• agoda-hemat.png

silvia_win

KL Ipoh Penang Hatyai trip (des 2018)

2 posts in this topic

KL Ipoh Penang Hatyai trip 19-29 Des2018

 Jakarta-KL

Trip kali ini kami jalan2 santai di KL ke pavillion mall (naik bus go KL gratis dari terminal pasar seni) dan ngitar2 di China Town. Di Pavillion mall lagi ada pameran 90 years mickey mouse.

Menginap 2 malam di Petaling Hotel (family room rm 90)

 

KL - Ipoh

Naik kereta api dari KL sentral ke Ipoh. Awalnya saya ingin melihat pemandangan sepanjang jalan KA tapi ngga jadi soalnya seats di KA ternyata berlawanan arah dengan jalannya KA, jadi mending tidur saja.

Dari statiun KA Ipoh kami naik taxi ke hotel, setelah check in di hotel, kami naik taxi untuk beli tiket bus ipoh ke hatyai, lalu ke mall Ipoh Parade. Juga sewa taxinya untuk jalan2 di Ipoh besok (rm 30/jam)

Keesokkan hari kami jalan2 dengan taxi sewaan ke beberapa caves di Ipoh: Kek Look Tong, Sam Poh Tong, Kwan Yin Tong dll (umumnya doa2 di sini adalah tempat pemujaan umat buddha). Goa2 ini letaknya berdekatan dan tidak terlalu jauh dari kota Ipoh. Kek Look Tong adalah gua yang paling besar dan bagus di sana. Area di dalam goa bersih dan sejuk, di dalam gua terdapat patung-patung Buddha, juga ada tangga2 ke atas dan ke bawah menuju tempat batu2an stalagmit dan stalaktit yang indah. Setelah bersantai dan menikmati goa Kek Look Tong, driver membawa kami ke Sam Poh Tong (di sebelah Sam Poh Tong juga terdapat berberapa goa lain yang namanya saya lupa). Goa Sam Pah Tong tidak banyak stalagmit dan stalaktit seperti Kek Look Tong, hanya goa besar yang dalamnya terdapat tempat2 pemujaan, di belakang goa Sam Poh Tong juga terdapat kandang yang terdapat banyak kura2 (yang menurut informasi kura2 ini berasal dari fang shen (tradisi melepas makhluk hidup dalam agama Buddha, hewan yang dilepas antara lain burung, ikan, kura2) oleh pengunjung. Kura2nya adalah puluhan ekor mungkin mencapai ratusan, di sana dijual tomat yang di potong2 untuk memberi makan kura2, juga makanan ikan untuk memberi makan ikan di kolam depan. Kami memberi makanan kura2 dan ikan untuk anak2 memberi makan ke kura2 dan ikan. Selain kura2 dan ikan, di goa di samping Sam Poh Tong juga ada taman untuk monyet yang juga bisa diberi oleh pengunjung.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Kwan Yin Tong, seperti Sam Poh Tong ini juga sebuah goa besar yang tidak banyak stalagmit dan stalaktitnya, di dalamnya terdapat patung2 dewi Kwan Yin.

Setelah berkunjung ke beberapa caves di sana, kami siap2 balik ke hotel, sebelum pulang kami meminta driver membawa kami makan siang juga berkunjung ke $ 2.1 ringgit shop (toko satu harga yang kami lihat di jalan yang di lewati). Driver membawa kami makan laksa yang rasanya lezat juga minuman kopinya berasa enak, lalu mengantar kami ke $ 2.1 shop. Toko ini isinya cukup banyak variasinya berupa makanan, atk, kebutuhan rumah tangga dll. Setelah selesai shopping kami pulang ke hotel.

Sorenya jalan2 ke Aeon mall. Menurut saya Ipoh Parade lebih bagus dari Aeon Mall (Ipoh Parede juga lebih dekat dengan hotel).

Esoknya, berhubung teman saya kakinya mendadak sakit lalu memesan tukang urut ke hotel, saya berjalan2 di sekitar hotel ke mural street di ipoh yang tidak jauh dari hotel, area ini cukup ramai dan banyak kedai makan dan pengunjung yang mau sarapan maupun turis yang ingin berkeliling di mural street yang mana terdapat lukisan mural di tembok gang2 di jalanan.

Setelah melihat2 sebentar, sayapun memberi sarapan pulang hotel.

Setelah diurut oleh tukang urut, teman saya merasa kurang fit untuk berangkat ke hatyai, dia ingin ke penang dulu untuk periksa ke dokter.

Staf hotel membantu kami menyewa mobil ke penang juga mengantarkan saya untuk refund tiket bus ke kantornya (katanya ngga bisa refund tapi bisa titip jual, ya sudahlah titip jual saja).

