Sign in to follow this  
Followers 0
lictan

Desa di atas ngarai, rocamadour

1 post in this topic

Desa Rocamadour dibangun di atas ngarai di sungai Alzou di barat daya Perancis. Bangunan di desa ini mengundak secara bertahap hingga ke sisi tebing, terlihat sangat curam dan ekstrem. Desa ini pertama dibangun pada abad ke 12 dan menjadi sepi karena perang dan revolusi Perancis. Saat ini daerah ini kembali ramai sebagai tempat wisata dan tempat ziarah untuk menghormati santo Amadour. Dulu Santo Amadour menjadi saksi atas kematian Santo Petrus dan Santo Paulus di Roma. Kemudian beliau datang ke tempat inni dan bertapa.

3145202-Rocamadourcity_Rocamadour.jpg

Rocamadour.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0

  • Similar Content

    • By Traveler Jogja
      Honeymoon adalah saat-saat yang paling diimpikan oleh pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Setelah terjun memasuki tahapan rumah tangga durasi waktu intensif bagi pasangan kadang semakin berkurang. Urusan pekerjaan, & seabrek problem yang hadir di dalamnya seakan-akan lumayan menyita waktu & mengurangi moment-moment penuh romantis bersama pasangan baru.

      Nah, sebelum masalah itu semuanya terjadi, kayaknya acara bulan madu menjadi solusi yang tepat untuk merasai kebersamaan empat mata bersama belahan jiwa. Melakukan bepergian ke destinasi wisata spesial dengan belahan jiwa akan menjadi sebuah kenangan terbaik.

      Agar jadwal bulan madu kamu terasa lebih berkesan kamu pun bisa mengagendakan ke tempat wisata yang romantis. Nggak usah jauh-jauh sampai ke negeri seberang, karena di Indonesia mempunyai beragam tujuan wisata khusus agenda bulan madu kamu agar makin berkesan.

      Di bawah ini beberapa lokasi liburan untuk honeymoon di tanah air. So, selain menumbuhkan rasa cinta pada sejoli juga bakal menyuburkan rasa patirotisme pada tanah tumpah darah tercinta Negeri Indonesia.

      Raja Ampat, Mutiara Surga Tersembunyi di Ujung Merauke


      Belum ada yang menyoal keindahan Pantai Raja Apat. Ya, tujuan liburan ini telah diakui oleh publik sebab pesona alamnya yang cukup memanjakan mata. Deretan kepulauan utama Bantat, pulau Misool, Salawati, & Waigeo bersama bagian pulau-pulau anak di sekelilingnya membuat Pantai Raja Ampat bak sorga dunia.

      Kamu dapat menghabiskan waktu bersama pasangan baru sembari memandang keindahan sepanjang pantai dengan ombak pantai yang jernih dan kerikil pantai putih. Atau dapat melihat kecantikan alam dasar laut menggunakan diving atau snorkelin. Memadu kasih di tempat ini bakal jadi hadiah menarik bersama kekasish yang tak akan pernah kamu lalaikan.

      Ubud Pulau Bali, Kunjungi dan Rasakan Suasana Magis Nan Eksotis


      Pulau Bali tetap konsisten menjadi magnet bagi para pengunjung dengan kecantikan deretan alam dan pantai pesisirnya. Tidak heran jika sebagian besar pasangan pengantin muda yang memilih wilayah ini untuk menghabiskan waktu barengan. Ubud Bali, yups daerah ini memang menjadi kesukaan guna menghabiskan waktu plesiran bersama pasangan tercinta.

      Bentangan sawah yang hijau disertai hutan yang tetap natural dengan kesunyian ala pedalaman desa membuat daya tarik paling utama Ubud Bali. Di Ubub terdapat berbagai rumah makan di hotel sederhana ataupun resort yang bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk kamu & kekasih mengadakan makan malam yang romantis.

      Selain keindahan wisata alam, di Ubub Bali pun terdapat pasar bernama Sukawati yang menjual berbagai budaya ala rakyat Bali. Kamu pun bisa belanja berdua bersama kekasih guna membeli aneka aksesoris untuk hadiah. Selain itu kamu juga dapat melihat pentas akbar tari legong atau tari budaya kecak api yang biasa ditampilkan di daerah puri Agung Sareng.

      Kota Jogja, Setiap Pojoknya Senantiasa Eksotis Untuk Dinikmati Bersama Kekasih Hati


      Ngomong-ngomong tentang Jogja memang tak ada puasnya. Setap ujung dari kota bersejarah ini memiliki keindahan tersendiri. Jogjakarta menyajikan destinasi tempat wisata yang sangat komplit. Bila kamu mau menikmati keakraban eksotis di pesisir pantai, kamu dapat ke Daerah Gunkid. Di tempat tersebut bermacam-macam pantai dengan pasir kerakal dan sajian tenggelamnya matahari yang menawan.

      Mau merasakan romantisme tempo dahulu?? Kamu dapat ajak pasangan kamu jalan menuju ke Wisata Keraton Jogja. Kamu akan merasakan sensasi jadi raja dan permaisuri yang lagi jalan berdua untuk menikmati suasana kerajaan.

      Ingin makin romantis lagi? Jangan lewatkan pemandangan malam di Kota Jogjakarta. Kamu bisa menikmati pengamen jalanan di sepanjang jalan raya Malioboro, atau ngumpul di tempat angkringan bebarengan menikmati panasnya kopi.

      Nah supaya plesiran di kota Jogjakarta makin berkesan kamu dapat mamanfaatkan servis tour and travel Yogya yang melayani berbagai paket plesiran di kota Jogja.

      Intinya Kota Yogyakarta memang sungguh-sungguh menarik, kota yang penuh akan bermacam-macam cerita dan kenangan indah bagi siapa saja yang mengunjunginya.

      Umbul Sidomukti, Menyuguhkan Kecantikan Wisata Alam Di Semarang


      Jawa Tengah juga mempunyai alternatif wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Satu di antaranya destinasi pariwisata kesukaan yang paling banyak dikunjungi yaitu Kolam Umbul Sidomukti. Tempat wisata yang bertempat di wilayah Semarang ini menjadi satu-satunya tempat wisata alam yang menawarkan keindahan pemandangan alam di pegunungan.
       
