Sign in to follow this  
Followers 0
etiquoe

Fenomena "Malam Putih" di St. Petersburg

9 posts in this topic

Ada yang udah pernah ke St. Petersburg? Salah satu kota indah di Rusia.

Kota ini dijuluki Venezia Timur. Mungkin karena kesan klasik dan keberadaan kanal-kanal yang bisa disusuri dengan perahu. Mirip naik gondola di Venezia :D (mungkin).

Nah disamping keindahan kotanya, St. Petersburg ini juga terkenal dengan fenomena "White Night" atau "Malam Putih". Disebut seperti itu, karena kondisi malamnya nggak gelap, tapi terang, hampir seperti siang. Fenomena ini jadi salah satu daya tarik wisata kota juga. Terjadinya waktu puncak musim panas. Sekitar Mei sampe Juli. Biasanya pas terjadi fenomena Malam Putih ini, ada semacam festival. Jadi suasana malamnya jadi rame dengan berbagai kegiatan menarik.

Belom pernah ke sana sih :D

Tapi dari cerita yang udah pernah liat langsung, sepertinya menarik. Kalo ada kesempatan, pingin banget ke sana.

Ada yang udah pernah ke sana? atau mungkin pernah tinggal di sana? Pernah liat langsung fenomena malam putih-nya mungkin?

Boleh share info or foto-fotonya?

Thanks :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

barusan liat fotonya gan...

ini

p24577-St._Petersburg-White_nights.jpg

keren ya... paling2 di indonesia ngalaminnya jam 7an masih terang.. itu aja jaraaangg banget ya.. dan udah jadi lumayan hot thread buat masyarakat. hehe

yg aku tau, tempat yg menarik di rusia cm moscow n st.petersburg ini.. kebetulan 3 bulan lalu ada bule rusia nginep dirumah, karena lg backpakeran...

katanya extreme banget suhu disana. kalo panas bisa cukup jauh dari standar di Indonesia.. 45an derajat kali kalo gak salah inget..

kalo dingin, katanya dia pernah ngrasain -5 derajat.. nungguin bus sambil kedinginan.. duh, -5 derajat kayak apa yah?? :wacko:

Share this post


Link to post
Share on other sites

denger-denger sih, st. petersburg salah satu kota dengan biaya hidup yang mahal. nggak terlampau terlalu jauh dengan moskow. Trus orang rusia kayaknya jarang deh yang bisa bahasa inggris. itu sih yang aku denger. tapi kalau emang iya, bakal sulit tuh. apalagi mereka kan tulisannya beda pula, bukan tulisan latin

Share this post


Link to post
Share on other sites

denger-denger sih, st. petersburg salah satu kota dengan biaya hidup yang mahal. nggak terlampau terlalu jauh dengan moskow. Trus orang rusia kayaknya jarang deh yang bisa bahasa inggris. itu sih yang aku denger. tapi kalau emang iya, bakal sulit tuh. apalagi mereka kan tulisannya beda pula, bukan tulisan latin

Hehe iya juga ya, bahasa bisa jadi masalah banget kalo gitu. Apalagi kalo nggak ada temen yang tinggal di sana, yang ngerti bahasa sana. Kalo gak bisa bahasa sana, setidaknya mesti ada yang berperan jadi guide :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

wuuuiiiiiiiihhhhhhhh......... keren banget yaaaaakkk.........

kalo masalah org rusia g bs bahasa inggris emank ada benernya juga sihhh... mereka kan bahasa sehari2nya juga paling bahasa rusia atw apa gt...

dari nama2nya aja udah cukup susah disebutkan, huruf mati ketemu huruf mati.... heheheheeh :huh: :huh: :huh:

Share this post


Link to post
Share on other sites

yg aku tau, tempat yg menarik di rusia cm moscow n st.petersburg ini.. kebetulan 3 bulan lalu ada bule rusia nginep dirumah, karena lg backpakeran...

katanya extreme banget suhu disana. kalo panas bisa cukup jauh dari standar di Indonesia.. 45an derajat kali kalo gak salah inget..

kalo dingin, katanya dia pernah ngrasain -5 derajat.. nungguin bus sambil kedinginan.. duh, -5 derajat kayak apa yah?? :wacko:

Iya, katanya suhunya ekstrim. Mesti bener-bener menyiapkan diri buat penyesuaian kalo ke sana, terutama kalo pas musim dingin

