• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Ngibar balang

Uniknya Kuliner Khas Lombok, Mantap dicoba nich

1 post in this topic

Pulau Lombok saat ini menjadi ikon pariwisata nasional, dengan promosi Pesona Lombok Sumbawa atau Visit Lombok Sumbawa makin memperkenalkan identitas wisata Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Selain wisata Gunung Rinjani dan Alam Laut yang sangat mempesona Lombok juga memiliki food tourism, alias wisata kuliner. Salah satunya yang sangat terkenal yaitu Ayam Taliwang.

Dunia memang kenal indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang sangat enak dan khas. Begitu juga dengan Pulau Lombok. Tak lengkap rasanya bila kamu tak mencicipi kuliner yang satu ini jika sedang berwisata di Lombok, Ayam Taliwang. Selain itu juga kuliner lainnya seperti  plecing Lombok, sate Rembiga, sate Tanjung, dan kuliner khas lainnya yang pastinya.

Ayam Bakar Taliwang
Kuliner-Khas-Lombok
Ayam Bakar Taliwang | ngibarbalang.id


Dengan rasa yang kental dan khas, ayam Taliwang menjadi ikon kuliner di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Nama Taliwang berkaitan erat dengan nama dua daerah yang ada di Nusa Tenggara Barat yaitu Karang Taliwang yang ada di Pulau Lombok dan Taliwang yang merupakan Ibu kota Kabupate Sumbawa Barat (Pulau Sumbawa).

Pada awal mula, Karang Taliwang yang ada di Lombok adalah pendatang dari daerah Taliwang yang awalnya merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa (sekarang mekar jadi Kabupaten Sumbawa Barat)

Jadi, awal keberadaan Ayam Bakar Taliwang pertama kali saat terjadinya perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali. Pada masa peperangan tersebut ada banyak para pasukan dari Kerajaan Taliwang didatangkan ke Lombok untuk berperadng dan membantu pasukan Kerajaan Selaparang yang mendapat serangan dari kerajaan Karangasem Bali.

Nah, para pasukan adri kerajaan Taliwang yang yang mengemban tugas sebagai pasukan pendamai tersebut ditempatkan di suatu wilayah yang saat ini kita kenal dengan nama Karang Taliwang yang di samakan dengan nama daerah atau kerajaan taliwang yang merupakan assal usul mereka.

Selanjutnya, para pasukan Taliwang atau yang meminpinnya memiliki tugas untuk melakukan melakukan pendekatan terhadap Raja Karangasem agar pertempuran yang menelan banyak kerugian nyawa dan harta benda tidak berlanjut dan terus memakan korban banyak.

BACA JUGA : Gecok, Kuliner unik Khas Sumbawa dengan Cita Rasa yang Kuat. Coba Yuk!

Dalam misi sebagai pasukan penengah ini diikutkan pula para pemuka Agama Islam, juru kuda  dan juru masak yang berasal dari kerajaan Taliwang. Kedatangan mereka dengan memiliki porsi dan tugas masing-masing.

Khusus juru masak dari Kerajaan Taliwang itu melakukan tugasnya dengan baik, mereka melakukan sesuai kemampuan mereka sebagai juru masak yang diutus kerajaan untuk datang ke kerajaan selaparang. Dengan keahlian mereka mengolah dan memasak berbagai makanan menjadi santapan para pemimpin perang beserta para prajurit.

Dan disinilah awal mula pembuatan ayam bakar dengan campuran bumbu-bumbu tertentu sesuai selera dan tradisi masyarakat bersangkutan.

Bumbu-bumbu yang digunakan berasal dari hasil alam sekitarnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan terasi. Pada masa itu hasil olahan ayam merupakan makanan istimewa yang digunakan sebagai hidangan pada saat-saat tertentu dan hanya untuk pemenuhan konsumsi sendiri.

Lalu, dengan seiring berjalannya waktu, terjadi pembauran antara masyarakat Karang Taliwang dengan masyarakat Sasak hingga mengadakan perkawinan antara mereka. Pembauran yang dominan adalah mengadopsi berbagai bentuk pengetahuan baru serta tatacara kehidupan sehari-hari menjadi satu budaya akibat dari berbaurnya tersebut.

