hobijalan2poto2

Festival Lima Gunung - Magelang

3 posts in this topic

Kalo yang namanya pulau Jawa nih ya, sudah pasti lah budayanya kental banget.

Nggak cuma upacara ritual yang arahnya ke spiritual doang ya, tapi juga tarian, kesenian daerah dan nyanyian khas.

Nah di Magelang nih ya, ada festival yang diadakan setiap tahunnya buat menampung aktifitas seni dari komunitas seni dari lima gunung.

bagi yang belum tahu, Magelang itu diapit lima gunung makanya namanya festival lima gunung. antara lain Gg.Merapi,Gg.Merbabu, Gg.Menoreh, Gg.Sumbing, Gg.Andong.

Nah tiap gunung itu ada pemukiman warga yang hobi menyalurkan aktifitas seni, atas kerinduannya berkumpul itu deh dibikin yang namanya festival lima gunung ini. Acaranya diisi dari anak-anak sampe orang tua. Ada kuda lumping, tarian, wayangan, pokoknya sippppp banget buat ngerti dan ngenal yang namanya BU-DA-YA.

festival5gunung10.jpg

festival5gunung9.jpg

biasanya diadakan pas pertengahan tahun, antara bulan juni-juli, mungkin pas waktu libur anak sekolahan :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

