• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Ana Khoiruroh

Wow inilah wisata favorit dan populer di Jawa Timur

3 posts in this topic

Wow inilah wisata favorit dan populer di Jawa Timur

Siapa yang tidak kenal dengan Surabaya, yap benar sekali ini adalah ibu kota provinsi Jawa Timur, kotaa metropolis kedua setelah Jakarta, banyak artis tenar dan senior yang berasal dari warga Surabaya asli.

Bagaimana dengan daerah se JawaTimur yang tentunya jauh lebih luas dari Surabaya. Jawa timur merupakan salah satu provinsi besar dan berkembang pesat dari sisi skala ekonomi maupun luas geografis. Sederet kampus negeri berkelas nasional dan internasional juga ada di Jawa Timur. Salah satu kota pelajar kedua setelah Yogyakarta telah disematkan untuk kota Malang.

Mengingat juga prestasi sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia juga tak lepas dari peran para tokoh masyarakat Jawa timur. Sisi menarik lain dari Jawa Timur adalah terkait wisata yang ada di Jawa Timur.

Di sini akan penulis ulas tempat wisata favorit dan populer yang ada di Jawa Timur dan wajib teman-teman kunjungi ya. Jika teman-teman ke Jawa Timur, maka semptkan berkunjung ke salah satu tempat wajib ini ya.

Ada wisata serukah di Jawa Timur? Yang kekinian, yang alami dan yang lagi ngehits. Jangan salah, Jawa Timur masih memiliki segudang wisata indah yang wow banget dan sayang sekali untuk dilewatkan. Yuk simak.

1.       Taman Safari Prigen

Taman safari Prigen ini terletak di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Taman ini merupakan wisata favorit bagi teman-teman yang ingin berwisata satwa dibandingkan dengan wisata satwa lain yang ada di Jawa Timur.

Kenapa seperti itu? Bener sekali, di taman ini teman-teman akan disuguhkan satwa-satwa jinak maupun liar secara langsung tanpa kandang dan kerangkeng. Wow sudah terasa kan sensasi serunya?

Di taman satwa satu ini teman-teman akan merasa seperti di tengah hutan liar dimana hewan-hewan besar berkeliaran sesukanya. Ada beberapa kategori area satwa yang tersedia dalam taman safari Prigen ini. Ada area hewan Amerika, area hewan karnivora, Asia dan Afrika. Paling seru dan menegangkan adalah saat masuk area karnivora. Macan, singa dan beruang bisa berjalan-jalan bebas mendekati mobil pengunjung lho. Seru kan.

2.       Kebun Raya Purwodadi

Kebun raya kedua di Jawa setelah Kebun raya Bogor adalah Kebun raya Purwodadi. Terletak di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Layaknya kebun raya lain di sana teman-teman akan disuguhi oleh hawa udara yang sejuk tanpa polusi, juga rindangnya pepohonan besar, dan semilir angin dari pohon-pohon di dalam kebun raya ini.

3.       Wisata Gunung Bromo

Eksotisnya pemandangan alam Gunung satu ini tidak hanya menarik wisatawan dari ujung sumatra hingga papua saja tetapi juga telah menarik banyak wisatawan asing. Yah kalau wisatawan asing saja kagum dan rela bersusah payah berkunjung ke Gunung Bromo artinya apa kira-kira? Jadi intinya teman-teman juga wajib mencobanya ya.

4.       Bukit Jaddih Madura

Bukit Jaddih adalah sebuh wisata bukit Kapur di daerah Bangkalan Madura. Tempat ini sebenarnya merupakan lokasi penambangan batu kapur yang masih aktif. Wisata alam Bukit Jaddih ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam berupa bukit kapur yang pemandangannya sebelas dua belas dengan Cappadocia di Turki, tetapi di sana juga terdapat kolam renang yang bernama “Goa Potte” yang eksotis banget.