      Di daerah pariwisata tersebut terdapat kolam air dengan empat tingkat dengan kedalaman yang berbeda-beda. Bayangkan andai kamu bersama pasangan berada di dalam kolam renang di sisi atas bukit dengan pamandangan cantik di wilayahnya. Romatis banget kan?
       
      Di samping kolam renang umum juga ada fasilitas outbond yang bisa kamu lakukan bareng pasangan. Memacu adreanlin bareng dengan kekasih hati tentunya akan menjadikan kamu selalu kepingin saling menjaga dan mensupport satu sama lain.
       
      Di Kolam Umbul juga menyediakan rumah penginapan atau resort yang bisa kamu pakai untuk tinggal bareng kekasih hati. Jika menginginkan suasana baru yang sedikit berbeda kamu bisa menyewa tenda & memanfaatkan fasilitas outbond. Sudah terbayang kan? Alangkah menyenangkan & romantisnya berbulan madu di destinasi wisata ini?

      Danau Toba, Paparan Air Yang Nyaman Dipandang Bareng Kekasih Tercinta


      Siapa yang belum mengerti danau terbesar Danau Toba? Danau indah yang membentang cantik di daerah Sumatera Utara ini merupakan satu-satunya destinasi honeymoon bagi sebagian banyak pasangan yang baru menikah. Pesona daerah alam di Danau Toba Sumatera akan memanjakan dua mata setiap pasangan kekasih yang datang.

      Luasnya bentangan laut biru yang damai selaras dengan pohon-pohon yang hijau di sekitarnya memberikan nuansa alam yang cukup mempesona. Di tempat ini kamu dapat menyewa perahu guna mengarungi Danau Toba barengan pasangan tersayang.

      Tak hanya itu kamu pun dapat mendatangi pulau indah Samosir yang tepatnya berada di antara danau. Di wilayah tersebut kamu dapat melihat aneka budaya khas Masyarakat Batak yang senantiasa lestari. Di seputaran danau juga banyak rumah penginapan yang dapat kamu jadikan sebagai tinggal bermalam bersama kekasih hati.

      Nanggu, Lombok. Honeymoon Seakan Di PantaiPutih Milik Sendiri


      Andai berbicara terkait destinasi wisata, Indonesia sungguh tiada duanya. Hampir saben pulau yang terdapat di negeri Indonesia memiliki lokasi wisata favorit, di antaranya Pulau Lombok tepatnuya di Nusa Tenggara Barat (Provinsi NTB). Di Lombok ada beberapa pulau kecil yang menjadi alternatif daerah wisata.

      Tentu kamu pernah memahami nama Gili Trawangan dan Gili Meno kan? Ya, kedua daerah tersebut memang telah terkenal sebagai tempat wisata mutu internasional. Tapi ada satu daerah lagi di Lombok yang masih minim dijumpai para pelancong yaitu wisata Gili Nanggu.

      Di Wisata Gili Nanggu kamu akan dihidangkan pemandangan pantai putih\pantai jernih yang sangat mempesona dengan hamparan pasir kerakal putih & air ombak lautnya yang jernih. Iklim lautnya yang hening dan masih kecilnya para wisatawan yang berkunjung alhasil sangat sesuai untuk dijadikan tempat bulan madu.

      Kamu bisa menghayati keindahan hayati Gili Naggu sesuka-sukanya. Tempat ini masih cukup hening sehingga seakan-akan kamu berada di private beach.
    • By vie asano
      Bicara tentang pariwisata Bandung, pasti nggak akan bisa lepas dari membicarakan tentang Lembang. Alasannya beragam, namun salah satunya adalah karena di Lembang kerap bermunculan obyek wisata baru yang akhirnya menjadi tren pariwisata Bandung. Jadi, nggak heran kalau Lembang disebut-sebut sebagai primadona wisata di kota berjuluk Paris van Java tersebut.
      Jika kalian berencana untuk mengunjungi Bandung dalam waktu dekat, yuk mari kenalan dulu dengan kawasan Lembang. Apa saja sih daya tarik dari Lembang? Dan, akses mana yang paling mudah untuk mencapai kawasan tersebut jika datang dari luar kota? Simak detailnya dibawah ini.
      *             *             *             *             *
      Informasi Dasar
      Lembang adalah nama sebuah kecamatan di Bandung. Secara administratif, Lembang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bandung Barat. Namun Lembang juga dimasukkan dalam sebuah wilayah bernama Kawasan Bandung Utara, bersama beberapa kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Cimahi. Berikut ini gambaran posisi Kecamatan Lembang dalam peta Kabupaten Bandung Barat.

      Posisi Lembang pada peta Kabupaten Bandung Barat, via slideplayer
      Lembang sendiri terdiri dari 16 desa, dengan luas wilayah yang bervariasi antara 1,8 km² hingga 9,74 km². Suhu udaranya cukup sejuk, rata-rata berkisar antara 17-24° C. Maklum, Lembang ini memang terletak di dataran tinggi karena posisinya sendiri ada di ketinggian 1312-2084 meter dari permukaan laut, dengan titik tertingginya adalah Gunung Tangkuban Perahu. Adapun pembagian desa di Lembang kira-kira seperti ini:

      16 desa di Lembang, via kotakita
      *             *             *             *             *
      Daya Tarik Lembang
      Kalau ditanya “apa sih yang membuat Lembang populer”, jawaban utamanya mungkin karena faktor kesejukan udaranya. Jika dibandingkan dengan wilayah lain di Kota Bandung, Lembang memang relatif lebih sejuk. Itulah mengapa banyak sekali wisatawan yang suka berkunjung ke Lembang, untuk main ke aneka obyek wisatanya maupun sekedar kongkow biasa saja.
      Selain itu, Lembang juga memiliki view yang indah. Terletak di area pegunungan membuat view dari kawasan ini sangatlah menarik, baik view ke arah Kota Bandung maupun view ke arah pegunungan.
      Kawasan Lembang juga menarik untuk dikunjungi karena memiliki banyak sekali opsi obyek wisata. Bahkan, rasanya di kawasan ini (dan kawasan sekitarnya) rutin bermunculan obyek wisata baru nan hits. Dan, daya tarik lainnya terletak pada keragaman wisata kuliner yang bisa dilakukan di Lembang dan sekitarnya.
      *             *             *             *             *
      Obyek Wisata Menarik di Lembang dan Sekitarnya
      Sudah jadi rahasia umum jika Lembang memiliki banyak obyek wisata menarik. Masalahnya, kadang wisatawan kurang paham kalau TIDAK SEMUA obyek wisata populer tersebut tepat berada di Lembang. Sebagian diantaranya berlokasi di daerah sekitar Lembang, seperti Cimahi, Subang, dan di kecamatan lain di Kabupaten Bandung Barat.
      Berikut ini beberapa obyek wisata yang bisa ditemukan di Lembang dan daerah sekitarnya yang cukup dekat di akses dari Lembang. Untuk detail lokasi, silahkan klik nama obyek wisata yang ada di masing-masing topik.
      +             +             +
      Lembang
      1. De’Ranch Lembang 

      De’Ranch Lembang, via deranchlembang
      Dari seluruh obyek wisata yang ada dalam daftar ini, De’Ranch Lembang termasuk salah satu yang lokasinya berada tepat di pusat Lembang. Obyek wisata ini menawarkan pengalaman liburan ala cowboy yang akan digemari oleh anak-anak maupun dewasa. Ingin merasakan serunya menunggang kuda? Memberi makan kuda? Atau jalan-jalan di hutan pinus? Semua bisa dilakukan disini.
      2. Floating Market 

      Floating Market, via sheratonbandung
      Salah satu obyek wisata unik di Lembang karena menawarkan suasana ala pasar terapung seperti di Thailand dan Kalimantan. Ada banyak aktifitas lain yang bisa dilakukan disini, seperti naik perahu, wisata kuliner, dan lain-lain.
      3. The Lodge Maribaya 

      The Lodge Maribaya, via filosotrip
      The Lodge Earthbound Adventure Park & Resort, atau biasa disebut The Lodge Maribaya, merupakan sebuah obyek wisata yang menawarkan berbagai aktifitas bertema alam. Asyiknya, lingkungan di sekitar The Lodge ini terdiri dari hutan pinus, sehingga pemandangannya pun cukup indah. The Lodge ini lokasinya cukup dekat dengan Air Tejun Maribaya, salah satu destinasi wisata favorit lain di area Lembang. Di The Lodge ini kalian pun bisa melakukan camping, lho.
      4. Farm House 

      Salah satu bangunan di Farm House, via mixedupalready
      Farm House ini termasuk salah satu obyek wisata baru karena baru beroperasi pada bulan Desember 2015. Obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah, taman yang cantik, dan aneka rumah hobbit yang sangat Instagramable. Cocok sekali dikunjungi bersama keluarga.
      5. Grafika Cikole 

      Grafika Cikole, via icla.bosmobil
      Satu lagi tempat wisata di Lembang yang menawarkan one stop adventure. Grafika Cikole ini menawarkan banyak fasilitas wisata bagi para wisatawan, mulai dari fasilitas outbound (flying fox, turun tebing, dan lain-lain), kebun strawberi, wisata naik kuda, dan lain-lain. Di sini pun terdapat hotel dan aneka restoran. Namun salah satu highlight fasilitas di Grafika Cikole adalah fasilitas pondok wisata alamnya dan area camping.
      6. Kebun Begonia 

      Kebun Begonia, via kebunbegonialembang.blogspot
      Ingin mengunjungi obyek wisata yang sedikit berbeda dengan obyek wisata lain di Lembang? Cobalah main ke Kebun Begonia yang ada di Jalan Maribaya. Tempat ini merupakan sebuah kebun yang dirancang dengan konsep wisata edukasi konservasi bunga Balinea (dan beberapa jenis bunga lainnya). Tentu saja disini pun terdapat kafe dan restoran, sehingga pengunjung nggak melulu hanya akan menikmati pemandangan bunga saja.
      7. Observatorium Bosscha

      Observatorium Bosscha, via bentaran
      Sesuai dengan namanya, Observatorium Bosscha memang merupakan sebuah tempat peneropongan bintang. Bahkan tempat ini merupakan salah satu peneropongan bintang tertua di Indonesia lho. Jika ingin berkunjung bersama keluarga maupun perorangan, kalian bisa datang pada hari Sabtu (pukul 09.00-13.00) untuk melihat cara kerja teleskop Zeiss (hanya demonstrasi/penjelasan saja). Namun terkadang dibuka juga kesempatan untuk bisa ikut meneropong di malam hari.
      8. Taman Hutan Jaya Giri Lembang

      Pepohonan di Taman Hutan Jaya Giri, via davidmualim.blogspot
      Tempat ini merupakan sebuah taman penghubung sekaligus hutan yang ada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Jika kalian suka dengan wisata bertema alam, Taman Hutan Jaya Giri ini bisa jadi pilihan asyik, karena disini kalian dapat melakukan berbagai aktifitas outdoor seperti hiking dan camping.
      9. Lainnya

      Imah Seniman, via booking
      Masih banyak tempat wisata lain di wilayah Lembang yang belum disebutkan dalam daftar di atas, seperti Air Terjun Maribaya, Taman Hutan Junghuhn, Rumah Sosis, Imah Seniman, dan lain-lain.
      +             +             +
      Di Sekitar Lembang
      1. Kampung Gajah Wonderland 

      Salah satu atraksi di Kampung Gajah, via news.lewatmana
      Namanya boleh saja Kampung Gajah, tapi bukan berarti tempat ini adalah nama sebuah kebun binatang. Kampung Gajah Wonderland merupakan sebuah obyek wisata yang populer akan waterpark-nya. Tak hanya memiliki waterpark berukuran luas, di Kampung Gajah ini juga terdapat puluhan wahana permainan dan restoran.
      2. Dusun Bambu 