  • Similar Content

    • By Rawoniste
      Hi jjr.... Saya kembali lagi, Ini barangkali liburan pertama Dan terakhir Saya di tahun 2018 ini. Karena sesuatu sebab banyak yang gagal pergi. Ketika ada peluang pergi di bulan September kemaren, tdk byk basa basi Saya langsung pesen Tiket Dan booking hotel. 
      Entah lah yang kepikiran pengen ke yogya lagi, pengen mencoba LAVA TOUR MERAPI nya. Googling internet ketemu operator gerbang adventure. Booking di WA dgn Paket sunrise plus nambah ke Stonehenge Dan The lost world Castle. Done. 
      Kali ini saya Naik KA Pagi dgn berbagai pertimbangan takut nya susah akomodasi kalo dari statsiun yogya jam 3an subuh. Meskipun udah nanya2 byk ojek online ato taxi yg siap mengantar. 
      Tapi asik juga ternyata pergi siang2 itu. Nyampe statsiun jam 3 an siang, begitu keluar cukup pangling juga. Jalan yg menuju malioboro itu udah direnovasi, kedai kopi yg biasa Saya singgahi yg pemiliknya orang Papua itu udah tidak ada kena gusur. Jalan terus tanpa tujuan ahirnya singgah di LOKO CAFE . yup persis di persimpangan jln. Malioboro ini. Tempatnya terbuka vintage , harga Juga murah . Saya pesen nasi Goreng tuna Dan capucino late. Diluar prediksi, nasgor nya enak . Kalo tdk salah cukup 48k saja untuk 2 menu. 
      Selepas sholat di mushola nya, Saya pun order ojol. Eh ojolnya udah nangkring di depan ternyata. Wuss lah ke kaliurang. 
      Byk dibawa ke jalan tikus ternyata, macet katanya kalo lewat jalan biasa. Ok lah tdk apa2..kurleb 1 jam nyampe lah di airy room merapi.  
      Karena punya voucher airy , nginep disini cuma bayar 54k saja.  Tidak ngarep banyak dgn airy room yg cuma 150k/malam. Ternyata di luar prediksi juga. Bangunan nya biasa saja tipe penginepan. Tapi pas masuk ke kamar nya. Kamarnya sangat bersih, Wangi meskipun kecil. Tapi memuaskan . Air panas Dan segala nya berjalan lancar. 
      Mandi, istirahat sebentar . Selepas magrib keluar nyari2 kafe sekitar situ. Serem Dan gelap nih di jalanan , udah ketemu tapi tidak yakin buka, solanya menjorok kedalam Dan gelap gulita masuk nya. Batal ah.... Turun lagi ke bawa ... Ketemu warung merapi. Masuk jalan sepi juga, tapi dari depan Ada plang yg cuma sekian meter. Pas kesana sepi sekali, cuma Saya saja sendiri an. Liat menu nya Juga tidak napsuin. Ahirnya cuma pesen Wedang Uwuh Dan Tempe mendoam saja. Tempatnya bagus sih, khas jawa joglo dgn ornaments kayu .mungkin karena saya kesininya Hari jumat , belum banyak pengunjung yg nginep. Jadi suasana nya sepiiiii sekali. 
      Jam 5 tepat ,Jeep udah stand by di tempat Dan Saya pun berangkat hanya sendiri an saja ato ber2 dgn driver nya. 
      Destination pertama Ada lah bungker kaliadem sambil nunggu sunrise disana. Gagal total, kabut yang tebal tidal bisa melihat gunung merapi maupun sunrise. Huhhh.... 
      Lanjut ke musium sisa hartaku, ya cuma bekas barang sehari2 lengkap dgn story nya.
      Lanjut ke Batu Alien,  Batu besar hasil erupsi merapi, akan tetapi mirip alien , makanya disebut Batu alien.
      Nah ini dia yg ditunggu, lava tour nya. Perkiraan Saya jauh rutenya, ternyata singkat saja. Tapi lumayan lah Naik Jeep yg zigzag Sana sini bikin degdegan takut ke pleset hahaha. Menyusuri jalanan aliran sungai Kali kuning . Di Sana udah Ada 2 Jeep rombongan lain , pas Saya lewat malah di sorakin ibu hahahaha. Gak seru Kali yah main ginian sendirian, sedangkan mereka full . 