5.       Wisata Kebun Teh

Tidak ada hal unik layaknya kebun teh lain, kebun teh ini terletak di Wonosri Kecamatan Lawang Kabupaten Malang Jawa Timur. Terlihat hamparan hijau pepohonan teh yang sedang disemai para petani teh.

Jika teman-teman ingin memanjakan diri menghirup udara yang fresh dan sejuk serta menghibur mata dengan melihat pemandangan hijau asri dan tentunya wangi oleh aroma tanaman teh, wajib kesini ya.

6.       Pantai Papuma Jember

Wisata Papuma merupakan salah satu wisata pantai yang dimiliki Jawa Timur. Nama Papuma sendiri merupakan sebuah singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Dan singkatan tersebut lah yang sampai saat ini lebih akrab di telinga wisatawan.

 

7.       Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Akhir-akhir ini Pantai Pulau Merah Banyuwangi telah menjadi sasaran tujuan wisata favorit kedua bagi para wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Hal tersebut dikarenakan kebersihan dan keindahan pesona pantai yang disuguhkan dan juga ombak yang bisa digunakan untuk surfing.

Banyuwangi terkenal sangat kaya akan pantai, dan inilah yang menjadikan Banyuwangi lebih dikenal di dunia. Hampir setengah wilayah Banyuwangi dikelilingi Pantai, dan salah satu pantai yang semakin di lirik oleh para wisatawan adalah Pantai Pulau Merah, sebuah Pantai yang berlokasi di ujung selatan Banyuwangi.

 

8.       Kebun Kurma Sukorejo Pasuruan

Sebuah wisata kebun yang khusus menyuguhkan tanaman kurma dengan desain di sekitar kebun bernuansa ala Arab. Ini merupakan kebun kurma kedua di Jawa setelah kebun kurma di Jonggol Bogor.

Sekarang sudah banyak spot baru yang bagus untuk dibuat berfoto di bandingkan kondisi tahun-tahun sebelumnya.

 

SUMBER: http://sakinahbersamamu.com/taman-safari-prigen/

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By baehaki
      Blitar, sebuah kota kecil yang ada di Jawa Timur. Saya pribadi sih, belum pernah datang ke kota ini. Karena secara umum, Blitar bukan merupakan kota wisata yang menawarkan banyak tempat menarik bagi wisatawan. Yang orang umum tahu, mungkin hanya sebatas bahwa kota ini menjadi tempat bersemayamnya tokoh proklamator Bung Karno. Atau, kalau ada yang lain, paling itu adalah Candi Penataran.
      Ternyata, selain dua tempat wisata itu, Blitar juga menawarkan beberapa wisata pantai yang menarik. Terlebih kota Blitar sendiri merupakan sebuah wilayah yang terletak pada bagian pesisir selatan laut selatan Jawa. Jadi tidak mengherankan jika terdapat pantai di kota ini. Dan, seperti umumnya pantai-pantai yang ada di selatan Jawa, masyarakat sekitar pun sepertinya cukup mempercayai cerita mistis mengenai nyi roro kidul dan sebagainya. Nah, langsung aja deh, ini ada beberapa wisata pantai yang bisa dikunjungi di kota Blitar.
       
      Pantai Serang
       
      Pertama kali mendengar nama Pantai Serang, pertama yang terlintas di pikiran saya adalah, emang ada ya pantai di kota Serang? Mungkin ada, kali aja saya yang nggak tau. Toh saya pribadi belum pernah bepergian ke daerah-daerah di provinsi Banten.
       

       
      Namun ternyata Pantai Serang tidak terletak di kota Serang saudara. Bahkan dekat dengan kota Serang pun tidak. Pantai Serang ini berlokasi di sebuah desa bernama Desa Serang di Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.
       
      Tidak mengherankan memang kalau Indonesia mempunyai banyak pantai. Karena dengan jumlah pulau yang sangat banyak, tentunya juga diiringi dengan garis pantai yang sangat luas. Dan tidak mengherankan juga kalau banyak pantai yang belum diketahui publik secara umum. Termasuk saya.
       

