Sign in to follow this  
JackItem

[Tanya-Jawab] All About Bali silahkan masuk...

24 posts in this topic

Salam kenal dan salam hangat dari Bali B)

Mohon maaf terlebih dahulu jika sudah ada tret macam ini sebelumnya...

Siapa sih traveller/pecinta jalan2 yang tidak kenal dgn yang namanya Pulau Bali?...

Pulau Bali adalah salah satu destinasi favorit/pulau tujuan traveller lokal maupun asing yang dimiliki Indonesia.

Bali dikenal dunia karena keindahan alamnya yang memukau,penduduknya yang ramah serta kultur budaya yang unik dan tetap terjaga sampai sekarang yang tentunya tidak dimikili oleh negara lain.

Tret ini dibuat dengan tujuan :

  • Meminimalisir banyaknya tret dgn topik yg sama (ask about bali)
  • Memudahkan siapa saja yang ingin bertanya/ingin tau tentang Bali lebih dalam,mulai obyek wisata,hotel,transportasi,Kuliner maupun aktivitas penunjang liburan anda selama di Bali.

Di tret ini bukan berarti TS berkewajiban/harus menjawab semua pertanyaan yg di ajukan oleh sipenannya,karena pengetahuan TS hanya sekelumit saja... :P

Untuk itu mohon partisipasinya bagi siapa saja yang sekiranya bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan disini dibantu dijawab juga :D

*sekiranya ane jarang Online-Untuk respon cepat silahkan mention/follow twitter ane @JackItem

Monggo dimulai...cheers2.gif

Share this post


Link to post
Share on other sites

Siapa yang nga kenal Bali?...

Pulau Bali adalah salah satu Pulau tujuan wisata favorit yang dimiliki Indonesia

Bali di kenal dunia karena keindahan alamnya yg memukau,penduduknya yang ramah serta kultur budaya yang unik yang tentunya tidak dimiliki oleh negara lain.

Destinasi Objek Wisata Pulau Bali :

  • Pantai Kuta
  • Legian/Jl.Legian(Ground Zero)
  • Pantai Seminyak
  • Pantai Petitengget
  • Pura Tanah
  • Kebun Raya Eka Karya / Kebun Raya Bedugul
  • Pura Ulundanu,Candi Kuning/Danau Beratan-Bedugul
  • Jatiluwih - Penebel,Rice terrace
  • Pura Taman Ayun-Mengwi
  • Alas Kedaton (Monkey Forest)
  • Waterblow Nusa Dua
  • Pantai Geger Nusa Dua
  • Tanjung Benoa,wahana watersport
  • Garuda Wisnu Kencana(Gwk),rencananya patung ini bakal menjadi patung tertinggi di dunia,tapi sayang belom kelar pengerjaannya :(
  • Pura Uluwatu
  • Pantai Dreamland
  • Pantai Padang-Padang
  • Pantai Bluepoint / Pantai Labuan Sait
  • Pantai Balangan
  • Pantai Jimbaran,lokasi Bbq sunset dinner
  • Pantai Sanur
  • Goa gajah
  • Gunung Kawi
  • Tampak Siring
  • Kintamani,pesona alam yg Indah Gunung Batur/Danau Batur
  • Tegallalang,rice terrace view
  • Ubud,dikenal dgn hasil Seni,budaya dan Kuliner asli Bali serta Pasar Ubud-Monkey Forest
  • dan masih banyak lagi...to be advice

Estimasi standart rute tur yang bisa diambil dalam sehari/searah :

  • Bali Utara : Taman ayun(Mengwi) - Kebun Raya Bedugul-Candi Kuning/Danau Beratan Bedugul-Alas kedaton-Pura Tanah Lot
  • Bali Timur : Pantai Sanur-Goa Gajah-Tampak Siring-Danau Batur Kintamani-Tegallalang rice terrace-Ubud-Pasar Sukawati
  • Bali Selatan : Tanjung Benoa-Pantai Nusa Dua-Garuda Wisnu Kencana(GWK)-Pantai Dreamland-Pantai Padang Padang-Bluepoint-Pura Uluwatu

Share this post


Link to post
Share on other sites

Pantai Kuta...

Banyak orang bilang belom ke Bali kalo belom pernah singgah ke pantai kuta.

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.

Dulunya tempat ini(Kuta) merupakan perkampungan nelayan Bali dan seiring berkembangnya pariwisata Indonesia dan Bali khususnya, penduduk lokal mulai menyewakan rumah pribadi untuk disewakan sebagai tempat penginapan.

Sekarang kawasan Kuta telah berkembang menjadi ikon pariwisata Bali atau lebih dikenal dengan sebutan International city karena merupakan tempat bertemunya wisatawan dari seluruh dunia dan juga wisatawan lokal.

Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.

Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Ke Pantai Kuta gratesss alias tidak dipunggut biaya kecuali biaya parkir.

Motor Rp.1000

Mobil Rp.2000

---

Pura Tanah Lot

Salah satu ikon pariwisata Bali adalah Tanah Lot. Gak komplit rasanya ke Bali kalo enggak mengunjungi Tanah Lot. Obyek wisata ini terletak di desa Beraban, Kab. Tabanan. Sama dengan obyek wisata lain di kabupaten Tabanan, harga tiket masuk domestik IDR 7.500.-/pax dan foreigner IDR 10.000/pax. Pura Luhur Tanah Lot dibangun sekitar abad VXI oleh Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta Hindu Siwa dari tanah Jawa. Pura yg terletak diatas sebuah karang batu ditengah2 samudera Indonesia adalah satu2nya obyek wisata seperti ini di Bali. Sangat indah.

Dari lokasi parkir menuju lokasi pura di pantai, kita mesti jalan kaki. Jangan lupa membawa tiket masuk, karena ada checking tiket disini saat anda berjalan kaki menuju areal pura. Dari checking tiket, belok kanan ajah dan ikuti jalan yg ada. Sepanjang jalan akan dijumpai kios2 souvenir berderet, mulai dari yg jualan kaos, daster, kain pantai, ukiran sampai tatoo temporary. Nah sesampai diujung jalan aspal yg ada pintu gerbang Bali-nya, kita turuni tangga kemudian belok kanan. Jangan ke arah pura dulu, mendingan ke arah Karang Bolong. Dari bukit di kanan pura, kita bisa lihat pemandangan yg spektakuler. Disebelah kiri adalah Pura Tanah Lot dari atas…seperti gambar2 yg ada di internet. Sebelah kanan adalah Karang Bolong, yaitu hamparan karang dgn lubang ditengah-tengahnya. Juga hamparan laut dengan bebatuannya. Menakjubkan sekali ciptaan Tuhan….fantastis. Diujung bebatuan ini, disediakan lokasi utk photo dgn latar belakang pura Tanah Lot. Hasilnya…mantap pastinya.

