Sign in to follow this  
ViCar Bromocorah

Pendakian Gunung Artapela

18 posts in this topic

Gunung yang satu ini letak nya di Bandung  Selatan,, buat temen temen forum jalan jalan yang suka mendaki gunung artapela ini wajib di coba, bagi pendaki pemula enggak perlu hawatir, track nya tergolong bersahabat. 

Selamat mendaki.

1492486138578.jpg

 

Sumber : gunung artapela

Share this post


Link to post
Share on other sites
8 hours ago, deffa said:

wah ada lagi yang daki gunung artapela mantap :D

jarang jadi destinasi untuk daki karena trek nya lumayan mudah tapi asik juga seh

Tetep asikk kan om def. Ha-ha-ha. :hiking

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By elizato
      Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, mulai dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua, yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil, yang terhubung oleh selat dan laut. Menurut data Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2010 sebanyak 17.504 pulau. 7.870 dari mereka memiliki nama, sementara 9.634 tidak memiliki nama.
      Luas wilayah lautan Indonesia lebih luas dari luas daratannya, yaitu luas daratan 1,91 juta km2, sedangkan luas samudra 6.279 juta km2. Dengan meluasnya Indonesia membuat banyak sumber daya alam di darat dan di bawah laut itu indah. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak tempat indah terutama di sektor pantai. Karena letak geografis Indonesia sendiri yang berada di bagian khatulistiwa. Di antara sekian banyak pantai, ada beberapa pantai di Indonesia yang dikategorikan sebagai pantai terindah di dunia. Antara lain Pantai Senggigi di Lombok, Pantai Kuta di Bali, Pantai Bunaken di Manado, dan banyak pantai indah lainnya.
      Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Karena keindahan alamnya, Indonesia telah menjadi tujuan wisata yang banyak didambakan oleh pelancong lokal maupun internasional dari seluruh dunia. Panorama di Indonesia tentu tidak kalah dengan negara lain. Untuk itu tak ada salahnya jika kita berlibur untuk menikmati berbagai keindahan alam yang ada di Indonesia dan menjadikannya sebagai tujuan wisata.
      Tidak hanya itu, Indonesia juga kaya akan budaya, berbagai suku yang tinggal di Indonesia dengan harmoni dan damai, masing-masing suku memiliki ciri khas tersendiri yang membuat keragaman budaya di Indonesia, disamping Indonesia juga memiliki kuliner khas di masing-masing wilayah.
      Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Padahal, seluruh dunia adalah obyek wisata yang terkenal di sini. Indonesia memiliki ratusan Taman Nasional yang harus dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Nasional Komodo merupakan habitat tunggal Komodo di dunia. Selain itu, ada juga yang favorit pendaki internasional Carstensz Pyramid dimana gunung ini diselimuti salju abadi. Memang, kekayaan atraksi alam Indonesia tak terhitung jumlahnya. Untuk membuktikannya, silakan kunjungi Indonesia sebagai tempat tujuan wisata yang direkomendasikan dengan menghadirkan kekayaan alam terlengkap di bumi.
      Inilah 7 Tempat wisata di Indonesia yang direkomendasikan untuk dikunjungi:
      Gunung Bromo
      Gunung Bromo, merupakan tujuan paling populer di Indonesia yang selalu dikunjungi baik lokal maupun mancanegara. Gunung ini juga termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo merupakan gunung vulkanik aktif yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pada 2.329 meter (7.641 kaki), ini bukan puncak tertinggi, tapi gunung yang paling terkenal.
      Bawean Treasure Island
      Pulau Bawean merupakan salah satu pulau indah di Indonesia, tepatnya di wilayah provinsi Jawa Timur. Pulau ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah dengan tujuan wisata lainnya di Indonesia. Selain wisata bahari, danau dan wisata air terjun, para pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakat adat di Pulau Bawean.
      Orangutan DI Pulau Kalimantan dan Sumatera
      Orangutan adalah kera besar yang hidup di Asia Tenggara dan termasuk dalam kelompok hewan omnivora (di pulau Kalimantan dan Sumatera). Kera ini kebanyakan tinggal di pohon (mereka arboreal) dan berayun dari cabang ke cabang menggunakan lengan mereka. Ada banyak agen perjalanan wisata di Indonesia yang dengan senang hati membimbing Anda untuk mengunjungi tujuan Orangutan. Di situs ini, hadir untuk memberi Anda beberapa informasi tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan tujuan Orangutan. Sebagian besar, gambar dan informasi di sini adalah tentang tur orangutan di pulau Kalimantan (Kalimantan), tepatnya berada di Taman Nasional Tanjung Puting Di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah - Indonesia.
      Pulau Komodo
      Taman Nasional Komodo juga memiliki kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Penyelam menyatakan bahwa Pulau Komodo adalah salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia. Dengan pemandangan dasar laut yang menakjubkan terdapat 385 spesies karang, mangrove dan rumput laut yang indah, serta rumah bagi ribuan ikan, 70 spesies spons, 10 spesies lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu. dan ikan pari. Kombinasi berbagai vegetasi di taman memberikan lingkungan yang baik untuk berbagai jenis hewan di wilayah ini
      Wisata Sumatera Selatan
      Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad-abad lalu juga dikenal sebagai 'Bumi Sriwijaya'. Pada abad ke-7 sampai abad ke-12 Masehi, kawasan ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga dikenal sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di nusantara. Gema dan pengaruhnya bahkan ke Madagaskar di Afrika.
      Perkebunan Kopi Jampit
      Perkebunan kopi Jampit, merupakan agrowisata di Bondowoso yang dikelola oleh PTP Nusantara Kalista Jampit VII. Perkebunan ini terletak 74 km ke timur kabupaten Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4000 hektar dan terletak pada ketinggian 900 M dpl.
      Kawah Ijen
      Kawah Ijen adalah kompleks kawasan vulkanik, yang ada kawah Ijen dan dataran tingginya, yang tingginya mencapai 2.600 M dan 8.660 M. Kawah Ijen terletak di tiga bagian kabupaten, yaitu di Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan vulkanik ini menjadi daerah vulkanik paling menakjubkan dan surealis yang memiliki danau kawah turquois raksasa di Jawa Timur.
    • By Hiking Culture
      Check our schedule at www.hikingculture.id or arrange your own trip
      Contact us at  0815-1940-3139 or [email protected]
      Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru
    • By Hiking Culture
      Salam Kenal,
      Kami Hiking Culture yang bergerak dalam bisnis Jasa Guide Gunung di Indonesia yang berlokasi di Cikarang siap mengantarkan Anda ke puncak-puncak gunung di Indonesia. Anda ingin mencoba sesuatu yang baru seperti mendaki gunung tetapi takut karena belum punya pengalaman dan tidak ada peralatan?
      Maka kami solusinya
      Beberapa paket yang kami tawarkan adalah :
      -          OPEN TRIP
                  Silahkan hubungi contact person untuk informasi jadwal Open Trip
      -          GROUP TRIP
                  Anda memiliki kelompok sendiri (min 10 orang) dan ingin harga Open Trip? Kami sarankan anda memilih paket ini, tentukan jadwal dan gunung yang ingin anda kunjungi.
                  Anda memiliki kelompok sendiri tetapi kurang dari 10 orang tetapi ingin harga Open Trip, silahkan tentukan gunung yang ingin Anda kunjungi maka akan kami buatkan Open Trip untuk memenuhi kuota.
      -          EKSKLUSIF TRIP
                 Anda ingin naik gunung tetapi tidak ingin membawa tas sebesar kulkas di rumah? Paket ini cocok untuk Anda. Anda hanya perlu siapkan tas kecil untuk membawa baju dan kebutuhan pribadi anda, kebutuhan lain untuk pendakian kami siapkan.
      -          RENTAL ALAT
                 Anda ingin ikut Open Trip tetapi tidak memiliki alat pendakian, kami juga melayani jasa penyewaan alat dengan biaya diluar paket Open Trip
       
