• 0
Sign in to follow this  
JUNASIKPARK

10 Kawah Gunung Berapi yang Tidak Biasa

Question

Hi, Jalan2ers dan trekkers, sudah lama saya tidak membahas pegunungan, sekarang saya mau bahas tentang kawah. Kawah2 berikut ini terjadi akibat aktivitas gunung berapi di masa yang lampau menjadikan sebuah cekungan besar di tanah, dan seiring dengan waktu, dataran bekas vulkanik ini berubah, ada yg menjadi hunian, ada yng menjadi tanah subur, ada yang menjadi danau.

1. Diamond Head, Hawaii, USA

hawaii-diamond-head-crater-2.jpg

Sumber: http://www.aycalifeclub.com/a-visit-to-the-diamond-head-crater.html/hawaii-diamond-head-crater-2

Kawah gunung berapi paling terkenal di dunia adalah Diamond Head, terletak di Pantai Tenggara dari O'ahu. Diperkirakan kawah ini sudah terbentuk selama 150.000 tahun. Memiliki diameter 1.073 meter, dengan summit 232 meter. Tersedia 2 tangga, yang satu memiliki 99 anak tangga, satunya lagi 76 anak tangga. Juga terdapat terowongan tanpa penerangan sepanjang 69 meter.

2. Kelimutu, Indonesia

04+Kelimutu,+Indonesia.jpg

Sumber: http://rats-facts.blogspot.com/2012/12/unusual-volcanic-craters-of-world.html

Gunung kelimutu terletak di Desa Pemo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Dengan ketinggian 1.690 m dari atas permukaan laut, keunikannya adalah terdapat 3 buah kawah dengan warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Dan dalam 25 tahun terakhir ini setidaknya sudah terjadi 12 kali perubahan warna pada kawah tersebut.

3. Kawah di Rocas bainbridge, Pulau Galapagos, Ecuador

blue-lagoon-at-rocas-bainbridge-galapagos.jpeg?w=791

Sumber: http://skybambi.wordpress.com/tag/rocas-bainbridge/

Pulau indah ini terletak di Rocas Bainbridge - lepas pantai tenggara Pulau Santiago, Galapagos. Danau urquoise terletak di kawah bekas gunung berapi ini, sebuah danau air asin yang dangkal. Banyak burung flamingo yang datang ke sini untuk mencari makan

4. Xico, Meksiko

5583711781_79fbc32def_z+(2).jpg

Sumber: http://www.theworldgeography.com/2012/12/unusual-craters.html

Terletak di selatan megalopolis Mexico City. Pada awalnya terdapat danau Chalco di kawah ini, namun mulai mengering pada sekitar tahun 1300, dan pada abad ke 19, pemerintah menguras danau sepenuhnya, dan nelayan setempat diberikan tanah untuk bercocok tanam. Sejak tahun 1970, pertanian di sini bertumbuh pesat.

5. Molokini, Hawaii, USA

Molokini-Crater-Maui-Hawaiian-Islands.jpg

Sumber: http://www.theworldgeography.com/2012/12/unusual-craters.html

Sebagian dari kawah gunung tenggalam di dalam air sehingga tersisa bentuk bulan sabit. Terletak di Channel Alalakeiki antara Pulau Maui dan Kahoolawe, bagian dari Maui Country di hawaii. Memiliki luas wilayah 93.169 meter persegi, diameter sekitar 0,6 km. Tempat ini adalah tujuan wisata yang populer untuk scuba diving dan snorkeling.

6. Seongsan Ilchulbong, Korea Selatan

13+Seongsan+Ilchulbong,+South+Korea.jpg

Sumber: http://www.theworldgeography.com/2012/12/unusual-craters.html

Seongsan Ilchulbong juga disebut Sunrise Peak, kawah ini terbentuk dari letusan hydrovulkanik pada dasar laut yang dangkal sekitar 4 ribu tahun yang lalu. Terletak di pesisir timur Pulau Jeju dan bentuknya menyerupai kastil kuno raksasa, dengan ketinggian 182 meter.

7. Kawah Nabiyotum, Kenya

16+Nabiyotum+Crater,+Kenya.jpg

Sumber: http://www.theworldgeography.com/2012/12/unusual-craters.html

Nabiyotum terletak di bagian selatan Danau Turkana di Kenya, dan merupakan danau alkali terbesar di dunia.

8. Aogashima, Jepang

18+Aogashima,+Japan.jpg

Sumber: http://www.theworldgeography.com/2012/12/unusual-craters.html

Aogashima adalah pulau vulkanik Jepang yang terletak di laut Filipina, dan dikelola oleh Tokyo, Jaraknya dari Tokyo kira2 358 km. Pulau ini memiliki ukuran panjang 3,5 km dan lebar 2,5 km, dengan summit 423 meter. Keunikan dari pulau ini adalah karena ia memiliki dobel kawah.

9. Gunung Santa Margarida, Spanyol

22+Santa+Margarida+Volcano,+Spain.jpg

Sumber: http://www.theworldgeography.com/2012/12/unusual-craters.html

Santa Margarida adalah gunung berapi di Comarca , Catalonia, Spanyol. Gunung berapi ini memiliki perimeter 2 km dan ketinggian 682 m. Di tengah2nya terdapat rumah pertapaan Santa Margarida. Gunung berapi ini masih aktif.

10. Kawah Koko, Hawaii

24+Koko+Crater,+Hawaii,+USA.jpg

Sumber: http://www.theworldgeography.com/2012/12/unusual-craters.html

Kawah dengan ketinggian 368 m ini terletak di pesisir timur pantai Maunalua, sepanjang sisi tenggara Pulau O'ahu di Hawaii. Di dalamnya terdapat taman Botanical seluas 60 hektar, dan memiliki kandang kuda.

Share this post


Link to post
Share on other sites

6 answers to this question

  • 0

wih... cakep-cakep ya tempatnya. Ada Danau Kelimutu pula.. Itu yg paling gede gila banget, bisa sampe ada rumah gitu di dalemnya, bener-bener kaya tempat tinggal biasa wkwkw. Itu kl ujan apa ga banjir ya? pdhl tempatnya kaya nampung air gitu.

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

wih... cakep-cakep ya tempatnya. Ada Danau Kelimutu pula.. Itu yg paling gede gila banget, bisa sampe ada rumah gitu di dalemnya, bener-bener kaya tempat tinggal biasa wkwkw. Itu kl ujan apa ga banjir ya? pdhl tempatnya kaya nampung air gitu.

Hahaha.. ada2 aja nih ya ga mgkn banjir lah pak =)) biasanya sih di atas kawah ga ada awan, jd hujannya ga ke situ, hujannya biasanya di bawah puncak gunung di hutan2.

itu yang di Aogashima unik banget. kayak dalem gunung ada gunung lagi yang kecil..haha

Iya, kayak jerawat yang pecah tapi di dalamnya masih ada jerawat kecil lagi wakakak

Share this post


Link to post
Share on other sites
  • 0

widih, keren keren banget kawahnya. kelimutu, ane udah pernah. kalo gunung lain? belum. pengen juga bisa kesana, keren banget. tapi kayanya, kalo ke gunung cuma mau lihat kawah, sayang banget deh. itu mah bukan naik gunung, tapi wisata kawah. hihi

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

Sign in to follow this