Dari lokasi ini kita balik arah menuju ke areal Pura Tanah Lot. Silahkan kalau mau photo2 disini. Hampir lupa, kalau air laut lagi pasang, kita ga bisa menuju ke pelataran pura. Tapi kalo surut…baru deh bisa kesono. Wisawatan ga diperkenankan utk masuk kedalam pura, kecuali yg sembahyangan saja. Disekitar pura, ada sebuah goa yg merupakan tempat bersarangnya ular laut yg dikenal dgn ular suci. Dikatakan suci karena masyarakat sekitar meyakini bahwa ular ini adalah penjaga dari pura Tanah Lot. Ular laut ini berwarna belang, hitam putih dgn ekor pipih. Ga galak kok, anda bisa pegang. Oh yah, percaya tidak percaya, saat memegang ular ini, lakukan doa dalam hati. Make a wish..mudah2an terkabul. Disamping ular, juga ada Air Suci yaitu air tawar yg muncul di tengah laut. Air ini dialirkan kedalam goa dibawah pura, dan kita bisa mencobanya. Air suci ini adalah sarana untuk pembersihin diri. Cuci muka, basahi kepala dan minum..sambil berdoa sesuai keyakinan kita. Who knows..God blessing. Siapkan uang kecil utk donation jika pengen memegang ularnya dan membersihkan diri dgn air suci itu.

Saran,jika anda mengunjungi Tanah Lot, jangan terlalu siang…panas banget. Lebih baik sore sekitar jam 5 atau 5.30..sambil melihat sunset disini. Juga kalau mau shopping, barang2 yg dijajakan di Tanah Lot juga lumayan bagus kok. So welcome to the paradise…

entrance fee :

Domestik Rp.7500/person

Asing Rp.10.000/person

---

Bedugul-Candi Kuning/Danau Beratan

Kalau mau cari tempat yg sejuk di Bali, ke Bedugul aja yuk...

Bedugul adalah salah satu tempat tertinggi di Bali dengan hamparan pegunungan dan danaunya yg sangat indah, yaitu Danau Beratan.

Tiket masuk per-orang adalah IDR 7.500.- utk domestik dan IDR 10.000 utk foreigner. Setelah membayar tiket, kita akan melihat sebuah taman yg sejuk dan hijau banget dengan bunga2 beraneka ragam. Melewati jalan setapak, kita akan mencapai sebuah gapura besar yg merupakan pintu masuk menuju Pura Ulundanu. Coba lihat ke arah kiri, disana ada candi Budha yg sampai skrng masih dipakai utk pemujaan.

Pemandangan alam Danau Beratan yg ada di Bedugul ini sangat indah. Hamparan danau sedalam 23meter membuat mata menjadi sejuk dan damai. Belum lagi ada sebuah pura luhur yaitu pura Ulundanu yg berada ditengah2 danau. Wow…cantik sekali. Pura Ulundanu adalah tempat pemujaan untuk Dewi Danu atau Dewi Sri sebagai dewi kemakmuran yg dibangun sekitar abad XVI. Pura ini memiliki atap (meru) sebanyak 11 tingkat. Pura ini juga diabadikan dalam mata uang kita di pecahan Rp.50.000.

sedikit saran dari saya,kalo mau kebedugul brangkatnya hrs pagi,karena kalo siang kabut sdh turun atau bahkan hujan yg nantinya bisa mengurangi kenikmatan kita untuk menikmati pemandangan.

Kalo masih penasaran, datang ajah deh ke Bedugul….

Sepulang dari bedugul,sebaiknya anda semua juga perlu mampir di Pacung-Baturiti untuk menikmati pemandangan sawah yg bertingkat/terasering.

pemandangan itu bisa anda nikmati sembari makan siang di Resto Saranam/Pacung dan bisa juga dari Lambhaga Restoran.

Share this post


Link to post
Share on other sites

om / tante yg jagoan soal bali. mau nanya dong. moga moga gak salah thread. Saya dulu pernah ke bali. pulang dari nginap di ubud mau balik ke kuta, diajak makan disebuah kota kecil. Tempatnya kayak warung pinggir jalan, menu nya ayam taliwang. ada yg di bakar dan di goreng, di sekitar jalan tersebut banyak yg warung serupa, katanya memang disitu banyak komunitas orang lombok yg tinggal di bali. Nah saya kan mau ke bali lagi bulan maret. pengan balik lagi kesana. cuma kebanyakan supir yg saya tanya semua gak tau itu diaerah mana... Ada yg tau nama kota atau daerah nya? thanks ya...

Share this post


Link to post
Share on other sites

om / tante yg jagoan soal bali. mau nanya dong. moga moga gak salah thread. Saya dulu pernah ke bali. pulang dari nginap di ubud mau balik ke kuta, diajak makan disebuah kota kecil. Tempatnya kayak warung pinggir jalan, menu nya ayam taliwang. ada yg di bakar dan di goreng, di sekitar jalan tersebut banyak yg warung serupa, katanya memang disitu banyak komunitas orang lombok yg tinggal di bali. Nah saya kan mau ke bali lagi bulan maret. pengan balik lagi kesana. cuma kebanyakan supir yg saya tanya semua gak tau itu diaerah mana... Ada yg tau nama kota atau daerah nya? thanks ya...

Ubud - Kuta kalo mburu cepet sampai jalan satunya hanya lewat bypass Sanur.

Adakah ciri' spesifik lain yg bisa disebutkan seperti melewati pasar atau patung apalah gtu...*banyak patung gede dijalan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ubud - Kuta kalo mburu cepet sampai jalan satunya hanya lewat bypass Sanur.

Adakah ciri' spesifik lain yg bisa disebutkan seperti melewati pasar atau patung apalah gtu...*banyak patung gede dijalan.

 

ciri khas nya banyak warung kecil yg jualan ayam taliwang... :D . maaf gak inget ciri khas yg lain. Atau om punya tempat makan yang recomend buat makan  ayam taliwang yg enak di bali?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ayam Taliwang di Kuta ada Jl.Raya Kuta depan Central Park.

Ayam Taliwang Denpasar ada di Jl.Tengku Umar-Denpasar

Ayam Taliwang Bedugul ada di Depan Pura/Danau Ulundanu Bedugul *kalo disini banyak berderet dagang Ayam Taliwang.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Ayam Taliwang di Kuta ada Jl.Raya Kuta depan Central Park.

Ayam Taliwang Denpasar ada di Jl.Tengku Umar-Denpasar

Ayam Taliwang Bedugul ada di Depan Pura/Danau Ulundanu Bedugul *kalo disini banyak berderet dagang Ayam Taliwang.

 

ikut ngintip nih...trip bsk aq jg mau mampir ah...