      Selanjutnya ke Stonehenge, bayar Tiket 10k karena tdk termasuk dalam paket. Asik lah poto tanpa diganggu orang, karena cuma Saya sendirian. Puas darisana Saya meluncur ke The lost would Castle. Lagi2 cuma sendirian , bahkan Masih tutup. Tapi beruntung di bolehkan masuk tentunya dgn bayar Tiket 25k dulu. Hanya wahana selfi2an yah, Dan Masih dalam pengembangan. Kapal titanik yg waktu Saya kunjungi Masih rangka, sekarang di bulan December udah selesai. 
      Touring pun berakhir sampe jam 9an udah nyampe ke airy room. 
      Mandi dulu, cabut lagi ke merapi park yang cuma jalan kaki kurang dari 1km . Disini Ada miniature bangunan mancanegara yg ikonik , kebetulan Saya kurang suka tempat beginian . Rehat dulu di kafenya.  Pesen sayur lompong, pindang ,mendoan . Menunya jawaan semuanya. Harganya Juga terjangkau. Bangunan tetep joglo yang terbuka dgn meja dari gelondongan kayu besar. Nyeees bgt disini daripada diluar area merapi park yg panas pull. 
      Keluar dari sini, penasaran dengan Tempe jadah. Beli cuma 10k untuk dibawa pulang. Darisini lanjut jalan kaki lagi ke musium merapi. Musium yang sangat megah dgn koleksi Dan gambar yg sangat lengkap. Tiket 10k . Terlalu murah untuk sebuah musium besar Dan megah ini. 
      Beres muter2 musium balik jalan kaki lagi ke airy. Bersih2, packing ... 
      Cek out, iseng nanya ke front office kalo ke musium ulen sentalu pulangnya gampang ? Eh malah tanpa diminta dia nawarin diri buat nganter, ditungguin juga. Wah .... Senang sekali saya. Nunggu jam 1an saya pun dianter sama mas tsb, karena kasian kalo harus nunggu, yg entah berapa lama. Saya persilahkan saja pulang, nanti Saya kabarin lagi . Ternyata prediksi Saya tepat sekali. Berkunjung ke sini kurleb 1 jam, udah gitu harus nunggu peserta minimal sekian orang. Ini konon musium terbaik di Indonesia. Awalnya Private musium yg sudah berdiri dari tahun 1983 kalo tdk salah. Bangunan klasik, modern,kontepore bertemu dalam satu komplek. Sangat sejuk disini. Koleksi terdiri dari koleksi rajaw jawa. Gak boleh di poto hanya mendengarkan cerita guides nya saja. Tiket 40k. Cukup worthed lah . Tour musium selesai, Masih semangat jalan Saya bermaksud ke taman kaliurang karena pas lewat ke musium ini, taman inj Juga kelewat. Eh wrong turn hahahaha. Karena berasa lumayan jauh kalo harus balik lagi. Batal deh. 
      Pas diperempatan ada warga yg baru pulang Naik motor, Saya iseng nanya2. Lagi2 dia nawarin bantuan untuk ngamterin ke airy ato jogya sekalipun. Saya bilang , nanti Ada yg jemput tapi kalo tdk datang boleh lah Saya dianteur. Sedikit diplomasinya ternyata dia sempat tinggal di bandung.  
      Mas yg dari airy pun ahirnya nongol, saya pun pamitan sama warga tsb. 
      Muter2 nyari airy sedewo , mas nya kurang tau yogya. Berasa kasian juga ahirnya Saya minta turun saja, yg kebetulan lihat yoshinoya yg baru buka. Makan ber2 disana, kasih tip (meskipun menolak, Saya paksa saja ahirnya dia mau menerima) saya senang bgt kalo Ada orang seperti itu, ngasih bantuan tanpa pamrih. Amalan anak soleh ketemu 2 orang yang mau membantu hahahaha. 
      Pesen gojek dari yoshinoya, eh cuma 4 ribu . Ternyata deket dari sini. HAHAHA. 
      Lanjut di FR 2 yah ...... 