      Salah satu spot di Dusun Bambu, via dusunbambu
      Salah satu obyek wisata favorit di sekitar Kolonel Masturi, Parongpong. Dusun Bambu menawarkan beragam pilihan aktifitas wisata untuk beragam usia, sehingga tempat ini cocok sekali disambangi oleh keluarga. Selain itu, di Dusun Bambu ini juga terdapat beberapa restoran hingga penginapan.
      3. Gunung Tangkuban Perahu

      Gunung Tangkuban Perahu, via bisniswisata
      Gunung Tangkuban Perahu selalu sanggup memukau wisatawan untuk datang dan berkunjung ke sana. Gunung yang lekat dengan legenda Sangkuriang tersebut memiliki beberapa kawah vulkanik yang selalu terlihat fotogenik saat diabadikan oleh lensa kamera.
      4. Pemandian Air Panas Ciater

      Ciater, via indonesiadestinations
      Ciater bisa jadi merupakan salah satu pemandian air panas paling terkenal di Bandung, sekalipun secara administratif pemandian ini terletak di Kabupaten Subang. Ciater ini nggak begitu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, sehingga nggak sedikit wisatawan yang mengunjungi Ciater dan Tangkuban Perahu dalam satu kesempatan.
      5. Jendela Alam 

      Jendela Alam, via tempatwisataku-indonesia.blogspot
      Jika mencari tempat wisata edukasi bagi anak-anak, cobalah untuk mempertimbangkan Jendela Alam. Di tempat ini anak-anak dapat belajar segala hal bertema alam, mulai dari menanam di kebun, panen, memelihara ternak, dan lain-lain.  
      6. Situ Lembang 

      Situ Lembang, via tandapagar
      Situ Lembang mungkin bukan obyek wisata populer bagi wisatawan yang sering pergi ke Lembang sekalipun. Maklum, lokasi Situ ini memang agak nyempil. Selain itu, Situ Lembang ini sebetulnya tertutup untuk wisatawan karena tempat ini kerap dijadikan lokasi latihan Kopassus. Untuk dapat masuk kesini, kalian harus mengajukan ijin lebih dulu. Tapi percayalah, pemandangan di Situ Lembang ini memang sangatlah indah dan eksotis, sehingga layak untuk diperjuangkan.
      *             *             *             *             *
      Yang Wajib Dilakukan di Lembang
      1. Mengunjungi Berbagai Obyek Wisata-nya

      Curug Omas di Maribaya, via maribayabandung
      Sudah tahu kan kalau Lembang dan sekitarnya memiliki banyak obyek wisata menarik? Jelas sekali kalian wajib mengunjungi aneka obyek wisata tersebut saat berada di Lembang.
      +             +             +
      2. Wisata Kuliner
      Mau tahu apa saja kuliner khas yang wajib dicoba selama berada di Lembang? Berikut ini sebagian diantaranya.
      A. Susu Murni

      Salah satu tempat populer untuk mencari susu murni Lembang, cia semestatrans.blogspot
      Lembang memang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil susu di Bandung. Jadi, mencicipi susu murni jelas menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba selama berada di Lembang. Salah satu tempat paling populer untuk mencicipi susu murni adalah Sumur Lembang yang berada di Jalan Raya Lembang no 303. Namun jika ingin membeli susu murni literan, kalian bisa melipir ke KPSBU Lembang yang terletak di Jalan Seskoau Lembang.
      B. Yoghurt Lembang

      Salah satu tempat penjualan yoghurt Lembang, via urbandung
      Selain dikenal sebagai salah satu daerah penghasil susu, Lembang juga populer akan yoghurt-nya lho. Sama seperti susu murni, kalian juga dapat membeli yoghurt literan di KPSBU Lembang. Jika sekedar ingin icip-icip, yoghurt Lembang ini cukup mudah ditemukan di berbagai restoran di Lembang.
      C. Ketan Bakar

      Ketan bakar, via sebandung
      Ketan Bakar termasuk salah satu kuliner yang mudah sekali ditemukan di sekitar Lembang. Paling enak menikmati cemilan ini sambil dicocol ke sambal saus kacang atau sambal oncom, sambil duduk-duduk menikmati suasana.
      D. Tahu Susu

      Tahu susu Lembang, via travel.kompas
      Tahu Susu merupakan salah satu kuliner khas dari Lembang yang wajib dicoba oleh wisatawan. Bentuk tahu ini sebetulnya tak berbeda dengan tahu biasa. Hanya saja, tahu ini diolah dengan mencampur kedelai dengan susu murni, sehingga rasanya jadi lebih gurih, lebih padat, sekaligus lebih lembut dari tahu biasa. Tak sulit untuk mencari kuliner ini, karena Tahu Susu terletak di jalur wisata utama di Lembang.
      E. Sate Kelinci

      Sate kelinci, via ezatuleliza.blogspot
      Saat mendengar nama “sate kelinci”, mungkin tak sedikit yang langsung menolak untuk memakan kuliner ini. Habis, kelinci kan lucu. Memangnya tega makan daging kelinci?
      Walau kelinci lucu, tapi daging kelinci memang terkenal enak. Dan sate kelinci termasuk salah satu kuliner khas yang bisa ditemukan di Lembang. Pedagang sate kelinci mudah ditemukan di sepanjang jalur jalan menuju Lembang (dari Bandung), dan mudah dikenali karena (biasanya) memiliki kandang kelinci di depan kiosnya.
      +             +             +
      3. Nongkrong di Kafe atau Resto Keren

      Nongkrong di salah satu warung gaul Cikole, via lembangwisata.blogspot
      Lazimnya sebuah tempat yang memiliki suhu udara relatif sejuk dan pemandangan alam yang cukup indah, tak sulit untuk menemukan aneka kafe dan resto keren di sekitaran Lembang. Mulai dari tempat makan pinggir jalan, hingga restoran yang menawarkan fine dining, semua bisa ditemukan di Lembang (dan daerah sekitarnya).

