Sign in to follow this  
ulie

Makanan Korea = Makanan Indonesia?

7 posts in this topic

Jalan2ers....tentu ngga ada yang nyangka kalo beberapa makanan Korea itu memiliki kemiripan dengan makanan Indonesia lho...

Mau tau?.... berikut ini, diantaranya:

1. Kimchi dan Asinan Sayur

Antara kimchi dan asinan sayur memiliki bentuk yang hampir mirip, namun cita rasa kimchi dan asinan sayur jelas berbeda jika dicicipi. Kimchi biasanya hanya menggunakan bahan sawi putih atau lobak sedangkan asinan sayur terdapat aneka sayuran seperti kol,toge, sawi, selada,wortel, mentimun yang dicampur dengan kuah yang lebih encer.

577403_480062482014635_1162746200_n.jpg

2. Dakkochi dan Sate Ayam

Meskipun menjadi makanan popular di Indonesia, ternyata sate ayam juga terdapat di Korea loh. Sate ayam di Korea namanya Dakkochi, dimana sate ini pun sama terbuat dari daging ayam dengan bumbu sate yang berbeda-beda.

315631_480062555347961_1129473844_n.jpg

3. Kultarae dan Gulali

Jajanan berbahan dasar gula yang satu ini sering kita temui di jalanan,di Indonesia namanya gulali. Gulali memiliki rasa yang manis sama seperti kultarae dari Korea. Hanya bedanya kultarae biasanya berisikan kacang. Kultarae biasanya dijual dengan warna putih saja, sedangkan gulali yang dijual di Indonesia biasanya berwarna merah.

483043_480062618681288_1423002611_n.jpg

4. Chamchijeon dan Perkedel

Kedua makanan beda Negara ini terlihat hampir mirip namun bahan membuatnya tidaklah sama. Chamchijeon sejenis pancake berbahan dasar ikan tuna sedangkan perkedel biasanya terbuat dari kentang dan daging yang digiling secara bersamaan kemudian digoreng menggunakan telur sebagai perekat. Lihat bentuknya, hampir mirip kan?.

598650_480063255347891_1447377285_n.jpg

5. Gangjeong dan Rengginang

Gangjeong atau yang sering disebutnya sebagai “rice cripsi†dari Korea ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya makanan ini dipercaya untuk membantu proses pelangsingan tubuh serta mempercantik kulit. Jika di Indonesia kita mengenalnya rangginang yang memiliki rasa asin dan manis.

408701_480062755347941_1299456131_n.jpg

6. Tteok dan Kue Moci

Tteok dan kue moci memiliki bahan dasar yang sama yakni sama-sama terbuat dari tepung beras. Di Korea biasanya kue ini memiliki cita rasa yang manis kemudian diisi dengan isian seperti kacang-kacangan sama seperti kue moci. Di Korea Tteok merupakan makanan terkenal sebagai jajanan yang tepat untuk oleh-oleh.

632_480062835347933_1240107834_n.jpg

7. Jeungpyeon dan Kue Apem

Kedua makanan beda Negara ini sama-sama terbuat dari tepung beras dan sama-sama memiliki rasa yang manis. Dari segi bentuknya keduanya juga hampir mirip. Biasanya kue Jeungpyeon disajikan untuk musim panas dan difermentasi dengan anggur, sehingga tidak mudah rusak. Kalau kue apem biasanya disajikan dengan parutan kelapa muda diatasnya.

