Sign in to follow this  
Viviiy

Air Terjun Baburai, Surga Tersembunyi di Padang Pariaman

3 posts in this topic

Air-Terjun-Baburai-Surga-Tersembunyi-di-

images: Instagram

Sumatra Barat memiliki banyak potensi wisata alam yang belum begitu dikenal, termasuk tempat wisata di Padang Pariaman. Tujuan wisata alam terpopuler bukan hanya pantai, namun juga air terjun; salah satunya adalah air terjun Baburai. Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Padang Pariaman, dan baru dibuka untuk umum pada tahun 2013 lalu.

Akan tetapi, penduduk setempat banyak yang sudah sering datang ke air terjun ini, tentunya karena keindahan panorama di sekitar air terjun serta kesegaran airnya. Jika Anda ingin menikmati keindahan alami air terjun yang belum banyak dikunjungi, Baburai bisa menjadi pilihan.

Keindahan Alami Air Terjun Baburai

Karena air terjun Baburai belum banyak dikunjungi, dan masih relatif baru sebagai tempat wisata, fasiliats di tempat ini belum begitu banyak. Air terjun ini dapat dicapai dengan berkendara selama sejam dari pusat kota, dan berjalan kaki selama sekitar 10 menit untuk akhirnya mencapai air terjun. Ada tangga batu yang dibangun agar pengunjung bisa mencapai air terjun dengan lebih mudah. Akan tetapi, semua susah-payah berjalan itu terbayar dengan keindahan alami air terjun ini.

Air terjun Baburai sendiri mengambil namanya dari kata "baburai" yang bermakna "tergerai," seperti pada rambut panjang, karena bentuk air terjunnya yang ramping dan tinggi. Air terjun Baburai sangat jernih dan dingin, sehingga sering dimanfaatkan warga sekitar untuk berenang, bersantai, dan melepaskan stres. Tempat wisata ini biasanya sedikit ramai setiap hari Sabtu dan Minggu serta saat libur sekolah, dan kebanyakan pengunjungnya di waktu-waktu seperti ini adalah anak sekolah dan keluarga.

Air terjun Baburai kini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air berskala kecil serta penyedia air bersih bagi masyarakat sekitar. Sejauh ini, fasilitas yang ada masih belum banyak, dan terbatas pada pedagang makanan kecil-kecilan. Akan tetapi, air terjun Baburai jelas sudah menjadi primadona masyarakat sekitar sebagai tempat wisata di Padang Pariaman, dan penduduk sekitar berharap pemerintah setempat akan mengembangkan air terjun ini sehingga menarik lebih banyak pengunjung.

Jika Anda kebetulan berada di Padang Pariaman, luangkan waktu untuk mengunjungi air terjun Baburai yang indah.

SUMBER

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Atmosfer Wisata
      Mohon maaf, 10 desember 2016 channel youtube saya sudah kena suspend. Jadi, saya upload videonya di vidio.com.
      https://www.vidio.com/watch/550480-panorama-air-terjun-tarunggang

      Air terjun tarunggang berada di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu (STM Hulu), Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Negara Indonesia. Air Terjun Tarunggang memiliki ketinggian 15 meter dengan pemandangan tebing goa serta ada...


      Blog
      http://bit.ly/2dpupIu
    • By Atmosfer Wisata
      Mohon maaf, 10 desember 2016 channel youtube saya sudah kena suspend. Jadi, saya upload videonya di vidio.com.
      https://www.vidio.com/watch/548429-pemandian-air-terjun-pelangi-indah

      Air Terjun Pelangi Indah terletak di desa tanjung timur, kecamatan senembah tanjung muda hulu, kabupaten deli serdang, sumatera utara, indonesia. Jarak tempuh sekitar 2 - 3 jam perjalanan dari kota medan dan air terjunya masih asri dan alami, penuh perpohonan, perbukitan dan tebing batu yang menjulang tinggi. Lebih menariknya aliran sungai dan air terjunnya mengalir sampai kebawah sehingga membuat anda menikmati tempat ini. Banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat wisata ini karena penasaran dengan keunikan dan keindahan air terjunya...
      Selengkapnya
    • By Atmosfer Wisata
      Mohon maaf, 10 desember 2016 channel youtube saya sudah kena suspend. Jadi, saya upload videonya di vidio.com. https://www.vidio.com/watch/551990-derasnya-air-terjun-sikulikap

      Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 meter. Derasnya air terjun dan dikelilingin hutan tropis membuat tempat wisata ini menjadi...
      Video:
      http://bit.ly/2eDW87h