Share this post


Link to post
Share on other sites

Waaahh..ada om jack. Langganan gue sewa mobil tiap ke Bali. Biasanya di forum tetangga, ternyata menjamah forum ini juga :lol:

 

wew siapakah ini gerangan :D

mencoba eksis dengan melebarkan sayap ke forum' tetangga :D

 

rent car brp, bli?

tergantung jenis mobilnya neng :)

 

nasi jenggo yg enak seputaran kuta dimana ya....

sepanjang jalan Raya Kuta kalo malam hari banyak yg jual nasi jinggo :)

rasa & harga relatif sama :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Om @JackItem, iyah tulung dilanjutin dunk, kayaknya banyak yg kurang tuh :)

Nieh, aku tambahin, nanti om tolong bantu buat info penjelasannya yah :)

Bali Timur: akuh jatuh cinta bangeth sama pesona pantai AMED, thn 2005 pertama kali ksana masih sepiiiiii, dari penginapan DragonFly ke pantainya bisa langsung nyemplung, xixixixixi, tahun 2011 ksana lagi udah rameeee bangeth, hiks :(. Pantai Amed ini beda bangeth sama pantai lainnya, karena berpasir hitam dan gak jauh dari bibir pantai bisa langsung melihat kapal perang karam yg sudah jadi rumah bagi biota laut yg cantik2, keren deh!!! :)

Bali Utara: setelah kintamani, bakalan ketemu sama pura termegah seluruh bali, pura BESAKIH, saat bulan agustus 2005 kesana saya dapat view pura dengan latar belakang Gunung agung yang clear tanpa awan ataupun kabut sedikitpun, cantik abish!!!. Untuk wisata menanjak gunung agung jg bisa, banyak operator2 yg bisa membantu untuk hunting sunrise di gunung tertinggi di bali ini :)

Bali Barat: Pulau MENJANGAN, buat yg suka snorkling or diving, jangan gak sampai kesini, keren bangeth!!! Koleksi biota lautnya juga keren2, saking beningnya, bagi teman traveler cwe yg kbetulan saat kesana lagi "coming moon" alias "lampu merah" alias PMS dan gak bisa snorkling jangan kecewa, dari atas perahu pun kita sudah bisa menikmati keindahan bawah laut menjangan ini, super bening lah pokoknya, ditambah diatas pulau kini ada pura GANESHA yg berwarna putih, keren!!!

Ubud: yg paling terkenal dari tempat ini pastinya MONKEY FOREST, taman terbuka yg ditinggali monyet2, ditengah taman jg ada pura, adeeeemmm bangeth main2 ksini. Selain itu juga ada kdiaman plukis tkenal Antonio Blanco, wow, keren ini rumah dan koleksinya. Ubud jg banyak bangeth pertunjukkan kecak di malam hari, dan tempat yg strategis kalau mau melakukan arung jeram ke sungai Ayung (bener gak yah nama sungainya), disungai ini ada relief cerita mahabarata yg diukir didinding sungai, cantik, riamnya jg gak ganas, grade 3 kalau gak salah. Kuliner yg paling banyak diburu disini, pastinya BEBEK BENGIL yg gak jauh dari monkey forest :).

Om @JackItem jg blm masukkan Trunyan, lovina, pura tirta gangga (pura cantik kalau mnurut aku), dll deh, hayooo update lagih om :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Om @JackItem, iyah tulung dilanjutin dunk, kayaknya banyak yg kurang tuh :)

Nieh, aku tambahin, nanti om tolong bantu buat info penjelasannya yah :)

Bali Timur: akuh jatuh cinta bangeth sama pesona pantai AMED, thn 2005 pertama kali ksana masih sepiiiiii, dari penginapan DragonFly ke pantainya bisa langsung nyemplung, xixixixixi, tahun 2011 ksana lagi udah rameeee bangeth, hiks :(. Pantai Amed ini beda bangeth sama pantai lainnya, karena berpasir hitam dan gak jauh dari bibir pantai bisa langsung melihat kapal perang karam yg sudah jadi rumah bagi biota laut yg cantik2, keren deh!!! :)

Bali Utara: setelah kintamani, bakalan ketemu sama pura termegah seluruh bali, pura BESAKIH, saat bulan agustus 2005 kesana saya dapat view pura dengan latar belakang Gunung agung yang clear tanpa awan ataupun kabut sedikitpun, cantik abish!!!. Untuk wisata menanjak gunung agung jg bisa, banyak operator2 yg bisa membantu untuk hunting sunrise di gunung tertinggi di bali ini :)

Bali Barat: Pulau MENJANGAN, buat yg suka snorkling or diving, jangan gak sampai kesini, keren bangeth!!! Koleksi biota lautnya juga keren2, saking beningnya, bagi teman traveler cwe yg kbetulan saat kesana lagi "coming moon" alias "lampu merah" alias PMS dan gak bisa snorkling jangan kecewa, dari atas perahu pun kita sudah bisa menikmati keindahan bawah laut menjangan ini, super bening lah pokoknya, ditambah diatas pulau kini ada pura GANESHA yg berwarna putih, keren!!!

Ubud: yg paling terkenal dari tempat ini pastinya MONKEY FOREST, taman terbuka yg ditinggali monyet2, ditengah taman jg ada pura, adeeeemmm bangeth main2 ksini. Selain itu juga ada kdiaman plukis tkenal Antonio Blanco, wow, keren ini rumah dan koleksinya. Ubud jg banyak bangeth pertunjukkan kecak di malam hari, dan tempat yg strategis kalau mau melakukan arung jeram ke sungai Ayung (bener gak yah nama sungainya), disungai ini ada relief cerita mahabarata yg diukir didinding sungai, cantik, riamnya jg gak ganas, grade 3 kalau gak salah. Kuliner yg paling banyak diburu disini, pastinya BEBEK BENGIL yg gak jauh dari monkey forest :).

Om @JackItem jg blm masukkan Trunyan, lovina, pura tirta gangga (pura cantik kalau mnurut aku), dll deh, hayooo update lagih om :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Om @JackItem, iyah tulung dilanjutin dunk, kayaknya banyak yg kurang tuh :)

Nieh, aku tambahin, nanti om tolong bantu buat info penjelasannya yah :)

Bali Timur: akuh jatuh cinta bangeth sama pesona pantai AMED, thn 2005 pertama kali ksana masih sepiiiiii, dari penginapan DragonFly ke pantainya bisa langsung nyemplung, xixixixixi, tahun 2011 ksana lagi udah rameeee bangeth, hiks :(. Pantai Amed ini beda bangeth sama pantai lainnya, karena berpasir hitam dan gak jauh dari bibir pantai bisa langsung melihat kapal perang karam yg sudah jadi rumah bagi biota laut yg cantik2, keren deh!!! :)

Bali Utara: setelah kintamani, bakalan ketemu sama pura termegah seluruh bali, pura BESAKIH, saat bulan agustus 2005 kesana saya dapat view pura dengan latar belakang Gunung agung yang clear tanpa awan ataupun kabut sedikitpun, cantik abish!!!. Untuk wisata menanjak gunung agung jg bisa, banyak operator2 yg bisa membantu untuk hunting sunrise di gunung tertinggi di bali ini :)

Bali Barat: Pulau MENJANGAN, buat yg suka snorkling or diving, jangan gak sampai kesini, keren bangeth!!! Koleksi biota lautnya juga keren2, saking beningnya, bagi teman traveler cwe yg kbetulan saat kesana lagi "coming moon" alias "lampu merah" alias PMS dan gak bisa snorkling jangan kecewa, dari atas perahu pun kita sudah bisa menikmati keindahan bawah laut menjangan ini, super bening lah pokoknya, ditambah diatas pulau kini ada pura GANESHA yg berwarna putih, keren!!!

Ubud: yg paling terkenal dari tempat ini pastinya MONKEY FOREST, taman terbuka yg ditinggali monyet2, ditengah taman jg ada pura, adeeeemmm bangeth main2 ksini. Selain itu juga ada kdiaman plukis tkenal Antonio Blanco, wow, keren ini rumah dan koleksinya. Ubud jg banyak bangeth pertunjukkan kecak di malam hari, dan tempat yg strategis kalau mau melakukan arung jeram ke sungai Ayung (bener gak yah nama sungainya), disungai ini ada relief cerita mahabarata yg diukir didinding sungai, cantik, riamnya jg gak ganas, grade 3 kalau gak salah. Kuliner yg paling banyak diburu disini, pastinya BEBEK BENGIL yg gak jauh dari monkey forest :).