    • By vie asano
      Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H buat Jalan2ers yang merayakan! Taqoballahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, minal aidzin wal faidzin Mohon maaf lahir dan bathin jika selama ini ada salah-salah kata, baik yang disengaja maupun tidak.
      Setelah beberapa hari absen menulis karena mudik, saya kangen sharing-sharing info lagi di blog sederhana ini. Berhubung masih dalam suasana mudik, kali ini saya ingin sharing info festival khas Jepang yang melibatkan tradisi mudik. Eits, jangan salah. Di Jepang juga ada tradisi mudik lho. Jika di Korea tradisi mudik biasa dilakukan saat perayaan Chuseok (bisa dibaca disini: Mengenal Chuseok, Thanksgiving ala Korea Selatan) dan Seollal (Lunar New Year), maka di Jepang tradisi mudik biasa dilakukan menjelang perayaan Obon atau Obon Festival. Apakah Obon Festival itu?
      Sekilas tentang Obon Festival
      Obon Festival, biasa disebut Obon atau Bon saja, merupakan salah satu festival khas agama Budha yang bertujuan untuk menghormati arwah leluhur. Perayaan ini diangkat dari kisah Maha Maudgalyayana (Mokuren), salah seorang murid Budha yang telah kehilangan ibunya untuk selamanya. Mokuren memiliki penglihatan jika arwah sang ibu menderita, dan dia pun akhirnya bertanya pada Budha bagaimana caranya menolong sang ibu. Budha kemudian memerintahkannya melakukan beberapa ritual melalui pendeta Budha yang telah selesai menjalankan retret musim panas mereka. Mokuren menuruti perintah tersebut, dan dia lalu melihat arwah ibunya kini jauh lebih bahagia. Ritual tersebut kemudian disebarluaskan dan dilakukan oleh banyak orang, dan dikenal dengan nama Obon.
      Kapan perayaan Obon itu?
      Obon dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda di seluruh Jepang, walau biasanya berkisar antara bulan Juli dan Agustus. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya perubahan sistem penanggalan Jepang. Semula Jepang menganut kalender Bulan, namun pada periode Meiji berganti mengikuti kalender Gregorian. Akibatnya, perayaan Obon yang biasanya jatuh pada bulan ke-7 mengalami pergeseran tanggal. Ada yang tetap merayakan Obon pada tanggal ke-15 pada bulan ke-7 berdasarkan kalender bulan (disebut Kyu Bon); ada yang merayakan pada tanggal ke-15 bulan ke-7 pada kalender Matahari (disebut Shichigatsu Bon); dan ada juga yang merayakan berdasarkan pada kalender Bulan, namun perayaannya mengambil waktu tanggal 15 Agustus (disebut Hachigatsu Bon). Bon yang terakhir ini yang banyak dirayakan di seluruh Jepang, sementara Kyu Bon masih dirayakan di daerah tertentu seperti wilayah Utara area Kanto, Shikoku, Chugoku, dan Okinawa.
      Apa yang dilakukan saat perayaan Obon?
      Inti dari perayaan Obon adalah menghormati arwah leluhur. Secara singkatnya sih orang Jepang percaya jika arwah leluhur akan mengunjungi mereka pada periode perayaan Obon. Karenanya, pada perayaan Obon orang-orang akan menggantungkan lentera di depan rumah mereka untuk memandu arwah leluhur agar bisa menemukan jalan kembali ke rumah.
      Foto 01:
      Lentera di depan rumah saat perayaan Obon [foto: Katorisi/wikimedia]
      Selain menggantungkan lentera, orang Jepang juga akan mempersembahkan makanan bagi para leluhur tersebut. Makanan persembahan tersebut akan disajikan di altar rumah, maupun di kuil. Ritual lainnya adalah mengunjungi makam para leluhur untuk berdoa dan membersihkan makam. Selain itu, mereka akan menarikan bon odori (lihat pada bagian tentang bon odori). Barulah pada akhir periode Obon lentera-lentera tersebut akan dihanyutkan di sungai untuk menuntun kembali para arwah kembali ke alamnya.
      Foto 02:
      Menghanyutkan lentera pada akhir perayaan Obon [foto: JamesAlexanderJack/wikimedia]
      Tentang Bon Odori