Contohnya terjadi terhadap pola makan dan pengolahan bahan makanan hingga menjadi masakan yang lezat. Dalam hal pola makan dan jenis makanan yang diolah cenderung mengadopsi budaya masyarakat Sasak yang menyukai masakan pedas. Itulah kenapa Ayama Bakar Taliwang cendrung pedas dan nikmat.

Ayam Taliwang atau Ayam Bakar Taliwang merupakan kuliner yang secara turun temurun terus dilestarikan dan dijakian sebagai mata pencaharian masyarakat karang Taliwang.

Perkembangannya pun terjadi dengan sangat pesat, saat disini hampir di setiap pojok Kota Mataram terdapat orang yang berdagang Ayam Bakar Taliwang, mulai dari warung kecil hingga restauran besar. Dan kuliner ini menjadi menu utama dari setiap restauran tersebut.

Apa sih uniknya Ayam Bakar Taliwang....

BACA JUGA : Pria! Ini Oleh-Oleh yang Pas Buat Kamu Jika Travelling Ke Sumbawa

Sebagai informasi, Ayam yang di gunakan pada Ayam Bakar Taliwang bukan lah sembarang jenis ayam, mereka wajib menggunakan ayam kampung dan umur baru 3-5 bulan. Nah, itulah kenapa ayam bakar taliwang sangat renyah dan biasanya dapat di nikmati sampai ke tulang-tulang ayam tersebut.

So, jika datang ke Lombok maka taksempurna rasanya perjalanan kamu jika tak mencicipi Ayam Bakar Taliwang, enak banget loh guys..!!!

Plecing Kangkung Lombok

Kuliner-Khas-Lombok
Plecing Kangkung Lombok | Kuliner Khas Lombok | Ngibarbalang.id


Kuliner khas yang satu lagi bernama Plecing Kangkung Lombok, kuliner yang satu ini memiliki rasa yang khas lombok banget, pedes!

Ingat nggak! Kalau orang-orang selalu mengidentikkan Lombok atau Padang dengan pedas. Dibeberapa daerah seperti Sumatra menyebut Cabai itu dengan sebutan Lombok atau orang bagian timur menggantikan pedas dengan kata padang.

Memang kuliner kedua daerah ini identik dengan pedas, baik Lombok maupun Padang. Tapi jangan salah, pedas persi mereka ini adalah pedas yang kalau kamu makan rasanya selalu kepengen nambah lagi, hmmm...coba dech!

Masakan  ini berbahan dasar kangkung khas Lombok yang direbus. Kangkung Lombok mempunyai kelebihan pada teksturnya yang lembut dan empuk serta segar ketika diolah. Dicampur dengan sambal mentah yang terbuat dari cabai rawit, garam, terasi serta tomat.

Pada Kuliner ini biasanya disajikan dengan kacang panjang rebus, kacang tanah goreng, dan juga tauge rebus. Sungguh akan menggugah selera makan anda. Biasanya juga di bubuhi parutan kelapa yang sudah di oleh sedemikian rupa.

BACA JUGA : Ulat Sagu, Kuliner favorit nan 'ektrim' asal papua

Pelecing Kangkung Lombok juga biasanya di hidangkan bersamaan dengan ayam bakar Taliwang, hmm, bayangin aja sendiri gimana sensasi pedasnya perpaduan ayam bakar Taliwang dan Pelecing Kangkung Lombok yang sama-sama memiliki rasa yang aga pedas.

Sate Rembige

sate-rembiga-Kuliner-Khas-Lombok.jpg
Sate Rembige | Kuliner Kas Lombok | ngibarbalang.id

Tak kalah dengan Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkun Lombok, ada satu lagi Kuliner Khas Lombok yang patu buat kamu coba yaitu Sate Rembige.

Awalnya Kuliner ini adalah sajian yang khusus di sajikan untuk para raja yang ada di Lombok pada masa dulu. Dan dinamakan Sate Rembige karena asal mula sate ini berasala dari Rembige yang merupakan salah satu daerah yang ada di Lombok.

Namun saat ini Sate Rembige hadir sebagai salah satu makanan atau kuliner khas Lombok yang disajikan untuk para tamu yang datang ke Lombok. Sate rembige juga telah menjadi kuliner khas Lombok dengan sensasi rasa yang nikmat.

Pada umumnya sate disa- jikan dengan sambel kacang dan berasa gurih, maka sate rembige ini disajikan khu- sus dengan rasa pedas, gurih, dan juga manis yang bersatu sehingga menjadikan rasa kuliner ini tak terlupakan dan layak untuk dicoba.