      Kampung Daun, salah satu restoran di Jalan Sersan Bajuri, via gotravelly
      Jika kalian memiliki budget terbatas namun ingin nongkrong santai sambil menikmati suasana, kalian dapat melipir ke daerah Cikole. Di sekitar daerah tersebut banyak terdapat warung-warung gaul yang cukup populer di kalangan anak muda. Namun jika ingin merasakan suasana bersantap yang lebih wah maupun romantis, kalian dapat melirik berbagai kafe dan restoran yang ada di sekitar Jalan Sersan Bajuri dan Jalan Kolonel Masturi (masuk dalam wilayah Kecamatan Parongpong).
      +             +             +
      4. Melakukan Berbagai Aktifitas Outdoor

      Camping di Grafika Cikole, via gracesaan.blogspot
      Ingin melakukan hiking? Atau mungkin sesekali ingin camping dan menikmati rasanya tidur di tengah alam bebas? Kalian bisa melakukan semua itu di Lembang. Untuk referensi tempat mana saja yang cocok sebagai tempat hiking maupun camping, silahkan lihat lagi daftar aneka obyek wisata di Lembang dan sekitarnya.
      +             +             +
      5. Duduk Manis Menikmati Suasana
      Kadang, terlalu banyak pilihan malah bikin jadi bingung. Begitu juga dengan obyek wisata di Lembang. Saking banyaknya pilihan untuk disambangi, bisa-bisa malah membuat kita jadi bingung menentukan obyek mana yang harus dikunjungi lebih dulu.
      Kalau misalnya masih bingung menentukan pilihan, atau mungkin bingung karena memiliki budget wisata yang terbatas, tenang saja. Lembang cukup asyik untuk dinikmati sambil duduk manis kok. Pergi saja ke daerah yang tinggi seperti Cikole, atau ke arah gunung, atau mungkin ke arah perkebunan teh, dan kalian bisa duduk-duduk sambil menikmati suasana alam. Wisata asyik nggak melulu harus melibatkan budget fantastis, bukan?
      *             *             *             *             *
      Akses Menuju Lembang
      Ada 3 cara paling populer untuk mencapai Lembang: via Bandung, via Cimahi, atau via Subang. Untuk gambaran mengenai rute-nya, silahkan klik hyperlink yang ada di setiap rute.
      Melalui Bandung
      1. Rute 1 [via Pasteur-Setiabudhi-Lembang] - Jika menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa keluar lewat pintu tol Pasteur, dan ambil jalan menuju Setiabudhi. Terus ikuti jalan utama menuju utara hingga tiba di Lembang. Untuk variasi lainnya, kalian bisa melewati Jalan Sarijadi (melewati mall Paris Van Java), lanjut terus ke utara hingga mencapai Lembang. Silahkan klik link ini untuk rute jelasnya. Ngomong-ngomong, rute ini merupakan rute favorit untuk mencapai Lembang. Ada banyak obyek wisata keren maupun tempat makan di sepanjang jalur ini. Konsekuensinya, rute ini lumayan ramai (baca: macet) khususnya di akhir pekan.
      2. Rute 2 [via Dago-Pagermaneuh-Lembang] - Alternatif lainnya, kalian bisa pergi dari Jalan Ir.H.Djuanda (Dago) untuk mencapai Lembang (klik hyperlink untuk rute detailnya). Hanya saja jalan ini memang lebih kecil, agak memutar, namun relatif lebih sepi dan cukup jarang terkena macet. Sebagai catatan, kondisi jalur ini mayoritas berupa tanjakan dan berkelok-kelok. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum memutuskan lewat jalur ini.
      3. Rute 3 [via Punclut] - Sama seperti Rute 2, jalur ini pun cukup berkelok dan melewati serangkaian tanjakan. Beberapa tanjakan cukup curam, jadi siapkan kendaraan kalian sebelum melewati jalur Punclut.
      4. Rute 4 [via Dago Giri] - Rute ini merupakan salah satu rute alternatif untuk mencapai Lembang. Sama seperti Rute 2 dan Rute 3, rute ini pun melewati jalur yang tidak terlalu lebar, berkelok-kelok, dan menanjak – namun relatif lancar jika dibandingkan dengan Rute 1.
      5. Rute 5 [via kendaraan umum] – Jika ingin naik kendaraan umum, kalian bisa naik angkot jurusan apa saja yang melewati atau berhenti di Terminal Ledeng. Selanjutnya, jika tujuannya langsung ke Lembang, kalian bisa naik angkot jurusan St.Hall – Lembang. Namun jika ingin main ke daerah Parongpong (untuk mengakses Dusun Bambu, Kampung Gajah, dan lain-lain), dari Terminal Ledeng naiklah angkot ke Parongpong.
      Melalui Cimahi/Cisarua
      1. Rute 1 [via Kolonel Masturi] - Jika berangkat dari Cimahi, kalian bisa mengakses Lembang melalui Jalan Kolonel Masturi. Jalan ini memang melingkar dan berkelok-kelok, namun di sepanjang jalan ini terdapat banyak sekali obyek wisata menarik.
      2. Rute 2 [via Cihanjuang] - Jalur ini pun melewati rute yang berkelok-kelok, dan akhirnya menyambung di Jalan Kolonel Masturi. Untuk variasi lain, kalian bisa memutar rute ini untuk melewati Jalan Sersan Bajuri (untuk mengakses Kampung Gajah) sebelum mencapai Lembang (klik link berikut ini).
      Melalui Subang
      1. Rute 1 [via tol Sadang] - Rute cukup sering dipilih oleh wisatawan yang berangkat dari Jakarta, khususnya sebelum Tol Subang beroperasi. Rute ini melalui Pemandian Air Panas Ciater, Gunung Tangkuban Perahu, Cikole, dan beberapa obyek wisata lainnya sebelum mencapai Lembang.
      2. Rute 2 [via tol Subang] - Setelah Tol Cikopo – Palimanan resmi beroperasi, wisatawan dari Jakarta bisa menggunakan pintu tol Subang untuk mencapai Lembang.
      *             *             *             *             *
      Note:
      Foto diambil dari berbagai sumber tanpa ada editan tambahan lain selain proses resizing.
       