598752_480062915347925_780435222_n.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By abahadil
      Di dunia ini sungguh banyak jenis dan macam makanan yang enak di setiap negara, tentu hal ini akan membuat kita banyak sekali pilihan kuliner sesuai dengan keingin kita. Hal ini sudah pasti karena setiap masakan yang ada di dunia ini mempunyai cita rasa yang khas di setiap wilayah, biasanya hal ini di karenakan bumbu rempah yang di gunakan dalam setiap negara berbeda yang tentu mempunyai cita rasa tersendiri.
      Salah satu negara penghasil makanan atau masakan lezat adalah Negara Korea yang tentu kebudayaannya dan juga beberapa makanannya sudah tidak asing lagi bagi kita. Hal ini di karenakan beberapa tahun belakangan ini sangat banyak hiburan yang berasal dari Negara Korea menyerbu Indonesia, tentu secara tidak langsung makanan khas korea paling enak dan populer secara tidak langsung dapat di kenal pencinta K-Drama.
      Tentu bagi pencinta K-Drama di seluruh dunia penasaran dengan makanan khas korea paling enak yang wajib untuk di cicipi yang akan kita bahas sesaat lagi, pastinya beberapa makanan khas korea yang akan kita bahas sesaat lagi merupakan makanan korea rekomendasi dari abahadil untuk para pembaca setianya. Baik tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah daftar makanan khas korea paling enak yang wajib untuk anda coba.
      1. Sannakji ( Gurita Hidup )
      Makanan khas korea yang akan kita bahas sesaat lagi merupakan salah satu makanan korea yang cukup extreme, pasalnya makanan khas korea ini menghadirkan sebuah makanan yang tidak umum bagi beberapa orang atau pencinta kuliner. Yakni gurita hidup yang di negara korea di sebut dengan makanan bernama Sannakji. Tentu akan menjadi sebuah pengalaman berarti bagi anda saat memakan makanan khas korea bernama Sannakji ini.
      Sannakji merupakan jenis makanan mentah yang ada di Negara Kora yakni gurita yang di potong kecil-kecil dan kemudian di beri atau di campur dengan biji wijen dan minyak. Dengan hanya cara masak yang seperti itu saja makanan khas korea bernama Sannakji ini sudah bisa di konsumsi. Akan tetapi yang wajib anda ketahui adalah tentakel dari gurita ini apabila tersangkut di tenggorokan bisa berakibat fatal dan sangat berbahaya.
      2. Kindap
      Makanan khas korea selatan paling enak yang selanjutnya adalah Kimbap yang tentu dalam waktu beberapa tahun belakangan ini sangat terkenal di Indonesia. Banyak orang yang penasaran untuk mencoba makanan khas korea yang satu ini. Sebenarnya Kimbap adalah sebuah makanan korea yang mana merupakan nasi putih yang di dalamnya di isi dengan daging, telur, ikan dan sayuran. Kemudian beberapa bahan yang sudah ada di gulung dengan gim atau rumput laut.
      Makanan khas korea bernama Kimbap ini berbentuk segitiga atau yang umum adalah mempunyai bentuk yang bundar. Umumnya sebenarnya makanan bernama Kimbap ini menggunakan sayuran seperti wortel, bayam, timun dan acar lobak. Tentu saja makanan khas korea bernama Kimbap ini semakin populer karena dalam beberapa drama film korea yang beredar di indonesia makanan bernama Kimbap ini sering muncul.
      3. Jajangmyeom
      Makanan khas korea paling populer yang berikutnya adalah sebuah makanan yang biasanya di sebut dengan nama Jajangmyeon. Sebenarnya makanan khas korea yang satu ini merupakan mie khas Korea yang di dalamnya terdapat sayuran, potongan daging, saus kedelai hitam kental dan sebenarnya makanan bernama Jajangmyeon ini mirip dengan mie ayam yang ada di indonesia, akan tetapi yang membedakan adalah bahan yang ada di dalamnya.