Datang kelombok bisa kok mencoba sate rembige, dan untuk mencarinya jenis kuliner ini tak terlalu sulit karena hampir setiap warung dan restauran menyediakan makanan lezat yang satu ini, so, lets try this one.

So guys, jika kamu sempat bertravelling ke Lombok jangan hanya menikmatai alam. Kamu bisa mencoba jenis kuliner-kuliner khas Lombok. Masalah rasa dijamin dech nggak akan mengecewakan dan selalu memberikan sensasi berbeda, di jamin!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Kiral Moerad
      Selama ini banyak orang yang menyebut bahwa Pulau Lombok adalah anaknya Pulau Bali. Atau ada ungkapan yang berkembang “ kalau ke Bali, sekalian saja ke Lombok”. Bahkan ada sebuah buku yang judulnya “ Dong ayok ke Lombok, Cuma 30 menit dari Bali”. Kalimat-kalimat tersebut menggambarkan bahwa posisi Pulau Lombok seolah berada di bawah posisi Pulau Bali. Dengan kata lain, selama ini kebanyakan wisatawan menganggap bahwa mengunjungi Pulau Lombok adalah opsi kedua setelah mengunjungi Pulau Bali.
      Keindahan alam Pulau Lombok sejatinya tidak kalah dengan Pulau Bali. Pulau Lombok kini menjadi sorotan publik setelah memenangkan dua penghargaan sekaligus dalam acara World Halal Travel Summit 2015 yang digelar di Abu Dhabi. Dalam acara tersebut, Pulau Lombok di daulat sebagai world best halal destination dan sebagai world best halal honeymoon destination. Penghargaan tersebut menegaskan posisi Pulau Lombok di kalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Dalam event tersebut, Pulau Lombok berhasil mengalahkan destinasi yang sudah sangat popular seperti Malaysia dan Thailand.
      PILIH BALI ATAU LOMBOK?
      Ada beberapa alasan kenapa para traveller sebaiknya memilih jalan-jalan ke Pulau Lombok dibandingkan dengan Pulau Bali.
      1. Pulau Lombok memiliki Gunung Rinjani

      Jika di Bali memiliki Gunung Agung dengan ketinggian 3.124 mdpl, Pulau Lombok memiliki gunung yang lebih indah yaitu Gunung Rinjani. Gunung Rinjani di Pulau Lombok merupakan salah satu gunung yang sangat populer di kalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Gunung Rinjani merupakan gunung api tertinggi ke-dua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi. Dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani menyajikan keindahan yang memanjakan mata para pendakinya. Padang savanna yang luas yang menghijau indah di musim hujan dan eksotis kecoklatan di musim kemarau akan menemani langkah para pendaki. Para pendaki juga akan dimanjakan dengan keindahan danau Segara Anak setelah turun dari puncak Gunung Rinjani. Di Danau Segara Anak, para pendaki bisa memancing ikan dan berenang. Dengan pemandangan Gunung Baru Jari di dekat danau, suasana akan menjadi sangat berkesan. Danau Segara Anak menjadi lokasi hunting foto yang tidak boleh dilewatkan jika mendaki Gunung Rinjani
       
      2. Pulau Lombok memiliki banyak Gili

      Pulau Lombok dikelilingi pulau-pulau kecil yang disebut GILI. Ada tiga gili yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Akan tetapi ada banyak lagi gili yang tak kalah indahnya seperti Gili Kondo, Gili Kapal, Gili Bidara, Gili Sulat, Gili Pasir, Gili Sunut, Gili Petelu, Gili Maringkik di wilayah Lombok Timur. Di Lombok Barat juga tak kalah dengan pesona gilinya, di sini terdapat Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Layar, Gili Gede, Gili Asahan dan lainnya.
      Gili-gili di sekitar Pulau Lombok menyajikan keindahan pantai yang masih sangat alami. Untuk gili yang belum berpenghuni, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan sepuasnya. Di gili anda bisa menikmati udara yang bebas polusi. Keindahan alam bawah laut di sekitar gili membuat para wisatawan betah melakukan aktivitas snorkeling maupun diving. Keindahan gili-gili di Lombok tak akan anda temukan di Pulau Bali.
       