       
       
    • By Fauzan Ammary
      Slovakia, ada yang pernah denger? pasti ada, tapi waktu masih bareng Ceko. 
      Slovakia secara geografi berada di Eropa Timur, di antara Austria dan Hungaria. Ibu kota dari Slovakia, adalah Bratislava, sebuah nama yang sangat asing jika di bandingkan dengan Vienna/Wina dan Budapest. Dua kota yang saya sebutkan barusan merupakan destinasi yang sangat populer, walaupun di bandingkan dengan Paris atau London masih kalah jauh, tetapi soal keindahan, jangan di tanya, saya lebih memilih Budapest di banding Paris, soal kecantikan tentu saja Paris kalah jauh. 
      Back to Bratislava, saya menuju kota ini saat sedang Christmas break, jadi sekttaran bulan desember, suhunya waktu itu skitar minus 12 dan diselimuti salju. Saya menuju kota ini melalui Vienna, naik bus dari Vienna harganya cukup murah, hanya 4 euro malah kadang kalau promo hanya 1 euro atau kalo di Indonesiakan harganya sekitar 15 tribu rupiah. Jarak tempuh dari Vienna hanya 1 jam saja.  

      Setibanya di Bratislava, saya dan teman saya langsung menuju hostel, karna udara yang cukup dingin. Setelah menemukan hostel kami, kami lalu sedikit istirahat lalu mandi dan siap2 menuju tempat makan, saya lupa remesan makanan apa tapi yang pasti bentukannya bisa diliat di gambar berikut.

      Setelah makan kami berjalan kaki menuju sisi sungai Danube, oh ya sungai ini melintasi 4 ibu kota di Eropa, yaitu Vienna, Bratislava, Budapest, dan Belgrade. dari sini kita bisa melihat landmark kota Bratislava yang berada di atas bukit (gambar 3)

      keesokan harinya, saya balik ke sisi sungai ini untuk mengambil foto siang hari (gambar 4) kali ini saya muncul muka saya nggk papa ya ehehehe. Bratislava sendiri tidak banyak yang bisa dilihat, tapi cukup buat merasa keunikannya. Mengapa saya katakan unik, karena ini sebuah ibu kota negara anggota Uni Eropa tapi tidak terasa seperti salah satu anggotanya. Sayangnya saya tak bisa banyak mengunjungi penjuru kota, di karenakan harus segara ke Budapest di sore hari. 

      Saya berbagi gambar aja ya :)
      Gambar ke 5, kedubes United Kingdom untuk Slovakia. Unik kan? bisa di bomb nih kalo ada yang jengkel ahaha

      Gambar ke 6, gedung opera Bratislava, jangan bayangin yg fancy kayak punya Paris ya ehehe 

      Gambar ke 7, Bratislava dari dilihat dari atas Castle yang sy tunjukan sebelumnya

      Gambar ke 8, Ditunggu kunjungan ke Bratislava guys  

       

       
       
       
       
       
       
       
    • By bisakali
      Bandung begitu populer sekali sebagai sebagai kota wisata, bahkan juga tiap-tiap akhir minggu nyaris 50% kendaraan yang ada di bandung di dominasi dari luar daerah.
      Bandung nyaris mempunyai semuanya segi wisata, dari kuliner, pemandangan alam, edukasi, hiburan anak, hingga tempat berbelanja semua nyaris ada di kota yang mempunyai julukan kota kembang.
      Satu diantara lokasi wisata paling favorite beberapa penggemar traveler ada di lokasi bandung sisi barat yang begitu populer dengan lokasi Lembang serta Gunung Tangkuban Perahu, dan bandung sisi selatan dengan Pesona Kawah Putih Ciwidey. Bahkan juga banyak agen travel yang sediakan paket wisata di bandung.
      Diluar itu Kota Bandung begitu mensupport faktro akomodasi seperti hotel serta transportasi, bukan sekedar itu bandung sangatlah banyak industri-industri kreatif yaitu, banyak musik-musik kreatif, dari band, solo, dan musik tradisional yang dikemas dengan cara moderen.
      Bukan sekedar musik saja, banyak perajin-perajin kreatif yang telah Go International, dan kulinernya yang enak serta unik lantaran mereka mengemasnya dengan cara unik.
      Dengan memproses makanan tradisional jadi satu sajian yang nikmat serta moderen, hingga begitu menarik untuk di cobalah oleh turis lokal ataupun mancanegara.
      Semakin penasaran bukanlah dengan obyek wisata yang ada di Bandung? Segera saja kita simak Tempat Wisata di Bandung berikut ini :
       
      Tempat Wisata Dusun Bambu Lembang Bandung

      Dusun Bambu Adalah ikon wisata baru di Lembang Bandung, lantaran tempat itu adalah satu lokasi yang memberi paduan semua kelebihan lokasi wisata di Lembang Bandung.
      Fasilitasi dusun bambu dilengkapi dengan cafe Burangrang, adalah tempat makan yang populer dengan lutung kasarung. Bila anda menginginkan nuansa romantis, cafe Purbasari menghidangkan restoran yang bakal bikin pengunjung makin romantis.
      Janganlah senang dahulu, dusun bambu juga memberi wisata berbelanja ala pasar tradisional yang didesain khas dusun bambu. Sesudah capek nikmati wisata, anda dapat juga beristirahat di Villa dusun bambu kampung layung.
      Dusun bambu ada di kaki gunung tangkuban serta pegunungan burangrang yang masihlah begitu asri populer dengan sebutan wisata rimba kota Bandung. Hawa sejuk di siangan hari serta dingin pada malam hari.
      Alamat : Jl. Kertawangi komplek Komando Cisarua Barat
      Jam operasional : Sehari-hari jam 08. 00 – 21. 00 WIB
      Ticket : Rp. 15. 000/orang (anak di bawah 3 th. gratis)
       
      Tempat Wisata Kawah Putih Bandung

      Kawah Putih Bandung adalah obyek wisata paling populer di kelompok wisatawan, nyaris semuanya yang ke bandung tentu pernah bertandang ke sini. Anda bakal di manjakan oleh pesona panorama alam yang begitu indah.
      Mata anda takan mampu berkedip lantaran sejauh mata melihat, anda bakal begitu sayang untuk melewatkannya walaupun cuma satu kedipan mata saja lantaran dataran putih yang tampak berwarna putih seperti salju.
      Danau yang berwarna putih kehijauan ini, sesekali beralih sesuaikan aspek cuaca yang punya pengaruh pada tinggi rendahnya suhu, dan kandungan belerang yang terkadung di kawah putih itu. Sebagai catatan saja, sebaiknya membawa masker lantaran bau sulfur yang terkadang menyengat bakal menggangu wisata kamu
      Lantaran mempunyai pesona pemandangan yang indah, banyak wisatawan yang memakai lokasi wisata kawah putih ciwidey ini untuk tempat kepentingan Pre-Wedding, shooting film, serta pembuatan video clip.
      Tempat : Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
      Ticket : Rp. 18. 000/Orang (Lokal), Rp. 50. 000/Orang (Asing)
       