      Makanan korea yang bernama Jajangmyeon ini biasanya di sajikan dengan saus kedelai dan acar lobak pada saat kondisi masih panas. Tentu kepopuleran dari Jajangmyeon ini semakin luar biasa saat dalam beberapa drama korea makanan ini sering muncul dan di sebut-sebut. Tentu saja mie pasta kedelai hitam yang ada dalam makanan khas korea yang satu ini mempunyai cita rasa khas makanan korea yang lezat dan wajib untuk di cicipi.
      4. Chapchae atau Japchae
      akanan khas korea yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang nampaknya namanya hampir sama dengan makanan yang sering di hidangkan di keluarga indonesia, makanan dari korea ini bernama Chapchae. Di indonesia terdapat capcay yang tentu saja bagi para pencinta kuliner indonesia sudah tidak asing dengan jenis makanan yang satu ini. Ada hal yang membedakan antara capcay indonesia dengan Chapchae.
      Apa sih yang membedakan dari kedua makanan tersebut? Yakni pada tumis bihun yang tidak akan kita dapatkan di capcay indonesia. Tentu saja dari bumbu rempah yang ada di dalamnya juga sangat berbeda yang masing-masing makanan dari korea atau indonesia mempunyai ke khasan sendiri. Untuk Chapchae yang merupakan makanan khas korea biasanya di berik biji wijen, irisan cabe dan tidak lupa beberapa potongan daging bisa kita dapatkan di makanan khas korea yang satu ini.
      SUMBER
    • By zeekyuryu
      Makanan Korea belakangan ini juga semakin populer dan nggak kalah sama makanan Jepang. Yang agak berbeda mungkin makanan Jepang lebih banyak yang berbahan dasar mentah-mentah tapi tidak dengan makanan Korea. Makanan Korea pada dasarnya juga menggunakan banyak bumbu. Warnanya memang banyak merah seolah pedas. Tapi kalau diukur kepedasannya, jauh berbeda dengan tingkat pedas orang Indonesia hehehe. 
      Salah satu makanan Korea yang populer adalah Kimbap atau nasi yang digulung. Agak mirip sushi. Tapi sekali lagi, sushi biasanya berisi yang mentah-mentah, tapi kalau kimbap semua sudah dimasak dan juga sudah dibumbui. Kimbap ini bisa jadi alternatif makanan berat bagi orang Indonesia lho.
      Bentuk kimbap yang lucu termasuk menarik untuk membuat nuansa makan yang berbeda. Lebih variatif sehingga tidak membosankan, terutama untuk anak-anak. Varian rasa kimbap juga bisa disesuaikan dengan selera kita orang Indonesia. Karena itu, kimbap rumahan merupakan makanan yang tak hanya enak, mengenyangkan, dan sehat. Tapi juga bentuknya bisa menggugah napsu makan. 
      Nah, berikut ini, saya tuliskan dulu cara membuat kimbap yang mudah. 
      Bahan dan alat-alat
      - Nasi, nggak harus nasi ketan tapi yang penting pulen dan cukup lembek. 
      - Nori atau rumput laut yang lebar ukurannya sekitar 20 cm. 
      - Bambu untuk menggulung kimbapnya
      Isi Kimbap
      Kimbap bisa diisi dengan berbagai sayuran dan lauk yang disukai. Sayuran yang bisa dijadikan sebagai isi kimbap antara lain adalah wortel, timun, bayam, paprika, dan sebagainya. 
      Daging atau ayam juga bisa ditambahkan untuk isinya. Selain itu, sosis, ikan teri, kornet, dan telur dadar pun bisa digunakan. Yang penting, mereka sudah dimasak dan dibumbui. Bisa menggunakan bumbu teriyaki atau bumbu lainnya sesuai selera. 