      Perayaan Obon tak bisa dipisahkan dari Bon Odori, alias Bon Dance. Tarian ini juga relatif populer ditampilkan di berbagai matsuri yang ada di Indonesia lho. Biasanya sih salah satu lagu favorit untuk mengiringi Bon Odori ini adalah soundtrack-nya anime Chibi Maruko-chan (lupa judulnya apa). Tentunya itu untuk Bon Odori versi Indonesia yah.
      Foto 03:
      Bon Odori [foto: Jiang Dong-Qin/wikimedia]
      Bagi yang masih bingung, Bon Odori merupakan tarian yang ditampilkan pada perayaan Obon. Tarian ini terinspirasi dari luapan kegembiraan yang ditunjukkan oleh Mokuren saat mengetahui jika arwah sang ibu sudah terbebas dari penderitaan. Koreografi dan lagu yang biasa digunakan saat Bon Odori berbeda untuk setiap daerah di Jepang, namun tipikalnya tarian ini dilakukan sambil mengitari sebuah pusat (biasanya yang menjadi pusat adalah yagura/panggung kayu khusus untuk festival). Para penari (biasanya pengunjung yang akan diajak berpartisipasi) akan melakukan serangkaian gerakan sambil bergerak mengitari pusat tersebut.
      Dampak perayaan Obon bagi pariwisata Jepang
      Sampai disini mungkin ada yang bingung yah. Katanya Obon berhubungan dengan mudik? Trus mana nih bagian mudiknya?
      Nah, info ini salah satu yang wajib diketahui oleh wisatawan yang akan berkunjung ke Jepang pada periode Obon (kira-kira 13-15 Agustus). Periode Obon merupakan salah satu periode liburan populer di Jepang. Pada perayaan Obon, orang-orang akan kembali pulang ke kampung halaman untuk ikut menyambut arwah leluhur, maupun sekedar meluangkan waktu untuk kumpul bersama keluarga besar. Bahasa Indonesia-nya sih, mudik!
      Lalu apa dampaknya aktifitas mudik tersebut pada pariwisata Jepang? Tentu saja ada, karena pada masa liburan Obon dianggap sebagai peak season. Harga tiket dan akomodasi akan jauh lebih mahal dibanding low season. Dan tak heran juga jika pada masa tersebut berbagai tempat wisata akan penuh sesak, toko banyak yang tutup, dan jalanan juga lebih ramai dari biasanya. Jadi, jika ingin lebih menikmati suasana liburan, hindari pergi ke Jepang pada periode Obon yah! Sebagai penutup, untuk tahun 2014 ini traffic di Jepang diperkirakan akan mulai meningkat pada tanggal 9 Agustus (saat orang-orang mulai meninggalkan kota besar untuk kembali ke kampung halaman) dan baru berakhir pada tanggal 16-17 Agustus (saat pemudik kembali pulang ke kota besar). Namun jika sudah terlanjur ada rencana liburan ke Jepang saat periode Obon, sekalian saja nikmati suasana festival. Berkunjunglah ke berbagai kuil karena selalu ada kemeriahan pada periode Obon.
      Semoga informasinya bermanfaat!
      ***
      * Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.
    • By ibalmarwan
      Deskripsi Sail Sabang
      Sail Sabang adalah rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9 yang diluncurkan pertama kali di Bunaken Manado tahun 2009. Sabang sendiri menjadi lokasi dari titik nol kilometer di ujung barat NKRI. Kepulauan ini membentang lebih dari 5.000 km dengan jarak sebanding dari Swedia ke Vladivostok. Pemerintah Daerah Aceh telah melakukan berbagai persiapan menyambut perhelatan Sail Sabang termasuk membangun hotel baru yang berkolaborasi dengan Inna Group Grup. Selain itu, juga membenahi berbagai tujuan wisatawan serta mempromosikan Sail Sabang 2017 ke berbagai media.
      Selain Sail Sabang, akan ada pula Sabang Wonderful Expo dan Marine Expo yang akan digelar bersamaan dengan Sabang Expo. Acara tersebut akan menampilkan aneka festival seni dan budaya khas Aceh, kejuaraan parasut, lomba aerobatik internasional, dan kompetisi selam. Ada dua rute utama untuk berpartisipasi dalam Sail Sabang 2017. Setiap rute ditangani oleh koordinator pelayar profesional yang berpengalaman mengelola kebutuhan peserta dari awal sampai akhir, termasuk penyelesaian semua dokumen dan menjelaskan peraturan khusus saat memasuki perairan Indonesia.