      Tempat Wisata Taman Begonia Bandung

      Taman begonia adalah taman bunga yang begitu populer kehadiran dan popularitasnya didunia maya. Beberapa Netizen tercuri hatinya sesudah lihat sebagian gambar yang terdokumentasi di sosial media.
      Taman ini memberi sensai langkah nikmati keindahan bermacam bunga khas asli Indonesia serta Mancanegara, satu diantara banyak bunga yang populer di taman begonia adalah bunga canti datang dari pulau dewata yakni adalah bunga Balinea.
      Beberapa hal yang mengagumkan bila anda bertandang ke taman begonia, bukan sekedar nikmati indahnya konvervasi bunga, tetapi juga ada nikmati wisata alam bandung lembang yang berudara sejuk, tenang serta mata anda bakal dimanjakan dengan semua kehijauan bumi pasundan.
      Janganlah cemas bila perut anda kosong, di sini ada satu Cafe Bandung yang mempunyai view hamparan taman bunga balinea pancarkan merah menyala. Pikirkan saat anda menyantap lezatnya kuliner bandung berhiaskan taman bunga.
      Alamat : Jalan maribaya N0 120 A Lembang
      Ticket : Rp 10. 000/orang
       
      sumber : Wisata Alam di Bandung
    • By citrariana
      Cantiknya Maladewa
      Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan  suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Berikut beberapa wisata di Maladewa
      1.       Naifaru

      Naifaru adalah sebuah pulau di Maladewa 142 km (88 mil) utara ibukota, Malé. Anda dapat melihat pantai dengan hamparan pasir putih yang indah. Yang bisa Anda lakukan di sana adalah snorkeling dan scuba diving menikmati indahnya terumbu karang.
      2.       Hulhule Island

      Ini adalah salah satu pulau yang paling dekat dengan pulau ibukota Maladewa. Sudah terdapat beberapa hotel mewah di kawasan ini. Beberapa hotel memberikan fasilitas olahraga golf, voli, tenis, dan badminton. Anda juga bisa bersantai sambil menikmati SPA khas Maladewa.
      3.       Maladewa

      Merupakan ibu kota Maladewa  yang terkenal di tempat ini adalah “hukuru miskiiy mosque”. Merupakan masjid tertua yang memiliki ornament menarik. Uniknya, masjid ini dibangun dari batu karang. Masjid ini telah dimasukkan ke dalam daftar budaya Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008 sebagai contoh unik dari arsitektur budaya laut. Kota Maladewa memiliki pemandangan selayaknya kota maju lainnya yaitu dengan bertebarannya gedung pencakar langit.
      4.       Kota Addu

      Addu Kota adalah sebuah kota di Maladewa yang terdiri dari pulau-pulau berpenghuni dari atol selatan nusantara. Terdapat beberapa hotel yang siap untuk ditempati. Anda bisa bersepeda mengelilingi desa di Addu sambil mempelajari gaya hidup masyarakat sekitar.
      5.       Hanimaadhoo

      Tempat ini adalah suarganya pantai tropis di Maladewa. Hamparan pasir putih dengan hangatnya sinar matahari akan menyempurnakan liburan Anda di pulau tropis. Bagi Anda yang ingin mengarungi pantai, terdapat kapal kecil yang akan menemani Anda. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana, Anda dapat penyewa penginapan di sekitar pantai.
      Tertarik ke Maladewa? Anda dapat naik pesawat menuju Maladewa. Pilih pesawat yang telah memiliki sistem check-in online seperti dari maskapai Tigerair yang akan memudahkan Anda dalam bepergian.
      Selamat berlibur!
    • By Wira Tour Jogja
      Bantul dengan beragam potensi alam dan masyarakatnya menjadikan salah satu wilayah di Provinsi DIY yang memberikan kontribusi di bidang pariwisata, seni dan budaya. Parangtritis, Sentra Kerajinan Kulit-Manding, Kasongan, Pantai Baron dan masih banyak tempat yang memiliki potensi wisata baik lokal maupun mancanegara. Keterbatasan secara materiil yang berpengaruh terhadap modal bagi usaha kecil tidak menghambat maupun menurunkan kreativitas masyarakat Bantul dalam mengembangkan potensi mereka dengan alam. Segala jenis tumbuhan dan kondisi alam dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pemenuhan kebutuhan yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk kerajinan.

      Salah satu alternatif memperkenalkan produksi kerajinan kepada masyarakat lokal maupun mancanegara dalam satu wadah yaitu dibangunnya kawasan Pasar Seni Gabusan. Terletak di Jalan Parangtritis km. 9 yang merupakan kawasan yang strategis karena berdekatan dengan Sentra Kerajinan-Manding dan Tembi yang memiliki sekitar 50 homestay khas kampung yang sangat disukai wisatawan asing. Selain komoditas hasil kerajinan yang dipasarkan, Kawasan Pasar Seni Gabusan juga menyediakan tempat untuk menyelenggarakan ajang kreativitas dan seni seperti pagelaran wayang kulit, pertunjukkan musik, pameran maupun acara tertentu yang terkait dengan potensi daerah.