Om @JackItem jg blm masukkan Trunyan, lovina, pura tirta gangga (pura cantik kalau mnurut aku), dll deh, hayooo update lagih om :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

jadi nga enak nih...

sampe dimention'in gara' lama nga nonggol :D

 

buat' temen' yg bisa berbagi info,silahkan saja diposting nanti akan saya quote ke page#1 *kalo sempet :o

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By RGB Resto
      Hallo Semua, Kami The Real Green Bean - RGB Resto memperkenalkan diri yang berjualan Makanan Minuman Dari Kacang Hijau Asli, Original dan Murni. Beralamatkan DI Mall Grand ITC Permata Hijau Jakarta Selatan. 

      Daftar Menu:
      Kaldu Kacang Hijau Favorite (Lontong, Daging Sapi)  Sangrai Kacang Hijau (Gantinya Ngopi, Asam Lambung Cocok) Bubur Kacang Hijau Biasa dan ada yang extra topping (Mutiara, Nangka, Ketan Hitam) Sari Kacang Hijau BakPia Onde-onde dan makanan minuman lainnya. Jika Berminat bisa hubungi via Whatsap 087.8855.41600
      Pengiriman pakai: GOSEND / GRAB INSTANT
       
      Terimakasih, Salam Kenal Ya Semuanya.. 
    • By Burhan Abdillah Sanjaya
      Kabupaten Malang tak cuman menawarkan keindahan alam saja bagi siapa pun pengunjung datang ke sini, berbagai wisata kuliner Malang pun menarik dicoba kelezatannya. Memang sih kudapan bakso Malang mendominasi pemburu kuliner lokal maupun datang dari pengunjung datang dari luar kota. Selain bakso, Malang juga memiliki kudapan khas Jawa Timur yang wajib dicoba yakni Rawon. Bentuknya mirip seperti soto daging sapi hanya saja warna kuah dan citra rasa rawon berbeda dengan soto. Di kota Apel terbanyak sejumlah warung-warung penjual kuliner rawon, salah satunya cukup terkenal dan sudah melegenda yakni warung rawon Nguling Malang. Hal tersebut lantaran rumah makan Malang ini mampu menjaga konsistensi kenikmatan dari citra rasa ditawarkan kepada pengunjung.

      Bila kita benar-benar cermat nama rumah makan rawon Nguling Malang berasa dari daerah Nguling, Kecamatan Tongas, Kabupaten Purbalingga. Hanya saja di kota Malang, kuliner tersebut sudah lama dibuka. Lokasi warung  berada di pusat kota Malang, tepat di dekat alun-alun yakni di jalan Zainul Arifin atau kata orang Malang sebagai daerah kidul Dalem.
      Kalau dari segi citra rasa, kelezatan rawon Nguling tak perlu diragukan kembali, dapat dikatakan sebagai satu diantara kuliner rawon paling enak di kota Malang. Kuah rawon terlihat tak begitu hitam, tentu rasa kuah terasa segar tak terlalu pekat. Nah kalau dari segi tekstur daging yang digunakan dalam bahan dasar rawon, terasa begitu lembut dan tak perlu mengunyah lama ketika di dalam mulut agar bisa menikmati kelezatan diberikan.
      Pihak rumah makan menyajikan dua jenis rawon kepada pelanggan yakni rawon biasa dan rawon dengkul. Dimana kedua menu rawon tersebut merupakan juga menu favorit di sini. Nah bagi kawan mencari menu lain selain rawon, ada juga beragam kuliner khas Jawa Timur seperti nasi Pecel dan Nasi Lodeh dan lain-lain. Hal tersebut sudah cukup membuat pelanggan datang ke rumah makan kuliner Malang ini tergiur, berbagai hidangan pelengkap disajikan di meja makan bersama menu utama. Diantaranya tempe, mendol, daging empal, babat, tempa dan paru, kesemua menu pelengkap tersebut disajikan berada di satu piring tersendiri.

