Silverline

Oleh2 Khas Makassar: Minyak Gosok Cap Tawon

23 posts in this topic

Sebagai orang Indonesia, kurang afdhol rasanya kalau jalan2 tanpa membawa oleh2 untukk orang2 yang ditinggalkan. Kalau jalan2 ke Makassar, ternyata bukan kopi khas makasssar, ikan laut, ataupun awetan kupu2 saja yang bisa kita jadikan sebagai oleh2. Minyak gosok cap tawon pun bisa kita jadikan oleh2.

Ada banyak minyak gosok yang beredar di pasaran, dibuat oleh perusahaan besar, iklannya masuk sampai ke tv. Minyak gosok cap tawon (biasa disingkat dengan minyak tawon) dipasarkan hanya dari mulut ke mulut. Informasi khasiatnya diteruskan dari generasi ke generasi, dan hanya diproduksi di Makassar. Kurang Indonesia rasanya kalau tidak tau minyak tawon. :)

makassar-19.jpg

Saya bukannya lagi jualan, tapi memang begitulah adanya. Tante saya sampai selalu sedia minyak tawon di rumahnya. Berbahan dasar minyak kelapa, minyak kayu putih, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, dan bawang, minyak tawon ini banyak sekali manfaatnya. Bisa digosokkan ke badan, kalau masuk angin. Bisa dicampur air kemudian diminum, kalau batuk2 dan radang tenggorokan. Bisa juga untuk mengobati luka. Lengkap deh.

Saat ini di pasaran tersedia dalam botol kecil dan botol besar. Tersedia juga dalam tutup merah (panas) dan tutup putih (sangat panas). Silahkan pilih sesuai kebutuhan. Ada yang belum tau tentang minyak tawon ini?

Share this post


Link to post
Share on other sites

ia saya pernah pakai nih kalau digigit serangga, tapi dulu. sekarang sudah abis, jadi beli merek2 yang biasa aja di supermarket.

ga ada yang ke makasar sih jadi bingung gmana belinya

Share this post


Link to post
Share on other sites

ia saya pernah pakai nih kalau digigit serangga, tapi dulu. sekarang sudah abis, jadi beli merek2 yang biasa aja di supermarket.

ga ada yang ke makasar sih jadi bingung gmana belinya

bisa nitip bro kalo mau nitip ntar pas ke makasar lagi, hehe *jadi jualan deh

Yang sering ane denger oleh2 dari makasar sih biasanya balo atau cap tikus deh..

:lol:

cap tikus? balo? malah baru denger ini. apaan ya itu om?

Share this post


Link to post
Share on other sites

ia saya pernah pakai nih kalau digigit serangga, tapi dulu. sekarang sudah abis, jadi beli merek2 yang biasa aja di supermarket.

ga ada yang ke makasar sih jadi bingung gmana belinya

minyak tawon di daerah saya mojokerto bisa dibeli di apotik2 atau toko2 obat, gampang kok ngga susah nyarinya. Minyak tawon tidak hanya untuk obat gosok tapi juga bisa untuk minyak urut/pijat (pegal2), digigit serangga atau nyamuk, masuk angin,memar2, pokoknya multifungsi neh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

widih, oleh2 bukan cuma makanan ato baju ya sekarang? tapi minyak gosok pun bisa jadi oleh2, mantap. unik deh pokok nya :D

minyak tawon di daerah saya mojokerto bisa dibeli di apotik2 atau toko2 obat, gampang kok ngga susah nyarinya. Minyak tawon tidak hanya untuk obat gosok tapi juga bisa untuk minyak urut/pijat (pegal2), digigit serangga atau nyamuk, masuk angin,memar2, pokoknya multifungsi neh.

etapi jadi yang bener minyak tawon itu cuma diproduksi di makassar ato ada juga yang dari daerah lain? apa minyak tawon yang dari mojokerto bukan minyak gosok khas tawon? mau dong klarifikasinya mas mbak :) biar gak salah beli oleh2 nih kalo ke makassar

Share this post


Link to post
Share on other sites

widih itu alkohol buat diminum mas? apa maksudnya bir? serem juga ya bisa dijadiin bahan bakar :D berarti badan kita kebakar habis dong ya kalo minum itu. wong kendaraan yang mesin aja bisa jadi nyala kalo minum itu kok haha..

kenapa namanya cap tikus ya? bukan pake bahan dasar dari tikus kan? hiii

Tanyakan pada orang2 yang meminumnya..

:lol2:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Yang sering ane denger oleh2 dari makasar sih biasanya balo atau cap tikus deh..

:lol:

woooo kalo cap tikus emang terkenal di daerah sulawesi, di manado juga terkenal sama cap tikusnya, malah ada desa pembuat cap tikus. hehehehe

cuman sebenernya cap tikus itu fungsinya positif, untuk menghangatkan tubuh para petani, karena daerah pegunungan disana duingin banget katanyaa...

yah tapi sekarang fungsi cap tikus malah disalah gunakan, apalagi sama anak2 muda...

eh malah nglanturrrrr :P

kalo cap tawon aku sering pake juga tuh, kayaknya mltifungsi banget. mau luka atau cidera macam gimana aja pasi sembuh pake minyak cap tawon. dan meskipun itu obat yg sebenernya tradisional. tapi dijual dimana-mana loh..

apotek K24, di giant kadang juga ada.

kirain ini obat china, ternyata dari makasar to???

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, cap tawon itu dari makasar yah?

baru tau...

hehe...

emang iya loh, cap tawon beda banget ama minyak gosok yang lain.

panas ama anget nya pas banget.

ngomong2x, bagian dari mananya lebah yah yang di bikin minyak itu?

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, cap tawon itu dari makasar yah?

baru tau...

hehe...

emang iya loh, cap tawon beda banget ama minyak gosok yang lain.

panas ama anget nya pas banget.

ngomong2x, bagian dari mananya lebah yah yang di bikin minyak itu?

Sama sekali ngga ada...

Minyak tawon hanyalah sebuah merek dagang.

Atau setidaknya nama yang dipakai oleh masyarakat setempat untuk obat gosok...

Komposisi dalam bhs indonesia:

Komposisi Minyak Tawon :

  1. Minyak Kelapa. Berguna bagi kelembaban, kelenturan, dan kelembutan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dan E pada minyak kelapa. Selain itu 80% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang yang molekulnya berukuran kecil sehingga mudah meresap ke sel-sel tubuh.
  2. Minyak kayu putih. Mengandung minyak esensial yang dapat mencegah infeksi kuman yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa capek.
  3. Cengkeh. Bermanfaat meredakan keluhan nyeri sendi dan bersifat antiseptik.
  4. Daun lada, jahe, kunyit dan bawang. Mengandung minyak atsiri yang berkhasiat anti kuman dan melancarkan sirkulasi darah.

http://www.minyakgosok.com/

Kalo dlm bhs medis:

Komposisi minyak tawon hampir mayoritas berasal dari minyak kelapa. Sekitar 80 persen asam lemak di dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan rantai sedang yang molekulnya berukuran kecil. Karena itu molekulnya dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh dengan mudah tanpa memerlukan beragam enzim untuk memotongnya Selain itu, ada tambahan ekstrak kayu putih, temulawak, cengkeh dan jeruk. Berikut ini daftar komposisi dari minyak tawon :

