• agoda-hemat.png

pujen

5 Wisata Kuliner Legendaris Khas Semarang yang Enak dan Murah Meriah

1 post in this topic

Wisata kuliner Semarang gak kalah seru untuk dijelajahi, di samping melimpahnya spot wisata dan kearifan lokal Ibu Kota Jawa Tengah ini. Namanya plesiran kan pasti membutuhkan asupan makanan, jadi gak cuma jalan-jalan ke tempat-tempat menarik saja.

Seiring dengan berkembangnya media sosial, kuliner sudah bukan menjadi kebutuhan pokok saja, tapi bergeser menjadi sebuah objek wisata. Singgah di suatu kota, kamu pasti pengin merasakan makanan khas mereka. Setelah makanan datang, pada umumnya hidangan lezat tersebut difoto dahulu untuk kemudian dibagikan ke media sosial. Tujuannya apalagi kalau bukan sebagai sarana eksistensi diri bahwa kamu sedang berada di lokasi tersebut.

Ketika berkunjung ke Semarang, kuliner yang pertama kali terlintas di pikiranmu pasti lumpia. Ternyata gak cuma itu saja lho, banyak spot wisata kuliner Semarang yang bisa disambangi satu per satu. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

 

1. Wisata kuliner Semarang Lumpia Gang Lombok

Karena lumpia sangat ikonik, maka wisata kuliner Semarang pertama adalah Lumpia Gang Lombok. Tempat yang satu ini diklaim sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Bisa dibilang, kedai lumpia ini menjadi yang tertua di semarang. Lokasinya terletak di Jalan Gang Lombok No 11, Purwodinatan. Kedai ini buka dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Dikutip dari Kompas, kedai ini sekarang dikelola oleh generasi keempat. Lumpia buatan mereka memiliki cita rasa rebung yang gurih dan tanpa amis. Tapi kalau kamu gak suka udang atau rebung, ada juga rasa ayam yang bisa dicicipi. Untuk satu buahnya dijual seharga Rp 15 ribu. Kalau untuk oleh-oleh, bisa pesan yang belum digoreng supaya awet. Hindari jam-jam makan siang, karena bakal penuh banget, mengingat tempatnya yang sangat sempit yakni hanya sekitar 4 x 5 meter.

 

2. Pisang plenet

Kudapan ringan khas Semarang satu lagi adalah Pisang plenet. Sesuai namanya, plenet dalam bahasa Jawa artinya dipipihkan. Pisang tersebut akan dipipihkan dahulu sebelum akhirnya dibakar dan diberi toping seperti coklat atau keju. Sejak dulu, pisang yang digunakan adalah jenis pisang kepok, karena teksturnya tidak lembek, sehingga cocok untuk dibakar atau digoreng.  

Jajanan kaki lima ini sudah ada sejak zaman era Presiden Soekarno, tepatnya pada tahun 1952. Pelopornya adalah pisang plenet di Jalan Pemuda, di kompleks ruko bekas Toko Hien. Selain di sini ada juga dua cabang lainnya, yaitu di kompleks Pasar Semawis dan Jalan Gadjah Mada.

Dikutip dari Tempo, toko ini buka dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Harganya pun murah sekitar Rp 10 ribu per porsi. Wisata kuliner Semarang ini sangat cocok disantap malam hari sambil menikmati keromantisan Kota Semarang.

 

3. Tahu Gimbal Pak Edy

Kalau di Jakarta ada ketoprak dan gado-gado, di Semarang ada tahu gimbal. Ini juga salah satu kuliner khas selain lumpia. Terdiri dari irisan lontong, irisan tahu goreng, sayuran, telur, gimbal udang yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Sebagai penambah kerenyahannya biasanya disantap dengan kerupuk udang.

Salah satu yang paling terkenal adalah Tahu Gimbal Pak Edy, yang terletak di Taman Supeno. Mereka buka dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Harga seporsinya juga terjangkau banget kok, sekitar Rp 14 ribuan. Wisata kuliner Semarang yang satu ini cocok banget untuk dinikmati sebagai menu makan siang atau makan malam.

4. Lekker Paimo

Ini juga termasuk jajanan legendaris Kota ATLAS, yang gak kalah mantap dari lumpia dan pisang plenet. Lekker Paimo dapat kamu jumpai di Jalan Ki Mangunsarkoro. Lekker sendiri merupakan makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung yang dipanaskan kemudian diisi dengan toping beranekaragam.

Di Lekker Paimo, kalian bisa memesan toping isi sesuai selera, seperti coklat meses, keju, pisang, sosis, hingga telur. Sesuaikan saja dengan keinginanmu lebih suka manis atau asin. Harga per porsinya juga bervariasi. Dikutip dari Okezone, untuk rasa coklat keju harga per porsinya hanya Rp 4.000. Sementara itu, untuk yang rasa keju sosis mozarella, kamu harus merogoh kocek senilai Rp 30 ribu.

Tapi kalian harus rela mengantre, karena biasanya pembeli sangat ramai. Kedai ini buka dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Wisata kuliner Semarang ini sayang banget untuk kamu lewatkan, karena cerita soal kelezatannya sudah tersebar ke mana-mana.

5. Asem-asem Koh Liem

Warung Koh Liem sudah berdiri sejak tahun 1978 di Jalan Karang Anyar, Gabahan. Menu andalannya adalah asem-asem daging. Komposisinya terdiri dari daging dalam, urat, daging usus, ditambah dengan potongan cabai, dan kuah asem. Seger banget deh rasanya, karena memadukan antara, pedas, asam, manis, dan gurihnya daging. Biar lebih enak dan mengenyangkan bisa disantap dengan nasi panas. Dikutip dari Tempo, untuk menikmati kelezatan wisata kuliner Semarang yang satu ini, kamu harus merogoh kocek Rp 33 ribu. Toko ini buka dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Itu dia 5 referensi wisata kuliner Semarang yang bisa kamu jajal kalau berlibur ke sana, biar gak bingung-bingung lagi kalau mau cari makanan. Kalau dilihat-lihat, harganya juga gak mahal kok. Cocok lah untuk kamu yang lagi pengin liburan dengan bujet murah

 

Sumber: https://www.moneysmart.id/wisata-kuliner-semarang-legendaris/

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now