      Harga satu porsi rawon Nguling Malang dibandrol seharga Rp. 27.000 per porsi, sedangkan rawon saja seharga Rp. 35.000, apabila memesan rawon plus nasi pisah harganya Rp. 40.000. Nah kalau nasi pecal di warung rawon Nguling Malang terlihat segar terdapat sayuran disajikan dengan bumbu kacang agak manis apabila dibandingkan dengan citra rasa nasi pecal di warung lain, meskipun demikian rasanya sangat enak. Dalam satu porsi nasi pecal seharga Rp. 16.000 gratis peyek kacang tanah atau peyek udang. Harga es jeruk di sini cukup mahal yakni Rp. 11.000 dan es dawet Rp. 9.000, sedangkan es teh dibandrol Rp. 6.000 saja.
      SUMBER
    • By Hasan Kareem
      Adanya perpaduan dari berbagai budaya, khususnya Eropa dan Asia, membuat masakan Mediterania memiliki cita rasa yang unik. Selain kaya rempah, jenis masakan ini kerap menggunakan biji-bijian dan buah kering ke dalam setiap hidangannya, mengingat daratan Mediterania sangat kaya akan hasil bumi yang berkualitas baik.
      Salah satu negara yang tersohor akan kuliner Mediteranianya adalah Turki. Berada di perbatasan Eropa dan Asia, membuat kuliner khas Turki begitu kaya akan rasa, apalagi dengan penggunaan rempah-rempah pada setiap masakannya. Berbeda dengan masakan Timur Tengah dan India, rempah-rempah yang digunakan dalam masakan Turki tidak terlalu kuat, sehingga masih terasa ringan.
      Tak perlu jauh-jauh ke Turki untuk menikmati berbagai hidangan Mediterania yang lezat, karena sebuah restoran di kawasan Kemang, Jakarta Selatan bernama Istanbul Turkey Restaurant & Lounge menawarkan berbagai menu masakan Turki bercita rasa autentik.
      Berlokasi di Jalan Ampera Raya, restoran ini tampak gagah dengan logo nama yang cukup besar terpampang di depan dan eksterior bangunan berwarna merah bata. Terdiri dari dua lantai, Istanbul Turkey Restaurant & Lounge menjadi restoran dengan spesialisasi masakan Turki terbesar di ibu kota yang menempati lahan seluas 1,000 meter.
      Mengusung konsep casual dining, ruangan dari restoran yang telah beroperasi sejak tahun 2013 ini terkesan luas dan rapi. Ditambah dengan ornamen dan lampu pada setiap dinding ruangannya, semakin memperkuat kesan dan suasana ala Turki. Berbeda halnya dengan lantai dua Istanbul Turkey Restaurant & Lounge yang lebih santai dibandingkan lantai bawahnya. Sesuai dengan namanya, lantai dua tersebut berfungsi sebagai lounge dan diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin merokok atau menjajal shisha.
      Menunya sendiri sangat beragam, dan terdiri dari appetizer, starter, first course, main course, hingga dessert. Tak tanggung-tanggung, koki restoran ini didatangkan langsung dari Turki. Bahkan, beberapa bumbu dan bahan yang digunakan pun diimpor dari negara asalnya untuk mempertahankan cita rasa autentik dari masakannya.
      Saya pun memesan beberapa menu andalan yang ditawarkan oleh Istanbul Turkey. Menu pertama yang saya cicipi adalah Lahmajun (Rp 48 K), yakni roti isi daging kambing pedas. 
      Hampir mirip seperti hidangan pizza khas Italia, Lahmajun terdiri dari cincangan daging kambing yang telah dibumbui dan disajikan di atas roti naan yang tipis dan renyah. Tekstur daging cincangnya begitu lembut dengan cita rasa sedikit pedas, berpadu dengan renyahnya roti membuatnya sangat pas untuk disantap sebagai starter.
      Kemudian, untuk main course, saya memilih untuk mencicipi Lamb Khabsah (Rp 140 K), yang merupakan sajian nasi khas Timur Tengah yang dimasak dengan rempah dan daging kambing muda pilihan bersama saus khas Istanbul Turkey. Porsinya cukup besar, dan bisa dinikmati untuk dua hingga tiga orang. Rasa gurih langsung menggelitik lidah saat saya mencoba nasinya. Selain itu, tercecap rasa dari bumbu rempah-rempah yang ringan dan nikmat.
      Tekstur dagingnya sendiri sangat empuk, dengan cita rasa yang gurih dan sedikit pedas dari merica dan rempah lainnya. Jenis daging yang digunakan sendiri bukanlah daging domba, melainkan daging kambing pilihan yang berkualitas tinggi. Selain itu, daging kambing tersebut juga memiliki lemak yang lebih rendah, bahkan bila dibandingkan dengan daging ayam sekalipun, sehingga lebih sehat.
      Selanjutnya,  saya juga mencoba menu spesial dari Istanbul Turkey, yakni Chicken BBQ (Rp 98 K) yang terdiri dari ayam bakar dengan bumbu spesial khas restoran Istanbul Turkey, yang disajikan bersama roti dan salad. Sajian ayam tersebut dipanggang di atas arang terlebih dahulu, lalu dimarinasi dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, tomat, dan rempah spesial dari Turki. Kemudian, ayam dipanggang kembali hingga matang.
      Tak heran, tekstur dagingnya begitu empuk dan rasanya sangat gurih, meresap hingga ke dalam serat daging. Berbeda dengan sajian ayam bakar pada umumnya, bumbu pada hidangan ini memiliki tekstur yang lebih licin dan tidak lengket. 
      Selain itu, berbagai hidangan dari Istanbul Turkey juga menggunakan minyak zaitun dan bunga matahari agar kualitas masakannya tetap terjaga dan lebih sehat.
    • By vie asano
      Setelah jalan-jalan mengelilingi Tokyo menggunakan berbagai sample itinerary yang telah saya bagi dalam beberapa seri tulisan sebelumnya, supaya nggak jenuh, kali ini saya ingin berbagi sesuatu yang sedap-sedap dulu deh. Ya, kulineran! Hoho.. Namun kuliner yang akan saya informasikan kali ini bukanlah kuliner ala street food maupun kuliner yang biasa dikenal oleh para pecinta kuliner Jepang seperti sushi dan ramen, namun kuliner paling top di antara jajaran kuliner Jepang lainnya yaitu kaiseki ryori. Ada yang pernah dengar kuliner itu?
      Tentang Kaiseki Ryori
      Setiap negara yang memiliki sejarah kuliner yang panjang pastilah memiliki kuliner khas yang sangat istimewa dan bisa disebut sebagai haute cuisine. Maksud dari haute cuisine disini adalah kuliner tingkat tinggi yang membutuhkan persiapan khusus dan presentasi tingkat tinggi. Nah, dalam khasanah kuliner Jepang, haute cuisine di negara Matahari Terbit itu adalah kaiseki. Ada 2 jenis kaiseki, yaitu kaiseki ryori dan cha-kaiseki (kaiseki yang dihidangkan saat upacara minum teh) namun yang akan saya bahas kali ini adalah kaiseki ryori.
      Kaiseki ryori merupakan set makanan multi menu yang sudah mulai disajikan sejak ratusan tahun silam. Berawal dari set makanan yang disajikan saat upacara minum teh, kaiseki ryori kemudian berkembang menjadi menu yang biasa disajikan di kalangan bangsawan. Uniknya, nama kaiseki ryori sendiri tidak mengandung unsur haute cuisine, karena kaiseki dalam kaiseki ryori secara literal diterjemahkan sebagai batu di dada yang diambil dari kebiasaan pendeta Zen yang selalu menggunakan batu hangat untuk membantu menahan lapar. Bukan untuk dimakan yah, namun untuk dibungkus kain dan disimpan di dekat perut. Kalau dijelaskan terlalu detail nanti malah akan pusing sendiri, jadi kita skip dulu langsung pada inti kaiseki ryori yah.
      Yang membuat kaiseki ryori istimewa
      Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, menu kaiseki ryori terdiri dari multi menu. Dalam satu kali penyajian, jumlah menu yang ditampilkan bisa mencapai 9-10 menu atau lebih. Tenang, tak perlu khawatir akan kekenyangan karena seluruh menu disajikan dalam porsi mungil, dan tentu saja dengan presentasi yang sangat baik.
      Foto 01:
      Contoh set menu kaiseki ryori [foto: 663highland/wikimedia]
      Yang membuat kaiseki ryori ini menarik, dari seluruh menu yang disajikan, tidak ada pengulangan bahan makanan maupun pengulangan teknik memasak. Jadi jika saja (misalnya) wortel sudah digunakan pada satu menu, dia tidak akan digunakan pada menu lainnya. Kecuali untuk menu ikan yang bisa menggunakan beberapa jenis ikan, sehingga tak bisa disebut sebagai pengulangan bahan makanan. Tak hanya bahan makanan yang tidak diulang, namun teknik memasaknya juga tanpa pengulangan lho. Jadi jika ada 10 masakan, ya diolah dengan 10 cara yang berbeda.
      Tambahan lainnya, kaiseki ryori sangat mengutamakan bahan-bahan lokal. Jadi sebuah menu yang sama bisa terdiri dari kombinasi bahan yang berbeda jika dibuat di dua daerah yang berjauhan maupun dibuat pada musim yang berbeda. Mayoritas bahan dalam kaiseki ryori biasanya berasal dari pasar lokal dan menonjolkan keistimewaan dari daerah tersebut. Bagi yang bingung, dalam kaiseki ryori koki memang diijinkan untuk menambahkan bahan musiman yang bisa ditemukan di daerah tersebut, dan itulah yang membuat kaiseki ryori di seluruh Jepang bisa berbeda-beda dan kaya rasa.
      Menu-menu dalam kaiseki ryori
      Biasanya, menu kaiseki ryori dibagi dalam beberapa bagian: makanan pembuka, hidangan utama, shokuji (hidangan nasi), dan makanan penutup. Berikut ini detailnya, dan contoh fotonya mengambil menu yang disediakan di Iwasaki Mansion, Tsukiji, Tokyo:
      Untuk makanan pembuka, bisa terdiri dari minuman beralkohol (biasanya ukuran kecil). Umumnya minuman beralkohol yang disajikan adalah alkohol produksi lokal maupun anggur manis. Tambahan lainnya adalah makanan pembuka ukuran kecil sebelum masuk ke makanan utama.
      Foto 02:
      Contoh menu pembuka: Steamed Tofu and Okura with sea urchin, with tiger prawn in jelly, eel sushi, steamed duck, and pike conger [foto: Chris 73/wikimedia]
      Untuk makanan utama, bisa terdiri dari beberapa menu yang diolah dengan teknik yang berbeda-beda. Beberapa menu yang masuk dalam list makanan utama ini antara lain: suimono (sup), sashimi (daging mentah yang diiris tipis), nimono (makanan rebusan), yakimono (makanan panggang), agemono (gorengan), mushimono (kukusan), dan sunomono (makanan berbahan cuka).
      Foto 03:
      Contoh menu rebusan: Terong dalam miso dengan bayam [foto: Chris 73/wikimedia]
      Foto 04:
      Contoh menu gorengan: deep fried matsutake mushroom, zucchini, and pine leaf [foto: Chris 73/wikimedia]
      Foto 05:
      Contoh menu sashimi: Snapper, with lobster, tuna and squid [foto: Chris 73/wikimedia]
      Foto 06:
      Contoh menu bakar: Grilled wakasa (rockfish), with grilled beef in miso, potato, and decorative cut ginger [foto: Chris 73/wikimedia]
      Untuk shokuji, set-nya biasanya terdiri dari nasi, sup miso, dan tsukemono (acar). Biasanya set ini disajikan menjelang akhir acara makan, yaitu menjelang dessert.
      Foto 07:
      Contoh shokuji: Nasi dengan jahe [foto: Chris 73/wikimedia]
      Untuk dessert, makanan penutup yang disajikan biasanya adalah buah lokal segar. Bisa juga makanan penutup tradisional khas Jepang lainnya.
      Foto 08:
      Contoh dessert di Iwasaki Mansion, Tsukiji, Tokyo: menu buah-buahan [foto: Chris 73/wikimedia]
      Oya, contoh di atas betul-betul hanya contoh kasar saja ya. Masih ada beberapa menu dengan teknik masak yang berbeda yang belum saya masukkan dalam list di atas, seperti suzakana (makanan kecil untuk membersihkan piring), shiizakana (makanan sejenit hot pot), dan lain-lain.
      Foto 09:
      Contoh side dish: Jelly fish sashimi [foto: Chris 73/wikimedia]
      Dimana bisa menemukan kaiseki ryori?
      Tertarik mencoba kaiseki ryori? Kuliner ini bisa ditemukan di berbagai restoran tradisional Jepang. Namun perlu diperhatikan, tak semua restoran tradisional menyajikan kaiseki ryori yang asli lho. Ada tips-nya untuk membedakan mana restoran yang menyajikan kaiseki ryori asli dan abal-abal. Restoran yang tutup di siang hari biasanya menyediakan kaiseki ryori yang asli. Menyajikan kaiseki ryori membutuhkan persiapan yang sangat panjang, sehingga restoran yang betul-betul asli akan tutup di siang hari karena berkonsentrasi penuh untuk menyajikan kaiseki ryori malam hari.
      Alternatif lainnya, kaiseki ryori ini bisa ditemukan di berbagai ryokan alias penginapan tradisional Jepang. Biasanya ryokan akan menyediakan set menu tersebut saat makan pagi atau malam. Karena itulah harga menginap di ryokan lebih mahal dari jenis akomodasi lainnya karena sekaligus mencakup biaya makan. Untuk informasi dan panduan tentang ryokan, bisa baca disini: From A to Z Seputar Ryokan, Penginapan Tradisional ala Jepang (1) dan From A to Z Seputar Ryokan, Penginapan Tradisional ala Jepang (2-end).
      Foto 10:
      Contoh set menu yang disajikan di sebuah ryokan [foto: Tomo/wikimedia]
      Yang perlu diperhatikan
      Kaiseki ryori itu mahal, jendral! Untuk sebuah haute cuisine, jangan heran jika harga satu set kaiseki bisa mulai dari 15000 yen hingga 40000 yen per-orang. Memang sih ada juga kaiseki yang dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau antara 4000 yen - 8000 yen, namun tentu saja kelengkapannya akan berbeda dengan restoran kelas atas.
      Siap untuk mencoba kaiseki ryori saat wisata ke Jepang?
      ***
      *Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.
    • By Rudi Nemob
      Pulau Bali merupakan pulau yang terkenal di dunia karena kekayaan dan eksotisme alam maupun budaya yang membuat banyak orang ingin berkunjung. Pulau ini terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok dengan dikelilingi oleh beberapa pulau kecil seperti Pulau Nusa Ceningan, Pulau Nusa Lambongan, dan Pulau Nusa Penida. Dikarenakan mayoritas penduduknya yang adalah beragama Hindu, orang-orang mengenal pulau ini dengan sebutan Pulau Dewata.
      Begitu banyak club dan tempat wisata yang terdapat di Pulau Bali. Karena banyaknya tempat wisata dan club, Bali dijadikan sebagai pusat hiburan di Dunia. Salah satu club yang terkenal di Pulau Bali adalah Omnia Bali Day Club.