      3. Pulau Lombok memiliki Pantai Pink

      Pulau Bali terkenal dengan Pantai Kuta yang dijadikan sebagai spot sunset. Pulau Lombok memiliki banyak pantai yang tidak kalah indah dengan pantai di Pulau Bali. Pulau Lombok memiliki pantai yang unik seperti Pantai Tangsi dengan pasir pink yang kemudian lebih populer dengan nama Pantai Pink Lombok. Keberadaan Pantai Pink di Lombok menjadi salah satu ciri khas destinasi wisata pulau ini karena di Indonesia hanya ada dua pantai yang memiliki pantai dengan pasir pink yaitu di Lombok dan di NTT.
      Selain Pantai Pink terdapat juga beberapa pantai yang unik seperti Pantai Tanjung Aan dengan pasir seperti merica dan Pantai Tebing Lombok dengan kontur tebing yang sangat menarik.
       
      4. Pulau Lombok memiliki banyak masjid dan pura

      Pulau Bali terkenal dengan wisata religi dan budaya karena masyarakatnya mayoritas beragama hindu. Pulau Lombok juga memiliki banyak pura seperti di Taman Narmada, Pura Mayure, Pura Suranadi, Pura Batu Bolong. Selain pura, Pulau Lombok memiliki banyak sekali masjid. Bahkan Pulau Lombok terkenal dengan pulau seribu masjid karena hamper di setiap kampung di pulau ini memiliki masjid. Pulau Lombok memiliki beberapa masjid kuno bagi wisatawan yang menyukai wisata sejarah.
      Masjid kuno di Desa adat Bayan, masjid kuno Gunung Pujut, masjid kuno Rembitan, dan masjid kuno di kampong adat Sade menjadi bukti penyebaran agama islam di Pulau Lombok. Selain itu di Pulau Lombok juga terdapat banyak sekali pesantren. Bagi traveller muslim, Pulau Lombok pasti lebih memudahkan untuk menemukan tempat ibadah. Selain itu, di sini wisatawan muslim lebih mudah menemukan makanan yang halal.
       
      SO…PILIH BALI ATAU LOMBOK? Bali juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Lombok. Bali atau lombok, sama saja, sama-sama Indonesia, sunting saja dua-duanya. Salam traveling
      Sumber dari Blog Wisata Lombok : Liburan ke Bali atau Lombok? Ini alasan kenapa pilih Lombok
       
    • By Kiral Moerad
      Terletak cukup jauh dari pusat Kota Mataram di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Lombok Timur, anda membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam perjalanan dari Kota Mataram untuk bisa sampai ke Segui. Tapi anda tidak perlu khawat, perjalanan ke Pantai Segui akan sangat mengasyikkan, karena sepanjang jalan anda akan melihat pohon-pohon yang hijau pada musim hujan dan meranggas eksotis di musim kemarau.
      Anda juga akan melewati ladang-ladang jagung milik penduduk setempat. Pantai Segui letaknya tersembunyi di balik kebun jagung tersebut.
      Pantai Segui juga di kenal dengan sebutan Pantai Pink 2, Pasir PANTAI SEGUI akan terlihat pink di pagi dan sore hari saat ombak membasahi pasir terkena sinar lembut mentari. Warna pink itu disebabkan adanya pelapukan alga merah yang bercampur dengan pasir pantai. Di Lombok ada 3 Pantai berpasir pink, Pantai Pink Lombok (pantai pink 1) adalah pantai berbpasir pink yang paling populer dikalangan wisatawan.
      PHOTO-PHOTO KEINDAHAN PANTAI SEGUI LOMBOK




       
      Karena pantai ini belum terlalu populer, pengunjung masih sangat sedikit. Bahkan terkadang, pantai ini sepi tanpa pengunjung. Tapi daerah Lombok timur merupakan daerah aman bagi para wisatawan. So anda tidak perlu khwatir, biarpun Pantai segui masih terbilang masih sepi dan jarang pengunjung.
      AKTIVITAS DI PANTAI SEGUI
      SEGUI memiliki garis pantai yang cukup panjang dan diapit oleh dua bukit kecil. Tekstur pasir pantai sangat lembut sehingga sangat cocok untuk sun bathing. Di ujung pantai, terdapat sebuah karang yang menjadi spot keren untuk berphoto.
      Catatan: Tulisan lengkap di Tulis di Blog wisata Lombok sumbawa : Pantai segui, Syurga tersembunyi di pulau Lombok
    • By Sheva
      Salam mimin,momod, mohon bantuannya,,,
      kali ini mau minta bantuan bikin itin liburan keluarga ke lombok tgl 29des-4januari,
       
