Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • agoda-hemat.png

Sign in to follow this  
Married2014

Busway lawan arah

Recommended Posts

Tadi lagi baca2 berita dari internet terus kepikiran. sekarang kan banyak masalah karena motor atau mobil terobos jalanan busway.

kalau menurut saya salah satu alternatifnya adalah busway dibuat berlawanan arah.

saya jamin pasti ga ada yang terobos atau minimal berkurang. serem juga kan kalau lagi lewat jalur busway terus ada bus didepan.

apalagi kalau jalannya cepat, pasti seram he2..

bagaimana pendapat teman2?

Share this post


Link to post
Share on other sites

hahaha setuju nih, apalagi kalau nanti jumlah busway diperbanyak ya, kalau jalur bus way banyak bus yang berlawanan arah lalu lalang mungkin pada gak berani juga main terobos

Share this post


Link to post
Share on other sites

Emang sih... SUpaya menanggulangi banyaknya yang nerobos baik kendaraan roda dua, roda empat, bahkan kendaraan yang rodanya lebih dari empat, jalur busway harus dibuat counter clockwise...

Cuma ya bnayk kendala...

DLLAJR harus bekerjasama ama kepolisian untuk ngatur rekayasa jalurnya..

Belom lagi penumpang pasti banyak yang protes soalnya kalo udah biasa dengan jalurnya, akan kerepotan untuk membiasakan diri kembali untuk menghafalkan jalur yang baru...

Tapi ya kata jokowi juga, harus membuat sesuatu yang radikal kalo mau berhasil...

Kalo ngga mau mencoba sesuatu yang radikal, ngga bakalan ada alternatif lain...

Share this post


Link to post
Share on other sites

wah, bagus juga tuh idenya.

hahahaha...

kenapa gak dipikir kayak gitu yah dari dulu...

hahahaa...

coba aja deh anda buat surat terbuka ke pemprov Jakarta.

sepertinya bakal di pertimbangkan deh dengan Kepimpinan yang sekarang ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

ia bener, kalau dah berantakan banget, harus dibuat suatu terobosan yang beda dari biasanya.

meskipun pasti banyak yang menentang, tapi yang menentang pasti yang biasa nerobos ha2

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya malah mikirnya bus trans jakarta itu diganti jadi mirip model tank, berlapis baja, lalu dikasih kekuatan hukum, bus trans ngga akan berhenti kecuali di halte dan siapapun yg ketabrak ya nasib, dijamin pada takut hahahah..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Saya malah mikirnya bus trans jakarta itu diganti jadi mirip model tank, berlapis baja, lalu dikasih kekuatan hukum, bus trans ngga akan berhenti kecuali di halte dan siapapun yg ketabrak ya nasib, dijamin pada takut hahahah..

Extrim om........ gpp, biar pada jera kali yaaa...hahhaa

Share this post


Link to post
Share on other sites

betul juga yah.

kenapa gak dari dulu di bikin berlawan arah.

soalnya, kalo searah bisa aja ngikutin di belakang bus nya, atau gara-gara ada yang masuk ke jalur bus way, trans jakarta jadi terlambat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kayaaknya ngga bakal di approve bro, soalnya pasti mereka sudah mikirin itu dan jalur busway sebenarnya juga disediain buat "jalan tol" para pejabat yang buru2...jadi kl dibuat berlawanan arah sama aja nutup akses pejabat lewat :P

Share this post


Link to post
Share on other sites
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By fariezetta
      Jakarta oh Jakarta. Banyak banget sih masalahnya. Banjir iya, macet apalagi. Pada tahu dong kalau DKI sekarang buat peraturan untuk para PNS naik kendaraan umum setiap JUmat awal bulan. Cuma sekali sebulan lho.. efektif ga?   Kebetulan saya waktu itu merasakan cukup efektif. Jalanan lebih lengang sih dari biasanya. Tapi yah kalau dipikir2 lagi, orang Indonesia itu pinter pake trik atau ngakalinnya. Saya jadi kepikiran bisa aja diakalin kayak 3in1. Niat biar 1 mobil ga 1 malah muncul joki2.   Kalau kali ini, ya bisa jadi kan itu para PNS tetep naik kendaraan pribadi tapi parkir di tempat lain? Ada PNS di sini? Gimana menurut anda?   Kalau nanti ga cuma PNS tapi swasta juga setuju ga sih? :)
    • By zeekyuryu
      Jakarta, Kota Metropolitan ini sebenarnya nggak terlalu banyak yang minat sebagai tujuan wisata. Tapi, bukan berarti nggak ada lho. Nggak sedikit yang jauh-jauh dari luar Jakarta menuju ibu kota negara kita ini dengan tujuan ingin jalan2. Ditinjau dari objek wisatanya juga lumayan banyak. Untuk wisata keluarga ada Kebun binatang, TMII, waterpark kayak di Snowbay, Ancol, atau Dufan, bisa juga wisata edukasi dan sejarah di kawasan Kota Tua Jakarta, dan masih banyak lagi. Wisata Mall? Bisa juga kok.
       