       
      Rute Sail Sabang
      Saat ini tersedia tiga penerbangan mingguan dari Medan ke Bandara Sabang atau Anda bisa pergi menggunakan Feri cepat dari Banda Aceh pukul 09.30 dan 16.00 dan kembali dari Sabang (Pulau Weh) pukul 08.30 dan 14.30. Biaya perjalanan berkisar Rp 80.000,- hinggan Rp 95.000,- per orang dengan lama perjalanan satu jam.
      Ada pula feri ekonomi seharga Rp 25.000,0 per orang dengan waktu tempuh 2,5 jam. Jadwalnya dari Banda Aceh dan Pulau Weh pada pukul 08.00 dan 14.00. Terkadang waktu keberangkatan dan kedatangan berubah jadi perlu konfirmasikan jadwal dengan pihak berwenang setempat di Banda Aceh atau Pulau Weh.
       
      Sumber: Sail Sabang
    • By Hiking Culture
      Check our schedule at www.hikingculture.id or arrange your own trip
      Contact us at  0815-1940-3139 or cs@hikingculture.id
      Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru
    • By ViCar Bromocorah
      Gunung yang satu ini letak nya di Bandung  Selatan,, buat temen temen forum jalan jalan yang suka mendaki gunung artapela ini wajib di coba, bagi pendaki pemula enggak perlu hawatir, track nya tergolong bersahabat. 
      Selamat mendaki.

       
      Sumber : gunung artapela
    • By Hiking Culture
      Salam Kenal,
      Kami Hiking Culture yang bergerak dalam bisnis Jasa Guide Gunung di Indonesia yang berlokasi di Cikarang siap mengantarkan Anda ke puncak-puncak gunung di Indonesia. Anda ingin mencoba sesuatu yang baru seperti mendaki gunung tetapi takut karena belum punya pengalaman dan tidak ada peralatan?
      Maka kami solusinya
      Beberapa paket yang kami tawarkan adalah :
      -          OPEN TRIP
                  Silahkan hubungi contact person untuk informasi jadwal Open Trip
      -          GROUP TRIP
                  Anda memiliki kelompok sendiri (min 10 orang) dan ingin harga Open Trip? Kami sarankan anda memilih paket ini, tentukan jadwal dan gunung yang ingin anda kunjungi.
                  Anda memiliki kelompok sendiri tetapi kurang dari 10 orang tetapi ingin harga Open Trip, silahkan tentukan gunung yang ingin Anda kunjungi maka akan kami buatkan Open Trip untuk memenuhi kuota.
      -          EKSKLUSIF TRIP
                 Anda ingin naik gunung tetapi tidak ingin membawa tas sebesar kulkas di rumah? Paket ini cocok untuk Anda. Anda hanya perlu siapkan tas kecil untuk membawa baju dan kebutuhan pribadi anda, kebutuhan lain untuk pendakian kami siapkan.
      -          RENTAL ALAT
                 Anda ingin ikut Open Trip tetapi tidak memiliki alat pendakian, kami juga melayani jasa penyewaan alat dengan biaya diluar paket Open Trip
       