      sama sekali blm ada bayangan itin,,
      hanya untuk hotel sdh booking,,
      ini itin kasarnya
      29des
      flight sub-lop by lion, tiba di lombok jam 21.45wita, (belum tau mau naik apa menuju penginapan di kawasan kuta,mohon pencerahannya)
      30des
      check out,menuju hotel di kawasan sikur,
      setelah chek in lanjut perjalanan ke lombok timur, pengennya ngunjungin tempat ini: pink beach, tanjung ringgit, tanjung blaam,pantai kaliantan,tanjung perak,tanjung cina, tanjung ekas,pantai surga,gili kondo,gili sulat.
      (mohon bantuan Untuk mengatur rutenya)
      31 des
      check out menuju ke penginapan di daerah sengigi (blm tau mau kemana, pgn lanjut explor lombok timur,
      1 des
      explor sengigi,batu bolong, menuju ke gili meno (penginapan ada di gili meno)
      2des
      menuju k gili trawangan (inap di gili trawangan)
      3 des
      kembali ke penginapan di daerah kuta, explor pantai kuta, tanjung aan, pantai seger,selong belanak,desa sade,
      4 des
      flight jam 7 pagi ke sub
       
      Pertanyaan saya
      1.Karena sy tiba d bandara larut malam, transport apakah yg bs mengantar sy k penginapan di daerah kuta? Dan minta cp nya ya?
      rencana mau sewa motor d jmput d bandara, tp katanya tll rawan untuk mengemudi motor d malam hari dari bandara
      2, apakah ada info rental motor yg terpercaya dan bisa jemput di bandara?
      3. Apa saja yg bs di explor di kawasan sikur?
      4. mohon bantu susun rute untuk explor lombok timur, pengen bgt ngunjungin semua wisata yg sya sebutkan, tpi katanya akses menuju tmpt tsb agak susah..
      5.bagaimana cara mencari informasi penyebrangan di trio gili dibuka/ditutup??
      mohon pencerarannya ya mimin, rencana slama d sana sy sewa motor, sy berangkat ber 5.. Terimakasih
    • By Dayat Lombok Click Holiday
      Salam kenal Semua Member Forum Jalan2..  Selamat menikamati akhir pekan semua..
      Lokasi Dinner at Furama Senggigi Lombok.

