Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
bagus hadi

Bantuan Dana Desa Sukses Terserap Kekompakan Warga Bikin Desa Sejahtera 25 February 2019

Recommended Posts

METROPOLITAN – Demi pemera­taan infrastruktur di Desa Pingku, Kecamatan Parungpanjang, warga setempat gotong-royong membangun jalan desa dan lingkungan dengan memanfaatkan bantuan Dana Desa (DD) termin ke-III.

Sekretaris Desa Pingku Suheri men­gatakan, pada 2018 pemdes mening­katkan kualitas jalan desa dan ling­kungan dengan memanfaatkan ban­tuan DD. “Peningkatan ini kami rea­lisasikan dengan pengaspalan dan betonisasi jalan,” katanya.

Suheri menjelaskan, Rp600 juta ang­garan DD langsung diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur desa. Hampir 100% jalan di Desa Pingku sudah dibeton melalui program DD. “Contohnya di Kampung Pahe­lar, RT 01/02, yang menjadi akses penting untuk aktivitas masyarakat,” ucapnya.

Ia menerangkan, pengerjaan itu dilakukan gotong-royong, sehingga pengerjaan selesai kurang dari sepe­kan. “Saat ini jalan sudah layak dila­lui kendaraan dan semakin mening­katkan perekonomian warga,” pungkasnya. (mul/c/yok/run)

SUMBER http://www.metropolitan.id/2019/02/bantuan-dana-desa-sukses-terserap-kekompakan-warga-bikin-desa-sejahtera/

HL 1 copy.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By bagus hadi
      METROPOLITAN – Pembangunan jalan dengan betonisasi dan aspal di Desa Cibunar, Kecamatan Parung­panjang, mendapat banyak dukungan dari masyarakat setempat. Hal itu terbukti saat pemerintah desa meng­gunakan Dana Desa (DD) termin ke-III tahun anggaran 2018, warga sekitar begitu antusias gotong-royong.
      Sekretaris Desa Cibunar Muhtarom mengatakan, peningkatan infrastruk­tur jalan di desanya sudah tereali­sasi dengan tepat, baik pada pengas­palan maupun betonisasi. “Bantuan kurang lebih sekitar Rp300 juta,” kata Muhtarom.
      Semua, sambungnya, dikerjakan gotong-royong. Salah satunya di Kam­pung Cakung, RT 02/09, dengan pan­jang 500 meter dan lebar 2,5 meter. “Jalan merupakan salah satu akses masyarakat yang begitu vital dalam kehidupan,” bebernya.
      Muhtarom menjelaskan, untuk 2019, pemerintah desa akan fokus pada peningkatan jalan lingkungan. “Selain infrastruktur, tahun ini ada juga pro­gram untuk pemberdayaan masyara­kat. Salah satunya BUMDes,” pungkasnya. (mul/c/yok/run)
      SUMBER : http://www.metropolitan.id/2019/02/masyarakat-gotong-royong-pakai-dana-desa/
       
    • By bagus hadi
      METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Parungpanjang di Kecamatan Parungpanjang, sukses merealisasi penyerapan bantuan dari pemerintah pusat melalui program Dana Desa (DD). Semua peningkatan infrastruktur pun dikerjakan gotong-royong bersama warga.
      Kepala Desa (Kades) Parungpanjang Nina Kurniasih mengaku bersyukur atas kekompakan masyarakat desanya yang masih terjaga dengan baik hing­ga kini. ”Budaya gotong-royong merupakan budaya yang harus diles­tarikan hingga di masa mendatang. Selain itu, hal ini bisa menjadi wadah silaturahmi antarwarga,” katanya.
      Nina mengaku dengan keguyuban itu menjadikan pekerjaan lebih cepat karena dilaksanakan bersama-sama. Salah satunya di Kampung Mekar­mulya, RT 03/04. “Jalan di kampung itu sudah dikonblok dengan angga­ran kurang lebih Rp300 juta,” ucapnya.
      Ia menjelaskan, semua pendanaan berasal dari DD termin ke-III. Karena itu, Nina berharap dengan akses in­frastruktur yang layak bisa menjadi daya gedor perputaran ekonomi warga Parungpanjang. (mul/b/yok/ run)
       
      SUMBER : http://www.metropolitan.id/2019/02/bangun-jalan-pakai-dana-desa-2/

×
×
  • Create New...