      Cara membuatnya
      - Siapkan isiannya. Misalnya, masak dulu daging teriyakinya, atau ayamnya. Atau goreng telur, dan lain sebagainya. 
      - Siapkan bambu sebagai alas. Letakkan nasi ke atas nori yang sudah dibentangkan di atas bambu. Buat merata. Nasinya nggak perlu tebel-tebel agar membuat teksturnya lebih indah. 
      - Letakkan isian kimbap yang sudah dipotong panjang-panjang ke atas nasi. Kamu bisa mengisinya sesuai selera. 
      - Tambahkan bumbu tambahan jika diinginkan. Misalnya minyak wijen untuk menambah wangi-wangian dan rasanya, atau garam jika suka asin. Atau bisa juga bubuk cabai kalau kurang pedas. 
      - Setelah semua siap, mulai gulung tikar. Gulungan pertama harus merekat kuat. Tekan-tekan agar merekat. Setelah itu gulung sisasnya sambil ditekan-tekan.
      - Sudah berbentuk gulungan panjang, sekarang tinggal potong-potong dengan ukuran sedang atau kecil sesuai selera. 
      Tadaaa jadi deh. Gampang banget kan cara membuat kimbap ini?

      Tips
      - Nori bisa didapatkan di supermarket Korea di Jakarta. Kalau sulit, kamu bisa menemukannya di toko-toko online. Harga nori yang biasanya 10 sheet itu sekitar 20 atau 30 ribu, emang mahal. Tapi di toko online, saya bisa dapat harga 60 ribu untuk isi 50 sheet. Memang bungkusnya simple banget. Namanya Takaokaya Sushi Nori. 
      - Bambu kimbap ini bisa didapatkan di supermarket, tapi emang nggak banyak. Yang pasti ada di Daiso, toko pernak pernik Jepang itu. Harganya 25 ribu. Kalau nggak mau ribet, bisa pakai plastik kiloan itu. Dibuka saja, saya pernah coba dan hasilnya not bad lah.
      - Masak dulu semua isiannya
      untuk mendapatkan rasa yang enak, isian kimbap memang sebaiknya dimasak terlebih dahulu dengan bumbu yang lengkap seperti biasa. Misalnya, jika ingin menggunakan teri, bisa dioseng. Jika daging, bisa dibuat dengan bumbu teriyaki atau bumbu lainnya. 
      Kalau memang hanya ingin mengisi sayuran saja, silakan. Yang enak, sayurannya dibuat manisan dulu atau acar. Tapi kembali lagi, sesuai selera. Sayuran yang segar mentahan juga enak kok. Kalau dirasa kurang, bisa melumuri nasi dengan minyak wijen atau dengan garam secukupnya. 
      Kimbap ini selain bisa dimakan di rumah, juga pas untuk bekal anak sekolah atau kerja. Simple tidak makan tempat dan mudah dimakan karena sudah dipotong-potong. Buat piknik atau bekal jalan-jalan pun bisa. 
      Selamat mencoba :)
    • By deffa
      Hola Deffa Here !!!
      Jajanan Bandung, kalau ngomongin soal jajanan dan makanan saya paling suka, apalagi karena lama tinggal di kota kembang Bandung, sudah cukup familiar dengan rasa unik dari kuliner di Bandung ini.
      Beberapa nama seperti Batagor, Mie Yamin, Martabak, Comro, Cilok, Kue Balok dkk. Sudah cukup familiar di telinga kalian, apalagi mungkin kalian sudah sering mencoba nya, dan mungkin juga di kota kalian sudah ada. Tapi bagi kalian yang baru ke Bandung beberapa makanan tersebut wajib dicoba
      Dan berikut saya berikan beberapa Jajanan Hits Khas Bandung beserta Lokasi Umum nya :
      01. Cilok : Aci Dicolok, ya dibuat dari tepung Aci, dan di colok kan ke lidi sate, biasanya di rebus dan di beri bumbu kacang pedas. Terkstur nya kenyal dan bumbu nya gurih. Lokasi banyak sekali di pinggir jalan protokol seperti Dago, Jalan Riau, Buah Batu, Cihampelas, Setiabudi dll
      02. Cireng : Aci Digoreng, nah yang ini kebalikan dari Cilok, karena aci yang ini di goreng bukan di rebus dan biasanya bentuk nya tidak bulat namun di goreng pipih karena di dalam nya di beri isian seperti Kornet, Keju dll. Lokasi banyak sekali di pinggir jalan protokol seperti Dago, Jalan Riau, Buah Batu, Cihampelas, Setiabudi dll
      03. Misro : Amis Dijero, atau Manis Di Dalam ini merupakan variasi dari Comro, karena untuk yang satu ini terdapat isian Gula Merah yang membuat rasa nya menjadi manis. Lokasi banyak sekali di pinggir jalan protokol seperti Dago, Jalan Riau, Buah Batu, Cihampelas, Setiabudi dll tapi lebih sering di malam hari
      04. Kue Ape : Mungkin di kota lain disebut Kue Tete, karena ada lingkaran kenyal berwarna Hijau di tengah kue yang pinggirannya renyah ini. Rasanya manis dan berasa daun pandan. Sering dijumpai di sekitar Mall Mall yang ada di Bandung
      05. Kue Cubit : Yang satu ini mungkin di kota kalian juga ada, namun mungkin sudah jarang di temui, namun di Bandung masih banyak loh dan cukup terkenal karena kue mungil yang berbahan dasar tepung dan manis ini, sudah mempunyai banyak variasi, dengan topping berupa Keju, Marshmallow, Strawberry dll. Yang paling terkenal ada di Cisangkuy baca INI
      Selain nama-nama di atas masih banyak lagi jajanan khas Bandung seperti Kue Balok, Batagor, Mie Yamin, Sukro, Perkedel Bondon, Comro, Cendol dll nanti akan di coba review lebih lengkap ya. Ada yang pernah coba jajanan bandung tersebut ?