Trus orang rusia kayaknya jarang deh yang bisa bahasa inggris. itu sih yang aku denger. tapi kalau emang iya, bakal sulit tuh. apalagi mereka kan tulisannya beda pula, bukan tulisan latin

Hehe iya juga ya, bahasa bisa jadi masalah banget kalo gitu. Apalagi kalo nggak ada temen yang tinggal di sana, yang ngerti bahasa sana. Kalo gak bisa bahasa sana, setidaknya mesti ada yang berperan jadi guide :D

wuuuiiiiiiiihhhhhhhh......... keren banget yaaaaakkk.........

kalo masalah org rusia g bs bahasa inggris emank ada benernya juga sihhh... mereka kan bahasa sehari2nya juga paling bahasa rusia atw apa gt...

dari nama2nya aja udah cukup susah disebutkan, huruf mati ketemu huruf mati.... heheheheeh :huh: :huh: :huh:

Hmmmm betul betul betul.. bahasa agaknya bisa jadi masalah yang penting tuh :huh:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya kira rusia itu negara yg cuacanya selalu dingin. Salah ya ternyata. Soalnya saya pernah baca dimana gitu katanya ada jg satu kota di rusia yg selalu dingin sampe berkabut.

Share this post


Link to post
Share on other sites

ini karena letak negara nya yah om..

jadi bisa begini..

salah satu kota tempat main Hulk nih :lol:

Iya, fenomena itu bisa terjadi berkaitan dengan posisi negaranya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By moonlight
        Pernah terpikirkan untuk ke Rusia? Rusia ternyata memiliki magnet pariswisata yang tak kalah kuat dengan berbagai negara lain di sekitarnya. Ibu kota Rusia, Moskow, misalnya. Ia menyimpan banyak pesona yang membuat banyak turis baik lokal maupun asing begitu tertarik untuk menjelajahinya.   Dari berbagai sumber, Moskow merupakan kota klasik sekaligus modern. Banyak bangunan kuno berdiri namun bersinar warna-warni bak negeri dongeng. Salah satu daya tarik dari Moskow adalah Lapangan Merah.    Lapangan Merah Moskow, dalam bahasa lokal disebut Krasnaya Ploshcad. Kawasan ini memang dikenal juga sebagai simbol politik. Tak heran, karena di sini terdapat kediaman resmi presiden Rusia dan juga latar belakang sejarah yang mengikutinya.    Namun pada arti harfiyahnya, Krasnaya merupakan bahasa Rusia kuno yang berarti indah. Krasnaya juga diartikan sebagai merah dan merupakan warna keindahan. Nama tersebut memang tak salah, karena Lapangan merah ini memang kawasan yang indah.   Lapangan Merah Moskow merupakan lapangan yang berbentuk bujur sangkar dengan luas sekitar 244.000 meter persegi. Di lapangan ini, terdapat sebuah gereja tua yang indah dan merupakan salah satu ikon dari Kota Moskow sendiri. Gereja tersebut dinamakan Gereja St. Brasil. Tapi tunggu dulu, sebelum membahas gereja tersebut, saya ingin menulis sejumlah fakta tentang Lapangan Merah Moskow.   A. Fakta - Di Lapangan Merah ini ternyata dulu sempat menjadi pendaratan seorang turis dadakan. Kisahnya terjadi pada tahun 1987 dimana seorang turis yang berbekal peta biasa bernama Mathias Rust masuk ke wilayah udara Uni Soviet. Ia pun kemudian mendaratkan pesawat Cessna nya di sini. Namun untuk menghindari para pejalan kaki, sang turis ini memilih mendarat di dekat sebuah jembatan.   - Selain pernah menjadi tempat mendarat dadakan seorang turis, Lapangan Merah Moskow juga sempat menjadi lokasi aksi teror. Pada tahun 2003 lalu, seorang janda dari pemberontak Chenchen melakukan aksi bom bunuh diri di pintu masuk alun-alun. Akibat insiden ini, 5 orang dinyatakan tewas.    - Ada 2 bangunan tua di Lapangan Merah Moskow yang dibangun ulang. Pertama, Kazan Cathedral pernah diruntuhkan Joseph Stalin pada tahun 1936 kemudian dibangun ulang lagi setelah masa keruntuhan Uni Soviet. Selain itu, Resurrection Gates juga pernah dipindahkan pada tahun 1931 agar tank bisa masuk dan kemudian dibangun ulang lagi di tahun 1994.   - Diktator utama Uni Soviet, Vladmir Lenin, yang meninggal pada 1924 diawetkan di salah satu sayap alun-alun. Tubuh Vladmir mulai dipamerkan pada tahun 1930 dalam pusara granit. Tak hanya itu, jasad Vladmir Lenin juga diberi pemutih setiap minggu agar warna kulitnya tidak memudar dan tidak ditumbuhi jamur.   - Di puncak Kremlin (kediaman resmi presiden Rusia) terdapat tower yang disebut dengan Tsar Tower. Bangunan ini tinggi menjulang dan terlihat seperti kastil-kastil dalam negeri dongeng. Dulunya, Tsar Ivan the Terrible pernah menjadi tempat ini sebagai tempat untuk memata-matai subjeknya.    - Tak lupa, alun-alun ini juga memiliki sebuah bangunan dengan gaya Victoria dan dibuka sejak 1893. Mal ini merupakan tempatnya barang-barang mahal dan sejak difungsikan sebagai mal, tempat ini sudah terisi lebih dari 1000 toko. Bangunan ini juga dikenal sebagai Gosudarstvenny Universalny Magazin (GUM).   - Lapangan Merah Moskow merupakan saksi bisu sejarah kota ini. Di sinilah terdapat makan para pemimpin Soviet, tepatnya di Kremlin. Bukan hanya para pemimpin negara ini, tapi juga makan seorang jurnalis Amerika yang pernah mendokumentasikan kelahiran Uni Soviet, serta para tentara Bolshevik yang dimakamkan secara massal ada di sini.   - Lapangan Merah Moskow memang menjadi simbol atau ikon Rusia. Namun, di sini hanya terdapat 2 buah patung patriot yaitu Kuzma Minin dan Pangeran Dmitry Pozharsky. Keduanya merupakan pejuang negara yang mengalahkan serbuan Polandia pada tahun 1612.   B. Gereja St. Basil   di Lapangan Merah Moskow ini terletak sebuah gereja yang sangat indah bernama Gereja St. Basil. Gereja ini merupakan gereja terkenal yang ada di Rusia dan pastinya termasuk salah satu ikon kota ini.    Gereja St. Basil merupakan gereja yang dibangun pada tahun 1555-1561 dan sempat menjadi bangunan tertinggi di Moskow. Namun predikat tersebut tergeser saat kehadiran Menara Lonceng Ivan di tahun 1600.    Pembangunan Gereja St. Basil awalnya bertujuan untuk menandakan adanya penangkapan seorang tentara dari Mongolia. Ivan IV merupakan pemerintah kala itu. Menurut cerita, 2 orang yang mengepalai proyek ini dibuat buta olehnya untuk mencegah pembuatan bangunan yang sama di masa yang akan datang.   