Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

  • ×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

      Only 75 emoji are allowed.

    ×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

    ×   Your previous content has been restored.   Clear editor

    ×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

  • Similar Content

    • By baehaki
      Blitar, sebuah kota kecil yang ada di Jawa Timur. Saya pribadi sih, belum pernah datang ke kota ini. Karena secara umum, Blitar bukan merupakan kota wisata yang menawarkan banyak tempat menarik bagi wisatawan. Yang orang umum tahu, mungkin hanya sebatas bahwa kota ini menjadi tempat bersemayamnya tokoh proklamator Bung Karno. Atau, kalau ada yang lain, paling itu adalah Candi Penataran.
      Ternyata, selain dua tempat wisata itu, Blitar juga menawarkan beberapa wisata pantai yang menarik. Terlebih kota Blitar sendiri merupakan sebuah wilayah yang terletak pada bagian pesisir selatan laut selatan Jawa. Jadi tidak mengherankan jika terdapat pantai di kota ini. Dan, seperti umumnya pantai-pantai yang ada di selatan Jawa, masyarakat sekitar pun sepertinya cukup mempercayai cerita mistis mengenai nyi roro kidul dan sebagainya. Nah, langsung aja deh, ini ada beberapa wisata pantai yang bisa dikunjungi di kota Blitar.
       
      Pantai Serang
       
      Pertama kali mendengar nama Pantai Serang, pertama yang terlintas di pikiran saya adalah, emang ada ya pantai di kota Serang? Mungkin ada, kali aja saya yang nggak tau. Toh saya pribadi belum pernah bepergian ke daerah-daerah di provinsi Banten.
       

       
      Namun ternyata Pantai Serang tidak terletak di kota Serang saudara. Bahkan dekat dengan kota Serang pun tidak. Pantai Serang ini berlokasi di sebuah desa bernama Desa Serang di Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.
       
      Tidak mengherankan memang kalau Indonesia mempunyai banyak pantai. Karena dengan jumlah pulau yang sangat banyak, tentunya juga diiringi dengan garis pantai yang sangat luas. Dan tidak mengherankan juga kalau banyak pantai yang belum diketahui publik secara umum. Termasuk saya.
       

       
      Di pantai ini, biasanya digunakan sebagai lokasi untuk melakukan upacara adat pada bulan Suro. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat di mana pengamatan hilal yang bertujuan untuk menentukan awal bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Pantai ini pun menghadap secra langsung ke laut selatan yang terkenal dengan Nyi Roro Kidulnya.
       
      Pantai Serang ini dibagi menjadi tiga kompleks berbeda. Pantai utama menjadi lokasi di mana biasanya penduduk Blitar mengadakan upacara larung saji. Pantai kedua berada di sebelah barat pantai utama. Pantai ini tidak terlalu besar dan mempunyai pasir putih. Selanjutnya, untuk pantai yang ketiga berada di sebelah barat dari pantai kedua. Setelah mendaki bukit yang tak terlalu terjal, maka akan terlihat pantai berpasir putih yang lebih luas dibandingkan dua pantai sebelumnya.
       
      Pantai Tambakrejo
       
      Pilihan berikutnya untuk wisata pantai di Kabupaten Blitar adalah pantai Tambakrejo. Pantai ini berada di wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Kalau dihitung dari kota Blitar, jarak pantai ini sekitar 30 km ke arah selatan.
       

       
      Pantai yang satu ini termasuk cukup ramai dikungjungi oleh para wisatawan. Pantai ini terkenal karena air laut dan pasir pantai putihnya yang terbilang cukup bersih. Selain itu, ombak di pantai ini juga tak terlalu gede. Jadi, wisatawan bisa bermain-main di pinggir laut denganaman.
       
      Kalau ingin memperoleh oleh-oleh, wisatawan juga bisa datang ke sebuah desa nelayan yang berada tidak jauh dari pantai ini. Dan, sama halnya seperti pantai Serang, di Pantai Tambakrejo ini juga biasa diadakan upacara larung sesaji yang secara kontinyu diadakan setiap tahun pada bulan Oktober.
       
      Pantai Jolosutro
       
      Kalau masih belum puas berwisata pantai di kota Blitar, masih ada lagi pilihan pantai yang bisa didatangi, yakni Pantai Jolosutro. Pantai ini berada sekitar 45 km dari pusat kota Blitar, tepatnya di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Malang. 
       

       

       
       
       
      Pantai ini terletak di sebuah teluk kecil di mana pantai Jolosutro ini diapit oleh perbukitan. Tak seperti dua pantai  yang telah saya sebutkan, pantai Jolosutro ini bukanlah pantai berpasir putih, melainkan pasir hitam. Meskipun begitu, pemandangan di pantai ini tak kalah indah. Namun di pantai yang paling barat, wisatawan bisa menemukan pantai yang berpasir putih dan merupakan lokasi yang paling ramai.
    • By ulie
      Jalan2ers, beberapa waktu yang lalu Taman Safari Indonesia II, Prigen udah pernah dibahas di sini...dan pastinya semua juga sudah tahu...




      Tapi ada beberapa info yang ingin saya tambahkan

      Taman Safari Indonesia II, Prigen buka setiap hari mulai pukul 08:30 sampai 17:00. Hari libur kami tetap buka seperti biasa.
      Harga ticket masuk reguler:
      - Dewasa (5 tahun ke atas) : Rp 70.000,-
      - Anak-anak (1-5 tahun) : Rp 65.000,-

      Harga ticket masuk paket terusan All In (Termasuk Safari Water World & free 23 Wahana Permainan)
      Rp. 95.000,-

      Ada beberapa paket yang ditawarkan
      1. Safari Advanture



      2. Safari Special Show



      3. Baby Zoo Advanture



      4. Safari Water World



      5. Safari Ride n Fun



      dan masih banyak lagi.

      Nah, jalan2ers udah ngga bingung lagi kan, apasaja yang dilakuin saat berkunjung di Taman Safari
×
×
  • Create New...