      Omnia Bali Day Club adalah sebuah day club yang di sponsori oleh Grup Hakkasan yang berpusat di Las Vegas. Di resmikan pada awal Februari 2018 , Omnia Bali Day Club merupakan day club dengan konsep pantai pertama di dunia yang berada di Bali. Dengan menggunakan konsep rancangan WOHA Singapore dan New York’s Rockwell, day club yang dibangun di atas tebing kapur Uluwatu ini menjadi incaran pertama turis saat memijakkan kaki di Pulau Bali.
      Terdapat banyak fasilitas penunjang yang akan membuat kamu nyaman dan ingin menetap lama di club ini. Salah satunya dengan bersantai di ruangan-ruangan yang telah disediakan oleh Omnia Bali Day Club. Kamu juga dapat menyewa ruangan untuk mengadakan acara seperti Birthday, Anniversary, dan Gathering di day club ini.

       
      Daya Tarik Omnia Bali Day Club
      Omnia Bali Day Club ini memiliki berbagai macam daya tarik yang membuat kamu penasaran jika tidak mampir. Dengan konsep terbuka dan menyajikan pemandangan laut yang indah membuat day club ini selalu ramai dikunjungi apalagi pada saat weekend dan libur nasional.
      Sun bed yang tersedia di area kolam renang disiapkan bagi pengunjung yang ingin rebahan sambil memanjakan mata untuk menikmati indahnya sunset di Bali. Setelah matahari terbenam, wisatawan pun akan disuguhkan sebuah pemandangan kubus perak berkilauan yang disebut Cube Bar. Lounge Kasual juga turut dihadirkan untuk dapat chit chat dengan keluarga, pasangan ataupun rekan kerja.