      Ya, walaupun masih serba mahal dan panas (yang paling sering dikeluhkan orang luar Jakarta), tapi kita bisa menyiasatinya. Buat yang ada di luar Jakarta terutama, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan jika ingin jalan-jalan di Jakarta. Ini dia beberapa tipsnya:
       
      1. Rencanakan tujuan
      Cukup banyak objek wisata yang bisa anda pilih di Jakarta. Supaya bisa menyesuaikan dengan berbagai hal lainnya, rencanakan tujuan anda terlebih dahulu secara matang. Tentukan tujuan dan sesuaikan dengan keinginan serta kondisi lainnya.
       
      Misalnya, anda suka dengan wisata sejarah, anda bisa memilih Kota Tua atau mengunjungi landmark Jakarta di Monas. Bisa juga jika ingin seru-seruan dengan aneka wahana seru, anda pilih untuk jalan2 ke Dufan. Atau seperti teman saya dari luar kota yang pengen jalan2 keluar masuk Mall Jakarta? bisa saja. Yang jelas tentukan dulu tujuan anda agar bisa mempersiapkan berbagai keperluan lainnya sesuai dengan apa yang anda tuju.
       
      2. Sesuaikan dengan cuaca
      Cuaca di Jakarta yang cenderung sangat panas membuat orang-orang di Luar Jakarta malas berkunjung ke kota ini untuk jalan2. Kalau sudah menemukan tujuan, anda bisa lihat rencana anda dengan cuaca belakangan. Kalau ingin jalan2 ke Kota Tua, ya mau ga mau memang saat tidak hujan. Walau panas menyengat dan luar biasa gerahnya, tetap saja, keliling kota tua di tengah hujan kurang puas. karena, di lapangan depan Museum Fatahillah adalah pusat kegiatan para wisatawan. Ada yang bermain sepeda, skate board, atraksi, wisata kuliner, dan sebagainya. Jadi kurang seru kan kalau hujan?
       
      Sebaliknya, saat hujan mungkin mall bisa jadi pilihan karena berada di dalam gedung. Bisa pilih sensasi nonton 3D, belanja, atau main di wahana-wahana yang ada di dalam sejumlah mall. Anda bisa menyesuaikan kedua poin ini satu sama lainnya.
       
      3. Cari-cari info tentang event-event di Jakarta
      Jakarta ini kota serba ada dan kota komunitas. Kota yang selalu hidup ini sering kali menyuguhkan berbagai bentuk event yang menarik dan seru. Untuk anda yang ingin melihat keseruan dan kehebohan sebuah festival di Jakarta, anda bisa searching-searching ke sejumlah media. Saat ini sudah banyak media yang kasih info event apa saja yang sedang atau akan digelar. Misalnya, ada Pekan Raya Jakarta yang rutin digelar untuk memperingati ulang tahun Jakarta, atau event-event lain seperti pameran atau festival lainnya. Untuk yang di pusat kota, event atau festival sering kali berpusat di Monas, Mall-mall, dan juga Gelora Bung Karno dan sekitarnya.
       
      4. Jalan-jalan pagi
      Sebagaimana di kota lain, Jakarta pagi di akhir pekan juga punya car free day. Momen ini bisa dimanfaatkan buat teman2 yang mau coba jalan2 pagi, sepedaan, atau lari pagi di Jakarta. Kegiatannya biasa dilakukan di Monas, Kota Tua, Gelora Bung Karno, dan lain-lain. Coba saja Minggu pagi ke lokasi-lokasi tersebut, anda bisa menikmati pagi Jakarta bersama ratusan penduduk yang berolahraga juga.
       