      Hiking Culture
      WA/SMS/TELP : 0815-1940-3139
      BBM              : D5EBE9EC
      Alamat          : Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru Cikarang 17550
      “There is no Wi-Fi in the forest, but we promise you will find a better connection”
    • By Hiking Culture
      OPEN TRIP GUNUNG MERBABU
      ===============================================================================
      INFORMASI
      Lokasi : Gunung Merbabu, Jawa Barat
      Jalur : Selo
      Tanggal : 14 - 16 Juli 2017
      Biaya :
      - IDR 650.000 (Cikarang)
      - IDR 550.000 (Semarang)
      - IDR 450.000 (Terminal Boyolali)
      OPEN TRIP GUNUNG MERBABU
      ===============================================================================
      INFORMASI
      Lokasi : Gunung Merbabu, Jawa Barat
      Jalur : Selo
      Tanggal : 14 - 16 Juli 2017
      Biaya :
      - IDR 650.000 (Cikarang)
      - IDR 550.000 (Semarang)
      - IDR 450.000 (Terminal Boyolali)
      ===============================================================================
      FASILITAS
      INCLUDE
      - Transport PP MP - Basecamp
      - Tenda Kapasitas 4 orang (Sharing tenda)
      - Alat Masak
      - Guide
      - Logistik Tim
      - Porter Tim
      - Souvenir
      - Dokumentasi
      EXCLUDE
      - Item tidak disebutkan di atas
      ===============================================================================
      SYARAT DAN KETENTUAN
      - Peserta minimal 10 orang
      - Meeting point di Basecamp Rusber atau Semarang atau Terminal Boyolali
      - Pendaftaran dilakukan H-14 dengan membayar DP sebesar 50%
      - Pelunasan maksimal H-5 sebelum berangkat
      - Peserta yang sudah transfer dan mundur sebelum deadline, pembayaran dinyatakan hangus atau peserta dapat digantikan.
      - Apabila ada pembatalan dari pihak kami, pembayaran akan dikembalikan 100% yang sudah dibayarkan.
      - Apabila ada kejadian yang mengakibatkan pendakian tertunda atau batal maka akan diselesaikan secara musyawarah mufakat
      - Pendaftaran ditutup / deadline H-5 sebelum berangkat
      - Tidak menerima booking tanpa DP
      - Calon peserta & peserta dianggap mengerti dan menyetujui semua ketentuan di atas
      ===============================================================================
      PENDAFTARAN
      - Informasi kuota peserta bisa menghubungi ke nomor
      WA/SMS/Telp: 0815-1940-3139
      BBM : D5EBE9EC
      Email : [email protected]
      - Kirim SMS/WA/BBM pendaftaran dengan format:
      Pendakian Gunung XXX
      Nama :
      No HP :
      Meeting Point :
      Email :
      Ukuran Kaos :
      - Kirim email pendaftaran dengan format:
      Subject Email : Pendakian Gunung XXX
      Content Email :
      Nama :
      No HP :
      Meeting Point :
      Ukuran Kaos :
      - Pembayaran DP minimal 50% (rekening Tanya lewat WA)
      - Bukti pembayaran kirim melalui WA/BBM ke nomor xxx atau email xxx maksimal H+2 setelah transfer.
      - Peserta akan dinyatakan fix ikut apabila sudah melunasi pembayaran
      - Apabila peserta tidak jadi ikut dan sudah melewati deadline, pembayaran tidak dapat dikembalikan tetapi dapat digantikan oleh orang lain.
      ===============================================================================
      ITINERARY
      Hari 1, Jumat
      20.00 - 21.00 MP Cikarang
      21.00 - 07.00 Cikarang - Boyolali
      07.00 - 08.00 MP Boyolali - Basecamp Selo
      Hari 2, Sabtu
      08.00 - 09.00 Persiapan Pendakian
      09.00 - 15.00 Beskem - Pos 3
      15.00 - 16.30 Pos 3 - Sabana 1
      16.30 - 18.00 Buka Tenda, Foto2
      18.00 - 19.00 Ibadah, Masak
      19.00 - 21.00 Acara Bebas
      21.00 - 04.00 Istirahat
      Hari 3, Minggu
      04.00 - 05.00 Persiapan Summit
      05.00 - 06.00 Sunrise di Sabana 2
      06.00 - 09.00 Ke Puncak Kenteng Songo & Triangulasi
      09.00 - 10.00 Enjoy Puncak
      10.00 - 12.00 Kembali ke Sabana 2
      12.00 - 13.00 Ibadah, Masak, Persiapan Turun
      13.00 - 18.00 Turun ke Beskem Selo
      18.00 - 19.00 Bersih-bersih & Persiapan Pulang
      19.00 - xx.xx Pulang Ke Jakarta
      ===============================================================================
      PERLENGKAPAN
      Perlengkapan Tim
      - Tenda (Sudah disediakan)
      - Alat Masak + Bahan Bakar (Sudah disediakan)
      Perlengkapan Pribadi
      - Tas Carrier min 40 L
      - Geiter
      - Kostum Treking (Baju & Celana Lapangan)
      - Jaket Gunung WAJIB
      - Sleeping Bag WAJIB
      - Matras Biasa / Matras Aluminium WAJIB
      - Jas Hujan / Ponco WAJIB
      - Sepatu Outdor WAJIB MENGGUNAKAN SEPATU
      - Sendal Gunung
      - Kupluk / Topi / Slayer / Buff WAJIB
      - Pakaian Ganti (Baju, Celana, Dalaman) WAJIB
      - Sarung Tangan & Kaos Kaki WAJIB
      - Alat Makan (Piring, Gelas, Sendok, Garpu, Pisau, dll) WAJIB
      - Botol Minum WAJIB
      - Obat-Obatan Pribadi WAJIB
      - Alat Bersih-Bersih(tisu dll) WAJIB
      - Senter / Headlamp WAJIB
      - Baterai Cadangan WAJIB
      - Trash Bag Sedang WAJIB
      - Printilan Outdor (Korek,Pisau, tali dll)
      - Trekking Pole
      * Perlengkapan yang ada keterangan WAJIB harus dibawa demi keamanan dan kenyamanan peserta
      * Jika tidak memiliki perlengkapan WAJIB silahkan hubungi panitia
      CONTACT PERSON
      Hiking Culture
      WA/SMS/TELP : 0815-1940-3139
      BBM : D5EBE9EC
      Email : [email protected]
      ALamat : Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru Cikarang 17550
       