    • By shata
      Ihiiiy senangnya bisa ngerasain tinggal di Bandung! Kuliner yang ada di kota ini banyak banget macemnya, rasanya enak-enak plus harganya yang pas sama kantong mahasiswa. Gak kalah deh sama Jakarta Salah satu jajanan favorit saya, martabak, bisa saya temuin di berbagai area di Bandung. Tapi yang menjadi favorit saya ada 3 karena tiga2nya rasanya enak dan lokasinya gak terlalu jauh jadi saya bisa gampang belinya   Martabak San Fransisco Martabak San Fransisco merupakan kios martabak yang sudah dikelola secara profesional. Kiosnya ada di berbagai tempat, pegawai tiap kiosada banyak, dan ukuran kiosnya juga cukup besar. Martabak San Fransisco pertama kali buka di Bandung, tapi sekarang sudah merambah sampai ke Jakarta. Di Bandung sendiri ada beberapa cabang tapi yang paling sering saya kunjungi adalah cabang yang di Dago, tepatnya di Jalan Ir. H. Djuanda yang di bagian tengah. Deket sama belokan yang mau ke Jalan Ganesha.    Di Martabak San Fransico ada 2 jenis martabak: martabak telur dan martabak manis. Nah yang membedakan San Fransisco dari martabak2 lainnya adalah banyaknya varian rasa baik di martabak telur maupun martabak manis. Martabak telurnya gak hanya ada yang isinya daging sapi atau daging ayam aja tapi ada juga yang lainnya kayak ikan tuna, kornet, daging asap, bahkan ada yang isinya sayur doang cocok buat Jalan2ers yang vegetarian. Rasa martabak manisnya lebih beragam lagi! Ada yang berisi bubuk oreo, vanilla, jagung, kismis, pisang, unik2 kan? Kalau gak mau cuman satu rasa, kita bisa kombinasi misalnya rasa oreo dengan vanilla atau coklat dengan pisang.         Dirasa masih belum beragam, pihak Martabak San Fransisco ngebagi lagi martabak telur dan manis ini menjadi 4 jenis: spesial, biasa, medium dan tipis. Spesial dan biasa, kalau gak salah, perbedaannya cuma di jumlah telur yang dipakai sama jenis mentega. kalau yang super pakainya mentega Wisjman. Mentega merk ini membuat martabak rasanya jadi lebih gurih. Kalau yang medium diameter martabaknya lebih kecil dari yang spesial dan biasa. Nah kalau yang tipis, bentuk martabaknya yang beda. Jadi gepeng dan lebih garing kalau dimakan. Martabak tipis ini cuma buat yang martabak manis aja.    Saya pernah beli yang martabak telur isi potongan ikan tuna, martabak biasa isi coklat dan kacang, dan martabak tipis isi keju. Overall, saya suka semua tapi yang menurut saya paling enak adalah martabak tipisnya dan martabak telur isi tuna. Kalau martabak yang isi coklat kacang gak jauh beda sama martabak2 lainnya. Kalau soal harga memang Martabak San Fransisco ini cukup mahal. Dari 24.000-65.000, tergantung Anda memilih martabak jenis apa dan isian apa. Yang paling mahal adalah martabak spesial dengan 4 bahan yang berbeda dalam satu porsi martabak.    Martabak Ellyzha  Martabak kedua bernama Martabak Ellyzha jadi Cukup berbeda sama Martabak San Fransisco, Martabak Ellhyza hanya berupa gerobak berukuran kecil. Gerobak Martabak Ellyzha berada di pinggir jalan (diatas trotoar) Tamansari yang deket sama Jalan Gelapnyawang (ITB). Di pinggir jalan ini gak cuma ada martabak elyhza aja tapi juga ada PKL lain seperti nasi goreng, bubur ayam, dll. tipikal tenda2 pinggir jalan di Indo. Jadi ada meja makan dan tenda diatasnya, buat pembeli yang mau makan langsung ditempat. Saya gak tau apa gerobak Martabak Ellyzha ada di tempat2 lain di Bandung/Jakarta.   