      Hiking Culture
      WA/SMS/TELP : 0815-1940-3139
      BBM              : D5EBE9EC
      Alamat          : Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru Cikarang 17550
      “There is no Wi-Fi in the forest, but we promise you will find a better connection”
    • By Hiking Culture
      OPEN TRIP GUNUNG MERBABU
      ===============================================================================
      INFORMASI
      Lokasi : Gunung Merbabu, Jawa Barat
      Jalur : Selo
      Tanggal : 14 - 16 Juli 2017
      Biaya :
      - IDR 650.000 (Cikarang)
      - IDR 550.000 (Semarang)
      - IDR 450.000 (Terminal Boyolali)
      OPEN TRIP GUNUNG MERBABU
      ===============================================================================
      INFORMASI
      Lokasi : Gunung Merbabu, Jawa Barat
      Jalur : Selo
      Tanggal : 14 - 16 Juli 2017
      Biaya :
      - IDR 650.000 (Cikarang)
      - IDR 550.000 (Semarang)
      - IDR 450.000 (Terminal Boyolali)
      ===============================================================================
      FASILITAS
      INCLUDE
      - Transport PP MP - Basecamp
      - Tenda Kapasitas 4 orang (Sharing tenda)
      - Alat Masak
      - Guide
      - Logistik Tim
      - Porter Tim
      - Souvenir
      - Dokumentasi
      EXCLUDE
      - Item tidak disebutkan di atas
      ===============================================================================
      SYARAT DAN KETENTUAN
      - Peserta minimal 10 orang
      - Meeting point di Basecamp Rusber atau Semarang atau Terminal Boyolali
      - Pendaftaran dilakukan H-14 dengan membayar DP sebesar 50%
      - Pelunasan maksimal H-5 sebelum berangkat
      - Peserta yang sudah transfer dan mundur sebelum deadline, pembayaran dinyatakan hangus atau peserta dapat digantikan.
      - Apabila ada pembatalan dari pihak kami, pembayaran akan dikembalikan 100% yang sudah dibayarkan.
      - Apabila ada kejadian yang mengakibatkan pendakian tertunda atau batal maka akan diselesaikan secara musyawarah mufakat
      - Pendaftaran ditutup / deadline H-5 sebelum berangkat
      - Tidak menerima booking tanpa DP
      - Calon peserta & peserta dianggap mengerti dan menyetujui semua ketentuan di atas
      ===============================================================================
      PENDAFTARAN
      - Informasi kuota peserta bisa menghubungi ke nomor
      WA/SMS/Telp: 0815-1940-3139
      BBM : D5EBE9EC
      Email : hiking.culture@gmail.com
      - Kirim SMS/WA/BBM pendaftaran dengan format:
      Pendakian Gunung XXX
      Nama :
      No HP :
      Meeting Point :
      Email :
      Ukuran Kaos :
      - Kirim email pendaftaran dengan format:
      Subject Email : Pendakian Gunung XXX
      Content Email :
      Nama :
      No HP :
      Meeting Point :
      Ukuran Kaos :
      - Pembayaran DP minimal 50% (rekening Tanya lewat WA)
      - Bukti pembayaran kirim melalui WA/BBM ke nomor xxx atau email xxx maksimal H+2 setelah transfer.
      - Peserta akan dinyatakan fix ikut apabila sudah melunasi pembayaran
      - Apabila peserta tidak jadi ikut dan sudah melewati deadline, pembayaran tidak dapat dikembalikan tetapi dapat digantikan oleh orang lain.
      ===============================================================================
      ITINERARY
      Hari 1, Jumat
      20.00 - 21.00 MP Cikarang
      21.00 - 07.00 Cikarang - Boyolali
      07.00 - 08.00 MP Boyolali - Basecamp Selo
      Hari 2, Sabtu
      08.00 - 09.00 Persiapan Pendakian
      09.00 - 15.00 Beskem - Pos 3
      15.00 - 16.30 Pos 3 - Sabana 1
      16.30 - 18.00 Buka Tenda, Foto2
      18.00 - 19.00 Ibadah, Masak
      19.00 - 21.00 Acara Bebas
      21.00 - 04.00 Istirahat
      Hari 3, Minggu
      04.00 - 05.00 Persiapan Summit
      05.00 - 06.00 Sunrise di Sabana 2
      06.00 - 09.00 Ke Puncak Kenteng Songo & Triangulasi
      09.00 - 10.00 Enjoy Puncak
      10.00 - 12.00 Kembali ke Sabana 2
      12.00 - 13.00 Ibadah, Masak, Persiapan Turun
      13.00 - 18.00 Turun ke Beskem Selo
      18.00 - 19.00 Bersih-bersih & Persiapan Pulang
      19.00 - xx.xx Pulang Ke Jakarta
      ===============================================================================
      PERLENGKAPAN
      Perlengkapan Tim
      - Tenda (Sudah disediakan)
      - Alat Masak + Bahan Bakar (Sudah disediakan)
      Perlengkapan Pribadi
      - Tas Carrier min 40 L
      - Geiter
      - Kostum Treking (Baju & Celana Lapangan)
      - Jaket Gunung WAJIB
      - Sleeping Bag WAJIB
      - Matras Biasa / Matras Aluminium WAJIB
      - Jas Hujan / Ponco WAJIB
      - Sepatu Outdor WAJIB MENGGUNAKAN SEPATU
      - Sendal Gunung
      - Kupluk / Topi / Slayer / Buff WAJIB
      - Pakaian Ganti (Baju, Celana, Dalaman) WAJIB
      - Sarung Tangan & Kaos Kaki WAJIB
      - Alat Makan (Piring, Gelas, Sendok, Garpu, Pisau, dll) WAJIB
      - Botol Minum WAJIB
      - Obat-Obatan Pribadi WAJIB
      - Alat Bersih-Bersih(tisu dll) WAJIB
      - Senter / Headlamp WAJIB
      - Baterai Cadangan WAJIB
      - Trash Bag Sedang WAJIB
      - Printilan Outdor (Korek,Pisau, tali dll)
      - Trekking Pole
      * Perlengkapan yang ada keterangan WAJIB harus dibawa demi keamanan dan kenyamanan peserta
      * Jika tidak memiliki perlengkapan WAJIB silahkan hubungi panitia
      CONTACT PERSON
      Hiking Culture
      WA/SMS/TELP : 0815-1940-3139
      BBM : D5EBE9EC
      Email : hiking.culture@gmail.com
      ALamat : Jl.Puma Raya B5 No.34 Cikarang Baru Cikarang 17550
       
      Ingin mencoba sesuatu yang baru dan sedikit ekstrim seperti mendaki gunung tapi takut karena belum memiliki pengalaman maka kami solusinya
      -          Hubungi contact person untuk menanyakan jadwal Open Trip tahun 2017
      -          Anda memiliki kelompok sendiri (minimal 10 orang) dan ingin harga Open Trip, silahkan hubungi contact person kami untuk tentukan gunung dan jadwal pendakian.
      -          Kelompok anda kurang dari 10 orang, akan kami buatkan Open Trip untuk mencari tambahan orang ke gunung yang anda inginkan.
      -          Anda ingin fasilitas ekstra, tidak ingin membawa tas sebesar kulkas di rumah maka Eksklusif Trip cocok untuk anda. Anda hanya perlu membawa baju ganti dan tas kecil kebutuhan lain kami sediakan.