Oleum Therebinthinae (Digunakan untuk mengobati bengkak)

Oleum Cajuputi (Digunakan untuk bengkak ringan pada pendents rematik)

Oleum Citroneilae (Digunakan sebagai parfum dan pengusir serangga)

Menthol Crystal (Sebagai anti kembung dan pemberi rasa)

Oleum Capsicum (Minyak cabe mengobati bengkak dan counter-irritant)

Oleum Menthapiperitae (Sebagai anti kembung dan pemberi rasa)

Oleum Xanthorizae (Sebagai karminatif)

Oleum Zingiberis (Sebagai pencegah mual, karminatif)

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100509030629AAtByK0

Share this post


Link to post
Share on other sites

tawon emang khasiatnya banyak., biasanya kalo udah "ketagihan" malah pengen nyobain minyak lawang..

yg panasnya lebih 'nge-gigit' di kulit ... :) . --- btw, minyak tawon bisa diminum looh, sy sih blm pernah nyobain

tp kalo dicampur teh anget bisa buat nyembuhin sakit perut.. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo dirumah biasanya dapet oleh-oleh minyak tawon dari makassar yang merk cap beruang  :)

itu ampuh bgt, kalo pegel-pegel dioles dikit aja langsung tokcer  :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo dirumah biasanya dapet oleh-oleh minyak tawon dari makassar yang merk cap beruang  :)

itu ampuh bgt, kalo pegel-pegel dioles dikit aja langsung tokcer  :D

kalo cap beruang itu termasuk minyak tawon apa minyak gosok ya? soalnya kan botolnya beda gitu ya ama minyak tawon, kl cap beruang model botol pendek gitu ya kalo ga salah , atau sama aja?  :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo dirumah biasanya dapet oleh-oleh minyak tawon dari makassar yang merk cap beruang :)

itu ampuh bgt, kalo pegel-pegel dioles dikit aja langsung tokcer :D

Minyak Tawon cap Beruang, maksudnya gimana yah..!?

Setahu kami di Makassar.. Minyak Tawon itu, Minyak Gosok cap Tawon.

Share this post


Link to post
Share on other sites

masih nyimpen balsem cap tawon dari makasar....baunya kayak nenek2 hehehhehehe

Minyak Gosok cap Tawon, baunya juga kayak nenek2.. Mungkin itu alasan sebagian besar masyarakat urban di Makassar cenderung meninggalkan minyak tawon dalam penggunaan sehari hati. Tapi, dalam keadaan genting, tetap jadi priorotas karena khasiatnya yg memang tidak bisa dipungkiri.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kebetulan ke makassar trus beli minyak tawon di somba opu mesti pinter2 nawar deh, soalnya harga satu toko sama toko lain bedanya lumayan banyak , bisa 10-15 rb. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now


  • Similar Content

    • By vie asano
      Beberapa waktu lalu, di newsfeed Facebook saya cukup ramai dengan artikel ini. Menurut saya, artikel tersebut sangat keren karena bertujuan untuk membuka wawasan mengapa kita nggak seharusnya minta oleh-oleh dari mereka yang akan pergi berwisata; sesuatu yang sangat lazim terjadi dalam budaya kita. Sebetulnya, sejak membaca tulisan tersebut saya kepingin banget menulis tips sejenis namun untuk versi dan sudut pandang yang berbeda, namun baru kali ini ada kesempatan untuk mewujudkan tulisan tersebut. Yang ingin saya bagikan adalah bagaimana caranya menghindari agar tidak dimintai oleh-oleh saat kita berwisata.
       
      Pergi jalan-jalan, itu menyenangkan. Bersenang-senang di tempat wisata, itu lebih menyenangkan lagi. Mungkin yang dapat sedikit mengganggu mood hepi-hepi saat berwisata adalah adanya rengekan permintaan oleh-oleh dari teman, saudara, maupun kerabat lainnya. Memang sih nggak ada salahnya kita memberikan buah tangan untuk berbagi kegembiraan pasca traveling. Tapi kalau yang minta oleh-oleh jumlahnya satu kampung, wah bisa-bisa anggaran wisata habis untuk oleh-oleh saja. Apalagi kalau ada yang titip macam-macam dan akhirnya bikin bagasi overload. Ujung-ujungnya, lagi-lagi anggaran wisata pun terkuras. Sedih kan?
       
      Nah, bagi yang ingin menghindari dititipi oleh-oleh saat jalan-jalan, simak beberapa tips berikut ini. Secara garis besar, saya bagi tips ini dalam 2 versi: versi halus dan versi hardcore. Mari mulai dari versi halus lebih dulu.
       
      1. Nggak Tega Nolak Kalau Dimintai Oleh-Oleh? Pergi Diam-Diam Saja!
       

      Jangan bilang-bilang kalau mau pergi wisata, via gofeminin 
       
      Kadang kita nggak tega untuk menolak saat dititipi oleh-oleh dari teman maupun kerabat. Mau bilang secara langsung, takut menyinggung perasaan orang lain maupun dianggap sombong. Jika kalian mengalami dilema seperti itu, solusi pertama yang bisa dicoba adalah: jangan bilang-bilang kalau mau pergi wisata, dan berangkatlah secara diam-diam. Teorinya, makin sedikit yang tahu kalian akan pergi wisata, maka makin kecil kemungkinan akan ditodong untuk memberikan oleh-oleh. Betul?
       
      2.  Hentikan Sementara Waktu Aktifitas Eksis di Media Sosial.
       

      Eksis di medsos, via wikimedia commons 
       
      Di era internet sekarang ini, rasanya nggak gaul kalau kita nggak check-in saat tengah berada di suatu tempat. Minimal, share foto-foto waktu traveling itu wajib hukumnya sebagai bukti absensi di sebuah lokasi wisata. Namun, ingat juga resiko dari eksis di medsos. Semakin banyak teman yang tahu, jangan bingung kalau tiba-tiba banyak yang nitip oleh-oleh ya. Upload foto di medsos bisa dilakukan saat kita pulang wisata kok, jadi untuk sementara tahan dulu keinginan untuk narsis dan eksis.
       
      3. Berhenti Menggunakan Telepon, Cek Email, dan Media Sosial
       
      Salah satu inti dari perjalanan wisata adalah untuk mengenal tempat baru dan menikmatinya semaksimal mungkin. Jika kalian terus menerus terhubung dengan telepon dan internet, jangan bingung jika kalian nggak bisa fokus dengan acara liburan dan malah disibukkan dengan meladeni permintaan oleh-oleh dari teman maupun kerabat. Bukan berarti kalian nggak boleh membawa handphone maupun terhubung dengan internet ya, hanya saja batasi intensitasnya seminimal mungkin.
       
      4. Negosiasi Itu Penting, Termasuk Negosiasi Soal Oleh-Oleh.
       
      Bagaimana jika teman terlanjur tahu kalian akan pergi berwisata? Jika kalian nggak cukup tega untuk betul-betul bilang say no to oleh-oleh padahal budget wisata terbatas, coba deh negosiasi dengan teman tersebut. Misalnya, kalian bersedia mencarikan barang yang diinginkan asalkan teman tersebut mau menitipkan sejumlah uang untuk membeli barang itu. Ingat, tetaplah jangan memaksakan diri ya! Jika waktu dan kondisi nggak memungkinkan, mau nggak mau kalian harus tega menolak permintaan tersebut. Namun, biasanya sih banyak yang langsung mundur teratur jika dimintai untuk menitipkan uang pembelian oleh-oleh, hehe.
       
