Sign in to follow this  
sharingkali

Bahasa (Kata-Kata) Ternyata Punya Kekuatan yang Luar Biasa

3 posts in this topic

Usai kita mengetahui bahwa kata-kata mengandung kekuatan yang hebat, pastinya kita hendak memfungsikan kekuatan ini semaksimal mungkin agar memberikan kebaikan bagi kita. Terdapat 3 strategi yang perlu kita perhatikan dalam memanfaatkan kekuatan kata-kata agar memberikan pengaruh yang baik bagi kita.

Bicara Baik

Ilustrasi ini dapat merepresentasikan bagaimana perkataan positif yang diucapkan seseorang bisa menjauhkannya dari persoalan. Pada suatu malam, sang raja bermimpi janggal. Dalam mimpi tersebut gigi sang raja copot semuanya. Besoknya ia memanggil orang pintar yang dapat menginterpretasikan mimpi tersebut. Orang pintar kesatu yang diseru berkata kepada raja, "Paduka Raja, mimpi Paduka bermaknya bahwa segenap keluarga dan kerabat dekat Paduka Raja akan wafat." Mengetahui informasi yang buruk ini, kemarahan sang raja membludak. Sang raja menyuruh pada pengawalnya untuk memenjarakan orang pintar pertama itu.

Lalu Raja memanggil ahli mimpi kedua untuk menafsirkan mimpi aneh sang raja. Orang kedua ini menyampaikan pada raja, "Wahai Paduka Raja, mimpi Paduka bertanda baik untuk Paduka. Mimpi ini berarti bahwa Paduka Raja akan diberikan umur panjang, bahkan lebih panjang dari pada keluarga dan kerabat terdekat Raja." Mendengar berita baik yang dinyatakan sang Raja pun merasa puas. Lalu Raja memerintahkan prajuritnya untuk menganugrahi satu kotak emas kepada orang pandai kedua ini. Cerita tersebut menjelaskan bahwa prinsipnya kedua orang pandai tersebut menyampaikan sesuatu yang sama tapi disusun dengan pilihan kata-kata yang berbeda. Dari analogi tersebut kita bisa belajar untuk lebih hati-hati dalam bercakap, yakni untuk mengambil kata kata bijak singkat dalam bercakap.

Simak Baik

Seorang anak acap kali mendengar orang tuanya berucap, "Kamu memang anak goblok, anak dedel, pembengkang, dan tidak tau adab. Kamu pasti takkan berhasil karena kamu memang bodoh, dedel, pembengkang, dan sering menyusahkan bapak ibu." Lambat laun, bila kata-kata ini sering diulang-ulang, maka si anak akan benar-benar yakin bahwa dirinya bodoh, bandel, dan sering menyedihkan orang tua. dirinya word play here akan terdorong untuk tidak mau sekolah, dan melakukan ulah yang dianggap "dedel" dan menyakitkan orang tua" seperti yang perkataan yang didengarnya.


Hal itu tak Cuma terjadi terhadap bocah. Orang tua juga bisa terpengaruh pada sesuatu yang mereka dengar. So, apa yang hendaknya dilakukan supaya kita memperoleh dampak baik? Jika kita susah mempengaruhi masyarakat di sekeliling kita untuk berbicara positif, maka yang bisa kita kerjakan yakni berkawan dengan orang-orang yang suka berkata positif. Dengan berteman dengan orang-orang yang demikian, maka kita terpengaruh untuk melihat segala hal dari sudut pandang positif, yang selanjutnya akan mempengaruhi sikap dan keputusan yang kita ambil dalam hidup kita ini.

Membaca yang Baik

Bacaan ialah salah sekian dari sumber asupan bagi wawasan kita. Bila kita banyak menyerap bacaan yang baik (seperti: bacaan perihal cara hidup sehat, biodata orang-orang berhasil, ataupun sepak terjang atau inovasi terbaru diberbagai daerah), maka pemahaman kita terkait bahasan yang kita serap bertambah. Pemahaman ini seringkali keingin-tahuan kita untuk mencobanya. Misalnya kita usai membaca perihal cara hemat berpromosi, sangat wajar jika kita segera ingin mempraktikkan teori yang kita tela'ah Atau kita baru usai membaca strategi baru memenangkan persaingan di era krisis, pastinya jika kita memang menjumpai kondisi persaingan di masa keterpurukan dan diwajibkan untuk berhasil, kita akan menguji strategi tersebut. Jadi, untuk memanfaatkan kekuatan kata-kata, kita hendaknya juga berhati-hati dalam memilih buku-buku, wacana yang kita baca. Simak juga kata kata motivasi belajar

SUMBER

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this