      Di samping lounge pun, terdapat Restoran Sake no Hana yang merupakan restoran bernuansa Jepang modern. Restoran ini mengusung konsep restoran elegan yang dilengkapi dengan pemandangan Samudera Hindia yang dapat diliat langsung dari pinggir restoran.
      Selain itu, bungalow ekslusif yang di lengkapi dengan private pool dan Cabanas VIP hadir untuk menawarkan fasilitas mewah dan elok yang sangat cocok bagi kalian untuk mengambil foto yang instagrammable dengan konsep kekinian. Tempat ini pun bisa dijadikan tempat untuk hunting foto oleh fotografer karena selain banyaknya spot foto keren, posisi day club ini terlihat seperti mengambang di pinggir Pantai Uluwatu.
      Letak dan Peta Lokasi

      Lokasi day club ini berada di ujung barat daya Bukit Peninsula, tepatnya di Jl. Belimbing Sari, Banjar Tambiyak, Desa Pecatu, Uluwatu, Bali 80364, Indonesia. Bagi pengunjung yang berasal dari luar Pulau Bali, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai untuk sampai ke day club ini.
      Selain dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu dapat mencapai lokasi ini selama 15 menit dari Teluk Jimbaran dekat Pura Uluwatu. Jika kalian belum pernah kesini atau merupakan pendatang baru di Bali, kalian dapat membuka aplikasi navigasi petunjuk jalan seperti Google Maps atau Waze. Peta lokasi telah tercantum dibawah ini.
      PETA LOKASI

       
      Kamu juga dapat bertanya ke penduduk di sekitar Desa Pecantu karena mereka pasti tahu di mana letak pasti lokasi tempat ini dan tenang saja, penduduk Bali yang sangat ramah akan dengan senang hati menunjukkan jalan yang benar ke kamu.
      Sebelum sampai ke tempat ini, kamu juga dapat terlebih dahulu mampir ke beberapa tempat wisata yang berada di dekat lokasi Omnia Bali Day Club seperti Pantai Jimbaran, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, dan Pantai Tegal Wangi.
      Harga Tiket Masuk dan Menu Makanan
      Omnia Bali Day Club mulai beroperasi dari jam 11.00-19.00 setiap harinya. Tetapi jangan khawatir jika kalian ingin menyantap hidangan di Restoran Sake no Hana, restoran ini akan tetap buka hingga jam 23.00. Namun, harga menu makanan dan minuman yang tersedia pun terbilang cukup mahal, minuman Mojito dan Cocktails diberi harga Rp.170.000/gelas, begitu pula dengan kisaran harga makanan Rp.300.000 untuk 2 orang.

      * Harga sewaktu- waktu bisa berubah

      Untuk harga tiket normal dibanderol Rp.200.000 dan untuk Week End harga mulai Rp. 300.000. Jika kamu ingin datang di special occasion, pada saat ada acara dan bintang tamu, harga tiket akan melonjak naik di kisaran Rp.675.000 hingga Rp. 1.250.000 dan kalian harus melakukan pemesanan dengan sistem booking yang dapat dilihat di website omniaclubs.com. Jika kamu beruntung, kamu dapat mengikuti party yang diadakan dengan penampilan beberapa DJ hits yang paling diminati oleh pengunjung saat ini.
      Hotel Terdekat Omnia Bali Day Club
      Bagi turis lokal maupun mancanegara, kamu dapat menginap di salah satu hotel ataupun Villa yang terdapat di sekitar Omnia Bali Day Club. Terdapat beberapa hotel dan Villa yang sangat cocok digunakan untuk beristirahat dengan konsep dan pemandangan yang menarik mata seperti:
      Hideway Villas Bali
      Alila Villas Uluwatu
      Ungasan Cliff Resort
      Karma Kandara
      Banyan Tree Ungasan
      Harga hotel atau Villa ini pun beragam. Bagi kamu yang berlibur membawa keluarga atau sedang dalam group trip, kamu dapat menyewa Villa yang memiliki beberapa kamar di dalamnya dengan kisaran harga lebih dari Rp.5.000.000. Tetapi, untuk kamu yang berlibur sendiri atau pasangan dengan jumlah orang 1-2 orang, lebih disarankan untuk menyewa hotel dengan harga sekitar Rp.350.000.
      Cara Terbaik Menuju Lokasi
      Untuk menuju ke Omnia Bali Day Club, kalian akan lebih dimudahkan jika berkendara menggunakan mobil pribadi atau sewa mobil apalagi bagi kamu yang berlibur bersama keluarga dan sedang dalam group trip. Taksi konvensional ataupun taksi online tidak dapat menjangkau lokasi ini karena akses yang terbatas. Sangat disarankan pula untuk menyewa mobil sopir di bali bagi kamu yang belum handal dalam membawa mobil karena banyaknya jalanan yang menikung tajam.
      Selain itu, Omnia Bali Day Club tidak menyediakan jasa valet parkir. Kamu harus memarkirkan mobil sendiri dan sangat besar kemungkinannya untuk tidak mendapat parkiran apalagi di weekend dan libur nasional karena lahan parkir yang terbatas. Jika kamu termasuk ke dalam pengemudi wanita yang masih baru dan takut untuk memarkirkan mobil sendiri, akan lebih baik jika sewa mobil dan sopir.
       
       
      source : https://nemob.id/id/story/page/Review-Omnia-Bali-Day-Club-Lokasi-Fasilitas-Harga-Masuk-dan-Daya-Tarik?id=606e3813-1d60-4931-b6cc-24bb6731d478
    • By Maryam
      Hi semua, sebelumnya saya mo blg thank you sama @deffa yang udah bisa bikin saya log in lagi disini
      sesuai judulnya, saya mau minta tolong nih, info soal ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Udah baca2 forum tentunya, nge Google juga, Youtube apalagi. tapi yah masih ada pertanyaan spesifik...kali aja ada yang bisa share  tolong di bantu ya para sensei.
      1. Suami ngebet banget pengen ke Penida (gegara Youtuber Cody Buffinton) dan kalau liat video2 di Youtube, jarak 4 destinasi utama (Broken Beach, Angel's Billabong, Crystal Bay dan Kelingking B ga jauh2 amat yah? jadi saya pikir mau rental scooter aja) kebetulan saya lg di US and ga punya SIM Indonesia, saya baru mo apply SIM sini (karena selalu takut nyetir lol  tapi belum tentu lulus nih...aduuuh) suami ada SIM dan mungkin mo apply SIM international, tapi saya raguin dia buat bawa scooter deh (ngeri soalnya udah lama ga scooter-ran) so alternatifnya ya saya aja (pengennya dan hobi juga lol) yang nyetirnyahh tapi masih kudu apply SIM kali aja di tolak mentah2 sama abang2 rentalnya ...ummm so apakah sim wajib punya klo kita mau rental scooter? kayanya ga bakal ada polisi lalin deh melihat kondisi 4 destinasi tersebut  bukan mksd ga mau tertib,,tapi kita stay di Indonesia hanya 2 bulan, untuk apply SIM bakal rempong kayanya....ada yg bisa share soal ini?