      5. Perkirakan waktu yang tepat
      Jakarta is about timing. hehehe... telat 5 menit saja, kita bisa terjebak macet berjam-jam. Nah, nggak mau kan mood dan planning rusak gara-gara kemacetan di jakarta? Kalau begitu, ada baiknya tentukan hari dan waktu perjalanan. hari biasa, di jam-jam berangkat kerja macet nggak bisa dihindarkan. Tapi, di tempat2 wisata bisa relatif sepi. Anda bisa mengatur waktu keberangkatan agar tidak terjebak macet. Usahakan berangkat lebih awal karena macet tidak bisa diprediksi. Yang jelas, lebih awal lebih baik untuk antisipasi kemacetan Jakarta yang luar biasa.
       
      Kalau weekend, bukan berarti juga bebas macet. Kepadatan akan berpusat pada tempat2 wisata. Buat yang masih tetap ingin wisata di akhir pekan atau hari libur, sebaiknya selain berangkat lebih awal juga persiapkan hal-hal lainnya, seperti pulang juga bukan di jam-jam orang-orang ramai keluar.
       
      6. Tentang kendaraan umum
      Buat yang naik kendaraan umum, bus trans jakarta misalnya. Ketahuilah bahwa saat jam-jam keluar tempat wisata, sejumlah halte akan penuh sekali dan anda harus waspada. Halte-halte bus trans seperti halte Kota, Harmoni adalah beberapa halte yang sangat padat di jam-jam pulang. Halte Kota, sabar menanti karena antrean pas jam pulang wisata itu panjaaaanggg banget. Siap-siap mental dan lebih baik ikutin flow. Nggak usah ngomel karena di Kota udah panas, jangan ditambah lagi. heheh.
       
      Kalau bawa anak kecil juga ya bawalah makanan atau kipas untuk mengalihkan perhatian dan mengipasi saat penuh sesak. Begitu juga dengan di Halte Harmoni. Harmoni adalah halte pusatnya berbagai koridor jadi akan sangat padat. Nah, jangan lupa hati-hati, tetap waspada. Jaga barang bawaan dengan baik dan jangan sampai lengah. Sering kejadian kecopetan karena kita lengah. Kalau terjadi hal-hal yang mulai nggak enak, lapor saja sama petugas bus trans, mereka biasanya nggak segan kok nangkep penjahat2 cuplis kayak gitu.
       
      Untuk soal kendaraan umum di Jakarta, lain waktu saya bahas lagi ya. :)
    • By fariezetta
      Hai all, sudah tahu berita belakangan ini soal gaji sopir trans jkt yang akan naik hingga 3 kali kipat UMP Jkt? Diperkirakan, sejumlah operator bustrans seperti Bianglala dan Damri akan menggaji sopir busway hingga 7,7 juta rupiah untuk mereka yang sudah kena kontrak baru. Terutama bagi mereka supir di koridor I, XI dan juga XII.
       
      Nah, meski belum diterapkan, berita ini cukup mengejutkan, karena nilai tersebut terbilang cukup tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan gaji dokter sekalipun. Pro kontra juga menuai. Jokowi yang tidak campur tangan soal gaji sopir busway hanya berkomentar bagus2 saja. Pihak unit bustrans jkt juga mengatakan sulit menghindari kesenjangan upah bagi para supir karena para supir berada di operator yang beda-beda.
       
      Bagaimana menurut teman2? layak ga ya para sopir bustrans ini naik hingga 7,7 juta?
       
      Gimme ur comment :)
    • By redocean
      Buat temen2 yang ada di Jakarta, atau di mana saja, apa sih yang menurut teman2 yang unik dan hanya ada di Jakarta?
       
      saya pribadi ngeliat Jakarta tuh numpuk dan serba ada. Mungkin karena panas dan macetnya, nah berikut ini serba-serbi tentang Jakarta di mata saya:
       