      Ingin mencoba sesuatu yang baru dan sedikit ekstrim seperti mendaki gunung tapi takut karena belum memiliki pengalaman maka kami solusinya
      -          Hubungi contact person untuk menanyakan jadwal Open Trip tahun 2017
      -          Anda memiliki kelompok sendiri (minimal 10 orang) dan ingin harga Open Trip, silahkan hubungi contact person kami untuk tentukan gunung dan jadwal pendakian.
      -          Kelompok anda kurang dari 10 orang, akan kami buatkan Open Trip untuk mencari tambahan orang ke gunung yang anda inginkan.
      -          Anda ingin fasilitas ekstra, tidak ingin membawa tas sebesar kulkas di rumah maka Eksklusif Trip cocok untuk anda. Anda hanya perlu membawa baju ganti dan tas kecil kebutuhan lain kami sediakan.
    • By Wisnu Jibonk
      Potong gigi (bahasa Bali: mepandes, mesangih atau metatah) adalah upacara keagamaan Hindu-Bali. Upacara ini termasuk apa yang disebut dengan istilah upacara manusa yadnya. Ritual yang dilakukan pada saat potong gigi adalah mengikis 6 gigi bagian atas yang berbentuk taring. Tujuan dari upacara ini untuk mengurangi sifat buruk (sad ripu) pada yang bersangkutan. (Source: Wikipedia)
      Upacara Potong Gigi sebagai salah satu bentuk untuk membayar hutang budi kepada leluhur. Manusia dalam hidupnya mempunyai tiga hutang budi yang disebut Tri Rnam dan salah satu diantaranya adalah Pitra Rnam yaitu hutang budi kepada orang tua (leluhur) yang menyebabkan manusia lahir, jadi untuk membayar hutang budi kepada leluhur harus dibayar dengan memelihara dan mengupacarai keturunannya ( pari sentana ).
      Merupakan suatu simbolis untuk melenyapkan atau mengendalikan hawa nafsu yang disebut Sadripu adalah enam musuh yang ada dalam diri manusia yaituKama;keinginan, Kroda;kemarahan, Lobha; serakah, Moha; kebingungan, Matsarya; dengki / irihati, dan Mada; mabuk. (Source: http://jibonkrocksite.blogspot.com/)
    • By MKS Travel
      MKS - TOUR & TRAVEL
      Ready bro & sist..
      Open Order Tiket Pesawat & Hotel 
      #SELURUHINDONESIA dan #MANCANEGARA
      Diskon 10 - 25 %
      --------------------------------------------
      ID [email protected] : http://line.me/ti/p/%40pbh4575v
      WA / TLP : 0823-9889-7889
      PIN BB : 586CC1CD
      --------------------------------------------
      # SILAHKAN INVITE KONTAK YANG ADA DIATAS DAN MEMULAI OBROLAN!
      # DIJAMIN MURAH DARI TRAVEL LAIN
      # SILAHKAN BANDINGKAN HARGA