       
      Di pantai ini, biasanya digunakan sebagai lokasi untuk melakukan upacara adat pada bulan Suro. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat di mana pengamatan hilal yang bertujuan untuk menentukan awal bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Pantai ini pun menghadap secra langsung ke laut selatan yang terkenal dengan Nyi Roro Kidulnya.
       
      Pantai Serang ini dibagi menjadi tiga kompleks berbeda. Pantai utama menjadi lokasi di mana biasanya penduduk Blitar mengadakan upacara larung saji. Pantai kedua berada di sebelah barat pantai utama. Pantai ini tidak terlalu besar dan mempunyai pasir putih. Selanjutnya, untuk pantai yang ketiga berada di sebelah barat dari pantai kedua. Setelah mendaki bukit yang tak terlalu terjal, maka akan terlihat pantai berpasir putih yang lebih luas dibandingkan dua pantai sebelumnya.
       
      Pantai Tambakrejo
       
      Pilihan berikutnya untuk wisata pantai di Kabupaten Blitar adalah pantai Tambakrejo. Pantai ini berada di wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Kalau dihitung dari kota Blitar, jarak pantai ini sekitar 30 km ke arah selatan.
       

       
      Pantai yang satu ini termasuk cukup ramai dikungjungi oleh para wisatawan. Pantai ini terkenal karena air laut dan pasir pantai putihnya yang terbilang cukup bersih. Selain itu, ombak di pantai ini juga tak terlalu gede. Jadi, wisatawan bisa bermain-main di pinggir laut denganaman.
       
      Kalau ingin memperoleh oleh-oleh, wisatawan juga bisa datang ke sebuah desa nelayan yang berada tidak jauh dari pantai ini. Dan, sama halnya seperti pantai Serang, di Pantai Tambakrejo ini juga biasa diadakan upacara larung sesaji yang secara kontinyu diadakan setiap tahun pada bulan Oktober.
       
      Pantai Jolosutro
       
      Kalau masih belum puas berwisata pantai di kota Blitar, masih ada lagi pilihan pantai yang bisa didatangi, yakni Pantai Jolosutro. Pantai ini berada sekitar 45 km dari pusat kota Blitar, tepatnya di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Malang. 
       

       

       
       
       
      Pantai ini terletak di sebuah teluk kecil di mana pantai Jolosutro ini diapit oleh perbukitan. Tak seperti dua pantai  yang telah saya sebutkan, pantai Jolosutro ini bukanlah pantai berpasir putih, melainkan pasir hitam. Meskipun begitu, pemandangan di pantai ini tak kalah indah. Namun di pantai yang paling barat, wisatawan bisa menemukan pantai yang berpasir putih dan merupakan lokasi yang paling ramai.
    • By ulie
      Jalan2ers, beberapa waktu yang lalu Taman Safari Indonesia II, Prigen udah pernah dibahas di sini...dan pastinya semua juga sudah tahu...




      Tapi ada beberapa info yang ingin saya tambahkan

      Taman Safari Indonesia II, Prigen buka setiap hari mulai pukul 08:30 sampai 17:00. Hari libur kami tetap buka seperti biasa.
      Harga ticket masuk reguler:
      - Dewasa (5 tahun ke atas) : Rp 70.000,-
      - Anak-anak (1-5 tahun) : Rp 65.000,-

      Harga ticket masuk paket terusan All In (Termasuk Safari Water World & free 23 Wahana Permainan)
      Rp. 95.000,-

      Ada beberapa paket yang ditawarkan
      1. Safari Advanture



      2. Safari Special Show



      3. Baby Zoo Advanture



      4. Safari Water World



      5. Safari Ride n Fun



      dan masih banyak lagi.

      Nah, jalan2ers udah ngga bingung lagi kan, apasaja yang dilakuin saat berkunjung di Taman Safari