      Macet, pasti banget. Rasanya jakarta ga macet ga seru. wajar sih, karena ini ibu kota. Pusat pemerintaha, pusat ekonomi, pusat segalanya deh. Belum lagi jumlah penduduk dan kendaraan yang padat banget.  Joki 3 in 1, ini unik banget kalo kata saya. Ga tau deh tempat lain ada ga ya. Pada jam2 3 in 1, banyak warga yang berjejer di pinggir jalan2 menuju jalan protokol. Dibuat peraturan biar satu mobil ga kurang dari 3, malah jadi ada lahan duit baru... ckckkc ada2 aja Pak Ogah / Polisi cepek. Ini buat sebutan orang2 yang ngatur di puteran2. Kadang ngebantu kadang juga malah ngerecokin yah unik sih, puteran bisa jadi lahan pekerjaan lagi  Kota Mall, temen saya dari luar jakarta pernah main ke jkt dan saya bingung ngajak jalan ke mana. karena jakarta itu penuh dengan mall. dan pas saya ajak ke tempat lain ya mereka juga ogah. alesannya panas, macet, dan pengen nyobain mall2 di jkt.  Belanja di Lampu Merah. Nah ini lagi, lampu merah bukan cuma koran dan asongan doang, tapi juga barang2 lain yang lebih lengkap. Bantal, boneka, mainan, dsb.  apa lagi ya?? yang mau nambahin silakan...  :)
    • By bimo
      Halo temen2 sekalian, pengen sharing info aja neh. Ternyata di Malaysia itu ngga jauh beda sama Indonesia dalam hal kemacetan jalannya Sama-sama crowded dan memuncak di pagi hari dan jam pulang kantor. Apa karena negara tetangga jadi bisa mirip gitu ya? Mungkin disana transportasi umum nya juga belum maksimal. Daerah paling macet yaitu di perempatan jalan Tuanku Abdul Rachman yang ke arah Jalan Tun Perak dank e arah Dataran Merdeka.

      Perbedaan nya dari kemacetan di Indonesia adalah pengendaranya lebih disiplin di setiap lampu merah, motor2 dan mobil2 menunggu di balik garis sampai lampu hijau baru deh para jalan. Kalo di kita kan setiap ada kesempatan kosong langsung deh motor2nya selonong boy semua

      Penyeberang jalannya juga disiplin semua, mereka nunggu lampu penyebrang jalan hijau baru pada nyebrang. Ngga ada yang berani mati nekad nyebrang di jalan ramai hehehe…

      Tapi sekali lagi ada kemiripan kalau soal parkir motornya, di jalan Tuanku Abdul Rachman ini banyak motor2 yang parkir di trotoar jalannya, padahal dekat situ juga ada tempat parkir. Nah yang satu ini mirip kayak disini deh…

      Penyakit negara berkembang mungkin kayak gitu ya? Beda dengan negara2 maju yang sudah lebih displin dan tertata rapi sistem nya. Mudah2an kita cepat menyusul negara2 maju tersebut!!
    • By kevinalegion
      menurut Jalan2ers.
      gimana tentang separator yang baru buat busway ini..



      ngeliat dari modelnya sih bahaya banget buat pengendara motor gitu
      atasnya besi gitu..
    • By Silverline
      Untuk pertama, gue bahas transjak duluu ya, yang lagi populer di Jakarta

      yang orang jakarta pasti udah pada tau trasjakarta lah ya? kalo gak kenal transjakarta, kita sebut busway deh, pasti lebih familiar (walaupun busway itu nama sebutan untuk jalur yang dilewatinya)

      transjakarta sekarang udah jadi modal utama buat bisa ngelilngi jakarta dengan harga murah. Jangan bilang udah kenal Jakarta, kalo masih nyasar deh mau kemana mana. Nah, disini, gue coba tampilin lagi jalur Transjakarta semuar koridor.
      Di lain kesempatan, gue akan tulis angkutan umum lain, jadi gak nyasar lagi di Jakarta

      nyasar di Jakarta, nyawa coy taruhannya

      ini selengkapnya jalus buway di Jakarta


      keliatan jelas ya? ntar kita coba bahas satu persatu kalo ada yang tanya mau kemana kemananya
      semoga dengan ini, gak ada lagi yang nyasar, gak ada lagi yang males muterin Jakarta buat lihat sudut sudut kota Jakarta ya.
      semoga dengan adanya gubernur baru, sudut sudut Jakarta bisa lebih aman dan nyaman dinikmati..

      saya tambahin ini jalur transportasi umum lainnya


      forza jalan jalan
×
×
  • Create New...