      5. Berhenti Menanyakan Mau Oleh-Oleh Apa?
       
      Kadang, permintaan oleh-oleh yang nggak masuk akal dan jumlahnya berjibun disebabkan oleh blunder diri kita sendiri, yang biasanya diawali dari pertanyaan mau oleh-oleh apa kalau [isi dengan nama kalian] pergi ke [isi dengan nama tempat]? Jadi, salah satu tips untuk menghindari dititipi oleh-oleh adalah, dengan berhenti mengatakan kalimat tersebut.
       
      Dan ini versi hardcore-nya. Maksud dari hardcore ini adalah menolak dengan tegas maupun menyampaikan keberatan jika dititipi oleh-oleh, dan bukannya menghindar secara diam-diam seperti pada versi lunak.
       
      1.  Biasa Ngomong Blak-Blakan? Bisa Dong Bilang Tidak Untuk Permintaan Oleh-Oleh yang Nggak Masuk Akal.
       

      Say “no†untuk oleh-oleh yang aneh-aneh!, via flightsandfrustration 
       
      Kadang ada saja permintaan oleh-oleh yang membuat kita pusing untuk mencarinya. Bagi mereka yang nggak enak untuk menolak, bisa jadi akan mati-matian berusaha mencarikan oleh-oleh yang diinginkan oleh teman tersebut. Namun sebetulnya masalah bisa selesai jika kalian tegas menolak permintaan oleh-oleh yang nggak wajar. Asal dilakukan dengan bahasa yang tepat, nggak perlu khawatir akan menyinggung perasaan mereka kok.
       
      2. Kadang, Membatasi Jenis Oleh-Oleh yang Akan dibeli Jadi Solusi Enak Untuk Semua.
       

      Souvenir murah, via stuckattheairport 
       
      Untuk menghindari habisnya anggaran wisata untuk pembelian oleh-oleh dan juga untuk menghindari habisnya waktu untuk mencari request oleh-oleh, coba deh tegaskan jenis oleh-oleh apa yang HANYA akan kalian beli. Misalnya saja, kartu pos maupun gantungan kunci. Dengan menegaskan pilihan oleh-oleh yang akan kalian beli, kalian akan terhindar dari kewajiban menjadi tas untuk si anu, kaos untuk si itu, kue untuk si dia, dan lain sebagainya; yang akan membuat koper menggelembung dan overload. Jadi, teman maupun kerabat tetap akan mendapat oleh-oleh, hanya saja kalian yang menentukan sendiri jenis oleh-oleh tersebut.
       
      3. Last but Not Least, Tegas Sama Kuota Maksimum itu Hukumnya Wajib!
       

      Souvenir imut dari Jepang, via grrrltraveler 
       
      Maksud dari kuota maksimum disini adalah, batasi berapa batas maksimal oleh-oleh yang akan dibeli untuk si A dan si B, baik dari segi kuantitas maupun harga. Dan batasi juga kuota maksimum anggaran wisata untuk membeli oleh-oleh. Trik ini bertujuan untuk mengendalikan anggaran pengeluaran oleh-oleh, dan juga membatasi jumlah oleh-oleh yang akan dibeli. Setiap kali ada yang nitip oleh-oleh, jelaskan dulu masalah kuota maksimum ini sehingga mereka bisa memahami jika kita menolak permintaan oleh-oleh dari mereka.
       
      Kunci dari menyiasati kewajiban untuk memberikan oleh-oleh saat traveling adalah ketegasan, dan juga perasaan tega. Kalian mungkin juga akan menghadapi pandangan sinis dan anggapan jika kalian sombong maupun pelit karena nggak mau membelikan oleh-oleh. Karenanya, sebisa mungkin tetap gunakan bahasa yang enak dan mudah dipahami saat menjelaskan dengan baik tentang kondisi anggaran wisata maupun padatnya itinerary sehingga terpaksa menolak permintaan oleh-oleh. 
    • By vie asano
      Beberapa waktu lalu, teman saya, seorang WNI yang menikah dengan pria Jepang, menceritakan kebingungannya mencari oleh-oleh khas Indonesia setiap kali akan berkunjung ke keluarga suaminya di Jepang. Adik saya yang menikah dengan pria Belanda pun kerap kebingungan mencari oleh-oleh untuk mertua tercinta. Dan saya rasa, teman maupun adik saya itu bukanlah satu-satunya yang kerap merasa bingung setiap kali mencari oleh-oleh khas Indonesia untuk dibawa ke luar negeri. Biasanya, yang bingung-bingung itu karena mereka terlalu memikirkan hal-hal berikut ini:
      1.Dari sekian banyak produk khas daerah di Indonesia ini, oleh-oleh apa sih yang paling merepresentasikan Indonesia?
      2.Oleh-oleh apa yang tahan dibawa untuk perjalanan jarak jauh dan memiliki kemasan yang oke namun tetap terkesan Indonesia banget?
      3.Oleh-oleh apa ya yang kira-kira disukai oleh orang diluar Indonesia, apalagi diluar wilayah Asia tenggara? Soalnya kan selera mereka mungkin saja beda dengan selera orang Indonesia atau orang Asia
      Berikut saya ingin berbagi beberapa jenis oleh-oleh khas Indonesia yang cocok dijadikan buah tangan untuk teman atau kerabat atau mungkin calon relasi bisnis yang ada di luar negeri, khususnya yang memiliki budaya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Oleh-oleh dibawah ini berdasarkan pengalaman saya beberapa kali memberikan oleh-oleh (minimal memberikan ide) untuk mereka yang berada jauh diluar Indonesia. Saya sengaja nggak menyebut produk khas per-daerah supaya teman-teman bebas mengembangkan imajinasi dan mengeksplorasi produk khas daerah masing-masing dari ide-ide berikut ini. Untuk alternatif oleh-oleh lainnya, bisa mampir ke thread yang sudah lebih dulu ada: Oleh-oleh apa yang khas Indonesia? 
       
      1. Kopi
      Saya cinta kopi walau sebatas pecinta kopi sachetan saja. Dan bicara tentang kopi, Indonesia memiliki beberapa jenis kopi yang khas yang mungkin saja sulit ditemukan diluar negeri. Berhubung akhir-akhir ini banyak produsen kopi yang mengemas kopi Indonesia dengan kemasan yang cantik, saya rasa kopi layak banget untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia.
      Tips: coba cari produk kopi khas daerah masing-masing, jadi jangan terpaku dengan merk kopi yang banyak ditemukan di supermarket. Contohnya saja Kopi  Oey Jalan Braga, termasuk oleh-oleh kopi khas dari Bandung. Saya pernah juga memberikan oleh-oleh kopi Bali untuk oleh-oleh dan rata-rata kopi Indonesia selalu diterima dengan senang hati.
       
