Sign in to follow this  
yusufarief

Keindahan Sunrise di Batu Dinding yang Luar Biasa

3 posts in this topic

 

Selain dikenal sebagai kota paling dicintai dan paling bersih. Balikpapan memiliki sejuta pesona wisata yang membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara betah berlama-lama di kota ini.

Mulai dari ragam busananya, seperti hasil kerajinan batik kalimantan timur dan batik kalimantan tengah bisa Anda temui di setiap toko oleh-oleh. Bahkan mall pun menyediakan batik kalimantan ini.

Ada juga wisata alamnya yang masih terlihat asri lagi menawan. Seperti pantai Lamaru, pantai Manggar, dan masih banyak wisata lainnya. Tapi, tahukan Anda, dari banyaknya tempat wisata yang sudah dikunjungi. Ada satu tempat wisata alam Balikpapan yang hanya sedikit orang yang tahu. Bahkan, beberapa orang asli Balikpapan saja tidak tahu.

Tempat wisata alam ini adalah Batu Dinding. Karena memang lokasinya yang jauh dari perkotaan, dan harus menempuh medan berat. Akhirnya banyak orang yang gagal sampai di sana.

Sebenarnya Batu dinding adalah gundukan batu yang sangat tinggi menjulang dan membentuk dinding. Dari puncak sana, Anda akan melihat keindahan hutan Kalimantan yang masih terjaga keasriannya. Tidak hanya itu, dari lokasi wisata tersebut Anda juga dapat melihat keindahan matahari terbit maupun matahari terbenam.

 

Untuk Sampai ke sana, Anda harus rela berjalan kaki sejauh kurang lebih dua kilometer dari pos terakhir yang bisa dijangkau dengan kendaraan.

 

Waktu yang bagus untuk berangkat adalah ketika dinihari dari Balikpapan, agar setibanya di lokasi tepat sebelum matahari terbit.

 

Meskipun siang hari pemandangannya juga menawan, namun lebih menarik lagi jika Anda datang sebelum fajar agar bisa melihat matahari terbit.

 

Agar aman selama perjalanan, Anda bisa membawa bekal perjalanan. Karena tak ada penjual makanan di sana, jangan lupa untuk menggunakan sepatu gunung dan pakaian hangat. Selama menuju lokasi terbaik batu dinding, perjalanan cukup terjal dan membutuhkan stamina yang kuat.

 

Kawasan ini biasanya mulai ramai dikunjungi pada akhir pekan atau hari libur. Anak-anak muda mendominasi tempat wisata ini. Selain menikmati keindahan alam, mereka juga mengabadikan momen terbitnya fajar dengan berfoto selfie berlatar belakang panorama hutan belantara.

Untuk bisa sampai kesana, pertama-tama Anda harus menuju ke jalan Soekarno-Hatta Kilometer 45. Tepatnya di Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

 

Bila Anda berkunjung ke sana, gapura masuk ke lokasi Batu Dinding memang tak terlihat, jadi akan cukup sulit menemukannya. Hanya ada gapura yang terbuat dari bahan kayu dengan tinggi 6 meter bertuliskan ‘Wisata Batu Dinding’.

 

Untuk mencapai ke sana, Anda harus menyusuri jalan petak tanah sejauh 4 kilometer, dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Itupun hanya bisa sampai di lokasi parkir kendaraan. Sisanya harus Anda tempuh dengan berjalan sejauh 1 kilometer, menyusuri pepohonan Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto serta perkebunan warga.

 

Jalan yang sempit, terjal, dan berliku menjadi tantangan yang harus dihadapi sebelum Anda  bisa menikmati keindahan Batu Dinding.

 

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara mengatakan objek wisata Batu Dinding akan dimasukkan kedalam kategori pariwisata forestry daerah. Kawasan Samboja memang terkenal memiliki begitu banyak potensi wisata bertema hutan seperti halnya Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto, Hutan Bengkirai, Borneo Orangutan Survival.

 

Jika Anda ingin wisata menantang dengan hasil yang luar biasa. Cobalah untuk pergi ke batu dinding di Balikpapan. Untuk Anda yang pernah pergi ke sana, pasti tahu sebanyak apa usaha yangdiperlukan. Tapi hasilnya juga sungguh mengagumkan.

P_20160918_062206_HDR.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this