    • By vie asano
      Nggak bakalan ada traveller yang berpendapat jika alam Indonesia itu membosankan, karena Indonesia memang punya segudang kekayaan alam yang nggak habis dijelajahi seumur hidup. Tapi, kadang keinginan untuk menjejakkan kaki di luar negeri muncul tak terbendung; sekedar untuk menghirup udara yang berbeda serta membuka wawasan tentang negara lain yang berbeda dengan negara kita tercinta.
      Sayangnya, menjelajah luar negeri membutuhkan dana ekstra, mulai dari pembuatan pasport, visa, hingga membeli tiket pesawat dan mengurus akomodasi. Jika keinginan kalian untuk melihat suasana di luar negeri tak terbendung namun ketebalan dompet nggak mendukung, cobalah melirik 25 tempat di Indonesia berikut ini yang punya sensasi suasana seperti di luar negeri. Siapa tahu ada yang lokasinya dekat dengan rumah kalian, sehingga nggak perlu budget super tebal untuk menjamahinya. 
      *             *             *             *             *
      1. Bermimpi Untuk Menapakkan Kaki di Golden Gate Bridge, San Fransisco? Mari Mulai Dengan Menjajal Jembatan Suramadu yang Menghubungkan Surabaya dan Madura.

      Golden Gate Bridge, via introbert

      Jembatan Suramadu, via khareulu.deviantart
      Sebagai salah satu jembatan terpopuler dan paling ikonik (sekaligus menjadi tempat bunuh diri nomor satu di dunia), rasanya nggak salah jika kalian punya mimpi untuk melintasi jembatan ini. Namun jika anggaran nggak mencukupi, nggak usah jauh-jauh pergi ke San Fransisco. Walau bentuknya nggak sama persis, Jembatan Suramadu cukup bisa memberikan suasana ala Golden Gate Bridge kok.

      Jembatan Suramadu di malam hari, via brewuu
      *             *             *             *             *
      2. Jembatan Soge di Pacitan Ini Mirip Dengan Eitai Bridge di Tokyo.

      Jembatan Eitai, via た!/wikimedia commons

      Jembatan Soge di Pacitan, via panoramio
      Jembatan Eitai mungkin bukan jembatan paling ikonik di dunia. Namun di Tokyo, jembatan ini termasuk landmark kota yang cukup dikenal. Bentuknya yang sederhana dan indah, serta iluminasi warna biru di malam hari, membuat jembatan Eitai ini terlihat keren khususnya saat lampu kota mulai menyala.
      Dan jika kalian memimpikan untuk melihat langsung jembatan lengkung berwarna biru tersebut, kota Pacitan juga memiliki jembatan biru berbentuk melengkung bernama Jembatan Soge. Jika kalian mengabaikan perbedaan latar belakang di antara kedua jembatan tersebut, kalian akan mendapatkan sensasi suasana yang cukup familiar.
      *             *             *             *             *
      3. Grand Canyon di Colorado Memang Keren. ‘Kembarannya’, Green Canyon di Ciamis Juga Nggak Kalah Keren Lho.