Setelah check out hotel, driver mobil yang disewa  mengantarkan kami ke penang yang jaraknya sekitar 2 jam lebih perjalanan, di sepanjang jalan banyak gunung2 (mungkin beberapa gunung ini ada wisata goanya)

Hotel : Dragon&Phoenix hotel (family room rm 100)

 

Penang

Kami nginap di penginapan di dekat rumah sakit, berhubung tidak jadi ke Hatyai, coba2 minta reschedule hotel di Hatyai (soalnya pesan yang tidak bisa di refund di agoda), ternyata boleh reschedule oleh pihak hotel, sebenarnya teman saya kakinya sudah baikan, tapi sudah tanggung sudah sampai penang mending periksa dokter dulu, di dekat perginapan di area berjaya hotel saya makan KFC lalu melihat ada travel Penang ke Hatyai, setelah berdiskusi dengan teman, saya akhirnya memesan tiket ke hatyai untuk besoknya.

 

Hatyai

Hari 1

Esok pagi saya dan anak dijemput travel untuk perjalanan ke hatyai (dengan mobil van), setelah perjalanan 5-6 jam dan keluar imigrasi malay dan masuk imigrasi thai, kami tiba hatyai berhenti di pool travelnya untuk konfirm jadwal tiket pulang, petugas kantornya mencatat hotel pick up dan jadwal pulang hatyai ke penang bagi yang beli tiket pp. Berhubung saya belum beli tiket pulang saya minta kartu namanya untuk nanti kalau mau beli tiket. Kemudian supir travel mengantarkan penumpang ke hotel masing2.

Sebelumnya saya ada pesan 2 kamar 1 hari, saya minta ganti 1 kamar 2 hari, dan di acc oleh staff hotel, sebenarnya tadinya ingin mencari kamar yang ada family room buat ber4, tadi tidak ketemu mungkin berhubung lagi masa liburan, jadi asal pesan cari hotel dengan tarif murah buat 1 hari dulu.

Setelah check in hotel saya merasa hotel ini sangat lumayan untuk tarif 350 bath jika bayar di hotel (jika pesan lewat agoda lebih murah dikit 140 ribu/kamar), kamarnya cukup luas dan ada balkonnya, juga ada wifi di kamar, baru masuk kamar saya menerima WA dari teman yang menanyakan perjalanan dan hotel di hatyai, dia bilang sudah ke dokter tapi dokternya tidak praktek karena libur (24&25 des) dia ingin datang, setelah konfirmasi diapun memesan tiket travel sore hari dan sampai di hatyai malam hari.

Siangnya saya berjalan2 di sekitar hotel yang banyak toko bajunya lalu berjalan ke hatyai plaza (mirip pusat pasar yang kebanyakkan jual baju) yang tidak terlalu jauh dari hotel, setelah melihat sebentar dan memberi beberapa obat di apotek, saya lihat ada beberapa turis yang menyetop tuk tuk (tuk tuk di hatyai seperti bemo untuk umum bukan untuk private) lalu memberitahukan tujuan dan menanyakan harganya, saya ikut naik ke lee garden plaza, tarifnya 20 bath/orang, daripada jalan kaki cuaca panas walau menurut peta tidak jauh. Setelah berkeliling di Lee Garden Plaza yang sekitarnya ada pasar dan mall, saya pulang ke hotel. Setelah beristirahat sebentar, kami keluar cari makan malam, di dekat hotel ada satu food street jual pad thai, pop mie dll goreng di tempat, yang ramai pengunjung, tertarik kamipun pesan dan makan di sana walau menunggunya cukup lama (harganya perporsi 35 bath), rasanya memang lezat. Diperjalanan pulang ada satu kios yang menjual aneka es campur yang ramai pembeli, ikut ngantri pesan 2 es campur take away, pakai tunjuk foto tidak ngerti bahasanya, yang memang sangat enak membuat saya ingin makan lagi sebelum pulang. 

Malamnya teman saya tiba di hotel.

 

Hari 2

Kami ke kim  yong market (pasar pagi) naik tuk2 saja walau dekat berhubung was2 nanti kaki sakit lagi. Makan sarapan dan berkeliling di pasar lalu beli sarapan pulang ke hotel untuk anak2.

Setelah  itu kami memesan tuk tuk kosong yang lewat ke agen travel dan wat di kota Hatyai. Kami pesan tiket hatyai ke penang @400 bath (lebih murah beli di penang @40 rm oneway, pp@80 rm)

Lalu kami berkunjung ke Wat Hai Yai Nai, wat ini letaknya di tengah kota hatyai tidak jauh dari hotel, watnya ada patung Buddha tidur yang besar di dalamnya. Setelah itu kami ke Wat Klong Hae yang mempunyai bangunan duplikat Shwedagon stupa, wat ini cukup sepi dan agak jauh dari pusat kota, lokasi wat klong hae juga dekat dengan floating market klong hae yang buka pada weekend. Setelah itu driver tuk-tuk mengantarkan kami kembali dan drop di lee garden plaza, kami keliling pertokoan dan mall di sekitar lee garden plaza lalu makan sore di sky buffet restaurant di lee garden plaza lantai 33 (@169 bath dewasa, @119 lansia @89 anak-anak), dari tempat makan di sky buffet bisa melihat kota hatyai dari ketinggian, selain bangunan kota Hatyai juga kelihatan laut yang letaknya cukup jauh dan patung standing Buddha juga patung dewi kwan yin di atas gunung, makanan di sky buffet resto cukup banyak dan bervariasi, makan santai sampai langit mulai gelap dan lampu2 bangunan, di jalan mulai dinyalakan.