      2. Rokok kretek
      Walau saya anti rokok, namun saya mengakui jika rokok kretek termasuk salah satu produk khas Indonesia. Rokok kretek bisa jadi oleh-oleh khas Indonesia karena biasanya (sepanjang yang saya tahu) rokok di luar negeri (wilayah survei: Jepang dan Belanda) rata-rata tipenya mild. Biasanya mereka yang perokok berat akan suka diberikan oleh-oleh rokok kretek dari Indonesia.
       

      Foto 02:
      Salah satu merk rokok kretek Indonesia yang populer secara internasional [foto: wikimedia/creative commons]
       
      3. Sambal
      Sambal mungkin termasuk salah satu produk khas di wilayah Asia. Dan Indonesia termasuk negara yang juga mencintai sambal. Jadi kenapa nggak memberikan oleh-oleh sambal sebagai produk khas Indonesia? Tentunya pilih yang kemasannya oke dan tahan untuk dimasukkan dalam bagasi pesawat.
      Tips: jika ingin memberikan oleh-oleh sambal untuk mereka yang kurang terbiasa dengan rasa pedas, sebaiknya pilih sambal yang rasanya ringan dan tidak terlalu pedas.

      Foto 03:
      Contoh sambal dalam kemasan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh [foto: Gunawan Kartapranata/wikimedia]
       
      4. Makanan ringan
      Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari merupakan oleh-oleh khas Bandung yang populer. Tapi kedua jenis makanan tersebut agak sulit untuk dibawa keluar negeri (khawatir hancur jika dimasukkan dalam bagasi) sehingga kurang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia. Begitu juga dengan cemilan khas Indonesia lainnya seperti kembang goyang dan batagor. Wah, bisa-bisa hancur atau basi saat dibawa untuk perjalanan jarak jauh.
      Nah, jika memang ingin membawa oleh-oleh makanan, coba deh pertimbangkan untuk membeli oleh-oleh makanan kering dan punya kemasan menarik. Misalnya saja, aneka keripik singkong pedas, keripik pisang, atau mungkin dodol garut. Atau bisa juga membeli kerupuk mentah untuk digoreng sendiri.

      Foto 04:
      Keripik pisang dalam kemasan yang cukup menarik [foto: CamilanCamilun/wikimedia]
       
      5. Bumbu khas Indonesia
      Percaya atau tidak, teman saya yang warga Jepang suka banget kalau diberi oleh-oleh bumbu pecel lho! Itu menandakan jika bumbu khas Indonesia pun bisa dan layak dijadikan oleh-oleh yang mewakili Indonesia.
       
      6. Batik dan kain khas Indonesia
      Batik merupakan kain khas Indonesia. Jadi kenapa tidak memberikan batik sebagai oleh-oleh? Jangan hanya terpaku pada kain batik meteran saja. Kalian bisa lho memberikan batik sarimbit sebagai oleh-oleh, maupun batik yang sudah diolah menjadi produk lain seperti tas dan sepatu. Intinya, cari yang praktis namun menarik. Dan kain khas Indonesia tak hanya batik. Ada ulos, songket, dan banyak lagi. Bahkan dress pantai khas Bali pun menarik untuk dijadikan oleh-oleh lho!

      Foto 05:
      Batik dalam bentuk produk fashion jadi juga cukup menarik dijadikan oleh-oleh [foto: Gunawan Kartapranata/wikimedia]
       
      7. Teh
      Selain kopi, Indonesia juga memiliki banyak teh lokal yang memiliki rasa yang khas. Coba deh jangan melirik merk-merk teh yang mainstream dan banyak ditemukan di supermarket. Carilah produk-produk teh khas daerah kalian dan jadikan itu oleh-oleh yang mewakili Indonesia.

      Foto 06:
      Contoh teh khas Indonesia [foto: Midori/wikimedia]
       
      8. Produk spa dan kecantikan
      Spa termasuk salah satu perawatan kecantikan khas Indonesia yang banyak disukai oleh warga negara asing. Berhubung saat ini sudah banyak produk spa dan kecantikan lainnya yang dikemas cantik dan bisa digunakan untuk perawatan di rumah, coba deh memberikan produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh. Saya pribadi beberapa kali memberikan set produk body lotion/body scrub/body butter dengan wangi khas Indonesia sebagai oleh-oleh dan ternyata produk-produk spa tersebut cukup disukai lho.
       
      9. Produk seni khas daerah
      Rasanya, masing-masing daerah di Indonesia memiliki produk seni yang khas, yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Sebut saja wayang golek, wayang kulit, angklung, dan lain-lain. Produk-produk ini menjadi oleh-oleh yang relatif aman untuk siapa saja karena tidak untuk dikonsumsi, alias untuk pajangan saja.
       
      10. CD musik
      Saya rasa nggak banyak yang terpikir untuk memberikan CD musik penyanyi Indonesia sebagai oleh-oleh. Saya sendiri berani mengusulkan ini berdasarkan pengalaman memberikan CD musik untuk oleh-oleh adiknya adik ipar (WN Belanda). Ceritanya, saya sedang bingung akan memberikan oleh-oleh apa. Karena saya dapat informasi jika dia pecinta musik metal, saya pun iseng-iseng memberikan CD Power Metal dan Jamrud. Dan kalian tahu endingnya bagaimana? Sekarang dia jadi fans berat Jamrud! Yay, saya dapat teman Jamers baru!
      Daftar di atas saya susun berdasarkan pengalaman pribadi. Jika teman-teman ada yang mau berbagi pengalaman aneka oleh-oleh khas Indonesia, ditunggu sharing-nya. Sebagai penutup, saya ingin berbagi tips bagi yang ingin mencari produk khas Indonesia sebagai oleh-oleh:
      1. Percaya dirilah dengan produk-produk khas Indonesia. Jangan terlalu memikirkan ini layak nggak untuk jadi oleh-oleh maupun produk ini kira-kira sesuai standar barat nggak ya, karena pemikiran seperti itulah yang akhirnya membuat kita nggak pede dengan produk dalam negeri. Kalau kita sendiri nggak pede, gimana kita bisa meyakinkan orang lain kalau produk khas Indonesia itu bagus?
      2. Berpikir sederhana. Jangan karena semangat ingin memberikan oleh-oleh yang "wah" akhirnya malah membuat kita melupakan esensi dari oleh-oleh, salah satunya untuk menyambung silahturahim dan juga memperkenalkan produk khas Indonesia. Berpikirlah sederhana dan kreatiflah, karena bisa jadi produk-produk yang kita anggap sepele dalam kehidupan sehari-hari ternyata menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Contohnya saja sandal jepit khas Indonesia, yang konon akhirnya jadi booming gara-gara dipakai oleh bintang Korea. Keren kan?
       
      Selamat berburu oleh-oleh khas Indonesia!
       
    • By citrariana

      Sawaddi Kab! Sawaddi Kha!
      Thailand merupakan negara tetangga yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia. Letak geografis yang strategis serta mudahnya tarnsportasi menuju Thailand yaitu cukup naik pesawat saja membuat negara ini menjadi tujuan favorit. Selain itu, Thailand juga terkenal dengan masyarakatnya yang menjaga budaya leluhur dengan sangat baik. Tidak heran bila terdapat banyak acara adat yang diselenggarakan di Thailand seperti Festival Loy Krathong. Mengunjungi Thailand tentu tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Berikut beberapa rekomendasi surge belanja di Thailand yang dapat Anda kunjungi.
       