Gereja ini awalnya hanya berwarna putih di mana kubah-kubahnya yang berbentuk bawang itu berwarna emas. Namun saat ini, Gereja St. Basil sudah berubah dan berwarna warni pada kubahnya. Gereja ini menjadi daya tarik tersendiri pada malam hari. Konon pada siang dan malam hari ada aura mistik yang berbeda yang terpancar dari bangunan tersebut.   Bangunan ini pun kemudian beralih fungsi sebagai museum pada tahun 1928. Gereja ini menjadi lokasi diselenggarakannya misa hanya pada hari penyembuhan di Bulan Oktober. Pada tahun 1990. Gereja St. Basil masuk dan dinobatkan sebagai salag satu warisan dunia oleh UNESCO.   C. Lapangan Merah / Alun-alunnya   Sebelumnya kita memang membahas beberapa fakta dari Lapangan Merah ini. Nah, tapi kita belum membahas sebenernya fungsi Lapangan Merah saat ini untuk apa. Lapangan Merah merupakan alun-launnya Kota Moskow. Berbagai kegiatan diselenggarakan di sini. Mulai dari pesta rakyat, perayaan-perayaan, hingga berbagai hiburan seperti konser musik, misalnya. sejumlah band ternama pernah menggung di sini, seperti Linkin Park, Scorpion, dan masih banyak lagi.   Kenapa disebut sebagai Lapangan Merah, karena bangunan yang ada di sekitar sini didominasi dengan warna merah. Selain sebagai lokasi sejarah dan alun-alun, di sini juga menjadi lokasi niaga dan sekelilingnya terdapat sejumlah bangunan penting Moskow.   D. Kremlin   Salah satu bangunan di sekitar lapangan Merah adalah Kremlin. Bangunan ini merupakan bangunan penting, karena di sinilah dahulu para pemimpin Rusia tinggal dan juga dimakamkan. Saat ini, Kremlin juga merupakan kantor presiden.    Kremlin ini merupakan bangunan raksasa bak istana negeri dongeng. Bangunan ini berbentuk benteng dengan panjang tembok sekitar 2 km dan tingginya 19 meter. Luas tanah sekitar 27,5 hektar membuat siapa saja tidak bisa mengabaikan bangunan ini. Posisinya pun berada di tengah-tengah. Kremlin dikelilingi Sungai Moskva, Gereja St. Basil, Lapangan Merah, dan juga Alexander Park.    Benteng ini terdiri atas 5 istana, 4 gereja, dinding dan juga menara Kremlin. Menaranya pun terdiri atas 20 menara dan lainnya terdapat juga pemakaman para raja Rusia dahulu beserta barang-barang peninggalannya. Peninggalan berharga seperti mahkota, pakaian, perhiasan, senjata, dan lain sebagainya.   Benteng ini juga sempat mengalami kerusakan saar invasi Polandia dan Perancis. Banyak peristiwa sejarah yang membuat benteng ini rusak. Namun ada juga menara yang masih tetap kokoh, yaitu menara yang dibuat oleh seseorang asal Italia di tahun 1400-an.   E. Cafe dan Kuliner Menurut banyak cerita, cafe atau tempat makan yang nyaman banyak ditemukan di Moskow. Bagi yang belum terbiasa dengan masakan sana, ada juga restoran yang menyediakan makanan-makanan asal Asia. Namun tetap saja, harganya cukup mahal.    F. Belanja Pasar tradisional Moskow, Izmailovo, mungkin bisa menjadi target wisata belanja anda. Berbagai cenderamata disediakan di sini dengan harga yang relatif lebih murah. Anda bisa menemukan gantungan kunci atau berbagai penak-pernik lain sebagai oleh-oleh si sini. Ada juga barang-barang antik dan kuno. Namun, lokasinya cukup jauh dari pusat kota.   Jika malas atau tak ada waktu ke sana, di Lapangan Merah juga banyak penjaja kaki lima yang menawarkan aneka pernak pernik untuk oleh-oleh.    Tips Berfoto di depan bangunan Gereja St. Basil malam hari akan tampak lebih indah. Ditambah lampu-lampu dari bangunan sekitarnya, gereja ini tampak seperti Disneyland.    Anda yang masih belum puas dengan keasyikan di Lapangan Merah, bisa menikmati karya-karya seni terbaik Rusia di Galeri Negara Tretyakov. Museum ini merupakan salah satu museum yang terbesar di dunia. Tak jauh dari Kremlin, anda bisa sampai dengan cepat dan mudah di sini.   Lukisan, patung, grafis, dan maha karya yang menggambarkan sejarah negeri ini ada di galeri ini. Bonusnya, para pengunjung bisa menikmati keindahan Moskow dari jendela-jendela yang ada di sini.    Untuk jalan-jalan, menggunakan kereta bawah tanah juga patut dicoba. Konon, yang membuat unik bukanlah keretanya melainkan stasiun bawah tanah yang berbeda dari stasiun di negara lainnya. Banyak nuanas perang yang membuat stasiun kereta bawah tanah (Moskow Metpo atau Metro) lebih mirip sebagai bunker dibanding sebuah stasiun. Penasaran kan? Sama. Semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke negeri ini. 
    • By hobijalan2poto2
      Lokasinya di Phnom Penh, kota terbesar di Kambojaa. namanya Russian Market atau biasa disebut Pasar Toul Tom Poung