      Havasu waterfall di Grand Canyon, via 500px

      Green Canyon a.k.a Cukang Taneuh di Ciamis, via fotografindo
      Kepingin pergi ke Grand Canyon di Colorado? Sayangnya tempat itu lokasinya jauh dari Indonesia. Belum lagi ribet untuk urus visa, beli tiket pesawat, dan ribet urusan tetek bengek lainnya. Jangan dulu sedih, karena mungkin Green Canyon (alias Cukang Taneuh) di Ciamis lebih dekat untuk dijangkau dan lebih murah. Keindahannya pun nggak kalah dari Grand Canyon di Colorado, asalkan kalian datang diluar musim hujan (karena saat itu air sungainya tidak keruh oleh lumpur).
      *             *             *             *             *
      4. Katanya, Raja Amat di Papua Mirip Dengan Phi Phi Island di Thailand…

      Phi Phi Island, via freewillyphuket

      Raja Ampat, via trendwisata
      Jauh sebelum dijadikan lokasi shooting untuk film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Phi Phi Island sudah sangat dikenal akan keindahannya. Dan, Indonesia boleh berbangga hati karena Raja Ampat di Papua punya keindahan yang nggak kalah dari Phi Phi Island. Bahkan, Raja Ampat kerap disebut sebagai kembaran Phi Phi Island karena suasananya yang mirip dengan pulau tersebut.
       *         *          *          *          *
      5. Tapi, Banyak Juga yang Bilang Kalau Raja Ampat Mirip Dengan Kepulauan Palau di Oceania. Menurut Kalian, Lebih Mirip Mana?

      Kepulauan Palau, Oceania, via puesta-en-valor.blogspot

      Raja Ampat, via blog.tiket
      Selain dianggap mirip Phi Phi Island, Raja Ampat juga kerap dibilang mirip dengan Kepulauan Palau di Oceania. Menurut kalian, Raja Ampat lebih mirip dengan Phi Phi Island atau Kepulauan Palau, atau mirip dengan keduanya?
      *             *             *             *             *
      6. Bermimpi ke Maladewa Tapi Dompet Tipis? Main Saja ke Pantai Iboih yang Punya Sensasi Suasana Ala Maladewa.

      Maladewa, via expatcassie.wordpress

      Pantai Iboih, via beachbeacho.blogspot
      Siapa sih yang nggak mau berbulan madu ke Maladewa dan bersantai di pantai berpasir putih sambil menikmati hamparan lautan biru yang seolah membentang tanpa batas? Sayangnya, bagi sebagian orang, bulan madu ke Maladewa mungkin menghabiskan gaji bertahun-tahun dan akhirnya Maladewa hanya mimpi saja. Coba deh kalian main ke Pantai Iboih di Pulau Weh, Sabang. Kalian akan menemukan secuil Maladewa dengan harga yang lebih ramah untuk kantong.
      *             *             *             *             *
      7. Atau, Mainlah ke Pantai Ora di Maluku. Banyak yang Setuju Jika Pantai Ini Juga Punya Sensasi Suasana ala Maladewa.

      Salah satu resort di Maladewa, via traveleress

      Pantai Ora di Maluku, via travelingdictionary
      Atau, jika kalian berada di Timur Indonesia dan terlalu jauh untuk mencapai Pantai Iboih, kalian pun bisa menemukan sekeping Maladewa di Pantai Ora, Maluku. Nggak sedikit yang menjuluki pantai ini sebagai “Little Maldives” dari Indonesia. Malah mungkin suasana di Pantai Ora ini sedikit lebih eksotis karena memiliki suasana pegunungan sebagai latar belakangnya.
      *             *             *             *             *
      8. Sensasi Puncak Gunung Bersalju Seperti Gunung Everest Bisa Kalian Temukan di Cartenz Pyramide, Papua.

      Puncak Gunung Everest, via boomsbeat

      Cartens Pyramid di Pegunungan Jayawijaya, via sevensummits
      Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Cartens Pyramid yang berada di pegunungan Jayawijaya merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia. Kedua puncak gunung tersebut memiliki suasana yang mirip-mirip, dengan salju abadi menyelimuti seluruh permukaannya. Bagi kalian yang bermimpi untuk menaklukkan Gunung Everest, mungkin bisa mulai dengan lebih dulu menaklukkan Cartens Pyramid.
      *             *             *             *             *
      9. Penasaran Dengan Arc de Triomphe di Paris? Kediri Punya Kembaran yang Serupa-Tapi-Tak-Sama, yaitu Monumen Simpang Lima Gumul.

      Arc de Triomphe di Paris, via inzumi

      Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri, via hartoyosbk.wordpress
      Melihat langsung monumen semegah Arch de Triomphe di Paris, pasti keren ya! Tapi jika Paris terlalu jauh untuk dicapai, pergi saja ke kota Kediri. Disana ada Monumen Simpang Lima Gumul yang serupa-tapi-tak-sama dengan Arc de Triomphe. Dan jika kalian sempat melihat langsung Monumen Simpang Lima Gumul, jangan puas hanya dengan berfoto di depan bangunannya ya. Di monumen setinggi 6 lantai ini ada banyak fasilitas menarik lho, mulai dari minimarket di lantai bawah, hingga auditorium di lantai atas.
       *         *          *          *          *
      10. Pernah Berkhayal Menyusuri Sungai di Amazon Tapi Belum Kesampaian? Kalian Bisa Mulai Latihan dengan Menyusuri Sungai Maron.

