung dempo tersebut memanggilmu untuk kau jelajahi berbagai air terjunnya. Dan inilah berbagai macam bonus yang dapat kalian nikmati. 

 
Curup Embun, inilah nama air terjun yang pertama yang dapat kalian singgahi. Bagaimana menurut sahabat? Cukup memuaskan mata belum? Lanjut, tidak jauh dari curup embun kita akan menuju Curup Mangkok, bentuknya yang persis dengan mangkok karena arealnya berbentuk lingkaran yang dibendung. Inilah gambarnya....
Air terjun bernama Curup Mangkok ini dikelolah oleh Pemda Kota Pagaralam. Maka di curup mangkok ini di fasilitasi dengan tempat ganti pakaian, mushalah, dan ban karet bagi yang tidak bisa berenang. Karena tepat dibawah air terjun ini memilki kedalaman sekitar 5-7 meter. Puas kita berenang di curup mangkok ini kita akan lanjutkan perjalanan yang tidak jauh pula dari lokasi ini yakni Air terjun Tujuh Kenangan. 


Sahabat, kalian dapat melihat disekeling air terjun ini mengalir diatas permukaan batu. Ini menunjukkan bahwa pagaralam masih memiliki peninggalan purbakala yang masih sangat alami. Bebatuan ini seperti geopark-geopark yang terkenal di dunia. Di Indonesia geopark yang sudah terkenal diantaranya danau toba-Medan, Ciletuh-Jawa Barat, Baturadden Kota Purwokerto, Rinjani-NTB, Merangin-Jambi, Batur-Bali, Gunung Sewu-DIY-Jateng-Jatim. Eh, pada tahu gak apa itu geopark???
Pengertian Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Istilah Geopark merupakan singkatan dari "Geological Park" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi.

Nah, sahabat tertarik gak nih wisata sejarah dan geologi-nya??? Selain menambah wawasan kita juga dapat menikamati surga yang dimiliki oleh Indonesia. Selain memanjakan mata, urat-urat syaraf kita akan kendur, dan yang pastinya bermanfaat juga buat kesehatan kita. Ayo..., Mampir ke Kota Pagaralam Sumatera Selatan. By: Muhammad Ilyas.
 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By WISATA PANTAI NONGSA BATAM
      Antara Batam & Singapore (Negeri tetangga 25 km seberang lautan)

    • By Sheila Sheen
      #1000SBIT menyelenggarakan event Pariwisata Ter-Akbar di Indonesia. Berbagai ragam program acara meramaikan event pariwisata tahun ini.
      10-16 Oktober 2016 di Asia-Afrika, Bandung.
      Ada juga berbagai kategori lomba yang wajib kamu ikuti dengan total hadiahnya 1 Miliar rupiaaaaahh!
      1. Lomba Foto DSLR Professional | 2. Lomba foto Gadget Pariwisata | 3. Lomba Foto Selfie Gadget Pariwisata | 4. Lomba Foto Drone Pariwisata.
      1. Lomba Video Drone Pariwisata | 2. Lomba Video Gadget Pariwisata | 3. Lomba Video Pariwisata | 4. Lomba Video Keindahan Bawah Laut.
      Untuk program acara yang dihadirkan ada:
      - Pameran Foto Pariwisata Terpanjang menuju REKOR MURI!
      - Penayangan Video Pariwisata Berdurasi Terpanjang menuju REKOR MURI!
      - Gelar Budaya
      - Wisata Kuliner
      - Photography Corner
       
      Ayo ikuti berbagai lombanya, untuk informasi syarat & ketentuan lomba bisa dilihat di https://www.facebook.com/1000sbit/
      follow twitternya di @seribubit | IG: @1000sbit