Karena hanya berupa gerobak kecil, ragam martabak elyzha gak banyak, cuma ada martabak manis aja. Isinya juga bahan2 standar seperti coklat, kacang, keju, wijen, dan selai aneka rasa. Biarpun begitu, Martabak Elyzha tetap menjadi salah satu martabak favorit saya karena rasanya yang benar2 lezat dengan harga per porsinya sangat terjangkau; coklat-kacang dulu 7.000 sekarang 9.000, kalau pakai keju 10.000 atau 11.000. Murah, kan??? Kalau ukuran (diameternya) memang jangan dibandingin sama Martabak San Fransisco karena harganya beda jauh xixixi. Tapi kalau buat dimakan sendiri saya rasa ukurannya pas (Anda dapet sekitar 5 potong). Karena Martabak Ellyzha masih belum segede Martabak San Fransisco, saya gak nemuin foto2nya..   Martabak Jepang Asia Wah yang ini kok namanya ada jepang-jepang nya? Apa asli dari Jepang? hahaha saya kira awalnya juga iya tapi ternyata tidak. Martabak Asia ini asli dari Bandung dan sistemnya franchising, makanya martabak ini lumayan banyak terdapat di berbagai area di Bandung. Martabak ini dikelola oleh PT Asia Sunrise Food, maybe that's why namanya jadi Martabak Asia. Karena dikelola oleh perusahaan yang jelas, kualitas Martabak Asia mulai dari gerobaknya, kebersihan dan kinerja pegawai, serta kualitas martabaknya sendiri gak main2. Dengan gerobak berwarna merah menyala, Martabak Asia jadi semakin menarik buat dicoba.   Waktu itu saya beli di Gerobak Martabak Asia yang ada di Dago No. 205. Tepatnya ada di depan Warteg dan di dekat gedung yang bertuliskan PUSAIR. Kalau di Martabak San Fransisco ada 4 ragam martabak yang berbeda, di Martabak Asia ada 5; Tasty, Blacksweet, Crispy, Manis, dan Asin. Apa bedanya? Kalau Tasty adonannya dicampur sama daun suji dan esens pandan. Jadi setelah dipanggang, martabak tasty akan berwarna hijau dan beraroma pandan. Hmm yummy! Waktu itu saya nanya kenapa namanya ada 'Jepang'nya, kata si mas nya martabak jenis tasty ini lah yang disebut martabak jepang *mungkin di Jepang banyak kali ya martabak macem begini*        Nah kalau Blacksweet adonan martabaknya dicampur sama biji kokoa dan biji kopi jadi pas udah mateng martabaknya bakalan berwarna coklat kehitaman. Pas dimakan rasanya juga jadi coklat kekopi-kopian. Mungkin kalau isiannya coklat lagi bakalan eneg banget kali ya? Martabak crispy adalah martabak tipker (tipis kering) yang sama dengan yang ada di Martabak San Fransisco. Isiannya juga hanya bisa bahan-bahan manis. Manis adalah martabak manis pada umumnya dan asin adalah martabak telur. Dua2nya memiliki isian yang beragam.    Kalau soal harga, Martabak Asia posisinya ada di tengah antara Martabak San Fransisco dan Elyzha. Sekitaran 10.000 sampai 30.000 tergantung ukuran, jenis, dan isian martabak. Kalau gak salah yang paling mahal adalah martabak jepang atau tasty. Martabak jepangnya sendiri saya belum pernah coba karena waktu itu saya belinya yang martabak tipker isi kacang dan coklat. Kalau dibandingkan sama Martabak San Fransisco, rasanya jadi biasa aja. Agak pahit dan terlalu kering, mungkin karena waktu itu pesanan saya dipanggangnya kelamaan. But, tetep worth to try kok! Mungkin martabak jepangnya memang yang paling enak dan paling banyak disukai pembeli.    Kalau menurut saya ketiga martabak ini sudah cukup untuk membuat perut saya kenyang dan hati saya senang karena rasanya yang jempolan. Gimana nih menurut Martabak Lovers yang berdomisili Bandung? Apa ada martabak2 lain yang gak kalah enak dan harus banget wajib dicoba? Saya pernah baca kalau Martabak Andir juga termasuk martabak favorit, apa ada yang pernah nyoba? Hihi boleh dong di share 
    • By ulie
      Jalan2ers...
       