Setelah makan kami berkeliling sebentar di lee garden plaza yang sudah ada banyak food streets dan night hawkers, sebenarnya tertarik untuk mencoba bird nests yang harganya tidak mahal di sana, tapi berhubung perut sudah kenyang, nggak jadi.

 

Hari 3

Pagi kami ke kim yong market lagi, setelah makan kami melihat ke toko2 di samping pasar, banyak toko makanan dan baju di sana, mengitari toko2 lalu berjalan ke sisi lain toko yang ternyata sejalan ke hatyai plaza, lanjut ke hat yai plaza dan mengitari toko2 di sana, dari hat yai plaza jalan kaki ke hotel di sepanjang jalan ada toko2 baju yang khusus jualan wholesale.

 

Siang teman saya pulang ke penang berhubung mau ke dokter, saya betah di hatyai mau extend 2 hari lagi, walau tidak ada rencana mau pergi ke tempat wisata, tapi makan, akomodasi, transport yang mumer di hatyai membuat saya betah bersantai di hatyai.

 

Siang saya ingin ke central festival mall yang letaknya agak jauh dari hotel, sebelumnya di lee garden plaza ada lihat schedule free shuttle bus ke central festival, lalu kami jalan kaki ke lee garden plaza, tapi ternyata  shuttle busnya hanya ada weekend, ya... sudahlah cari tuk-tuk (seperti naik becak/bajaj di indo) saja, tarif @50 bath.

 

Central Festival Mall besar dan ramai, makanan juga banyak variasi dan enak, ada miniso, uniqlo dll,   setelah berkeliling di mall, kami mau lanjut ke night market naik tuk tuk ke asean night market, pasar yang di buka sore sampai malam ini terdiri dari kios kios indoor yang kebanyakan menjual baju yang kiri2 kanan hampir sama satu dengan lain, saya kurang tertarik di dekat hotel juga banyak toko yang jual baju2 begini. Setelah berkeliling sebentar, saya berjalan ke green way night market yang lokasinya tidak jauh dari sana. Stand2 di green way market sebagian besar belum buka, sebagian baru mulai menata barang dagangannya berhubung kebanyakan stand itu bukan toko permanen. Ada pengunjung yang sudah datang lagi duduk2 di kursi menanti pasar malam buka, kami berkeliling melihat-lihat lalu mampir ke food court, food courtnya bayar pakai kartu, kartu turis yang tidak bisa refundable di jual @100 bath (isi nya @120 bath bonus 20 bath), makanan di sini enak dan tidak mahal, kartu makan @100 bath cukup untuk makan dan minum enak dan kenyang.

 

Hari 4

Hari ini tidak ada rencana mau ke mana, pagi jalan kaki ke kim yong market seperti biasa untuk makan sarapan, juga singgah vihara/wat yang ada di sekitar pasar dan hotel, mengitari pasar dan toko2 berjalan ke hatyai plaza dan melihat2 ke toko whole sale di seberang hatyai plaza, yang katanya mesti beli 6 pcs motif yang sama untuk harga wholesale, saya iseng nanya apa boleh 3 pcs, dan di iyakan oleh penjualnya.

Setelahnya saya pulang istirahat di hotel, sebenarnya pingin coba nonton bioskop tapi menurut info google, film di sana di dumbling bahasa thai..., sudahlah ngga jadi daripada ngga ngerti....

Hari ini ke lee garden plaza lagi untuk makan siang dan berkeliling, sewaktu makan di dalam lee garden plaza, hujan turun cukup lama dan lebat, setelah hujan berhenti malas jalan2, kami pun pulang ke hotel.

Malamnya ingin makan pad thai dan es campur di dekat hotel lagi, tapi ternyata pad thainya ngga jualan, beli es campur variasi lain (yang ternyata isinya ronde2 kecil dalam susu/santan di tambah telur asin kuning telurnya yang rasanya lezat) harganya mungkin sekitar 25-30 bath, ngga tahu berapa persisnya beli 2 harganya sekitar 50-60 bath, lalu membeli makanan untuk di makan di hotel)

 

Hatyai- Penang

Ke kim yong market lagi makan, belanja petai kupas, bumbu tom yam dalam botol dan lainnya untuk di bawa pulang indo, pulang hotel berkemas2 karena akan dijemput travel ke penang, check out hotel dan merapikan koin2 bath yang kemudian di pakai buat beli thai tea di belakang hotel.

 

Hotel SC Heritage (350 bath standar room ber2)

 

Esoknya di penang hanya berjalan2 pasar pagi dan gurney plaza di dekat penginapan, siangnya ke airport untuk penerbangan kembali ke indo.

20190111_193121.jpg

CYMERA_20190111_184415.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now