      kenapa kok disebut sbg russian market, karena dulunya awal pasar ini terbentuk, banyak sekali ekspatriat (warga negara yang telah meninggalkan kewarganegaraannya) Rusia yg udah menetap di Kamboja belanja disini..

      Bagi anda yang suka berlibur dan berbelanja serta menemukan barang – barang bagus dengan harga terjangkau, (siapa yah yg gak seneng barang bagus n murah meriah) Russian market bikin lupa waktu. Apapun yang anda inginkan ada disini baik souvenir atau buat dipake sendiri, bahkan penjahit untuk membuatkan anda baju dengan kain-kain yang berkualitas tersedia di Russian market.
      yah mungkin kayak pasar beringharjo kalo di Jogja, atau mungkin Pasar Tanah abang kalo di Jakarta mungkin yaa...
      tapi kalo disini komplet plet plet






      Untuk hasilnya? Jangan ragukan lagi! Mau belanja pakaian, tas, sepatu, kain, barang – barang antik, perhiasan, perak, music dan sebagainya?
      Pasti Russian market yang dipilih menjadi tujuan belanja anda. Sempat atau tidak, disempetin deh ke sini!
    • By lictan
      Kota yang kita tau biasa adanya di daratan atau kalau nggak di tanah lah. Tapi kota yang ada di rusia ini ada di tengah laut. Nama kota ini adalah oil stone. Terbentuk di awal 1940-1950-an karena kota ini dibangun untuk memaksimalisasikan proyek pengambilan minyak di laut lepas selama masa perang dunia ke 2. saat perang dunia ke 2 dibutuhkan energi minyak yang banyak sehingga timbulah ide ini. Panjang kota tersebut mencapai 350 km terdapat juga sekolah, air mancur, gedung-gedung dan lapangan sepak bola berumput untuk anak-anak bermain sepak bola. Kota ini ditinggali oleh 2000 jiwa dengan jarak dari daratan sejauh 42 km.


    • By lictan
      Rusia memang dikenal sebagai tempat yang memiliki temperatur rendah. Bahkan salah satu desanya dianggap sebagai desa yang memiliki temperatur terendah di dunia. Suhu di tempat ini pun memegang rekor sebagai tempat terdingin di luar antartika. Desa ini bernama desa Oymyakon di siberia, rusia. Suhu di sini bahkan dapat mencapai minus puluhan derajat celcius. Malahan pada tahun 1933 suhu di desa ini pernah turun hingga mencapai -68 derajat celcius. Jadi kalau ke Rusia jangan lewatin tempat yang satu ini


    • By Skyfall
      Seperti yang sudah dibahas disini, kebiasaan unik level Eropa pun ada, bukan hanya level Asia. Yuk kita cari tau apa saja:

      1. Belanda
      Punya teman yang akan menikah? Kebiasaan orang Indonesia adalah memberikan hadiah berupa isi rumah, mulai dari kitchen set, kitchen ware, sampai perlengkapan kamar tidur. Tapi, jangan kasih kitchen ware yang ada pisaunya ke teman Belanda yang jalan2ers punya. Jangan berikan hadiah2 berupa benda2 tajam ke orang sana, karena dianggap mendoakan ketidakberuntungan.

      Sumber Gambar

      2. Rusia
      Jangan sembarangan kasih bunga ke teman2 Rusia. Mawar kuning, bisa diartikan sebagai putus, alias berakhirnya sebuah hubungan. Anyelir merah menandakan kematian, atau hanya boleh diberikan ke veteran2 perang.

      Sumber Gambar

      3. Norwegia
      Bagi orang2 Norwegia, table manner sangat penting. Jadi, kalau jalan2ers berkunjung ke Norwegia dan akan makan di sana, baik restoran ataupun tidak, selalu gunakan sendok garpu, pakai pisau kalau perlu. Makan sandwich pun di sana pakai pisau dan garpu loh. Bandingkan dengan orang2 di Indonesia yang makan burger pakai tangan.

      Sumber Gambar

      Bagaimana dengan negara2 Eropa lainnya? Apakah jalan2ers tau? Mau dong di-share disini. :)
    • By Skyfall
      Kristen Ortodoks merupakan agama mayoritas yang ditemukan di Rusia. Agama ini merayakan hari2 besar Kristen yang berbeda dengan umat kristiani lainnya. Jadi jangan heran kalau jalan2ers main2 ke Rusia Bulan januari dan orang2 Rusia merayakan Natal di sana.

      Adalah Kazan, ibukota Tatarstan, yang terletak di utara Rusia, salah satu kota yang menarik untuk jalan2ers kunjungi ketika main2 ke Rusia. Menarik karena di kota inilah muslim2 Rusia banyak bertempat tinggal. Jadi jangan heran kalau ditemukan banyak mesjid2 indah di kota ini.


      Sumber Gambar

      Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk sampai ke kota Kazan dari Moskow, ibukota Rusia. Salah satunya dengan bis. Bisa juga dengan menggunakan kereta, lebih murah, tapi lebih lama dibanding menggunakan bis.

      Di Kazan juga bisa kita temukan McDonalds dalam alfabet Cyrillic, tulisan asli Rusia.

      Sumber Gambar

      Apa jalan2ers tertarik main2 ke kota ini? :)

      Sumber tulisan: Neldasjourney