Sign in to follow this  
chime

Museum Gula..

2 posts in this topic

Museum Gula Gondang Winangun diklaten merupakan satu satunya museum gula di Indonesia, dalam museum ini berisi alat alat produksi gula pada masa tahun '60 an yg merupakan peninggalan dr Jepang.

Museum ini dibangun dengan dua tuj, tujuan pertama adalah utk menyongsong kongres gula sedunia pd masa thn '86 dan utk tuj. jangka panjang nya museum ini digunakan utk penelitian dibidang pergulaan.

Koleksi yg dimiliki museum ini mulai dari peralatan utk menanam tebu sampai dgn peralatan pengolahn tebu menjadi gula pasir, antara lain : peralatan tanam tebu secara tradisional, macam2 bibit, miniatur pabrik gula, foto2 pabrik gula yg lama dan banyak lagi, dilengkapi jg dgn perpustakaan dan cafe kecil utk bersantai sejenak.

Klu dtg kesini disarankan pd bln mei- september, krn pada bulan itu bertepatan dgn awal penggilingan tebu hingga dpt menyaksikan wayang jg semalam suntuk, bagi penggemar wayang tentunya.Museum gula ini setiap hari buka kecuali hari libur. :P

post-99-0-84649900-1355759312_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Gula termasuk makanan mewah pada jaman itu sepertinya, orang Jawa mngkin hanya mengenal gula aren pada masa itu, kalau tidak salah pengusaha gula yang terkenal pada masa itu adalah pengusaha Tionghoa ya, saya pernah sekilas baca profilnya tapi lupa namanya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Arif Irawan

       
      Sekali kali ajak si kecil main air di tempat yang alami, air jernih bebas kaporit, pilihan jatuh ke umbul manten, yang terletak di jalan janti wunut, tulung, kab klaten. Lokasinya berdekatan dengan umbul ponggok yang udah ngehits dengan selfie underwaternya.
       
      kalau pengen tau lokasi persisnya gampang ketik aja  "umbul manten" di google map trus tinggal navigasi pasti sampainya hi hi.
       
      lokasinya sekitar 23 menit/ 12km dari pasar kota boyolali, dari jalan utama boyolali - solo belok ke jalan jatinom boyolali, ikuti jalan aja sampai ketemu pertigaan besar di tikungan yang belok kirinya jalan beton, silahkan belok kiri ikuti jalan beton lurus saja sampai mentok letter T nanti belok kiri  lokasi kira2  30m dari pertigaan.
       

       

      bayar parkir sepeda motor 2000, mobil 5000, tiket masuk 4000
       
       umbul manten ga begitu besar tempatnya,  masih lebih besar umbul ponggok, cuman tempatnya lebih alami  dikelilingi pohon beringin yang besar2 di kanan dan kirinya membuat tempatnya teduh, siang hari juga ga panas, airnya dingin.

       

       
      yang suka hammockan  bisa nyantai di pinggiran kolamnya, paling enak kalau habis nyebur trus nyantai sambil menikmati teh hangat sama gorengan yang masih panas, banyak warung di sekitar lokasi.
       
      satu lagi alasan kupilih tempat ini adalah kolamnya ga terlalu dalam, yang terdalam paling cuman sekitar 1,5m, yang sebelah pas buat anak2 sekitar 60 cm, yang takut berenang bisa juga main di aliran sungainya  yang cuman 1 mata kaki,

      yang takut air bisa keceh disini
       

       

      kolam yang 60cm an dalamnya 
      dasar kolam pasir dan bebatuan, ada batu besarnya juga di kolamnya, kemarin pas kesana ada yang lompat dari atas pohon beringin,
       
      ada tempat terapi ikannya juga, duduk di pinggiran kolam sambil kulit mati di kaki kita dimakan ma ikan2nya , sorry kemarin ga sempat tanya berapa biayanya,  ga sempet foto juga,
       kalau mau liat videonya bisa dilihat disini umbul manten
    • By Lyn
      1. Keju. Keju dapat memicu gas di perut yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

      2. Junk Food. Walau junk food membuat perut merasa kenyang, tapi junk food sulit dicerna dan dapat memicu masalah lambung.

      3. Minuman Ringan. Soda, minuman dingin, dan semacamnya dapat memicu masalah lambung dan memicu bau mulut.

      4. Pemanis Buatan. Biasa ditemukan pada permen atau permen karet, dapat menyebabkan sakit gigi dan perut kembung karena membuat gas lebih mudah masuk ke perut.

      6. Mi atau Pasta. Sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut terasa kembung.

      7. Alkohol. Selain menimbulkan maslah pencernaan juga dapat membahayakan perjalanan.

      8. Makan pedas. Kalau kebanyakan bisa bikin sakit perut.