    • By Sheila Sheen
      Suka traveling ke tempat wisata-wisata di Indonesia ?
      Mempunyai hobi photografi & videografi ?
      Mau tau sampai berapa kemampuan pengambilan foto kamu?
      Atau hanya ingin bertemu sesama pecinta fotografi & videografi ?
      Ikutan dan ramaikan, yuk!!!
      LOMBA FOTO PARIWISATA Menuju REKOR MURI !!!
      Banyak kategori yang bisa kamu ikuti loh!
      .. Kategori DSLR Pariwisata ..
      .. Kategori Foto Drone Pariwisata ..
      .. Kategori Gadget Selfie Pariwisata ..
      .. Kategori Video Keindahan Alam Bawah Laut Nusantara ..
      .. Kategori Video Pariwisata ..
      .. Kategori Video Gadget Pariwisata ..
      .. Kategori Video Drone Pariwisata ..
      Psst…
      Untuk 100 peserta pertama akan mendapatkan Kaos gratis dari 1000BIT.
      Total hadiahnya ratusan juta rupiah loh! Ayo siapkan photo dan video menarik kamu, lalu daftar dan menangkan hadiahnyaaaa!!!
      Untuk syarat & ketentuan lomba dapat langsung di cek di https://www.facebook.com/1000sbit/
      Follow on twitter for more information
      @seribubit

    • By posted019
      Lupakan Pantai Kuta, Sanur, Nusa Dua atau ketika Anda sedang berlibur di Bali. Ada banyak pantai yang indah lainnya di Bali yang Anda harus eksplorasi, salah satunya adalah Bali Cliff. keindahan pantai ini tentu akan memberikan kesan yang mendalam. Itu karena setiap sudut pantai begitu indah dan menawan. keindahan alam yang berbeda dan ketenangan suasana pantai membuat anda jatuh cinta pada tempat ini. Keindahan pantai Bali Cliff seperti sepotong surga di sudut Bali.   Bali Cliff disebut Green Bowl, karena jika kita melihat pantai ini wilayah dari udara, bentuknya tampak seperti semangkuk air. Bali Cliff juga disebut Hidden Beach karena pantai ini terletak di belakang tebing sehingga cukup sulit untuk ditemukan keberadaanya.     Bali Cliff menawarkan pemandangan yang begitu menakjubkan. Dapat dilihat dari pasir putih yang membentang, maka terlihat warna kebiruan laut dan dinding batu yang curam. Bagi Anda pecinta berselancar, Bali Cliff merupakan daerah yang tepat untuk menguji keberanian dan adrenalin. Jenis gelombang yang memiliki panjang gelombang normal dan ketinggian yang cukup menantang. Banyak wisatawan mengunjungi pantai Bali Cliff disebabkan salah satu alasan ingin mencoba tempat surfing yang tersedia di sini.   Lokasi Bali Cliff tersembunyi di balik tebing, Tidak banyak pengunjung yang datang ke sini, hanya peselancar umumnya sangat akrab dengan tempat ini. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus pergi melewati tangga turunan yang cukup curam. Meskipun pantai tidak terdapat dalam buku panduan atau perjalanan wisata. Namun, jangan khawatir karena pantai tidak jauh dari Denpasar atau Kuta, terletak di Bukit Peninsula, antara Garuda Wisnu Kencana dan Pura Uluwatu, sehingga Anda dapat mengunjungi hanya satu hari.   Hal Apa Yang Bisa Dilakukan Di Bali Cliff (Green Bowl) :   Anda dapat dengan bebas menjelajahi pantai ini tanpa terganggu tamu lain. Selain surfing dan snorkeling, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang, berjemur, atau hanya bermalas-malasan di pantai, membaca buku. Bahkan untuk mengajak anak bermain pasir juga baik untuk dilakukan. Suasana pantai yang tenang dan damai. Tidak ada suara kendaraan bermotor dan pedagang di pantai.     Pantai ini masih alami, sempurna jika Anda ingin berlatih yoga atau meditasi dalam suasana alam yang damai. Di sini Anda dapat melakukan apapun tanpa mengganggu. Pantai Green Bowl jarang dipublikasikan di media, sehingga tidak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Namun, mungkin inilah yang membuatnya unik, tempat tersembunyi yang indah, di mana sejenak jauh dari keramaian dan hiruk pikuk pariwisata Bali.   SUMBER ARTIKEL