       
    • By Mukhlas Al Abrar
      Wisata Bandung - Kota Bandung memang menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Dari mulai wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya semua ada di sini. Udaranya yang sejuk, serta lengkapnya fasilitas yang disediakan menjadi alasan wisatawan selalu berkunjung ke Bandung. Selain itu setiap tahunnya Bandung selalu menyuguhkan objek wisata yang baru yang mampu memikat hati para wisatawan untuk datang berkunjung lagi ke kota bandung.   Apabila kamu berlibur ke Bandung, berikut 8 tempat wisata baru di Bandung dan sekitarnya yang wajib dikunjungi    Baca Juga : 8 objek wisata di jogja dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi 1. Farmhouse Lembang 
      Pakaian dan Nuansa Ala Eropa Klasik di Farmhouse Lembang, Bandung   Berkonsepkan suasana ala Eropa, Farmhouse menjadi objek wisata baru di Bandung yang wajib dikunjungi. Beralamat di jalan Raya Lembang 108, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini selalu ramai di kunjungi wisatawan dalam maupun luar kota, terutama saat libur weekend. Disini kamu akan menemukan nuansa kental Eropa klasik, seperti peternakan ala Eropa, Desa Kurcaci dan masih banyak lagi. Pastikan kamera kamu selalu siap, karena setiap sudutnya bisa dijadikan objek foto yang keren.   Fasilitas yang disediakan pun terbilang lengkap seperti Mushola, Cafe hingga Toko Souvenir ada disini.
      Harga Tiket  : Rp.20.000 Lokasi          : Lihat Disini 
        2. Dusun Bambu 
      Naik Perahu di Dusun Bambu Cisarua, Bandung   Bagi kamu yang ingin rekreasi keluarga, Dusun Bambu adalah tempatnya. Beralamat di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata baru di Bandung ini mengusung konsep Back to Nature. Disini kamu bisa merasakan suasana liburan ala Desa nan Modern. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan disini seperti bersepeda, naik perahu kayu, atau sekedar bersantai bersama keluarga sambil menikmati sejuknya udara pergunungan Lembang.
      Fasilitas yang disediakan disini pun cukup lengkap. Bagi kamu yang ingin menginap, disini juga disediakan villa unik dengan konsep Cottage.
      Harga Tiket  : Rp.15.000 Lokasi          : Lihat Disini 3. Kampung Gajah Wonderland
      Rekreasi Wisata Alam Kampung Gajah Wonderland Bandung   Kampung Gajah Wonderland merupakan tempat wisata baru di Bandung. Berlamat di Jalan Sersan Bajukari KM 3.8, Cihideung, Parompong, Kabupaten Bandung Barat. Di sini kamu bisa berwisata kuliner dan berwisata belanja. Selain itu tempat ini juga memiliki banyak wahana permainan, seperti ATV, Side Car, Tubby, Bumperboat, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin ingin bermain aktivitas air, disini juga ada Waterboom. 
      Harga Tiket  : Rp.10.000 - 20.000 Lokasi          : Lihat Disini
        4. Sendang Geulis Kahuripan
      Berenang di Sendang Geulis Kahuripan Cikalong Wetan, Bandung   Sendang Geulis Kahuripan merupakan Objek wisata alam baru di Bandung. Terletak di Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata yang dikenal dengan nama telaga Cikahuripan Padalarang ini merupakan sumber mata air alami. 

      Airnya sangat jernih dan bersih, saking jernihnya kita bisa berfoto selfie di dalam airnya. Tak heran tempat ini begitu fenomenal di kalangan para anak muda kekinian. Fasiltas yang disediakan pun cukup lengkap seperti warung, tempat bilas dan saung tempat bersantai.
      Harga Tiket  : Rp.10.000 Lokasi          : Lihat Disini 5. Sangyang Heuleut
      Bersantai Menikmati Keindahan Sanghyang Heuleut Cipatat, Bandung   Sanghyang Heuleut merupakan objek wisata alam baru di Bandung. Tempat ini sedang hits bagi kalangan traveller. Terletak di Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi bebatuan yang berbukit. Disini kamu bisa berenang, bersantai di tepi danau atau bahkan berkemah bersama teman. Fasilitas disini memang masih sangat minim. Namun panorama alamnya sangat indah.    Harga Tiket : Gratis Lokasi : Lihat Disini   6. Curug Bubrug 
      Bersantai Sembari menikamati indahnya Curug Bubrug Parompong, Bandung   Curug ini merupakan wisata alam baru di Bandung. Terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung Barat. Objek wisata satu ini masih sangat terjaga keasriannya.  Sejuknya udara serta indahnya panorama alam Curug Bugbrug mampu membuat kamu betah berlama - lama di Curug tersebut.  Selain itu kamu bisa menyaksikan air terjun yang jatuh dari atas ke bawah membentuk sebuah kolam sedalam 3 meter. Tapi sangat disayangkan, kamu tidak bisa berenang di kolam tersebut, karena terdapat pusaran air di dalam kolamnya.   Tapi kamu tak usah kecewa, disini kamu dapat bersantai menikmati sepiring indomie dari atas saung sembari menikmati keindahan panorama alam Curug Bugbrug yang akan memanjakan mata kamu. .     Harga Tiket  : Rp.7.500 Lokasi          : Lihat Disini   7. Stone Garden
      Pemandangan Stone Garden Cipatat, Bandung   Stone Garden merupakan tempat wisata baru di Bandung yang selanjutnya wajib dikunjungi. Terletak di kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Dari atas ketinggian 900 Mdpl kamu dapat menyaksikan hamparan hijau pepohonan yang sangat indah. Puncak bukit ini sendiri mempunyai taman batu. Taman ini menjadi incaran bagi para pengunjung yang ingin berfoto selfie.   Harga Tiket  : Rp.5000 Lokasi          : Lihat Disini  8. Tebing Keraton 
      Keindahan Panorama Alam Tebing Keraton Bandung   Bagi kalangan traveller tebing ini mungkin tempat yang wajib di kunjungi. Tebing keraton merupakan objek wisata alam yang baru dan cukup populer di Bandung. Berada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Dari atas ketinggian kamu bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah, tampak keindahan kota Bandung begitu jelas dari atas ketinggian Tebing. Pastikan kamera kamu selalu siap karena tempat ini sangat cocok dijadikan objek foto dengan latar belakang pemandangan kota dan hamparan pepohonan nan hijau.   Harga Tiket  : Rp.11.000 Lokasi          : Lihat Disini  

      Baca Juga :8 objek wisata di lombok yang terkenal dan wajib dikunjungi

      Demikian ulasan seputar tempat wisata baru di Bandung.