      2. sebaiknya kita ke Lembongan atau Penida dulu? misal ke Penida dulu...sarana transportasi yg ada apa yah menuju Lembongan nya? jam berapa kira2nya dan bisa di arrange in advance ga? kira2 ongkosnya berapa? 
      3.  share pengalaman nya dong di tempat2 berikut: Ubud monkey forest, Uluwatu Temple, Tanah Lot, mungkin Tegallalang rice terrace, art market. kalau ada tempat lain yg recommended boleh juga ya di share  (planning stay nya 10 hari saja)
      apa aja yg kira2 bisa ngebantu, detail or cuma sekilas2 juga gpp. Pertama kali ke Bali nihand kita bukan backpacker sejati haha ok gitu dulu deh ya..thank you :)
       
       
    • By Gulali56
      Jadi ceritanya saya ke Bali dapet promo Traveloka discount 100rb utk pesawat domestik. Gara2 gagal mulu dpt tiket murah di tahun ini, akhirnya saya memutuskan solo traveling domestic aja sekalian cari jodoh #eh..
      Rata-rata orang Indonesia ke Bali itu se-rombongan jadi bisa share cost sewa kendaraan atau kalau pergi sendiri or berdua pun pastilah sewa motor, moda transportasi termurah dan tercepat.
      Nah apa jadinya kalau ke Bali sendiri aja, mau ketempat jauh-jauh kemahalan utk sewa mobil, plus gak bisa nyetir motor kayak saya.
      Walaupun Blue bird taxi, Grab/Uber dan Gojek sudah masuk Bali, ternyata mrk itu hanya bisa beroperasi di wilayah tertentu saja (mostly seputaran Kuta-Legian-Seminyak). Dan yang pasti di Ubud dilarang.
      Padahal saya tiap kali ke Bali , kudu wajib ke Bebek Bengil cabang Ubud.  Khan pusing tuh.
      Setelah browsing kanan kiri , justru dari Traveloka juga lah ketemu alternatif bus hop on hop off di Bali. YAY..
      Namanya Kura Kura Bus. Perusahaan bus ini masih tergolong baru di Bali, baru 5 tahunan, sehingga gak banyak yang tau. 
      Jangkauan area bus nya masih sekitar yang umum2 must-to-do spot di Bali . 

      Untuk harga tiket nya cukup ekonomis one way rata-rata dibandrol Rp 20ribu kecuali ke Ubud Rp 80rb.
      Selain itu juga ada day pass nya. Untuk 1 hari (Rp 100.000), 3hari (Rp 150,000) dan 7 hari (Rp 250,000) . 
      Berhubung saya butuhnya ke Ubud, jadilah saya ambil day pass 3 hari, biar ekonomis. Beli via website nya jadi Rp 135,000.
       
      Saya menginap di Seminyak Square hotel yang terletak persis disamping Seminyak Village yang juga merupakan halte stop 2 jalur Kura Kura Bus line 3 dan 4.
      Karena saya ceritanya mau makan siang di Bebek Bengil, saya ambil keberangkatan dari DFS (terminal pusat) yang jam 11 pagi.
      Ambil line 4 dari Seminyak Village yang jam 09.56 AM. Karena bus pertama , bus nya on time.
      Sampai di DFS jam 10.40-an liat-liat T-galeria Mall dulu sekalian numpang ngadem dan ke wc.

      Bis line 5 ke Ubud , teng brgkt jam 11  dari DFS.
      Halte stop: Alaya Ubud Resort
      Terletak persis disamping resto Bebek Bengil.



      Saya tiba di Bebek Bengil jam 12.45.
      Kelar makan siang dan leyeh2 dulu di bale-bale resto ngilangin pegel2,  baru deh saya menanti bus berikutnya utk ke Puri Lukisan Museum jam 14.20
      Halte stop : Puri Lukisan Museum 
      Halte ini cocok utk yang mau ke Museum Blanco, Bukit Campuhan ataupun ke Babi Guling Bu Oka.
      Berhubung saya blm pernah ke Bukit Campuhan, jadilah saya kemari. Jalan pelan2 ke Museum Blanco dulu biar matahari gak terlalu terik.
      Apa daya krn saya gak tertarik masuk ke Museum Blanco, akhirnya saya jam 3 sore nanjak ke Bukit Campuhan , matahari berasa ada 3 biji alias masih panas pol.

      sisi bagusnya jam segini masih sepi, sisi gak bagusnya saking panasnya saya sendiri ampe ogah berhenti2 buat foto.

      Terus terang saya gak tll impress sama bukit Campuhan ini, saya malah langsung fokus ke Cafe dan Spa Karsa yang merupakan resto dan spa kecil samping pematang sawah setelah melewati Bukit gak penting ini. Sori to say ye.. Mungkin krn ga ada yg motoin, dan saya bukan tipe yg niat2 amat selfie kalo kepanasan . Terus ngapain kemari ye..

      Setelah menghabiskan satu kelapa dan foto2 di sawahnya sampai mati gaya krn matahari mulai terbenam saya pun memutuskan balik ke halte bus utk mengejar bus terakhir jam 18.55.
      Kesimpulan dari trekking dadakan ini, 2km uphill itu ditempuh +/- sejam tp pas pulang bisa +/- 30menitan..
      Karena takut ketinggalan bus, saya udh nongkrong dari sejam seblmnya di cafe seberang halte sambil ngopi2 dan numpang ke wc.

      Basically jam 18.55 itu udh gelap bgt sampai takut ketinggalan bus karena  gak keliatan.  Untungnya saya udh reserved via web, jadi nya supir bus nya sih udh tau bakal ada penumpang yg nungguin, scr saya cuma satu2nya penumpang mlm itu.

      Jam 08.30 malam akhirnya sampai juga di terminal DFS.
      Karena sudah gak kuat bermacet2 di area Seminyak, saya sambung naik gojek ke hotel. Tp nasib dapet tukang ojek org jawa alias nyasar2 muluk jd scr waktu gak beda jauh dgn misalnya saya pake Kura kura bus.. kesel... 
      Kelebihan Kura Kura Bus:
      + cukup ekonomis utk area  yang gak bisa dijangkau oleh kendaraan online.
      + bis ber-AC, ada free wi-fi dari telkomsel dan ada colokan listrik buat nge-charge selama mati gaya di bis.
      + memiliki aplikasi dan website informatif dengan pilihan bhs yang beragam dari Indonesia, Inggris, Jepang, Rusia, Korea, China
      + CS memiliki bhs inggris dan jepang yang cukup memadai .
       
      Kekurangan:
      - memakan waktu yang sangat lama apabila harus pindah line. Contoh dari seminyak village mau ke Ubud, dari  line 4 harus ke DFS utk pindah ke Line 5. Total perjalanan jadi 3jam misal dibandingkan dgn naik kendaraan direct ke tujuan yang hanya 1-1.5jam.
      - halte bis ke-2,dst biasanya hanya palang di pinggir jalan dan tidak ada tempat parkir sehingga bis tidak bisa menunggu lama
       - belum menjangkau area2 di utara Bali, ataupun area Canggu yang mulai jadi tujuan wajib turis
      - interval bis utk Ubud line 2 jam sekali, sehingga kurang flexible 
      - Aplikasi utk memonitor bis sangat tergantung gps bis maupun provider yang kadang angot2an..
       
      Kesimpulannya bis ini lumayan oke utk solo traveler yang mau ke area Nusa Dua, Jimbaran maupun Ubud.
      Sedangkan kalau tinggal /explore di area Legian-kuta-Seminyak,  lebih murah dan cepat naik ojek online saja.
       
      Kura Kura Bus
      http://kura2bus.com/
      Interval bus:
      a. Line 1 : every 90 minutes, 10 rounds per day
      b. Line 2 : every 90 minutes, 9 rounds per day
      c. Line 3 : every 20 minutes, 38 rounds per day
      d. Line 4 : every 45 minutes, 17 rounds per day
      e. Line 5 : every 2 hours, 5 rounds per day