Sign in to follow this  
Followers 0

Oleh2 Khas Makassar: Minyak Gosok Cap Tawon


23 posts in this topic

Posted

Sebagai orang Indonesia, kurang afdhol rasanya kalau jalan2 tanpa membawa oleh2 untukk orang2 yang ditinggalkan. Kalau jalan2 ke Makassar, ternyata bukan kopi khas makasssar, ikan laut, ataupun awetan kupu2 saja yang bisa kita jadikan sebagai oleh2. Minyak gosok cap tawon pun bisa kita jadikan oleh2.

Ada banyak minyak gosok yang beredar di pasaran, dibuat oleh perusahaan besar, iklannya masuk sampai ke tv. Minyak gosok cap tawon (biasa disingkat dengan minyak tawon) dipasarkan hanya dari mulut ke mulut. Informasi khasiatnya diteruskan dari generasi ke generasi, dan hanya diproduksi di Makassar. Kurang Indonesia rasanya kalau tidak tau minyak tawon. :)

makassar-19.jpg

Saya bukannya lagi jualan, tapi memang begitulah adanya. Tante saya sampai selalu sedia minyak tawon di rumahnya. Berbahan dasar minyak kelapa, minyak kayu putih, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, dan bawang, minyak tawon ini banyak sekali manfaatnya. Bisa digosokkan ke badan, kalau masuk angin. Bisa dicampur air kemudian diminum, kalau batuk2 dan radang tenggorokan. Bisa juga untuk mengobati luka. Lengkap deh.

Saat ini di pasaran tersedia dalam botol kecil dan botol besar. Tersedia juga dalam tutup merah (panas) dan tutup putih (sangat panas). Silahkan pilih sesuai kebutuhan. Ada yang belum tau tentang minyak tawon ini?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

ia saya pernah pakai nih kalau digigit serangga, tapi dulu. sekarang sudah abis, jadi beli merek2 yang biasa aja di supermarket.

ga ada yang ke makasar sih jadi bingung gmana belinya

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Yang sering ane denger oleh2 dari makasar sih biasanya balo atau cap tikus deh..

:lol:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

ia saya pernah pakai nih kalau digigit serangga, tapi dulu. sekarang sudah abis, jadi beli merek2 yang biasa aja di supermarket.

ga ada yang ke makasar sih jadi bingung gmana belinya

bisa nitip bro kalo mau nitip ntar pas ke makasar lagi, hehe *jadi jualan deh

Yang sering ane denger oleh2 dari makasar sih biasanya balo atau cap tikus deh..

:lol:

cap tikus? balo? malah baru denger ini. apaan ya itu om?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

bisa nitip bro kalo mau nitip ntar pas ke makasar lagi, hehe *jadi jualan deh

cap tikus? balo? malah baru denger ini. apaan ya itu om?

http://id.wikipedia.org/wiki/Cap_tikus

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

ia saya pernah pakai nih kalau digigit serangga, tapi dulu. sekarang sudah abis, jadi beli merek2 yang biasa aja di supermarket.

ga ada yang ke makasar sih jadi bingung gmana belinya

minyak tawon di daerah saya mojokerto bisa dibeli di apotik2 atau toko2 obat, gampang kok ngga susah nyarinya. Minyak tawon tidak hanya untuk obat gosok tapi juga bisa untuk minyak urut/pijat (pegal2), digigit serangga atau nyamuk, masuk angin,memar2, pokoknya multifungsi neh.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

widih, oleh2 bukan cuma makanan ato baju ya sekarang? tapi minyak gosok pun bisa jadi oleh2, mantap. unik deh pokok nya :D

minyak tawon di daerah saya mojokerto bisa dibeli di apotik2 atau toko2 obat, gampang kok ngga susah nyarinya. Minyak tawon tidak hanya untuk obat gosok tapi juga bisa untuk minyak urut/pijat (pegal2), digigit serangga atau nyamuk, masuk angin,memar2, pokoknya multifungsi neh.

etapi jadi yang bener minyak tawon itu cuma diproduksi di makassar ato ada juga yang dari daerah lain? apa minyak tawon yang dari mojokerto bukan minyak gosok khas tawon? mau dong klarifikasinya mas mbak :) biar gak salah beli oleh2 nih kalo ke makassar

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

widih itu alkohol buat diminum mas? apa maksudnya bir? serem juga ya bisa dijadiin bahan bakar :D berarti badan kita kebakar habis dong ya kalo minum itu. wong kendaraan yang mesin aja bisa jadi nyala kalo minum itu kok haha..

kenapa namanya cap tikus ya? bukan pake bahan dasar dari tikus kan? hiii

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

widih itu alkohol buat diminum mas? apa maksudnya bir? serem juga ya bisa dijadiin bahan bakar :D berarti badan kita kebakar habis dong ya kalo minum itu. wong kendaraan yang mesin aja bisa jadi nyala kalo minum itu kok haha..

kenapa namanya cap tikus ya? bukan pake bahan dasar dari tikus kan? hiii

Tanyakan pada orang2 yang meminumnya..

:lol2:

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

Yang sering ane denger oleh2 dari makasar sih biasanya balo atau cap tikus deh..

:lol:

woooo kalo cap tikus emang terkenal di daerah sulawesi, di manado juga terkenal sama cap tikusnya, malah ada desa pembuat cap tikus. hehehehe

cuman sebenernya cap tikus itu fungsinya positif, untuk menghangatkan tubuh para petani, karena daerah pegunungan disana duingin banget katanyaa...

yah tapi sekarang fungsi cap tikus malah disalah gunakan, apalagi sama anak2 muda...

eh malah nglanturrrrr :P

kalo cap tawon aku sering pake juga tuh, kayaknya mltifungsi banget. mau luka atau cidera macam gimana aja pasi sembuh pake minyak cap tawon. dan meskipun itu obat yg sebenernya tradisional. tapi dijual dimana-mana loh..

apotek K24, di giant kadang juga ada.

kirain ini obat china, ternyata dari makasar to???