      Sungai Amazon, via quotespics.quotes8

      Sungai Maron di Pacitan, via kaskus
      Mungkin kalian pernah berkhayal menyusuri Sungai Amazon. Tapi jika takut ketemu dengan Anaconda, kalian bisa merasakan suasana Sungai Amazon di kota Pacitan. Kota ini punya Sungai Maron, yang suasananya nggak kalah dari sungai-sungai di Amazon lho. Lihat saja foto di atas, tidakkah kalian setuju dengan pendapat tersebut?
      *             *             *             *             *
      11. Dan, Jika Kalian Penasaran dengan Sensasi Suasana di Hutan Amazon, Hutan di Kalimantan Punya Atmosfir yang Mirip.

      Hutan Amazon, via misterelders.wordpress

      Hutan di Kalimantan, via iwantantomi.wordpress
      Jika Sungai Maron di Pacitan terkenal memiliki suasana seperti sungai di Amazon, maka sensasi suasana ala Hutan Amazon bisa kalian temukan di hutan Kalimantan. Menyusuri sungai-nya pun akan membuat kalian seolah terlempar ke sungai di Amazon.
      *             *             *             *             *
      12. Ingin Melihat Langsung Gurun Sahara dan Merasakan Sensasi Sandboarding? Nggak Perlu Jauh-jauh Kesana, Karena Gumug Pasir Parangkusumo di Yogyakarta Punya Sensasi Suasana yang Serupa.

      Gurun Sahara, via prew

      Gumug Pasir Parangkusumo di Jogjakarta, via jogja
      Gurun Sahara boleh jadi merupakan gurun pasir paling dikenal di dunia. Tapi warga Jogja boleh berbangga hati, karena di Parangkusumo ada Gumug Pasir yang nggak kalah keren dari Gurun Sahara. Kalian juga bisa melakukan sandboarding di “gurun pasir”-nya Jogja ini lho.
      *             *             *             *             *
      13. Sebelum Melihat Langsung Taj Mahal di India, Kalian Mungkin Tertarik Mengunjungi Masjid An-Nur di Pekanbaru. Siluetnya Akan Mengingatkan Kalian pada Monumen Cinta Abadi Tersebut.

      Taj Mahal di India, via wallpaperawesome

      Masjid An Nur di Pekanbaru, via perigunawan.deviantart
      Oke, jujur saja antara Masjid An Nur di Pekanbaru dan Taj Mahal di India memang nggak mirip-mirip amat. Tapi siluet Masjid An Nur ini cukup mengingatkan akan siluet Taj Mahal, apalagi jika di malam hari. Jika kalian belum dapat mengunjungi Taj Mahal dalam waktu dekat, nggak ada salahnya kok mengunjungi Masjid An Nur ini untuk mengagumi arsitekturnya (sambil berdoa supaya bisa segera diberi kesempatan untuk mengunjungi Taj Mahal yang asli).
      *             *             *             *             *
      14. Pagoda Shwedagon di Myanmar Bukan Satu-satunya Pagoda Emas. Kota Medan pun Punya Pagoda Taman Alam Lumbini yang Bernuansa Emas (dan Replika Pagoda Shwedagon).

      Pagoda Shwedagon di Myanmar, via skyscrapercity

      Pagoda Taman Alam Lumbini, via indonesiananelok.blogspot
      Sebuah landmark yang sangat populer kerap diduplikasi di tempat lain. Begitu juga dengan Pagoda Shwedagon yang berlokasi di Yangon, Myanmar. Kini kalian nggak perlu jauh-jauh ke Myanmar untuk melihat pagoda setinggi 99 meter, karena ‘kembaran’ dari pagoda tersebut bisa kalian temukan di Brastagi, yaitu Pagoda Taman Alam Lumbini. Mengunjungi pagoda ini sejenak akan membuat kalian lupa jika masih berada di Indonesia dan ‘menerbangkan’ imajinasi kalian hingga ke Myanmar.
      *             *             *             *             *
      15. Jika Selama Ini Kalian Hanya Bisa Melihat Patung Batu di Pulau Paskah dari Buku, Patung Megalitikum Lore Lindu di Sulawesi Tengah Ini Mungkin Lebih Dekat Untuk Dijangkau.

      Patung batu di Pulau Paskah, via ianmcburney

      Patung batu di Taman Nasional Lore Lindu, via serbavintage.blogspot
      Pulau Paskah terkenal akan patung batu berukuran besar yang disebut moai. Patung-patung tersebut dipercaya sudah dibuat sejak tahun 1600-an. Tapi, Indonesia juga punya patung batu yang usianya jadul abis, bahkan berasal dari tahun 1300-an. Main saja ke Taman Nasional Lore Lindu. Di sana terdapat 431 situs megalitik yang lebih mudah kalian jangkau dibanding main ke Pulau Paskah.
      *             *             *             *             *
      16. Mengunjungi Candi Sukuh di Jawa Tengah Mungkin Dapat Mengobati Rasa Penasaran Akan Piramida Maya Chichen Itza di Meksiko.