      Blog:
      http://bit.ly/2eDt2EV
    • By Atmosfer Wisata
      Merasakan sensasi wisata alam pegunungan dengan air terjun yang cukup tinggi, sungai yang panjang dan berbatuan, dikelilingin perpohonan, serta ada fauna yang unik...
      Video:
      http://bit.ly/2eDRuGr
      Blog:
      http://bit.ly/2etlnsn
    • By GuidoFM29
      Sebutan Riam Bananggar ada banyak loh, ada yang menyebutnya riam mananggar, melanggar, balanggar, banangar dan manangar.
      Baca Selengkapnya di TravedisiCREW
    • By Atmosfer Wisata
      Video:
      Air Terjun Sipiso-Piso terletak di kecamatan merek, kabupaten karo, sumatera utara, indonesia. Lokasinya sangat strategis karena dari atas bukit ini anda bisa melihat pemandangan danau toba dan air terjun sipiso-piso. Air terjun sipiso-piso memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan sebagai salah satu air terjun tertinggi di indonesia. Gara-gara air terjun sipiso-piso banyak...
      Selengkapnya, blog atmosfer wisata
    • By Koper Bunda
      Valentine’s day, jarang dirayakan bersama pasangan, apalagi jika pas di akhir pekan! Sudah (nyaris) tak mungkin ayah dan bunda dapat pergi berdua-duaan, tanpa dikawal oleh serdadu kumbang.
      Maka ketika matahari menyalakan sinarnya pada tanggal 14 February 2016, serdadu ‘ngengat’ plus orang tua bunda meluncur menuju Lembang untuk mendatangi sebuah “rumah peternakan” sebagai tujuan liburan penghujung minggu. Adalah Farm House yang sedang teramat nge-heitz (baca: hits), bahkan saking heitz-nya, ‘peternakan’ tersebut sudah dihinggapi oleh ribuan manusia walau masih pukul 09.00 WIB pagi, tepat waktunya dibuka!
      Farm House menjadi biang macet di Jalan Raya Lembang, dipadati dengan rombongan bus dan kendaraan yang mencari parkir hingga ke pekarangan rumah warga. Bunda harus mencari alternatif tempat wisata lain karena tak mungkin serdadu ciliknya dapat menikmati rekreasi jika situasi teramat ramai.
      Maribaya Reborn! Bunda mendapat petunjuk dari sang mertua (yang lebih ‘traveler’ daripada si bunda) mengatakan bahwa sekarang Maribaya sudah cantik jelita setelah di operasi eh renovasi. Segera ayah merubah haluan, mengarahkan pansernya 10 km ke bagian timur Lembang, melampaui beberapa objek wisata terkenal lainnya seperti De  Ranch dan Kebun Bunga Begonia.
      Sejak dahulu Maribaya memang sudah terkenal akan sumber air panas dan kemolekan air terjunnya. Wanawisata ini sempat ditutup selama 2 tahun untuk dibenahi, and finally Maribaya dibuka kembali pada bulan Juli 2015 dengan konsep baru berupa air terjun serta kolam pemandian air panas alami yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas resor atau sanggraloka modern namun tetap ramah lingkungan. Objek wisata alam ini telah ‘lahir kembali’ dengan nama baru yaitu Maribaya Natural Hot Spring Resort and Waterfall.
      Tibalah jua serdadu bunda di kawasan yang terletak di Jl. Maribaya No.105/212 Kec. Lembang Jawa Barat, dan dari tempat ayah memarkirkan pansernya, telah menanti angkutan shuttle car (gratis) yang disediakan oleh pihak pengelola untuk mengantarkan pengunjung ke lokasi –yang ternyata hanya berjarak 1 menit dari tempat parkir.
      Setelah membayar tiket masuk Rp. 35k/orang, armada bunda mulai memasuki area Maribaya seluas 6 ha, yang tampak sangat berbeda dari wanawisata lain. Sebelumnya bunda sempat enggan “tamasya ke  curug” mengingat pengalamannya kepayahan menaiki anak tangga di Curug Cimahi (Air Terjun Pelangi). Tapi ternyata Curug Maribaya tidak seperti yang ia kira. Bunda langsung tertarik dengan suasana taman hutan nan hijau asri dengan penataan natural-modern, bersih dan rapi. Bangunan yang ada pun memiliki design unik dan serasi dengan alam sekitar. Ya, kawasan Maribaya kini telah berkembang menjadi kawasan resort eksklusif. Keren!
      Untuk lanjutan kisahnya silahkan pencet link ini yuaa http://koperbunda.com/air-terjun-maribaya-lembang/
      Salam