    • By wisatalombokmurah
      Hai agan2 dan sista2,
        Semoga selalu tetap semangat ya :) Kenalin kami dari Wisata Lombok Murah akan membahas mengenai paket wisata 3 hari 2 malam 3 gili murah di Lombok. Kami menawarkan paket berbagai paket wisata murah di Lombok, berikut adalah salah satu dari paket wisata murah kami.   Silakan di baca-baca ya :)   Hari 1 : Bandara - Wisata Suku Sasak - Hotel 1. Tiba di BIL (Bandara Internasional Lombok), Anda sudah di tunggu oleh supir/guide kami 2. Desa sukarara, merupakan pusat pembuat tenunan ikat dan tangan khas Lombok 3. Desa sade, desa adat suku sasak Lombok 4. Pantai kuta dan pantai tanjung aan, keunikan pasirnya yang menyerupai biji merica 5. Banyumulek, pusat pembuatan gerabah melalui tanah liat 6. Makan siang dan malam di rumah makan 7. Ke hotel untuk istirahat   Hari 2 : Hotel – Wisata 3 Gili – Hotel 1. Sarapan pagi di hotel 2. Supir kami akan menunggu di lobi hotel 3. Pelabuhan teluk nare untuk menyebrang ke 3 gili 4. Gili Air, tempat snorkeling yang bagus dengan ikan yang banyak dan indahnya terumbu karang 5. Gili Meno, bisa jalan-jalan ke Danau air asin di tengah pulau serta ke Bird Park melihat koleksi burung indonesia dan burung langka dari mancanegara 6. Gili Trawangan merupakan pulau yang paling tersebar di antara dua pulau (gili meno dan gili air), banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pulau ini. Seperti Snorkeling, diving, dan keliling pulau menggunakan sepeda atau andong 7. Makan siang dan malam di rumah makan 8. Kembali ke hotel untuk istirahat   Hari 3 : Hotel – Wisata Kota – Bandara 1.  Sarapan pagi di hotel dan chek out 2. Supir kami akan menunggu di lobi hotel 3. Pura Lingsar, pura yang unik di yakini oleh dua umat beragama, yaitu Islam Waktu Telu dan Hindu. 4. Taman narmada, adanya sebuah air mata suci yang membuat kita awet muda jika kita membasuh wajah disana. 5. Makan siang di rumah makan 6. Shopping oleh-oleh khas Lombok dan di antar ke bandara untuk penerbangan selanjutnya. Acara wisata selesai.   Berikut detail harga paket wisata 3 hari 2 malam 3 gili murah di lombok : Hotel Bintang 4 : Rp.2.470.000,-/peserta Hotel Bintang 3 : Rp.2.340.000,-/peserta Hotel Bintang 2 : Rp.2.180.000,-/peserta Hotel Kelas Melati : Rp.2.140.000,-/peserta   Harga Sudah Termasuk : > Hotel tempat menginap sesuai pilihan > Mobil dan bensin selama tour > Supir yang ramah dan berpengalaman yang akan memandu wisata anda selama di Lombok > Makan siang (hari 1, 2 dan 3) dan malam (1 dan 2) di rumah makan > Minuman dingin dan soft drink > Cold towel / tissue basah > Biaya masuk di objek wisata > Parkir dan donasi di objek wisata > Guide lokal di objek wisata > Charter perahu dari pelabuhan ke gili dan sebaliknya (sehingga anda tidak perlu menunggu perahu penuh)   Harga Tidak Termasuk : > Tiket pesawat > Tip untuk supir/guide > Keperluan pribadi > Permainan di objek wisata   Tertarik dengan paket wisata murah 3 hari 2 malam 3 gili di Lombok yang kami tawarkan?   Silakan hubungi kami : WisataLombokMurah.com 29D75080
    • By wisatalombokmurah
      Mau liburan ke Lombok?
      Dengan harga murah?
      Dapatkan hanya di Wisata Lombok Murah, dengan pelayanan yang profesional dan bersahabat. Harga pun tak menguras banyak isi kantong kalian. Berikut ini salah satu paket wisata murah kami :

      Hari 1 : Bandara - Wisata Suku Sasak – Hotel (termasuk makan siang dan malam)

      1. Tiba di BIL (Bandara Internasional Lombok), Anda sudah di tunggu oleh supir/guide kami
      2. Desa sukarara, merupakan pusat pembuat tenunan ikat dan tangan khas Lombok
      3. Desa sade, desa adat suku sasak Lombok
      4. Pantai kuta dan pantai tanjung aan, keunikan pasirnya yang menyerupai biji merica
      5. Banyumulek, pusat pembuatan gerabah melalui tanah liat
      6. Ke hotel untuk istirahat
       
      Hari 2 : Hotel – Wisata Air Terjun – Hotel (termasuk makan pagi, siang dan malam)

      1. Sarapan pagi di hotel
      2. Supir kami akan menunggu di lobi hotel
      3. Melewati Hutan Baun Pusuk, mampir sejenak untuk foto-foto
      4. Air Terjun Sendang Gila, yang di percayai bila kita mandi di sini akan terlihat awet muda
      5. Air Terjun Tiu Kelep, dengan keindahan air terjun yang sangat memukau
      6. Desa Senaru, penduduk suku sasak asli Lombok
      7. Kembali ke hotel untuk istirahat
       
      Hari 3 : Hotel – Wisata Gili Trawangan – Hotel (termasuk makan pagi, siang dan malam)

      1. Sarapan pagi di hotel
      2. Supir kami akan menunggu di lobi hotel
      3. Melewati Hutan Baun Pusuk, mampir sejenak untuk foto-foto
      4. Pelabuhan teluk nare untuk menyebrang ke 3 gili
      5. Gili Trawangan merupakan pulau yang paling tersebar di antara dua pulau (gili meno dan gili air), banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pulau ini. Seperti Snorkeling, diving, dan keliling pulau menggunakan sepeda atau andong
      6. Melewati pesisir Bukit Malimbu, mampir sejenak untuk foto-foto dengan pemandangan pegunungan dan pantai, serta menikmati pemandangan sunset yang indah
      7. Kembali ke hotel untuk istirahat
       
      Hari 4 : Hotel – Wisata Kota – Bandara (termasuk makan pagi dan siang)

      1.  Sarapan pagi di hotel dan chek out
      2. Supir kami akan menunggu di lobi hotel
      3. Pura Lingsar, pura yang unik di yakini oleh dua umat beragama, yaitu Islam Waktu Telu dan Hindu.
      4. Taman narmada, adanya sebuah air mata suci yang membuat kita awet muda jika kita membasuh wajah disana.
      5. Shopping oleh-oleh khas Lombok dan di antar ke bandara untuk penerbangan selanjutnya. Acara wisata selsai.