      Maya Chichen Itza di Peru, via blog.scottdunn

      Candi Sukuh, via Daniel Julie/wikimedia commons
      Tahun 2012 lalu mungkin menjadi tahun ‘kepopuleran’ dari suku Maya. Ramalan suku Maya tentang kiamat tahun 2012 memang menjadi trending topic pada tahun tersebut, yang akhirnya memunculkan rasa penasaran dan dan juga keingintahuan tentang suku Maya dan piramida Chichen Itza-nya yang ikonik.
      Tapi, jika tiket ke Meksiko terlalu mahal, mungkin kalian bisa mengalihkan alokasi budget wisata untuk mengunjungi Candi Sukuh di Karanganyar, Jawa Tengah. Bentuk Candi Sukuh dan Chichen Itza ini hampir mirip, dengan mengambil bentuk dasar piramida yang terpotong di bagian atasnya. Sebagai bonus, Candi Sukuh ini dikenal juga sebagai candi erotis karena adanya beberapa ornamen yang menggambarkan seni bercinta. Penasaran?
      *             *             *             *             *
      17. Apakah Patung Buddha Tidur di Wat Pho, Thailand, Sudah Pindah ke Mojokerto? Atau Mungkin Mereka Hanya Mirip Saja?

      Patung Buddha tidur di Wat Pho, Thailand, via wikipedia

      Patung Buddha tidur di Mojokerto, via dhelittyafinaly.blogspot
      Bermimpi melihat langsung patung Buddha tidur di Wat Pho, Thailand? Sebelum jauh-jauh pergi kesana, mending kalian mampir dulu ke kota Mojokerto, Jawa Timur. Di Vihara Majapahit yang terdapat di Kecamatan Trowulan ini terdapat sebuah patung Buddha yang sedang tidur, dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Sama seperti patung Buddha tidur di Wat Pho, patung di Mojokerto ini juga berwarna emas. Walau dari segi model dan ukuran berbeda dengan patung Buddha tidur di Wat Pho, kalian bisa merasakan sensasi suasana ala kuil Thailand di tempat ini.
      *             *             *             *             *
      18. Pemandangan Keren Ini Akan Mengingatkan Kalian Akan Pantai Bahama. Tapi Sebetulnya, Itu Kota Balikpapan di Kalimantan.

      Kota Nassau di Bahama, via sitedebelezamoda

      Balikpapan, via skyscrapercity
      Bahama yang terletak di Florida sangat terkenal akan pemandangan kota di tepi lautnya, selain pemandangan pantainya yang memang luar biasa indah. Tapi sebetulnya kalian nggak perlu jauh-jauh pergi ke Bahama untuk menikmati suasana kota di tepi laut. Beberapa sudut kota Balikpapan di Kalimantan juga memiliki pesona yang mengingatkan kalian akan kota-kota di Bahama, khususnya jika kalian melihat bangunan di tepi lautnya.
      *             *             *             *             *
      19. Dan, Sensasi Suasana ala Jalanan di Bahama atau Hawaii pun Bisa Kalian Temukan Saat Menyusuri Jalan Menuju Pantai Meulaboh di Aceh.

      Jalan di Meulaboh, Aceh, via kapanlagi
      Jika melihat foto di atas, mungkin kalian akan mengira jika jalanan tersebut berada di Bahama, Hawaii, maupun kota dan negara lainnya. Pokoknya, bukan Indonesia banget deh! Jika kalian berpikir demikian, maka kalian salah, karena jalan di foto tersebut ada di Meulaboh, Aceh. Suasananya memang nggak seperti jalanan di Indonesia, walau agak sulit juga untuk menentukan lokasi lain yang mirip dengan situasi di atas.
      *             *             *             *             *
      20. Kota di Tepi Laut dan Ombak yang Bergelung Menghempas Tepian; Suasana ala Miami ini Ternyata Ada di Belakang Plaza Balikpapan, Kalimantan.

      Jalanan di tepi laut Miami, via miamistreetanimals

      Belakang Plaza Balikpapan, via virginmojito.wordpress
      Kota di tepi laut. Pantai yang putih bersih. Ombak yang bergulung menghantam tepi jalan yang dipagari oleh pohon palem. Semua deskripsi itu cocok sekali menggambarkan suasana di kota Miami, Florida. Dan, mungkin kalian bisa sekaligus membayangkan deretan mobil mewah yang melaju di jalanan Miami serta orang-orang yang berjemur di tepi pantai sebagai pelengkap.
      Namun, jika kalian pergi ke Balikpapan, tepatnya menuju ke belakang parkiran Plaza Balikpapan, sepenggal suasana di Miami bisa kalian rasakan disana. Setidaknya, bagian “ombak yang bergulung menghantam tepi jalan” akan membuat kalian merasa tidak sedang berada di Indonesia.
       *         *          *          *          *
      21. Bunaken Tak Hanya Terkenal Akan Keindahan Bawah Lautnya, Namun Karena Menyimpan Sekeping Pesona Monako di Lautnya.