       
      Pantip Plaza

      Tempat ini menjual berbagai macam barang elegtronik. Anda dapat membawa pulang gadget yang Anda inginkan dengan harga yang lebih terjangkau dari tempat lain. Barang yang ditawarkan adalah barang dengan garansi resmi lho. Namun, jangan gegabah untuk langsung membeli ya! Sebaiknya Anda menjelajahi setipa toko dulu karena setiap toko menawarkan harga berbeda. Hal ini memang sedikit merepotkan. Namun, Anda pasti akn puas bila mendapat harga terbaik bukan.
      The Platinum Fashion Mall

      Siapa penggemar fashion Korea, Hong Kong, atau Jepang? Maka tempat ini sangat cocok bagi Anda. Anda dapat menemukan fashion pria maupun wanita lengkap mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Sekali lagi, Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan. Mall lima lantai ini susah didesain untuk memudahkan pengnjung yaitu dengan mengelompokkan bebrbagai pakaian wanita, pria, anak-anak, dan aksesoris secara terpisah. Tak lupa terdapat food court di dalam mall ini. Anda dapat mencicipi berbagai hidangan Thai sembari melepas lelah. Letak mall ini hanya bersebelahan dengan Palntip Plaza.
      Central World

      Ini dia surganya barang bermerk. Berlokasi di Rajchaprasong Juncton, pusat belanja ini menjual berbagai macam produk fashion, gadget, jam tangan hingga buku. Penjualan terlarisnya adalah jam tangan. Jam tangan di pusat belanja ini termasuk yang paling lengkap. Memberikan oleh-oleh jam tangan pasti akan sangat bermakna bagi yang menerimanya.
      Oleh-oleh Khas Thai
      Tidak sulit untuk membeli barang khas Thailand. Anda dapat menemukannya hamper di setiap area wisata. Namun, bila Anda ingin berburu oleh-oleh khas Thailand lebih baik Anda datang ke MBK Center, Chatuchak Weekend Market, dan Amarin Plaza. MBK Center. Beberapa tempat tersebut merupakan pusatnya oleh-oleh khas Thailand. Di Amarin Plaza misalnya, Anda dapat membeli kain sutra Thailand.
      Kuliner Thailand
      Beberapa tempat yang kami rekomendasikan adalah Shukumvit Road dengan konsep pasar malam. Di sana kamu harus pintar menawar ya. Selanjutnya adalah Khao San Road. Tempat ini merupakan tujuan para pelancong luar negeri. Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini pada sore atau malam hari. Tang terakhir adalah kompleks China Town. Di sana berjajar berbagai restoran di sepanjang jalan. Selain itu, Anda dapat membeli pernak pernik.
       
    • By Nindy Ratri K
      Malam, saya mau sharing pengalaman saya beli pempek murah dan enak di palembang dan cocok banget buat oleh-oleh. Namanya Pempek Udin. saya kurang paham jalan di palembang, tapi dia udah ada di google map, dan kalau liat dari street view lebih jelas lagi penampakan tokonya. mungkin kalau dilihat dari depan tokonya kurang meyakinkan, tapi saya jamin, makannya bikin nagihh...
      penampakannya seperti ini...

       
      pempek ini juga siap dibungkus untuk dipacking keluar kota, nanti pempeknya akan dibalut sama kanji supaya awet. nanti sampai rumah, dicuci dulu biar luntur tu kanjinya, terus didiemin dulu sampai airnya kering, baru dehh digoreng dirumah..
       
      penampakan packingannya + alamatnya ada di kardusnya...

       
      untuk harganya? nggak usah kuatir... cuma IDR1k ajahh... alias seribu perak sebiji  (harga tahun 2015 awal pas saya kesana)
      bahagia banget dehh belinya... nggak semahal pempek lain yang bermerek, yang bisa 3-4x lipat...
      untuk cukonya juga nggak kalah enak...
       
      conclusion: Pempek Udin saya rate karena murah, enak dan banyak 
      sekian dulu postingan nubie, semoga membantu rekans jalan2
    • By Alfa Dolfin
      Rasa kantuk pagi itu sebenarnya masih menguasai diri ku. Gimana ngga ngantuk...pesawat yang ku tumpangi lepas landas dari bandara Soekarno hati pukul 1 dini hari. Karena tubuh ku termasuk overweight, sangat terasa tidak nyaman duduk sambil tidur di bangku pesawat Sriwijaya yang menerbangkan ke Makassar. Sekitar pukul 4 WITA mendarat mulus di bandara Sultan Hasannudin. Ternyata aku masih menunggu driver mobil yang aku sewa sekitar 1 jam. Ngga apa-apa. Tidur ayam di troli bagasi areal luar bandara. Untungnya aku tipikal bisa tidur dalam kondisi apa pun termasuk di waktu yang sempit, masih bisa merem dan melayang entah kemana...hahaha.....
      "wwwooouwww....my god.....my god.... "spontan aku menjerit...bukan stress...melainkan rasa kagum teramat sangat untuk pemandangan indah di depan ku ini....Aku biasa menyebut "my god" jika tiba-tiba ada rasa kagum. Driver dan awak perahu yang menyertai perjalanan ku sempat kaget...hahaha.... Ya gimana tidak terkejut... Inikah indonesia...? sedang bermimpi kah aku...? ya...ini indonesia...benar. Dan aku tidak sedang bermimpi. Rasa kantuk ku hilang seketika....
      nuansa Ramangramang dari Dermaga....

      Aku teringat nasehat temann ku agar mampir ke namanya Ramangramang. Tidak hanya anjuran melainkan wajib....!!! Kenapa...? lihat lah sendiri. Pasti dirimu akan kagum.... Baru ku buktikan nasehat teman ku ini sangat lah benar....!! Padahal renananya ke Makassar aku cuma transit. Tujuan utama ku adalah ke Sawai, di Seram Utara. Kebetulan bisa mampir yang rencana ku cukup 48 jam saja. Tujuan utama selain menikmati nuansa senja di Pantai Losari, adalah ke sini....

      Kebetulan nuansa Karst, batu kapur, salah satu minat tuk sebagai obyek foto. Lagi-nasehat rekan ku tadi sangat lah tepat, sesuai selera. Tidak menyangka nuansa karst di Ramangramang ternyata hanya ada 3 di dunia, yaitu Ciha, Vietnam dan Indonesia.