      Indonesia memang kaya sekali dengan kuliner yang menggunakan bahan-bahan yang sederhana namun memiliki aneka rasa yang unik, bentuk menarik dan tentunya lezaaat.
       
      Tepung kanji atau kita kenal dengan tepung singkong atau tepung tapioka, merupakan salah satu bahan makanan murah yang kaya dengan serat, mengandung karbohidrat dan rendah kalori.
       
      Tepung tapioka biasanya dijadikan sebagai bahan perekat, namun banyak juga panganan yang berbahan dasar tepung tapioka, diantaranya
       
      1. Cireng

       
      2. Cilok

       
      3. Cimol

       
      4. Cenil

       
      5. Kue pepe

       
      6. Kue telur gabus

       
      7. Pempek
       
       
      Kue-kue di atas memiliki tekstur yang kenyal, tapi menurut saya kue berbahan tepung kanji atau tapioka memberikan rasa nyaman dan dingin di perut. (bukan termasuk sambal dan sausnya ya)
       
      Sebenarnya masih banyak jajanan yang menggunakan tepung kanji, hanya saja kadarnya tidak begitu dominan seperti pada pembuatan bakso, klepon, onde-onde, wingko, kue lapis, kue putri mandi, kue mochi dan masih banyak lagi.
       
      Kalo teman2 suka jajanan yang mana, boleh tau donk?
    • By angeline
      buat temen2 semua, saya mau nanya kalo es palubutung atau pisang ijo itu sirupnya harus khusus ya? saya kemaren baru nyobain es pisang ijo ini di bandung, dan seketika saya jadi suka dan ingin nyoba di rumah. saya nanyain ke penjualnya kalo siropnya asli dari makassar, sirop apa ya?beli nya dimana? khusus gitu ?

      buat temen2 yang dari makassar, ada infokah? hemm.... coba dong di share resep andalan pisang ijo nya, saya pengen banget nyobain bikin di rumah. eh iya, kemaren saya nyoba di bandung es palu butung "Marannu" harganya Rp.12.000 seporsi.

      part paling enaknya itu adalah vla sama pisang ijo nya ini. hemmmmm.....saya pokonya mau nyoba di rumah.hiihihi. kurang lebih kaya gini deh ..



      gimana ???bikin ngiler kan??
    • By Pepi.TheExplorer
      ada yang pernah ke muara angke?
      disini enak loh kita beli langsung bahan nya sendiri..
      trus tinggal bawa ke tempat restoran nya..jadi kita bisa milih mana yang bagus .
      harga nya juga murah lagi..