      Monaco, via franzdis.blogspot

      Bunaken, via amriholiday.blogspot
      Monako terletak di Eropa Barat, sementara Bunaken ada di Sulawesi, Indonesia. Lokasi keduanya sangat berjauhan. Namun siapa sangka, ternyata kalian bisa menikmati suasana ala laut di Monako dengan mengunjungi Bunaken? Bandingkan saja kedua foto di atas, kalian nggak akan percaya jika salah satu dari foto ini berlokasi di Indonesia.
      *             *             *             *             *
      22. Di Taman Nasional Baluran, Serasa Tengah Berada di Sabana Afrika

      Sabana di Afrika, via famouswonders

      Taman Nasional Baluran, via ulanday.blogspot
      Berkelana menjelajah sabana dan menaklukkan alam Afrika mungkin menjadi salah satu impian wajib bagi para pecinta kehidupan alam liar. Sayangnya, Afrika letaknya cukup jauh. Tiket kesana pun nggak bisa dibilang murah, apalagi jika kalian menghitung biaya plus-plus lainnya.
      Solusinya, kalian bisa menjelajah Taman Nasional Baluran. Suasananya cukup memuaskan rasa penasaran kalian akan suasana sabana di Afrika. Di taman nasional seluas 25,000 Ha ini pun kalian bisa menemukan padang rumput nan luas, serta berbagai hewan seperti banteng, rusa, kerbau liar, dan lain sebagainya. Untuk pengalaman lebih maksimal, kalian bisa menginap di aneka homestay yang ada di sekitar taman nasional ini sehingga bisa puas menjelajah taman ini dari jam buka dimulai hingga jam tutup.
      *             *             *             *             *
      23. Dan, Air Terjun Moramo di Sulawesi Tenggara Ini Cukup Mengingatkan Kalian Akan Air Terjun Niagara di Perbatasan Amerika-Kanada.

      Air terjun Niagara, via niagarafallslive

      Air terjun Moramo, via galauananakhi.blogspot
      Jika menyebut nama air terjun paling terkenal di dunia, bisa jadi air terjun Niagara akan menjadi yang paling banyak disebut. Namun, Sulawesi Tenggara juga memiliki air terjun yang akan mengingatkan kalian pada air terjun Niagara, yaitu air terjun Moramo. Bahkan mungkin kalian akan lebih menikmati air terjun Moramo ini karena ukurannya yang tak terlalu besar, sehingga orang bisa berjalan di atas bebatuan sambil tenggelam menikmati suasana air terjun dan alam sekitarnya. Tertarik untuk mengunjungi air terjun ini?
      *             *             *             *             *
      24. Pemandangan Indah Dari Lembah di Pegunungan Eropa Bisa Kalian Kunjungi Tanpa Harus Terbang Kesana, Karena Sepenggal Rasa Eropa Dapat Ditemukan di Ranu Kumbolo.

      Lembah di pegunungan Austria, via goodfon

      Ranu Kumbolo di Jawa Timur, via bromotourandtravel
      Pesona pemandangan lembah pegunungan Eropa seperti yang terdapat di Swiss dan Austria memang tak bisa ditolak. Danau yang jernih memantulkan hijaunya pepohonan dan gunung di sekelilingnya mudah kalian lihat di berbagai wallpaper desktop, dan akhirnya membuat kita bermimpi suatu saat nanti bisa pergi ke sana, sekedar untuk melihat-lihat maupun berguling di rerumputan dan meneriakkan “I feel free”.
      Tapi sebetulnya nggak perlu jauh-jauh ke Eropa. Di Jawa Timur, tepatnya di kaki Gunung Semeru, ada danau Ranu Kumbolo yang kecantikannya nggak kalah dengan pesona lembah pegunungan Eropa. Bahkan jika kalian datang disaat yang tepat, yaitu saat padang rumput di sekitar danau tengah menghijau, sejenak kalian akan lupa jika Ranu Kumbolo ada di Jawa Timur dan bukannya di Eropa.
      *             *             *             *             *
      25. Gunung Bromo Nggak Hanya Terkenal akan Kemeriahan Festival dan Keindahan Sunrise-nya, Tapi Karena Disana Kalian Bisa Menemukan Hijaunya Padang Rumput ala Pegunungan di New Zealand.

      Rai Valley di New Zealand, via summitpost

      Savana di Gunung Bromo, via tropicaliving/flickr
      Jika menyebut nama New Zealand, mungkin kalian akan langsung membayangkan padang rumput yang hijau membentang seolah tak berujung dan sapi yang merumput dengan bebas. Indah sekali ya! Namun kalian juga bisa mendapatkan pemandangan tersebut di belakang Gunung Bromo. Ya, ternyata Bromo nggak hanya terkenal akan kemeriahan festival maupun keindahan pemandangan matahari terbitnya, karena disana pun ada lembah rumput yang akan membuat kalian ‘pergi’ ke lembah hijau di New Zealand.
      *             *             *             *             *
      Sebetulnya, masih banyak tempat lain di Indonesia yang akan mengingatkan kalian pada suasana di luar negeri. Patung Yesus Memberkati di Manado, misalnya, mengingatkan pada patung Christ Redeemer di Rio de Jenairo, Brazil. Jadi, nggak perlu terobsesi dengan suasana luar negeri, karena siapa tahu kalian menemukan “luar negeri” dalam versi yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.