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wah, cap tawon itu dari makasar yah?

baru tau...

hehe...

emang iya loh, cap tawon beda banget ama minyak gosok yang lain.

panas ama anget nya pas banget.

ngomong2x, bagian dari mananya lebah yah yang di bikin minyak itu?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

wah, cap tawon itu dari makasar yah?

baru tau...

hehe...

emang iya loh, cap tawon beda banget ama minyak gosok yang lain.

panas ama anget nya pas banget.

ngomong2x, bagian dari mananya lebah yah yang di bikin minyak itu?

Sama sekali ngga ada...

Minyak tawon hanyalah sebuah merek dagang.

Atau setidaknya nama yang dipakai oleh masyarakat setempat untuk obat gosok...

Komposisi dalam bhs indonesia:

Komposisi Minyak Tawon :

  1. Minyak Kelapa. Berguna bagi kelembaban, kelenturan, dan kelembutan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dan E pada minyak kelapa. Selain itu 80% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang yang molekulnya berukuran kecil sehingga mudah meresap ke sel-sel tubuh.
  2. Minyak kayu putih. Mengandung minyak esensial yang dapat mencegah infeksi kuman yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa capek.
  3. Cengkeh. Bermanfaat meredakan keluhan nyeri sendi dan bersifat antiseptik.
  4. Daun lada, jahe, kunyit dan bawang. Mengandung minyak atsiri yang berkhasiat anti kuman dan melancarkan sirkulasi darah.

http://www.minyakgosok.com/

Kalo dlm bhs medis:

Komposisi minyak tawon hampir mayoritas berasal dari minyak kelapa. Sekitar 80 persen asam lemak di dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan rantai sedang yang molekulnya berukuran kecil. Karena itu molekulnya dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh dengan mudah tanpa memerlukan beragam enzim untuk memotongnya Selain itu, ada tambahan ekstrak kayu putih, temulawak, cengkeh dan jeruk. Berikut ini daftar komposisi dari minyak tawon :

Oleum Therebinthinae (Digunakan untuk mengobati bengkak)

Oleum Cajuputi (Digunakan untuk bengkak ringan pada pendents rematik)

Oleum Citroneilae (Digunakan sebagai parfum dan pengusir serangga)

Menthol Crystal (Sebagai anti kembung dan pemberi rasa)

Oleum Capsicum (Minyak cabe mengobati bengkak dan counter-irritant)

Oleum Menthapiperitae (Sebagai anti kembung dan pemberi rasa)

Oleum Xanthorizae (Sebagai karminatif)

Oleum Zingiberis (Sebagai pencegah mual, karminatif)

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100509030629AAtByK0

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

tawon emang khasiatnya banyak., biasanya kalo udah "ketagihan" malah pengen nyobain minyak lawang..

yg panasnya lebih 'nge-gigit' di kulit ... :) . --- btw, minyak tawon bisa diminum looh, sy sih blm pernah nyobain

tp kalo dicampur teh anget bisa buat nyembuhin sakit perut.. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kalo dirumah biasanya dapet oleh-oleh minyak tawon dari makassar yang merk cap beruang  :)

itu ampuh bgt, kalo pegel-pegel dioles dikit aja langsung tokcer  :D

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kalo dirumah biasanya dapet oleh-oleh minyak tawon dari makassar yang merk cap beruang  :)

itu ampuh bgt, kalo pegel-pegel dioles dikit aja langsung tokcer  :D

kalo cap beruang itu termasuk minyak tawon apa minyak gosok ya? soalnya kan botolnya beda gitu ya ama minyak tawon, kl cap beruang model botol pendek gitu ya kalo ga salah , atau sama aja?  :)

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

masih nyimpen balsem cap tawon dari makasar....baunya kayak nenek2 hehehhehehe

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kalo dirumah biasanya dapet oleh-oleh minyak tawon dari makassar yang merk cap beruang :)

itu ampuh bgt, kalo pegel-pegel dioles dikit aja langsung tokcer :D

Minyak Tawon cap Beruang, maksudnya gimana yah..!?

Setahu kami di Makassar.. Minyak Tawon itu, Minyak Gosok cap Tawon.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

masih nyimpen balsem cap tawon dari makasar....baunya kayak nenek2 hehehhehehe

Minyak Gosok cap Tawon, baunya juga kayak nenek2.. Mungkin itu alasan sebagian besar masyarakat urban di Makassar cenderung meninggalkan minyak tawon dalam penggunaan sehari hati. Tapi, dalam keadaan genting, tetap jadi priorotas karena khasiatnya yg memang tidak bisa dipungkiri.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@Luwaks Beli aja di tokoina[dot]com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

gw pernah skali pake minyak tawon ,,baunya ga suka..hehehe :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

kalo kebetulan ke makassar trus beli minyak tawon di somba opu mesti pinter2 nawar deh, soalnya harga satu toko sama toko lain bedanya lumayan banyak , bisa 10-15 rb. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@nnovryand

wah kemaren gak sempet ke somba opu nya

paling ke jalan somba opu yang ada di makassar nya

banyak juga seh beli minyak gosok disana cc @Dewi Julianti @mich_an

Share this post


Link to post
Share on other sites

Posted

@Silverline mujarab banget kalau habis kena gigitan serangga.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now
Sign in to follow this  
Followers 0