Sign in to follow this  
ryaryuu

Planning Derawan Trip!!!!

5 posts in this topic

buat para jalan2ers pecinta backpacking, ada sedikit info tentang itinerary ke derawan, lagi2 bukan saya yang buat, tapi bisa dijadikan panduan. dan seperti biasa saya merasa memiliki kewajiban untuk sharing ke komunitas tercinta kita ini, namanya informasi harus dibagi2 dong, berhubung belum ada yang bahas jadi ya saya bahas.

here we go :

Ada dua titik pelabuhan yang melayani penyebrangan ke pulau Derawan, yaitu pelabuhan Tanjung Batu di Berau dan pelabuhan Tengkayu di Tarakan. Untuk itu kita perlu menuju Berau atau Tarakan terlebih dulu. Berau dapat dicapai dengan udara maupun darat. Sedangkan Tarakan hanya melalui jalur udara. Jalur darat lebih murah namun memakan waktu lama. Sebaliknya, jalur udara lebih mahal namun hemat waktu.

Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu, terutama mengenai harga.

Menuju Tarakan

Jalur udara

- Dari Balikpapan bisa naik pesawat Batavia Air (±1 jam perjalanan).

- Dari Jakarta bisa naik Lion Air dan Sriwijaya Air.

- Dari kota lain bisa transit dulu di Balikpapan kemudian naik Batavia Air.

Menuju Berau

Jalur udara

- Hanya bisa dicapai dari Balikpapan, dengan pesawat Batavia Air, Sriwijaya Air, pesawat perintis Kalstar dan Trigana Air (±1 jam perjalanan).

Jalur darat

- Dari Balikpapan bisa sewa mobil dengan kisaran harga 3-4 juta (pp, termasuk supir, harga dan kapasitas tergantung jenis mobil). dengan waktu tempuh mencapai 22-30 jam atau bahkan bisa lebih tergantung kondisi jalan. Langsung diantar sampai pelabuhan Tanjung Batu.

Menuju Pelabuhan

Dari Tarakan

Dari bandara ke pelabuhan Tengkayu mau ga mau harus naik taxi sekitar 15-20 menit.

Dari Berau

Dari bandara ke pelabuhan Tanjung Batu mau ga mau harus naik taxi sekitar 2 – 2,5 jam.

Menuju pulau Derawan

Dari Tengkayu

- naik kapal reguler : 5-6 jam

- naik speedboat : 2-3 jam

Dari Tanjung Batu

- naik kapal reguler : 1-2 jam (sekitar 400.000 pp 5 org)

- naik speedboat : 20-30 menit

Penginapan

Hanya pulau Derawan dan Maratua yang terdapat penginapan. Kisaran harga per malam mulai Rp 100.000,00 (Derawan) dan Rp 150.000,00 (Maratua).

Sewa kapal keliling pulau

Ingat : kapal reguler memiliki waktu tempuh lebih lama ketimbang speedboat, sehingga spot yang didapat juga lebih sedikit ketimbang speedboat. Kapasitas kapal reguler juga tentu lebih sedikit

- kapal reguler : Rp 500.000 – 1.000.000,00 (kapasitas kurang lebih 8 orang)

- kapal speedboat : Rp 1,5 juta kapasitas 5 orang (2 hari) atau Rp 7,5 – 9 juta kapasitas 14 orang (3 hari).

Sewa alat snorkeling + fin

Di pulau Derawan dan Maratua, Rp 50.000,00 per hari.

Makanan

Warung-warung makan ada di pulau Derawan dan Maratua dengan harga kisaran Rp 10.000,00 – Rp 25.000,00

Tips

- Supaya irit, bawa kompor dan bahan makanan sendiri. Lauk pilih yang instan tinggal dimakan dan tahan lama seperti abon, dendeng, kering tempe, dll, atau yang mudah dimasak seperti mie instan, kornet, sosis, dll.

- Cuaca kini tidak menentu, hubungi penduduk lokal untuk mengetahui perkembangan cuaca agar dapat pemandangan terbaik.

- Memungkinkan untuk menginap di rumah penduduk atau memasang tenda di Derawan, namun membutuhkan ijin dulu dari penduduk setempat.

Beberapa Kontak Penting

Maliq Kakaban Tour

081254200333

kakaban_tour@yahoo.com

fb Fan Page : Derawan Island Info

Sewa mobil dari Balikpapan

CV Gina Mandiri Travel. 0852 4895 3177

Penginapan di Derawan

Losmen Danakan 081347733701

sumber: backpackermagazine.com( info ini langsung saya coppas dari sana)

saya sendiri mau2 engga2 sih kesini, harga tiket ke sepinggan nya aja sekitar 1 juta PP. jadi di total2 kita harus keluar uang sekitar 3 juta, saya sih mending ke singapore aja kalo ngga nabung dikit lagi ya ke Phuket Thailand.

Share this post


Link to post
Share on other sites

iya sih mas, jadi dilematis deh. kalo mas , mau gak bayar 3 jt ke derawan?

belum begitu komersil juga sih, saya percaya kalo pengelolaannya baik, mungkin bisa seperti maldive, bahkan palau. tapi ya biaya nya juga mungkin sudah ga 3 juta lagi kali ya, bisa 30 juta nanti.

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalau punya duit, lebih pengen ke derawan daripada ke thailand. selain karna udah pernah, saya percaya derawan pasti lebih bagus deh daripada thailand. lagi pengen banyak2in jalan2 di dalam negeri dulu deh soalnya hehehe..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
Sign in to follow this