• agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
siigazmen206

Bukan Dipasung, Ini Cara Benar Obati Skizofrenia

2 posts in this topic

Skizofrenia adalah penyakit mental serius yang dapat memengaruhi seseorang secara pemikiran, emosi, hubungan dengan sekitar, dan pengambilan keputusan. Dikarenakan belum ada obat yang dapat mengatasinya, gangguan mental tersebut harus diatas sejak dini dan perawatan yang tepat yang harus dilakukan. Hal tersebut dapat meningkatkan peluang seseorang yang mengalaminya untuk mengelola gangguan tersebut.

Perawatan skizofrenia akan berpusat pada pengelolaan gejala yang timbul karenanya. Untuk melakukan itu, pengidapnya mungkin perlu minum obat untuk jangka waktu yang tidak dapat ditentukan, bahkan mungkin seumur hidup. Psikoterapi kemungkinan juga akan menjadi bagian dari perawatan tersebut untuk membantu orang tersebut memahami dan mengelola gejalanya. Ada lebih dari satu jenis psikoterapi dan banyak jenis obat untuk meringankan gangguan yang terjadi.

Jenis Psikoterapi

Psikoterapi yang terjadi dapat terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Psikoterapi individu. Selama sesi perawatan, seorang terapis atau psikiater dapat mengajarkan pengidapnya tentang menghadapi pikiran dan perilaku pada dirinya. Orang tersebut akan belajar lebih banyak tentang penyakitnya dan dampak yang dapat terjadi, serta cara membedakan antara apa yang nyata dan tidak. Hal ini juga dapat membantu pengidapnya menjalani kehidupan sehari-hari.

  • Terapi perilaku kognitif. Cara ini dapat membantu orang tersebut mengubah pemikiran dan perilakunya. Seorang terapis akan menunjukkan cara untuk menangani suara dan halusinasi. Dengan kombinasi terapi ini dan pengobatan, orang tersebut akhirnya dapat mengetahui apa yang memicu halusinasi atau delusi, dan cara mengurangi atau menghentikannya.

  • Terapi peningkatan kognitif. Jenis terapi ini juga disebut dengan remediasi kognitif. Terapi ini mengajarkan orang cara mengenali isyarat sosial yang lebih baik dan meningkatkan perhatian, ingatan, dan kemampuan pengidap skizofrenia untuk mengatur pikirannya. Hal ini menggabungkan pelatihan otak berbasis komputer dan sesi kelompok.

Obat untuk Skizofrenia

Jenis obat yang digunakan untuk mengobati skizofrenia adalah obat yang disebut dengan antipsikotik. Jenis obat ini dapat mengobati gejala psikotik yang merupakan ciri khas skizofrenia yang kemungkinan dengan memengaruhi sistem dopamin di otak.

Terdapat dua jenis antipsikotik, yaitu obat generasi pertama yang lebih tua, yang biasanya menyebabkan efek samping yang lebih parah, dan obat generasi kedua yang lebih baru yang sering menyebabkan lebih sedikit efek samping. Obat generasi kedua biasanya lebih disukai, atau paling tidak dicoba dulu, karena efek sampingnya yang sedikit.

Efek samping dari salah satu dari obat-obatan ini, tetapi terutama dengan obat-obatan generasi pertama dapat berdampak serius pada kesehatan fisik. Obat tersebut dapat menyebabkan sindrom metabolik yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, kenaikan berat badan, dan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi.

Mengobati pengidap skizofrenia dengan antipsikotik sering kali memerlukan lebih dari satu obat atau kadang kombinasi obat. Tujuannya adalah untuk menggunakan dosis serendah mungkin, supaya mendapatkan kontrol maksimum gejala dan efek samping paling sedikit. Untuk mencapai tujuan itu, seorang yang mengidap gangguan tersebut mungkin perlu mencoba lebih dari satu obat.

Mengatasi Skizofrenia

Mengatasi gangguan mental seserius skizofrenia dapat menjadi tantangan tersendiri, baik untuk orang yang mengalami kondisi tersebut maupun untuk teman dan keluarga yang berada di sekitarnya. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Pelajari Tentang Skizofrenia

Pendidikan tentang gangguan ini dapat membantu memotivasi pengidap gangguan tersebut untuk tetap berpegang pada rencana perawatan. Pendidikan dapat membantu teman dan keluarga memahami gangguan dan menjadi lebih mengasihi orang yang mengidap kondisi mental tersebut.

2. Bergabunglah dengan Grup Pendukung

Kelompok pendukung untuk orang dengan skizofrenia dapat membantu kamu menjangkau orang lain yang menghadapi tantangan serupa. Kelompok pendukung juga dapat membantu keluarga dan teman-teman yang belum mengerti cara yang dapat dilakukan untuk meringankan beban seseorang yang mengidap skizofrenia.

skizofrenia para.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Jika Anda mengalami skizofrenia, maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Tetap mengikuti penanganan yang diberikan dan fokus dengan tujuan untuk menjadi lebih baik.
  • Berbicara dengan orang-orang terdekat Anda mengenai masalah yang dihadapi atau mengikuti komunitas-komunitas dengan orang-orang yang mengalami hal yang serupa agar dapat berdiskusi dan saling mendukung satu sama lainnya.
  • Meminta bantuan kepada orang lain atau organisasi-organisasi tertentu yang dapat membantu Anda untuk memenuhi kehidupan sehari-hari Anda, seperti transportasi, tempat tinggal, dan sebagainya.
  • Mempelajari tentang kondisi yang Anda alami. 
  • Mempelajari teknik-teknik untuk mengatur stres dan relaksasi, seperti meditasi, yoga, dan sebagainya.
  • Menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur. 
  • Menghindari alkohol, rokok, dan narkotika.
  • Menyadari gejala-gejala kambuhnya gangguan agar dapat segera ditangani sebelum makin parah.

Bisa Baca lengkap artikelnya di SehatQ.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this