      Sayangnya...ternyata...masih banyak juga rekan-rekan traveler yang belum tahu ada tempat yang sangat eksotik seperti ini. Padahal letaknya tidak jauh dari Bandara Sultan Hasannudin. Menggunakan mobil sewa hanya perlu 30 menit saja sudah di dermaga kapal kecil. Jika dari Makassar jaraknya sekitar 40 kilo, ya kira-kira 1 jam dengan kendaraan mobil. Arah ke kabupaten Maros. Tidak ada papan informasi atau apalah untuk tiba di tempat ini. Satu-satunya cara tanya warga setempat pasti. ketemu.
      Tiba di dermaga untuk menimati secara utuh pesona Ramangramang ya sewa perahu. Harga yang aku sepakti 250 ribu. Informasinya bisa lebih murah. Namun karena aku solo trip, cowok, punya penyakit males nawar, dan sudah masuk budbget, oke lah. Jika pergi rame-rame misalnya 5 orang, bisa lebih hemat.....
      Menggunakan perahu kecil, entah berapa PK, mulai lah kami menembus sungai kecil menuju desa Bontopuru lalu balik lagi ke dermaga. rute ini sudah umum. Saat menyusuri sungai ada sensasi yang sulit di katakan. Mata pun jadi seger....terhipnotis suasana hutan bakau dengan ragam jenis. Wah kalau saja latarbelakang ku Biologi atau kehutanan, pasti akan lebih menghayati nuansa di sekitar yang ku lalui....

      numpang narsis di atas perahu..... Sebenarnya ada rasa ngeri juga menyusur sungai seperti ini. Terbayang di Kalimantan, takut ada buaya. Bukan buaya darat lho...buaya beneran. Infonya jika di Kalimantan nyusur sungai seperti ini jangan sesekali tangan atau kaki celupin di air, tiba-tiba bisa di sambar buaya... Nah lho... Aku juga sempat ragu...::ngga apa-apa mas...ngga ada buaya kog...", sahut awak perahu yang meihat aku ragu bermain air saat perahu masih berjalan perlan

      Karena masih pagi, sesekali aku berjumpa dengan nelayan. Entah apa yang mereka cari untuk makan atau di jual. Katanya sich ada udangnnya juga.... entah lah. Yang pasti aku enjoy....

      Menyusur sungai seperti ini terasa di dunia lain. Sesekali aku melihat rumah penduduk yang tampak sederehana. Lho persis di pinggir sungai.... ck...ck...ngga ada listrik....kebayang juga banyak nyamuk ya. Ah...ginilah pikiran orang kota macam aku, maksudnya biasa tinggal di kota, yang merasa surprise melihat ada yang tinggal disini...

      Awas kepala mas, seru awak perahu memperingati ku yang sedang berdiri sebelum melintas jembatan kecil. Biasa jembatan ini di lewati warga menuju hutan bakau....

      akhirnya aku tiba di desa Boropuntu. wuaaa......benar-benar serasa entah di dunia mana gitu. Apalagi tidak ada sinyal hp. Benar-benar terasa asing ya. Biasanya yang kesini jelajah, masuk ke pelosok. Beda, aku cuma sampai di pinggirannya. Target ku moto dan sangat puas....

      ya...kira-kira sejam aku berada di pinggir desa Boropuntu. Target ku moto...mendapat gambar sebanyak mungkin. Setelah puas kembali ke dermaga asal..... Melanjutkan perjalanan ke kota Makassar, barulah terasa ngantuk...hahaha.....
      Rasa syukur kepada Tuhan, Allah yang memberi ku kekuatan dan kesempatan melihat eksotik Ramangramang. I love Indonesia...I love Ramangramang....
       
       
       
       
       


    • By Hasdevi Agrippina Dradjat
      Bagian pertama bisa dilihat di sini.
      Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan yang dahulunya terkenal dengan sebutan Ujung Pandang. Kota ini merupakan kota metropolitan terbesar di bagian Indonesia timur dan di luar Pulau Jawa setelah kota Medan.
      Kota ini merupakan kota terpadat kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Kota yang tergolong multikultur ini memiliki begitu banyak pesona wisata yang dapat kamu sambangi pada kesempatan liburanmu selanjutnya.
      Makassar terkenal dengan kulinernya yang begitu beragam dan sedap. Beberapa contoh kuliner yang dapat kamu coba pada kesempatan liburanmu di Makassar adalah  Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Bassang, Kue Tori, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro.
      Nah, setelah memutuskan untuk mengunjungi Makassar, sekarang kamu bisa memilih rekomendasi hotel berbintang empat di Makassar terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasan mengenai rekomendasi hotel bintang empat di Makassar bagian Kedua.
       
      1. Hotel Aryaduta Makassar


      Hotel Aryaduta via Agoda
       
      Hotel pertama yang dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk menginap ketika kamu berada di Makassar adalah Hotel Aryaduta ini. Hotel ini terletak di Jalan Sumba Opu 297, Daerah pantai Losari, Makassar.
      Beberapa titik destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Pantai Losari (0,3 kilometer), Rumah Makan Kayangan (0,3 kilometer) dan Lae Lae Restaurant (0,5 kilometer).
      Fasilitas yang tersedia di hotel ini adalah lobi 24 jam, babysitting, business center, dry cleaning, meeting facilities, safety deposit boxes, room service 24 jam, bar, coffee shop, elevator, restoran, airport transfer, jasa penyewaan sepeda, dan masih banyak lainnya.
      Sementara itu, fasilitas olahraga yang tersedia di hotel ini adalah fitness center, kolam renang, massage, taman, sauna, spa dan masih banyak lainnya.
      Hotel yang memiliki kamar berjumlah sekitar 224 kamar ini juga dilengkapi dengan fasilitas free wifi. Dengan demikian, para pengunjung dapat menikmati fasilitas internet ini dimana pun mereka berada di dalam hotel ini.


      Kolam renang via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Lounge via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Setelah mengetahui bagian eksterior, sekarang kamu dapat mengetahui bagian interior dan juga fasilitas hotel ini. Ketika memasuki bagian interior hotel, kamu dapat melihat interior hotel yang chic dan tetap menawan dengan nuansa warna cokelat.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat kamu jadikan sebagai referensi selama kamu berada di hotel ini adalah kamar dengan tipe deluxe dan superior room. Biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe deluxe adalah sekitar mulai dari Rp 753.000,00 per malam.
      Sementara itu, biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe superior room adalah sekitar mulai dari Rp 629.000,00 per malam.
      Fasilitas yang tersedia jika kamu menginap di kamar hotel ini adalah AC, desk, TV, wifi, coffee/tea maker, kamar mandi pribadi, perlengkapan mandi gratis, laptop safe box, mini bar, seating area, kulkas dan masih banyak lainnya.
      Berdasarkan review Agoda, nilai yang didapatkan untuk hotel ini adalah 7,8 atau termasuk dalam kategori Very Good. Para pengunjung yang telah datang dan menginap di hotel ini.
      Para pengunjung sangat menyukai lokasi hotel ini yang terbilang sangat strategis. Hal ini membuat para pengunjung dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata yang tidak begitu jauh dari hotel ini.
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai kondisi hotel ini. Ya, hotel ini sangat bersih sehingga mampu membuat para pengunjung merasa betah ketika berada di hotel ini. Para pengunjung juga menyukai suasana hotel ini yang sangat nyaman.
       
      2. Best Western Plus Makassar Beach


      Best Western Hotel via Agoda
       
      Hotel bintang empat selanjutnya di Makassar yang dapat kamu jadikan sebagai referensi adalah Best Western Hotel. Hotel ini terletak di Jalan Botolempangan no. 67 Makassar.
      Beberapa destinasi wisata yang tidak begitu jauh dari hotel ini dan dapat kamu jangkau adalah Lae Lae Restaurant (0,3 kilometer), Rumah Makan Kayangan (0,5 kilometer) dan Pantai Losari (0,6 kilometer).
      Fasilitas yang tersedia jika kamu menginap di hotel ini adalah room service 24 jam, coffee shop, jasa laundry, restoran, salon, airport transfer, concierge, bar, meeting facilities, room service, safety deposit boxes, restaurant dan masih banyak lainnya.
      Lalu, tersedia pula fasilitas olahraga. Fasilitas olahraga yang dapat kamu nikmati di hotel ini adalah fitness center, spa, dan masih banyak lain.
      Hotel yang memiliki kamar berjumlah 162 kamar ini juga dilengkapi dengan fasilitas free wifi. Fasilitas free wifi ini akan semakin memudahkan para pengunjung untuk memanfaatkan fasilitas internet ini.