      Berikut detail harga untuk paket wisata murah di atas :
      Hotel bintang 4 : Rp.3.200.000,-/orang (minimal 2 orang)
      Hotel bintang 3 : Rp.3.010.000,-/orang (minimal 2 orang)
      Hotel bintang 2 : Rp.2.770.000,-/orang (minimal 2 orang)
      Hotel kelas melati : Rp.2.710.000,-/orang (minimal 2 orang)

      Semakin banyak peserta akan semakin murah. Ayo kumpulin teman atau keluarga kalian untuk liburan ke Lombok.

      Untuk pertanyaan atau mau booking, silakan hubungi kami :
      Wisata Lombok Murah
      No.Hp : 085739894988
      Pin BB : 29D75080
    • By Dayat Lombok Click Holiday
      3 Hari 2 Malam di Lombok  Harga  Rp. 1.150.000/Orang ( Min 10 Orang )
       
      H1. Transfer In - Gili Nanggu + Gili Sudak + Gili Kedis (MS – MM)
      Kami jemput di Airport untuk tour hari pertama yaitu wisata Bahari di Gili Nanggu, disana peserta akan menikmati  kesunyian pulau kecil yang hanya ada satu hotel dan satu restaurant, selain itu peserta bisa berjemur, berenang, bermain kano dan snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut yang belum terjamah, selanjutnya makan siang akan disajikan di pulau berikutnya yaitu di Gili Sudak disana peserta juga bisa beraktivitas seperti di pulau sebelumya, setelah itu peserta akan di ajak untuk mengunjungi pulau yang lebih kecil lagi untuk snorkeling Sampai. Kemudian balik ke Lombok untuk chek in hotel dan makan malam di restaurant setempat.
      H2. Gili Trawangan Tour (MS – MM)
      Setelah sarapan di hotel, kami jemput untuk tour hari kedua dengan mengunjungi monkey forest/hutan monyet di hutan Pusuk disana peserta akan memberikan monyet makan dan bejabat tangan sambil ambil gambar, kemudian peserta akan diajak untuk berwisata bahari mengunjungi  Gili Trawangan dengan mengunakan boat, disana peserta akan menikmati indahnya pantai dan berbagai aktivitas seperti berjemur, berenang, keliling pulau dengan sepada atau andong dan snorkeling untuk melihat indahnya alam bawah laut bersama ikan dan makan siang akan disaajikan di restaurant setempat. Setelah aktivitas selesai peserta akan di ajak balik ke Lombok untuk menikmati indahnya sunset di bukit Nipah dengan background Gunung Agung Bali dan Makan malam disajikan di restaurant setempat kemudian kembali ke Hotel. 
      H3. Transfer Out Hotel – Airport
      Setelah sarapan pagi di hotel kemudian kami jemput untuk di transfer ke Airport dan melanjutkan penerbangan ke kota tujuan.
       
      Harga Termasuk : 2 Malam Hotel Sharing, Transport Ac + Driver dan Guide, Mineral water on tour, Private Boat, tiket masuk obyek wisata, lunch dan dinner, Souvenir, tour sesuai itinerary, Harga Low Season.
      Untuk alat Snorkeling tour di hari 1 dan 2 kena biaya 60.000/1 Set ( Masker, Pelampung, Pin/Sepatu kodok )
       
       
      Informasi dan Resevasi :
       
      Lombok Click Holiday / Dayat ( Facebook )
      Mobile : 081915986328  Email : lombokclick@gmail.com  YM : lombokclick
      Jl. Gotong Royong Kr. Baru, Kel. Kebun Sari, Kec. Ampenan, Lombok - Indonesia
      Phone & Fax : 0370 - 640454
       
      Folow Us : Fanpage    Twitter    Youtube    Blogspot