      Interior kamar hotel via Agoda


      Bar via Agoda


      Lobby via Agoda


      Restoran via Agoda
       
      Setelah mengetahui eksterior dan fasilitas hotel, sekarang kamu dapat mengetahui bagian interior hotel ini. Ketika memasuki interior hotel, kamu akan melihat pemandangan dengan dominasi warna merah dan cokelat selama kamu berada di hotel ini.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia dan dapat kamu jadikan referensi untuk menginap adalah deluxe king dan deluxe twin.
      Budget yang harus kamu persiapkan untuk menginap di kamar dengan tipe deluxe king ini adalah sekitar mulai dari Rp 550.000,00 per malam.
      Selain itu, budget yang harus kamu persiapkan untuk menginap di kamar dengan tipe deluxe twin room adalah sekitar mulai dari Rp 550.000,00 per malam.        
      Fasilitas yang tersedia di kamar hotel ini adalah AC, TV, wifi, complimentary bottled water, mini bar, hair dryer, kamar mandi pribadi, perlengkapan mandi gratis, desk, dan masih banyak lainnya.
      Berdasarkan review Agoda, nilai yang didapatkan untuk hotel ini adalah 8,0 atau termasuk dalam kategori Very Good. Para pengunjung yang sudah menginap di hotel ini sangat puas dengan kunjungan dan pengalaman mereka menginap di hotel ini.
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai lokasi hotel ini yang terbilang sangat strategis. Ya, lokasi hotel ini yang berada di kawasan pusat kota memudahkan para pengunjung untuk menjangkau berbagai destinasi wisata dari hotel ini.
      Para pengunjung juga sangat menyukai kondisi hotel ini. Para pengunjung sangat merasa nyaman ketika mereka memiliki kesempatan untuk menginap di hotel ini.
       
      3. Makassar Golden Hotel


      Makassar Golden Hotel via Agoda
       
      Hotel ketiga yang dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika menginap di Makassar adalah Makassar Golden Hotel ini. Hotel ini terletak di Jalan Pasar Ikan 52 Makassar.
      Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Phinisi Restaurant (0,2 kilometer), Colors Restaurant (0,3 kilometer), Gelael Supermarket (0,4 kilometer)           dan Fort Rotterdam (0,5 kilometer).
      Fasilitas yang tersedia di hotel ini adalah lobi 24 jam, bar, concierge, business center, elevator, room service, jasa laundry, safety deposit boxes, meeting facilities, restoran dan masih banyak lainnya.
      Fasilitas olahraga yang tersedia dan dapat kamu nikmati di hotel ini adalah taman, lapangan golf, kolam renang dan masih banyak lainnya.
      Hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas free wifi. Dengan demikian, para pengunjung dapat menikmati fasilitas free wifi ini dimana pun mereka berada di dalam hotel ini.


      Meeting room via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Kolam renang via Agoda


      Outdoor via Agoda
       
      Setelah mengetahui bagian eksterior, sekarang kamu dapat mengetahui bagian interior hotel ini. Ya, ketika melihat bagian interior, kamu dapat melihat interior hotel yang simpel namun tetap menawan ini.
      Beberapa pilihan kamar yang dapat menjadi referensimu adalah superior room dan deluxe room. Budget yang harus kamu persiapkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe superior room adalah sekitar mulai dari Rp 380.000,00 per malam.
      Sementara itu, budget yang harus kamu persiapkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe deluxe adalah sekitar mulai dari Rp 455.000,00 per malam.
      Adapun fasilitas di dalam kamar hotel yang tersedia adalah AC, wifi, TV, coffee/tea maker, hair dryer, perlengkapan mandi gratis, kamar mandi pribadi, mini bar, complimentary bottled water dan masih banyak lainnya.
      Berdasarkan review Agoda, nilai yang didapatkan untuk hotel ini adalah 6,6 atau termasuk dalam kategori Very Good. Para pengunjung yang sudah datang dan berkunjung di hotel ini sangat menyukai lokasi hotel ini yang strategis.
      Para pengunjung juga sangat menyukai pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Ya, staf hotel mampu melayani dengan sangat ramah dan baik sehingga membuat pengunjung merasa nyaman ketika berada di hotel ini.
       
      4. Singgasana Hotel Makassar


      Singgasana Hotel Makassar via Agoda
       
      Hotel keempat yang dapat kamu jadikan sebagai referensi adalah Singgasana Hotel Makassar. Hotel ini terletak di Jalan Kajaolaliddo no. 16 Makassar.
      Beberapa destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Gelael Supermarket (0,2 kilometer), Karebosi Square (0,4 kilometer), Fort Rotterdam (0,6 kilometer) dan masih banyak lainnya.
      Sementara itu, fasilitas yang tersedia di hotel ini adalah lobi 24 jam, coffee shop, meeting facilities, room service, concierge, airport transfer, family room, safety deposit boxes, luggage storage, jasa penyewaan sepeda dan masih banyak lainnya.
      Fasilitas olahraga yang tersedia di hotel ini adalah fitness center, sauna, pijat, spa, kolam renang, taman dan masih banyak lainnya. Hotel yang memiliki kamar sejumlah 194 kamar ini juga dilengkapi dengan fasilitas free wifi, yang akan memudahkan para pengunjung untuk mengakses internet.


      Interior kamar hotel via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Kolam renang via Agoda


      Fitness center via Agoda
       
      Setelah mengetahui bagian eksterior, sekarang kamu dapat mengetahui bagian interior hotel. Ketika memasuki hotel ini, kamu dapat melihat interior hotel yang apik dan menawan.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia jika kamu ingin menginap di hotel ini adalah kamar dengan deluxe dan executive room.
      Nah, budget yang harus kamu persiapkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe deluxe room adalah sekitar mulai dari Rp 471.000,00 per malam. Sementara itu, budget yang harus kamu persiapkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe executive room adalah sekitar mulai dari Rp 662.000,00 per malam.
      Fasilitas standar yang dapat kamu nikmati jika kamu ingin menginap di kamar hotel ini adalah AC, TV, wifi, coffee/tea maker, mini bar, hair dryer, kamar mandi pribadi, perlengkapan mandi gratis, kulkas dan masih banyak lainnya.
      Berdasarkan review Agoda, nilai yang didapatkan untuk hotel ini adalah 6,9 atau termasuk dalam kategori Good. Para pengunjung yang sudah menginap di hotel ini cenderung merasa puas setelah menginap di hotel ini.
      Para pengunjung sangat menyukai lokasi hotel ini yang sangat strategis. Lokasi hotel ini akan memudahkan para pengunjung untuk mencapai berbagai destinasi wisata di Makassar yang mereka inginkan.
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai pelayanan staf hotel ini yang ramah dan baik. Ya, para pengunjung merasa sangat puas setelah dengan pelayanan yang diberikan oleh staf hotel ini. Para pengunjung juga merasa sangat nyaman ketika berada di hotel ini.
       
      5. Sahid Jaya Makassar Hotel


      Sahid Jaya Hotel via Agoda
       
      Hotel kelima yang dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika menginap di Makassar adalah Sahid Jaya Hotel. Hotel ini terletak di Jalan Dr. Sam Ratulangi no. 33 Makassar.
      Beberapa titik destinasi wisata yang terletak tidak begitu jauh dari hotel ini adalah Ratu Indah Mall (0,1 kilometer), Lae Lae Restoran (1,2 kilometer) dan Rumah Makan Kayangan (1,3 kilometer).
      Fasilitas yang tersedia jika kamu ingin menginap di hotel ini adalah lobi 24 jam, concierge, airport transfer, jasa laundry, restoran, meeting facilities, room service, safety deposit boxes, luggage storage, business center, family room dan masih banyak lainnya.
      Sementara itu, fasilitas olahraga dan rekreasi yang tersedia di hotel ini adalah fitness center, spa, kolam renang, massage dan masih banyak lainnya.
      Hotel yang memiliki kamar berjumlah 220 kamar ini juga dilengkapi dengan fasilitas wifi. Fasilitas wifi ini dapat kamu nikmati jika kamu berada di area umum selama kamu berada di hotel ini.


      Kolam renang via Agoda


      Interior kamar hotel via Agoda


      Meeting room via Agoda


      Interior via Agoda
       
      Setelah mengetahui masalah eksterior, sekarang kamu juga dapat mengetahui bagian interior dan fasilitas di dalam hotel ini. Ketika melihat interior hotel ini, kamu dapat melihat interior hotel yang berwarna cokelat.
      Beberapa pilihan kamar yang tersedia jika kamu ingin menginap di hotel ini adalah kamar dengan jenis deluxe, junior suite dan masih banyak lainnya.
      Budget yang harus kamu persiapkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe deluxe room adalah sekitar mulai dari Rp 396.000,00 per malam. Sementara itu, budget yang harus kamu persiapkan jika kamu ingin menginap di kamar dengan tipe junior suite adalah sekitar mulai dari Rp 1.445.000,00 per malam.
      Adapun fasilitas standar yang dapat kamu miliki jika kamu menginap di kamar hotel ini adalah AC, desk, TV, wifi, mini bar, hair dryer, kamar mandi pribadi, perlengkapan mandi gratis, kulkas, complimentary bottled water, coffee/tea maker dan masih banyak lainnya.
      Berdasarkan review Agoda, nilai yang didapatkan untuk hotel ini adalah 6,9 atau termasuk dalam kategori Good. Para pengunjung yang sudah menginap di hotel ini sangat menyukai kondisi hotel ini. Ya, para pengunjung juga sangat menyukai kebersihan hotel ini.
      Selain itu, para pengunjung juga sangat menyukai lokasi hotel ini yang terbilang sangat strategis. Hal ini akan membuat para pengunjung betah dan nyaman selama berada di hotel ini, karena para pengunjung dapat menyambangi berbagai destinasi wisata selama mereka berada di hotel ini. Mereka juga sangat menyukai kebersihan hotel ini.
       
      Nah, itulah dia pembahasan mengenai rekomendasi hotel bintang empat di Makassar bagian kedua. Semoga pembahasan artikel ini dapat membuatmu mendapatkan referensi mengenai hotel bintang empat yang dapat menjadi pilihanmu selama berada di Makassar.
      Happy traveling!
    • By Berangan Trip Organizer
      Tana Toraja adalah tanah dimana mereka yang mati sangat diagung-agungkan. Budaya pesta pemakaman yang berbiaya miliaran, serta kuburan-kuburan di goa dan di atas tebing, menarik minat banyak wisatawan lokal dan mancanegara.  Keunikan budaya Toraja pun dilatarbelakangi dengan keindahan alamnya yang berupa persawahan dan perbukitan hijau.     Date : 18 – 20 Desember 2015   Itinerary :   Hari 1 : MAKASSAR – RAMMANG-RAMMANG – TORAJA (L, D)   Peserta dijemput di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 09.00, kemudian melakukan perjalanan dengan mobil menuju Rammang-Rammang yang merupakan gugusan karst terbesar ketiga di dunia. Kita akan menyusuri sungai dengan perahu untuk menjelajah kompleks karst ini. Setelah itu, kita kembali melakukan perjalanan menuju Tana Toraja. Malam hari tiba di Toraja, lalu menuju hotel untuk beristirahat.   Hari 2 : TORAJA (B, L, D)   Setelah makan pagi di hotel, kita akan mengunjungi objek-objek wisata di Toraja, seperti Lemo (kuburan gantung), Londa (kuburan dalam goa), dan Kete Kesu (kompleks rumah adat Toraja). Kita juga akan melihat upacara pemakaman adat Toraja jika kebetulan ada acara di hari tersebut. Sore hari kembali ke hotel.   Hari 3 : TORAJA – MAKASSAR (B, L)   Setelah makan pagi di hotel, kita kembali melakukan perjalanan dengan mobil menuju Makassar. Di perjalanan kita akan mampir di Enrekang untuk menikmati keindahan Gunung Nona. Tiba di Makassar sekitar pukul 17.00, dan trip berakhir (ambil flight pukul 20.00).   (B = Breakfast, L = Lunch, D = Dinner)     Price : Rp 1,450,000/pax   Quota : min. 10 pax   Include : Mobil AC + driver + BBM Tiket masuk objek wisata Perahu tour Rammang – Rammang 2N Hotel Toraja (1 kamar 2 orang) Makan 7x Guide lokal Tour leader Exclude : Tiket pesawat   Terms & Conditions : Konfirmasi keikutsertaan dengan mengirimkan DP sebesar Rp. 750.000 ke rek. Mandiri 1410013079603 (a/n Indra Yulianto). Harap konfirmasi setelah melakukan pembayaran. Pelunasan dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan. Jika terjadi pembatalan dari pihak peserta setelah pembayaran, maka pembayaran dinyatakan hangus. Apabila destinasi tujuan tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena bencana, cuaca yang tidak mendukung, penutupan tempat wisata, atau sebab lain di luar kendali kami, maka peserta tidak berhak meminta kompensasi atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan. Apabila kuota trip tidak memenuhi kuota minimal, maka peserta trip tetap dapat mengikuti trip dengan biaya yang menyesuaikan, atau peserta trip dapat membatalkan keikutsertaan dengan pembayaran yang dikembalikan 100%. Apabila terjadi pembatalan dari pihak kami di luar sebab-sebab di atas, maka biaya yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan 100%. Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi setempat.   Contact :   Intan Primadewati
      Call/WhatsApp : +6281233843907 . +6287703039763
      Pin BB : 5368F674   Indra Yulianto
      Call/WhatsApp : +6281286944675 . +6285645412245
      Pin BB : 75A0A51D   Email : marketing@berangan.com
      Facebook : Berangan Trip Organizer
      Twitter : @berangan_trip Website : www.berangan.com